JukeJoken wrote: Wed Aug 05, 2020 16:16
Mesin 2NR ini baru dipake dari 2015. Kalau melihat 1NZ yang dipake sampe belasan tahun , 2NR masih tergolong "muda" banget. Mesin 2NR-FE kalau menurut saya sih oke secara efisiensi dan tenaga. Saya sering pake Sienta CVT punya papa saya , oke oke aja sih buat lari. CVTnya juga ibaratnya "gak bodoh bodoh amat" gitu. Gak bikin mesinnya terasa males.
menurut saya kalau melihat kebiasaan Toyota , masih besar sekali kemungkinan 2NR akan dipake lagi dengan beberapa upgrade (jadi inget 1TR Innova , dari 2004 sampe 2015 , 2015 akhir keluar Reborn , tetep pake 1TR yang dinaikin 3 HP)
tapi 2NR-FE ini CVTnya ada mode manualnya. Kalau si "Veloz baru" dikasih paddle shift , sepertinya asik
2NR sebetulnya kan di Indo saja barunya. kalau di wiki sejak 2008.
1NZ aslinya sejak 1998.
dan kedua keluarga ini sudah ada penggantinya di 2019, keluarga baru kode M15A = Dynamic Force Engine barengan dengan TNGA. cuma ini mesin super canggih. dalam waktu dekat mustahil lah masuk indo. toh negara ASEAN lain juga ga kebagian. seperti Corolla Cross/Corolla Altis.
2NR sendiri saya juga setuju, ini mesin sapu jagat toyota toh terbukti sekian tahun di indo dipasang di keluarga duo kaleng tidak ada kendala.
AR93 wrote: Wed Aug 05, 2020 16:40
Kalau saya lihat-lihat 8NR-FTS ini baru dipake di line-up Toyota Europe ya, sudah pasti secara emisi dan spek bensin cukup tinggi standarnya, kalopun mereka bakal develop mesin 1.2 turbo paling basenya dari mesin CalSig/Agya-Ayla 1.2 yaitu 3NR-VE, kalo diturboin jadilah 3NR-VET
ya memang mesin yg diciptakan untuk kebutuhan emisi rendah.
saya melihat daihatsu kayanya kecil kemungkinan akan paksain tambah turbo ke mesin 3NR-VE. lebih mudah ambil yg sudah ada yaitu 1KR-VET, irit pasti dapet karena cuma 1000cc tapi power tetep ada karena turbo cuma ya itu akan jadi kerjaan besar buat marketing buat tangkis julidnya netijen maha benar dan kaum mendang mending juga soal reliabilitas, gimana juga ini indo selama ada yg murah dan palsu pasti dipake juga.
tapi ya toyota indo selama ini kalau memang niat si jadi juga

kaya mesin 1NR udah bagus2 mesin melintang, diacak2 jadi mesin memanjang buat RWD

atau sienta yg aslinya ga ada manual bisa ada manual
Mordecai20 wrote: Thu Aug 06, 2020 9:58
Hahahah ane mah cuma berharap ajah om

AVA/XE dari dulu yang dicaci kan suspensi belakangnya itu, siapa tau ADM berubah pikiran mau masukin independent suspension, ya minimal semi trailing arm lah, lumayan untuk bahan marketing "the most advanced suspension on its class"
yg sulit platform-nya. kalau benar (dan mestinya ya) pakai Daihatsu DN = Daihatsu DNGA = turunan toyota TNGA maka sudah kelihatan produk pertama yaitu Daihatsu Rocky/Toyota Raize pakai doubel wishbone dan torsion beam. juga ga cocok blas ginian di Indo, bisa rusak image daihatsu toyota karena kaki2 yang pasti akan merepotkan di kemudian hari. sebetulnya torsion beam juga ga sejelek itulah bisalah dikadal2in biar bagus kaya mazda 3 yg malah balik ke torsion beam.
avanza xenia si sudah jelas selama2nya akan rigid axle, karena RWD.