Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Somehow kalo isi bensin selalu berasa kalo Shell/BP atau apapun selalu lebih penuh dari Pertamina
Kayanya kecurigaan saya ter konfirmasi
Isi bensin mobil di Pertamina 250,000 gak penuh, di Shell 245,000 udah kena sensor, padahal harga murah Pertamina.... sama” dari tangki setengah....
kebetulan si kl ke shell atau bp blm pernah denger jg share lgsg dari owner/karyawannya
tapi at least mereka kyknya standarnya ketat, kyknya ga berani main2 gt deh
oh ya nambahin waktu itu pernah gap in di pinggir jalan pertamini, dengan terang2an mobil tangki pertamina official lagi ngisi
jadi menjawab kemana tu bensin selisihnya
sayang ga sempet poto
Ini juga eksperimen kecil”an SPBU deket rumah aja
Saya yakin ngga semua SPBU Pertamina kaya begini kok
Kalo di rata” sekali ngisi selisihnya 20-30rb, Shell jatuhnya lebih murah kalau fulltank, isi Shell Super vs Pertamax sama” oktan 92
Kenapa hanya SPBU deket rumah? Ya biar ngga ngerepotin, ngapain cari” SPBU Pertamina COCO yang jauh” kalo ada Shell deket rumah yang ternyata lebih akurat......
Judul thread perlu dikoreksi ni. Pertamina bulan Juli ud untung 6T (1 bulan). Mestinya Agustus ud balik untung ni.
Pantes aja cashback Juli cuma dapet 2x [emo-yesno]
kandlcorp wrote: Fri Aug 28, 2020 2:51
ini terlepas ruginya
pernah dapet share lgsg dari pengusaha bbm (dulu pas dia mau ngajuin kredit)
dia cerita pengusaha bbm pertamina hampir 80% ga sesuai meteran, pasti diakalin
soalnya dari dikirim tanki ke pom aja uda di korting sama supir
kalo pengusaha ngadu apa blow up, bakal jarang disamperin tuh supir alhasil sering abis pomnya dan akhir2nya rugi..
sejak itu lgsg pindah ke shell..
yang kentara sih kalo pas isi bbm di motor, biasa isi bbm pas udah kedip2 di meter bbm, isi 50K, nyalain mesin langsung naek 3 bar indikator, eh pas udah jalan sekitar 2km, langsung turun jadi 2 bar indikatornya
padahal biasa isi bbm 50K cukup untuk beberapa puluh km ke depan
kalo diperhatiin sih pasti pas nya itu yang akurat cuma itungan mulai dari "nol" aja
ada yang parah selisih per liternya, ada yang cukupan aja
Somehow kalo isi bensin selalu berasa kalo Shell/BP atau apapun selalu lebih penuh dari Pertamina
Kayanya kecurigaan saya ter konfirmasi
Isi bensin mobil di Pertamina 250,000 gak penuh, di Shell 245,000 udah kena sensor, padahal harga murah Pertamina.... sama” dari tangki setengah....
kebetulan si kl ke shell atau bp blm pernah denger jg share lgsg dari owner/karyawannya
tapi at least mereka kyknya standarnya ketat, kyknya ga berani main2 gt deh
oh ya nambahin waktu itu pernah gap in di pinggir jalan pertamini, dengan terang2an mobil tangki pertamina official lagi ngisi
jadi menjawab kemana tu bensin selisihnya
sayang ga sempet poto
Ini juga eksperimen kecil”an SPBU deket rumah aja
Saya yakin ngga semua SPBU Pertamina kaya begini kok
Kalo di rata” sekali ngisi selisihnya 20-30rb, Shell jatuhnya lebih murah kalau fulltank, isi Shell Super vs Pertamax sama” oktan 92
Kenapa hanya SPBU deket rumah? Ya biar ngga ngerepotin, ngapain cari” SPBU Pertamina COCO yang jauh” kalo ada Shell deket rumah yang ternyata lebih akurat......
Saya termasuk yang pasrah sama kecurangan model begitu, usaha saya paling ya pilih-pilih SPBU. Kalau kata orang-orang yang banyak angkot ngisi disitu biasanya lebih banyak benernya.
Tapi memang kalau isi di kerang atau non plat merah itu seperti lebih meyakinkan soal quantity, gojek aja banyak yang ke pom kerang, apa mereka ada kerjasama ya?
kandlcorp wrote: Fri Aug 28, 2020 2:51
ini terlepas ruginya
pernah dapet share lgsg dari pengusaha bbm (dulu pas dia mau ngajuin kredit)
dia cerita pengusaha bbm pertamina hampir 80% ga sesuai meteran, pasti diakalin
soalnya dari dikirim tanki ke pom aja uda di korting sama supir
kalo pengusaha ngadu apa blow up, bakal jarang disamperin tuh supir alhasil sering abis pomnya dan akhir2nya rugi..
sejak itu lgsg pindah ke shell..
yang kentara sih kalo pas isi bbm di motor, biasa isi bbm pas udah kedip2 di meter bbm, isi 50K, nyalain mesin langsung naek 3 bar indikator, eh pas udah jalan sekitar 2km, langsung turun jadi 2 bar indikatornya
padahal biasa isi bbm 50K cukup untuk beberapa puluh km ke depan
kalo diperhatiin sih pasti pas nya itu yang akurat cuma itungan mulai dari "nol" aja
ada yang parah selisih per liternya, ada yang cukupan aja
Makanya kadang saya lebih suka meteran bensin itu model jarum aja kayak mobil motor jadul,
di mobil model digital pake bar, kelipatan 5 liter, diisi 3 liter or 4.5 liter, naiknya sama2 1 bar,
yang kentara sih kalo pas isi bbm di motor, biasa isi bbm pas udah kedip2 di meter bbm, isi 50K, nyalain mesin langsung naek 3 bar indikator, eh pas udah jalan sekitar 2km, langsung turun jadi 2 bar indikatornya
padahal biasa isi bbm 50K cukup untuk beberapa puluh km ke depan
kalo diperhatiin sih pasti pas nya itu yang akurat cuma itungan mulai dari "nol" aja
ada yang parah selisih per liternya, ada yang cukupan aja
Makanya kadang saya lebih suka meteran bensin itu model jarum aja kayak mobil motor jadul,
di mobil model digital pake bar, kelipatan 5 liter, diisi 3 liter or 4.5 liter, naiknya sama2 1 bar,
nahh klo patokan jarum bensin sbenernya tergantung mobil atau motornya jg...
ane selalu isi fulltank biasanya dari reset sampe turun itu jarum bensin bertengger di atas terus ga abis abis... sekitar 80 km tergantung cara nyetir dan kondisi traffic.
ChZ wrote: Fri Aug 28, 2020 5:59
nahh klo patokan jarum bensin sbenernya tergantung mobil atau motornya jg...
ane selalu isi fulltank biasanya dari reset sampe turun itu jarum bensin bertengger di atas terus ga abis abis... sekitar 80 km tergantung cara nyetir dan kondisi traffic.
tp begitu lewat itu yah turunnya cepet jg...
iya bener om
jarum saya kalo full bener2, 100km lebih ga turun tu indikator
kandlcorp wrote: Fri Aug 28, 2020 2:51
ini terlepas ruginya
pernah dapet share lgsg dari pengusaha bbm (dulu pas dia mau ngajuin kredit)
dia cerita pengusaha bbm pertamina hampir 80% ga sesuai meteran, pasti diakalin
soalnya dari dikirim tanki ke pom aja uda di korting sama supir
kalo pengusaha ngadu apa blow up, bakal jarang disamperin tuh supir alhasil sering abis pomnya dan akhir2nya rugi..
sejak itu lgsg pindah ke shell..
yang kentara sih kalo pas isi bbm di motor, biasa isi bbm pas udah kedip2 di meter bbm, isi 50K, nyalain mesin langsung naek 3 bar indikator, eh pas udah jalan sekitar 2km, langsung turun jadi 2 bar indikatornya
padahal biasa isi bbm 50K cukup untuk beberapa puluh km ke depan
kalo diperhatiin sih pasti pas nya itu yang akurat cuma itungan mulai dari "nol" aja
ada yang parah selisih per liternya, ada yang cukupan aja
Makanya kadang saya lebih suka meteran bensin itu model jarum aja kayak mobil motor jadul,
di mobil model digital pake bar, kelipatan 5 liter, diisi 3 liter or 4.5 liter, naiknya sama2 1 bar,
Ini saya bandingkan di motor yang sama, jalur dan traffic yang sama tapi beda spbu ya om
makanya curiga dengan itu spbu meterannya gak sesuai dengan yang dikeluarkan sepertinya
trik murah versi ogut: beli voucher pertamina di tokoijo 97rb (senilai 100rb) dicombo kupon kesbek 5% (biasanya 2x sebulan nempel di akun, makanya sekali beli minim 1-2jt). cairin ke air biru di spbu pertamina retail (tidak bisa semua spbu) yg kebetulan dekat rumah sama kantor. oh ya, selepas brebes di tol trans jawa (arah ke timur) spbu pertamina retail semua. Mayan jatuhnya tiap isi bensin ga pernah harga bandrol
*pocer minim utk minum pertalit dan bisa dipake belanja juga di bright.
abis itu beli bensinnya oplos dikit sama pertamax turbo...
sangat efektif buat dapet RON pertamax, harga pertalite
adhe23 wrote: Fri Aug 28, 2020 8:15
trik murah versi ogut: beli voucher pertamina di tokoijo 97rb (senilai 100rb) dicombo kupon kesbek 5% (biasanya 2x sebulan nempel di akun, makanya sekali beli minim 1-2jt). cairin ke air biru di spbu pertamina retail (tidak bisa semua spbu) yg kebetulan dekat rumah sama kantor. oh ya, selepas brebes di tol trans jawa (arah ke timur) spbu pertamina retail semua. Mayan jatuhnya tiap isi bensin ga pernah harga bandrol
*pocer minim utk minum pertalit dan bisa dipake belanja juga di bright.
The Government wants Power! They rob it from our engines.
Pugman wrote: Fri Aug 28, 2020 4:12
Saya termasuk yang pasrah sama kecurangan model begitu, usaha saya paling ya pilih-pilih SPBU. Kalau kata orang-orang yang banyak angkot ngisi disitu biasanya lebih banyak benernya.
Tapi memang kalau isi di kerang atau non plat merah itu seperti lebih meyakinkan soal quantity, gojek aja banyak yang ke pom kerang, apa mereka ada kerjasama ya?
kalau angkot malah saya ogah, akurat mah iya tapi biasanya kurang bersih atau ga enak.
kalau taxi yg top. akurat, dipake mesin enak, biasa deket2 pool taxi yg kaya gini.
kalau ojol pake non pertamina AFAIK selain lebih akurat karena dimana2 pasti sama saja, tarikan enak mesin bersih jadi perawatan bisa minim, dan terpenting jarang antri lama kaya pertamina, jadi bisa langsung narik atau kalau lagi nganter ga diomelin customer kelamaan melipir isi bensin.
kandlcorp wrote: Fri Aug 28, 2020 2:51
ini terlepas ruginya
pernah dapet share lgsg dari pengusaha bbm (dulu pas dia mau ngajuin kredit)
dia cerita pengusaha bbm pertamina hampir 80% ga sesuai meteran, pasti diakalin
soalnya dari dikirim tanki ke pom aja uda di korting sama supir
kalo pengusaha ngadu apa blow up, bakal jarang disamperin tuh supir alhasil sering abis pomnya dan akhir2nya rugi..
sejak itu lgsg pindah ke shell..
hmmmm kalo yang COCO apa ada yang punya pengalaman "kurang akurat"??
Pugman wrote: Fri Aug 28, 2020 4:12
Saya termasuk yang pasrah sama kecurangan model begitu, usaha saya paling ya pilih-pilih SPBU. Kalau kata orang-orang yang banyak angkot ngisi disitu biasanya lebih banyak benernya.
Tapi memang kalau isi di kerang atau non plat merah itu seperti lebih meyakinkan soal quantity, gojek aja banyak yang ke pom kerang, apa mereka ada kerjasama ya?
kalau angkot malah saya ogah, akurat mah iya tapi biasanya kurang bersih atau ga enak.
kalau taxi yg top. akurat, dipake mesin enak, biasa deket2 pool taxi yg kaya gini.
kalau ojol pake non pertamina AFAIK selain lebih akurat karena dimana2 pasti sama saja, tarikan enak mesin bersih jadi perawatan bisa minim, dan terpenting jarang antri lama kaya pertamina, jadi bisa langsung narik atau kalau lagi nganter ga diomelin customer kelamaan melipir isi bensin.
Sejak ke kantor naik motor saya baru aware kok mengenai selisih ini. Biasa isi tanki full tank. Lexi saya tanki hanya kapasitas 4.2 liter. Jadi senin malam saya fullkan. Rabu malam, dan Jumat malam aaya fullkan. Pp-rumah kantor. Dulu pas isi perramina turbo saya butuh 25-27 ribu. Pas saya isi VPower, malah cukup 18-22 ribu.
Kalau saya pas isi Dex tuk mobil saya, saya beneran ga aware karena ya ga kerasa karena saya isi Dex hanya 2-3minggu sekali.. begitu 2 hari sekali isi tuk motor, baru aware saya mengenai takaran ini.
carl wrote: Wed Aug 26, 2020 7:40
Ini diluar konteks rugi dan politik.
SPBU BUMN ini udah ngegaungin program Pasti Pas sebagai bentuk standarisasi SPBU dari belasan tahun lalu. Tapi entah walaupun udah lama berjalannya, masih aja tetap aja engga terstandar SPBUnya. Salah satunya yang pengen disoroti mesin EDC, boro-boro punya mesin cashback yang sering error itu, masih banyak SPBU yang nggak punya mesin EDC. Dan, antara COCO dan Non-COCO kerasa beda bbmnya (entah firasat saya aja atau emang beda). Saya sendiri kadang-kadang ragu sama non-COCO ini.
Mereka lebih seneng pake cash om, bisa ambil lebihan recehan kalau kita isi full tank..
carl wrote: Wed Aug 26, 2020 7:40
Ini diluar konteks rugi dan politik.
SPBU BUMN ini udah ngegaungin program Pasti Pas sebagai bentuk standarisasi SPBU dari belasan tahun lalu. Tapi entah walaupun udah lama berjalannya, masih aja tetap aja engga terstandar SPBUnya. Salah satunya yang pengen disoroti mesin EDC, boro-boro punya mesin cashback yang sering error itu, masih banyak SPBU yang nggak punya mesin EDC. Dan, antara COCO dan Non-COCO kerasa beda bbmnya (entah firasat saya aja atau emang beda). Saya sendiri kadang-kadang ragu sama non-COCO ini.
Mereka lebih seneng pake cash om, bisa ambil lebihan recehan kalau kita isi full tank..
makanya kalo terpaksa pake cash, gak pernah fulltank. selalu nominal bulat. selain itu juga biar petugasnya gak repot ngeluarin uang kembalian biar kendaraan belakang gak panjang ngantri.