ginting wrote: Mon Jul 27, 2020 5:21
@FU27
Saya memang masih agak ragu oom, terus terang, dengan CVT di negara +62 ini, dimana kondisi jalan, kondisi traffic, profile user, belum mendukung ke arah awetnya itu CVT.
Saya tidak menafikan efisiensi yg dihasilkan, kok.
Tapi kalau oom telusuri video di Yutub tentang CVT yang ambyar, either karena salah kelakuan usernya, atau salah oli, maka menurut saya to be honest, untuk NKRI ini masih lebih cocok pakai A/T.
Apalagi biaya perbaikan CVT itu jauh lebih mahal dan seringnya harus ganti segelondongan.
cek aja video Worner matic, Gridoto ke Rizky Matic Pulogebang, dll
Selain itu juga saya lihat CVT itu overheat kalau naek pegunungan, jadi kayaknya kudu banyak ritualnya ini type matic.
CVT menurut saya akan jadi alternatif transmisi AT.
geared AT gimana juga masih menang jauh, dari segi pemakaian juga teknologi yg mature.
seingat saya CVT sendiri memang seumuran geared AT tapi stagnan mungkin faktor material, teknologi, dsb yg belum mendukung, baru sekarang muncul lagi.
khusus Indo, ya CVT memang secara alamiah gantinya segelondong, karena memang itu housing ga ada isinya kan, sangat sederhana dibandingkan geared AT. masalahnya di Indo ga terbiasa kan ganti segelondong gitu atau perawatan rutin karena di indo ga pemakai ga bengkel biasanya mayoritas ya koboi, yg penting jalan. nah biasanya kadal2in, dikasi CVT ya otomatis ga bisa diperbaiki part by part = ga Indo banget. apalagi di suruh perawatan rajin ganti Oli ATF. lah isi air wiper saja yang penting air, bukan air minimal air minum dalam kemasan supaya ga gampang lumutan dsb.
untuk kendaraan kecil dalkot saja, saya si seneng CVT. ga ada gear hunting yg nyebelin ketika kecepatan tanggung, selalu halus jadi penumpang nyaman, ga ada sensasi nyetir karena karakter CVT yg lemes gitu ga masalah jadi driver santai tenang taunya cuma arahkan steer dan gas rem saja. 4 speed geared AT jelas keteteran di soal ini. apalagi kalau AGS, mendingan CVT kemana2. kemudian di kecepatan cruising juga CVT unggul.
nah masalahnya Indo kan ga cuma dalkot saja. setiap daerah bervariasi. disinilah masalah CVT muncul. diajak jalan jarak jauh di pantura, sensasi lemes khas CVT bikin keteteran untuk salip2an belum lagi "rubber band effect" yg bikin tambah kesel, kalau di geared AT paling masalah di ratio atau power band mesin yg tanggung. nah CVT belum bisa kadalin lemesnya ini. ini juga maslaah buat enthusiast (juga netijen mendang mending yg paling vokal)
diajak naik gunung overheat menurut saya ngga lah. tergantung driver. ya kalau driver indo yg mayoritas tidak (dan ga mau) tahu ya memang pasti overheat seperti halnya banyak yg nganggap mobil bagus dengan geared AT kalau bisa di tanjakan ga mundur tanpa di gas dengan posisi transmisi D

juga mirip kejadian di tanjakan curam entah yg bikin jalan memang kepinteran atau driver ga mumpuni jadi mesti lah ada pasukan masyarakat sekitaar khusus ganjal balok. atau overheat/kopling jebol karena maksain nanjak gigi 2 terus2an, karena kalau pake gigi 1 takut mesin rusak karena meraung2. mirip juga di turunan curam, hari gini masih ada aja yg rem ngeblong karena ga pakai gigi rendah atau tahan rem terus2an. ujung2nya yang disalahin ya tentunya "makhluk dunia lain".
overall, disinilah hebatnya daitoyo di indo. produk mesin duit dikasi yg reliable saja, geared AT atau Manual, kuno ga enak dipake tidak masalah, yg penting mayoritas pengguna bahagia.

selebihnya baru d CVT, apalagi kalau mayoritas generasi baru, praktis ga ada lagi yg geared AT.