Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by benzz89 »

danielkt wrote:yup, standar beres ganti timing belt 2kd 150rb km, fan belt 100rb.
Btw, sebersih itu, apakah itu full pake biosolar ?
Full bio solar bertaon2 lamanya om + racun. Awal baru beli pakai shell karena pas depan rumah lokasinya, tapi pernah dapat yang busuk karena perputarannya mungkin lambat waktu itu... ntah kalau sekarang ane gak pernah cobain lagi
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by benzz89 »

Turboman wrote:Utk Termostat 76C ini sih sy liat2 benefitnya kerasa buat user2 :

- yg sering jalan jarak jauh & mesin dah ReMap / Piggy
- Yg demen pake oli encer spt 5W30 di 2KD

Kalo user yg cuman pake DaLkot aja sih gak perlu........
Ya basiclly sih 2 alasan ini juga yang buat ane ganti thermo 76 C & kebetulan sudah jadwal ganti timing belt & sekalian water pump, yah dicoba saja, namanya juga hobbyist, kalau gak dicoba ama mobil sendiri kurang afdol kata suhu Om Kompre.

Kalau lebih banyak manfaatnya yah terusin, kalau bikin jadi gak enak & mesin jadi boyo atau boros yah tinggal ganti aja lagi ke 82 C... gitu aja kok repot, mobil2 sendiri ini, mau meleduk atau jebol yah resiko sendiri... gitu juga kata suhu Om Kompre [emoji38]

Ane sudah dastek & dulu pernah pake mobil 1 5W-30 esp, cuman kalau lagi macet2an parah & suhu udara lagi terik2nya itu berasa banget suara mesin jadi lebih kasar & penguapan oli jadi tinggi.

Demikian juga kalau lagi jarak jauh di tol RPM mid to high jangka panjang berasa kurang tenang aja bawanya... maklum oli tipis, meskipun kelas keraton. Kalau gak kelas keraton ane gak berani juga pakai oli tipis, karena di buku manual 2KD harusnya pake oli buntut W40.

Karena 2KD ane sudah tuwir & ane mau pake oli yang lebih encer yah jalan tengahnya suhu mesin diturunin sedikit, 6 derajat sih harusnya tidak ekstrim. Pernah baca2 ada yang ganti sampai turun 10 derajat, nah itu memang bermasalah.

So far sih enak2 aja yah, gak ada penurunan performa... kalau konsumsi bbm sih belum jalan jauh jadi blom bisa tau efeknya, cuman kalau bisa lebih irit yah ane anggap bonuslah, karena tujuan utamanya adalah mengurangi penguapan oli & suara mesin supaya gak terlalu kasar efek dari pakai oli tipis pada kondisi macet parah di suhu terik serta saat long travel di tol.

Kalau mesinnya standard2 aja & pakai olinya standard2 juga yah gak usah gantilah... ntar malah jebol lagi kedinginan Hahaha [emoji1787]

benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by benzz89 »


DOHC wrote:
benzz89 wrote: Thu Sep 03, 2020 15:18 2 KD @138 ribu KM silinder head (pertama kali buka), Oli rutin ganti per 10 ribu. Oli mobile 1 delvac 5W-40, mobile 1 ESP 5W-30, Schaeffer Supreme 9000 5W-40 lalu saat ini Amsoil Signature Series Max Duty 5w-30.

Bongkar cover head karena ganti water pump (with thermostate), timing belt (with bearing idler & tensioner), fan belt (with tensioner & visco oil), radiator host (with clamp & coolant), bersihin TB dll. Total kerja 12 jam non stop.

Thanks to Om Marmut (garasi 58) yang sudah bantuin bongkar2 fortuner tuwir ane, sampai masuk ke engine bay segala demi bongkar cover head yang masih perawan [emoji120][emoji106]20200903_142411.jpg20200903_142435.jpg20200903_142618.jpg20200903_150240.jpg20200903_150309.jpg20200903_152936.jpg20200903_161519.jpg20200903_183409.jpg20200903_175142.jpg20200903_151654.jpg20200903_151600.jpg20200903_190111.jpg20200903_095812.jpg20200903_101502.jpg20200903_095611.jpg20200903_093915.jpg20200903_191128.jpg20200903_124049.jpg
fiuhhh.. untung waktu itu ga jadi spk 2GD, wong buka cover head 2KD aj ampe 12 jem, palagi 2GD

btw itu timing belt baru ganti pas 138 rebu ?? untung ga putus tuh

btw si mbah mengeluarkan tools sakti mandraguna nya ga tuh om.. the mighty stahlwille ctek ctek..
12 jam itu buka perawan om & ada kerjaan lain kaya ganti oli visco fan dll ... berikutnya sih Om Marmut sudah expert lah sudah tau jalannya. Seru juga & jadi belajar karena liatin langsung & foto2 dokumentasi. Kalau ganti di bengkel resmi atau bengkel lain yah gak bakalan bisa begitu kan.

Biar punya tolls lengkap juga rasanya ane gak berani ganti water pump & timing belt sendirian, kalau berdua sih okelah. Buka baut pipa injector itu peret banget, tegang, ngeri selek, beberapa kali pakai kunci pas gak gerak sama sekali (kalau dipaksa sih kayanya potensi selek), akhirnya pakai kunci inggris baru gerak... bunyinya krekkk baru lega. Baru 1 baut, masih ada 3 baut lagi menunggu.

TW nya Om Omni sih berjasa banget ngencengin baut2 di 2KD ane, gagangnya panjang itu TW, tapi bunyinya memang enak sih Hahaha...

Timing belt harusnya 150 ribu km om gantinya, kemarin sih buka masih bagus kok kondisinya, fan belt juga ane baru ganti dari baru, ada pecah di 1 titik kecil sekali ane cek. Part bawaan pabrik memang gila sih durabilitynya. Water pump juga pasti lebih bagus yang bawaan pabrik, setelah ganti ini sih baiknya tiap 100 ribu ganti lagi.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Turboman »

iwansiagian wrote:
laoshizaoan wrote:
Turboman wrote: Fri Sep 04, 2020 5:38 Mantap pake 76 C

bener bgt pake yg 76 C lalu pake oli 5W30 jadi adem suara
Maaf om newbie ikutan nimbrung, penasaran fungsi thermostat 76c apa yah dibanding standar? Saya check google gk ketemu jawaban nya. Kalau buat reborn 2gd apakah pengaruh buat ganti thermostat 76c nya juga? Terima kasih
Sama saya juga penasaran, terus googled ga nemu benefit nya buat daily, malah ada nemu ada satu kondisi yang ga bagus buat engine wear.

Mungkin ada literature /pengalaman lain nya bisa sharing

http://www.tuneruniversity.com/blog/201 ... advantage/
Screenshot_20200905-154341_Opera.jpg
ya kalo ragu yah gak usah

std aja

ini khusus Hobbyist aja......hehe

Btw yg jelas zaman dulu saat Diesel2 Toyota belom pake EGR & Katalis, banyak yg Termos nya 76 C

salah 1 nya = LC 80 mesin 1 HD-T & 2KD versi awal di HiLux model lama sebelum Vigo (non EGR)

Kalo saya so far hingga saat ini merasa hasilnya +.......utk menunjang penggunaan oli 5W30 di 2KD, oli 5W30 utk mengejar FC yg lebih baik & saat ber akselerasi EGT sedikit lebih lambat naiknya

* Sekedar percobaan pribadi *

* Tidak perlu diikuti *












* Bukan ajakan Beli *
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by benzz89 »

Turboman wrote:
iwansiagian wrote:
laoshizaoan wrote: Maaf om newbie ikutan nimbrung, penasaran fungsi thermostat 76c apa yah dibanding standar? Saya check google gk ketemu jawaban nya. Kalau buat reborn 2gd apakah pengaruh buat ganti thermostat 76c nya juga? Terima kasih
Sama saya juga penasaran, terus googled ga nemu benefit nya buat daily, malah ada nemu ada satu kondisi yang ga bagus buat engine wear.

