Koleksi hand tools [Part 02]
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11783
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 02]
wah kecele ane. buru2 padahal di FMM barang sama malah panjang 3" lebih murah 30 rb ... asem
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11868
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11868
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Koleksi hand tools [Part 02]
Omnibus wrote: Fri Aug 21, 2020 11:21
sekalian sekalian yg ujung2nya mahal ....
ngelepas drive shaft dicheck dulu torque spec mur as rodanya berapa. kalau diatas 130 Nm kan musti beli TW yg gedean lagi.
udah pernah pakai TW kl ketemu yg important gitu ga di torqued bisa2 susah tidur.
![]()
lha tinggal sambung pipa ledeng 2" yang panjang kan bisa....

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Koleksi hand tools [Part 02]
Blm lama saya service kaki+kuras minyak rem di bengkel spesialis. Pas ban dah selesai dipasang, saya lihat montir ngencengin baut roda pake TW. Wah mantab nih, sesuai spek. Begitu pikir saya.
Nah, tadi saya iseng mo ngecek kolong depan. Pas mo kendorin baut roda pake kunci yg biasa saya pake, eh... kok keras banget yak? Lebih keras daripada kalo saya yg ngencengin tanpa TW.
Apakah berarti selama ini baut roda saya under torque?

Nah, tadi saya iseng mo ngecek kolong depan. Pas mo kendorin baut roda pake kunci yg biasa saya pake, eh... kok keras banget yak? Lebih keras daripada kalo saya yg ngencengin tanpa TW.

Apakah berarti selama ini baut roda saya under torque?

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11783
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 02]
tergantung. kl asumsinya si montir betul set TW nya di 105-110 Nm berarti memang selama ini om undertorque. lah kl dia set nya di 160 Nm itu namanya dia minta dikencengin mur di kepalanya pakai TW.adityabp wrote: Fri Aug 21, 2020 13:22 Blm lama saya service kaki+kuras minyak rem di bengkel spesialis. Pas ban dah selesai dipasang, saya lihat montir ngencengin baut roda pake TW. Wah mantab nih, sesuai spek. Begitu pikir saya.
Nah, tadi saya iseng mo ngecek kolong depan. Pas mo kendorin baut roda pake kunci yg biasa saya pake, eh... kok keras banget yak? Lebih keras daripada kalo saya yg ngencengin tanpa TW.![]()
Apakah berarti selama ini baut roda saya under torque?
![]()
sy punya mainan baru si koneng (electric impact gun) sdh kreekk kreekk eh pas di torque pakai TW msh muter mur roda nya kira2 20°
honda jazz set TW sesuai manual 108 Nm
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11868
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Koleksi hand tools [Part 02]
adityabp wrote: Fri Aug 21, 2020 13:22 Blm lama saya service kaki+kuras minyak rem di bengkel spesialis. Pas ban dah selesai dipasang, saya lihat montir ngencengin baut roda pake TW. Wah mantab nih, sesuai spek. Begitu pikir saya.
Nah, tadi saya iseng mo ngecek kolong depan. Pas mo kendorin baut roda pake kunci yg biasa saya pake, eh... kok keras banget yak? Lebih keras daripada kalo saya yg ngencengin tanpa TW.![]()
Apakah berarti selama ini baut roda saya under torque?
![]()
nah, sudah saatnya beli torq wrench dan breaker bar plus extension yang panjang 3" saja beserta mata socket 6pt yang sesuai dengan mur roda (19mm? 21mm?).
jangan lupa liat di manual book, berapa n.m / ft.lbs torsi untuk mengencangkan mur roda.
taruh torq wrench dan breaker bar di mobil, kapanpun butuh, tidak bingung.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4040
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Koleksi hand tools [Part 02]
Ane rasa torsi mur roda 103-110 Nm masih nyaman bukanya..harusnya nggk keras banget apalagi smpe ngeden2..wkwkadityabp wrote: Fri Aug 21, 2020 13:22 Blm lama saya service kaki+kuras minyak rem di bengkel spesialis. Pas ban dah selesai dipasang, saya lihat montir ngencengin baut roda pake TW. Wah mantab nih, sesuai spek. Begitu pikir saya.
Nah, tadi saya iseng mo ngecek kolong depan. Pas mo kendorin baut roda pake kunci yg biasa saya pake, eh... kok keras banget yak? Lebih keras daripada kalo saya yg ngencengin tanpa TW.![]()
Apakah berarti selama ini baut roda saya under torque?
![]()
Pake TW balik lagi the man behind the gun

Klo dia setnya diatas rekomendasi ya sm aja over torque jadinya

Pdhl fungsi dari TW kan sbg alat ukur jg spy sesuai

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4632
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Koleksi hand tools [Part 02]
sepi pagi pagi.
Ada link video untuk DIY driveshaft mobilio?
Mau coba DIY.
Atau ada foto baut mana yang perlu dikendorin dan bagaimana cara lepasin agar bisa beri grease maksimum.
Ataukah hanya tarik boot karet dan lumasin.
Ingin dapat pencerahan dari para ahlinya disini
Ada link video untuk DIY driveshaft mobilio?
Mau coba DIY.
Atau ada foto baut mana yang perlu dikendorin dan bagaimana cara lepasin agar bisa beri grease maksimum.
Ataukah hanya tarik boot karet dan lumasin.
Ingin dapat pencerahan dari para ahlinya disini
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Sat Oct 29, 2016 22:50
Re: Koleksi hand tools [Part 02]
Ikut sharing hand tools ................merek kampung....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11783
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 02]
ini om tontonan dr ahlinya. bongpas dlm 4 menit. good luck om, jgn lupa nanti posting2 foto prosesnya om.Profith83 wrote: Sat Aug 22, 2020 2:04 sepi pagi pagi.
Ada link video untuk DIY driveshaft mobilio?
Mau coba DIY.
Atau ada foto baut mana yang perlu dikendorin dan bagaimana cara lepasin agar bisa beri grease maksimum.
Ataukah hanya tarik boot karet dan lumasin.
Ingin dapat pencerahan dari para ahlinya disini
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11783
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 02]
welcome to the club ...
wuih ada collector Wurth ... bagus ya msh mengkilat dan komplit.
and ini baru safety first, pakai safety boots. btw punya bengkel cat om?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11868
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Koleksi hand tools [Part 02]
Omnibus wrote: Sat Aug 22, 2020 2:46ini om tontonan dr ahlinya. bongpas dlm 4 menit. good luck om, jgn lupa nanti posting2 foto prosesnya om.Profith83 wrote: Sat Aug 22, 2020 2:04 sepi pagi pagi.
Ada link video untuk DIY driveshaft mobilio?
Mau coba DIY.
Atau ada foto baut mana yang perlu dikendorin dan bagaimana cara lepasin agar bisa beri grease maksimum.
Ataukah hanya tarik boot karet dan lumasin.
Ingin dapat pencerahan dari para ahlinya disini
di youtube, segalanya tampak indah.
giliran benerannya, hehehehe...... coba aja sendiri.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11783
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 02]
hehehehehemarmut wrote: Sat Aug 22, 2020 3:15
di youtube, segalanya tampak indah.
giliran benerannya, hehehehe...... coba aja sendiri.


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4632
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Koleksi hand tools [Part 02]
Waduh ... maap2x salah tanya. Yang ingin saya tanyakan steering rack om. Sepertinya steering rack lebih mudah. Gak berani bongkar CV joint.Omnibus wrote: Sat Aug 22, 2020 2:46ini om tontonan dr ahlinya. bongpas dlm 4 menit. good luck om, jgn lupa nanti posting2 foto prosesnya om.Profith83 wrote: Sat Aug 22, 2020 2:04 sepi pagi pagi.
Ada link video untuk DIY driveshaft mobilio?
Mau coba DIY.
Atau ada foto baut mana yang perlu dikendorin dan bagaimana cara lepasin agar bisa beri grease maksimum.
Ataukah hanya tarik boot karet dan lumasin.
Ingin dapat pencerahan dari para ahlinya disini
Kalau steering rack, ada video atau bagian mana yang perlu dikendorin, diketok, ditarik hehehhee.
Mau coba DIY steering rack sambil nglong lihat mobil yg sdh 5 thn dan 80rb KM.
Saya akhirnya ikutin saran om. Pakai Amsoil. Semoga awet.
Barangnya masih OTW. Nah kalau ada tutorial atau video. @DOHC @Marmut @Omnibus
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11783
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 02]
lho lho lho kok mundur. namanya mau belajar ya maju terus om ... heheheheProfith83 wrote: Sat Aug 22, 2020 4:00
Waduh ... maap2x salah tanya. Yang ingin saya tanyakan steering rack om. Sepertinya steering rack lebih mudah. Gak berani bongkar CV joint.
Kalau steering rack, ada video atau bagian mana yang perlu dikendorin, diketok, ditarik hehehhee.
Mau coba DIY steering rack sambil nglong lihat mobil yg sdh 5 thn dan 80rb KM.
Saya akhirnya ikutin saran om. Pakai Amsoil. Semoga awet.
Barangnya masih OTW. Nah kalau ada tutorial atau video. @DOHC @Marmut @Omnibus
ok kl maksudnya ksh grease steering rack bisa tonton video ini. mulai dari menit ke 3:45 saja. tapi kl rubber boot nya sobek, inner & outer tierod koclak dan perlu diganti maka tonton dr awal.
yg perlu dikasih grease lokasi yg sy tandain merah.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4632
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Koleksi hand tools [Part 02]
Harusnya kalau ngolong tidak perlu dilepas tie road dan long tie road, hanya karet boot nya saja yang dilepas. Bisa begitu yah?Profith83 wrote: Sat Aug 22, 2020 4:00Waduh ... maap2x salah tanya. Yang ingin saya tanyakan steering rack om. Sepertinya steering rack lebih mudah. Gak berani bongkar CV joint.Omnibus wrote: Sat Aug 22, 2020 2:46ini om tontonan dr ahlinya. bongpas dlm 4 menit. good luck om, jgn lupa nanti posting2 foto prosesnya om.Profith83 wrote: Sat Aug 22, 2020 2:04 sepi pagi pagi.
Ada link video untuk DIY driveshaft mobilio?
Mau coba DIY.
Atau ada foto baut mana yang perlu dikendorin dan bagaimana cara lepasin agar bisa beri grease maksimum.
Ataukah hanya tarik boot karet dan lumasin.
Ingin dapat pencerahan dari para ahlinya disini
Kalau steering rack, ada video atau bagian mana yang perlu dikendorin, diketok, ditarik hehehhee.
Mau coba DIY steering rack sambil nglong lihat mobil yg sdh 5 thn dan 80rb KM.
Saya akhirnya ikutin saran om. Pakai Amsoil. Semoga awet.
Barangnya masih OTW. Nah kalau ada tutorial atau video. @DOHC @Marmut @Omnibus
Supaya juga tidak berubah spooring nya.
Kerjanya ngolong dari bawah pakai jack stand.
Setelah karet boot digeser, ban harusnya dibelokkan agar batang drive shaft nya muncul yah om? supaya bisa kasih grease di batang drive shaftnya juga?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11783
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 02]
bisa begitu betul.Profith83 wrote: Sat Aug 22, 2020 5:05
Harusnya kalau ngolong tidak perlu dilepas tie road dan long tie road, hanya karet boot nya saja yang dilepas. Bisa begitu yah?
Supaya juga tidak berubah spooring nya.
Kerjanya ngolong dari bawah pakai jack stand.
Setelah karet boot digeser, ban harusnya dibelokkan agar batang drive shaft nya muncul yah om? supaya bisa kasih grease di batang drive shaftnya juga?
ban dibelokkan agar batang steering rack muncul, bukan batang drive shaft.
steering system ga ada hubungannya dgn drive shaft. beda as.
* drive shaft = CV axle.
* CV joint adanya di CV axle (as).
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11868
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Koleksi hand tools [Part 02]
Profith83 wrote: Sat Aug 22, 2020 5:05
Harusnya kalau ngolong tidak perlu dilepas tie road dan long tie road, hanya karet boot nya saja yang dilepas. Bisa begitu yah?
Supaya juga tidak berubah spooring nya.
Kerjanya ngolong dari bawah pakai jack stand.
Setelah karet boot digeser, ban harusnya dibelokkan agar batang drive shaft nya muncul yah om? supaya bisa kasih grease di batang drive shaftnya juga?
rod. bukan road.
dan yang tepat adalah rack end, itu sebutan untuk barang yang menempel diantara steering rack dan tie rod. memang umumnya rack end itu panjang maka dari itu banyak yang sebut long tie rod. tapi ada juga rack end yang pendek.
saran saya, lepas ban supaya pengerjaan lebih mudah.
berikut simulasi steering rack saat kita duduk sebagai pengemudi :
lepas klem sisi luar dan sisi dalam
setelah itu tarik/geser rubber boot ke sisi luar mobil, dan akan seperti ini kira-kira penampakannya :
putar setir ke kiri sampai mentok, dan akan terlihat steering rack yang melegenda itu :
tambahkan grease secukupnya dan pasang lagi rubber boot saat sudah selesai.
untuk sisi kiri, sama dengan sisi kanan pengerjaannya.
*steering rack property of @josomba.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Koleksi hand tools [Part 02]
Copotin steering rack ama as roda mobil FWD mah ga susah2 amat koq, yg penting jgn pelit penetrant, ama pake palu karet atau plastik (kl ad yg minat, nanti saya kasi tau mana yg bagus) pas gebuk as nya... resiko plg jari kena beler atau kegebuk palu karet..
Kl ud niat, eksekusi aj, jgn takut oprek mobil.. kl rusak tinggal telpon montir suru beresin..
Lebi serem minjem duit ama pinjol drpd betulin mobil DIY
Lebi stengah mampus copotin as kopel, ud berat, ogel2, blom lg kl kegetok tuh batang as kopel... kebon binatang ternista pun bakal dgn lantang berkumandang
Kl ud niat, eksekusi aj, jgn takut oprek mobil.. kl rusak tinggal telpon montir suru beresin..
Lebi serem minjem duit ama pinjol drpd betulin mobil DIY
Lebi stengah mampus copotin as kopel, ud berat, ogel2, blom lg kl kegetok tuh batang as kopel... kebon binatang ternista pun bakal dgn lantang berkumandang
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4040
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Koleksi hand tools [Part 02]
Hmmm as rack steer kadang ada yg nyebut as papan penggilasan...


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 340
- Joined: Tue Oct 13, 2015 22:18
Re: Koleksi hand tools [Part 02]
Sama nih prinsipnya.... Yang penting bongkar dulu, urusan ga bisa pasang tinggal call bengkel....[emoji3][emoji3]DOHC wrote:Copotin steering rack ama as roda mobil FWD mah ga susah2 amat koq, yg penting jgn pelit penetrant, ama pake palu karet atau plastik (kl ad yg minat, nanti saya kasi tau mana yg bagus) pas gebuk as nya... resiko plg jari kena beler atau kegebuk palu karet..
Kl ud niat, eksekusi aj, jgn takut oprek mobil.. kl rusak tinggal telpon montir suru beresin..
Lebi serem minjem duit ama pinjol drpd betulin mobil DIY
Lebi stengah mampus copotin as kopel, ud berat, ogel2, blom lg kl kegetok tuh batang as kopel... kebon binatang ternista pun bakal dgn lantang berkumandang
Tapi kalau saya biasanya cari service manual dulu baru bongkar. Mengurangi resiko call bengkel.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4040
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Koleksi hand tools [Part 02]
Om... Itu tw wurth made in mana ya om tulisannya?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4632
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Koleksi hand tools [Part 02]
Ya om salah sebut lagi saya ... wakaka parah nih saya ....Omnibus wrote: Sat Aug 22, 2020 5:58bisa begitu betul.Profith83 wrote: Sat Aug 22, 2020 5:05
Harusnya kalau ngolong tidak perlu dilepas tie road dan long tie road, hanya karet boot nya saja yang dilepas. Bisa begitu yah?
Supaya juga tidak berubah spooring nya.
Kerjanya ngolong dari bawah pakai jack stand.
Setelah karet boot digeser, ban harusnya dibelokkan agar batang drive shaft nya muncul yah om? supaya bisa kasih grease di batang drive shaftnya juga?
ban dibelokkan agar batang steering rack muncul, bukan batang drive shaft.
steering system ga ada hubungannya dgn drive shaft. beda as.
* drive shaft = CV axle.
* CV joint adanya di CV axle (as).
Drive shaft dan steering rack adalah 2 hal terpisah
Steering rack untuk roda belok kiri dan kanan.
Kalau Drive shaft untuk penggerak roda depan.
Batang steering rack betul om.
om @marmut mantap banget om foto foto nya sangat menarik.
Rencana lepas roda nanti, dan sesuai petunjuk om slide boot ke arah luar kemudian dikasih gemuk.
Kalau ban dilepas pengerjaan tetap perlu ngolong sptnya yah. Lepas roda untuk memudahkan lepas klem yah.
Terima kasih om @Omnibus @Marmut @DOHC.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11783
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 02]
core of the core DIYer ... totalitas banget. no one left behind. semua harus mengerti. ga ada lagi yg kaya begini kecuali di SM. belajar gratis sampai lantai pun jadi papan tulis. corat coret ubin no problemo ....marmut wrote: Sat Aug 22, 2020 6:31
rod. bukan road.
dan yang tepat adalah rack end, itu sebutan untuk barang yang menempel diantara steering rack dan tie rod. memang umumnya rack end itu panjang maka dari itu banyak yang sebut long tie rod. tapi ada juga rack end yang pendek.
saran saya, lepas ban supaya pengerjaan lebih mudah.
berikut simulasi steering rack saat kita duduk sebagai pengemudi :
20200822_131336.jpg
lepas klem sisi luar dan sisi dalam
20200822_131426.jpg
20200822_131435.jpg
setelah itu tarik/geser rubber boot ke sisi luar mobil, dan akan seperti ini kira-kira penampakannya :
20200822_131513.jpg
putar setir ke kiri sampai mentok, dan akan terlihat steering rack yang melegenda itu :
20200822_131557.jpg
tambahkan grease secukupnya dan pasang lagi rubber boot saat sudah selesai.
untuk sisi kiri, sama dengan sisi kanan pengerjaannya.
*steering rack property of @josomba.



btw vet cobra spt rasa kacang. skippy.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11783
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 02]
baguuussss ....Profith83 wrote: Sat Aug 22, 2020 8:21
Ya om salah sebut lagi saya ... wakaka parah nih saya ....
Drive shaft dan steering rack adalah 2 hal terpisah
Steering rack untuk roda belok kiri dan kanan.
Kalau Drive shaft untuk penggerak roda depan.
Batang steering rack betul om.
om @marmut mantap banget om foto foto nya sangat menarik.
Rencana lepas roda nanti, dan sesuai petunjuk om slide boot ke arah luar kemudian dikasih gemuk.
Kalau ban dilepas pengerjaan tetap perlu ngolong sptnya yah. Lepas roda untuk memudahkan lepas klem yah.
Terima kasih om @Omnibus @Marmut @DOHC.
wkwkwkwk
ga perlu ngolong sih om. duduk aja di pinggir luar disc brake, kaki selonjor ke kolong mobil, kepala masuk ke rumah roda, tangan gerayangan nyariin lubang klem yg dalem agak sulit dijangkau dan agak2 remang2. kl ga punya drift punch bisa pakai obeng minus yg gagangnya panjang utk memudahkan.
important note: kaki beneran dikolong mobil tepatnya dibawah disc brake, utk menghindari hal2 yang SANGAT TIDAK DIINGINKAN maka WAJIB pakai jack stand yg dipasang dgn betul.