Share: mobil paling Awet, Bandel dan Badak menurut SMers
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 672
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: Share: mobil paling Awet, Bandel dan Badak menurut SMers
Kalo sedan kompak jangan lupakan si legendanya:
Toyota vios trim J alias Toyota Limo (ex taxi).
Odo uda ratusan ribu km masih bisa diajak irit kencang. Ajib itu mesinnya..
Toyota vios trim J alias Toyota Limo (ex taxi).
Odo uda ratusan ribu km masih bisa diajak irit kencang. Ajib itu mesinnya..
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 174
- Joined: Mon Mar 26, 2018 13:04
- Location: Indnesia
- Daily Vehicle: Car
Re: Share: mobil paling Awet, Bandel dan Badak menurut SMers
pengalaman
Ipah 2005 bensin mt , skrg sepertinya udah 600rb ++km , pernah jd mbl rental mdn-aceh , bensin kalo lukot ga boros2 amat.
Jimkat mt udah pada taulah ini mbl gimana
Xenia 1,3 mt
Terios lama ,paling ratle dasboard kalo kena jalan hancur, dan kaki2 minta dirawat.
Ipah 2005 bensin mt , skrg sepertinya udah 600rb ++km , pernah jd mbl rental mdn-aceh , bensin kalo lukot ga boros2 amat.
Jimkat mt udah pada taulah ini mbl gimana
Xenia 1,3 mt
Terios lama ,paling ratle dasboard kalo kena jalan hancur, dan kaki2 minta dirawat.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Sun Jan 11, 2015 0:39
Re: Share: mobil paling Awet, Bandel dan Badak menurut SMers
APV turun mesin berapa kali sampe km segitu?
Jpkusumo wrote: Mon Aug 31, 2020 15:09 Suzuki apv 2005d i rumah sdh 540.000 km, sejarak bumi ke bulan. Yah begitu gitu aja, isi premium hajar pol dipakai anak anak kantor buat operasional. Terakhir jajan handel pintu kanan yg plastik patah. Beliin online 55rb. Sebelumnya kipas elektrik hancur pas dikae nonstop 5 hari 1200 km denpasar - bromo - malang - bromo - batu - ulun danu - denpasar , ya sudah sepuh gimana lagi.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Share: mobil paling Awet, Bandel dan Badak menurut SMers
haha...keren ipahnya...adrianomyman wrote: Mon Aug 31, 2020 17:23 pengalaman
Ipah 2005 bensin mt , skrg sepertinya udah 600rb ++km , pernah jd mbl rental mdn-aceh , bensin kalo lukot ga boros2 amat.
Jimkat mt udah pada taulah ini mbl gimana
Xenia 1,3 mt
Terios lama ,paling ratle dasboard kalo kena jalan hancur, dan kaki2 minta dirawat.
udh pernah turun mesin kah?
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Share: mobil paling Awet, Bandel dan Badak menurut SMers
secara teknologi mesin mobil juga lbh advance daripada mesin motor om... mesin mobil dr jaman 90an udah pake liquid cooling dan electronic fuel injection...sabarmania wrote: Mon Aug 31, 2020 8:17 Menarik banget liat trit ini. Terus bandingin sama motor, jarang ada motor yang kuat sampe 100.000km tanpa overhaul. minimal ring piston, skir dan sil klep dan rantai keteng.
oh iya kalo versi saya Panther LS kebetulan punya saya matic dan Toyota Soluna GLi.
Dua2nya sekitar 250k km. Badak dan murah.
smentara motor baru blakangan ini khan rame fuel injection. itupun stau ane ga smuanya liquid cooled. otomatis dgn kondisi traffic stop and go pendinginan tidak optimal, dan mesin motor rev sekitar 2-3x lebih tinggi daripada mobil, wear n tear pasti lbh gila. ane ga tau yahh kalo motor skrg udah pake full synthetic oil atau belum, krn ini jg pengaruh...
plus kbanyakan motor bebek dan skutik ntu didesain ya hanya untuk commute jarak pendek dgn beban seminimal mungkin (biker + penumpang), jd mungkin 80.000 KM itu sdh setara mobil dengan 200.000 kilometer lebih. mobil 200.000 kilometer skrg aj blom tentu perlu overhaul

klo sering dipake boncengan apalagi ntu bebek atau skutik average uda beban maksimal... not mentioning kadang boncengan 2 orang uda bebannya lebih dari bobot motor itu sendiri.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Share: mobil paling Awet, Bandel dan Badak menurut SMers
Imho ya, motor itu mesin karakter high rpm karena cc kecil lain sama mobil yg sudah bisa crusing d rpm 1200 jdnya dengan KM yg sama dgn mobil jumlah gerakan piston d motor lebih banyak yg berkorelasi dgn jumlah gesekan yg diterimaChZ wrote: Tue Sep 01, 2020 3:05secara teknologi mesin mobil juga lbh advance daripada mesin motor om... mesin mobil dr jaman 90an udah pake liquid cooling dan electronic fuel injection...sabarmania wrote: Mon Aug 31, 2020 8:17 Menarik banget liat trit ini. Terus bandingin sama motor, jarang ada motor yang kuat sampe 100.000km tanpa overhaul. minimal ring piston, skir dan sil klep dan rantai keteng.
oh iya kalo versi saya Panther LS kebetulan punya saya matic dan Toyota Soluna GLi.
Dua2nya sekitar 250k km. Badak dan murah.
smentara motor baru blakangan ini khan rame fuel injection. itupun stau ane ga smuanya liquid cooled. otomatis dgn kondisi traffic stop and go pendinginan tidak optimal, dan mesin motor rev sekitar 2-3x lebih tinggi daripada mobil, wear n tear pasti lbh gila. ane ga tau yahh kalo motor skrg udah pake full synthetic oil atau belum, krn ini jg pengaruh...
plus kbanyakan motor bebek dan skutik ntu didesain ya hanya untuk commute jarak pendek dgn beban seminimal mungkin (biker + penumpang), jd mungkin 80.000 KM itu sdh setara mobil dengan 200.000 kilometer lebih. mobil 200.000 kilometer skrg aj blom tentu perlu overhaul![]()
klo sering dipake boncengan apalagi ntu bebek atau skutik average uda beban maksimal... not mentioning kadang boncengan 2 orang uda bebannya lebih dari bobot motor itu sendiri.
Umumnya mesin motor bentuk silindernya tiduran sedangkan mobil tegak jdnya gesekan antara piston dan silinder d motor lebih banyak
Kualitas oli motor jg pengaruh apalagi motor manual krna kerjanya dobel melumasi mesin dan transmisi
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: Share: mobil paling Awet, Bandel dan Badak menurut SMers
dari 3x pakai kondisi bekas , kalau sedan saya vote camry XV30 , ini mobil bandel, part berlimpah , bbm irit g perlu ron tinggi tinggi, dipake buat ukuran mobil dibawah 80jt sih nyamannya masuk kriteria, sekarang pingin hunting XV30 lagi belum nemu yg cocok
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Share: mobil paling Awet, Bandel dan Badak menurut SMers
Motor jarang odo tinggi baru di overhaul yah emg krn mesin motor gampang dan murah pake banget buat d overhaul mods, jd ga enak dikit atau ngebul, gampang2 aj d overhaulChZ wrote: Tue Sep 01, 2020 3:05secara teknologi mesin mobil juga lbh advance daripada mesin motor om... mesin mobil dr jaman 90an udah pake liquid cooling dan electronic fuel injection...sabarmania wrote: Mon Aug 31, 2020 8:17 Menarik banget liat trit ini. Terus bandingin sama motor, jarang ada motor yang kuat sampe 100.000km tanpa overhaul. minimal ring piston, skir dan sil klep dan rantai keteng.
oh iya kalo versi saya Panther LS kebetulan punya saya matic dan Toyota Soluna GLi.
Dua2nya sekitar 250k km. Badak dan murah.
smentara motor baru blakangan ini khan rame fuel injection. itupun stau ane ga smuanya liquid cooled. otomatis dgn kondisi traffic stop and go pendinginan tidak optimal, dan mesin motor rev sekitar 2-3x lebih tinggi daripada mobil, wear n tear pasti lbh gila. ane ga tau yahh kalo motor skrg udah pake full synthetic oil atau belum, krn ini jg pengaruh...
plus kbanyakan motor bebek dan skutik ntu didesain ya hanya untuk commute jarak pendek dgn beban seminimal mungkin (biker + penumpang), jd mungkin 80.000 KM itu sdh setara mobil dengan 200.000 kilometer lebih. mobil 200.000 kilometer skrg aj blom tentu perlu overhaul![]()
klo sering dipake boncengan apalagi ntu bebek atau skutik average uda beban maksimal... not mentioning kadang boncengan 2 orang uda bebannya lebih dari bobot motor itu sendiri.
Bahkan extreem nya, liner baret tinggal ganti utuh satu blok jg beserta piston, ring, dkk masi murah
numpang lewat aja....


-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Share: mobil paling Awet, Bandel dan Badak menurut SMers
nahh klo murah mahal itu relatif seh om... buat kita yang biasa pegang mobil OH motor ya murahDOHC wrote: Tue Sep 01, 2020 5:06
Motor jarang odo tinggi baru di overhaul yah emg krn mesin motor gampang dan murah pake banget buat d overhaul mods, jd ga enak dikit atau ngebul, gampang2 aj d overhaul
Bahkan extreem nya, liner baret tinggal ganti utuh satu blok jg beserta piston, ring, dkk masi murah

selain itu kredit motor baru jg murah. jadi kadang ngerawat nya sekenanya, rusak tinggal jual. kredit yang baru lagi...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Fri Oct 18, 2019 4:00
Re: Share: mobil paling Awet, Bandel dan Badak menurut SMers
Mumpung OOT dan om ginting belum nongol bawa TOADOHC wrote: Tue Sep 01, 2020 5:06Motor jarang odo tinggi baru di overhaul yah emg krn mesin motor gampang dan murah pake banget buat d overhaul mods, jd ga enak dikit atau ngebul, gampang2 aj d overhaulChZ wrote: Tue Sep 01, 2020 3:05secara teknologi mesin mobil juga lbh advance daripada mesin motor om... mesin mobil dr jaman 90an udah pake liquid cooling dan electronic fuel injection...sabarmania wrote: Mon Aug 31, 2020 8:17 Menarik banget liat trit ini. Terus bandingin sama motor, jarang ada motor yang kuat sampe 100.000km tanpa overhaul. minimal ring piston, skir dan sil klep dan rantai keteng.
oh iya kalo versi saya Panther LS kebetulan punya saya matic dan Toyota Soluna GLi.
Dua2nya sekitar 250k km. Badak dan murah.
smentara motor baru blakangan ini khan rame fuel injection. itupun stau ane ga smuanya liquid cooled. otomatis dgn kondisi traffic stop and go pendinginan tidak optimal, dan mesin motor rev sekitar 2-3x lebih tinggi daripada mobil, wear n tear pasti lbh gila. ane ga tau yahh kalo motor skrg udah pake full synthetic oil atau belum, krn ini jg pengaruh...
plus kbanyakan motor bebek dan skutik ntu didesain ya hanya untuk commute jarak pendek dgn beban seminimal mungkin (biker + penumpang), jd mungkin 80.000 KM itu sdh setara mobil dengan 200.000 kilometer lebih. mobil 200.000 kilometer skrg aj blom tentu perlu overhaul![]()
klo sering dipake boncengan apalagi ntu bebek atau skutik average uda beban maksimal... not mentioning kadang boncengan 2 orang uda bebannya lebih dari bobot motor itu sendiri.
Bahkan extreem nya, liner baret tinggal ganti utuh satu blok jg beserta piston, ring, dkk masi murah
Mongtor sijuki Smash SR 2005
Odo meter saat ini 33.7xx Km tapi sudah muter 1x jadi total 133.7xx Km
Ganti oli 6 bln sekali, ganti filter oli 1x setahun, oli awal SGO (service gratis buku) selanjutnya Mesran