Mungkin ada literature /pengalaman lain nya bisa sharing

http://www.tuneruniversity.com/blog/201 ... advantage/
Screenshot_20200905-154341_Opera.jpg
ya kalo ragu yah gak usah

std aja

ini khusus Hobbyist aja......hehe

Btw yg jelas zaman dulu saat Diesel2 Toyota belom pake EGR & Katalis, banyak yg Termos nya 76 C

salah 1 nya = LC 80 mesin 1 HD-T & 2KD versi awal di HiLux model lama sebelum Vigo (non EGR)

Kalo saya so far hingga saat ini merasa hasilnya +.......utk menunjang penggunaan oli 5W30 di 2KD, oli 5W30 utk mengejar FC yg lebih baik & saat ber akselerasi EGT sedikit lebih lambat naiknya

* Sekedar percobaan pribadi *

* Tidak perlu diikuti *
5W-30 di 2KD sih berasa banget bedanya banding 5W-40, gas di coel2 aja dari posisi mobil diam jauh lebih galak, rpm gerak lebih cepat, berasa tenaga naik antara 5-10 hp & sensasi naik mobil sport.

Cuman yah itu... suara mesin juga jadi lebih sporty banding 5W-40 yang lebih adem & vibrasi juga lebih tenang. Jalan tengahnya yah ganti thermo 76 C. Kalau sudah remap sih suara mesin harusnya lebih adem banding ane pake dastek yah.

Dulu ane pake mobil 1 5W-30 esp saat masih pake intercooler tenaga 200/450 saat macet parah & cuaca terik, mesin gak dapat pasokan udara segar itu suara mesinnya kasar meski sudah EGR delete & sudah pake DP yang plong (non katalis).

Sekarang intercooler sudah copot & retune dastek, jadi pake oli tipis + thermo low temp jauh lebih tenang, tinggal liat penguapan olinya gimana nanti, seharusnya sih sudah minim yah banding sebelumnya, gak tau repotnya di Om Turbo gimana ini karena beliau yang sudah jalan duluan [emoji4]
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by iwansiagian »

benzz89 wrote:
Turboman wrote:
iwansiagian wrote:Sama saya juga penasaran, terus googled ga nemu benefit nya buat daily, malah ada nemu ada satu kondisi yang ga bagus buat engine wear.

Mungkin ada literature /pengalaman lain nya bisa sharing

http://www.tuneruniversity.com/blog/201 ... advantage/
Screenshot_20200905-154341_Opera.jpg
ya kalo ragu yah gak usah

std aja

ini khusus Hobbyist aja......hehe

Btw yg jelas zaman dulu saat Diesel2 Toyota belom pake EGR & Katalis, banyak yg Termos nya 76 C

salah 1 nya = LC 80 mesin 1 HD-T & 2KD versi awal di HiLux model lama sebelum Vigo (non EGR)

Kalo saya so far hingga saat ini merasa hasilnya +.......utk menunjang penggunaan oli 5W30 di 2KD, oli 5W30 utk mengejar FC yg lebih baik & saat ber akselerasi EGT sedikit lebih lambat naiknya

* Sekedar percobaan pribadi *

* Tidak perlu diikuti *
5W-30 di 2KD sih berasa banget bedanya banding 5W-40, gas di coel2 aja dari posisi mobil diam jauh lebih galak, rpm gerak lebih cepat, berasa tenaga naik antara 5-10 hp & sensasi naik mobil sport.

Cuman yah itu... suara mesin juga jadi lebih sporty banding 5W-40 yang lebih adem & vibrasi juga lebih tenang. Jalan tengahnya yah ganti thermo 76 C. Kalau sudah remap sih suara mesin harusnya lebih adem banding ane pake dastek yah.

Dulu ane pake mobil 1 5W-30 esp saat masih pake intercooler tenaga 200/450 saat macet parah & cuaca terik, mesin gak dapat pasokan udara segar itu suara mesinnya kasar meski sudah EGR delete & sudah pake DP yang plong (non katalis).

Sekarang intercooler sudah copot & retune dastek, jadi pake oli tipis + thermo low temp jauh lebih tenang, tinggal liat penguapan olinya gimana nanti, seharusnya sih sudah minim yah banding sebelumnya, gak tau repotnya di Om Turbo gimana ini karena beliau yang sudah jalan duluan [emoji4]
Noted om benz, kebetulan belum pernah pake yang 5-30 di 2gd, paling encer baru 10-30.

Se drastis itu ya ternyata dari 5-40 ke 5-30 di 2kd. Thanks Om info nya
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Givrun »

benzz89 wrote: Sat Sep 05, 2020 16:54
DOHC wrote:
benzz89 wrote: Thu Sep 03, 2020 15:18 2 KD @138 ribu KM silinder head (pertama kali buka), Oli rutin ganti per 10 ribu. Oli mobile 1 delvac 5W-40, mobile 1 ESP 5W-30, Schaeffer Supreme 9000 5W-40 lalu saat ini Amsoil Signature Series Max Duty 5w-30.

Bongkar cover head karena ganti water pump (with thermostate), timing belt (with bearing idler & tensioner), fan belt (with tensioner & visco oil), radiator host (with clamp & coolant), bersihin TB dll. Total kerja 12 jam non stop.

Thanks to Om Marmut (garasi 58) yang sudah bantuin bongkar2 fortuner tuwir ane, sampai masuk ke engine bay segala demi bongkar cover head yang masih perawan [emoji120][emoji106]20200903_142411.jpg20200903_142435.jpg20200903_142618.jpg20200903_150240.jpg20200903_150309.jpg20200903_152936.jpg20200903_161519.jpg20200903_183409.jpg20200903_175142.jpg20200903_151654.jpg20200903_151600.jpg20200903_190111.jpg20200903_095812.jpg20200903_101502.jpg20200903_095611.jpg20200903_093915.jpg20200903_191128.jpg20200903_124049.jpg
fiuhhh.. untung waktu itu ga jadi spk 2GD, wong buka cover head 2KD aj ampe 12 jem, palagi 2GD

btw itu timing belt baru ganti pas 138 rebu ?? untung ga putus tuh

btw si mbah mengeluarkan tools sakti mandraguna nya ga tuh om.. the mighty stahlwille ctek ctek..
12 jam itu buka perawan om & ada kerjaan lain kaya ganti oli visco fan dll ... berikutnya sih Om Marmut sudah expert lah sudah tau jalannya. Seru juga & jadi belajar karena liatin langsung & foto2 dokumentasi. Kalau ganti di bengkel resmi atau bengkel lain yah gak bakalan bisa begitu kan.

Biar punya tolls lengkap juga rasanya ane gak berani ganti water pump & timing belt sendirian, kalau berdua sih okelah. Buka baut pipa injector itu peret banget, tegang, ngeri selek, beberapa kali pakai kunci pas gak gerak sama sekali (kalau dipaksa sih kayanya potensi selek), akhirnya pakai kunci inggris baru gerak... bunyinya krekkk baru lega. Baru 1 baut, masih ada 3 baut lagi menunggu.

TW nya Om Omni sih berjasa banget ngencengin baut2 di 2KD ane, gagangnya panjang itu TW, tapi bunyinya memang enak sih Hahaha...

