Saya mau coba review mobil yang sudah kurang lebih 4.5 tahun menemani saya, yaitu BMW E46 325i tahun 2004. Kalo biasanya yang di review mobil nya atau ownership-nya, saya mau coba review dari sisi lain, yaitu maintenance nya.
Tujuannya buat lebih menggambarkan ke temen2 seperti apa perawatan mobil eropa tua (esp E46 325i), apakah emang rewel atau ternyata reliable? Kebetulan saya selalu simpan bon servis dan maintain service log nya di laptop.
BACKGROUND
Saya beli mobil ini di tanggal 8 Januari 2016, waktu itu ini adalah mobil pertama dan mobil satu2 nya, lalu kenapa saya berani ambil mobil eropa apalagi BMW yang katanya rewel?
Pertama emang seneng sama mobilnya, ini penting karena klo udah seneng rewel2 dikit ya jadi lebih ikhlas ngebenerinnya, klo pepatah jaman dulu bilang “Kalo cinta sudah melekat t4i kucing rasa cokelat”.

Kedua saya pengalaman bantu ayah DIY mobil beliau jadi pengetahuan tentang mobil ngga nihil2 banget, minimal tau how the components work, how to treat them properly, how they fail, what to do if they fail.
Ketiga mobil ini bukan alat transportasi utama, saya dlu kerja pakai motor atau naik taksi, jadi klo mobil sampe ngadat yaudah gapapa. Mobil ini selama saya pakai kebanyakan jadi Sunday car, bukan lagi weekend car karena males pake mobil hari sabtu, macheddd….
Pas beli kondisi mobil mungkin sekitar 85%, PR nya:
- Cat di atap sisi kiri rada bule kurleb setelapak tangan
- Peredam panas kap mesin busa nya udah merotol
- Brake disc belakang mulai kemakan
- Kisi AC sisi kiri ngga bisa gerak kanan kiri
- Lampu plat nomor & mikanya hilang 1
Sisanya aman, no fault on the dash, oli mesin baru ganti, kunci lengkap, dokumen2 lengkap termask faktur dan pajak yang baru di bayar di Desember 2015. Odometer sekitar 79 ribu kecil dan langsung dipake2 selama kurleb 1.5 bulan pertama tanpa ngebengkel karena ngga ada penyakit krusial. Sekarang yuk kita mulai bagian seru nya.
2 FEBRUARI 2016
General checkup pertama di Eurokars Kb.Jeruk, rada aneh ya, orang2 general check-up sebelum beli, ini saya sesudah beli, jeda hampir sebulan pula dari beli. haha.. Saat GCU sekalian ada campaign replace passanger airbag. Setelah selesai keluarlah list estimasi penggantian part yang mencapai >40 jt. Hasil GCU mirip kaya hasil inspeksi manual saya, no error code dan part yang critical mesti ganti hanya brake disc belakang dan brake pad. Tapi ada note tambahan di seal leher transmisi, ngga ada netes tapi klo di pegang mulai ada oli2 nya dan visco fan yang mulai keluar oli sedikit. DC GCU 440 rb Incl PPN.
5 FEBRUARI 2016
Belanja pertama beli peredam kap mesin, mau beli yg ori mahal harga nya 1.6 jt, yauda jadinya beli merk v-tech 400 rb terus dibungkus pake kain peredam aslinya, no big deal here.
21 FEBRUARI 2016
Waktunya ngebengkel, bengkel yang disaranin sama teman adalah berdikari motor di PMK, akhirnya kesana, part yang diganti Oli (Shell helix ultra 5W-40), filter oli (mahle), filter bensin (mahle), brake disc depan belakang (Zimmermann), brake pad depan (ATE). Ya penggantian wearable parts aja si. Pas pulang2 bokap nanyain brake disc depan ngapain diganti kan masih bagus, terus saya bingung sendiri, iya juga ya ngapain ganti, wkwk, wong montirnya juga bilang masih bagus. Total cost 3 Juta sahaja, gede di brake disc 4 pcs sekitar 1.9an (btw brake disc 325i beda ukuran dgn 318i & 330i), filter bensin 400an. Oh ya 3 jt blum termasuk oli, oli beli sendiri di toda 200 ribuan per liter dikali 7 jadi 1.4 jt-an.
Tips: Klo temen2 ganti brake disc, perhatiin bahan di bagian yg kaya topi nya yg ngga kena brake pad, besi telanjang atau ada coating nya lagi. Case saya brake disc yg baru bagian itu cuma besi telanjang, seminggu langsung muncul karat apalagi musim hujan. Solusinya saya amplas karatnya sampe kinclong terus semprot pake spray paint yg untuk high temp (dulu pake merk Samurai), saya pake warna clear biar yg beleberan ngga kelihatan, so far sampe sekarang udah 4.5 tahun masih kinclong dan aman ngga ada karat sama sekali.
5 MAY 2016
Pagi2 start mesin, mobil pincang & geter2 di low rpm, langsung cus bengkel, ternyata coil mati 1 (cyl 4 klo ngga salah). DC 350 rb, terus sekalian deh ganti busi, per pcs nya 65 rb x 6 = 390 rb.
11 JUNI 2016
Pagi2 bersihin engine bay, eh kok ada oli2 di pinggir cover klep, cuma meleber dikit bisa di lap tapi kok klo ngga di benerin ngga enak ya, yauda ke bengkel lagi, ganti packing cover klep klo ngga salah total DC 300 apa 400 an sama jasa.
28 JULI 2016
Cerita ini bermula dari 2 minggu sebelumnya (14 Juli), kok mobil pincang lagi ya, cuma kali ini silinder 2, self diagnose cara classic karena ngga punya scanner, tuker2 coil & busi tetep yg mati cyl 2, diliat juga ngga ada basah oli, akhirnya tanggal 21 Juli bawa lagi ke Berdikari PMK, scan & coba2 tuker injector & test pake sensor MAF baru tetep cyl 2 mati. Montir duga kayanya dari DME (ECU) & bilang coba bawa ke bengkel Andi MGK karena Andi ada stock DME.
Sebelum ke Andi saya coba bawa ke Anugrah radal, setelah diagnosa2 diduga juga ECU, Anugrah ngasi estimasi harga 7 jt-an all in karena katanya klo ganti DME harus ganti modul EWS (modul kunci) juga beserta kuncinya, saya skip akhir nya minggu depannya ke Andi, DME dibuka dan di DME nya ada kaya semacem transistor gitu 6 pcs yang ngatur setiap cyl, ternyata transistor 2 nya gosong.
Pas Andi nya liat coil no.2 ada retak, diagnosanya mungkin karena coil nya retak jadi ada semacem resistensi atau voltase gitu saya lupa yg berlebihan & ngerusak si transistor DME nya. Akhir nya ganti ECU copotan & coil untuk cyl 2, total DC 4.2jt (ECU 3.9 jt, coil 300 rb) free jasa karena Mas Andi nya sendiri yg ngerjain, sebenernya mungkin bisa ditawar 4 jt cuma saya ngga nego banyak & kadung seneng mobil bener lagi. Oh ya ternyata di Andi modul EWS nya ngga perlu diganti, cuma butuh synchonize aja.
Note:
1. Sebenernya ECU/DME nya bisa di repair dengan cost yg mungkin cuma sekitar 1 jutaan tapi saya waktu itu ngga sempat karena lagi bolak-balik luar kota.
2. ECU rusak ini sangat jarang di mesin M54 E46, dari semua orang yang saya kenal pakai M54 cuma saya yg kena, mungkin lagi apes. Tapi di E39 bbrp kasus ECU rusak karena lubang buangan air tempat ECU bersarang kekecilan jadi suka mampet dan akhir nya ECU kerendem, solusinya sering2 di bersihin aja.
3. Coil M54 untuk E46 ada 2 merk, bosch dan bremi. Yang bosch body nya kaya dari kayu gitu warna hitam, coil bosch ini yg retak di mobil saya, untuk bremi body nya dari logam silver, kata mas Andi nya dan saya baca2 artikel luar dahulu kala mobil2 dengan coil bosch ada recall di market tertentu dan diganti dengan coil bremi berbody metal. Akhir nya pas ganti coil saya selalu pakai Bremi yg body metal.
28 AGUSTUS 2016
Pagi2 main ke kampus (jadi dosen tamu ceritanya) lewat jalan conblock kok bunyi klutuk2 ya dari belakang, cuss Berdikari lagi, di cek ternyata shock belakang, untuk shock di berdikari ada 3 merk, Sachs, Bilstein, dan Boge, konon katanya Sachs paling empuk, Bilstein paling keras, Boge tengah2, saya ganti merk Bilstein 950rb sama mounting-nya 100 rb sebiji merk lemforder.
18 SEPTEMBER 2016
Cuma spooring & balancing di Andala ban graha raya. Bagus kerjaannya, ban depan belakang di setel (beberapa bengkel terkenal nge-skip belakang bilang ngga bisa di setel) & montir nya bisa jelasin kenapa di set begini begitu.
26 NOVEMBER 2016
Pagi2 cek air radiator kok berkurang ya, mesti nambah sekitar segelas aqua biar full padahal dari beli sampe bulan 10 itu air radiator ngga pernah kurang. Cek pake radiator tester di bengkel, ternyata ada bocor rambut setitik gitu dari samping radiator, kata montir bisa repair, tapi saya pikir daripada repair ngga jelas kualitasnya mending ganti baru sekalian. DC 1.55 jt merk BEHR.
29 DESEMBER 2016
Pagi2 mau start mobil kok bengek ya, gejala aki soak, di cas dulu baru dia kuat start. Akhir nya ganti di Istana Accu Jl. Panjang Kb.Jeruk, pilih merk Dynnex 100A karena garansi 1.5 th, ada amaron juga tapi garansi Cuma 1 th & lebih mahal (klo ngga salah beda 200 rb). Aki lama dari April 2013, arti nya bertahan sekitar 3.5 tahun sahaja. DC aki 2 jt & aki lama dihargain 200 rb. Aki Dynexx tsb masih bertahan sampe sekarang (24-Jul-20).
JANUARI 2017
Selama Januari ini saya ngga ke bengkel sama sekali, tapi cooling system mulai bermasalah, yaitu air radiator suka bocor dari selang yang kejadiannya intermittent dan reservoir retak rambut, indicator air radiator suka nyala tapi saya pake2 aja ngga ada masalah dan ngga overheat, paling cuma topup coolant. Puncaknya di awal Februari selang lepas sendiri saat dipake dan air radiator tumpah, saya pasang lagi selangnya dan berhasil tanpa masalah, tapi bodohnya saya saat top up baut bleeding ngga dibuka, pas jalan jarum temp geser ke kanan & langsung menepi sebelum sampe di zona merah, akhir nya sampe tujuan dengan berhenti2 total sebanyak 3 kali (jarak +- 5 km). Ternyata permasalahannya ada dibawah ini
7 FEBRUARI 2017
Karena mobil lagi demam ngga bisa jalan jauh, panggil montir kerumah & suruh bawa semua part yang mungkin bermasalah. Akhir nya ketahuan masalah utamanya ada di visco fan yang lemah makanya selama januari banyak bocor2 karena visco nya ngga bisa mendinginkan maksimal jd over pressure walaupun ngga sampe overheat. Sementara overheat sebelumnya karena saya ngga bleed dengan benar saat selang lepas. Pas diganti langsung wusss putaran visco fan yg baru jauh lebih joss beda jauh sama yg lama. Abis itu di cek waterpump juga ada sedikit kerak kaya bekas coolant kering disisi sealnya, yauda ganti juga sekalian sama fan belt yg emang udah keliatan kering2 getas. DC visco (BEHR) 700an, waterpump (KWP) 400an, sama fan belt (Continental) 100 ribuan.
Note: setahun sebelumnya saat GCU Beres udah notice tentang Visco fan ini yg mulai keluar oli, harus nya saya ganti aja ya. Tapi lumayan juga tahan hampir 1 tahun dr notice beres.
19 FEBRUARI 2017
Ganti oli & tune up, seperti biasa oli pake SHU 5W-40 ganti tiap 1 tahun / 10rb km. Untuk tune up yang dilakuin motir itu bersih2 busi, bersih2 filter udara, bersih2 filter bensin, bersih2 injector.
22 APRIL 2017
General checkup lagi & sekaligus campaign ganti airbag driver di Tunas BMW Tomang, yang ajaib adalah airbag tetep di ganti tanpa babibu walaupun stir saya udah ganti pake stir M3, ngga banyak alasan stir udah ngga standard. Beda sama temen saya yang ganti setelah saya di dealer BMW dari grup lain, mesti ngotot2an dlu & nunjukkin foto saya yang lagi pamer airbag baru, baru setelah itu digantiin.
8 JULI 2017
Iseng2 ke bengkel cek kaki2, part2 yang pas di cek udah kurang bagus wheel bearing kiri belakang (merk NIS) klo ngga salah 100 apa 200 rbuan, Link stabilizer (Lemforder) kayanya 200an, sama bushing arm (Lemforder) kayanya 300an.
28 AGUSTUS 2017
Akhirnya seal transmisi yang diinfo sama beres mulai ada oli di tahun 2016 menyerah, sekarang olinya udah netes di lantai walaupun sedikit, cuss bawa ke bengkel di daerah BSD, ganti seal leher transmisi, mounting transmisi, dan part2 internal lain yang menurut bengkel lebih baik ganti, total DC 3.6an termasuk jasa.
14 OCTOBER 2017
Spooring & balancing di suatu bengkel besar & terkenal di Joglo Jak-bar, kerjaannya payah menurut saya, masa ban belakang ngga di spooring, untung saya pantau pas mobil diturunin saya tanya “Mas kok belakang nya ngga?” kata mas nya “Belakang ngga ada setelannya, Pak”. What the hell, justru belakang malah lengkap ada setelah chamber & toe, klo depan cuma toe. Akhirnya saya suruh naikin lagi di setel.
6 NOVEMBER 2017
Pagi2 mau jalan loh kok mobil ngga bisa di start sama sekali, Cuma ada suara “tek”, diduga motor starter, akhirnya panggil montir suru bawain motor starter, montir nya bilang bisa di repair cuma males mesti cari waktu lagi dan blum tau hasil repair nya tahan berapa lama, yauda ganti aja merk BOSCH 1.75 jt.
25 FEBRUARI 2018
Waktu nya ganti oli & tune up, bawa mobil ke suatu bengkel di bilangan BSD, yang dikerjain ganti oli mesin (as usual pake SHU 5-40), oli Gardan (pake oli castrol buat transmisi manual klo ngga salah yg 80W-90), oli power steering (Castrol ATF), filter udara (mahle) 100 ribuan, filter AC (Giannini) 200 ribuan, filter oli (mahle) 70 ribuan, dan steering rack copotan Ori 2.5 jt (di Beres 20an jt, di spesialis yg baru 7 - 8 jt an).
Note: steering rack ganti karena speleng setelah dipake temen & ada bonus velg retak juga, diduga kena lubang di high speed, velg nya TW R19 dengan ban tipis. Terus bengkel di BSD ini rada koboi juga, main masukin engine flush carb cleaner dsb tanpa konfirmasi, padahal blum tentu semua orang mau pake engine flush & cleaner2 itu (jadi bukan cuma beres yg begini, wkwk), beda sama Berdikari PMK yg menurut saya lebih oke klo mau apa2 yg keluar biaya lebih pasti confirm dlu.
27 FEBRUARI 2018
Karena abis ganti steering rack maka mobil mesti spooring ulang, minta tolong ayah karena saya lagi di luar kota, akhirnya bawa ke bengkel besar yang ada di Joglo itu karena ayah saya tau nya cuma disitu walaupun kurang sreg karena pengalaman terakhir kurang oke.
4 AGUSTUS 2018
Pagi2 lagi cek engine bay senter2 loh kok itu ada cairan ijo2 nyelip dibawah intake, saya ingat2 cairan warna ijo dimobil cuma air radiator, yauda cuss bengkel lagi ternyata ada 2 selang dibawah intake yg ujungnya udah getas, akhirnya ganti pake genuine BMW, total DC 1.5 termasuk jasa + tilang 500 rb jadi 2 juta.. syitttt…
15 SEPTEMBER 2018
Seal leher transmisi yang ganti di 2017 di bengkel di BSD seperti nya kurang bagus, masa baru 1 th udah meler lagi oli netes, akhirnya bawa ke berdikari PMK, ganti seal nya sekalian engine mounting (Corteco) 400an per pcs & packing oil pan, jasa 1.5 jt, sama oli matic yg kebuang 3 lt @200rb, total DC klo ngga salah 3jt an.
29 DESEMBER 2018
Kaca film depan mulai mengelupas di tengah2, ini ngga tau apa efek dari phone holder model suction cup yg saya pake atau bukan. Karena ngga enak jadi yauda ganti pake v-kool VK40, kenapa vkool? Jadi ceritanya mobil saya dr beli emang dipakein vkool, terus saya pernah nyetir buka kaca kena sorot matahari langsung yang sangat menyengat (sekitar jam 10 apa 11 pagi), pas kacanya di tutup voilaa adem nyess seketika itu panas kayanya 99% ditahan sama kaca film, dari situ saya klo ganti kaca film mesti vkool ogah yg lain.
Terus kenapa yang 40%? Pertama biar ngga terlalu gelap pas malem, kedua sayang aja masa pake mobil bagus yg nyetir ngga kelihatan.
2 MARET 2019
Servis rutin, ganti oli mesin, busi, filter bensin, coil (mati 1 cuma lupa di catet yg mana), Brake pad belakang (ATE) 300 ribuan, Bushing arm (koit setelah kurleb 1.5 th), mika & bohlam lampu bagasi.
26 MAY 2019
Spooring di GBT laras imbang, ini top si, di stel depan belakang, pas spooring mobil di test bawa jalan berkali2 sebelum dinyatakan selesai. Terus montir nya bilang chamber depan ngga bisa di set, saya suru maksimalin dari toe nya aja dan bisa, luruss, jadi ngga bolak balik bengkel. DC 400 rb, mahal tapi puass.
Note: Tiga bulan sebelumnya saya spooring di bengkel besar terkenal dan punya cabang dimana2, saya bawa ke cabang bintaro deket suatu kampus perpajakan, ampas banget, masa spooring 5 menit kelar, yang di set cuma depan dan montir nya keliatan males teler2 gitu. Pas dibawa ya ngga lurus masi miring, tapi saya udah males sama bengkel nya.
12 SEPTEMBER 2019
Siang2 pulang dari bengkel power window benerin power window driver yg seret, keluar mobil, buka pager, balik badan pas mau masuk mobil lagi lah ada aer ijo2, olala air radiator, ibarat pepatah keluar mulut buaya masuk mulut singa. Ternyata thermostat kecil di bagian bawah mampet terus jebol (E46 M54 punya 2 thermostat, satu lagi di atas). Akhirnya ganti Thermostat bawah (kayanya 200an), bracket radiator (ORI) 850 rb, connector pipa cooling system (entah kenapa pipa cooling system M54 ada banyak), dan expansion tank yang retak rambut(BEHR) 600an, mereka ikutan minta ganti karena waktu thermostat mampet ikutan jebol over pressure. Total DC include jasa 2.6 jt.
17 DESEMBER 2019
Ganti wiper BOSCH OEM nya E46, beli di toped terus pasang sendiri, bagus wiper nya bersih & silent. DC 325 rb.
31 JANUARI 2020
Pagi2 lagi mau anter istri cek dokter kandungan & macet tiba2 temp geser kanan, buru2 saya pinggirin sebelum sampe ke zona merah, tiba2 “blupp” terdengan suara letupan disertai asap, rupanya tabung reservoir radiator kebelah dua & asap berasal dari uap coolant. Tersangkanya adalah thermostat atas yg macett. Langsung panggil montir, ganti tabung reservoir dan thermostat. Setelah ganti thermostat ayah saya yg kebetulan juga ada dilokasi bilang “visco fan kayanya udah lemah ya, pelan muternya”, tapi saya denial “kayanya ngga Yah, normal”. Dan ucapan saya tsb terbukti salah, karena durhaka ngga dengerin omongan orang tua, akhirnya saya kena azab di tanggal 23 Februari.
28 FEBRUARI 2020
Seminggu sebelumnya tanggal 23 saya pulang survey2 perumahan, tiba2 jarum temp geser kanan lagi padahal blum sebulan ganti thermostat, langsung menepi sebelum sampai di zona merah, untung deket cuma 1.5 km dr rumah kakak, setelah menepi & temp agak adem langsung mobil dibawa jalan titipin disana.
Seminggu kemudian baru panggil montir, bilang bawa visco fan & thermostat atas, pas dilepas thermostat lama nya memang per nya agak keras, harus nya empuk. Si montir ngeluarin tstat baru dari box, saya test lah kok ini keras juga, sama kaya yg lama, montir nya bilang “emang gitu”, tapi pikiran saya menolak. Akhir nya pasang t.stat baru & visco fan baru, test jalan setelah 2 km temp naik sampe 106 langsung saya matiin mesin & panggil si montir (normally kondisi macet max 101, lancar max 99), akhirnya diambilin lagi t.stat lain dari bengkelnya merk BEHR, pas tes teken nah ini baru bener empuk. Dipasanglah t.stat baru tsb gantiin t.stat sebelumnya yg ternyata defect. Test jalan ke bengkelnya sama si montir ikut di mobil, sekalian ganti oli disana, temp aman sentosa.
Note: lihat record tanggal 7 FEB 2017, seperti nya di kasus ini visco fan lemah jadi akar masalahnya lagi, pendinginan jadi ngga bisa maksimal & ngerusak thermostat, visco baru jauh lebih wuss wusss anginnya, kejanggalan lainnya adalah air wiper sampe 2x nguap semua kering yg berarti engine bay panasnya diatas normal, setelah visco diganti alhamdulillah sampai sekarang aman (24 JUL 2020).
27 JUNI 2020
Ke bengkel ganti part yg saya tau rusak walaupun masi bisa dipake, ganti regulator power window kiri belakang yg macet karena sling nya kusut, karena jendela itu jarang dibuka saya ganti pake buatan taiwan aja 475 rb, klo sisi driver baru pake yg ori. Sekalian ganti karet kopel merk SWAG 425 rb, kuras minyak rem (Genuine BMW) 125 rb, mounting shock depan (Lemforder) 325rb per pcs. Yang paling kerasa adalah rem, setelah kuras minyak rem langsung pakem joss, toel dikit langsung gigit, pakem tapi lembut ngga jerky kaya orang baru belajar nyetir.
4 JULI 2020
Paling terakhir adalah DIY kuras coolant, cuma kuras yang di radiator, ngga berani kuras yg di mesin daripada resiko salah bleeding malah overheat dan takut baut drain nya slek karena sebelumnya ngga pernah dibuka. Kuras coolant ini next saya jadwalin tiap 6 bulan jadi biarpun yg dimesin ngga ikutan di flush ya at least umur nya masih 6 bulan masih seger.
Nah setelah cerita mengenai perawatan & perbaikannya, sekarang kita masuk ke beberapa hal yang juga penting selama saya rawat mobil ini. Btw mobil sekarang udah 99.[cencored] km.
BENGKEL
Saya biasa ngebengkel kombinasi antara Berdikari PMK & Andi MGK. Untuk Berdikari PMK, sepengalaman saya sebagian besar spare part harga nya paling murah dibandingkan bengkel2 lain di jabodetabek, montir-montir nya juga jujur ngga neko2. Untuk Andi MGK, doi jago di transmisi & electrical.
OLI
Oli saya pilih apa aja yang ada approval BMW LL-01 nya (sesuai manual book), selama ini sih pake Shell helix ultra 5W-40, puas mesin halus dan ngga ada penguapan (ngga pernah butuh top up sampe next oil change), next mau coba liquimoly High-Tech yg 5W-40. Biasanya ganti tiap 10k km atau 1 tahun.
Saya ngga pernah beli oli dibengkel karena takut kena palsu, biasa beli dari official store atau di toko yg terpercaya kaya TODA.
COOLANT
Saya pakai prestone yg ready to use, praktis, kalau yg concentrate repot mesti beli air distilasi lagi & ukur2 komposisinya. Ngga berani pakai coolant yg murah2 takut jangan2 cuma air yang dikasih sepuhan biar berwarna, apalagi air biasa, ngeri sama karatnya. Klo temen2 mau tau seberapa mengerikannya logam kena air, coba semprot brake disc terus diemin selama 2 jam, langsung muncul tu flek2 karat nya, atau liat2 video youtube yg test karat coolant vs air biasa.
Oh ya testimoni juga dari montir pas ganti thermostat & waterpump itu komponen2 logamnya masih mulus2, klo yg pakai air biasa katanya pada karat & sompal2.
BENSIN
V-power atau ron 95/98 lainnya, pernah coba pake pertamax tenaga langsung drop kaya Cuma keluar 70% nya. FC bisa sampe 1:16, asalkan di tol lancar & konstan speed. Klo detail nya:
Dalkot macet & padat merayap: 1:5 - 1:6
Dalkot lancar: 1:7 - 1:8
Tol lancar driving seruntulan betot2 gas: 1:10 - 1:13
Tol lancar driving konstan pake cruise control @90 kph: 1:15 - 1:16.5
KESIMPULAN
Jadi gimana kesimpulannya? Reliable ngga ini mobil?
Reliable atau ngga silakan teman2 jawab sendiri ya, karena ukuran reliable tiap orang beda2, disini saya bantu menjabarkan fakta aja berupa riwayat servis. Sayangnya saya ngga ada mobil Jepang yang kelas dan tahunnya berdekatan (Misal Camry atau Accord) buat ngebandingin gimana perawatannya. Mungkin klo ada temen2 yang punya mobil tsb boleh juga di share perawatannya, jangan2 mirip.
Jangan bandingin dengan kelas dibawahnya atau dengan tahun yg baru ya, klo itu si pasti kalah E46 tua saya.
Yak sekian dulu maintenance review dari saya, semoga bermanfaat terutama untuk temen2 yang lagi galau pengen coba German car, walaupun setiap mobil pasti beda ya minimal ada gambaran lah ya.