Oli Gardan dan Transmisi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Wed May 01, 2013 4:43
Location: Jakarta

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by ALX7 »

erwinign wrote: Tue Aug 25, 2020 13:18
Weleh, summon ke mbah sat b3bonk aja deh @b8099ok :upss: . Udah jalan brp ribu km om kalo blh tau?
Baru 30rb an km 4thn, jarang pakai..
I am a Driver... not a Racer...
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

ALX7 wrote: Tue Aug 25, 2020 15:17
Terima kasih banyak om utk infonya, mobil ga sempat nyala karena nyadar kok oli mesin cuma 4liter keluar nya... Eh ternyata salah buka, abis kok lebih gampang buka drain pan atf drpada oli mesin.. :mky_01:
sama2....

oh waktu ke shop n drive ngga pake mobil itu? kirain dipake
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Tue Aug 25, 2020 14:44
ALX7 wrote: Tue Aug 25, 2020 12:09 NEED HELP - ATF FORTUNER VRZ 2016

Selamat malam rekan2 SM, ijin bertanya dan mohon bimbingannya..
jadi cerita nya sepupu ane punya fortuner vrz 2016 matic, nah karena sudah lewat 5 tahun udah ga garansi BeRes
dan lagi males ke BeRes, dia niat rencana ganti oli mesin dan filter oli nya..
nah CELAKA nya, salah buka baut, yg dibuka baut pan utk ATF nya, alhasil keluar lah ATF nya (perkiraan 3-4liter).
nah sekarang bermaksud mau isi lg ATF nya bagaimana caranya..? karena saya perhatikan tidak ketemu dipstik atf.
apakah ada cara lain utk isi ATF yg terbuang itu..?
tadi karena panik saya ke Shop n Drive, mekanik nya bilang beli ATF toyota IV 4liter sekalian nanti dia gantikan, eh setelah di lokasi ternyata dia juga bingung cara isi nya gimana... :mky_06: dan seperti nya salah tipe yah,,? harus nya ATF WS..?

teman2, mohon bimbingannya... terima kasih
di belakang kanan posisinya. di bautnya ada stamp tulisan WS. buka pakai kunci 24 mm.


Image


beli oli atf WS, jangan yg lain. masukkan sesuai jumlah yg keluar, jangan kelebihan kecuali tau cara prosedur oil level checking yg betul. masukkan oli pakai pompa siphon spt ini,


Image


link belinya disini: https://m.tokopedia.com/listrik9/siphon ... nc01-merah


seharusnya jangan dijalankan dgn kondisi sump kering. you really need to pray no damage has happened.
nah loh

koq yg ini malah bsa kluar ampe 3-4 liter om

aneh yah toyota, ngisi ATF aj bsa beda2 antar mobil... di saya 2.5 liter.. di om omni sendiri 3.5 liter (itupun dgn prosedur "special"), lah ini malah ampe 3 literan lebih
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Tue Aug 25, 2020 16:46
nah loh

koq yg ini malah bsa kluar ampe 3-4 liter om

aneh yah toyota, ngisi ATF aj bsa beda2 antar mobil... di saya 2.5 liter.. di om omni sendiri 3.5 liter (itupun dgn prosedur "special"), lah ini malah ampe 3 literan lebih
itu kan dibilangnya "perkiraan" om .... kl udah diukur juga paling 2.5 L.

wkwkwk ane sih ngebayangin lucu juga ya, pas dibuka kok keluarnya merah. :mky_03:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by benzz89 »


ALX7 wrote:
Omnibus wrote: Tue Aug 25, 2020 14:44
di belakang kanan posisinya. di bautnya ada stamp tulisan WS. buka pakai kunci 24 mm.


Image


beli oli atf WS, jangan yg lain. masukkan sesuai jumlah yg keluar, jangan kelebihan kecuali tau cara prosedur oil level checking yg betul. masukkan oli pakai pompa siphon spt ini,


Image


link belinya disini: https://m.tokopedia.com/listrik9/siphon ... nc01-merah


seharusnya jangan dijalankan dgn kondisi sump kering. you really need to pray no damage has happened.
Terima kasih banyak om utk infonya, mobil ga sempat nyala karena nyadar kok oli mesin cuma 4liter keluar nya... Eh ternyata salah buka, abis kok lebih gampang buka drain pan atf drpada oli mesin.. :mky_01:
Ini maksudnya 4 liter yang keluar itu oli atf kali yah (bukan oli mesin) jadi bingung ane bacanya
omnyanaira
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Tue Jan 23, 2018 0:55

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by omnyanaira »

gentongxz wrote: Wed Aug 19, 2020 6:13 barusan dari wuling pekanbaru dapat oli 75w90 137500/1,8 liter (beli 2 botol)..,nanti malam baru ngolong sendiri..kalo oli gardan 154000/1,8liter..,ada juga oli transmisi keluaran total kalo liat lambangnya kecil sebelah kiri bawah,botol warna biru tua..,200rb/1 liter..
Masa sihh pakk 200rb/ liter??? Mngkin 100rb per liter kali yaahh.. soalnya pernah nanya di beres wuling sini (bangka belitung) harga mtf total 75w90 gl4 100rb/liter. Krn mtf sinopec nya sendiri yg kemasan 1.5 liter klo dijadiin per liter sekitar 75-80rb/liter
Klo udah smpe 200rb/liter mending sikat yg kelas atas sekalian kya redline mtf dll.hehhe
Cmiiw
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Wed Aug 26, 2020 0:15
Ini maksudnya 4 liter yang keluar itu oli atf kali yah (bukan oli mesin) jadi bingung ane bacanya
iya om Benz, salah buka drain plug. yg dibuka atf.
User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Wed May 01, 2013 4:43
Location: Jakarta

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by ALX7 »

Omnibus wrote: Tue Aug 25, 2020 16:59
DOHC wrote: Tue Aug 25, 2020 16:46
nah loh

koq yg ini malah bsa kluar ampe 3-4 liter om

aneh yah toyota, ngisi ATF aj bsa beda2 antar mobil... di saya 2.5 liter.. di om omni sendiri 3.5 liter (itupun dgn prosedur "special"), lah ini malah ampe 3 literan lebih
itu kan dibilangnya "perkiraan" om .... kl udah diukur juga paling 2.5 L.

wkwkwk ane sih ngebayangin lucu juga ya, pas dibuka kok keluarnya merah. :mky_03:
Hahaha.. waktu ketauan salah buka masih belum terlalu panik, lebih panik nya ketika nyari dipstik atf ga ketemu..
jadi kaya nya yg keluar ga nyampe 4liter yah..? Sekitar 3liter aja..?
I am a Driver... not a Racer...
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1525
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by MSU »

ALX7 wrote: Wed Aug 26, 2020 2:38
Omnibus wrote: Tue Aug 25, 2020 16:59
DOHC wrote: Tue Aug 25, 2020 16:46
nah loh

koq yg ini malah bsa kluar ampe 3-4 liter om

aneh yah toyota, ngisi ATF aj bsa beda2 antar mobil... di saya 2.5 liter.. di om omni sendiri 3.5 liter (itupun dgn prosedur "special"), lah ini malah ampe 3 literan lebih
itu kan dibilangnya "perkiraan" om .... kl udah diukur juga paling 2.5 L.

wkwkwk ane sih ngebayangin lucu juga ya, pas dibuka kok keluarnya merah. :mky_03:
Hahaha.. waktu ketauan salah buka masih belum terlalu panik, lebih panik nya ketika nyari dipstik atf ga ketemu..
jadi kaya nya yg keluar ga nyampe 4liter yah..? Sekitar 3liter aja..?
baiknya sih jangan kayaknya2 om...kalo di matic mesti yakin berapa refill-nya
kelebihan / kurang ngaruh ke performa-nya
cek awal cari buku owner's manualnya mgkn ada datanya kl oli ex kemaren udh dibuang
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5726
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sintoni »

Kalau di Yasir rasanya susah deh ketuker.

Soalnya baut drain ATF dia pake kunci L bukan kunci sok/pas.
Herrianto
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Sun Aug 23, 2020 2:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Herrianto »

sintoni wrote: Wed Aug 26, 2020 6:28 Kalau di Yasir rasanya susah deh ketuker.

Soalnya baut drain ATF dia pake kunci L bukan kunci sok/pas.
Biasanya baut L itu untuk cek level ATF (untuk matic yang sudah ngga pakai dipstick). Baut drain tetap pakai baut biasa yg pakai kunci pas CMIIW.

Lagipula bukannya kelihatan jelas yg mana oil pan blok mesin, yg mana oil pan gearbox? Apalagi untuk mobil RWD, sudah pasti posisi gearbox mengarah ke belakang? Aneh juga kalau bisa salah buka baut drain? :big_think:

Regards,
Herrianto.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5726
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sintoni »

Herrianto wrote: Wed Aug 26, 2020 8:45
Biasanya baut L itu untuk cek level ATF (untuk matic yang sudah ngga pakai dipstick). Baut drain tetap pakai baut biasa yg pakai kunci pas CMIIW.

Lagipula bukannya kelihatan jelas yg mana oil pan blok mesin, yg mana oil pan gearbox? Apalagi untuk mobil RWD, sudah pasti posisi gearbox mengarah ke belakang? Aneh juga kalau bisa salah buka baut drain? :big_think:

Regards,
Herrianto.
Kalau mobil ane ada disptick ATF nya om, terus beberapa hari lalu pas ngolong rasanya baut L 14 sih.
boschdot
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Mon Jun 17, 2019 9:55
Location: kota Surabaya

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by boschdot »

fix skr ane pake aisin AFW+ di kebo ane, tp sebelumnya ane pake TOP 1 ATF multi yg botol gold itu jalan sampe 20rb km lebih warna oli nya masih merah bening seperti oli baru gitu ya, ini bener2 bagus atau gmn ya om?? secara ga ada yg pernah review ATF multi punya TOP 1... hehehhee...

erwinign wrote: Thu Aug 13, 2020 10:26
DOHC wrote: Thu Aug 13, 2020 10:09
erwinign wrote: Thu Aug 13, 2020 10:06

Bantu jawab, gardan 20rb sama kaya oli trans manual om. Kl oli matic di interval 20rb km ganti yg di karter (2-3lt), interval 40rb km kuras (7-10lt). Saya kl oli matic pengalaman digeber sampe 50rb km ud mulai gaenak
Kayanya oli matic tertentu bsa d tarik lebi jauh dikit d om

Saya pake afw+ dipake jalan 13 rebu aj, warna nya masi sama persis ama yg baru d tuang dr botol, kayanya bsa dtarik ampe 30 rebu neh

Kcuali kl hcf2, itu 15 rebu aja warnanya ud gelap banget
Nah kalo kaya aisin, q8 mungkin banget sih om. Ini sy di ertiga pake q8 auto jk udah jalan 1,5th (7000km) oper2an gigi msh smooth cuma ada kerasa nahan dikit wkt jalan dalkot tp lepas gas. Msh mau ganti yg di karter akhir th ini apa enggak.

Sblm flush ke q8, dg kondisi atf bawaan pabrik combine atf sgo 3317 di karter yg nyebabin tarikan gaenak banget aja sy terusin sampe hampir 60rb km om. Di dipstick atf udah warnanya cenderung ungu gelap, dan sama mekaniknya msh dibilang bagus wkt itu wkwkwkwk (jun 2014-des 2018)
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

boschdot wrote: Fri Aug 28, 2020 4:36 fix skr ane pake aisin AFW+ di kebo ane, tp sebelumnya ane pake TOP 1 ATF multi yg botol gold itu jalan sampe 20rb km lebih warna oli nya masih merah bening seperti oli baru gitu ya, ini bener2 bagus atau gmn ya om?? secara ga ada yg pernah review ATF multi punya TOP 1... hehehhee...
dipakenya kerasa ada bedanya ngga topwan vs aicin om?
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 852
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by well »

gan, mau tanya cara cek volume oli transmisi oli matic yg benar itu bgmn?
mobil ane 2kd matic,
cek keadaan 1, dr pagi start mobil jalan sekitar 2 KM, suhu tempratur di indikator sudah tercapai ( jarum di tengah), tuas transmisi sudah ane masukan ke L,2,3,D terus saya cek dipstik oli matic sudah benar posisinya hot max

keadaan 2, sama seperti keadaan 1 cuma jalan sempat lwt toll, total jalan 25 KM, waktu saya cek level oli bablas lumayan banyak di atas hot max.

acuannya yg mana ya yang benar?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

well wrote: Fri Aug 28, 2020 10:04 gan, mau tanya cara cek volume oli transmisi oli matic yg benar itu bgmn?
mobil ane 2kd matic,
cek keadaan 1, dr pagi start mobil jalan sekitar 2 KM, suhu tempratur di indikator sudah tercapai ( jarum di tengah), tuas transmisi sudah ane masukan ke L,2,3,D terus saya cek dipstik oli matic sudah benar posisinya hot max

keadaan 2, sama seperti keadaan 1 cuma jalan sempat lwt toll, total jalan 25 KM, waktu saya cek level oli bablas lumayan banyak di atas hot max.

acuannya yg mana ya yang benar?
yg 1 donk om

kl abis nyetir resing pasti atf naek banyak

d beberapa buku primbon merek2 laen jg slalu blg nya suhu kerja, bukan suhu abis resing
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 852
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by well »

Ok, siap gan...
Sy cm khawatir kebablas aja levelnya
rajasupplement
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Fri Sep 06, 2013 12:49

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by rajasupplement »

Kalau untuk ganti air radiator bagus merk apa ya gan buat mazda2 skyactiv dan butuh brp liter? Sama kuras minyak rem butuh brp liter sama merknya apa? Makasih
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22034
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

rajasupplement wrote:Kalau untuk ganti air radiator bagus merk apa ya gan buat mazda2 skyactiv dan butuh brp liter? Sama kuras minyak rem butuh brp liter sama merknya apa? Makasih
Mobil Jepang rata2 coolant OAT / HOAT silicate free

pilhan banyak

Prestone yg USDM boleh tuh.....misal nya

TMO coolant juga bisa

Amsoil coolant

dll
* Bukan ajakan Beli *
akbrn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Sep 26, 2017 7:38

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by akbrn »

Ada yang lucu di manual book honda terbaru (brio & mobilio)

Rekomendasi pengganti sementara oli transmisi manual berubah dari 10w40 jadi 0w20, apa jangan - jangan spec MTF honda juga berubah dari yg awalnya 75w80 jadi lebih encer?
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5726
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sintoni »

akbrn wrote: Thu Sep 03, 2020 18:25 Ada yang lucu di manual book honda terbaru (brio & mobilio)

Rekomendasi pengganti sementara oli transmisi manual berubah dari 10w40 jadi 0w20, apa jangan - jangan spec MTF honda juga berubah dari yg awalnya 75w80 jadi lebih encer?
oli manual 0w20 mana ada om?
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by indeskey »

akbrn wrote: Thu Sep 03, 2020 18:25 Ada yang lucu di manual book honda terbaru (brio & mobilio)

Rekomendasi pengganti sementara oli transmisi manual berubah dari 10w40 jadi 0w20, apa jangan - jangan spec MTF honda juga berubah dari yg awalnya 75w80 jadi lebih encer?
Coba difoto om, jd penasaran hehe
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Tingkatan oli gear ama mesin itu ga bsa d samain.. 75W gear itu mungkin setara 10W atau 15W enjin oil..

Tp kl mnurut saya, yg namanya gear itu (both transmisi atau differensial), tetep baik nya jgn tralu encer.. krn gear itu beda ama gerakan piston..

desainer mesin, apalagi mesin2 jaman skrg, pas piston gerak naek turun itu ud bergerak (hampir) d titik tengah silinder shg gesekan samping ke dinding liner (ud hampir) seminim mungkin (pengecualian utk enjin hyundai yg theta series).. ini jg alesan nya knapa oli mesin skrg bisa seencer mungkin

Beda ama gear, itu metal to metal contact nyaris setiap saat, jd yah kl oli nya encer banget, bantalan antara gear to gear yah minim bgt, dan gesekan jg akhirnya makin besar

Makanya kl saya pribadi sehh utk smua oli2 gear, bahkan utk matic geared, pasti saya cari yg jgn tralu encer.. pengecualian utk matic cvt..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by maastricht889 »

DOHC wrote: Fri Sep 04, 2020 6:31 Tingkatan oli gear ama mesin itu ga bsa d samain.. 75W gear itu mungkin setara 10W atau 15W enjin oil..

Tp kl mnurut saya, yg namanya gear itu (both transmisi atau differensial), tetep baik nya jgn tralu encer.. krn gear itu beda ama gerakan piston..

desainer mesin, apalagi mesin2 jaman skrg, pas piston gerak naek turun itu ud bergerak (hampir) d titik tengah silinder shg gesekan samping ke dinding liner (ud hampir) seminim mungkin (pengecualian utk enjin hyundai yg theta series).. ini jg alesan nya knapa oli mesin skrg bisa seencer mungkin

Beda ama gear, itu metal to metal contact nyaris setiap saat, jd yah kl oli nya encer banget, bantalan antara gear to gear yah minim bgt, dan gesekan jg akhirnya makin besar

Makanya kl saya pribadi sehh utk smua oli2 gear, bahkan utk matic geared, pasti saya cari yg jgn tralu encer.. pengecualian utk matic cvt..
Berarti kalo oli gardan 75W85 kaya di ANKI, itu kl mau nerka2 PDSnya scr prinsip sama kaya baca PDS oli mesin ya om? Maksud saya biar bs nyimpulin kalo misal 75W85 GL5 lebih encer ketimbang 75W90 GL5 pd umumnya. Krn oli gardan/MTF jarang ada PDSnya.

Nah, terus soal pergerakan piston yang gesekan ke dinding liner kaya om bilang saya ko jadi keinget engineering explained di videonya soal LSPI. Yg sepemahaman saya bakal ada oksigen yg ngga kebakar sempurna (tau lah turbo, istilahnya oksigennya disupply jor2an) terus lama2 ngegerus dinding liner itu. Bener ngga ya om soal analisa saya yg LSPI ini?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

erwinign wrote: Fri Sep 04, 2020 6:40
DOHC wrote: Fri Sep 04, 2020 6:31 Tingkatan oli gear ama mesin itu ga bsa d samain.. 75W gear itu mungkin setara 10W atau 15W enjin oil..

Tp kl mnurut saya, yg namanya gear itu (both transmisi atau differensial), tetep baik nya jgn tralu encer.. krn gear itu beda ama gerakan piston..

desainer mesin, apalagi mesin2 jaman skrg, pas piston gerak naek turun itu ud bergerak (hampir) d titik tengah silinder shg gesekan samping ke dinding liner (ud hampir) seminim mungkin (pengecualian utk enjin hyundai yg theta series).. ini jg alesan nya knapa oli mesin skrg bisa seencer mungkin

Beda ama gear, itu metal to metal contact nyaris setiap saat, jd yah kl oli nya encer banget, bantalan antara gear to gear yah minim bgt, dan gesekan jg akhirnya makin besar

Makanya kl saya pribadi sehh utk smua oli2 gear, bahkan utk matic geared, pasti saya cari yg jgn tralu encer.. pengecualian utk matic cvt..
Berarti kalo oli gardan 75W85 kaya di ANKI, itu kl mau nerka2 PDSnya scr prinsip sama kaya baca PDS oli mesin ya om? Maksud saya biar bs nyimpulin kalo misal 75W85 GL5 lebih encer ketimbang 75W90 GL5 pd umumnya. Krn oli gardan/MTF jarang ada PDSnya.

Nah, terus soal pergerakan piston yang gesekan ke dinding liner kaya om bilang saya ko jadi keinget engineering explained di videonya soal LSPI. Yg sepemahaman saya bakal ada oksigen yg ngga kebakar sempurna (tau lah turbo, istilahnya oksigennya disupply jor2an) terus lama2 ngegerus dinding liner itu. Bener ngga ya om soal analisa saya yg LSPI ini?
Nahh kl.ttg PDS nya, saya ga brani komen, krn sperti yg om blg sendiri, oli2 gear gini jarang yg provide.. dan biasa pun user2 lebi concern ke kandungan aditif nya om, ktimbang keenceran nya.. misal wajip ad EP, anti foam, friction modifier, LSD dsb

Wahh kl vidio dia, kayanya bener om, kira2 saya nangkep nya jg gt, di LSPI itu krn sisa oksigen (dan mungkin sisa petrol) itu yg bkin detonasi prematur, dan sialnya bukan kepala piston aj yg kena, tp ke liner jg ( ya iya seh, mesin turbo lg proses kompresi, tekanan pasti lg gede2 nya.. ehh malah detonasi, ambyar lah ke sgala arah)

Btw LSPI ga wajip mesin turbo seh, smua mesin enjin imut2 yg kompresi tinggi jg rawan kena gejala laknat ini..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: