Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sun May 01, 2016 7:00

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Sinclaire »

Omnibus wrote: Wed Sep 02, 2020 14:13
Sinclaire wrote: Wed Sep 02, 2020 13:19
om omnibus mau tany dikit dong om, kan om pake amsoil ss 5w-30 di gk5 yang notabenenye pake 0w-20 juga bisa..

nah sy juga skrg lagi pake amsoil ss di cx5 juga, yg secara specs 5w-30 sama 0w-20 sama2 bisa masuk, kalo saya dr kemaren beranggapan pake 0w-20 buat better protection pas cold start..nah ini yg bener gmn om, mana yg offer best engine protection antara kedua viscosity tsb.. apalagi kl mobil mau dipake high rpm terus, misalnya kayak cruising high speed di toll trans jawa..

tengs umm
maaf om, di trit ini sy cuma nubie ga berani kasih saran bidang perlendiran krn ada yg paling faham ttg itu disini.

tapi sy tetap jawab pertanyaan om di PM ya. :big_deal:
okeeee ommm siaapp
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Wed Sep 02, 2020 14:13
Sinclaire wrote: Wed Sep 02, 2020 13:19
om omnibus mau tany dikit dong om, kan om pake amsoil ss 5w-30 di gk5 yang notabenenye pake 0w-20 juga bisa..

nah sy juga skrg lagi pake amsoil ss di cx5 juga, yg secara specs 5w-30 sama 0w-20 sama2 bisa masuk, kalo saya dr kemaren beranggapan pake 0w-20 buat better protection pas cold start..nah ini yg bener gmn om, mana yg offer best engine protection antara kedua viscosity tsb.. apalagi kl mobil mau dipake high rpm terus, misalnya kayak cruising high speed di toll trans jawa..

tengs umm
maaf om, di trit ini sy cuma nubie ga berani kasih saran bidang perlendiran krn ada yg paling faham ttg itu disini.

tapi sy tetap jawab pertanyaan om di PM ya. :big_deal:
nubie tp tools nya aj lebi lengkap dr beres, punya manual service books..

apalagi saya yg cuman mahasiswa DO institute technique van asemreges :big_think: :big_think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by kompresorz »

oli aja di tuntun....masih pada demen di empengin mimik cucu....


asal baru asli gak bakal bikin rusak selama sesuai pemakaian penggantian...walo pake prima xp...


klo pake oli mahal itu sekedar bonus....asal punya isi dompet 10 juta kenapa gak cobain....

simpel aja pake mobil gak usah di bawa pusing....

rusak tinggal benerin...tp yah gak bakalan bikin rusak soal oli asal sesuai...

oli aja bikin ketakutan....


gw yg udah pigibak aja pake oli standar murah...


jaman gw kuliah taun 90an pernah tuang 1 kilo kapur barus putih ke tangki bensin...kagak rusak cuma jalannya endut2an....kotor trotel...


yah jiwa gw mah hobi coba2 sih....gak suka diempengin...

mending mimik cucu yang bikin nikmat duniawi.... :big_weee:


:ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

kompresorz wrote: Wed Sep 02, 2020 14:49 oli aja di tuntun....masih pada demen di empengin mimik cucu....


--------
:ngacir:
ga papa dong om ... itu namanya kritis mencari knowledge. pilihan akhir kan terserah masing2 setelah dpt kebenaran bukan pembenaran spt yg om sering bilang ...

jangan sampai sekedar ikut2an trend ... tapi memilih berdasarkan kebutuhan dan knowledge.
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 643
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by osbertc0ol »

Sinclaire wrote: Wed Sep 02, 2020 14:17
Omnibus wrote: Wed Sep 02, 2020 14:13
Sinclaire wrote: Wed Sep 02, 2020 13:19
om omnibus mau tany dikit dong om, kan om pake amsoil ss 5w-30 di gk5 yang notabenenye pake 0w-20 juga bisa..

nah sy juga skrg lagi pake amsoil ss di cx5 juga, yg secara specs 5w-30 sama 0w-20 sama2 bisa masuk, kalo saya dr kemaren beranggapan pake 0w-20 buat better protection pas cold start..nah ini yg bener gmn om, mana yg offer best engine protection antara kedua viscosity tsb.. apalagi kl mobil mau dipake high rpm terus, misalnya kayak cruising high speed di toll trans jawa..

tengs umm
maaf om, di trit ini sy cuma nubie ga berani kasih saran bidang perlendiran krn ada yg paling faham ttg itu disini.

tapi sy tetap jawab pertanyaan om di PM ya. :big_deal:
okeeee ommm siaapp
PM ane juga dong, mau tukar ilmu hehehe..
Junoz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Tue Mar 17, 2020 10:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Junoz »

Ptt lg diskon di bli2

Sayang yg api sp udah habis, dapat nya yg 0w30 sn

Ptt 0w30 sn ini bisa di pake berapa bulan ya shifu

https://www.blibli.com/p/ptt-lubricants ... 0036-00158
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by kompresorz »

Omnibus wrote: Wed Sep 02, 2020 15:23
kompresorz wrote: Wed Sep 02, 2020 14:49 oli aja di tuntun....masih pada demen di empengin mimik cucu....


--------
:ngacir:
ga papa dong om ... itu namanya kritis mencari knowledge. pilihan akhir kan terserah masing2 setelah dpt kebenaran bukan pembenaran spt yg om sering bilang ...

jangan sampai sekedar ikut2an trend ... tapi memilih berdasarkan kebutuhan dan knowledge.
yup..gpp...

tapi tidak ada hal yang baru...

ini trit entah udah ribuan halaman tapi seputar itu aja....

pertanyaan di ulang...

jawaban di ulang....


cobain sesuatu yang baru...pake aja cobain sendiri...

jangan pernah takut karena mendengar ulasan 1 orang....


takut pake merk A...

merk B...


gak ada yg baru....


mknya nih gw sponsorin ravenol...


produk pertamina kalo ada 0-20 api SP pasti gw pake itu ketimbang PTT...atau 0-16 ketimbang ravenol....


tuh alpad dr baru mulai 5000 ribu Km pake oli TMO 0-20 sampe hampir 100 ribu KM masih halus n kencang larinya....


tuh 2 GD sampe 40 ribu KM msh pake shel helix dan tmo..masih josss....pedal ke karpet....


belajarlah mandiri...klo emang kritis... :big_biglaugh:


bgtu loh.... :big_weee:


:ngacir:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by blloewy »

Junoz wrote: Thu Sep 03, 2020 0:06 Ptt lg diskon di bli2

Sayang yg api sp udah habis, dapat nya yg 0w30 sn

Ptt 0w30 sn ini bisa di pake berapa bulan ya shifu

https://www.blibli.com/p/ptt-lubricants ... 0036-00158
INi yg ditunggu....
gpp msh API SN u LIvina di rumah kasih 0W-30
Semoga cocok skrg msh pake yg 5W-30
nubie in all things - still need to learn
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by blloewy »

kompresorz wrote: Thu Sep 03, 2020 1:14
Omnibus wrote: Wed Sep 02, 2020 15:23
kompresorz wrote: Wed Sep 02, 2020 14:49 oli aja di tuntun....masih pada demen di empengin mimik cucu....


--------
:ngacir:
ga papa dong om ... itu namanya kritis mencari knowledge. pilihan akhir kan terserah masing2 setelah dpt kebenaran bukan pembenaran spt yg om sering bilang ...

jangan sampai sekedar ikut2an trend ... tapi memilih berdasarkan kebutuhan dan knowledge.
yup..gpp...

tapi tidak ada hal yang baru...

ini trit entah udah ribuan halaman tapi seputar itu aja....

pertanyaan di ulang...

jawaban di ulang....


cobain sesuatu yang baru...pake aja cobain sendiri...

jangan pernah takut karena mendengar ulasan 1 orang....


takut pake merk A...

merk B...


gak ada yg baru....


mknya nih gw sponsorin ravenol...


produk pertamina kalo ada 0-20 api SP pasti gw pake itu ketimbang PTT...atau 0-16 ketimbang ravenol....


tuh alpad dr baru mulai 5000 ribu Km pake oli TMO 0-20 sampe hampir 100 ribu KM masih halus n kencang larinya....


tuh 2 GD sampe 40 ribu KM msh pake shel helix dan tmo..masih josss....pedal ke karpet....


belajarlah mandiri...klo emang kritis... :big_biglaugh:


bgtu loh.... :big_weee:


:ngacir:
ganti olinya per brp km atau brp bulan om?
ALphardnya bisa ngalahin accord yak pake Bahenol? eh Rapenol :big_peace:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by josomba »

Junoz wrote: Thu Sep 03, 2020 0:06 Ptt lg diskon di bli2

Sayang yg api sp udah habis, dapat nya yg 0w30 sn

Ptt 0w30 sn ini bisa di pake berapa bulan ya shifu

https://www.blibli.com/p/ptt-lubricants ... 0036-00158
Saya lg pake nih, dia di MSDS ada PAO sekitar 10%. Pake 1 tahun / 10k KM nampaknya saya berani2 aja, walau belum ada yg tes UOA sih...

So far dipake 3ribuan KM sih enak2 aja ya, kalau biasa 0w-20/5w-20 mgkn tetap akan berasa agak berat dikit si ptt 0w-30 ini...
Image
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by kompresorz »

blloewy wrote: Thu Sep 03, 2020 1:51
kompresorz wrote: Thu Sep 03, 2020 1:14
Omnibus wrote: Wed Sep 02, 2020 15:23

ga papa dong om ... itu namanya kritis mencari knowledge. pilihan akhir kan terserah masing2 setelah dpt kebenaran bukan pembenaran spt yg om sering bilang ...

jangan sampai sekedar ikut2an trend ... tapi memilih berdasarkan kebutuhan dan knowledge.
yup..gpp...

tapi tidak ada hal yang baru...

ini trit entah udah ribuan halaman tapi seputar itu aja....

pertanyaan di ulang...

jawaban di ulang....


cobain sesuatu yang baru...pake aja cobain sendiri...

jangan pernah takut karena mendengar ulasan 1 orang....


takut pake merk A...

merk B...


gak ada yg baru....


mknya nih gw sponsorin ravenol...


produk pertamina kalo ada 0-20 api SP pasti gw pake itu ketimbang PTT...atau 0-16 ketimbang ravenol....


tuh alpad dr baru mulai 5000 ribu Km pake oli TMO 0-20 sampe hampir 100 ribu KM masih halus n kencang larinya....


tuh 2 GD sampe 40 ribu KM msh pake shel helix dan tmo..masih josss....pedal ke karpet....


belajarlah mandiri...klo emang kritis... :big_biglaugh:


bgtu loh.... :big_weee:


:ngacir:
ganti olinya per brp km atau brp bulan om?
ALphardnya bisa ngalahin accord yak pake Bahenol? eh Rapenol :big_peace:
kadang 10 ribu lewat dikit...kadang 5-6bulan...


wah ngalahin gimana nih....


biasa sih saya salip dijalan.... :big_weee:

yuk kalo mau main...
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 833
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Kaleng »

valvoline dan liqumoly lagi promo di jd.id
yg 0w-20 valvoline 4 liter kyknya cukup murah jadi dibawah 300rb.
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by ViPerRed »

kompresorz wrote: Thu Sep 03, 2020 1:14
Omnibus wrote: Wed Sep 02, 2020 15:23
kompresorz wrote: Wed Sep 02, 2020 14:49 oli aja di tuntun....masih pada demen di empengin mimik cucu....


--------
:ngacir:
ga papa dong om ... itu namanya kritis mencari knowledge. pilihan akhir kan terserah masing2 setelah dpt kebenaran bukan pembenaran spt yg om sering bilang ...

jangan sampai sekedar ikut2an trend ... tapi memilih berdasarkan kebutuhan dan knowledge.
yup..gpp...

tapi tidak ada hal yang baru...

ini trit entah udah ribuan halaman tapi seputar itu aja....

pertanyaan di ulang...

jawaban di ulang....


cobain sesuatu yang baru...pake aja cobain sendiri...

jangan pernah takut karena mendengar ulasan 1 orang....


takut pake merk A...

merk B...


gak ada yg baru....


mknya nih gw sponsorin ravenol...


produk pertamina kalo ada 0-20 api SP pasti gw pake itu ketimbang PTT...atau 0-16 ketimbang ravenol....


tuh alpad dr baru mulai 5000 ribu Km pake oli TMO 0-20 sampe hampir 100 ribu KM masih halus n kencang larinya....


tuh 2 GD sampe 40 ribu KM msh pake shel helix dan tmo..masih josss....pedal ke karpet....


belajarlah mandiri...klo emang kritis... :big_biglaugh:


bgtu loh.... :big_weee:


:ngacir:


anu om...
tapi, top wan sudah menunggu mu dipintu luar.
sudah siap sedia masuk ke mesin alpat dan di review..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

ViPerRed wrote: Thu Sep 03, 2020 2:22
kompresorz wrote: Thu Sep 03, 2020 1:14
Omnibus wrote: Wed Sep 02, 2020 15:23

ga papa dong om ... itu namanya kritis mencari knowledge. pilihan akhir kan terserah masing2 setelah dpt kebenaran bukan pembenaran spt yg om sering bilang ...

jangan sampai sekedar ikut2an trend ... tapi memilih berdasarkan kebutuhan dan knowledge.
yup..gpp...

tapi tidak ada hal yang baru...

ini trit entah udah ribuan halaman tapi seputar itu aja....

pertanyaan di ulang...

jawaban di ulang....


cobain sesuatu yang baru...pake aja cobain sendiri...

jangan pernah takut karena mendengar ulasan 1 orang....


takut pake merk A...

merk B...


gak ada yg baru....


mknya nih gw sponsorin ravenol...


produk pertamina kalo ada 0-20 api SP pasti gw pake itu ketimbang PTT...atau 0-16 ketimbang ravenol....


tuh alpad dr baru mulai 5000 ribu Km pake oli TMO 0-20 sampe hampir 100 ribu KM masih halus n kencang larinya....


tuh 2 GD sampe 40 ribu KM msh pake shel helix dan tmo..masih josss....pedal ke karpet....


belajarlah mandiri...klo emang kritis... :big_biglaugh:


bgtu loh.... :big_weee:


:ngacir:


anu om...
tapi, top wan sudah menunggu mu dipintu luar.
sudah siap sedia masuk ke mesin alpat dan di review..
Topwan masalahnya harga nya ga murah pdahal kualitasnya d ragukan.. makanya rada ga worth it jg

Itu oli jg belagu, ga perna d diskon.. pdahal bengkel2 skrg ud ga sebanyak dl yg d sponsorin doi
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by kompresorz »

DOHC wrote: Thu Sep 03, 2020 2:27
ViPerRed wrote: Thu Sep 03, 2020 2:22
kompresorz wrote: Thu Sep 03, 2020 1:14

yup..gpp...

tapi tidak ada hal yang baru...

ini trit entah udah ribuan halaman tapi seputar itu aja....

pertanyaan di ulang...

jawaban di ulang....


cobain sesuatu yang baru...pake aja cobain sendiri...

jangan pernah takut karena mendengar ulasan 1 orang....


takut pake merk A...

merk B...


gak ada yg baru....


mknya nih gw sponsorin ravenol...


produk pertamina kalo ada 0-20 api SP pasti gw pake itu ketimbang PTT...atau 0-16 ketimbang ravenol....


tuh alpad dr baru mulai 5000 ribu Km pake oli TMO 0-20 sampe hampir 100 ribu KM masih halus n kencang larinya....


tuh 2 GD sampe 40 ribu KM msh pake shel helix dan tmo..masih josss....pedal ke karpet....


belajarlah mandiri...klo emang kritis... :big_biglaugh:


bgtu loh.... :big_weee:


:ngacir:


anu om...
tapi, top wan sudah menunggu mu dipintu luar.
sudah siap sedia masuk ke mesin alpat dan di review..
Topwan masalahnya harga nya ga murah pdahal kualitasnya d ragukan.. makanya rada ga worth it jg

Itu oli jg belagu, ga perna d diskon.. pdahal bengkel2 skrg ud ga sebanyak dl yg d sponsorin doi
:big_biglaugh: ...

topwan taun 90an pernah pake om....

masih kemasan kaleng dr karton...


evalube aja pernah pake om....


apalg waktu lampau jaman kere alias bokek yah cari yg murah...

prima xp aja dulu awal iklan bisa sampe 7500 km....saya tembusin om.....

sampe hopeng saya yg sekolah selalu sama sampe bilang buset....wong gw lagi cekak mau gimana....gw kan gak suka minjam walo sama hopeng takut berutang...trs ded... :big_cry:



saya orgnya bosanan om... :big_biglaugh:



logika saya bgini dr dulu om....

itu mobil angkot truk yang kerja rodi gak mungkin pake oli amsoil kan... :big_weee:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

kompresorz wrote: Thu Sep 03, 2020 2:33 ----------


saya orgnya bosanan om... :big_biglaugh:



logika saya bgini dr dulu om....

itu mobil angkot truk yang kerja rodi gak mungkin pake oli amsoil kan... :big_weee:
kl modelnya bosenan dan ganti mobil maksimal 3 taun sih mau dikasih oli murah juga pasti jalan itu mobil. mobil kan diciptakan utk wide range of consumer behavior.

cuma ambil contoh, 2 mobil sama2 dr baru. yg A pake oli dan interval ganti olinya ala2 angkot. yg B pake oli bagus dan interval ganti oli teratur. setelah 3 tahun sama2 dicoba ya pasti bagusan yg B.

lah om kan mobil ga enak dikit langsung jual beli yg baru. pake oli mahal murah apapun ayo. pedal to kampret. yg kena getah yg beli bekasnya.

sebetulnya ada ngga mobil om yg diatas 200 ribu km? e36 jgn disebut ya itu kan mesin pernah ganti baru.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

kompresorz wrote: Thu Sep 03, 2020 2:33
DOHC wrote: Thu Sep 03, 2020 2:27
ViPerRed wrote: Thu Sep 03, 2020 2:22



anu om...
tapi, top wan sudah menunggu mu dipintu luar.
sudah siap sedia masuk ke mesin alpat dan di review..
Topwan masalahnya harga nya ga murah pdahal kualitasnya d ragukan.. makanya rada ga worth it jg

Itu oli jg belagu, ga perna d diskon.. pdahal bengkel2 skrg ud ga sebanyak dl yg d sponsorin doi
:big_biglaugh: ...

topwan taun 90an pernah pake om....

masih kemasan kaleng dr karton...


evalube aja pernah pake om....


apalg waktu lampau jaman kere alias bokek yah cari yg murah...

prima xp aja dulu awal iklan bisa sampe 7500 km....saya tembusin om.....

sampe hopeng saya yg sekolah selalu sama sampe bilang buset....wong gw lagi cekak mau gimana....gw kan gak suka minjam walo sama hopeng takut berutang...trs ded... :big_cry:



saya orgnya bosanan om... :big_biglaugh:



logika saya bgini dr dulu om....

itu mobil angkot truk yang kerja rodi gak mungkin pake oli amsoil kan... :big_weee:
Evalube dl perna ckup berjaya jd oli nya para mikrolet om, kl primaxp ampe skrg jg masi jadinya oli angkot itu, atau mesran.. ga jlek kayanya, angkot2 tiap ari disiksa cari duit jg masi gapapa

Saya dl mobil box atau pickup kijang tua smua nya mesran atau prima xp, strong smua angkut beban jd kuli

Buat duit lg cekak mau irit irit, oli pertamina kayanya masi cengli
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by kompresorz »

Omnibus wrote: Thu Sep 03, 2020 3:09
kompresorz wrote: Thu Sep 03, 2020 2:33 ----------


saya orgnya bosanan om... :big_biglaugh:



logika saya bgini dr dulu om....

itu mobil angkot truk yang kerja rodi gak mungkin pake oli amsoil kan... :big_weee:
kl modelnya bosenan dan ganti mobil maksimal 3 taun sih mau dikasih oli murah juga pasti jalan itu mobil. mobil kan diciptakan utk wide range of consumer behavior.

cuma ambil contoh, 2 mobil sama2 dr baru. yg A pake oli dan interval ganti olinya ala2 angkot. yg B pake oli bagus dan interval ganti oli teratur. setelah 3 tahun sama2 dicoba ya pasti bagusan yg B.

lah om kan mobil ga enak dikit langsung jual beli yg baru. pake oli mahal murah apapun ayo. pedal to kampret. yg kena getah yg beli bekasnya.

sebetulnya ada ngga mobil om yg diatas 200 ribu km? e36 jgn disebut ya itu kan mesin pernah ganti baru.
:big_biglaugh: ....


bmw 225 ribu om....mesin asli masih tokcer...itu yg masih sering pake oli pertamina...terakhir gado2...krn ngejar 0-20....pertamina msh 5-30 itupun mahal...

mau liat jeroan mesin gak om....

itu mesin gak pernah turun mesin..pernah overheat tengah malam dipaksa jalan brenti mati jalan sampe rumah trs pagi ke bengkel anugrah....
cuma ganti blok atas aja melengkung krn overheat dipaksa jalan..karena karat radiator di isi air isi ulang.

sudah 26 taun tuh....dari baru...


kita bedah om...om siapin aja biayanya n angkotnya di jakarta..
Last edited by kompresorz on Thu Sep 03, 2020 3:25, edited 1 time in total.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

kompresorz wrote: Thu Sep 03, 2020 3:15
Omnibus wrote: Thu Sep 03, 2020 3:09
kompresorz wrote: Thu Sep 03, 2020 2:33 ----------


saya orgnya bosanan om... :big_biglaugh:



logika saya bgini dr dulu om....

itu mobil angkot truk yang kerja rodi gak mungkin pake oli amsoil kan... :big_weee:
kl modelnya bosenan dan ganti mobil maksimal 3 taun sih mau dikasih oli murah juga pasti jalan itu mobil. mobil kan diciptakan utk wide range of consumer behavior.

cuma ambil contoh, 2 mobil sama2 dr baru. yg A pake oli dan interval ganti olinya ala2 angkot. yg B pake oli bagus dan interval ganti oli teratur. setelah 3 tahun sama2 dicoba ya pasti bagusan yg B.

lah om kan mobil ga enak dikit langsung jual beli yg baru. pake oli mahal murah apapun ayo. pedal to kampret. yg kena getah yg beli bekasnya.

sebetulnya ada ngga mobil om yg diatas 200 ribu km? e36 jgn disebut ya itu kan mesin pernah ganti baru.
:big_biglaugh: ....


bmw 225 ribu om....mesin asli masih tokcer...itu yg masih sering pake oli pertamina...terakhir gado2...krn ngejar 0-20....pertamina msh 5-30 itupun mahal...

mau liat jeroan mesin gak om....

itu mesin gak pernah turun mesin..pernah overheat tengah malam dipaksa jalan brenti mati jalan sampe rumah trs pagi ke bengkel anugrah....
cuma ganti blok atas aja melengkung krn overheat dipaksa jalan...

sudah 26 taun tuh....


kita bedah om...om siapin aja biayanya n angkotnya di jakarta..
saya siapin biaya ongkos bedahnya.

om siapin mesin baru utk dibongkar sbg benchmark samain semua dimensi thd mesin baru ya? berani ngga?

kita bandingin semua clearance dan dimensi parts2 jeroannya.

asal jujur kl itu bukan mesin gantian di tengah2 umur e36 itu. seingat sy itu kan mesin gantian 2.8L
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by kompresorz »

Omnibus wrote: Thu Sep 03, 2020 3:24
kompresorz wrote: Thu Sep 03, 2020 3:15
Omnibus wrote: Thu Sep 03, 2020 3:09

kl modelnya bosenan dan ganti mobil maksimal 3 taun sih mau dikasih oli murah juga pasti jalan itu mobil. mobil kan diciptakan utk wide range of consumer behavior.

cuma ambil contoh, 2 mobil sama2 dr baru. yg A pake oli dan interval ganti olinya ala2 angkot. yg B pake oli bagus dan interval ganti oli teratur. setelah 3 tahun sama2 dicoba ya pasti bagusan yg B.

lah om kan mobil ga enak dikit langsung jual beli yg baru. pake oli mahal murah apapun ayo. pedal to kampret. yg kena getah yg beli bekasnya.

sebetulnya ada ngga mobil om yg diatas 200 ribu km? e36 jgn disebut ya itu kan mesin pernah ganti baru.
:big_biglaugh: ....


bmw 225 ribu om....mesin asli masih tokcer...itu yg masih sering pake oli pertamina...terakhir gado2...krn ngejar 0-20....pertamina msh 5-30 itupun mahal...

mau liat jeroan mesin gak om....

itu mesin gak pernah turun mesin..pernah overheat tengah malam dipaksa jalan brenti mati jalan sampe rumah trs pagi ke bengkel anugrah....
cuma ganti blok atas aja melengkung krn overheat dipaksa jalan...

sudah 26 taun tuh....


kita bedah om...om siapin aja biayanya n angkotnya di jakarta..
saya siapin biaya ongkos bedahnya.

om siapin mesin baru utk dibongkar sbg benchmark samain semua dimensi thd mesin baru ya? berani ngga?

kita bandingin semua clearance dan dimensi parts2 jeroannya.

asal jujur kl itu bukan mesin gantian di tengah2 umur e36 itu. seingat sy itu kan mesin gantian 2.8L
:big_biglaugh: ....

ya siapin aja ongkos...kan pake mesin bmw....


mesin baru yang mana...om mau beliin mesin baru trs bandingin sama mesin saya..silahkan...senang saya...


walah pusing lah klo sampe mau ukur clearen....

yag penting om liat aja mesinnya...kalo.mau tes pasangin aja ..msh tokcer gak mesin


:big_biglaugh: ...


saya mah jujur trs om....sbelum ada ganti mesin 2.8 kan ada mesin 2.0 ...itu masih tokcer dipake harian....bukan ganti krn meleduk..
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

kompresorz wrote: Thu Sep 03, 2020 3:26
Omnibus wrote: Thu Sep 03, 2020 3:24
kompresorz wrote: Thu Sep 03, 2020 3:15

:big_biglaugh: ....


bmw 225 ribu om....mesin asli masih tokcer...itu yg masih sering pake oli pertamina...terakhir gado2...krn ngejar 0-20....pertamina msh 5-30 itupun mahal...

mau liat jeroan mesin gak om....

itu mesin gak pernah turun mesin..pernah overheat tengah malam dipaksa jalan brenti mati jalan sampe rumah trs pagi ke bengkel anugrah....
cuma ganti blok atas aja melengkung krn overheat dipaksa jalan...

sudah 26 taun tuh....


kita bedah om...om siapin aja biayanya n angkotnya di jakarta..
saya siapin biaya ongkos bedahnya.

om siapin mesin baru utk dibongkar sbg benchmark samain semua dimensi thd mesin baru ya? berani ngga?

kita bandingin semua clearance dan dimensi parts2 jeroannya.

asal jujur kl itu bukan mesin gantian di tengah2 umur e36 itu. seingat sy itu kan mesin gantian 2.8L
:big_biglaugh: ....

ya siapin aja ongkos...kan pake mesin bmw....


mesin baru yang mana...om mau beliin mesin baru trs bandingin sama mesin saya..silahkan...senang saya...


walah pusing lah klo sampe mau ukur clearen....

yag penting om liat aja mesinnya...kalo.mau tes pasangin aja ..msh tokcer gak mesin


:big_biglaugh: ...


saya mah jujur trs om....sbelum ada ganti mesin 2.8 kan ada mesin 2.0 ...itu masih tokcer dipake harian....bukan ganti krn meleduk..
ya yg 2.8L itu diganti di odometer brp? 220k itu bukan selama itu pakai yg 2.8L kan? sampai brp odometer pakai yg 2.0L?


lho mau buka mesin doang kaga pake ukur2 mah kalah sm institute van asemreges. asemreges aja diukur om.

buat apa bongkar mesin kl ga diukur? kan musti check wear rates nya. bukan cuma tampilan. mau pakai topwan jg kl gantinya ga lewat OCI ga akan terbentuk sludge. sludge terbentuk kl lewat masa OCI.

skrg utk menentukan wear rates kan komponen lama yg terpasang di engine hrs di compare dgn yg baru secara dimensi dan dicatat dibuatkam tabel perbandingannya. kl ga ada yg barunya gimana mau compare.

trus kriteria menangnya apa buat saya? sy dapat apa kl menang? mobilnya kan mobil om, sy udah bersedia bayarin ongkos jasa bongpas nya di anugrah bengkel pilihan om. masa udahannya cuma dapet dikasih liat jeroan.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by kompresorz »

Omnibus wrote: Thu Sep 03, 2020 3:42
kompresorz wrote: Thu Sep 03, 2020 3:26
Omnibus wrote: Thu Sep 03, 2020 3:24

saya siapin biaya ongkos bedahnya.

om siapin mesin baru utk dibongkar sbg benchmark samain semua dimensi thd mesin baru ya? berani ngga?

kita bandingin semua clearance dan dimensi parts2 jeroannya.

asal jujur kl itu bukan mesin gantian di tengah2 umur e36 itu. seingat sy itu kan mesin gantian 2.8L
:big_biglaugh: ....

ya siapin aja ongkos...kan pake mesin bmw....


mesin baru yang mana...om mau beliin mesin baru trs bandingin sama mesin saya..silahkan...senang saya...


walah pusing lah klo sampe mau ukur clearen....

yag penting om liat aja mesinnya...kalo.mau tes pasangin aja ..msh tokcer gak mesin


:big_biglaugh: ...


saya mah jujur trs om....sbelum ada ganti mesin 2.8 kan ada mesin 2.0 ...itu masih tokcer dipake harian....bukan ganti krn meleduk..
ya yg 2.8L itu diganti di odometer brp? 220k itu bukan selama itu pakai yg 2.8L kan? sampai brp odometer pakai yg 2.0L?


lho mau buka mesin doang kaga pake ukur2 mah kalah sm institute van asemreges. asemreges aja diukur om.

buat apa bongkar mesin kl ga diukur? kan musti check wear rates nya. bukan cuma tampilan. mau pakai topwan jg kl gantinya ga lewat OCI ga akan terbentuk sludge. sludge terbentuk kl lewat masa OCI.

skrg utk menentukan wear rates kan komponen lama yg terpasang di engine hrs di compare dgn yg baru secara dimensi dan dicatat dibuatkam tabel perbandingannya. kl ga ada yg barunya gimana mau compare.

trus kriteria menangnya apa buat saya? sy dapat apa kl menang? mobilnya kan mobil om, sy udah bersedia bayarin ongkos jasa bongpas nya di anugrah bengkel pilihan om. masa udahannya cuma dapet dikasih liat jeroan.
:big_biglaugh: ...

2.8 itu kurang tau odo berapa krn spido mati...

2.0 itu 225 ribu...

yah silahkan kalo mau pake ukur cleren...

yah klo mau pake baru silahkan om beli....saya siap om mau pake metode apa...

lah saya kan secara tes itu mesin masih enak tokcer gak....


kalo itu mesin sudah payah yah om gak usah bayar....

klo patokan pake mesin baru ya gak bakal ketemu...klo om gak mau beli....
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

kompresorz wrote: Thu Sep 03, 2020 3:49
--------
kalo itu mesin sudah payah yah om gak usah bayar....

klo patokan pake mesin baru ya gak bakal ketemu...klo om gak mau beli....
msh ada cara lain selain beli mesin baru

kira2 bisa ngga dipasangin lagi ke mobilnya? gearbox dan diff udah ga standard ya? mesinnya jg udah dimodif ya? tadinya mau test run di dyno. kl masih within 5% deviasi dibanding figure claim pabrik berarti ok.
Junoz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Tue Mar 17, 2020 10:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Junoz »

blloewy wrote: Thu Sep 03, 2020 1:43
INi yg ditunggu....
gpp msh API SN u LIvina di rumah kasih 0W-30
Semoga cocok skrg msh pake yg 5W-30
Masih kebagian nda tadi om...

josomba wrote: Thu Sep 03, 2020 1:58
Junoz wrote: Thu Sep 03, 2020 0:06 Ptt lg diskon di bli2

Sayang yg api sp udah habis, dapat nya yg 0w30 sn

Ptt 0w30 sn ini bisa di pake berapa bulan ya shifu

https://www.blibli.com/p/ptt-lubricants ... 0036-00158
Saya lg pake nih, dia di MSDS ada PAO sekitar 10%. Pake 1 tahun / 10k KM nampaknya saya berani2 aja, walau belum ada yg tes UOA sih...

So far dipake 3ribuan KM sih enak2 aja ya, kalau biasa 0w-20/5w-20 mgkn tetap akan berasa agak berat dikit si ptt 0w-30 ini...
Si ptt 0w30 sn ini klo mau di pake sampe 1th perlu ganti filter oli di 6bln nda om. Mobil jarang jalan sih
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

Kayanya saya ga jodoh ama si ptt ini... miss mulu diskon hore nya


Malah giliran DGO dapet mulu... cuman males ahh, pake beberapa rebu km ud ga enak.. tralu cepet degradasinnya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: