Grand Livina Users..! - PART 06

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

DOHC wrote:
Herman7103 wrote: Thu Jul 23, 2020 0:00
ariespark76 wrote:Saya pakai angl 2014 sampe skrg alhamdulillah sampe saat ini gak ada kerusakan.

Krn skrg2 ini beres tutup krn pandemik, kmrn sebelom lebaran ganti oli and filter nya di shop and drive pake 5w30

Kalo dr mid sih bbm jadi lebih irit..
Mobil Nissan All New Livina Tahun 2014 memang bandel Om kayak punya saya tahun 2014 yg matic CVT,
selama 6 tahun lebih dipakai part bawaan yg pernah diganti cuma aki yg bawaan saya ganti setelah 2 1/2 tahun pemakaian, lalu karet wiper depan sepasang diganti di tahun ke 3 pemakaian, 1 bohlam LED high mount stop lamp bagian belakang diganti di tahun ke 5 pemakaian, serta sepasang kampas rem depan nya saya ganti di tahun ke 6 pemakaian dan part terakhir yg ganti setelah lewat 6 tahun pemakaian 1 buah Pipe Assy – Water dengan part no 14053-1KXpA seharga Rp 118.250 dan
Park / Neutral Position Switch part No 31918-1XK0A dibeli di lazada seharga Rp 245 ribu rupiah sementara untuk sektor kaki kaki semua Shock Absorber dan per nya masih bawaan semua, untuk sektor kaki kaki cuma klaher bearing depan yg pernah di re-greasing sebanyak 2 kali karena greasenya tinggal sedikit jadi di lumasi ulang saja grease tiap 3 tahun pemakaian yg penting bola bola di klaher bearingnya jangan sampai ada yg oblak saja setelah di check, lalu lumasi dgn grease so far sampai sekarang selama mobil di jalan atau ngelewati polisi tidur tidak ada bunyi bunyi aneh (senyap) dan nyaman seperti saat mobil.baru keluar dari dealernya. Dan karena SPBU dekat tempat tinggal saya masih nyediain premium ron 88 sampai sekarang maka dari 6 tabun lalu sampai skrg ,
maka, itulah BBM yg selalu diisikan ke mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 punya saya dan hasilnya suara mesin sampai skrg masih halus. Kuncinya asal oli mesin selalu pakai oli Synthetic 5W30 yg asli bukan ACDC dan juga ganti filter oli mesinnya tiap 6 atau 7 bulan dan kuras oli CVT tiap 48 ribu KM pemakaian so far so good nih mobil ngak pernah mogok di jalan dan always operational [emoji106] dan kalau dibawa jalan jauh 3 anak saya sering banget tertidur dalam mobil setelah bosan nonton film dari roof monitor wkwkwk. Klemahan Mobil Nissan All New Grand Livina yg saya temukan cuma saat saya mau upgrade dengan install remote steer dan pasang cruise controlnya dan install camera 360 tidak ada satu bengkelpun yg saya datangi di area Sumsel yg mau/bisa melakukannya wkwkwk. Itu saja PR nya.
Minyak rem ama coolant ud ganti om ? Ud 6 taon loh
Oh iya om DOHC, minyak rem gantinya seinget saya selama 6 tahun lebih pemakaian cuma sekali saat masih service di beres waktu masih masa waranty lupa di interval.berapanya wkwkwk tapi untuk coolant saya ganti saat odo 48 ribu Km barengan saat saya kuras oli matic CVT dan terakhir saya terpaksa ganti coolant lagi may 2020 gara gara tuh assy water pipe bocor halus dan sudah saya ganti baru juga beli di beres Rp 118.250 sehingga tuh coolant radiator isinya berkurang cukup banyak dan rembesan coolant radiator menyebabkan menyebabkan PnP Switch bawaan error sehingga terpaksa ganti PnP Switch punya Nissan Sentra tahun 2013-2014 yg saya beli di lazada Rp 245 ribu murah tapi kalau beli ORI nya punya ANGL di beres mah mihil harganya kalau gak salah 1.8 jt an wkwkwk. Untung gue ngerti sedikit sedikit tentang part part replacement dan kode part nya untuk maintenance mobil ini dan tahu online shop tempat beli part part nya yg murah meriah fans nya orang kere hore yg anti diperbudak mobil.
Screenshot_2020-07-23-09-33-38-428_com.lazada.android.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

marmut wrote:klaher bearing....
:big_think:


valve klep

rante keteng

per spring



*tepokjidat
Klaher bearing mah kalau tuh bola bolanya yg didalem klaher kagak satupun yg oblak mah kagak perlu ganti Om cukup lumasi ulang lagi dengan grease aja tok cer teruss .
Rante keteng dll mah kagak pernah kesentuh atau gue lihat apalagi diganti wkwkwk
lah busi bawaan aja belum pernah sekalipun dibuka dari pertama beli nih mobil apalagi diganti walaupun saya pribadi ada nyetok 4 buah busi iridium nya NGK beli di distributornya yg lumayan harganya tapi mengingat kuatnya busi iridium bawaannya yg sudah 6 tahun lebih dipakai tanpa kendala[emoji106] terasa worth banget nyetok nya. Nanti kalau odo sudah 150 ribu km baru terpakai tuh stock businya wkwkwk baru saya ganti busi bawaannya rencananya.
:glodak:
HR15DE 2014
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Or4cle »

marmut wrote: Thu Jul 23, 2020 2:14 klaher bearing....
:big_think:


valve klep

rante keteng

per spring



*tepokjidat
Mungkin yang dimaksud klaher bearing itu CV joint mbah Marmut
Kalau Valve klep (sil ??), timing chain (rantai keteng), per spring (spring valve ???) itu jarang rusak, CMIIW :big_peace:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

Or4cle wrote:
marmut wrote: Thu Jul 23, 2020 2:14 klaher bearing....
:big_think:


valve klep

rante keteng

per spring



*tepokjidat
Mungkin yang dimaksud klaher bearing itu CV joint mbah Marmut
Kalau Valve klep (sil ??), timing chain (rantai keteng), per spring (spring valve ???) itu jarang rusak, CMIIW :big_peace:
Kalau di mobil ANGL saya CV Joint belum pernah di utak atik dari baru beli sampai sekarang wkwkwk tapi kalau klaher bearing roda depan ya memang sudah 2X di buka untuk pelumasan ulang agar grease nya jangan sampai kering tapi selama bola bola dlm klahernya tidak ada satupun yg oblak ya tidak perlu ganti
klaher bearingnya.
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11869
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by marmut »

sudah lama main di Seraya Motor mbok yao jangan serakah.
rante ya rante aja jangan ditambahin keteng.
laher ya laher aja jangan didobel sama bearing. mau taruh dimana kalo laher dan bearing dipasang berbarengan?

rantai/rante = bahasa indonesia
keteng = bahasa belanda yang kalo diterjemahkan ke bahasa inggris jadi chain
bearing dengan laher/lager itu samo bae pakcik.
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Or4cle »

Herman7103 wrote: Thu Jul 23, 2020 3:40
Or4cle wrote:
marmut wrote: Thu Jul 23, 2020 2:14 klaher bearing....
:big_think:


valve klep

rante keteng

per spring



*tepokjidat
Mungkin yang dimaksud klaher bearing itu CV joint mbah Marmut
Kalau Valve klep (sil ??), timing chain (rantai keteng), per spring (spring valve ???) itu jarang rusak, CMIIW :big_peace:
Kalau di mobil ANGL saya CV Joint belum pernah di utak atik dari baru beli sampai sekarang wkwkwk tapi kalau klaher bearing roda depan ya memang sudah 2X di buka untuk pelumasan ulang agar grease nya jangan sampai kering tapi selama bola bola dlm klahernya tidak ada satupun yg oblak ya tidak perlu ganti
klaher bearingnya.
Oooooo bearing roda mksdnya
Bearing roda kalau rusak dengung, digoyang roda kocak.
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

Or4cle wrote:
Herman7103 wrote: Thu Jul 23, 2020 3:40
Or4cle wrote: Mungkin yang dimaksud klaher bearing itu CV joint mbah Marmut
Kalau Valve klep (sil ??), timing chain (rantai keteng), per spring (spring valve ???) itu jarang rusak, CMIIW :big_peace:
Kalau di mobil ANGL saya CV Joint belum pernah di utak atik dari baru beli sampai sekarang wkwkwk tapi kalau klaher bearing roda depan ya memang sudah 2X di buka untuk pelumasan ulang agar grease nya jangan sampai kering tapi selama bola bola dlm klahernya tidak ada satupun yg oblak ya tidak perlu ganti
klaher bearingnya.
Oooooo bearing roda mksdnya
Bearing roda kalau rusak dengung, digoyang roda kocak.
Saya Accountant mbah bukan montir, jadi harap maklum ora ngarti bahasa teknis yg bener kecuali dijelasin dgn bener. Betul maksud saya bearing roda depan mobilnya. Dalam bearing nya itu ada bola bola kecil nya itu jangan sampai satupun oblak saja biar ngak perlu ganti bearingnya cuma lumasin aja tok cerr senyap ngak ada bunyi aneh lagi.[emoji2]
:glodak:
HR15DE 2014
ariespark76
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Mon Jul 13, 2020 12:57
Location: Jakarta

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by ariespark76 »

Herman7103 wrote: Thu Jul 23, 2020 0:00
ariespark76 wrote:Saya pakai angl 2014 sampe skrg alhamdulillah sampe saat ini gak ada kerusakan.

Krn skrg2 ini beres tutup krn pandemik, kmrn sebelom lebaran ganti oli and filter nya di shop and drive pake 5w30

Kalo dr mid sih bbm jadi lebih irit..
Mobil Nissan All New Livina Tahun 2014 memang bandel Om kayak punya saya tahun 2014 yg matic CVT,
selama 6 tahun lebih dipakai part bawaan yg pernah diganti cuma aki yg bawaan saya ganti setelah 2 1/2 tahun pemakaian, lalu karet wiper depan sepasang diganti di tahun ke 3 pemakaian, 1 bohlam LED high mount stop lamp bagian belakang diganti di tahun ke 5 pemakaian, serta sepasang kampas rem depan nya saya ganti di tahun ke 6 pemakaian dan part terakhir yg ganti setelah lewat 6 tahun pemakaian 1 buah Pipe Assy – Water dengan part no 14053-1KXpA seharga Rp 118.250 dan
Park / Neutral Position Switch part No 31918-1XK0A dibeli di lazada seharga Rp 245 ribu rupiah sementara untuk sektor kaki kaki semua Shock Absorber dan per nya masih bawaan semua, untuk sektor kaki kaki cuma klaher bearing depan yg pernah di re-greasing sebanyak 2 kali karena greasenya tinggal sedikit jadi di lumasi ulang saja grease tiap 3 tahun pemakaian yg penting bola bola di klaher bearingnya jangan sampai ada yg oblak saja setelah di check, lalu lumasi dgn grease so far sampai sekarang selama mobil di jalan atau ngelewati polisi tidur tidak ada bunyi bunyi aneh (senyap) dan nyaman seperti saat mobil.baru keluar dari dealernya. Dan karena SPBU dekat tempat tinggal saya masih nyediain premium ron 88 sampai sekarang maka dari 6 tabun lalu sampai skrg ,
maka, itulah BBM yg selalu diisikan ke mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 punya saya dan hasilnya suara mesin sampai skrg masih halus. Kuncinya asal oli mesin selalu pakai oli Synthetic 5W30 yg asli bukan ACDC dan juga ganti filter oli mesinnya tiap 6 atau 7 bulan dan kuras oli CVT tiap 48 ribu KM pemakaian so far so good nih mobil ngak pernah mogok di jalan dan always operational [emoji106] dan kalau dibawa jalan jauh 3 anak saya sering banget tertidur dalam mobil setelah bosan nonton film dari roof monitor wkwkwk. Klemahan Mobil Nissan All New Grand Livina yg saya temukan cuma saat saya mau upgrade dengan install remote steer dan pasang cruise controlnya dan install camera 360 tidak ada satu bengkelpun yg saya datangi di area Sumsel yg mau/bisa melakukannya wkwkwk. Itu saja PR nya.

Nah masalah oli cvt saya belom pernah ganti. Pernah denger2 oli nya gak dijual benlbas yak om? KM belom 50rb sih... Rencana mau ganti begitu beres udah buka...

Yg udh di tambah atau ganti HU merk kenwood + bass kolong merk pioneer, trs masang dumper buat di belakang krn ini mobil buat angkut barang dagangan biar per gak cepet ambles kata temen.
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

ariespark76 wrote:
Herman7103 wrote: Thu Jul 23, 2020 0:00
ariespark76 wrote:Saya pakai angl 2014 sampe skrg alhamdulillah sampe saat ini gak ada kerusakan.

Krn skrg2 ini beres tutup krn pandemik, kmrn sebelom lebaran ganti oli and filter nya di shop and drive pake 5w30

Kalo dr mid sih bbm jadi lebih irit..
Mobil Nissan All New Livina Tahun 2014 memang bandel Om kayak punya saya tahun 2014 yg matic CVT,
selama 6 tahun lebih dipakai part bawaan yg pernah diganti cuma aki yg bawaan saya ganti setelah 2 1/2 tahun pemakaian, lalu karet wiper depan sepasang diganti di tahun ke 3 pemakaian, 1 bohlam LED high mount stop lamp bagian belakang diganti di tahun ke 5 pemakaian, serta sepasang kampas rem depan nya saya ganti di tahun ke 6 pemakaian dan part terakhir yg ganti setelah lewat 6 tahun pemakaian 1 buah Pipe Assy – Water dengan part no 14053-1KXpA seharga Rp 118.250 dan
Park / Neutral Position Switch part No 31918-1XK0A dibeli di lazada seharga Rp 245 ribu rupiah sementara untuk sektor kaki kaki semua Shock Absorber dan per nya masih bawaan semua, untuk sektor kaki kaki cuma klaher bearing depan yg pernah di re-greasing sebanyak 2 kali karena greasenya tinggal sedikit jadi di lumasi ulang saja grease tiap 3 tahun pemakaian yg penting bola bola di klaher bearingnya jangan sampai ada yg oblak saja setelah di check, lalu lumasi dgn grease so far sampai sekarang selama mobil di jalan atau ngelewati polisi tidur tidak ada bunyi bunyi aneh (senyap) dan nyaman seperti saat mobil.baru keluar dari dealernya. Dan karena SPBU dekat tempat tinggal saya masih nyediain premium ron 88 sampai sekarang maka dari 6 tabun lalu sampai skrg ,
maka, itulah BBM yg selalu diisikan ke mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 punya saya dan hasilnya suara mesin sampai skrg masih halus. Kuncinya asal oli mesin selalu pakai oli Synthetic 5W30 yg asli bukan ACDC dan juga ganti filter oli mesinnya tiap 6 atau 7 bulan dan kuras oli CVT tiap 48 ribu KM pemakaian so far so good nih mobil ngak pernah mogok di jalan dan always operational [emoji106] dan kalau dibawa jalan jauh 3 anak saya sering banget tertidur dalam mobil setelah bosan nonton film dari roof monitor wkwkwk. Klemahan Mobil Nissan All New Grand Livina yg saya temukan cuma saat saya mau upgrade dengan install remote steer dan pasang cruise controlnya dan install camera 360 tidak ada satu bengkelpun yg saya datangi di area Sumsel yg mau/bisa melakukannya wkwkwk. Itu saja PR nya.

Nah masalah oli cvt saya belom pernah ganti. Pernah denger2 oli nya gak dijual benlbas yak om? KM belom 50rb sih... Rencana mau ganti begitu beres udah buka...

Yg udh di tambah atau ganti HU merk kenwood + bass kolong merk pioneer, trs masang dumper buat di belakang krn ini mobil buat angkut barang dagangan biar per gak cepet ambles kata temen.
Saran saya karena odo baru 50 ribu KM, sebaiknya ganti dgn metode kuras dgn turunin oil pan nya Om di bengkel resmi nissan serta ganti juga filter Matic CVT nya juga seperti yg saya lakukan saat penggantian dgn kuras oli CVT di bengkel Nissan Palembang saat odo mencapai 8X.[cencored] Km saat masa pakai sudah mencapai 6 tahun lebih. Yang pertama saya kuras oli CVT saat odo baru 48 ribu KM ditahun ke 4 pemakaian mobil, Oli CVT beli di beres Nissan type NS3. Ganti oli CVT untuk keawetan transmisi CVT lebih murah dibandingkan kalau transmisinya jebol karena setahu saya dulu saat tanya di beres harga transmisi CVT nya per unit harganya 45 juta wkwkwk tapi jangan khawatir transmisi CVT honda mobixxx lebih mahal dari punya Nissan ANGL, dan mencapai 60 an jt.
:glodak:
HR15DE 2014
ariespark76
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Mon Jul 13, 2020 12:57
Location: Jakarta

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by ariespark76 »

Herman7103 wrote: Thu Jul 23, 2020 6:32
ariespark76 wrote:
Herman7103 wrote: Thu Jul 23, 2020 0:00 Mobil Nissan All New Livina Tahun 2014 memang bandel Om kayak punya saya tahun 2014 yg matic CVT,
selama 6 tahun lebih dipakai part bawaan yg pernah diganti cuma aki yg bawaan saya ganti setelah 2 1/2 tahun pemakaian, lalu karet wiper depan sepasang diganti di tahun ke 3 pemakaian, 1 bohlam LED high mount stop lamp bagian belakang diganti di tahun ke 5 pemakaian, serta sepasang kampas rem depan nya saya ganti di tahun ke 6 pemakaian dan part terakhir yg ganti setelah lewat 6 tahun pemakaian 1 buah Pipe Assy – Water dengan part no 14053-1KXpA seharga Rp 118.250 dan
Park / Neutral Position Switch part No 31918-1XK0A dibeli di lazada seharga Rp 245 ribu rupiah sementara untuk sektor kaki kaki semua Shock Absorber dan per nya masih bawaan semua, untuk sektor kaki kaki cuma klaher bearing depan yg pernah di re-greasing sebanyak 2 kali karena greasenya tinggal sedikit jadi di lumasi ulang saja grease tiap 3 tahun pemakaian yg penting bola bola di klaher bearingnya jangan sampai ada yg oblak saja setelah di check, lalu lumasi dgn grease so far sampai sekarang selama mobil di jalan atau ngelewati polisi tidur tidak ada bunyi bunyi aneh (senyap) dan nyaman seperti saat mobil.baru keluar dari dealernya. Dan karena SPBU dekat tempat tinggal saya masih nyediain premium ron 88 sampai sekarang maka dari 6 tabun lalu sampai skrg ,
maka, itulah BBM yg selalu diisikan ke mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 punya saya dan hasilnya suara mesin sampai skrg masih halus. Kuncinya asal oli mesin selalu pakai oli Synthetic 5W30 yg asli bukan ACDC dan juga ganti filter oli mesinnya tiap 6 atau 7 bulan dan kuras oli CVT tiap 48 ribu KM pemakaian so far so good nih mobil ngak pernah mogok di jalan dan always operational [emoji106] dan kalau dibawa jalan jauh 3 anak saya sering banget tertidur dalam mobil setelah bosan nonton film dari roof monitor wkwkwk. Klemahan Mobil Nissan All New Grand Livina yg saya temukan cuma saat saya mau upgrade dengan install remote steer dan pasang cruise controlnya dan install camera 360 tidak ada satu bengkelpun yg saya datangi di area Sumsel yg mau/bisa melakukannya wkwkwk. Itu saja PR nya.

Nah masalah oli cvt saya belom pernah ganti. Pernah denger2 oli nya gak dijual benlbas yak om? KM belom 50rb sih... Rencana mau ganti begitu beres udah buka...

Yg udh di tambah atau ganti HU merk kenwood + bass kolong merk pioneer, trs masang dumper buat di belakang krn ini mobil buat angkut barang dagangan biar per gak cepet ambles kata temen.
Saran saya karena odo baru 50 ribu KM, sebaiknya ganti dgn metode kuras dgn turunin oil pan nya Om di bengkel resmi nissan serta ganti juga filter Matic CVT nya juga seperti yg saya lakukan saat penggantian dgn kuras oli CVT di bengkel Nissan Palembang saat odo mencapai 8X.[cencored] Km saat masa pakai sudah mencapai 6 tahun lebih. Yang pertama saya kuras oli CVT saat odo baru 48 ribu KM ditahun ke 4 pemakaian mobil, Oli CVT beli di beres Nissan type NS3. Ganti oli CVT untuk keawetan transmisi CVT lebih murah dibandingkan kalau transmisinya jebol karena setahu saya dulu saat tanya di beres harga transmisi CVT nya per unit harganya 45 juta wkwkwk tapi jangan khawatir transmisi CVT honda mobixxx lebih mahal dari punya Nissan ANGL, dan mencapai 60 an jt.
Emang sih om ada rencana mo kuras oli cvt nya nanti kalau ada rezeki and beres udh buka.

Drpd drpd mendingan mendingan yak om... :big_think:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

marmut wrote: Thu Jul 23, 2020 2:14 klaher bearing....
:big_think:


valve klep

rante keteng

per spring



*tepokjidat
Bearing shock kayanya mbah...
Yg di bawah support shockbreaker....
nubie in all things - still need to learn
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

Pny om herman awet tp kok kena sensornya itu sama pipe water yg dari waterpump ya?
Kondisi jalan dan lalulintas nya emang mendukung si HR15 awett krn jalanan palembang seingat saya ngga rusak2 amat yg dalam kota, kecuali ke arah jambi sama daerah indralaya.
Sdh tu jarang macet banget krn lebar jalannya lumayan lebar dan kendaraan ngga banyak tp skrg macet juga kayanya tu Palembang :D
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

blloewy wrote:Pny om herman awet tp kok kena sensornya itu sama pipe water yg dari waterpump ya?
Kondisi jalan dan lalulintas nya emang mendukung si HR15 awett krn jalanan palembang seingat saya ngga rusak2 amat yg dalam kota, kecuali ke arah jambi sama daerah indralaya.
Sdh tu jarang macet banget krn lebar jalannya lumayan lebar dan kendaraan ngga banyak tp skrg macet juga kayanya tu Palembang :D
Punya saya part yg bocor halus itu
namanya Pipe Assy – Water dengan part no 14053-1KXPA yang materialnya seperti terbuat dari plastic warna hitam dan bentuknya kecil.
Gimana gak bocor halus tuh part karena selama 6 tahun lebih dialirin cairan coolant yg panas dan material nya kayak berbahan plastic warna hitam dan cairan yg bocor tsb mengenai PnP Switch nya hingga error jadinya wkwkwk. Untung harganya ngak mahal part tsb wkwkwk
:glodak:
HR15DE 2014
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

Kl minyak rem saran saya tiap taon atau 20 rebu km aj, sbotol murah, ga harus merek nissan koq

Drpd piston kaliper macet, parts rem batu makam lipindut seinget saya ga mahal tp ga murah2 amat

Minyak rem lebi murah

Weekend iseng bsa kuras, trus minyak lamanya dikumpulin d wadah plastik tertutup, lmayan buat rendem gembok macet, olesin lobang tikus biar pada mabok di dalem
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

DOHC wrote:Kl minyak rem saran saya tiap taon atau 20 rebu km aj, sbotol murah, ga harus merek nissan koq

Drpd piston kaliper macet, parts rem batu makam lipindut seinget saya ga mahal tp ga murah2 amat

Minyak rem lebi murah

Weekend iseng bsa kuras, trus minyak lamanya dikumpulin d wadah plastik tertutup, lmayan buat rendem gembok macet, olesin lobang tikus biar pada mabok di dalem
Noted, terima kasih atas sarannya om.
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

Herman7103 wrote:
blloewy wrote:Pny om herman awet tp kok kena sensornya itu sama pipe water yg dari waterpump ya?
Kondisi jalan dan lalulintas nya emang mendukung si HR15 awett krn jalanan palembang seingat saya ngga rusak2 amat yg dalam kota, kecuali ke arah jambi sama daerah indralaya.
Sdh tu jarang macet banget krn lebar jalannya lumayan lebar dan kendaraan ngga banyak tp skrg macet juga kayanya tu Palembang :D
Punya saya part yg bocor halus itu
namanya Pipe Assy – Water dengan part no 14053-1KXPA yang materialnya seperti terbuat dari plastic warna hitam dan bentuknya kecil.
Gimana gak bocor halus tuh part karena selama 6 tahun lebih dialirin cairan coolant yg panas dan material nya kayak berbahan plastic warna hitam dan cairan yg bocor tsb mengenai PnP Switch nya hingga error jadinya wkwkwk. Untung harganya ngak mahal part tsb wkwkwk
Ini penampakan pipe assy-water part no 14053-1KX OA bawaan yg bocor halus tapi sempat di
tambal oleh beres yg sudah saya copot ganti baru yang ori juga biar aman untuk 6 tahun kedepannya.
Buat owner Mobil ANGL kalau part ini bocor halus maka coolant di reservoir akan turun drastis dan menyebabkan Park Neutral position sensor error kena tumpahan cairan coolant tsb dan mesti ganti baru juga yg kalau anda beli di beres harganya 1.8 juta cuma kalau anda beli di Lazada ,
Park Neutral position sensor punya Nissan Sentra 2013-2014 cuma 245 ribu saja dan plug and play yang berarti ada part part sensor punya nissan sentra 2013-2014 yang bisa jadi replacement part mobil Nissan All New Grand Livina tahun 2014. Semoga informasi ini berguna buat owner Nissan ANGL 2014 yg mengalami hal yg sama.
IMG_20200723_175740_1.jpg
IMG_20200723_175729.jpg
IMG_20200723_175854.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11869
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by marmut »

Herman7103 wrote: Thu Jul 23, 2020 11:15 Ini penampakan pipe assy-water part no 14053-1KX OA bawaan yg bocor halus tapi sempat di
tambal oleh beres ...

-

itu di lem epoxy?
kalau mau lebih awet, disolder dulu sampai plastiknya meleleh dan dicor plastik lagi supaya retaknya ketutup, setelah itu oles lem cyanoacrylate sedikit saja. kalau sudah kering, baru ditutup lem epoxy.
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

marmut wrote:
Herman7103 wrote: Thu Jul 23, 2020 11:15 Ini penampakan pipe assy-water part no 14053-1KX OA bawaan yg bocor halus tapi sempat di
tambal oleh beres ...

-

itu di lem epoxy?
kalau mau lebih awet, disolder dulu sampai plastiknya meleleh dan dicor plastik lagi supaya retaknya ketutup, setelah itu oles lem cyanoacrylate sedikit saja. kalau sudah kering, baru ditutup lem epoxy.
Itu yg ngelem mekanik beresnya om wkwkwk utk nutupi bocornya sembari nunggu part pesanan saya nyampe beres nya. Btw thank you untuk informasi cara atau tehnik ngelem yg bener nya. Saya udah copot part yg bekas lem-an beres dan ganti part ori yg tiba 7 hari kemudian murah cuma Rp 118.250 tapi setelah terpasang perasaan saya tenang dan peace of mind karena mobil memang mau di gunakan untuk jangka panjang.
:glodak:
HR15DE 2014
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

Banyak kejadian Ball Joint Livina copot di jalan.
Itu ball joint emang bisa ditembak grease ya?
Setau saya ball joint grease nya di dalam selama blm sobek ya aman.
Kira2 bagian mana Ball Joint yg ditembak grease ya?
nubie in all things - still need to learn
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by supriyadi »

Herman7103 wrote: Thu Jul 23, 2020 11:15
Herman7103 wrote:
blloewy wrote:Pny om herman awet tp kok kena sensornya itu sama pipe water yg dari waterpump ya?
Kondisi jalan dan lalulintas nya emang mendukung si HR15 awett krn jalanan palembang seingat saya ngga rusak2 amat yg dalam kota, kecuali ke arah jambi sama daerah indralaya.
Sdh tu jarang macet banget krn lebar jalannya lumayan lebar dan kendaraan ngga banyak tp skrg macet juga kayanya tu Palembang :D
Punya saya part yg bocor halus itu
namanya Pipe Assy – Water dengan part no 14053-1KXPA yang materialnya seperti terbuat dari plastic warna hitam dan bentuknya kecil.
Gimana gak bocor halus tuh part karena selama 6 tahun lebih dialirin cairan coolant yg panas dan material nya kayak berbahan plastic warna hitam dan cairan yg bocor tsb mengenai PnP Switch nya hingga error jadinya wkwkwk. Untung harganya ngak mahal part tsb wkwkwk
Ini penampakan pipe assy-water part no 14053-1KX OA bawaan yg bocor halus tapi sempat di
tambal oleh beres yg sudah saya copot ganti baru yang ori juga biar aman untuk 6 tahun kedepannya.
Buat owner Mobil ANGL kalau part ini bocor halus maka coolant di reservoir akan turun drastis dan menyebabkan Park Neutral position sensor error kena tumpahan cairan coolant tsb dan mesti ganti baru juga yg kalau anda beli di beres harganya 1.8 juta cuma kalau anda beli di Lazada ,
Park Neutral position sensor punya Nissan Sentra 2013-2014 cuma 245 ribu saja dan plug and play yang berarti ada part part sensor punya nissan sentra 2013-2014 yang bisa jadi replacement part mobil Nissan All New Grand Livina tahun 2014. Semoga informasi ini berguna buat owner Nissan ANGL 2014 yg mengalami hal yg sama.IMG_20200723_175740_1.jpgIMG_20200723_175729.jpgIMG_20200723_175854.jpg
Nanya Om Herman, part ini dimana ya letaknya & apa fungsinya
Trims :big_deal: :big_deal:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

supriyadi wrote:
Herman7103 wrote: Thu Jul 23, 2020 11:15
Herman7103 wrote:Punya saya part yg bocor halus itu
namanya Pipe Assy – Water dengan part no 14053-1KXPA yang materialnya seperti terbuat dari plastic warna hitam dan bentuknya kecil.
Gimana gak bocor halus tuh part karena selama 6 tahun lebih dialirin cairan coolant yg panas dan material nya kayak berbahan plastic warna hitam dan cairan yg bocor tsb mengenai PnP Switch nya hingga error jadinya wkwkwk. Untung harganya ngak mahal part tsb wkwkwk
Ini penampakan pipe assy-water part no 14053-1KX OA bawaan yg bocor halus tapi sempat di
tambal oleh beres yg sudah saya copot ganti baru yang ori juga biar aman untuk 6 tahun kedepannya.
Buat owner Mobil ANGL kalau part ini bocor halus maka coolant di reservoir akan turun drastis dan menyebabkan Park Neutral position sensor error kena tumpahan cairan coolant tsb dan mesti ganti baru juga yg kalau anda beli di beres harganya 1.8 juta cuma kalau anda beli di Lazada ,
Park Neutral position sensor punya Nissan Sentra 2013-2014 cuma 245 ribu saja dan plug and play yang berarti ada part part sensor punya nissan sentra 2013-2014 yang bisa jadi replacement part mobil Nissan All New Grand Livina tahun 2014. Semoga informasi ini berguna buat owner Nissan ANGL 2014 yg mengalami hal yg sama.IMG_20200723_175740_1.jpgIMG_20200723_175729.jpgIMG_20200723_175854.jpg
Nanya Om Herman, part ini dimana ya letaknya & apa fungsinya
Trims :big_deal: :big_deal:
Part ini letaknya di sekitaran bawah aki dan part ini berfungsi sebagai cabangan nya pipa yg di lewati oleh coolant yg panas jadi kalau umurnya lewat 6 tahun lebih rentan bocor alus karena materialnya terbuat dari bahan mirip plastik sih dan kalau bocor alus tuh coolant bikin sensor PNP mobil error jadinya wkwkwk.
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11869
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by marmut »

blloewy wrote: Mon Aug 03, 2020 1:11 Banyak kejadian Ball Joint Livina copot di jalan.
Itu ball joint emang bisa ditembak grease ya?
Setau saya ball joint grease nya di dalam selama blm sobek ya aman.
Kira2 bagian mana Ball Joint yg ditembak grease ya?

ngga bisa karena ngga ada nipple-nya.
hanya bisa ganti ball joint saja atau komplit dengan arm dan bushing.
bukan cuma livina aja yang bisa copot ball joint-nya, semua kendaraan yang pake ball joint, kalo gaya nyetirnya ala kenjiro shinozuka ya pasti gampang copot.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1843
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by MSU »

marmut wrote: Mon Aug 03, 2020 3:04
blloewy wrote: Mon Aug 03, 2020 1:11 Banyak kejadian Ball Joint Livina copot di jalan.
Itu ball joint emang bisa ditembak grease ya?
Setau saya ball joint grease nya di dalam selama blm sobek ya aman.
Kira2 bagian mana Ball Joint yg ditembak grease ya?

ngga bisa karena ngga ada nipple-nya.
hanya bisa ganti ball joint saja atau komplit dengan arm dan bushing.
bukan cuma livina aja yang bisa copot ball joint-nya, semua kendaraan yang pake ball joint, kalo gaya nyetirnya ala kenjiro shinozuka ya pasti gampang copot.
mungkin banyak pembaca SM yang ga ngalami jaman kenjiro shinozuka om :big_biglaugh: :big_biglaugh:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

blloewy wrote: Mon Aug 03, 2020 1:11 Banyak kejadian Ball Joint Livina copot di jalan.
Itu ball joint emang bisa ditembak grease ya?
Setau saya ball joint grease nya di dalam selama blm sobek ya aman.
Kira2 bagian mana Ball Joint yg ditembak grease ya?
Banyak ?? Mustinya nga sehh

Dl saya pake 2007 OGL 1.5 XV 5 speed HR15DE single cvtc injector with tumble flaps intake manifold mitsuboshi lokal fanbelt , ga perna jebol balljoint sehh, malah yg kalah duluan pasti karet bushing arm bawah ama bushing cross member nya duluan.. penyakit klasik OGL ini, makanya skrg 2 parts ini murah pake banget
supriyadi wrote: Mon Aug 03, 2020 2:10
Herman7103 wrote: Thu Jul 23, 2020 11:15
Herman7103 wrote:Punya saya part yg bocor halus itu
namanya Pipe Assy – Water dengan part no 14053-1KXPA yang materialnya seperti terbuat dari plastic warna hitam dan bentuknya kecil.
Gimana gak bocor halus tuh part karena selama 6 tahun lebih dialirin cairan coolant yg panas dan material nya kayak berbahan plastic warna hitam dan cairan yg bocor tsb mengenai PnP Switch nya hingga error jadinya wkwkwk. Untung harganya ngak mahal part tsb wkwkwk
Ini penampakan pipe assy-water part no 14053-1KX OA bawaan yg bocor halus tapi sempat di
tambal oleh beres yg sudah saya copot ganti baru yang ori juga biar aman untuk 6 tahun kedepannya.
Buat owner Mobil ANGL kalau part ini bocor halus maka coolant di reservoir akan turun drastis dan menyebabkan Park Neutral position sensor error kena tumpahan cairan coolant tsb dan mesti ganti baru juga yg kalau anda beli di beres harganya 1.8 juta cuma kalau anda beli di Lazada ,
Park Neutral position sensor punya Nissan Sentra 2013-2014 cuma 245 ribu saja dan plug and play yang berarti ada part part sensor punya nissan sentra 2013-2014 yang bisa jadi replacement part mobil Nissan All New Grand Livina tahun 2014. Semoga informasi ini berguna buat owner Nissan ANGL 2014 yg mengalami hal yg sama.IMG_20200723_175740_1.jpgIMG_20200723_175729.jpgIMG_20200723_175854.jpg
Nanya Om Herman, part ini dimana ya letaknya & apa fungsinya
Trims :big_deal: :big_deal:
Di OGL kayanya blom pake ntuh pipa plastik bypass om
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

Kl di OGL malah yg sering kejadian pipa plastik patah atau retak itu di pipa yg buat PCV valve, dr enjin head ke selang udara sblom TB, ntuh suka retak atau bahkan patah, ini yg sala satu bkin rpm goyang dangdut
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: