KielConstantine wrote: Fri Aug 07, 2020 19:47
mojacko wrote: Fri Aug 07, 2020 12:01
saya tahun 2013 beli E39 520i keluaran 2002 di harga 99 juta.
kondisi wajar, ya ada beberapa PR juga.
masih saya pakai sampai sekarang, sudah pernah touring jakarta-bali pula, nikmatnya.
maintenance selama 7 Tahun ini? ga pernah catat sih. tapi ada lah 100 juta lebih sedikit.
nyesal ? tidak,.. hitungan nya gini aja :
Tahun 2002 harga mobil saya di faktur : Rp 500jt
saya beli di 2013 harga 99jt
selama 7 tahun pakai, habiskan maintenance 100 juta lebih
saya rasa malah untung, karena cuma keluar 200jt untuk nikmati mobil yg harga baru nya 500jt, bahkan klo compare sama harga 5 series skrg yang udah Milyar.
Bravo buat om mojacko
*serius dikit*
Menurut ane, ini adalah persepsi yang benar dalam pelihara & nikmatin mobil eropa.
Jadi gini buat om @ts / siapapun yang mau mulai pelihara eropa-an.
Belilah seakan-akan kemampuannya seperti mau beli baru mobil tsb pada zamannya. Kalo di kasus ane E90 325i LCI barunya kan sekitar 653 juta pas thn 2010.
Nah pola pikirnya sperti om mojacko, ane jg terapin kaya bgitu. Hitung2 beli 200 jt udh nyungsep bekas. Brarti dalam otak "gw musti sedia dana minimal 200 atau 300 juta lagi, buat restorasi. Barunya dulu 653 juta-an loh bro"
Seiring berjalannya waktu kan baru kluar duit 84 juta buat rawat2. Masih jauh dari angka yg diperkirakan.
200+84 = 284 juta selama 3 thn pakai. Sementara barunya 653 jt si E90 325i LCI. Masih cincay lah. Pakenya kan puas juga.
Pola pikir yang salah justru begini:
"Ahh harga bekas udh murah jatohh. Beli ah". Tapi enggak mikirin / siapin budget extra buat restorasi. Akhirnya terjadi financial disaster, mobilnya terbengkalai.. Jadi endless money pits. Tanpa dinikmatin secara maksimal. Ujung2nya nyerah...
Udah gitu aja sihhh. Semoga temen-temen dpt pencerahan.
Seru pengalamannya oom, saya juga tapi kalau saya digetok di depan biar ngga ngerawat2 lagi.
2015 ambil Sonder tahun 1996, murah meriah 100 juta bekas orang didiemin aja.
Langsung masuk bengkel daerah simprug, dulu belum pindah ke seberang mall kayak sekarang. Alesannya karena di pintu ada tulisan diimpor oleh bengkel itu, terus waktu itu saya user polpoh masih buta bintang lah ibaratnya.
Dibangun total, keluar lah bon 150an, (rebuild ac aja 35 sendiri ha hay), terus dipakai harian sampai sekarang, servis 6bulan standar aja ganti oli, tune up. Diitung2, habis mendekati 300 buat mobil enak yang harga barunya lumayan berasa.
Kenapa saya getok di awal? Soalnya ini mobil sering dipakai istri saya, yang notabene kurang paham mobil, tapi +- ya. Digetok di awal berarti budget naik, sisa no ngeluh ngeluh. Kalau 1-1 dibenerin, yah kurang saya, hajar aja.
Saya kalau temen ada nanya gimana ngerawat sonder tua pasti saya jawab mahal, you bangun ac aja bisa 30an kalau di deket keluar tol veteran, di beres tambahin aja lagi ha ha...
Itu sih oom pengalaman beli bangun, kalau E60 dari baru pakai, peugeot juga dulu dari baru, polpoh langsiran tinggal ngerawat.
Yah intinya saya selama ada penturer buat harian, hobi bebas lah he he