Jeroan belum pernah ganti, body plastik geter abiess
Pengaruh adanya filter oli kah ??
Sekian....Kaborr sebelum Kepsek datang

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Sun Jan 11, 2015 0:39
Re: Share: mobil paling Awet, Bandel dan Badak menurut SMers
Duhh mau balas diskusinya tapi takut kena TOA ahahaha
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Share: mobil paling Awet, Bandel dan Badak menurut SMers



EEHMMMMM...EEHHHEEEM....
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Wed Mar 04, 2020 1:13
- Location: Java Island
Share: mobil paling Awet, Bandel dan Badak menurut SMers
Susuki berenjin F10A. Bener-bener "Atoyot" lawas dalam kemasan mini, malah di masanya lebih rewel merek sebelah yang sekarang jadi anak usahanya haha. Mobilnya para "anti 3 silinder" tapi budget sangat terbatas (padahal belum tahu aja kalo 1.0 3 cyl. masa kini kayak KWR, Kwid, dan Aylagya di tol jauh lebih asyik & irit dibanding ini). Manggul barang tiap hari? Siap membantu! Bertamasya dengan keluarga? Siap menemani! Blusukan ke daerah remote? Siap jadi armada andalan! Dikampakin? Langsung kabur! 
*Carry 1.0. Udah jarang banget ditemui dalam form aslinya dari jepun (pikap), mungkin karena tenaganya udah gak memadai buat nguli panggul menyongsong dekade 2020an ini. Tapi versi angkotnya....woww nyaris ~10 tahun sejak didiskontinu Endomobil, masih banyak dipercaya di beberapa trayek tertentu, seakan pemilik angkot "nunggu ancur dulu dah baru gua ganti GM/AN Carry/APV, berat saingan ama motor pribadi kreditan+GoGreb". Kelemahannya khusus di Carry 1.0 itu cuma...ngelitik (detonating/pinging)! Jauh sebelum hype ngelitik K3-VE apalagi HR15DE itu, Carry 1.0 sempat lumayan terkenal akan ngelitiknya, tapi masih tahan aja Carry ini diketilikin wkwk. Hampir gak pernah nemu Carry F10A ini mogok (malah nemunya angkot Panther mogok ditolongin sesama Panther wkwk). Sekalinya ketemu Carry 1.0 bermasalah, bukan karena masalah drivetrain, tapi kabooomm abis kebakaran di pinggir jalan
*Karimun kotak. interior lega + desain long-lasting bin imut asli insinyur Jepun + waktu masih baru, sukses jadi 1-1 nya merek Jepang yang menyelamatkan keluarga Indonesia yang buruh mobil, dari krismon (sebelum diserang duo Astera si 'kijang-kijangan tapi harga city car' itu ahahaha). Itu semua bikin Karko saat ini menjadi city car 2000an yang paling tergoreng sekennya. Pantas saja tukang buah komplek saya pakainya Karko, eksteriornya masih terawat dan tidak ricer pula.
*Jimny gen.2 series. Di kota besar sih memang udah jarang banget kelihatan kecuali penghobi (standar kenyamanan rakyat sonoh udah gak bisa dipenuhi mobil ini). Tapi begitu ke daerah dikit... (>30 km dari kota besar) masih banyak keliaran dalam kondisi nyaris standar lho. Katana sebagai econobox keluarga kecil, Jimny sebagai pembelah jalan rusak. Maklum, ini adalah "SUV beneran" lawas yang termurah bahan sekennya. Mau dijual tapi kemurahan? Modif yang rapih atau restorasi bodi/interior dengan parts baru standarnya. Jrenggg kegoreng deh sekennya

*Carry 1.0. Udah jarang banget ditemui dalam form aslinya dari jepun (pikap), mungkin karena tenaganya udah gak memadai buat nguli panggul menyongsong dekade 2020an ini. Tapi versi angkotnya....woww nyaris ~10 tahun sejak didiskontinu Endomobil, masih banyak dipercaya di beberapa trayek tertentu, seakan pemilik angkot "nunggu ancur dulu dah baru gua ganti GM/AN Carry/APV, berat saingan ama motor pribadi kreditan+GoGreb". Kelemahannya khusus di Carry 1.0 itu cuma...ngelitik (detonating/pinging)! Jauh sebelum hype ngelitik K3-VE apalagi HR15DE itu, Carry 1.0 sempat lumayan terkenal akan ngelitiknya, tapi masih tahan aja Carry ini diketilikin wkwk. Hampir gak pernah nemu Carry F10A ini mogok (malah nemunya angkot Panther mogok ditolongin sesama Panther wkwk). Sekalinya ketemu Carry 1.0 bermasalah, bukan karena masalah drivetrain, tapi kabooomm abis kebakaran di pinggir jalan

*Karimun kotak. interior lega + desain long-lasting bin imut asli insinyur Jepun + waktu masih baru, sukses jadi 1-1 nya merek Jepang yang menyelamatkan keluarga Indonesia yang buruh mobil, dari krismon (sebelum diserang duo Astera si 'kijang-kijangan tapi harga city car' itu ahahaha). Itu semua bikin Karko saat ini menjadi city car 2000an yang paling tergoreng sekennya. Pantas saja tukang buah komplek saya pakainya Karko, eksteriornya masih terawat dan tidak ricer pula.
*Jimny gen.2 series. Di kota besar sih memang udah jarang banget kelihatan kecuali penghobi (standar kenyamanan rakyat sonoh udah gak bisa dipenuhi mobil ini). Tapi begitu ke daerah dikit... (>30 km dari kota besar) masih banyak keliaran dalam kondisi nyaris standar lho. Katana sebagai econobox keluarga kecil, Jimny sebagai pembelah jalan rusak. Maklum, ini adalah "SUV beneran" lawas yang termurah bahan sekennya. Mau dijual tapi kemurahan? Modif yang rapih atau restorasi bodi/interior dengan parts baru standarnya. Jrenggg kegoreng deh sekennya

BMW. Kelas Tersendiri
Honda. Citra Tersendiri
Jalankaki. Kelelahan Tersendiri
Honda. Citra Tersendiri
Jalankaki. Kelelahan Tersendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Share: mobil paling Awet, Bandel dan Badak menurut SMers
lagi kopi nih....ambil mobil tiada 2 nya....selesai ganti dinamo start...cincai capcailah hampir 5 taun kluar biaya perbaikan sedikit...rusak krn mobil sendiri....bukan krn modif yeeee.....itu beda loh.....jangan di itung atau di ingat...trs tulis di buku pengeluaran rumah tangga....
harap maklum modif sperti laki main abegehh mencari kepuasan...krn masih bnyk jandah cantik n muda yg harus di merid....
kcuali laki numpang idup sama abegeh....mirip dah modif tp bikin catatan...
habis ini lgsg gaspolll sebisanya aja...klo bisa jarum speed mojok kanan bawah ya syukur....
mobil enyakkk...irit kencang seradak seruduk...awet...ac dingin menggigil...
harap maklum modif sperti laki main abegehh mencari kepuasan...krn masih bnyk jandah cantik n muda yg harus di merid....
kcuali laki numpang idup sama abegeh....mirip dah modif tp bikin catatan...

habis ini lgsg gaspolll sebisanya aja...klo bisa jarum speed mojok kanan bawah ya syukur....
mobil enyakkk...irit kencang seradak seruduk...awet...ac dingin menggigil...

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1644
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Share: mobil paling Awet, Bandel dan Badak menurut SMers
Dcnya kena berapa om?kompresorz wrote: Wed Sep 02, 2020 2:06 lagi kopi nih....ambil mobil tiada 2 nya....selesai ganti dinamo start...cincai capcailah hampir 5 taun kluar biaya perbaikan sedikit...rusak krn mobil sendiri....bukan krn modif yeeee.....itu beda loh.....jangan di itung atau di ingat...trs tulis di buku pengeluaran rumah tangga....
harap maklum modif sperti laki main abegehh mencari kepuasan...krn masih bnyk jandah cantik n muda yg harus di merid....
kcuali laki numpang idup sama abegeh....mirip dah modif tp bikin catatan...![]()
habis ini lgsg gaspolll sebisanya aja...klo bisa jarum speed mojok kanan bawah ya syukur....
mobil enyakkk...irit kencang seradak seruduk...awet...ac dingin menggigil...![]()
Screenshot_20200902-085924_Gallery.jpg
Screenshot_20200902-085934_Gallery.jpg
Screenshot_20200902-085911_Gallery.jpg
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Share: mobil paling Awet, Bandel dan Badak menurut SMers
Sejauh ini pengalaman nubie, mbl paling badak yg pernah nubie pake sih tetap keluarga IMV (innova-fortuner-hilux) dan kijang kapsul...
Nubie ada innova lama, dah pake 12 taun kaki2 cuma jajan shock depan, rack end ama laher roda 4-4... Posisi odo udah 130 rb km
Mesin cuma perawatan rutin di bengkel resmi
Mblnya sih ga enak2 bgt cuma kalo ngeliat cost of ownership + bonus nilai jual kembali yg lumayan, rasanya sih cukup worth it ya punya sebiji IMV family
Nubie ada innova lama, dah pake 12 taun kaki2 cuma jajan shock depan, rack end ama laher roda 4-4... Posisi odo udah 130 rb km

Mesin cuma perawatan rutin di bengkel resmi

Mblnya sih ga enak2 bgt cuma kalo ngeliat cost of ownership + bonus nilai jual kembali yg lumayan, rasanya sih cukup worth it ya punya sebiji IMV family

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Share: mobil paling Awet, Bandel dan Badak menurut SMers
ricz wrote: Wed Sep 02, 2020 5:21 Sejauh ini pengalaman nubie, mbl paling badak yg pernah nubie pake sih tetap keluarga IMV (innova-fortuner-hilux) dan kijang kapsul...
Nubie ada innova lama, dah pake 12 taun kaki2 cuma jajan shock depan, rack end ama laher roda 4-4... Posisi odo udah 130 rb km![]()
Mesin cuma perawatan rutin di bengkel resmi
Mblnya sih ga enak2 bgt cuma kalo ngeliat cost of ownership + bonus nilai jual kembali yg lumayan, rasanya sih cukup worth it ya punya sebiji IMV family![]()
harus dirawat tuh rich....10 tahun lagi jg masih berasa duitnya...
yahhh ga enak enak bgt jg gak apa..yang penting gak bikin isi dompet 10 jt cepat abis...
gw biasa naik merci baru enjoy aja beralih naik kijang....yg penting gak susahin.....
gak keren jg gak apa...yang penting pegang duit banyak.....

MONEY is GOLD....

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Share: mobil paling Awet, Bandel dan Badak menurut SMers
mpvfreak wrote:Share donk Om.. Pengalaman pelihara Mobil2 nya..
Yang Awet dan Bandel
Dipakai sampai high mileage sekalipun hanya jajan maintenis aja..
Mungkin bisa jadi panduan buat yang ngincar mobkas..
Dari hatchback, mpv, SUV ataupun minibus..
Reliabity dalam hal segi engine, cooling system, kaki2, automatic tranny
Ini ada mobil sodara badak bener Terimakasih Suhu SM
Sent from my LG-D855 using Tapatalk
mpvfreak wrote:Share donk Om.. Pengalaman pelihara Mobil2 nya..
Yang Awet dan Bandel
Kalau pengalaman saya pribadi ya mobil MPV yang sudah 6 tahun lebih saya kendarai dan tidak bikin saya tong pes (Kantong kempes) selama 6 tahun lebih memeliharanya ya mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT. Alasannya kenapa saya kategorikan awet dan bandel karena :
1. Selama 6 Tahun lebih di saya BBM selalu saya isi premium ron 88 tanpa aditif aditif an ngak pernah ada masalah atau problem yg terdeteksi.
Jadi biaya BBM termasuk murah dan irit .
2. Part part yg yg pernah di ganti selama 6 tahun lebih pemakaian sampai odo sekarang (lihat foto terlampir) cuma 2 X ganti aki, 1X ganti
kanpas rem depan, 1 X ganti karet wiper depan, 1 X ganti 1 bohlam belakang dan ganti 4 ban dan sekali ganti PNP Switch dan
Pipe – Water dengan part no 14053-1KXOA serta 2 X kuras oli CVT termasuk 1 X ganti filter oli CVT nya dan terakhir ganti 4 busi di tahun 2020 ini.
Total biaya pergantian semua part part tsb masih masuk kategori ngak mahal.
Dan untuk oli mesin dan filter rutin diganti tiap 6 atau 7 bulan.Cairan Radiator coolant dan minyak rem ganti tiap 4 tahun sekali.
Part part lainnya diluar itu masih part bawaan dealer saat beli mobil.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

HR15DE 2014
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 396
- Joined: Tue Sep 26, 2017 7:38
Re: Share: mobil paling Awet, Bandel dan Badak menurut SMers
Straight to innova G bensin '05
Milik uwak sy, dari baru sampe terakhir dijual 2018 / 2019 (sy lupa). Tdk pernah ganti liquid, terutama oli mesin (di invoice hanya top up oli tiap kali berkunjung ke bengkel), tune up hanya 2x di 10 & 20 rb (itupun tdk ganti oli).
Odo read terakhir 140.[cencored], surpisingly hampir tiap hari dipake cigadung - jtngr, tdk ada masalah kecuali boros...
Milik uwak sy, dari baru sampe terakhir dijual 2018 / 2019 (sy lupa). Tdk pernah ganti liquid, terutama oli mesin (di invoice hanya top up oli tiap kali berkunjung ke bengkel), tune up hanya 2x di 10 & 20 rb (itupun tdk ganti oli).
Odo read terakhir 140.[cencored], surpisingly hampir tiap hari dipake cigadung - jtngr, tdk ada masalah kecuali boros...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Share: mobil paling Awet, Bandel dan Badak menurut SMers
kalo post ini dibaca ama orang TAM mgkn udh bakal dibeli & dibelah mesinnya...akbrn wrote: Thu Sep 03, 2020 18:10 Straight to innova G bensin '05
Milik uwak sy, dari baru sampe terakhir dijual 2018 / 2019 (sy lupa). Tdk pernah ganti liquid, terutama oli mesin (di invoice hanya top up oli tiap kali berkunjung ke bengkel), tune up hanya 2x di 10 & 20 rb (itupun tdk ganti oli).
Odo read terakhir 140.[cencored], surpisingly hampir tiap hari dipake cigadung - jtngr, tdk ada masalah kecuali boros...

top up kan paling 1L per 5000km
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 396
- Joined: Tue Sep 26, 2017 7:38
Re: Share: mobil paling Awet, Bandel dan Badak menurut SMers
Kl mau cari mobilnya gampang kok, skrg hampir tiap hari parkir di ged lama mipa salah 1 univ negeri di jtngr... (dibeli sama inner cycle beliau)MSU wrote:kalo post ini dibaca ama orang TAM mgkn udh bakal dibeli & dibelah mesinnya...akbrn wrote: Thu Sep 03, 2020 18:10 Straight to innova G bensin '05
Milik uwak sy, dari baru sampe terakhir dijual 2018 / 2019 (sy lupa). Tdk pernah ganti liquid, terutama oli mesin (di invoice hanya top up oli tiap kali berkunjung ke bengkel), tune up hanya 2x di 10 & 20 rb (itupun tdk ganti oli).
Odo read terakhir 140.[cencored], surpisingly hampir tiap hari dipake cigadung - jtngr, tdk ada masalah kecuali boros...![]()
top up kan paling 1L per 5000km
Bisa kejadian hanya top up oli aja, gara2 mercayain maintenance ke salah 1 pegawai "kepercayaan" beliau.
Dikasih anggaran buat maintenance, malah dipake "main tennis"
Tp hikmahnya itu mobil terbukti beneran "bandel"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Share: mobil paling Awet, Bandel dan Badak menurut SMers
nih baru beli mudguard innova...yang lama rusak digigit piaraan....gak sangka harga 100 ribu 4 pis kualitas mirip dengan asli..tebal n halus....orisinil toyota 300an....
VRZ blm ada....rusak jg digigit piaraan...
gak pusing mikirin biaya rusak bodi...
itupun dirapiin krn rencana mau dijual mobilnya....walo blm tau gantinya...
VRZ blm ada....rusak jg digigit piaraan...
gak pusing mikirin biaya rusak bodi...
itupun dirapiin krn rencana mau dijual mobilnya....walo blm tau gantinya...

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Wed Feb 08, 2017 2:58
- Location: jogja
- Daily Vehicle: be er pe X be at
Re: Share: mobil paling Awet, Bandel dan Badak menurut SMers
innova TR, drmh ortu masi ad tahun 2005 ga pernah aneh2 senyap
joss gandos
kebalikannya drmh juga ada CRV RE 2007, amsyiong kalo yg ini, ud klutuk2 ngang ngung dimana2 ,biaya benerinnya bikin tepok jidat
joss gandos
kebalikannya drmh juga ada CRV RE 2007, amsyiong kalo yg ini, ud klutuk2 ngang ngung dimana2 ,biaya benerinnya bikin tepok jidat
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 932
- Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06
Re: Share: mobil paling Awet, Bandel dan Badak menurut SMers
Biar beda dikit ya
Pengalaman pake Xtrail T31 2.0 CVT thn 2010, diabuse sampe 200an rb km, ya walaupun at the end jebol juga CVTnya karena telat ganti oli hahaha, dan dijual akhir tahun 2018. Menurut saya mobil cukup kuat despite reputasinya yg unreliable dll dll. Selama pemakaian cuma sekali ganti kaki2, jadi kalo dibilang lemah bgt juga menurut saya ngga karena terbayar sama nyamannya. Cukup awet dan bandel menurut saya
Apa saya yg lagi hoki sama mobil ini ya
Pengalaman pake Xtrail T31 2.0 CVT thn 2010, diabuse sampe 200an rb km, ya walaupun at the end jebol juga CVTnya karena telat ganti oli hahaha, dan dijual akhir tahun 2018. Menurut saya mobil cukup kuat despite reputasinya yg unreliable dll dll. Selama pemakaian cuma sekali ganti kaki2, jadi kalo dibilang lemah bgt juga menurut saya ngga karena terbayar sama nyamannya. Cukup awet dan bandel menurut saya
Apa saya yg lagi hoki sama mobil ini ya
Penikmat roti tawar beroda
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3030
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Share: mobil paling Awet, Bandel dan Badak menurut SMers
Gantinya sama reborn diesel feslipkompresorz wrote: Mon Sep 07, 2020 3:11 nih baru beli mudguard innova...yang lama rusak digigit piaraan....gak sangka harga 100 ribu 4 pis kualitas mirip dengan asli..tebal n halus....orisinil toyota 300an....
VRZ blm ada....rusak jg digigit piaraan...
gak pusing mikirin biaya rusak bodi...
itupun dirapiin krn rencana mau dijual mobilnya....walo blm tau gantinya...![]()

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
