isuzu panther grand touring 2019 vs all new toyota rush

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: isuzu panther grand touring 2019 vs all new toyota rush

Post by Or4cle »

erwinign wrote: Sun Aug 09, 2020 6:15
Or4cle wrote: Sat Aug 08, 2020 22:11
erwinign wrote: Sat Aug 08, 2020 16:06

Kl diajak rusak2an ato bandel2an rush pasti sih om, itu kan avanza dikasi ban 17"-ditinggiin-desain dibagusin dikit sbnrnya. Walaupun naikannya saya masih lebih seneng avanza. Irit enggak, nyaman enggak, modis enggak, boyo iya. Saya belum pernah coba bawa yg baru, cuma dulu bbrp kali naik yg model lama itu kaya gimana gitu rasanya. Walaupun yg model lama itu dashboard sama doortrimnya punya build quality bagus, tp joknya dikasi avanza gen 1 punya (sami mawon feel dudukannya). Pernah dpt grabcar terios baru itu malah aneh lagi, kursinya pendek banget jd pundak saya (semua orang yg pernah naik ngeh pasti) ngga kesangga blas. Tp balik ke om lagi sih, krn cocokan juga. Rush cocok kalo om butuh mobil yg dipake gradakan, RWD, logo T, rawatan gampang, punya 6 airbag-VSA doang.
TS tanya nanya bedanya Rush & Xpander
Nahhh ini om Erwinign dah jelasin lengkap ...

Kalau fokus utamanya kenyamanan, mobil kolaborasi " upin & ipin " untuk MPV dan SUV jgn dilirik deh.
Oh iya beneer om, lupa nambahin kl xpander itu buat cari comfort sama pakeknya alusan. Xpander plusnya juga ground clearance tinggi, walaupun kl diliat2 lg at least ground clearance se ertiga baru udah cukup. Xpander dibanding rush, kursi sama posisi duduk xpander jauh lebih nyaman dan prestigenya dapet banget. Kelas2 mobil ini juga jangan harap performance, yg penting tau aja karakter power mesinnya dimana, jadi bisa dpt selahnya kl pas mau nyalip/ancang2 di jalan sama treatment oli yang bagusan biar kerja mesin bisa se-efisien mungkin.

Soal kaki2 yg om octa bilang, nggak usah parno2 banget krn bukan dipakek bentar langsung ambrol semua. Yg penting begitu mulai gluduk2 siasatin dibawa ke bengkel kaki2 langganan aja buat distel lagi, itu yg biasa sy lakuin di ertiga-yaris-crv saya selama ini. Lebih ke treatment perawatannya aja kl saya bilang, misal RWD kaki2 kuat tp ada tambahan treatment maintenance di ganti oli gardan sedangkan FWD treatmentnya di kaki2 itu krn penggeraknya (FWD) juga rombongan ngumpul di sekitar depan itu (misal driveshaft buat penyalur tenaga ke roda)
Aku lebih memilih keluarin biaya service kaki-kaki yang gak seberapa daripada bawain mobil gerobak, limbung,
goyang dombret gak jelas.

Mobil dibeli buat dipakain & dinikmatin, masak mau "disiksa" oleh mobil hanya karena irit biaya perawatan yg gak seberapa ? Mobil-mobilJepang gak bakalan jebol kantong lah buat spareparts dan servicenya
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: isuzu panther grand touring 2019 vs all new toyota rush

Post by maastricht889 »

Or4cle wrote: Sun Aug 09, 2020 7:19
erwinign wrote: Sun Aug 09, 2020 6:15
Or4cle wrote: Sat Aug 08, 2020 22:11

TS tanya nanya bedanya Rush & Xpander
Nahhh ini om Erwinign dah jelasin lengkap ...

Kalau fokus utamanya kenyamanan, mobil kolaborasi " upin & ipin " untuk MPV dan SUV jgn dilirik deh.
Oh iya beneer om, lupa nambahin kl xpander itu buat cari comfort sama pakeknya alusan. Xpander plusnya juga ground clearance tinggi, walaupun kl diliat2 lg at least ground clearance se ertiga baru udah cukup. Xpander dibanding rush, kursi sama posisi duduk xpander jauh lebih nyaman dan prestigenya dapet banget. Kelas2 mobil ini juga jangan harap performance, yg penting tau aja karakter power mesinnya dimana, jadi bisa dpt selahnya kl pas mau nyalip/ancang2 di jalan sama treatment oli yang bagusan biar kerja mesin bisa se-efisien mungkin.

Soal kaki2 yg om octa bilang, nggak usah parno2 banget krn bukan dipakek bentar langsung ambrol semua. Yg penting begitu mulai gluduk2 siasatin dibawa ke bengkel kaki2 langganan aja buat distel lagi, itu yg biasa sy lakuin di ertiga-yaris-crv saya selama ini. Lebih ke treatment perawatannya aja kl saya bilang, misal RWD kaki2 kuat tp ada tambahan treatment maintenance di ganti oli gardan sedangkan FWD treatmentnya di kaki2 itu krn penggeraknya (FWD) juga rombongan ngumpul di sekitar depan itu (misal driveshaft buat penyalur tenaga ke roda)
Aku lebih memilih keluarin biaya service kaki-kaki yang gak seberapa daripada bawain mobil gerobak, limbung,
goyang dombret gak jelas.

Mobil dibeli buat dipakain & dinikmatin, masak mau "disiksa" oleh mobil hanya karena irit biaya perawatan yg gak seberapa ? Mobil-mobilJepang gak bakalan jebol kantong lah buat spareparts dan servicenya
Iya bener om, ini poin yg saya maksud dr om bilang. Sy prefer cr yang nyaman asal sejauh tau treatment buat maintain "nyaman"nya gimana. Makanya, saya ngga cocok sama mobil rushter begituan. Durable iya, tapi ngga bs dinikmatin selama pake. Selain itu, saya prefer xpander drpd rush itung2 jadi lebih ngerawat barang. Justru sy pusing kl pake avanza/rush di sisi perawatan, ngga rusak2 sampe lupa/ga tau yg kudu diperbaikin apa :big_biglaugh:
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: Tue May 26, 2009 13:52

Re: isuzu panther grand touring 2019 vs all new toyota rush

Post by Kent »

Pilih Toyota Rush, Panther irit tapi ya begitu lah.
Panther udah mobil zaman batu, klo gk di pakai sambil dagang bawa banyak (karena lbh gede mobilnya), dan pakai supir ya pilih panther saja.
Klo butuh kenyamanan, jarang banyak org better beli toyota rush. (overal saya lbh preferAvanza dibanding Rush, menurut saya mobil kosong ketinggian ngeri di toll goyang2).
avanza sudah cukup tinggi sih kolong nya, itu jg di toll udah ngeri2 klo lari 100 goyang.
(panther gk usah pusing lari tinggi, lbh stable krn berat. tp mesin panther gk akan bs lari lebih dari 100, klo bs pun udah nyari mati dgn teknologi rem nya)

sparepart pasti mahal Rush, tapi harusnya msh afforadble (tdk sampe beda jauh langit dan bumi).
kemudian untuk bensin vs solar (pertalite vs biosolar), masih mirip2 lah.
jgn bandingin Pertamax VS Biosolar, gk apple to apple.
tp panther isi dex jg buang2 duit.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: isuzu panther grand touring 2019 vs all new toyota rush

Post by evanbngdor »

DOHC wrote: Sun Aug 09, 2020 6:41 Satu lg

Panther itu kl lg mau nyolot d lamer, bisa banget

D blayer2 gas nya, body ntar melintir2 , seolah2 kaya muscle car
Innova D4D manual aja bisa kok, apalagi panther. Kalo lg mepet2 di kemacetan juga tinggal geber2 aja pasti driver sebelah mentalnya keok
:mky_03:
levofloxacine wrote: Sun Aug 09, 2020 6:49
Jadi penasaran apakah panther ini punya engine mounting apa kagak ya? Pake gak pake ya tetap tremor...
Ada, cuma memang getarannya besar terutama waktu idle, kalo ngga idle ya biasa2 aja sih
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
biznatch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Sun Jan 08, 2017 4:00

Re: isuzu panther grand touring 2019 vs all new toyota rush

Post by biznatch »

300jt beli panther? Jangan deh om.

Rush vs xpander (saya pemilik xpander sport dan pengguna terios):
1. Tahan banting : Ground clearence buat nerjang banjir rush sedikit lebih tinggi
2. Harga mepet2 tergantung diskon
3. irit bensin : xpander lebih irit dikit
4. Aman & memudahkan : rush punya airbag lebih, xpander punya cruise control
5. Suku cadang & service : xpander gratis 4 tahun / 50rb km. Rush gak tau.

Idle up : saya matic dan rpm sering naik turun kalo mundur. Gak jadi masalah, toh mesinnya gak mati.
Fwd ? Emang rute nya bakal seterjal apa sih om?
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: isuzu panther grand touring 2019 vs all new toyota rush

Post by Rakean »

kalau ane...

jujur antara rush vs panther, jelas vote panther :big_love:

walaupun dibilang overprice, lemot, teknologi jadul, minim fitur, dll, tapi secara operasional ini mobil enak kok, apalagi buat yg pertama bawa mobil.

AC sejuk
kabin lega
suspensi empuk
mesin robust
sparepart murah meriah muntah
driving visibility yang enak, apalagi bua yang baru belajar

dan driving experience yang menurut ane bikin susah move on...

ane aja yg skrg pake NP300, pengen punya panther lagi :big_grin:
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: isuzu panther grand touring 2019 vs all new toyota rush

Post by ricz »

Beli mobil baru aja om.

Panther (ini IMHO ya) engga worth banget kalo utk jaman sekarang sih. Ya emang definisi worth it bagi setiap orang itu relatif, tapi buat beli mobil yg dari gw lahir smpe skrg udah mau wisuda kuliah ga berubah byk tuh rasanya ngga bgt ya....

Lagian setau gw Xpander ada free servis + jasa perbaikan (cmiiw, entah masi ada ato kaga) en Rush ada free jasa 4 taun, jd seharusnya masih cukup terjangkau asal ga ngechecklist smua item2 yg ditawarin Beres yak.... so utk jangka dibawah 5 taun seharusnya masih worry free deh.

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1646
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: isuzu panther grand touring 2019 vs all new toyota rush

Post by pengendiesel »

Kent wrote: Sun Aug 09, 2020 8:30 Pilih Toyota Rush, Panther irit tapi ya begitu lah.
Panther udah mobil zaman batu, klo gk di pakai sambil dagang bawa banyak (karena lbh gede mobilnya), dan pakai supir ya pilih panther saja.
Klo butuh kenyamanan, jarang banyak org better beli toyota rush. (overal saya lbh preferAvanza dibanding Rush, menurut saya mobil kosong ketinggian ngeri di toll goyang2).
avanza sudah cukup tinggi sih kolong nya, itu jg di toll udah ngeri2 klo lari 100 goyang.
(panther gk usah pusing lari tinggi, lbh stable krn berat. tp mesin panther gk akan bs lari lebih dari 100, klo bs pun udah nyari mati dgn teknologi rem nya)

sparepart pasti mahal Rush, tapi harusnya msh afforadble (tdk sampe beda jauh langit dan bumi).
kemudian untuk bensin vs solar (pertalite vs biosolar), masih mirip2 lah.
jgn bandingin Pertamax VS Biosolar, gk apple to apple.
tp panther isi dex jg buang2 duit.
Jadinya bisa atau gak lari di atas 100?
Udah pernah cobain om?
Karena ane coba yang panther 2.3 mentok 140km/h, panther kapsul turbo dapet 160km/h. Not badlah, mengingat innova d4d manual aja susah dapet 150
User avatar
dream_theater
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
Location: Semarang
Daily Vehicle: Xpander exceed AT

Re: isuzu panther grand touring 2019 vs all new toyota rush

Post by dream_theater »

benzz89 wrote: Sat Aug 08, 2020 13:51 Kalau ambil duo badak diesel buat yang bawa cewe harap di wanti2 aja om... ini bener2 kejadian ama temen ane. Beli fortuner diesel 2KD dari baru, bininya pake & pas ke pom bensin itu mesin diesel di isi pertamax [emoji1787]

Mogoklah itu mobil, lapor ama lakinya, kenapa ini mobil habis isi bensin langsung mogok, bingung lakinya & cukup lama di analisa dimana letak masalahnya, pas di cek2 kok bau bensin yah mesinnya, bukannya bau solar. Pas ditanya bininya lupa katanya bahwa itu mobil diesel, dia pikir fortuner yang bensin, makanya di isi pertamax [emoji16]

Ajaibnya itu mesin 2KD masih hidup loh pas di kuras bensinya, bebersih saluran bahan bakar dll nya, Injektor juga kaga rusak, cuman mesinnya jadi kasar aja sejak itu, kalau dari jauh sudah kedengeran itu mobilnya mau lewat, ane dengarnya juga bingung, pas ane nanya baru diceritain. Lakinya cuman bisa bersyukur aja kaga ganti apa2 itu mesin & injektornya sampai itu mobil dijual. Edan emang itu mesin 2KD & injektornya hahaha

Di tutup tangki bahan bakarnya padahal sudah ada keterangan kan bahwa itu diesel, tapi yah namanya cewe mana mau perhatiin sih... yang tukang jaga pom bensinya nya juga gak peduli, ditanya mau isi apa yah tinggal masukin aja itu selang ke tangkinya selesai perkara.
Wah, mirip2 cerita mobil mantan boss ane dulu...
Tapi yg ini fortuner bensin gen 1 ama petugas SPBU dikira fortuner solar...
Langsung gambek lah tuh fortienya....
Panggil montir, tangki dikuras, isi pertamax, idup lagi...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: isuzu panther grand touring 2019 vs all new toyota rush

Post by ChZ »

dream_theater wrote: Mon Aug 10, 2020 3:24
Wah, mirip2 cerita mobil mantan boss ane dulu...
Tapi yg ini fortuner bensin gen 1 ama petugas SPBU dikira fortuner solar...
Langsung gambek lah tuh fortienya....
Panggil montir, tangki dikuras, isi pertamax, idup lagi...
emang bener bener simpel yah toyota benerinnya cuma modal gt aja tanpa manggil towing ... :big_smoking:

gak kebayang itu range rover yang kena... dulu punya david beckham apa wayne rooney klo gak salah pernah kejadian solar diisi bensin...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1842
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: isuzu panther grand touring 2019 vs all new toyota rush

Post by MSU »

pengendiesel wrote: Mon Aug 10, 2020 3:10
Kent wrote: Sun Aug 09, 2020 8:30 Pilih Toyota Rush, Panther irit tapi ya begitu lah.
Panther udah mobil zaman batu, klo gk di pakai sambil dagang bawa banyak (karena lbh gede mobilnya), dan pakai supir ya pilih panther saja.
Klo butuh kenyamanan, jarang banyak org better beli toyota rush. (overal saya lbh preferAvanza dibanding Rush, menurut saya mobil kosong ketinggian ngeri di toll goyang2).
avanza sudah cukup tinggi sih kolong nya, itu jg di toll udah ngeri2 klo lari 100 goyang.
(panther gk usah pusing lari tinggi, lbh stable krn berat. tp mesin panther gk akan bs lari lebih dari 100, klo bs pun udah nyari mati dgn teknologi rem nya)

sparepart pasti mahal Rush, tapi harusnya msh afforadble (tdk sampe beda jauh langit dan bumi).
kemudian untuk bensin vs solar (pertalite vs biosolar), masih mirip2 lah.
jgn bandingin Pertamax VS Biosolar, gk apple to apple.
tp panther isi dex jg buang2 duit.
Jadinya bisa atau gak lari di atas 100?
Udah pernah cobain om?
Karena ane coba yang panther 2.3 mentok 140km/h, panther kapsul turbo dapet 160km/h. Not badlah, mengingat innova d4d manual aja susah dapet 150
wkwk...masak panther ga bisa > 100kph..
kecuali mobil ga kerawat yang dimaksud
EOR24
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Wed Jan 24, 2018 3:08

Re: isuzu panther grand touring 2019 vs all new toyota rush

Post by EOR24 »

kalo saya budget segitu ambil toyota innova reborn bekas aja. ambil yg bensin biar ga terlalu pusing maintenance apalagi ini mobil pertama.
bensin boros?relatif sih, kalo belum pernah pelihara mobil lain (apalagi lcgc) rasanya konsumsi bensin innova reborn bensin masih masuk akal.

kecuali siap dengan maintenance diesel yang sedikit lebih ribet (dan mahal) daripada bensin, yaa ambil yg diesel aja. solar irit dan torsi melimpah nya bikin nagih.hehe
Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 531
Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

Re: isuzu panther grand touring 2019 vs all new toyota rush

Post by Leonhart »

Kent wrote: Sun Aug 09, 2020 8:30 Pilih Toyota Rush, Panther irit tapi ya begitu lah.
Panther udah mobil zaman batu, klo gk di pakai sambil dagang bawa banyak (karena lbh gede mobilnya), dan pakai supir ya pilih panther saja.
Klo butuh kenyamanan, jarang banyak org better beli toyota rush. (overal saya lbh preferAvanza dibanding Rush, menurut saya mobil kosong ketinggian ngeri di toll goyang2).
avanza sudah cukup tinggi sih kolong nya, itu jg di toll udah ngeri2 klo lari 100 goyang.
(panther gk usah pusing lari tinggi, lbh stable krn berat. tp mesin panther gk akan bs lari lebih dari 100, klo bs pun udah nyari mati dgn teknologi rem nya)

sparepart pasti mahal Rush, tapi harusnya msh afforadble (tdk sampe beda jauh langit dan bumi).
kemudian untuk bensin vs solar (pertalite vs biosolar), masih mirip2 lah.
jgn bandingin Pertamax VS Biosolar, gk apple to apple.
tp panther isi dex jg buang2 duit.

Iya rem sama limbungnya panther gk tahan om

Sering ktmu di tol
Panther di pasang dastek

Ane sama temen naik crv turbo lari 140
Dikejer dari blkg

Trs tuh panther ngilang
Body nya geol2
Serem

Gk tau rem nya gmn nanti di depan sana
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: isuzu panther grand touring 2019 vs all new toyota rush

Post by DOHC »

EOR24 wrote: Mon Aug 10, 2020 5:01 kalo saya budget segitu ambil toyota innova reborn bekas aja. ambil yg bensin biar ga terlalu pusing maintenance apalagi ini mobil pertama.
bensin boros?relatif sih, kalo belum pernah pelihara mobil lain (apalagi lcgc) rasanya konsumsi bensin innova reborn bensin masih masuk akal.

kecuali siap dengan maintenance diesel yang sedikit lebih ribet (dan mahal) daripada bensin, yaa ambil yg diesel aja. solar irit dan torsi melimpah nya bikin nagih.hehe
Reborn bensin mendingan ambil matic

Yg manual malah bsa lebi boros

Saya perna rental reborn bensin manual cuman dapet 1 7an mepet 8 utk dalkot semarang sblom pandemi, sdgkan d ruma ad reborn bensin matic, dalkot jakarta sblom pandemi slalu dapet 1:8an

Yg matic cepet ganti gigi, maunya dbawah 2000 rpm mulu soalnya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: isuzu panther grand touring 2019 vs all new toyota rush

Post by maastricht889 »

MSU wrote: Mon Aug 10, 2020 4:45
pengendiesel wrote: Mon Aug 10, 2020 3:10
Kent wrote: Sun Aug 09, 2020 8:30 Pilih Toyota Rush, Panther irit tapi ya begitu lah.
Panther udah mobil zaman batu, klo gk di pakai sambil dagang bawa banyak (karena lbh gede mobilnya), dan pakai supir ya pilih panther saja.
Klo butuh kenyamanan, jarang banyak org better beli toyota rush. (overal saya lbh preferAvanza dibanding Rush, menurut saya mobil kosong ketinggian ngeri di toll goyang2).
avanza sudah cukup tinggi sih kolong nya, itu jg di toll udah ngeri2 klo lari 100 goyang.
(panther gk usah pusing lari tinggi, lbh stable krn berat. tp mesin panther gk akan bs lari lebih dari 100, klo bs pun udah nyari mati dgn teknologi rem nya)

sparepart pasti mahal Rush, tapi harusnya msh afforadble (tdk sampe beda jauh langit dan bumi).
kemudian untuk bensin vs solar (pertalite vs biosolar), masih mirip2 lah.
jgn bandingin Pertamax VS Biosolar, gk apple to apple.
tp panther isi dex jg buang2 duit.
Jadinya bisa atau gak lari di atas 100?
Udah pernah cobain om?
Karena ane coba yang panther 2.3 mentok 140km/h, panther kapsul turbo dapet 160km/h. Not badlah, mengingat innova d4d manual aja susah dapet 150
wkwk...masak panther ga bisa > 100kph..
kecuali mobil ga kerawat yang dimaksud
Dulu jaman saya punya higrade 99, touring 2004 pol2an 120 plg kenceng om di tol. Plg enak sih naik touring ke bali waktu itu, di sekitar paiton jalan 100-110 malem2 cruising nyaman
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: isuzu panther grand touring 2019 vs all new toyota rush

Post by maastricht889 »

EOR24 wrote: Mon Aug 10, 2020 5:01 kalo saya budget segitu ambil toyota innova reborn bekas aja. ambil yg bensin biar ga terlalu pusing maintenance apalagi ini mobil pertama.
bensin boros?relatif sih, kalo belum pernah pelihara mobil lain (apalagi lcgc) rasanya konsumsi bensin innova reborn bensin masih masuk akal.

kecuali siap dengan maintenance diesel yang sedikit lebih ribet (dan mahal) daripada bensin, yaa ambil yg diesel aja. solar irit dan torsi melimpah nya bikin nagih.hehe
Ini salah satu alesan sekarang kenapa ditanya innova saya prefer bensin matic om. Rawatannya simpel dan alus pake annya. Diesel 2GD either harus isi dex or harus isi solar++aditif macem2+filter ganti sering ditambah ganti oli yg segitu banyaknya pusing wkwkwk. Tp dipake emang powernya mantep, 2GD mesin bagus
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: isuzu panther grand touring 2019 vs all new toyota rush

Post by IGedeAmat »

soal pertimbangan FWD gak kuat nanjak mah coret aja,

dari pengguna mobil kutu fwd yang kuat nanjak,
.
.
.
.
eh tapi kalau tanjakan extrim rada ngeden dan cuma bisa nanjak pelan-pelan...
:mky_03:
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: isuzu panther grand touring 2019 vs all new toyota rush

Post by bangrosi »

Ambil kijang innova bensin tipe G mau matic or manual tergantung selera.
Kijang buatan toyota asli buat keluarga indonesia,kijang memang tiada duanya.
User avatar
sefkaz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Wed Feb 14, 2018 4:31
Location: Depok
Daily Vehicle: Mio

Re: isuzu panther grand touring 2019 vs all new toyota rush

Post by sefkaz »

buset dah Panther ..... mending sesuai opsi yang ada ya Rush baru
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: isuzu panther grand touring 2019 vs all new toyota rush

Post by IGedeAmat »

erwinign wrote: Mon Aug 10, 2020 5:42
Dulu jaman saya punya higrade 99, touring 2004 pol2an 120 plg kenceng om di tol. Plg enak sih naik touring ke bali waktu itu, di sekitar paiton jalan 100-110 malem2 cruising nyaman
Apakah masih cuma ampat puluh ampat ribu rupiah,
dari Jakarta sampai Bali Om... ??
:big_biglaugh:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4911
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: isuzu panther grand touring 2019 vs all new toyota rush

Post by Pboyz97 »

octa wrote: Fri Aug 07, 2020 19:26 permisi suhu2 semuanya. izin menanyakan pendapat dan masukan ya...

rencananya tahun ini keluarga (4 orang) mau beli mobil yang bakal jadi mobil pertama sekali, boros juga grabcar terus ke mana-mana dan kebetulan ada rezeki lebih... mobilnya kemungkinan dipake jalan bekasi-tangerang 1-3x sebulan dan mungkin ke bandung pas liburan. bisa jadi juga bakal dipake sehari2 di dalem kota karena masih waswas kalo naik transport umum.

kondisinya di dalam keluarga ndak ada yang paham mobil sama sekali. bener2 pengguna yang ndak neko2 dan banyak mau, kalo ada apa2 paling bawa langsung ke bengkel aja, karena ndak bisa ngusahainnya kalo sendiri.

kriteria mobil yg diinginkan:
1. tahan banting. kondisi rumah ketika des-jan sering banjir di depan rumah, paling dalemnya sih waktu itu sedengkul ibu2.
2. budget di 200jtan, maks 300jt.
3. irit bensin.
4. aman dan memudahkan. karena yang bakal nyetir perempuan yang ndak jago2 amat nyetirnya.
5. suku cadang dan servis murah.

awalnya pingin xpander karena suspensinya empuk dan nyaman, juga storage2nya banyak (ini ndak penting2 amat sih). tapi pernah baca kalo xpander sering bermasalah di idle-up atau apa gitu saya kurang paham. imej mitsubishi di benak saya juga tidak sebaik dan setahan banting toyota. kemudian fwd yang suka diributkan orang2 juga, jadi salah satu pertimbangan yang sepertinya rwd saja.

sebetulnya keluarga ditawari mobil seken rasa baru: isuzu panther grand touring 2019. panther terkenal akan tahan banjirnya karena ndak banyak kelistrikan dll. ngendarainya jelas ada peace of mind. selain itu bisa nelen solar busuk dan irit juga. tapi saya ndak sregnya itu karena fiturnya bener2 ketinggalan, soale kan model terakhirnya di tahun 2013 ya (cmiiw). belum ada airbag, vehicle stability control, abs, hsa, dan fitur2 lainnya yang bisa bikin lebih aman. wong sabuk pengaman buat baris dua dan tiga saja ndak ada. transmisinya juga manual, sebetulnya bisa2 aja pake manual. tapi karena di rute dalam kota seringnya, berasa pegel dan ribet aja, jadi prefer matic sebetulnya.

isuzu panther dapet harga di 300jt pas. apakah worth it menurut suhu2 sekalian? jujur kalo saya sendiri ngerasanya 300jt dengan fitur seperti itu rasanya kurang worth it, walau ya tahan banjir dan iritnya itu. ditambah lagi juga sudah discontinue di tahun ini atau tahun depan (cmiiw). mungkin ada pandangan lain? mungkin ada hal2 positif yg mendorong panther masih memiliki penggemar yang belum saya tahu.

bayangan saya sih kalo ndak ambil panther itu, pinginnya all new toyota rush. karena memenuhi kriteria 1, 2, 4, dan 5. kalo denger review orang2 sepertinya rush cukup irit namun tidak seirit panther. atau hitungannya irit yah rush itu? boleh suhu2 yang pengguna rush bisa cerita2 kenapa milih rush... dan kalo beli baru di dealer itu ada garansi dan gratis servis berapa tahun ya?

selain isuzu panther atau toyota rush, mungkin suhu2 juga boleh nyaranin mobil2 lainnya yang memenuhi kriteria ini.

mungkin sekian dulu, terima kasih banyak atas balasannya. semoga sehat2 selalu. :big_smile]
Masalah sama tahun tua gak? Kalo hal tersebut gak jadi masalah. Bisa pertimbangkan GNKI 2.5 V AT 2011-2013. Memenuhi semua kriteria, kecuali no 4, karena dimensinya agak gede aja dibanding xpander dan rush wkwkwk

Kalau panther budget 300jt, kok gak worth ya, secara modelnya sudah 20 tahun gak ganti model, begitupun fiturnya selama 20 tahun gak ada upgrade yg signifikan. Kalau saya ada di posisi om TS, saya pasti akan coret panther, apalagi ada budget 300 jt max. Kalau pilihan yg agak extrim, mungkin bisa dibelikan 2 mobil. Panther 2009 dan ertiga 2013. Sepertinya kalo ditotal masih masuk budget

Kalo soal xpander dan rush. Saya owner xpander 2017 dan cukup sering nyobain ANR TRD AT 2019 punya om saya

Kalo om pengen xpander, mah sikat aja om. Masalah idle up cuma ada dikeluran awal2 kaya punya saya aja kok, dan sifatnya random. Dan di model yg sekarang sepertinya sudah beres kok masalah idle upnya. Punya saya sempet bermasalah idle upnya pas 1 tahun pemakaian , dan untungnya sekarang udah solve. Mobil ini mobil yg cukup awet kok. Pake dari awal 2018 - sekarang masih oke2 aja, cuma pernah ganti kompresor AC sekali doang pas tahun ke 2. Dan yg perlu om ketahui. Xpander itu suspensinya gak begitu empuk dan gak bisa dibilang nyaman juga. Kalau dibanding avxen atau mobilio atau innova , serta all new rush iya, tapi bukan yang paling empuk dan paling nyaman di kelasnya. Masih ada ertiga yg lebih empuk dan lebih nyaman daripada xpander di kelas LMPV. Tapi kalo soal storage, xpander merupakan salah 1 yg terbanyak dikelasnya, dan termasuk enak dikemudikan dibanding rush atau panther. Minusnya cuma tarikan bawah 4 atnya yg bengek doang. Sisanya no complain lah

Kalo rush , memang memenuhi semua kriteria, kalau maunya RWD, irit juga lumayan, 1:11-12 lah dalkotnya . Nyetir biasa aja, dan gak seenak xpander, bantingan suspensi juga lumayan enak , jauh lebih enak daripada rush lama. Fitur safety juga unggul dari xpander, secara airbagnya udah 7 , sedangkan xpander cuma 2

Kalo mau RWD, realibility, dan sering lewat jalan jelek, rush bisa jadi pertimbangan. Tapi kalo pengen keasyikan mengemudi, handling, peforma, ambil xpander . Balik lagi ke kebutuhan dan kata hati aja om. Test drive keduanya saja biar tau rasanya, jadi bisa menentukan pilihan ke yg mana
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: isuzu panther grand touring 2019 vs all new toyota rush

Post by Or4cle »

Pboyz97 wrote: Mon Aug 10, 2020 12:29
octa wrote: Fri Aug 07, 2020 19:26 permisi suhu2 semuanya. izin menanyakan pendapat dan masukan ya...

rencananya tahun ini keluarga (4 orang) mau beli mobil yang bakal jadi mobil pertama sekali, boros juga grabcar terus ke mana-mana dan kebetulan ada rezeki lebih... mobilnya kemungkinan dipake jalan bekasi-tangerang 1-3x sebulan dan mungkin ke bandung pas liburan. bisa jadi juga bakal dipake sehari2 di dalem kota karena masih waswas kalo naik transport umum.

kondisinya di dalam keluarga ndak ada yang paham mobil sama sekali. bener2 pengguna yang ndak neko2 dan banyak mau, kalo ada apa2 paling bawa langsung ke bengkel aja, karena ndak bisa ngusahainnya kalo sendiri.

kriteria mobil yg diinginkan:
1. tahan banting. kondisi rumah ketika des-jan sering banjir di depan rumah, paling dalemnya sih waktu itu sedengkul ibu2.
2. budget di 200jtan, maks 300jt.
3. irit bensin.
4. aman dan memudahkan. karena yang bakal nyetir perempuan yang ndak jago2 amat nyetirnya.
5. suku cadang dan servis murah.

awalnya pingin xpander karena suspensinya empuk dan nyaman, juga storage2nya banyak (ini ndak penting2 amat sih). tapi pernah baca kalo xpander sering bermasalah di idle-up atau apa gitu saya kurang paham. imej mitsubishi di benak saya juga tidak sebaik dan setahan banting toyota. kemudian fwd yang suka diributkan orang2 juga, jadi salah satu pertimbangan yang sepertinya rwd saja.

sebetulnya keluarga ditawari mobil seken rasa baru: isuzu panther grand touring 2019. panther terkenal akan tahan banjirnya karena ndak banyak kelistrikan dll. ngendarainya jelas ada peace of mind. selain itu bisa nelen solar busuk dan irit juga. tapi saya ndak sregnya itu karena fiturnya bener2 ketinggalan, soale kan model terakhirnya di tahun 2013 ya (cmiiw). belum ada airbag, vehicle stability control, abs, hsa, dan fitur2 lainnya yang bisa bikin lebih aman. wong sabuk pengaman buat baris dua dan tiga saja ndak ada. transmisinya juga manual, sebetulnya bisa2 aja pake manual. tapi karena di rute dalam kota seringnya, berasa pegel dan ribet aja, jadi prefer matic sebetulnya.

isuzu panther dapet harga di 300jt pas. apakah worth it menurut suhu2 sekalian? jujur kalo saya sendiri ngerasanya 300jt dengan fitur seperti itu rasanya kurang worth it, walau ya tahan banjir dan iritnya itu. ditambah lagi juga sudah discontinue di tahun ini atau tahun depan (cmiiw). mungkin ada pandangan lain? mungkin ada hal2 positif yg mendorong panther masih memiliki penggemar yang belum saya tahu.

bayangan saya sih kalo ndak ambil panther itu, pinginnya all new toyota rush. karena memenuhi kriteria 1, 2, 4, dan 5. kalo denger review orang2 sepertinya rush cukup irit namun tidak seirit panther. atau hitungannya irit yah rush itu? boleh suhu2 yang pengguna rush bisa cerita2 kenapa milih rush... dan kalo beli baru di dealer itu ada garansi dan gratis servis berapa tahun ya?

selain isuzu panther atau toyota rush, mungkin suhu2 juga boleh nyaranin mobil2 lainnya yang memenuhi kriteria ini.

mungkin sekian dulu, terima kasih banyak atas balasannya. semoga sehat2 selalu. :big_smile]
Kalo om pengen xpander, mah sikat aja om. Masalah idle up cuma ada dikeluran awal2 kaya punya saya aja kok, dan sifatnya random. Dan di model yg sekarang sepertinya sudah beres kok masalah idle upnya. Punya saya sempet bermasalah idle upnya pas 1 tahun pemakaian , dan untungnya sekarang udah solve. Mobil ini mobil yg cukup awet kok. Pake dari awal 2018 - sekarang masih oke2 aja, cuma pernah ganti kompresor AC sekali doang pas tahun ke 2.
Xpander tahun ke 2 sudah ganti kompresor ? :big_bored:
Bijimana ceritanya ? :big_think:
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: isuzu panther grand touring 2019 vs all new toyota rush

Post by nyotnyet »

Leonhart wrote:
Kent wrote: Sun Aug 09, 2020 8:30 Pilih Toyota Rush, Panther irit tapi ya begitu lah.
Panther udah mobil zaman batu, klo gk di pakai sambil dagang bawa banyak (karena lbh gede mobilnya), dan pakai supir ya pilih panther saja.
Klo butuh kenyamanan, jarang banyak org better beli toyota rush. (overal saya lbh preferAvanza dibanding Rush, menurut saya mobil kosong ketinggian ngeri di toll goyang2).
avanza sudah cukup tinggi sih kolong nya, itu jg di toll udah ngeri2 klo lari 100 goyang.
(panther gk usah pusing lari tinggi, lbh stable krn berat. tp mesin panther gk akan bs lari lebih dari 100, klo bs pun udah nyari mati dgn teknologi rem nya)

sparepart pasti mahal Rush, tapi harusnya msh afforadble (tdk sampe beda jauh langit dan bumi).
kemudian untuk bensin vs solar (pertalite vs biosolar), masih mirip2 lah.
jgn bandingin Pertamax VS Biosolar, gk apple to apple.
tp panther isi dex jg buang2 duit.

Iya rem sama limbungnya panther gk tahan om

Sering ktmu di tol
Panther di pasang dastek

Ane sama temen naik crv turbo lari 140
Dikejer dari blkg

Trs tuh panther ngilang
Body nya geol2
Serem

Gk tau rem nya gmn nanti di depan sana
Panther bisa dipasang dastek om? *seriusnanya

BTT,
Budget segitu sih males ya ambil panther wkwkwkwk, gila aja 300jt beli panther.
Kalo pilihan cuma 2 itu jelas ambil rush...
Kalo takut nanjak beli ertiga sport aja, udah ada HSA...

Soul Red zoom zoom
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4911
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: isuzu panther grand touring 2019 vs all new toyota rush

Post by Pboyz97 »

Or4cle wrote: Mon Aug 10, 2020 12:47
Pboyz97 wrote: Mon Aug 10, 2020 12:29
octa wrote: Fri Aug 07, 2020 19:26 permisi suhu2 semuanya. izin menanyakan pendapat dan masukan ya...

rencananya tahun ini keluarga (4 orang) mau beli mobil yang bakal jadi mobil pertama sekali, boros juga grabcar terus ke mana-mana dan kebetulan ada rezeki lebih... mobilnya kemungkinan dipake jalan bekasi-tangerang 1-3x sebulan dan mungkin ke bandung pas liburan. bisa jadi juga bakal dipake sehari2 di dalem kota karena masih waswas kalo naik transport umum.

kondisinya di dalam keluarga ndak ada yang paham mobil sama sekali. bener2 pengguna yang ndak neko2 dan banyak mau, kalo ada apa2 paling bawa langsung ke bengkel aja, karena ndak bisa ngusahainnya kalo sendiri.

kriteria mobil yg diinginkan:
1. tahan banting. kondisi rumah ketika des-jan sering banjir di depan rumah, paling dalemnya sih waktu itu sedengkul ibu2.
2. budget di 200jtan, maks 300jt.
3. irit bensin.
4. aman dan memudahkan. karena yang bakal nyetir perempuan yang ndak jago2 amat nyetirnya.
5. suku cadang dan servis murah.

awalnya pingin xpander karena suspensinya empuk dan nyaman, juga storage2nya banyak (ini ndak penting2 amat sih). tapi pernah baca kalo xpander sering bermasalah di idle-up atau apa gitu saya kurang paham. imej mitsubishi di benak saya juga tidak sebaik dan setahan banting toyota. kemudian fwd yang suka diributkan orang2 juga, jadi salah satu pertimbangan yang sepertinya rwd saja.

sebetulnya keluarga ditawari mobil seken rasa baru: isuzu panther grand touring 2019. panther terkenal akan tahan banjirnya karena ndak banyak kelistrikan dll. ngendarainya jelas ada peace of mind. selain itu bisa nelen solar busuk dan irit juga. tapi saya ndak sregnya itu karena fiturnya bener2 ketinggalan, soale kan model terakhirnya di tahun 2013 ya (cmiiw). belum ada airbag, vehicle stability control, abs, hsa, dan fitur2 lainnya yang bisa bikin lebih aman. wong sabuk pengaman buat baris dua dan tiga saja ndak ada. transmisinya juga manual, sebetulnya bisa2 aja pake manual. tapi karena di rute dalam kota seringnya, berasa pegel dan ribet aja, jadi prefer matic sebetulnya.

isuzu panther dapet harga di 300jt pas. apakah worth it menurut suhu2 sekalian? jujur kalo saya sendiri ngerasanya 300jt dengan fitur seperti itu rasanya kurang worth it, walau ya tahan banjir dan iritnya itu. ditambah lagi juga sudah discontinue di tahun ini atau tahun depan (cmiiw). mungkin ada pandangan lain? mungkin ada hal2 positif yg mendorong panther masih memiliki penggemar yang belum saya tahu.

bayangan saya sih kalo ndak ambil panther itu, pinginnya all new toyota rush. karena memenuhi kriteria 1, 2, 4, dan 5. kalo denger review orang2 sepertinya rush cukup irit namun tidak seirit panther. atau hitungannya irit yah rush itu? boleh suhu2 yang pengguna rush bisa cerita2 kenapa milih rush... dan kalo beli baru di dealer itu ada garansi dan gratis servis berapa tahun ya?

selain isuzu panther atau toyota rush, mungkin suhu2 juga boleh nyaranin mobil2 lainnya yang memenuhi kriteria ini.

mungkin sekian dulu, terima kasih banyak atas balasannya. semoga sehat2 selalu. :big_smile]
Kalo om pengen xpander, mah sikat aja om. Masalah idle up cuma ada dikeluran awal2 kaya punya saya aja kok, dan sifatnya random. Dan di model yg sekarang sepertinya sudah beres kok masalah idle upnya. Punya saya sempet bermasalah idle upnya pas 1 tahun pemakaian , dan untungnya sekarang udah solve. Mobil ini mobil yg cukup awet kok. Pake dari awal 2018 - sekarang masih oke2 aja, cuma pernah ganti kompresor AC sekali doang pas tahun ke 2.
Xpander tahun ke 2 sudah ganti kompresor ? :big_bored:
Bijimana ceritanya ? :big_think:
Lupa saya, ganti kompresor atau magnetic clutch atau blowernya. Yg pasti dari bagian ac mobilnya. Pas saya jalan, ac tiba2 bunyi ngiik, dan tinggi frekuensi fannya, makin kenceng bunyinya, sedangkan kalo dimatikan, bunyinya malah hilang. Wkwkwk
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: isuzu panther grand touring 2019 vs all new toyota rush

Post by Or4cle »

Pboyz97 wrote: Mon Aug 10, 2020 13:08
Or4cle wrote: Mon Aug 10, 2020 12:47
Pboyz97 wrote: Mon Aug 10, 2020 12:29

Kalo om pengen xpander, mah sikat aja om. Masalah idle up cuma ada dikeluran awal2 kaya punya saya aja kok, dan sifatnya random. Dan di model yg sekarang sepertinya sudah beres kok masalah idle upnya. Punya saya sempet bermasalah idle upnya pas 1 tahun pemakaian , dan untungnya sekarang udah solve. Mobil ini mobil yg cukup awet kok. Pake dari awal 2018 - sekarang masih oke2 aja, cuma pernah ganti kompresor AC sekali doang pas tahun ke 2.
Xpander tahun ke 2 sudah ganti kompresor ? :big_bored:
Bijimana ceritanya ? :big_think:
Lupa saya, ganti kompresor atau magnetic clutch atau blowernya. Yg pasti dari bagian ac mobilnya. Pas saya jalan, ac tiba2 bunyi ngiik, dan tinggi frekuensi fannya, makin kenceng bunyinya, sedangkan kalo dimatikan, bunyinya malah hilang. Wkwkwk
Oooo gitu ... umur 2 taon komponen tsb dah tewas sebenarnya gak wajar. Mestinya umur segitu cuma ganti oli / filter dan tinggal gas doang