Timing belt harusnya 150 ribu km om gantinya, kemarin sih buka masih bagus kok kondisinya, fan belt juga ane baru ganti dari baru, ada pecah di 1 titik kecil sekali ane cek. Part bawaan pabrik memang gila sih durabilitynya. Water pump juga pasti lebih bagus yang bawaan pabrik, setelah ganti ini sih baiknya tiap 100 ribu ganti lagi.
Kondisi waterpump Bearing udh agk kasar ya ? Umur 10 taun odo 138k ?

Brarti ane mending nunggu 20k km lagi dah, sambil nabung buat beli tensioner fan belt, bearing n tensioner T-belt, water pump, seal valve cover , seal pipa injector.. bayangan nya abis brp om benzz?


Smntara cicil kerjain yg murah dlu dah oli visco
:big_peace:
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Givrun »

iwansiagian wrote: Sun Sep 06, 2020 2:00 Noted om benz, kebetulan belum pernah pake yang 5-30 di 2gd, paling encer baru 10-30.

Se drastis itu ya ternyata dari 5-40 ke 5-30 di 2kd. Thanks Om info nya
graph_4_viscosity_comparison.jpg
10w-30 dgn 5w-30 Kekentalannya berbeda di temp 0-95 derajat celcius
Walaupun dari 80 an derajat selisih nya hanya nol koma cst

Lebih tepat nya bisa gunakan viscosity calc sesuaikan nilai nya dgn data sheet oli yg di pakai

https://widman.biz/English/Calculators/Graph.html

Tambahan : ini link untuk mencari viscos index , iso (Visc@40°) , dan visc @100° jika datasheet oli kurang lengkap

https://widman.biz/English/Calculators/ ... index.html
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by Givrun on Sun Sep 06, 2020 4:27, edited 2 times in total.
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by iwansiagian »

Givrun wrote:
iwansiagian wrote: Sun Sep 06, 2020 2:00 Noted om benz, kebetulan belum pernah pake yang 5-30 di 2gd, paling encer baru 10-30.

Se drastis itu ya ternyata dari 5-40 ke 5-30 di 2kd. Thanks Om info nya
graph_4_viscosity_comparison.jpg
10w-30 dgn 5w-30 Kekentalannya berbeda di temp 0-95 derajat celcius
Walaupun dari 80 an derajat selisih nya hanya nol koma cst

Lebih tepat nya bisa gunakan viscosity calc sesuaikan nilai nya dgn data sheet oli yg di pakai

https://widman.biz/English/Calculators/Graph.html
Makasih om Givrun. [emoji106][emoji4]
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by DOHC »

benzz89 wrote: Sat Sep 05, 2020 16:54
DOHC wrote:
benzz89 wrote: Thu Sep 03, 2020 15:18 2 KD @138 ribu KM silinder head (pertama kali buka), Oli rutin ganti per 10 ribu. Oli mobile 1 delvac 5W-40, mobile 1 ESP 5W-30, Schaeffer Supreme 9000 5W-40 lalu saat ini Amsoil Signature Series Max Duty 5w-30.

Bongkar cover head karena ganti water pump (with thermostate), timing belt (with bearing idler & tensioner), fan belt (with tensioner & visco oil), radiator host (with clamp & coolant), bersihin TB dll. Total kerja 12 jam non stop.

Thanks to Om Marmut (garasi 58) yang sudah bantuin bongkar2 fortuner tuwir ane, sampai masuk ke engine bay segala demi bongkar cover head yang masih perawan [emoji120][emoji106]20200903_142411.jpg20200903_142435.jpg20200903_142618.jpg20200903_150240.jpg20200903_150309.jpg20200903_152936.jpg20200903_161519.jpg20200903_183409.jpg20200903_175142.jpg20200903_151654.jpg20200903_151600.jpg20200903_190111.jpg20200903_095812.jpg20200903_101502.jpg20200903_095611.jpg20200903_093915.jpg20200903_191128.jpg20200903_124049.jpg
fiuhhh.. untung waktu itu ga jadi spk 2GD, wong buka cover head 2KD aj ampe 12 jem, palagi 2GD

btw itu timing belt baru ganti pas 138 rebu ?? untung ga putus tuh

btw si mbah mengeluarkan tools sakti mandraguna nya ga tuh om.. the mighty stahlwille ctek ctek..
12 jam itu buka perawan om & ada kerjaan lain kaya ganti oli visco fan dll ... berikutnya sih Om Marmut sudah expert lah sudah tau jalannya. Seru juga & jadi belajar karena liatin langsung & foto2 dokumentasi. Kalau ganti di bengkel resmi atau bengkel lain yah gak bakalan bisa begitu kan.

Biar punya tolls lengkap juga rasanya ane gak berani ganti water pump & timing belt sendirian, kalau berdua sih okelah. Buka baut pipa injector itu peret banget, tegang, ngeri selek, beberapa kali pakai kunci pas gak gerak sama sekali (kalau dipaksa sih kayanya potensi selek), akhirnya pakai kunci inggris baru gerak... bunyinya krekkk baru lega. Baru 1 baut, masih ada 3 baut lagi menunggu.

TW nya Om Omni sih berjasa banget ngencengin baut2 di 2KD ane, gagangnya panjang itu TW, tapi bunyinya memang enak sih Hahaha...

Timing belt harusnya 150 ribu km om gantinya, kemarin sih buka masih bagus kok kondisinya, fan belt juga ane baru ganti dari baru, ada pecah di 1 titik kecil sekali ane cek. Part bawaan pabrik memang gila sih durabilitynya. Water pump juga pasti lebih bagus yang bawaan pabrik, setelah ganti ini sih baiknya tiap 100 ribu ganti lagi.
Ohh masi perawan.. pantes

Dl saya buka timing cover 1TR jg seharian sehh, itu aj ud dbantu sepupu ber2 ngerjain... kl skrg suru ngerjain lg ? Pasti seharian lg, baut sgitu banyak, plus musti buka oil pan sgala.. ribet pala berbie

Ohh hebat jg yah timing belt bawaan bsa 150 rebu.. lebi kuat dr timing belt mobil bensin yg umurnya biasa cuman 90-100an rebu doank

Water pump hoki2an seh om.. bawaan ga jaminan bagus, dan yg dganti ga jaminan pasti jelek.. hoki2an aj
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
neptunus
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Sat Dec 25, 2004 22:37

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by neptunus »

Om Turbo.
Mohon bantuannya.
Mobil sy Nissan terra 2019 akhir. Km baru 6 rb an km. Domisili Jakarta Om.
1.Apa aman kah pake biosolar.? Perlu pake racun kah?
2.Perlu kah sy pasang filter solar double? Kalo pasang filter solar double di bengkel mana yg bagus?
3. Dan filter solar apa yg om Turbo rekomendasikan utk dual filter ya. Sy liat dipasaran ada yg merk BP filter, racor, Perkins. Mana yg bagus.
4. Utk oli mesin kira kira merk apa yg cocok dan jenis apa?
5. Kalo remap itu sebenarnya perlu ga yah?
Maaf byk tanya Om. Terima kasih sebelumnya.
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 850
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by well »

Turboman wrote: Sat Sep 05, 2020 17:00
iwansiagian wrote:
laoshizaoan wrote:
Maaf om newbie ikutan nimbrung, penasaran fungsi thermostat 76c apa yah dibanding standar? Saya check google gk ketemu jawaban nya. Kalau buat reborn 2gd apakah pengaruh buat ganti thermostat 76c nya juga? Terima kasih
Sama saya juga penasaran, terus googled ga nemu benefit nya buat daily, malah ada nemu ada satu kondisi yang ga bagus buat engine wear.

Mungkin ada literature /pengalaman lain nya bisa sharing

http://www.tuneruniversity.com/blog/201 ... _Opera.jpg
ya kalo ragu yah gak usah

std aja

ini khusus Hobbyist aja......hehe

Btw yg jelas zaman dulu saat Diesel2 Toyota belom pake EGR & Katalis, banyak yg Termos nya 76 C

salah 1 nya = LC 80 mesin 1 HD-T & 2KD versi awal di HiLux model lama sebelum Vigo (non EGR)

Kalo saya so far hingga saat ini merasa hasilnya +.......utk menunjang penggunaan oli 5W30 di 2KD, oli 5W30 utk mengejar FC yg lebih baik & saat ber akselerasi EGT sedikit lebih lambat naiknya

* Sekedar percobaan pribadi *

* Tidak perlu diikuti *
Apa efek negatifnya bs sampai significant?
Setahu saya dulu bny org yg termostartnya dicabut malah, ga ada yg sampai rusak mblnya..
Sy pernah tau sendiri innova pny teman thn 2005 (pas awal2 keluar) thermostart di lepas, suhu cuma 1/4 aja, setahu ane ngga rusak atau error. Cuma tidak tahu kebetulan atau memang faktor krn dilepas, mobilnya agak berat larinya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Turboman »

neptunus wrote:Om Turbo.
Mohon bantuannya.
Mobil sy Nissan terra 2019 akhir. Km baru 6 rb an km. Domisili Jakarta Om.
1.Apa aman kah pake biosolar.? Perlu pake racun kah?
2.Perlu kah sy pasang filter solar double? Kalo pasang filter solar double di bengkel mana yg bagus?
3. Dan filter solar apa yg om Turbo rekomendasikan utk dual filter ya. Sy liat dipasaran ada yg merk BP filter, racor, Perkins. Mana yg bagus.
4. Utk oli mesin kira kira merk apa yg cocok dan jenis apa?
5. Kalo remap itu sebenarnya perlu ga yah?
Maaf byk tanya Om. Terima kasih sebelumnya.
Kalo mobil jalan tiap hari, boleh pake BioSol + racun

kalo jalan seminggu sekali = DEX

soal filter solar, coba cek di service manual / parts Catalog, apakah pada mesin ada filter solar ke 2 spt di 2GD, jika ada ya gak perlu filter solar tambahan

sebetulnya zaman skg di kota2 besar kualitas BioSol dah improve & gak butuh tambahan FilSol lagi, asal selalu gunakan FilSol ori atau aftermarket dr produsen jelas spt Sakura / BOSCH misal

utk oli, bisa bantu lihatin di manual book minta nya std ACEA brp / SAE brp yg di rekomen ?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Turboman »

well wrote:
Turboman wrote: Sat Sep 05, 2020 17:00
iwansiagian wrote:Sama saya juga penasaran, terus googled ga nemu benefit nya buat daily, malah ada nemu ada satu kondisi yang ga bagus buat engine wear.

Mungkin ada literature /pengalaman lain nya bisa sharing

http://www.tuneruniversity.com/blog/201 ... _Opera.jpg
ya kalo ragu yah gak usah

std aja

ini khusus Hobbyist aja......hehe

Btw yg jelas zaman dulu saat Diesel2 Toyota belom pake EGR & Katalis, banyak yg Termos nya 76 C

salah 1 nya = LC 80 mesin 1 HD-T & 2KD versi awal di HiLux model lama sebelum Vigo (non EGR)

Kalo saya so far hingga saat ini merasa hasilnya +.......utk menunjang penggunaan oli 5W30 di 2KD, oli 5W30 utk mengejar FC yg lebih baik & saat ber akselerasi EGT sedikit lebih lambat naiknya

* Sekedar percobaan pribadi *

* Tidak perlu diikuti *
Apa efek negatifnya bs sampai significant?
Setahu saya dulu bny org yg termostartnya dicabut malah, ga ada yg sampai rusak mblnya..
Sy pernah tau sendiri innova pny teman thn 2005 (pas awal2 keluar) thermostart di lepas, suhu cuma 1/4 aja, setahu ane ngga rusak atau error. Cuma tidak tahu kebetulan atau memang faktor krn dilepas, mobilnya agak berat larinya
efeknya jangka panjang

saya sih gak pernah rekomen cabut termostat

Cabut Termostat dan ganti termostat yg suhu lebih rendah sedikit adalah 2 hal yg tidak ada hubungannya

Mesin butuh suhu ideal utk kerja optimal sesuai rancangan pabrik, suhu ideal ini tentu ada range Min - Max nya



* Bukan ajakan Beli *
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by benzz89 »

Givrun wrote:
benzz89 wrote: Sat Sep 05, 2020 16:54
DOHC wrote: fiuhhh.. untung waktu itu ga jadi spk 2GD, wong buka cover head 2KD aj ampe 12 jem, palagi 2GD

btw itu timing belt baru ganti pas 138 rebu ?? untung ga putus tuh

btw si mbah mengeluarkan tools sakti mandraguna nya ga tuh om.. the mighty stahlwille ctek ctek..
12 jam itu buka perawan om & ada kerjaan lain kaya ganti oli visco fan dll ... berikutnya sih Om Marmut sudah expert lah sudah tau jalannya. Seru juga & jadi belajar karena liatin langsung & foto2 dokumentasi. Kalau ganti di bengkel resmi atau bengkel lain yah gak bakalan bisa begitu kan.

Biar punya tolls lengkap juga rasanya ane gak berani ganti water pump & timing belt sendirian, kalau berdua sih okelah. Buka baut pipa injector itu peret banget, tegang, ngeri selek, beberapa kali pakai kunci pas gak gerak sama sekali (kalau dipaksa sih kayanya potensi selek), akhirnya pakai kunci inggris baru gerak... bunyinya krekkk baru lega. Baru 1 baut, masih ada 3 baut lagi menunggu.

TW nya Om Omni sih berjasa banget ngencengin baut2 di 2KD ane, gagangnya panjang itu TW, tapi bunyinya memang enak sih Hahaha...

Timing belt harusnya 150 ribu km om gantinya, kemarin sih buka masih bagus kok kondisinya, fan belt juga ane baru ganti dari baru, ada pecah di 1 titik kecil sekali ane cek. Part bawaan pabrik memang gila sih durabilitynya. Water pump juga pasti lebih bagus yang bawaan pabrik, setelah ganti ini sih baiknya tiap 100 ribu ganti lagi.
Kondisi waterpump Bearing udh agk kasar ya ? Umur 10 taun odo 138k ?

Brarti ane mending nunggu 20k km lagi dah, sambil nabung buat beli tensioner fan belt, bearing n tensioner T-belt, water pump, seal valve cover , seal pipa injector.. bayangan nya abis brp om benzz?


Smntara cicil kerjain yg murah dlu dah oli visco
:big_peace:
Givrun wrote:
benzz89 wrote: Sat Sep 05, 2020 16:54
DOHC wrote: fiuhhh.. untung waktu itu ga jadi spk 2GD, wong buka cover head 2KD aj ampe 12 jem, palagi 2GD

btw itu timing belt baru ganti pas 138 rebu ?? untung ga putus tuh

btw si mbah mengeluarkan tools sakti mandraguna nya ga tuh om.. the mighty stahlwille ctek ctek..
12 jam itu buka perawan om & ada kerjaan lain kaya ganti oli visco fan dll ... berikutnya sih Om Marmut sudah expert lah sudah tau jalannya. Seru juga & jadi belajar karena liatin langsung & foto2 dokumentasi. Kalau ganti di bengkel resmi atau bengkel lain yah gak bakalan bisa begitu kan.

Biar punya tolls lengkap juga rasanya ane gak berani ganti water pump & timing belt sendirian, kalau berdua sih okelah. Buka baut pipa injector itu peret banget, tegang, ngeri selek, beberapa kali pakai kunci pas gak gerak sama sekali (kalau dipaksa sih kayanya potensi selek), akhirnya pakai kunci inggris baru gerak... bunyinya krekkk baru lega. Baru 1 baut, masih ada 3 baut lagi menunggu.

TW nya Om Omni sih berjasa banget ngencengin baut2 di 2KD ane, gagangnya panjang itu TW, tapi bunyinya memang enak sih Hahaha...

Timing belt harusnya 150 ribu km om gantinya, kemarin sih buka masih bagus kok kondisinya, fan belt juga ane baru ganti dari baru, ada pecah di 1 titik kecil sekali ane cek. Part bawaan pabrik memang gila sih durabilitynya. Water pump juga pasti lebih bagus yang bawaan pabrik, setelah ganti ini sih baiknya tiap 100 ribu ganti lagi.
Kondisi waterpump Bearing udh agk kasar ya ? Umur 10 taun odo 138k ?

Brarti ane mending nunggu 20k km lagi dah, sambil nabung buat beli tensioner fan belt, bearing n tensioner T-belt, water pump, seal valve cover , seal pipa injector.. bayangan nya abis brp om benzz?


Smntara cicil kerjain yg murah dlu dah oli visco
:big_peace:
Ya bearing water pump sudah mulai kasar putarannya & gasket thermo sih yang ane liat sudah getas karena kan dari karet, pas nyopotinnya juga susah itu thermo. Odo 138.065/10 taon 6 bulan tepatnya.

Yang harus prepare yah seal valve cover & karet pipa injector, kalau bisa sekalian yah lebih baik. Karena ane gak tau akan buka valve cover & pipa selang injector yah gak bisa prepare. Nanti ganti waktu mau setel kelep aja, penasaran nih, apa efek dari setel celah katup, Om Turbo nih yang sudah pernah mungkin bisa share pengalaman realnya.

Kemarin ane sekalian ganti juga part2 hasil keisengan ane jaman dulu yaitu waktu pasang CAI. Ada 3 part yang cacat yaitu connector intake air, Host air cleaner & Host Ventilation berikut sama adaptor & bracket kabel hilang (total 5 part).

Kemarin beli baru semuanya di beres & ganti di tempat Om Marmut, makanya ane bilang 12 jam itu ada kerjaan lain2nya yah ini hahaha... mumpung sekalian bongkar semuanya. Ini aja masih ada yang indent partnya, minggu depan mau balik lagi buat pasang adaptor & bracket, sekalian greasing all part under body.

Berikut ane rekap hasil jajan fortuner tuwir kesayangan ane, khusus buat Om Givrun, teman2 pengguna 2KD, warga SM & juga sebagai referensi buat yang mau ganti timing belt dkk nya... Total 18 part baru & blom termasuk biaya jasa Om Marmut + kopi hitam pekat tubruknya hasil giling sendiri [emoji106]
20200906_131852.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Givrun »

benzz89 wrote: Sun Sep 06, 2020 6:36
Ya bearing water pump sudah mulai kasar putarannya & gasket thermo sih yang ane liat sudah getas karena kan dari karet, pas nyopotinnya juga susah itu thermo. Odo 138.065/10 taon 6 bulan tepatnya.

Yang harus prepare yah seal valve cover & karet pipa injector, kalau bisa sekalian yah lebih baik. Karena ane gak tau akan buka valve cover & pipa selang injector yah gak bisa prepare. Nanti ganti waktu mau setel kelep aja, penasaran nih, apa efek dari setel celah katup, Om Turbo nih yang sudah pernah mungkin bisa share pengalaman realnya.

Kemarin ane sekalian ganti juga part2 hasil keisengan ane jaman dulu yaitu waktu pasang CAI. Ada 3 part yang cacat yaitu connector intake air, Host air cleaner & Host Ventilation berikut sama adaptor & bracket kabel hilang (total 5 part).

Kemarin beli baru semuanya di beres & ganti di tempat Om Marmut, makanya ane bilang 12 jam itu ada kerjaan lain2nya yah ini hahaha... mumpung sekalian bongkar semuanya. Ini aja masih ada yang indent partnya, minggu depan mau balik lagi buat pasang adaptor & bracket, sekalian greasing all part under body.

Berikut ane rekap hasil jajan fortuner tuwir kesayangan ane, khusus buat Om Givrun, teman2 pengguna 2KD, warga SM & juga sebagai referensi buat yang mau ganti timing belt dkk nya... Total 18 part baru & blom termasuk biaya jasa Om Marmut + kopi hitam pekat tubruknya hasil giling sendiri [emoji106]20200906_131852.jpg
Wah. Thanks banget om.. minimal ada gambaran dan part number buat jajan nanti hehe.. toyota original smua nya sedia segitu ya :big_think:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by benzz89 »


Givrun wrote:
benzz89 wrote: Sun Sep 06, 2020 6:36
Ya bearing water pump sudah mulai kasar putarannya & gasket thermo sih yang ane liat sudah getas karena kan dari karet, pas nyopotinnya juga susah itu thermo. Odo 138.065/10 taon 6 bulan tepatnya.

Yang harus prepare yah seal valve cover & karet pipa injector, kalau bisa sekalian yah lebih baik. Karena ane gak tau akan buka valve cover & pipa selang injector yah gak bisa prepare. Nanti ganti waktu mau setel kelep aja, penasaran nih, apa efek dari setel celah katup, Om Turbo nih yang sudah pernah mungkin bisa share pengalaman realnya.

Kemarin ane sekalian ganti juga part2 hasil keisengan ane jaman dulu yaitu waktu pasang CAI. Ada 3 part yang cacat yaitu connector intake air, Host air cleaner & Host Ventilation berikut sama adaptor & bracket kabel hilang (total 5 part).

Kemarin beli baru semuanya di beres & ganti di tempat Om Marmut, makanya ane bilang 12 jam itu ada kerjaan lain2nya yah ini hahaha... mumpung sekalian bongkar semuanya. Ini aja masih ada yang indent partnya, minggu depan mau balik lagi buat pasang adaptor & bracket, sekalian greasing all part under body.

Berikut ane rekap hasil jajan fortuner tuwir kesayangan ane, khusus buat Om Givrun, teman2 pengguna 2KD, warga SM & juga sebagai referensi buat yang mau ganti timing belt dkk nya... Total 18 part baru & blom termasuk biaya jasa Om Marmut + kopi hitam pekat tubruknya hasil giling sendiri [emoji106]20200906_131852.jpg
Wah. Thanks banget om.. minimal ada gambaran dan part number buat jajan nanti hehe.. toyota original smua nya sedia segitu ya :big_think:
Kalau mau bikin beres tambah makmur yah beli semua part & pasang di beres om hehehe... harga beres sudah including PPN 10%. Kalau beli di toko cari toko yang official store, yang ada garansi pasti ori 100% & ada jaminan uang kembali kalau barang tidak sesuai part number.

Ane beli part connector intake air di beres, pas bandingin ama part bawaan pabrik di ketok2 pakai jari juga beda om suaranya hehehe... tetap lebih solid part bawaan pabrik bahannya, ntahlah itu beres setting harganya gimana. Buat ane kalau beda harga dengan official store gak jauh (lebih mahal beres dikit) ane sikat beres.

Itu part2 yang ane beli di beres harganya lebih mahal semuanya banding toko... kecuali host radiator, memang ada beberapa part beres bisa lebih murah sih banding toko, kita ikutin aja permainan mereka om.

