Oli Gardan dan Transmisi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

Herrianto wrote: Sun Aug 23, 2020 3:58 Selamat pagi para sifu sekalian, nubie mohon pencerahan nih.

Perkenalkan, saya Herrianto, baru saja join di SM.
Daily driven Mitsubishi Xpander.

Belum lama ini saya baru kuras matic mobil saya (odo 40ribu lebih sedikit) di bengkel C*k** Motor, yang kalau ngga salah termasuk trusted selller juga SM. Saya merasa matic nya sudah mulai lemot & mulai terasa nyentak begitu melewati odo 30ribuan.
Saya kuras ATF nya dengan Amsoil Signature Series Fuel Efficient dengan pertimbangan selisih harganya cuma sedikit dibanding Mitsubishi ATF MA1 (waktu itu beda Rp. 20ribu/botol. Tahun2 sebelumnya MA1 belum semahal ini) dan saya baca2 di web nya Amsoil, yang Signature Series ATF Fuel Efficient compatible dengan Mitsubishi ATF MA1.

Tetapi yang agak membingungkan saya sekarang, gearbox mobil saya kadang2 seperti ada lag untuk akselerasi awalnya ya? Lag nya mungkin sekitar 2-3 detik saja sih, habis itu ya ngacir normal. Kayak gearboxnya "mikir dulu sebentar"😁.
Saya sudah tambah external oil cooler buat matic, ditandem dengan stock oil cooler nya sih. Waktu ATF nya masih bawaan mobilnya, terasa lebih ringan larinya.

Kira2 kenapa ya gearbox nya kadang2 lag di awal? Apakah ATF Amsoil SS FE masih terlalu kental buat gearbox Xpander?
Mohon pencerahannya🙏🙏

Regards,
Herrianto.
halo om

sekedar saran, level oli matic di double check lagi aja. agar sesuai prosedur menurut service manual. biasanya kepenuhan kl begitu (atau kekurangan).

btw kl kuras berarti pakai mesin atf changer ya?
MaddMaxx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sun Dec 08, 2019 5:50
Location: In the middle of nowhere
Daily Vehicle: Yamaha 2DP

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by MaddMaxx »

selamat pagi om semua,

mau konsul nih siapa tau ada yg pernah ngalamin. sy ada innova gnki at. nah kemarin long weekend sy bawa jalan jkt-sby pertama kalinya. abis jalan jauh kok kaca belakang innova sy ada noda2 hitam agak lengket kaya oli ya om. sy bersihin sekali pas rehat di jateng, sampe sby ada lagi agak tebel. kira2 itu noda apa ya? apakah uap oli transmisi maticnya ya? sy cek kolong mesin kering soalnya, gak ada yg rembes olinya.

kali aja ada yg punya pengalaman sama ky sy.
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by maastricht889 »

MaddMaxx wrote: Mon Aug 24, 2020 2:35 selamat pagi om semua,

mau konsul nih siapa tau ada yg pernah ngalamin. sy ada innova gnki at. nah kemarin long weekend sy bawa jalan jkt-sby pertama kalinya. abis jalan jauh kok kaca belakang innova sy ada noda2 hitam agak lengket kaya oli ya om. sy bersihin sekali pas rehat di jateng, sampe sby ada lagi agak tebel. kira2 itu noda apa ya? apakah uap oli transmisi maticnya ya? sy cek kolong mesin kering soalnya, gak ada yg rembes olinya.

kali aja ada yg punya pengalaman sama ky sy.
Pas perjalanan di tol/jalan biasa nemu perbaikan jalan ga om? Biasanya dr aspal baru itu. Kl di transjawa rata2 pd kena kotor gara2 serangga yg kita tabrak trs nemplok di kaca
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Kl jalan jauh, palagi trans jawa mah ga heran.. itu kotoran jalanan, asep knalpot sendiri dsb jadi satu

Ntar coba aj d cuci mobil nya, jgn kaget kl body blakang mendadak ga alus.. musti di poles lg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
MaddMaxx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sun Dec 08, 2019 5:50
Location: In the middle of nowhere
Daily Vehicle: Yamaha 2DP

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by MaddMaxx »

erwinign wrote: Mon Aug 24, 2020 2:37
MaddMaxx wrote: Mon Aug 24, 2020 2:35 selamat pagi om semua,

mau konsul nih siapa tau ada yg pernah ngalamin. sy ada innova gnki at. nah kemarin long weekend sy bawa jalan jkt-sby pertama kalinya. abis jalan jauh kok kaca belakang innova sy ada noda2 hitam agak lengket kaya oli ya om. sy bersihin sekali pas rehat di jateng, sampe sby ada lagi agak tebel. kira2 itu noda apa ya? apakah uap oli transmisi maticnya ya? sy cek kolong mesin kering soalnya, gak ada yg rembes olinya.

kali aja ada yg punya pengalaman sama ky sy.
Pas perjalanan di tol/jalan biasa nemu perbaikan jalan ga om? Biasanya dr aspal baru itu. Kl di transjawa rata2 pd kena kotor gara2 serangga yg kita tabrak trs nemplok di kaca
gak ketemu perbaikan jalan kok om. yg sy heran itu yg kotor cuma kaca belakang dan pintu bagasi aja om. samping sm depan bersih2 aja. bahkan mud guard ban blkg sm lubang knalpot jg bersih. kaya gini nih om kotorannya:
adefes.jpeg
asdes.jpeg
normal ga ya begini kotornya om?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

kl mau mobil tetap bersih apalagi setelah perjalanan jkt-sby sebaiknya naik pesawat. mobil biar tetap di garasi.
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by josomba »

MaddMaxx wrote: Mon Aug 24, 2020 2:35 selamat pagi om semua,

mau konsul nih siapa tau ada yg pernah ngalamin. sy ada innova gnki at. nah kemarin long weekend sy bawa jalan jkt-sby pertama kalinya. abis jalan jauh kok kaca belakang innova sy ada noda2 hitam agak lengket kaya oli ya om. sy bersihin sekali pas rehat di jateng, sampe sby ada lagi agak tebel. kira2 itu noda apa ya? apakah uap oli transmisi maticnya ya? sy cek kolong mesin kering soalnya, gak ada yg rembes olinya.

kali aja ada yg punya pengalaman sama ky sy.
Semprot saya bug n tar remover dulu om... Tar d aspal ga keliatan juga n lazim d belakang nempel n 1/4 pintu ke bawah... Yg pintu dah cek area paling bawah om?

*mulai OOT ke topik lain jadinya, mohon maap mod :big_cat:
Last edited by josomba on Mon Aug 24, 2020 4:04, edited 1 time in total.
Image
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sintoni »

bangrosi wrote: Sun Aug 23, 2020 15:55
Jarang yg jual aisin gk enak kalo bawa oli dari luar, saya kena bengkel jarang jual oli matik Toyota DIII mungkin untungnya dikit.
Ya itu harusnya sudah comply Dextron 3 sih om.
Herrianto
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Sun Aug 23, 2020 2:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Herrianto »

Omnibus wrote: Mon Aug 24, 2020 2:22
Herrianto wrote: Sun Aug 23, 2020 3:58
halo om

sekedar saran, level oli matic di double check lagi aja. agar sesuai prosedur menurut service manual. biasanya kepenuhan kl begitu (atau kekurangan).

btw kl kuras berarti pakai mesin atf changer ya?
Sudah saya double check sih Oom, sudah pas. Saya buka baut yg pakai kunci L5 di kolong, tinggal netes sedikit doank. Ngga ada dipstick buat matic.
Posisi mobil level, mesin nyala & temperatur kerja mesin, posisi persneling di P.
Sudah benar belum ya caranya? Atau mungkin ada yang terlewat prosedurnya jadi kurang akurat saat cek level ATFnya?

Kurasnya pakai ATF changer.

Regards,
Herrianto.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1839
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by MSU »

bangrosi wrote: Sat Aug 22, 2020 19:24 Untuk avanza spek minta Dexron III, bisa gk pakai spek Toyota T-IV.
apa ga salah ya...
Kisul sy 7K E A/T tahun 2000 aja di stick-nya tertulis T-IV
Herrianto
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Sun Aug 23, 2020 2:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Herrianto »

MSU wrote: Mon Aug 24, 2020 4:29
bangrosi wrote: Sat Aug 22, 2020 19:24 Untuk avanza spek minta Dexron III, bisa gk pakai spek Toyota T-IV.
apa ga salah ya...
Kisul sy 7K E A/T tahun 2000 aja di stick-nya tertulis T-IV

Ikut nambahin Oom, setau saya Avanza dibuat oleh ADM. Jadi gearbox matic nya memang pakai ATF dexron, bukan T-IV. Tapi kurang tau juga untuk yang generasi terbaru yang mesinnya sudah dual VVTI.
Bingungnya kalau di beres Toyota memang pasti diisinya T-IV, sedangkan dexron & T-IV itu ngga compatible, CMIIW. 🙄

Regards,
Herrianto.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

josomba wrote: Mon Aug 24, 2020 3:45
MaddMaxx wrote: Mon Aug 24, 2020 2:35 selamat pagi om semua,

mau konsul nih siapa tau ada yg pernah ngalamin. sy ada innova gnki at. nah kemarin long weekend sy bawa jalan jkt-sby pertama kalinya. abis jalan jauh kok kaca belakang innova sy ada noda2 hitam agak lengket kaya oli ya om. sy bersihin sekali pas rehat di jateng, sampe sby ada lagi agak tebel. kira2 itu noda apa ya? apakah uap oli transmisi maticnya ya? sy cek kolong mesin kering soalnya, gak ada yg rembes olinya.

kali aja ada yg punya pengalaman sama ky sy.
Semprot saya bug n tar remover dulu om... Tar d aspal ga keliatan juga n lazim d belakang nempel n 1/4 pintu ke bawah... Yg pintu dah cek area paling bawah om?

*mulai OOT ke topik lain jadinya, mohon maap mod :big_cat:

dilap pake minyak tanah bisa mbah?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

Omnibus wrote: Mon Aug 24, 2020 3:40 kl mau mobil tetap bersih apalagi setelah perjalanan jkt-sby sebaiknya naik pesawat. mobil biar tetap di garasi.

colenaknya jadi mbah? saya nyumbang kopi robusta pagaralam. cocok diseduh pake gula aren.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1839
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by MSU »

Herrianto wrote: Mon Aug 24, 2020 4:53
MSU wrote: Mon Aug 24, 2020 4:29
bangrosi wrote: Sat Aug 22, 2020 19:24 Untuk avanza spek minta Dexron III, bisa gk pakai spek Toyota T-IV.
apa ga salah ya...
Kisul sy 7K E A/T tahun 2000 aja di stick-nya tertulis T-IV

Ikut nambahin Oom, setau saya Avanza dibuat oleh ADM. Jadi gearbox matic nya memang pakai ATF dexron, bukan T-IV. Tapi kurang tau juga untuk yang generasi terbaru yang mesinnya sudah dual VVTI.
Bingungnya kalau di beres Toyota memang pasti diisinya T-IV, sedangkan dexron & T-IV itu ngga compatible, CMIIW. 🙄

Regards,
Herrianto.
kayaknya saya pernah baca...tp cmiiw om...tunggu suhu2 di sini jg..
utk girbox yg pake D3...bisa pake T-IV
tp yg mesti pake T-IV...ga bisa pake D3
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

Herrianto wrote: Mon Aug 24, 2020 4:00
nah itu, prosedurnya apakah diminta pas engine running atau stop? tiap tipe mobil beda2 soalnya...

kl mau coba2 utk yg ketika stop, coba aja buka check hole nya pagi2 sebelum dinyalakan. oli yg keluar kl mau tampung di wadah yg bersih jd bisa dipakai kembali kl perlu.

kl sdh yakin oil level tepat tp masih begitu, bisa coba reset TCM/ECM. biasanya sy pake scanner kl di honda, tp coba aja lepas kabel negatif aki 15 menitan trus pasang lagi. mungkin jd bingung krn ada perbedaan tekanan sewaktu di flush pakai atf changer.

semua yg sy sarankan diatas krn ga perlu keluar uang jd bisa dicoba dulu, untung2an ya om.
Herrianto
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Sun Aug 23, 2020 2:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Herrianto »

Omnibus wrote: Mon Aug 24, 2020 5:33
Herrianto wrote: Mon Aug 24, 2020 4:00
nah itu, prosedurnya apakah diminta pas engine running atau stop? tiap tipe mobil beda2 soalnya...

kl mau coba2 utk yg ketika stop, coba aja buka check hole nya pagi2 sebelum dinyalakan. oli yg keluar kl mau tampung di wadah yg bersih jd bisa dipakai kembali kl perlu.

kl sdh yakin oil level tepat tp masih begitu, bisa coba reset TCM/ECM. biasanya sy pake scanner kl di honda, tp coba aja lepas kabel negatif aki 15 menitan trus pasang lagi. mungkin jd bingung krn ada perbedaan tekanan sewaktu di flush pakai atf changer.

semua yg sy sarankan diatas krn ga perlu keluar uang jd bisa dicoba dulu, untung2an ya om.
Boleh juga nanti saya coba petunjuknya Oom Omnibus, cabut kabel negatif accu 15 menit buat reset TCM nya ya.

Kalau cek level ATF Xpander saya pernah lihat di youtube tapi saya tadinya pikir mungkin ada yang terlewat prosedurnya.

Thanks Oom.


Regards,
Herrianto.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

marmut wrote: Mon Aug 24, 2020 5:10
colenaknya jadi mbah? saya nyumbang kopi robusta pagaralam. cocok diseduh pake gula aren.
kirim pake gojek ya hahahaha
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by evanbngdor »

gentongxz wrote: Sat Aug 22, 2020 13:30 :big_childish: Yha harganya lumayan Bagus juga Pak evan.. :upss: , Tidak tau apa agak melenceng dikit.., Pak Dohc, saya agak penasaran dengan baut kuning pas lg ngolong si bawah mesin, yg ada pipa kecil, di belakang tensionernya.., kira2 fungsinya utk apa yha? Makasih
Harga masih oke lah Om, Kalo mau bagus ya sekalian pake Redline MTF 75w-90
:big_okay:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Wed May 01, 2013 4:43
Location: Jakarta

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by ALX7 »

NEED HELP - ATF FORTUNER VRZ 2016

Selamat malam rekan2 SM, ijin bertanya dan mohon bimbingannya..
jadi cerita nya sepupu ane punya fortuner vrz 2016 matic, nah karena sudah lewat 5 tahun udah ga garansi BeRes
dan lagi males ke BeRes, dia niat rencana ganti oli mesin dan filter oli nya..
nah CELAKA nya, salah buka baut, yg dibuka baut pan utk ATF nya, alhasil keluar lah ATF nya (perkiraan 3-4liter).
nah sekarang bermaksud mau isi lg ATF nya bagaimana caranya..? karena saya perhatikan tidak ketemu dipstik atf.
apakah ada cara lain utk isi ATF yg terbuang itu..?
tadi karena panik saya ke Shop n Drive, mekanik nya bilang beli ATF toyota IV 4liter sekalian nanti dia gantikan, eh setelah di lokasi ternyata dia juga bingung cara isi nya gimana... :mky_06: dan seperti nya salah tipe yah,,? harus nya ATF WS..?

teman2, mohon bimbingannya... terima kasih
I am a Driver... not a Racer...
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by maastricht889 »

ALX7 wrote: Tue Aug 25, 2020 12:09 NEED HELP - ATF FORTUNER VRZ 2016

Selamat malam rekan2 SM, ijin bertanya dan mohon bimbingannya..
jadi cerita nya sepupu ane punya fortuner vrz 2016 matic, nah karena sudah lewat 5 tahun udah ga garansi BeRes
dan lagi males ke BeRes, dia niat rencana ganti oli mesin dan filter oli nya..
nah CELAKA nya, salah buka baut, yg dibuka baut pan utk ATF nya, alhasil keluar lah ATF nya (perkiraan 3-4liter).
nah sekarang bermaksud mau isi lg ATF nya bagaimana caranya..? karena saya perhatikan tidak ketemu dipstik atf.
apakah ada cara lain utk isi ATF yg terbuang itu..?
tadi karena panik saya ke Shop n Drive, mekanik nya bilang beli ATF toyota IV 4liter sekalian nanti dia gantikan, eh setelah di lokasi ternyata dia juga bingung cara isi nya gimana... :mky_06: dan seperti nya salah tipe yah,,? harus nya ATF WS..?

teman2, mohon bimbingannya... terima kasih
Ini maksudnya stl keluar 3-4lt kaga diisi lg sama atf baru om?
User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Wed May 01, 2013 4:43
Location: Jakarta

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by ALX7 »

erwinign wrote: Tue Aug 25, 2020 12:40
ALX7 wrote: Tue Aug 25, 2020 12:09 NEED HELP - ATF FORTUNER VRZ 2016

Selamat malam rekan2 SM, ijin bertanya dan mohon bimbingannya..
jadi cerita nya sepupu ane punya fortuner vrz 2016 matic, nah karena sudah lewat 5 tahun udah ga garansi BeRes
dan lagi males ke BeRes, dia niat rencana ganti oli mesin dan filter oli nya..
nah CELAKA nya, salah buka baut, yg dibuka baut pan utk ATF nya, alhasil keluar lah ATF nya (perkiraan 3-4liter).
nah sekarang bermaksud mau isi lg ATF nya bagaimana caranya..? karena saya perhatikan tidak ketemu dipstik atf.
apakah ada cara lain utk isi ATF yg terbuang itu..?
tadi karena panik saya ke Shop n Drive, mekanik nya bilang beli ATF toyota IV 4liter sekalian nanti dia gantikan, eh setelah di lokasi ternyata dia juga bingung cara isi nya gimana... :mky_06: dan seperti nya salah tipe yah,,? harus nya ATF WS..?

teman2, mohon bimbingannya... terima kasih
Ini maksudnya stl keluar 3-4lt kaga diisi lg sama atf baru om?
iya om, mau diisi lagi ga tau caranya.. :big_childish:
I am a Driver... not a Racer...
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by maastricht889 »

ALX7 wrote: Tue Aug 25, 2020 13:15
erwinign wrote: Tue Aug 25, 2020 12:40
ALX7 wrote: Tue Aug 25, 2020 12:09 NEED HELP - ATF FORTUNER VRZ 2016

Selamat malam rekan2 SM, ijin bertanya dan mohon bimbingannya..
jadi cerita nya sepupu ane punya fortuner vrz 2016 matic, nah karena sudah lewat 5 tahun udah ga garansi BeRes
dan lagi males ke BeRes, dia niat rencana ganti oli mesin dan filter oli nya..
nah CELAKA nya, salah buka baut, yg dibuka baut pan utk ATF nya, alhasil keluar lah ATF nya (perkiraan 3-4liter).
nah sekarang bermaksud mau isi lg ATF nya bagaimana caranya..? karena saya perhatikan tidak ketemu dipstik atf.
apakah ada cara lain utk isi ATF yg terbuang itu..?
tadi karena panik saya ke Shop n Drive, mekanik nya bilang beli ATF toyota IV 4liter sekalian nanti dia gantikan, eh setelah di lokasi ternyata dia juga bingung cara isi nya gimana... :mky_06: dan seperti nya salah tipe yah,,? harus nya ATF WS..?

teman2, mohon bimbingannya... terima kasih
Ini maksudnya stl keluar 3-4lt kaga diisi lg sama atf baru om?
iya om, mau diisi lagi ga tau caranya.. :big_childish:
Weleh, summon ke mbah sat b3bonk aja deh @b8099ok :upss: . Udah jalan brp ribu km om kalo blh tau?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

ALX7 wrote: Tue Aug 25, 2020 12:09 NEED HELP - ATF FORTUNER VRZ 2016

Selamat malam rekan2 SM, ijin bertanya dan mohon bimbingannya..
jadi cerita nya sepupu ane punya fortuner vrz 2016 matic, nah karena sudah lewat 5 tahun udah ga garansi BeRes
dan lagi males ke BeRes, dia niat rencana ganti oli mesin dan filter oli nya..
nah CELAKA nya, salah buka baut, yg dibuka baut pan utk ATF nya, alhasil keluar lah ATF nya (perkiraan 3-4liter).
nah sekarang bermaksud mau isi lg ATF nya bagaimana caranya..? karena saya perhatikan tidak ketemu dipstik atf.
apakah ada cara lain utk isi ATF yg terbuang itu..?
tadi karena panik saya ke Shop n Drive, mekanik nya bilang beli ATF toyota IV 4liter sekalian nanti dia gantikan, eh setelah di lokasi ternyata dia juga bingung cara isi nya gimana... :mky_06: dan seperti nya salah tipe yah,,? harus nya ATF WS..?

teman2, mohon bimbingannya... terima kasih
di belakang kanan posisinya. di bautnya ada stamp tulisan WS. buka pakai kunci 24 mm.


Image


beli oli atf WS, jangan yg lain. masukkan sesuai jumlah yg keluar, jangan kelebihan kecuali tau cara prosedur oil level checking yg betul. masukkan oli pakai pompa siphon spt ini,


Image


link belinya disini: https://m.tokopedia.com/listrik9/siphon ... nc01-merah


seharusnya jangan dijalankan dgn kondisi sump kering. you really need to pray no damage has happened.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

waini.... menguji durabilitas transmisi toyota judulnya.
User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Wed May 01, 2013 4:43
Location: Jakarta

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by ALX7 »

Omnibus wrote: Tue Aug 25, 2020 14:44
di belakang kanan posisinya. di bautnya ada stamp tulisan WS. buka pakai kunci 24 mm.


Image


beli oli atf WS, jangan yg lain. masukkan sesuai jumlah yg keluar, jangan kelebihan kecuali tau cara prosedur oil level checking yg betul. masukkan oli pakai pompa siphon spt ini,


Image


link belinya disini: https://m.tokopedia.com/listrik9/siphon ... nc01-merah


seharusnya jangan dijalankan dgn kondisi sump kering. you really need to pray no damage has happened.
Terima kasih banyak om utk infonya, mobil ga sempat nyala karena nyadar kok oli mesin cuma 4liter keluar nya... Eh ternyata salah buka, abis kok lebih gampang buka drain pan atf drpada oli mesin.. :mky_01:
I am a Driver... not a Racer...