W42d wrote: Tue Sep 01, 2020 2:58
erwinign wrote: Tue Sep 01, 2020 2:42
W42d wrote: Tue Sep 01, 2020 2:04
Pagi om semua, kalau untuk honda 5AT yg bawaannya dikasih Honda DW-1, lbh baik stick di DW-1 atau ganti ke Aisin AFW+/PTT LV-1 ya? Pernah dibilangin ma montir di toda, kalau honda mending pake oli honda juga karena konstruksi matic honda beda dgn matic biasa. Mungkin ada yang bisa sharing.
Setau saya ya om, oli atf honda botol putih (z1/dw1) itu sampe cvtf hcf-2 mereka repacking dr idemitsu punya krn di bungkusnya jg ketulis.
Kl saya sendiri br nunggu 6-8 bulan lg buat kuras atf di crv k24 saya. Honda Atf z1 yg saya pake itu rada nyebelin soalnya, sampe hr ini br jalan 30rb-an sejak kuras terakhir udah berat banget tarikan, gigi sering nahan terus di rpm tinggi padahal lg cruising di tol, ngga heran kl boros banget crv krn karakteristik 5sp honda yg dudul ditambah atf yg standaran. Mau coba atf merk lain kaya ptt a1, krn selama atf kaya ptt itu compatible ke z1 ga masalah buat saya, begitu jg dg dw1
Saya biasa pakai harian aja om dalam kota, berasanya agak ga enal kalau pemakaian uda diatas 1 jam atau pas lagi siang2 panas terik. Rada slip dan tarikan jadi rada lemot, terus agak malas turun gigi. Saya pernah baca tapi lupa dimana, oli matic honda katanya banyak kandungan magnesium, mungkin karena konstruksi matic nya lebih mirip ke manual ketimbang matic biasa yg pake planetaty gear. Dan mereka lebih rekomendasi stick ke oem. Tapi kalau baca2 di bitog/fitfreak, banyak yg ganti ke merk lain dan ngaku nya jauh lbh enak drpd oem honda. Yg jd concern apakah ganti oli merk lain bisa pengaruhin longevity dari transmisi nya.
Selama saya kurasin oli metik di mobil2 saya, nggak pernah ada masalah pake merk luar bengkel resmi punya om. Asalkan merk oli atf yg bersangkutan itu asli sama compatible ke spek yg diminta di buku panduan mobil sdh cukup, bukan compatible menurut mekanik2 yg saya kurang percaya. Kl oli matic honda punya/atpm punya, saya ga harap banyak dan ga bs bicara banyak om karena ga ada pds-nya. Kasian orang RnD pabrikan mobil udah buat buku panduan setebel itu masa ga kita baca sbg user, lbh parah lg rata2 mekanik "bisa jadi" kaga pernah ngebaca buku panduan itu.
Justru jauhhhh lebih enak pake merk luaran, kaya ptt automat 1a/lv1 sama q8 auto mv/jk selama speknya masuk di kedua oli atf yg saya sebutin itu. Soal longevity, yang penting teratur aja tiap 20rb km sekali ganti di karter, tiap 40-50rb km sekali kuras (kuras sdh termasuk ganti yg di karter) dan ngerti karakter mobil kita. Kl udah ngerti karakternya pasti kerasa kl oper2an gigi udah lain yg nandain hrs ganti/kuras.
Sharing aja om, atf terbusuk yg pernah saya coba itu shell spirax d3 botol item di yaris bakpao. Baru jalan 20rb udah ngga enak kaya transmisi bingungan oper gigi, suka nahan2 gigi. Sy nekat wkt itu ga ganti yg di karter stlh 20rb km. Akhirnya stl saya pelajari, atf ini emang ga kompatibel sama spek atf yaris bakpao saya (spek yaris bakpao atf WS, di kemasan shellnya cm dexron 3, toyota atf t-iv). Untung ini toyota, efeknya ga seburuk merk lain. Akhirnya sy kuras ke q8 auto jk langsung tokcer dan halus tarikannya. Pernah jg krn gatau di ertiga, suzuki asal cekokin atf 3317 di karter atf saya, jalan 15rb km stlh ganti aja jd ga keruan. Tarikan boyo dan dengung abis. Akhirnya sy kuras pake q8 auto jk krn speknya masuk (AW1) langsung tokcer dan halus.
Dr 2 kasus mobil saya ini sy analisa ternyata bermasalah di faham mekaniknya, krn saya jg blm tau apa2 wkt itu dan sy pernah tny spv mekanik di suzuki sampe mas2 SnD soal spek rata2 mereka anggepan kalo atfnya udah dexron 3 udah pasti compatible, pdhl di buku panduan jelas ga ngmg begitu (beda cerita kl kaya avxen ya, emang speknya dex 3 doang di buku panduan)