
Tips2 hemat BBM
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Tips2 hemat BBM
Bagi tips2 supaya motor hemat BBM duonk.. (bukan buat kebut2an yach 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Mon Aug 06, 2007 3:41
Hemat bbm ya...,
Hmm...let's see..., ane punya resep pribadi sbb :
- Koil ganti koil racing ( terserah merek apa, yang recommend : blue thunder, koil mobil timor ), biaya sekitar 150-200rb
- CDI ganti CDI racing aftermarket ( sekarang pake CDI BRT Dualband tipe T-R ) - biaya sekitar 350rb - 1jt, tergantung merek
- Eksperimen ganti gear, contohnya untuk ZX tunggangan pribadi ane , ada dari saran temen coba ganti dari standar 14-42 ke mata 13-38, biaya sekitar 100rb-150rb
- Rantai ganti dari tipe 420 atau 428, kalo buat hemat bbm seharusnya ganti rantai yang lebih tipis, mungkin bisa dicoba rantai 415 tipe Heavy Duty, jamak dipake di roadrace, jadi kekuatannya tidak usah diragukan lagi.., biaya sekitar 100-400rb, tergantung merek rantainya
- Angin ban dari angin biasa ganti pakai nitrogen, isi beberapa psi diatas standar pabrik ( karena ban yang memakai nitro akan terasa lebih empuk daripada yang memakai angin biasa, ane pribadi kalo isi nitro pake 33 psi untuk depan, untuk belakang 37-38 psi ), biaya isi nitrogen cuma 5rb per ban di Sawah Besar ( ESPEDE Ban )
- Tambah acetone kedalam bbm, 2-3cc per liter bbm, beli acetone 5rb ( 50cc ) atau 9rb ( 100cc ) di apotik biasa
- Tambah alat penghemat bbm, sekarang ini ane pake magic jet, waktu beli sekitar 150rb
- BBM-nya sendiri kalo bisa pake yang paling bagus mutunya, Pertamax / Pertamax Plus mungkin lebih mahal dari premium biasa, tapi sudah diulas di otomotif bahwa juga akan terjadi penghematan pemakaian bbm bila menggunakan pertamax / pertamax plus sekitar beberapa persen
- Pakai oli yang sesuai spec mesin dari pabrik, jika mesin meminta oli 10w40 jangan pake oli 20w40 / 20w50, karena hambatan geseknya lebih besar daripada oli dengan spec 10w40.
- Kalo mo riset sedikit, coba install water-injection, atau pasang oil cooler / radiator. Tujuannya adalah menurunkan suhu mesin, karena mesin yang suhu kerjanya lebih rendah performanya akan lebih maksimal...
- Yang gratis, coba ubah gaya berkendara anda, usahakan perpindahan gigi tetap halus, RPM mesin dijaga dikisaran 4000 rpm tiap perpindahan gigi, kecepatan diusahakan konstan di 60-70 kpj, bila bertemu lampu merah dan posisi gigi tinggi, biarkan motor berhenti tanpa pindah gigi, ketika sudah berhenti barulah pindah ke gigi 1 lagi..
Kalo ada yang salah CMIIW, dan kalo ada yang kurang mohon ditambahkeun....
Matur nuwun,
Hmm...let's see..., ane punya resep pribadi sbb :
- Koil ganti koil racing ( terserah merek apa, yang recommend : blue thunder, koil mobil timor ), biaya sekitar 150-200rb
- CDI ganti CDI racing aftermarket ( sekarang pake CDI BRT Dualband tipe T-R ) - biaya sekitar 350rb - 1jt, tergantung merek
- Eksperimen ganti gear, contohnya untuk ZX tunggangan pribadi ane , ada dari saran temen coba ganti dari standar 14-42 ke mata 13-38, biaya sekitar 100rb-150rb
- Rantai ganti dari tipe 420 atau 428, kalo buat hemat bbm seharusnya ganti rantai yang lebih tipis, mungkin bisa dicoba rantai 415 tipe Heavy Duty, jamak dipake di roadrace, jadi kekuatannya tidak usah diragukan lagi.., biaya sekitar 100-400rb, tergantung merek rantainya
- Angin ban dari angin biasa ganti pakai nitrogen, isi beberapa psi diatas standar pabrik ( karena ban yang memakai nitro akan terasa lebih empuk daripada yang memakai angin biasa, ane pribadi kalo isi nitro pake 33 psi untuk depan, untuk belakang 37-38 psi ), biaya isi nitrogen cuma 5rb per ban di Sawah Besar ( ESPEDE Ban )
- Tambah acetone kedalam bbm, 2-3cc per liter bbm, beli acetone 5rb ( 50cc ) atau 9rb ( 100cc ) di apotik biasa
- Tambah alat penghemat bbm, sekarang ini ane pake magic jet, waktu beli sekitar 150rb
- BBM-nya sendiri kalo bisa pake yang paling bagus mutunya, Pertamax / Pertamax Plus mungkin lebih mahal dari premium biasa, tapi sudah diulas di otomotif bahwa juga akan terjadi penghematan pemakaian bbm bila menggunakan pertamax / pertamax plus sekitar beberapa persen
- Pakai oli yang sesuai spec mesin dari pabrik, jika mesin meminta oli 10w40 jangan pake oli 20w40 / 20w50, karena hambatan geseknya lebih besar daripada oli dengan spec 10w40.
- Kalo mo riset sedikit, coba install water-injection, atau pasang oil cooler / radiator. Tujuannya adalah menurunkan suhu mesin, karena mesin yang suhu kerjanya lebih rendah performanya akan lebih maksimal...
- Yang gratis, coba ubah gaya berkendara anda, usahakan perpindahan gigi tetap halus, RPM mesin dijaga dikisaran 4000 rpm tiap perpindahan gigi, kecepatan diusahakan konstan di 60-70 kpj, bila bertemu lampu merah dan posisi gigi tinggi, biarkan motor berhenti tanpa pindah gigi, ketika sudah berhenti barulah pindah ke gigi 1 lagi..
Kalo ada yang salah CMIIW, dan kalo ada yang kurang mohon ditambahkeun....
Matur nuwun,

Vasco - Baby Bleu
B 6707 TFB / ZRC-022
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
wah..vasco wrote:Hemat bbm ya...,
Hmm...let's see..., ane punya resep pribadi sbb :
- Koil ganti koil racing ( terserah merek apa, yang recommend : blue thunder, koil mobil timor ), biaya sekitar 150-200rb
- CDI ganti CDI racing aftermarket ( sekarang pake CDI BRT Dualband tipe T-R ) - biaya sekitar 350rb - 1jt, tergantung merek
- Eksperimen ganti gear, contohnya untuk ZX tunggangan pribadi ane , ada dari saran temen coba ganti dari standar 14-42 ke mata 13-38, biaya sekitar 100rb-150rb
- Rantai ganti dari tipe 420 atau 428, kalo buat hemat bbm seharusnya ganti rantai yang lebih tipis, mungkin bisa dicoba rantai 415 tipe Heavy Duty, jamak dipake di roadrace, jadi kekuatannya tidak usah diragukan lagi.., biaya sekitar 100-400rb, tergantung merek rantainya
- Angin ban dari angin biasa ganti pakai nitrogen, isi beberapa psi diatas standar pabrik ( karena ban yang memakai nitro akan terasa lebih empuk daripada yang memakai angin biasa, ane pribadi kalo isi nitro pake 33 psi untuk depan, untuk belakang 37-38 psi ), biaya isi nitrogen cuma 5rb per ban di Sawah Besar ( ESPEDE Ban )
- Tambah acetone kedalam bbm, 2-3cc per liter bbm, beli acetone 5rb ( 50cc ) atau 9rb ( 100cc ) di apotik biasa
- Tambah alat penghemat bbm, sekarang ini ane pake magic jet, waktu beli sekitar 150rb
- BBM-nya sendiri kalo bisa pake yang paling bagus mutunya, Pertamax / Pertamax Plus mungkin lebih mahal dari premium biasa, tapi sudah diulas di otomotif bahwa juga akan terjadi penghematan pemakaian bbm bila menggunakan pertamax / pertamax plus sekitar beberapa persen
- Pakai oli yang sesuai spec mesin dari pabrik, jika mesin meminta oli 10w40 jangan pake oli 20w40 / 20w50, karena hambatan geseknya lebih besar daripada oli dengan spec 10w40.
- Kalo mo riset sedikit, coba install water-injection, atau pasang oil cooler / radiator. Tujuannya adalah menurunkan suhu mesin, karena mesin yang suhu kerjanya lebih rendah performanya akan lebih maksimal...
- Yang gratis, coba ubah gaya berkendara anda, usahakan perpindahan gigi tetap halus, RPM mesin dijaga dikisaran 4000 rpm tiap perpindahan gigi, kecepatan diusahakan konstan di 60-70 kpj, bila bertemu lampu merah dan posisi gigi tinggi, biarkan motor berhenti tanpa pindah gigi, ketika sudah berhenti barulah pindah ke gigi 1 lagi..
Kalo ada yang salah CMIIW, dan kalo ada yang kurang mohon ditambahkeun....
Matur nuwun,
acetone tuh gunanya buat apa? sy baru tau nih..kira2 gimana efeknya dimotor?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:14
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Mon Aug 13, 2007 8:41
bener banget tarik gas pelan2 aja gak usah buru muter gas,bensin akan terbuang sia2 gitu,pas dijalan gak usah pake gaya pembalap deh,biasa aja trus gak usah sok ngepot2 deh,karena motor yang jalannya belok2 maka jarak tepuhnya jadi tambah jauh dibandingkan dengan yang jalannya lempeng2 aja,itu baru sekali jalan coba hitung kalo dipakai tiap hari ditotal selama 2-3 tahun jadi berapa selisihnya,masuk akal kan?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 443
- Joined: Sat May 20, 2006 8:47
- Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat
sebenarnya... susah klo mo irit bbm, tergantung keperluan jg bro.. klo kita lagi buru2 ato ada urusan penting gak mungkin kita pelan-pelan. klo mo irit ya cari motor yang bener2 irit, mau digeber kek apa kek tp tetep irit., ya tips yang paling ok sih kek gitu.. tpi tips dari vasco boleh jg tuh.. cuman terlalu banyak keluarin duitnya, bukannya makin irit malah bobol tuh dompet heheh
Turbo Hayabusa


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
wah... logikanya cucok bgt bro....junox wrote:biasa aja trus gak usah sok ngepot2 deh,karena motor yang jalannya belok2 maka jarak tepuhnya jadi tambah jauh dibandingkan dengan yang jalannya lempeng2 aja,itu baru sekali jalan coba hitung kalo dipakai tiap hari ditotal selama 2-3 tahun jadi berapa selisihnya,masuk akal kan?
tp kl gak belok2 buat nyelip ditengah kemacetan, jdnya ikutan berhenti krn motor didepan jg pada berhenti...
biasanya kl naek motor spt air mengalir...
dimana ada ruang, kesanalah motor melaju... hehehe...

cuman lajunya dibuat perlahan tp pasti... wekekekek

yupsss.....ahardo wrote:klo mo irit ya cari motor yang bener2 irit, mau digeber kek apa kek tp tetep irit., ya tips yang paling ok sih kek gitu..
kl mau irit masa sih hrs make ninja RR....
beli aj motor listrik... pasti irit... hehehehe...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 154
- Joined: Sun Feb 19, 2006 14:12
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 380
- Joined: Mon May 21, 2007 6:55
- Location: Surabaya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Acetone buat bikin pembakaran di ruang mesin jadi bersih tanpa sisa kerak, shingga performa mesin bisa slalu prima.... Kalo mau niat dikit, spy mesin lebih enteng larinya, sehingga kaki gak terlalu dalam nginjek gas, sehingga BBM makin irit, silakan coba modifikasi mesin ini : Port n Polish (inlet dan exhaust di alusin sehingga BBM & udara lancar jaya masuk/keluar), lalu engine balance, yaitu komponen yang masing2 4 biji (jika mesin 4 silinder) disamakan bobotnya shingga mesin jadi balanced, tarikan lebih enteng, kerja mesin ringan tanpa ngabisin banyak BBM....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Mon May 14, 2007 16:06
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 246
- Joined: Wed Feb 21, 2007 7:40
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Tue May 15, 2007 16:36
bner JESKONENG, pug 406 temen gue di Port polish jadi irit...lebih irit dari kijang diesel.
nah kemungkinan0 sama dengan motor ,
...........pernah baca di otomotif banyak yang di port polish...(alusin kurit jeruk)...
kalo ada yang bilang bikin boros...karena tarikan jadi enteng...trus pedal diteken dalem2...yha boros lha
dikasih ati minta jantung hehehhe
nah kemungkinan0 sama dengan motor ,

kalo ada yang bilang bikin boros...karena tarikan jadi enteng...trus pedal diteken dalem2...yha boros lha

dikasih ati minta jantung hehehhe