Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
indeskey wrote: Wed Jul 29, 2020 13:50
Ini di vacuum dulu om?
iya om, vakum manifoldnya aja. trs dimasukin freon ama oli. Walopun ga 100% vakum sih, gw yakin pasti ada bocor dikit. Soalnya kalo 100% itu hanya milik Allah hehehe.
Om caranya vacuum manifold apa tetep pake vacuum pump? Mana tau ada cara nambah oli tanpa vacuum pump.
Oli di isi berapa ml om? Mobil apa? Ini oli ditambah aja kan ya, karena nggak vacuum semua saluran.
Pingin iseng2 nambah oli aja hehe.
Pake vakum pump om, harus divakum sih om supaya olinya ketarik masuk. Kalo ada isinya gini malah ga disaranin, kecuali resiko ditanggung sendiri loh ya. Kalo kondisi AC ada isinya, kalo dicelupin ke olinya bakal ketiup, soalnya tekanan didlm ac lebih kuat dr tekanan diluar. Oia tekanan hi pressure dan low pressurenya berapa saat kondisi ac nyala?
Sebelum utak atik isi ac, mendingan bersihin evaporator, kondensor n bilah fannya dulu gan.
henbob wrote:
iya om, vakum manifoldnya aja. trs dimasukin freon ama oli. Walopun ga 100% vakum sih, gw yakin pasti ada bocor dikit. Soalnya kalo 100% itu hanya milik Allah hehehe.
Om caranya vacuum manifold apa tetep pake vacuum pump? Mana tau ada cara nambah oli tanpa vacuum pump.
Oli di isi berapa ml om? Mobil apa? Ini oli ditambah aja kan ya, karena nggak vacuum semua saluran.
Pingin iseng2 nambah oli aja hehe.
Pake vakum pump om, harus divakum sih om supaya olinya ketarik masuk. Kalo ada isinya gini malah ga disaranin, kecuali resiko ditanggung sendiri loh ya. Kalo kondisi AC ada isinya, kalo dicelupin ke olinya bakal ketiup, soalnya tekanan didlm ac lebih kuat dr tekanan diluar. Oia tekanan hi pressure dan low pressurenya berapa saat kondisi ac nyala?
Sebelum utak atik isi ac, mendingan bersihin evaporator, kondensor n bilah fannya dulu gan.
Emang harus invest vacuum pump ya hehe.
Saya sudah 2/3 kali nambahin freon, saya set HP di 225/230 psi, yg LP ini saya bingung mestinya ikut naik tp kok dia malah drop ya jadi 0-10 psi, ada masukan kah om? Mestinya kan 40-50 psi kan LPnya.
Tp AC sih normalnya ahond nggak terlalu dingin tp kalau abis di isi freon jauh lebih dingin. Blm sempet ukur suhu nya sih.
Saya sudah 2/3 kali nambahin freon, saya set HP di 225/230 psi, yg LP ini saya bingung mestinya ikut naik tp kok dia malah drop ya jadi 0-10 psi, ada masukan kah om? Mestinya kan 40-50 psi kan LPnya.
Tp AC sih normalnya ahond nggak terlalu dingin tp kalau abis di isi freon jauh lebih dingin. Blm sempet ukur suhu nya sih.
persis sama kejadian di hrv saya jg gt, dingin nyesss nya kl abis servis atau tambah freon doank, sehari2 nya biasa aj,kl siang wajip stel blower ke 2, suhu mentok kanan
sebenernya dr jaman pake GE8 jg gt, yg namanya ac ga perna nyesssss dingin nya kl ahond... seumur2 pliara ahond, cuman ferio yg plg nyesss dingin nya, itupun masi jauhhh dbawah avansa, apalagi kijang
kl kata om kemuning d tret sebelah, emg kompresor hrv ga skuat kijang, makanya dingin nya cuman gt2 aj
indeskey wrote: Wed Aug 05, 2020 11:54
Om caranya vacuum manifold apa tetep pake vacuum pump? Mana tau ada cara nambah oli tanpa vacuum pump.
Oli di isi berapa ml om? Mobil apa? Ini oli ditambah aja kan ya, karena nggak vacuum semua saluran.
Pingin iseng2 nambah oli aja hehe.
Pake vakum pump om, harus divakum sih om supaya olinya ketarik masuk. Kalo ada isinya gini malah ga disaranin, kecuali resiko ditanggung sendiri loh ya. Kalo kondisi AC ada isinya, kalo dicelupin ke olinya bakal ketiup, soalnya tekanan didlm ac lebih kuat dr tekanan diluar. Oia tekanan hi pressure dan low pressurenya berapa saat kondisi ac nyala?
Sebelum utak atik isi ac, mendingan bersihin evaporator, kondensor n bilah fannya dulu gan.
Emang harus invest vacuum pump ya hehe.
Saya sudah 2/3 kali nambahin freon, saya set HP di 225/230 psi, yg LP ini saya bingung mestinya ikut naik tp kok dia malah drop ya jadi 0-10 psi, ada masukan kah om? Mestinya kan 40-50 psi kan LPnya.
Tp AC sih normalnya ahond nggak terlalu dingin tp kalau abis di isi freon jauh lebih dingin. Blm sempet ukur suhu nya sih.
apa ga ketinggian itu HP om? suara kompresor pas On gimana, halus atau kasar, kalau yg saya tahu HP sktr 180 LP sktr 29-40 ... kalau HP tinggi tapi LP rendah pasti dingin bener ini, pengabutan freon liquid ke gas/uap bagus, tapi kaalaubsaya lihat di kasus ini,HP tinggi bs jg krn ada masalah di sistem ac, misal Dryer mampat/kotor/jenuh atau kondensor yg mampat , kalau secara visual biasanya suara kompresor agak kasar spt ngorok krn HP yg ketinggian dan overpresssure switch tdk cut off kompresor cluth.....ini sdh parah mampatnya kalau ngorok....perlu cek" lagi ini om.....cmiiw
waktu ane nguli di atpm dulu ada 2 hal penting ttg ac yg ane ga lupa
1. masukin freon hrs diukur berat dlm gram. selama sistem ga bocor, HP LP biasanya bagus. caranya pake timbangan digital kl masukinnya manual dr kaleng. ditimbang sebelum dan sesudah, selisihnya itu yg masuk. kl overfill akibatnya spt yg sdh disebut di postingan diatas atau paling ngga membebani kerja seluruh sistem.
2. freon itu banyak pake banget palsunya. dulu kantor sampe beli alat utk tes kualitas freon krn ada kasus ac ga dingin ga taunya pake freon abal2 cust pernah service diluaran. waktu itu kita beli banyak sample, ada yg r134a nya cuma 30%, ada yg 60%, ada yg 90%, dan ada yg 100%. begitu diganti yg 100% langsung jess dingin. akhirnya jd tau jg kl yg kalengan sekali pake lebih terjamin asli isinya drpd yg kaleng besar mirip gas melon itu. tp tergantung tempat svc dan suppliernya juga sih. masalahnya alat tes freon itu dulu mahal bgt, ga tau skrg sdh terjangkau belum buat DIYers.
Ikut nimbrung dan tanya-tanya sama om-om di sini. punya tool di bawah
Dipakai buat ngunci baut rem sepeda, cuma diputar2 agak seret karena karat, gak taunya mur patah seperti foto di bawah
Sekarang butuh bantuan / saran / tenaga buat bisa dibuka mur yang patahnya. Sudah coba pakai tang diputar gak bergeming sama sekali.
Selanjutnya punya sepeda anak, pedal patah, mau buka kondisi seperti di foto bawah
Bukanya pakai kunci pas no. 13 stanley spt gambar di bawah, sudah keluar segala usaha gak mutar2 juga itu baut. ini juga butuh saran / bantuan / dan bila perlu tenaga.
Kebetulan saya lokasi di bsd serpong, kalau ada yang bisa bantu dekat-dekat tak samperin. apa bengkel om marmut terima buka mur ya?
Kaleng wrote: Sat Aug 08, 2020 1:15
Ikut nimbrung dan tanya-tanya sama om-om di sini. punya tool di bawah
Dipakai buat ngunci baut rem sepeda, cuma diputar2 agak seret karena karat, gak taunya mur patah seperti foto di bawah
Sekarang butuh bantuan / saran / tenaga buat bisa dibuka mur yang patahnya. Sudah coba pakai tang diputar gak bergeming sama sekali.
Selanjutnya punya sepeda anak, pedal patah, mau buka kondisi seperti di foto bawah
Bukanya pakai kunci pas no. 13 stanley spt gambar di bawah, sudah keluar segala usaha gak mutar2 juga itu baut. ini juga butuh saran / bantuan / dan bila perlu tenaga.
Kebetulan saya lokasi di bsd serpong, kalau ada yang bisa bantu dekat-dekat tak samperin. apa bengkel om marmut terima buka mur ya?
Newbie ijin bantu saran aja om. Untuk pedal sebelah kiri, melepasnya searah jarum jam / kebalikan pedal kanan. Mungkin bisa dibantu semprot penetrant juga. Cmiiw
Dudd88 wrote: Sat Aug 08, 2020 1:56
Newbie ijin bantu saran aja om. Untuk pedal sebelah kiri, melepasnya searah jarum jam / kebalikan pedal kanan. Mungkin bisa dibantu semprot penetrant juga. Cmiiw
eehh yg kiri searah jarum jam ya om. hahahah saya sampai pakai palu karet tapi hantamnya berlawanan arah jarum jam terus. tar kalau sdh fresh kembali akan coba lagi.
Omnibus wrote: Fri Aug 07, 2020 13:44
waktu ane nguli di atpm dulu ada 2 hal penting ttg ac yg ane ga lupa
1. masukin freon hrs diukur berat dlm gram. selama sistem ga bocor, HP LP biasanya bagus. caranya pake timbangan digital kl masukinnya manual dr kaleng. ditimbang sebelum dan sesudah, selisihnya itu yg masuk. kl overfill akibatnya spt yg sdh disebut di postingan diatas atau paling ngga membebani kerja seluruh sistem.
2. freon itu banyak pake banget palsunya. dulu kantor sampe beli alat utk tes kualitas freon krn ada kasus ac ga dingin ga taunya pake freon abal2 cust pernah service diluaran. waktu itu kita beli banyak sample, ada yg r134a nya cuma 30%, ada yg 60%, ada yg 90%, dan ada yg 100%. begitu diganti yg 100% langsung jess dingin. akhirnya jd tau jg kl yg kalengan sekali pake lebih terjamin asli isinya drpd yg kaleng besar mirip gas melon itu. tp tergantung tempat svc dan suppliernya juga sih. masalahnya alat tes freon itu dulu mahal bgt, ga tau skrg sdh terjangkau belum buat DIYers.
Saya termasuk beruntung berarti..dulu freon mobil bocor alus...jadi setelah bbrp bulan pasti kurang dingin. Duit tipis, nengok gudang kebetulan nemu tabung freon r134 & selangnya (yg pake meteran-3 selang itu). Berhubung ga ngerti cara pake-nya sy ambil aja 1 selang & isi sendiri..berkali2 pake cara ini haha...
Freon palsu...benar sekali...malah ada kasus dulu diisi elpiji ya om
Dudd88 wrote: Sat Aug 08, 2020 1:56
Newbie ijin bantu saran aja om. Untuk pedal sebelah kiri, melepasnya searah jarum jam / kebalikan pedal kanan. Mungkin bisa dibantu semprot penetrant juga. Cmiiw
Untuk pedal sukses om setelah putarnya searah jarum jam.
Dudd88 wrote: Sat Aug 08, 2020 1:56
Newbie ijin bantu saran aja om. Untuk pedal sebelah kiri, melepasnya searah jarum jam / kebalikan pedal kanan. Mungkin bisa dibantu semprot penetrant juga. Cmiiw
Untuk pedal sukses om setelah putarnya searah jarum jam.
Omnibus wrote: Fri Aug 07, 2020 13:44
waktu ane nguli di atpm dulu ada 2 hal penting ttg ac yg ane ga lupa
1. masukin freon hrs diukur berat dlm gram. selama sistem ga bocor, HP LP biasanya bagus. caranya pake timbangan digital kl masukinnya manual dr kaleng. ditimbang sebelum dan sesudah, selisihnya itu yg masuk. kl overfill akibatnya spt yg sdh disebut di postingan diatas atau paling ngga membebani kerja seluruh sistem.
2. freon itu banyak pake banget palsunya. dulu kantor sampe beli alat utk tes kualitas freon krn ada kasus ac ga dingin ga taunya pake freon abal2 cust pernah service diluaran. waktu itu kita beli banyak sample, ada yg r134a nya cuma 30%, ada yg 60%, ada yg 90%, dan ada yg 100%. begitu diganti yg 100% langsung jess dingin. akhirnya jd tau jg kl yg kalengan sekali pake lebih terjamin asli isinya drpd yg kaleng besar mirip gas melon itu. tp tergantung tempat svc dan suppliernya juga sih. masalahnya alat tes freon itu dulu mahal bgt, ga tau skrg sdh terjangkau belum buat DIYers.
Kl tabung melon yg buatan cungkwo gmana tuh mbah
Masalahnya sering saya temui, bahkan bengkel2 yg terkenal aj pake nya tabung melon yg buatan cungkwo tsb
Btw, saya skrg lg cobain 2GD yg pake ac60e hopeng yg ud ganti atf bawaan, koq rasanya tetep ad bloon nya yah om, cuman beda nya biarpun telat downshift atau upshift, tenaga tetep ad krn ketolong torsi 2GD yg gede... kayanya ini fix cacat program si ac60e neh om
DOHC wrote: Sat Aug 08, 2020 4:45
Kl tabung melon yg buatan cungkwo gmana tuh mbah
Masalahnya sering saya temui, bahkan bengkel2 yg terkenal aj pake nya tabung melon yg buatan cungkwo tsb
Btw, saya skrg lg cobain 2GD yg pake ac60e hopeng yg ud ganti atf bawaan, koq rasanya tetep ad bloon nya yah om, cuman beda nya biarpun telat downshift atau upshift, tenaga tetep ad krn ketolong torsi 2GD yg gede... kayanya ini fix cacat program si ac60e neh om
ga bisa ngomong tanpa alat tester. merk2 baru come n go dr cungkwo dibanding jaman ane dulu. hrs test pake alat yg serupa di bawah ini. mahal tapi, $3600. dulu aja 100 juta lebih thn 2005 kantor beli.
mengenai maticnya yota, rasanya itu perasaan mbah aja. mungkin sering gonta ganti nyetir mobil beda tipe. ane aja skrg berasa njess ada salahnya terus bagian kaki2. pdhl ga kenapa2, cuma persepsi sdh terkontaminasi dr ladder frame ganti ke monokok khas glodakan.
DOHC wrote: Sat Aug 08, 2020 4:45
Kl tabung melon yg buatan cungkwo gmana tuh mbah
Masalahnya sering saya temui, bahkan bengkel2 yg terkenal aj pake nya tabung melon yg buatan cungkwo tsb
Btw, saya skrg lg cobain 2GD yg pake ac60e hopeng yg ud ganti atf bawaan, koq rasanya tetep ad bloon nya yah om, cuman beda nya biarpun telat downshift atau upshift, tenaga tetep ad krn ketolong torsi 2GD yg gede... kayanya ini fix cacat program si ac60e neh om
ga bisa ngomong tanpa alat tester. merk2 baru come n go dr cungkwo dibanding jaman ane dulu. hrs test pake alat yg serupa di bawah ini. mahal tapi, $3600. dulu aja 100 juta lebih thn 2005 kantor beli.
mengenai maticnya yota, rasanya itu perasaan mbah aja. mungkin sering gonta ganti nyetir mobil beda tipe. ane aja skrg berasa njess ada salahnya terus bagian kaki2. pdhl ga kenapa2, cuma persepsi sdh terkontaminasi dr ladder frame ganti ke monokok khas glodakan.
Mungkin jg seh om
Jd kayanya racun amsoil atf nya mbah masi sya pending dl, ini d ruma masi ad sisa 3 liter afw+ mau coba sya drain n fill ntar, nanti next oil change baru sya coba cocktail dgn amsoil
yang butuh torque wrench, saya ada merk JTC pernah post di beberapa halaman sebelum ini.
sudah terpakai belum ada 100 cycles, ada bonus adaptor 3/8"-1/2".
spek lebih lanjut beserta harga sila PM.
DOHC wrote: Sat Aug 08, 2020 4:45
Kl tabung melon yg buatan cungkwo gmana tuh mbah
Masalahnya sering saya temui, bahkan bengkel2 yg terkenal aj pake nya tabung melon yg buatan cungkwo tsb
kata temen yg bengkel AC, percaya saja dengan distributor soal freon dan biasa mekanik pas pake juga udah hapalan soal kualitas dan gimana seharusnya, dan bengkel AC terkenal ga akan mau main2 dengan freon. kenapa? males urusin komplain balik, mendingan mekanik kerjain mobil lain daripada urusin komplain karena sama2 makan dan tempat waktu = pemasukan lagi. kalau bisa sekali kerja selesai, ga pake bolak balik karena kerjain AC kan pasti setengah harian. juga urusan soal keamanan kalau pake freon campur lpg. ngeri2 nyamber kebakar meleduk di bengkel atau mobil konsumen bocor halus pas di mana gitu kebakar amit2 makan nyawa. tapi ini zaman dulu si, ngetestnya ya dikasi api kalau nyala ya campur LPG. kalau zaman sekarang si ga ada kata temen ane, biasa soal kualitas saja, freonnya cepet dingin atau dinginnya bagus ga.
btw yg keren si tukang service kulkas, biar joss dan murah isinya LPG. Indonesia banget
DOHC wrote: Sat Aug 08, 2020 4:45
Kl tabung melon yg buatan cungkwo gmana tuh mbah
Masalahnya sering saya temui, bahkan bengkel2 yg terkenal aj pake nya tabung melon yg buatan cungkwo tsb
kata temen yg bengkel AC, percaya saja dengan distributor soal freon dan biasa mekanik pas pake juga udah hapalan soal kualitas dan gimana seharusnya, dan bengkel AC terkenal ga akan mau main2 dengan freon. kenapa? males urusin komplain balik, mendingan mekanik kerjain mobil lain daripada urusin komplain karena sama2 makan dan tempat waktu = pemasukan lagi. kalau bisa sekali kerja selesai, ga pake bolak balik karena kerjain AC kan pasti setengah harian. juga urusan soal keamanan kalau pake freon campur lpg. ngeri2 nyamber kebakar meleduk di bengkel atau mobil konsumen bocor halus pas di mana gitu kebakar amit2 makan nyawa. tapi ini zaman dulu si, ngetestnya ya dikasi api kalau nyala ya campur LPG. kalau zaman sekarang si ga ada kata temen ane, biasa soal kualitas saja, freonnya cepet dingin atau dinginnya bagus ga.
btw yg keren si tukang service kulkas, biar joss dan murah isinya LPG. Indonesia banget
hoo berarti aman lah ya om pake freon cungkwo
soalnya ini beberapa bengkel langganan saya (lmayan ad nama sehh) rata2 ud pake tabung melon cungkwo, oli nya pun kayanya pake merk cungkwo jg
pdahal dl seinget saya, tabung2 freon gt merk nya duPont
freon campur LPG ? dl sy sering denger tuh critanya, malah kayanya kulkas sya perna kena tuh pake freon aspal gtuan, pas dcoba lgs rusak, kamfrettt bener
indeskey wrote: Wed Aug 05, 2020 11:54
Om caranya vacuum manifold apa tetep pake vacuum pump? Mana tau ada cara nambah oli tanpa vacuum pump.
Oli di isi berapa ml om? Mobil apa? Ini oli ditambah aja kan ya, karena nggak vacuum semua saluran.
Pingin iseng2 nambah oli aja hehe.
Pake vakum pump om, harus divakum sih om supaya olinya ketarik masuk. Kalo ada isinya gini malah ga disaranin, kecuali resiko ditanggung sendiri loh ya. Kalo kondisi AC ada isinya, kalo dicelupin ke olinya bakal ketiup, soalnya tekanan didlm ac lebih kuat dr tekanan diluar. Oia tekanan hi pressure dan low pressurenya berapa saat kondisi ac nyala?
Sebelum utak atik isi ac, mendingan bersihin evaporator, kondensor n bilah fannya dulu gan.
Emang harus invest vacuum pump ya hehe.
Saya sudah 2/3 kali nambahin freon, saya set HP di 225/230 psi, yg LP ini saya bingung mestinya ikut naik tp kok dia malah drop ya jadi 0-10 psi, ada masukan kah om? Mestinya kan 40-50 psi kan LPnya.
Tp AC sih normalnya ahond nggak terlalu dingin tp kalau abis di isi freon jauh lebih dingin. Blm sempet ukur suhu nya sih.
diattachment gw dpt dari https://acprocold.com/faq/r-134a-system-pressure-chart/ , hrs cek tuh expansion valvenya. soalnya itu jauh bgt dari tabelnya. Tapi sebelum dijudge, hrs cek2 yg lainnya jg ya om, sapa tau rada rembes2 gt.
kalo mau aman invest vacum om, ato beli second (pompa vakum bekas kulkas kyk dibengkel2) buat coba2. hehehe.
suhunya sambil diukur om pake alat, soalnya kadang perasaan kita dingin2 aja eh taunya kita lg ga enak badan hehehe..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Kaleng wrote: Sat Aug 08, 2020 1:15
Ikut nimbrung dan tanya-tanya sama om-om di sini. punya tool di bawah
Dipakai buat ngunci baut rem sepeda, cuma diputar2 agak seret karena karat, gak taunya mur patah seperti foto di bawah
Sekarang butuh bantuan / saran / tenaga buat bisa dibuka mur yang patahnya. Sudah coba pakai tang diputar gak bergeming sama sekali.
Selanjutnya punya sepeda anak, pedal patah, mau buka kondisi seperti di foto bawah
Bukanya pakai kunci pas no. 13 stanley spt gambar di bawah, sudah keluar segala usaha gak mutar2 juga itu baut. ini juga butuh saran / bantuan / dan bila perlu tenaga.
Kebetulan saya lokasi di bsd serpong, kalau ada yang bisa bantu dekat-dekat tak samperin. apa bengkel om marmut terima buka mur ya?
pilihan 1, mendingan dikasi penetran dulu, Kalo gw kasi oli mobil matic lalu dibiarin seharian deh, biar masuk pelan2 olinya.
pilihan 2, pengen cepet2 hrs dipanasin (pake api las) kalo api biasa agak lama sih (sabar aja). Bagian yg dipanasin itu bagian luarnya (spy memuai) trs disemprot penetran, lalu jepit bekas mur itu pake tang jepit, lalu dipukul pake palu dikit2.
Kalo suhu dingin jgn dipaksa, ntar luka alur bautnya. Slamat mencoba yak!
Omnibus wrote: Fri Aug 07, 2020 13:44
waktu ane nguli di atpm dulu ada 2 hal penting ttg ac yg ane ga lupa
2. freon itu banyak pake banget palsunya. dulu kantor sampe beli alat utk tes kualitas freon krn ada kasus ac ga dingin ga taunya pake freon abal2 cust pernah service diluaran. waktu itu kita beli banyak sample, ada yg r134a nya cuma 30%, ada yg 60%, ada yg 90%, dan ada yg 100%. begitu diganti yg 100% langsung jess dingin. akhirnya jd tau jg kl yg kalengan sekali pake lebih terjamin asli isinya drpd yg kaleng besar mirip gas melon itu. tp tergantung tempat svc dan suppliernya juga sih. masalahnya alat tes freon itu dulu mahal bgt, ga tau skrg sdh terjangkau belum buat DIYers.
Iya om, sebelum utik2 sendiri dulu udah pernah service diluar gt. Bilangnya acnya emang udah maksimal. Sempet jg diisi olinya warnanya item gt (gwnya manggut2 soalnya blom blajar n ngerti ttg oli ac). Diisi freon jg gt, ga begitu bnyk brubah dinginnya. Akhirnya utik2 sendiri isi freon kaleng putih kecil itu, eh jauh bgt dinginnya.. hehehehe. Warna oli jg akhirnya tau, ternyata bening jg ya.. wkwkwkwk
oia om, penasaran utk test freon itu, kalo ada yg bisa share hasilnya bakal ngebantu bgt nih. ato mungkin jasa nya ada ga ya om?
henbob wrote: Mon Aug 10, 2020 3:51
Iya om, sebelum utik2 sendiri dulu udah pernah service diluar gt. Bilangnya acnya emang udah maksimal. Sempet jg diisi olinya warnanya item gt (gwnya manggut2 soalnya blom blajar n ngerti ttg oli ac). Diisi freon jg gt, ga begitu bnyk brubah dinginnya. Akhirnya utik2 sendiri isi freon kaleng putih kecil itu, eh jauh bgt dinginnya.. hehehehe. Warna oli jg akhirnya tau, ternyata bening jg ya.. wkwkwkwk
oia om, penasaran utk test freon itu, kalo ada yg bisa share hasilnya bakal ngebantu bgt nih. ato mungkin jasa nya ada ga ya om?
freon palsu sih ngerjain orang om. bayangin kl kita abis ganti komponen baru apalagi kompresor yg mahal, eh diisi freon palsu. nah kayanya ga ada yg jasa meriksa kualitas freon itu. alatnya simple kan sy pernah pake sendiri, sample dr freon dimasukin ke selang inletnya trus dia analisa kira2 5 menitan trus keluar tipe dan kandungannya. misal type: R134a, purity: 100%. gitu doang sih.
sy ga catat dulu yg jelek. cuma yg bagus yg sy inget kaleng kecil made in japan, yg msh segel, harga mahal. merknya lupa.
yg jelas kl yg jual freon harganya murah udah pasti ga murni. kl mau sekalian beli ukuran tabung melon 30lb beli merk yg udah jelas dan beli di toko terpercaya yg msh utuh segelnya. ah tp merk jelas jg ada yg palsuin. susah juga.
utk DIYer kl yg ukuran kecil2 beli yg made in japan, segel utuh. jangan yg murah aja. ada harga ada rupa.
Last edited by Omnibus on Mon Aug 10, 2020 4:28, edited 1 time in total.