Lebih teliti & detail aja cek2 part number di beres & liat2 gambar manualnya. Tetap berhubungan baik dengan orang2 bagian spare part beres, in case kita ada perlu urgent mereka bisa bantu kita.

Ane sudahi saja oot dimari yah, back to topic oli mesin diesel yang bikin suara mesin jadi halus. Awalnya ane hanya mau sharing kondisi jeroan mesin 2KD ane berkenaan dengan oli2 yang pernah ane pakai malah jadi panjang begini... maaf [emoji120][emoji120][emoji120]
neptunus
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Sat Dec 25, 2004 22:37

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by neptunus »

Turboman wrote: Sun Sep 06, 2020 5:44
neptunus wrote:Om Turbo.
Mohon bantuannya.
Mobil sy Nissan terra 2019 akhir. Km baru 6 rb an km. Domisili Jakarta Om.
1.Apa aman kah pake biosolar.? Perlu pake racun kah?
2.Perlu kah sy pasang filter solar double? Kalo pasang filter solar double di bengkel mana yg bagus?
3. Dan filter solar apa yg om Turbo rekomendasikan utk dual filter ya. Sy liat dipasaran ada yg merk BP filter, racor, Perkins. Mana yg bagus.
4. Utk oli mesin kira kira merk apa yg cocok dan jenis apa?
5. Kalo remap itu sebenarnya perlu ga yah?
Maaf byk tanya Om. Terima kasih sebelumnya.
Kalo mobil jalan tiap hari, boleh pake BioSol + racun

kalo jalan seminggu sekali = DEX

soal filter solar, coba cek di service manual / parts Catalog, apakah pada mesin ada filter solar ke 2 spt di 2GD, jika ada ya gak perlu filter solar tambahan

sebetulnya zaman skg di kota2 besar kualitas BioSol dah improve & gak butuh tambahan FilSol lagi, asal selalu gunakan FilSol ori atau aftermarket dr produsen jelas spt Sakura / BOSCH misal

utk oli, bisa bantu lihatin di manual book minta nya std ACEA brp / SAE brp yg di rekomen ?
Itu yg direkomendasikan oleh Nissan utk Nissan Terran Om Turbo.
Utk Nissan terra sepertinya ga ada filter solar ke 2 pak.
Kalo ga ada apakah perlu tambahan? Sy cari cari di forum Nissan terra agak susah. Krn ga gitu byk peminat Nissan terra.

Racun yg cocok kira kira merk apa ya pak?

Makasih Om Turbo.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by evanbngdor »

benzz89 wrote: Sat Sep 05, 2020 14:50
Turboman wrote:Utk Termostat 76C ini sih sy liat2 benefitnya kerasa buat user2 :

- yg sering jalan jarak jauh & mesin dah ReMap / Piggy
- Yg demen pake oli encer spt 5W30 di 2KD

Kalo user yg cuman pake DaLkot aja sih gak perlu........
Ya basiclly sih 2 alasan ini juga yang buat ane ganti thermo 76 C & kebetulan sudah jadwal ganti timing belt & sekalian water pump, yah dicoba saja, namanya juga hobbyist, kalau gak dicoba ama mobil sendiri kurang afdol kata suhu Om Kompre.

Kalau lebih banyak manfaatnya yah terusin, kalau bikin jadi gak enak & mesin jadi boyo atau boros yah tinggal ganti aja lagi ke 82 C... gitu aja kok repot, mobil2 sendiri ini, mau meleduk atau jebol yah resiko sendiri... gitu juga kata suhu Om Kompre [emoji38]

Ane sudah dastek & dulu pernah pake mobil 1 5W-30 esp, cuman kalau lagi macet2an parah & suhu udara lagi terik2nya itu berasa banget suara mesin jadi lebih kasar & penguapan oli jadi tinggi.

Demikian juga kalau lagi jarak jauh di tol RPM mid to high jangka panjang berasa kurang tenang aja bawanya... maklum oli tipis, meskipun kelas keraton. Kalau gak kelas keraton ane gak berani juga pakai oli tipis, karena di buku manual 2KD harusnya pake oli buntut W40.

Karena 2KD ane sudah tuwir & ane mau pake oli yang lebih encer yah jalan tengahnya suhu mesin diturunin sedikit, 6 derajat sih harusnya tidak ekstrim. Pernah baca2 ada yang ganti sampai turun 10 derajat, nah itu memang bermasalah.

So far sih enak2 aja yah, gak ada penurunan performa... kalau konsumsi bbm sih belum jalan jauh jadi blom bisa tau efeknya, cuman kalau bisa lebih irit yah ane anggap bonuslah, karena tujuan utamanya adalah mengurangi penguapan oli & suara mesin supaya gak terlalu kasar efek dari pakai oli tipis pada kondisi macet parah di suhu terik serta saat long travel di tol.

Kalau mesinnya standard2 aja & pakai olinya standard2 juga yah gak usah gantilah... ntar malah jebol lagi kedinginan Hahaha [emoji1787]
Setuju. Karena kalau saya amati juga di 2KD manual saya dengan kondisi piggyback itu pake thermostat standar di tol semarang-bawen kondisi nanjak sambil bejek gas, ECT bisa melayang sampe 86-87. Pernah sekali nyentuh 90 waktu jalan nanjak dan bejek pol sampe nyaris limiter&top speed. Tp begitu kurangin gas itu langsung turun.

Dengan pake thermostat yg 76 sih mestinya bisa jauh lebih aman untuk penggunaan saat kondisi yg saya bilang di atas itu. Tp kalo hanya untuk mall to mall sih ya gak akan berasa pasti
:mky_01:

Saya sih ada rencana juga nanti kalo misal pas ganti water pump, sekalian aja ganti thermostat. Biar lebih tenang juga kalo pas lg dipake di kondisi-kondisi itu. Meskipun pake oli keraton tp ECT nya tinggi juga ada rasa was-was
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Turboman »

neptunus wrote:
Turboman wrote: Sun Sep 06, 2020 5:44
neptunus wrote:Om Turbo.
Mohon bantuannya.
Mobil sy Nissan terra 2019 akhir. Km baru 6 rb an km. Domisili Jakarta Om.
1.Apa aman kah pake biosolar.? Perlu pake racun kah?
2.Perlu kah sy pasang filter solar double? Kalo pasang filter solar double di bengkel mana yg bagus?
3. Dan filter solar apa yg om Turbo rekomendasikan utk dual filter ya. Sy liat dipasaran ada yg merk BP filter, racor, Perkins. Mana yg bagus.
4. Utk oli mesin kira kira merk apa yg cocok dan jenis apa?
5. Kalo remap itu sebenarnya perlu ga yah?
Maaf byk tanya Om. Terima kasih sebelumnya.
Kalo mobil jalan tiap hari, boleh pake BioSol + racun

kalo jalan seminggu sekali = DEX

soal filter solar, coba cek di service manual / parts Catalog, apakah pada mesin ada filter solar ke 2 spt di 2GD, jika ada ya gak perlu filter solar tambahan

sebetulnya zaman skg di kota2 besar kualitas BioSol dah improve & gak butuh tambahan FilSol lagi, asal selalu gunakan FilSol ori atau aftermarket dr produsen jelas spt Sakura / BOSCH misal

utk oli, bisa bantu lihatin di manual book minta nya std ACEA brp / SAE brp yg di rekomen ?
Itu yg direkomendasikan oleh Nissan utk Nissan Terran Om Turbo.
Utk Nissan terra sepertinya ga ada filter solar ke 2 pak.
Kalo ga ada apakah perlu tambahan? Sy cari cari di forum Nissan terra agak susah. Krn ga gitu byk peminat Nissan terra.

Racun yg cocok kira kira merk apa ya pak?

Makasih Om Turbo.
ya bisa pake
5W30 ACEA B1 / B5
5W30 ACEA B4
5W30 API Serv CI-4 / CJ-4 / CK-4

10W30 Diesel oil OK

or 5W40 ACEA B4 atau API C series bisa
* Bukan ajakan Beli *
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by bangrosi »

benzz89 wrote:
Givrun wrote:
benzz89 wrote: Sat Sep 05, 2020 16:54 12 jam itu buka perawan om & ada kerjaan lain kaya ganti oli visco fan dll ... berikutnya sih Om Marmut sudah expert lah sudah tau jalannya. Seru juga & jadi belajar karena liatin langsung & foto2 dokumentasi. Kalau ganti di bengkel resmi atau bengkel lain yah gak bakalan bisa begitu kan.

Biar punya tolls lengkap juga rasanya ane gak berani ganti water pump & timing belt sendirian, kalau berdua sih okelah. Buka baut pipa injector itu peret banget, tegang, ngeri selek, beberapa kali pakai kunci pas gak gerak sama sekali (kalau dipaksa sih kayanya potensi selek), akhirnya pakai kunci inggris baru gerak... bunyinya krekkk baru lega. Baru 1 baut, masih ada 3 baut lagi menunggu.

TW nya Om Omni sih berjasa banget ngencengin baut2 di 2KD ane, gagangnya panjang itu TW, tapi bunyinya memang enak sih Hahaha...

Timing belt harusnya 150 ribu km om gantinya, kemarin sih buka masih bagus kok kondisinya, fan belt juga ane baru ganti dari baru, ada pecah di 1 titik kecil sekali ane cek. Part bawaan pabrik memang gila sih durabilitynya. Water pump juga pasti lebih bagus yang bawaan pabrik, setelah ganti ini sih baiknya tiap 100 ribu ganti lagi.
Kondisi waterpump Bearing udh agk kasar ya ? Umur 10 taun odo 138k ?

Brarti ane mending nunggu 20k km lagi dah, sambil nabung buat beli tensioner fan belt, bearing n tensioner T-belt, water pump, seal valve cover , seal pipa injector.. bayangan nya abis brp om benzz?


Smntara cicil kerjain yg murah dlu dah oli visco
:big_peace:
Givrun wrote:
benzz89 wrote: Sat Sep 05, 2020 16:54 12 jam itu buka perawan om & ada kerjaan lain kaya ganti oli visco fan dll ... berikutnya sih Om Marmut sudah expert lah sudah tau jalannya. Seru juga & jadi belajar karena liatin langsung & foto2 dokumentasi. Kalau ganti di bengkel resmi atau bengkel lain yah gak bakalan bisa begitu kan.

Biar punya tolls lengkap juga rasanya ane gak berani ganti water pump & timing belt sendirian, kalau berdua sih okelah. Buka baut pipa injector itu peret banget, tegang, ngeri selek, beberapa kali pakai kunci pas gak gerak sama sekali (kalau dipaksa sih kayanya potensi selek), akhirnya pakai kunci inggris baru gerak... bunyinya krekkk baru lega. Baru 1 baut, masih ada 3 baut lagi menunggu.

TW nya Om Omni sih berjasa banget ngencengin baut2 di 2KD ane, gagangnya panjang itu TW, tapi bunyinya memang enak sih Hahaha...

Timing belt harusnya 150 ribu km om gantinya, kemarin sih buka masih bagus kok kondisinya, fan belt juga ane baru ganti dari baru, ada pecah di 1 titik kecil sekali ane cek. Part bawaan pabrik memang gila sih durabilitynya. Water pump juga pasti lebih bagus yang bawaan pabrik, setelah ganti ini sih baiknya tiap 100 ribu ganti lagi.
Kondisi waterpump Bearing udh agk kasar ya ? Umur 10 taun odo 138k ?

Brarti ane mending nunggu 20k km lagi dah, sambil nabung buat beli tensioner fan belt, bearing n tensioner T-belt, water pump, seal valve cover , seal pipa injector.. bayangan nya abis brp om benzz?


Smntara cicil kerjain yg murah dlu dah oli visco
:big_peace:
Ya bearing water pump sudah mulai kasar putarannya & gasket thermo sih yang ane liat sudah getas karena kan dari karet, pas nyopotinnya juga susah itu thermo. Odo 138.065/10 taon 6 bulan tepatnya.

Yang harus prepare yah seal valve cover & karet pipa injector, kalau bisa sekalian yah lebih baik. Karena ane gak tau akan buka valve cover & pipa selang injector yah gak bisa prepare. Nanti ganti waktu mau setel kelep aja, penasaran nih, apa efek dari setel celah katup, Om Turbo nih yang sudah pernah mungkin bisa share pengalaman realnya.

Kemarin ane sekalian ganti juga part2 hasil keisengan ane jaman dulu yaitu waktu pasang CAI. Ada 3 part yang cacat yaitu connector intake air, Host air cleaner & Host Ventilation berikut sama adaptor & bracket kabel hilang (total 5 part).

Kemarin beli baru semuanya di beres & ganti di tempat Om Marmut, makanya ane bilang 12 jam itu ada kerjaan lain2nya yah ini hahaha... mumpung sekalian bongkar semuanya. Ini aja masih ada yang indent partnya, minggu depan mau balik lagi buat pasang adaptor & bracket, sekalian greasing all part under body.

Berikut ane rekap hasil jajan fortuner tuwir kesayangan ane, khusus buat Om Givrun, teman2 pengguna 2KD, warga SM & juga sebagai referensi buat yang mau ganti timing belt dkk nya... Total 18 part baru & blom termasuk biaya jasa Om Marmut + kopi hitam pekat tubruknya hasil giling sendiri [emoji106]
20200906_131852.jpg
Beberapa harga beres lumayan juga bedanya hampir 200% dgn beli diluar kalo itu sama2 original parts bukan aftermarket.oli visco fan cuma butuh 3botol ya gan,estimasi ongkos kerja brp ya kalo di bengkel resmi ganti timing,fanbelt,oli visco.

Btw back to topic

Pakai oli Valvoline 15w-40 utk 2KD lumayan juga kualitasnya udh 5rb km msh enak.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by KielConstantine »

Set dah @om benzz89

Water pump assy (2kd) Rp 1.1 juta...
Thermostat (2kd) Rp 225 rb..

Ingin marah rasanya liat tuh angka........ murah kebangetan

Meanwhile...
Electric Water pump BMW E90 Rp 3.5 jt
Thermostat BMW E90 Rp 850 ribu..
:off_bored:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by benzz89 »


bangrosi wrote:
benzz89 wrote:
Givrun wrote: Kondisi waterpump Bearing udh agk kasar ya ? Umur 10 taun odo 138k ?

Brarti ane mending nunggu 20k km lagi dah, sambil nabung buat beli tensioner fan belt, bearing n tensioner T-belt, water pump, seal valve cover , seal pipa injector.. bayangan nya abis brp om benzz?


Smntara cicil kerjain yg murah dlu dah oli visco
:big_peace:
Givrun wrote: Kondisi waterpump Bearing udh agk kasar ya ? Umur 10 taun odo 138k ?

Brarti ane mending nunggu 20k km lagi dah, sambil nabung buat beli tensioner fan belt, bearing n tensioner T-belt, water pump, seal valve cover , seal pipa injector.. bayangan nya abis brp om benzz?


Smntara cicil kerjain yg murah dlu dah oli visco
:big_peace:
Ya bearing water pump sudah mulai kasar putarannya & gasket thermo sih yang ane liat sudah getas karena kan dari karet, pas nyopotinnya juga susah itu thermo. Odo 138.065/10 taon 6 bulan tepatnya.

Yang harus prepare yah seal valve cover & karet pipa injector, kalau bisa sekalian yah lebih baik. Karena ane gak tau akan buka valve cover & pipa selang injector yah gak bisa prepare. Nanti ganti waktu mau setel kelep aja, penasaran nih, apa efek dari setel celah katup, Om Turbo nih yang sudah pernah mungkin bisa share pengalaman realnya.

Kemarin ane sekalian ganti juga part2 hasil keisengan ane jaman dulu yaitu waktu pasang CAI. Ada 3 part yang cacat yaitu connector intake air, Host air cleaner & Host Ventilation berikut sama adaptor & bracket kabel hilang (total 5 part).

Kemarin beli baru semuanya di beres & ganti di tempat Om Marmut, makanya ane bilang 12 jam itu ada kerjaan lain2nya yah ini hahaha... mumpung sekalian bongkar semuanya. Ini aja masih ada yang indent partnya, minggu depan mau balik lagi buat pasang adaptor & bracket, sekalian greasing all part under body.

Berikut ane rekap hasil jajan fortuner tuwir kesayangan ane, khusus buat Om Givrun, teman2 pengguna 2KD, warga SM & juga sebagai referensi buat yang mau ganti timing belt dkk nya... Total 18 part baru & blom termasuk biaya jasa Om Marmut + kopi hitam pekat tubruknya hasil giling sendiri [emoji106]
20200906_131852.jpg
Beberapa harga beres lumayan juga bedanya hampir 200% dgn beli diluar kalo itu sama2 original parts bukan aftermarket.oli visco fan cuma butuh 3botol ya gan,estimasi ongkos kerja brp ya kalo di bengkel resmi ganti timing,fanbelt,oli visco.

Btw back to topic

Pakai oli Valvoline 15w-40 utk 2KD lumayan juga kualitasnya udh 5rb km msh enak.
Wah pake oli 15W-40 mah berat om larinya itu mobil... coba pake 5W-40 sudah enak bawanya lalu kalau mau sensasi mobil sport yah 5W-30 cuman sekedar saran aja yah om, tidak harus diikuti, kalau Om sudah happy pake 15W-40 yah monggo diteruskan saja hehehe...

Ane mah gak mau ke beres service mobilnya om karena gak bisa liat2 & terlibat langsung dilapangan, juga gak belajar apa2 serta gak bisa dokumentasikan proses, step2 serta before & afternya, namanya orang hobbyist susah om... kecuali tidak ada pilihan alias mentok baru deh "nyerah" ke beres.

Beres mah mana mau ganti oli visco fan om... disuruhnya ganti seglondongan atuh... coba aja om tanya berapa harga visco fan buat 2KD diberes. Kalau di on line store yang sesuai part number beres harganya 1.675.000,- ntah beres bisa lebih murah atau lebih mahal? Blom biaya jasa + PPN 10%. Btw ini gak oot yah karena masih ngomongin oli tuh diatas [emoji4]
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by maastricht889 »

benzz89 wrote: Mon Sep 07, 2020 16:59
bangrosi wrote:
benzz89 wrote:
Ya bearing water pump sudah mulai kasar putarannya & gasket thermo sih yang ane liat sudah getas karena kan dari karet, pas nyopotinnya juga susah itu thermo. Odo 138.065/10 taon 6 bulan tepatnya.

Yang harus prepare yah seal valve cover & karet pipa injector, kalau bisa sekalian yah lebih baik. Karena ane gak tau akan buka valve cover & pipa selang injector yah gak bisa prepare. Nanti ganti waktu mau setel kelep aja, penasaran nih, apa efek dari setel celah katup, Om Turbo nih yang sudah pernah mungkin bisa share pengalaman realnya.

Kemarin ane sekalian ganti juga part2 hasil keisengan ane jaman dulu yaitu waktu pasang CAI. Ada 3 part yang cacat yaitu connector intake air, Host air cleaner & Host Ventilation berikut sama adaptor & bracket kabel hilang (total 5 part).

Kemarin beli baru semuanya di beres & ganti di tempat Om Marmut, makanya ane bilang 12 jam itu ada kerjaan lain2nya yah ini hahaha... mumpung sekalian bongkar semuanya. Ini aja masih ada yang indent partnya, minggu depan mau balik lagi buat pasang adaptor & bracket, sekalian greasing all part under body.

Berikut ane rekap hasil jajan fortuner tuwir kesayangan ane, khusus buat Om Givrun, teman2 pengguna 2KD, warga SM & juga sebagai referensi buat yang mau ganti timing belt dkk nya... Total 18 part baru & blom termasuk biaya jasa Om Marmut + kopi hitam pekat tubruknya hasil giling sendiri [emoji106]20200906_131852.jpg
Beberapa harga beres lumayan juga bedanya hampir 200% dgn beli diluar kalo itu sama2 original parts bukan aftermarket.oli visco fan cuma butuh 3botol ya gan,estimasi ongkos kerja brp ya kalo di bengkel resmi ganti timing,fanbelt,oli visco.

Btw back to topic

Pakai oli Valvoline 15w-40 utk 2KD lumayan juga kualitasnya udh 5rb km msh enak.
Wah pake oli 15W-40 mah berat om larinya itu mobil... coba pake 5W-40 sudah enak bawanya lalu kalau mau sensasi mobil sport yah 5W-30 cuman sekedar saran aja yah om, tidak harus diikuti, kalau Om sudah happy pake 15W-40 yah monggo diteruskan saja hehehe...

Ane mah gak mau ke beres service mobilnya om karena gak bisa liat2 & terlibat langsung dilapangan, juga gak belajar apa2 serta gak bisa dokumentasikan proses, step2 serta before & afternya, namanya orang hobbyist susah om... kecuali tidak ada pilihan alias mentok baru deh "nyerah" ke beres.

Beres mah mana mau ganti oli visco fan om... disuruhnya ganti seglondongan atuh... coba aja om tanya berapa harga visco fan buat 2KD diberes. Kalau di on line store yang sesuai part number beres harganya 1.675.000,- ntah beres bisa lebih murah atau lebih mahal? Blom biaya jasa + PPN 10%. Btw ini gak oot yah karena masih ngomongin oli tuh diatas [emoji4]
Soal oli visco fan saya malah mumet loh om, ganti di bengkel langganan (saya pake innova bensin lama) diisi 3 botol jadi berisiknya minta ampun itu kipasnya. Mau coba kurangin, tapi rada gambling kl nanti kipasnya jd jarang muter = kemungkinan overheat cukup besar tapi suara adem kaya waktu mobil baru. Tanya sana sini masih belum sreg jawabannya soal oli visco ini baiknya gimana. Mungkin ganti segelondong msh solusinya kalo mau suara mesin-kipasnya adem, tp krn ini mesin 2KD mungkin suara kipasnya kalah sama suara dieselnya ya.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by benzz89 »


KielConstantine wrote:Set dah @om benzz89

Water pump assy (2kd) Rp 1.1 juta...
Thermostat (2kd) Rp 225 rb..

Ingin marah rasanya liat tuh angka........ murah kebangetan

Meanwhile...
Electric Water pump BMW E90 Rp 3.5 jt
Thermostat BMW E90 Rp 850 ribu..
:off_bored:
Namanya juga mobil raktjat ketjil om... harap maklum... pergantian part berikutnya di 10 taon kemudian, itupun belum rusak, cuman jaga2 aja daripada jebol ditengah jalan & di derek macem baling2 bambu sherrr repairing plisur Om Kiel tuh... ganti water pump + thermo + ongkos derek + jasa +++ lainnya yah minim 5 juta melayang sudah pastilah om Hahaha