epevert wrote: ↑Tue Aug 18, 2020 11:04
Prinsipnya sih om semua pengendara wajib mengutamana keselamatan bahkan bila memang lawan kecelakaan kita lawan arus n dll...karena nanti polisi akan tanya ke kita...mengapa tidak menghindar n dll...kalo kita bilang tidak ssmpet ngerem atau menghindar kita BISA dianggap lalai.....
Hal diatas pengalaman barengan teman nabrakin mobil yg lawan arus....
kalo di luar berlaku istilah defensive driving, di indonesia mahh ultra-defensive driving... apalagi dengan best selling cars di indonesia yang standar keamanan rollover testnya entah hasilnya gimana...
bgitulah melelahkannya lalin di indonesia... semua orang boleh nyetir, even an 9 y.o. yang kakinya blom bisa nginjek tanah walau naik skutik... dan tidak ada perlindungan hukum yang jelas, smua berdasarkan hukum keroyokan dan belas kasihan...
patuh speed limit, di jalur lambat, tiba-tiba ada motor nyelonong nabrak fender mobil dan jatoh tepat di depan mobil terus palanya si bocah underage ga pake helm ga punya sim dengan motor yang tidak sesuai standar (tidak ada spion, lampunya gak nyala, ban cacing, knalpot brisik) kegiles bilangnya pengendara mobil lalai... aplg kejadian kalo subuh2 langsung diasumsikan under influence.
udah ganti rugi, mobil bonyok, abis tenaga dan waktu dites urin dan interogasi...
classicrock wrote: ↑Tue Aug 18, 2020 11:23
Sebetulnya hukumnya udah ada dan cukup jelas. Cuma aplikasi di lapangan kan beda cerita, apalagi kalo udah bawa bawa tekanan publik plus jurus orang susah.
Tapi ya sama aja, kalo yang salah dari keluarga yang berpengaruh, kasusnya juga akan lenyap.
Satu contoh lagi, temen saya pulang offroad di daerah Bogor, adu banteng sama sepeda motor yang nyalip keluar jalur. Si ABG pengendara motor sampe masuk ICU cukup lama. Saat kecelakaan tidak pakai helm, tidak punya SIM.
Kalo udah begini, tidak punya SIM dan tidak pakai helm ngga akan terlalu dilihat juga sama polisi, menurut mereka itu pelanggaran dan bukan penyebab kecelakaan.
Setelah investigasi memang terbukti si ABG salah. Tapi berakhir dengan kearifan lokal dan lagi lagi yang rugi ya teman saya itu.
Dengan kondisi begini, urusan hukum udah pasti bakal bikin lelah, habis tenaga, habis waktu, habis sumber daya.
jd dua ekstrim berbeda om, yang satu main tekanan publik, yang satu bisa bayar lawyer dan bikin media shut up ga beritain...
ngomong2 orang kaya, ane risih setiap kejadian kecelakaan supercar pasti di framing bahwa si supercar ngebut ngebutan lalu nerabas orang ilang kendali... bawa mobil mentereng d indonesia mahh siap siap aj dihakimi netijen kalo kecelakaan...
dl padahal waktu awal-awal nyetir mobil tanpa sim msh umur 16... ane slalu diwanti wanti buat hati-hati, krn apapun yang terjadi tetep ane yg salah, ane tidak seharusnya ada di jalan raya mengemudi mobil tanpa mengantongi sim.
tp ngeliat kejadian-kejadian kayak gini dimana hukum kalah dengan so called "kearifan lokal"... jadi miris.
di satu sisi ngga tega kadang minta ganti rugi, apalagi klo keluarga korban minta maaf ngaku salah... sampe d sini nurani ane masih ok lah maafin orang. bbrp kejadian bgini yang ane ikhlasin krn si "korban" dengan sadar bilang minta maaf... di sisi lain kesel juga gini amat kita di jalanan ngga ada jaring pengaman hukumnya... bisa sewaktu-waktu nanggung kesalahan orang lain.