Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by Or4cle »

ChZ wrote: Fri Jul 24, 2020 3:08
FU27 wrote: Fri Jul 24, 2020 2:48 Nyimak antara opini berdasarkan pengalaman VS opini berdasarkan "katanya".
yeap...

lbh baik ngaku gak tau drpd merasa tau cm berdasarkan googling dan youtube...

SM tempat blajar dan diskusi bukan tempat cari pengakuan supaya dibilang paling tau dan hebat soal mobil...

gak tau ya gak tau aja, gak dosa koq ngaku gak tau.
Hahahaha ... ini savage, langsung to the point :big_exellent:
Kalau aku mending no comment kalau memang kurang tau, daripada kasih informasi salah dan menyesatkan.

Misalnya, ada yang bilang F/C kapasitas mobil inline-4 2400 CC kurang lebih sama dgn mesin V6 3500 CC (type sama) hanya karena dihitung F/C saat menyetir di tol dalam kecepatan konstan di RPM sweet pot.

Ini kan menyesatkan, kasihan kan kalau ada yang langsung percaya.
Nyatanya dalam pemakaian dalkot sehari-hari mesin V6 3500 CC beda jauh F/C nya dibanding yang inline-4 2400 CC.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by ChZ »

alvin23 wrote: Fri Jul 24, 2020 6:28
Jgn galak2 mod hehe.
BTW, baru sadar di footernya, udah aktif ngeblog lg ya? gw sempet sering baca blog lu, tp kyknya sempet vakum ya hahaha. Kudos.
ahahahaha iya om mulai aktif lg... ud lama gak jalan skalian bikin baru aj lah hahahhaa :mky_01:

aplg kemaren sempet ga bs main keluar nganggur ya nulis2 aj :mky_01:
Or4cle wrote: Fri Jul 24, 2020 7:10
Hahahaha ... ini savage, langsung to the point :big_exellent:
Kalau aku mending no comment kalau memang kurang tau, daripada kasih informasi salah dan menyesatkan.

Misalnya, ada yang bilang F/C kapasitas mobil inline-4 2400 CC kurang lebih sama dgn mesin V6 3500 CC (type sama) hanya karena dihitung F/C saat menyetir di tol dalam kecepatan konstan di RPM sweet pot.

Ini kan menyesatkan, kasihan kan kalau ada yang langsung percaya.
Nyatanya dalam pemakaian dalkot sehari-hari mesin V6 3500 CC beda jauh F/C nya dibanding yang inline-4 2400 CC.
itulah oom ... berpendapat itu bebas tp harus sesuai kapasitas :mky_01:

urusan mobil bekas byk yang menyepelekan ini cm urusan duit... pdhl ada hal-hal lbh berharga yg lebih penting drpd sekedar ngurusin lempengan besi berjalan...

to be brutally honest, ngga semua orang di forum ini pny privilege yang sama scr ekonomi dan pekerjaan...

duit mungkin sama... tp ada yg punya usaha sendiri, on paper enak waktu fleksibel, tp prakteknya ngga segampang itu ninggal kerjaan buat middle-class income. ada yg jabatan tinggi di perush swasta tp mau cuti aja susahnya ampun dicariin orang melulu...

nah kapan mau ngurusin mobil? di saat si anak udah merengek minta diajak liburan krn ortunya sibuk ini-itu... masa tega batalin liburan cm buat ngurusin mobil...

beli mobil bekas tak seindah katanya katanya itu... katanya badak... katanya rawatnya gampang. easy to say if you're not on others' shoes.

teori beli mobilnya sekian spare dana sekian buat repair masalah beres itu ngga berlaku kalo waktunya ngurusin aja ga ada.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4911
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by Pboyz97 »

Sinclaire wrote: Thu Jul 23, 2020 15:20
jadi begini om, sebelumnya koreksi saya juga ya om kalo ada yang salah, kan masih sama2 belajar juga..semoga bisa jadi masukan juga buat om yang lagi mau coba ambil mercedes

untuk m271 dan m272, untuk perbedaan cost terbesar itu sebenarnya ada di pajak om, dimana 204 m271 itu pajek jakarta tgn 1 non progressif udah nyentuh angka 6 jutaan terakhir sy pegang 2 tahun lalu, sedangkan 212 m272 itu masih diangka 13-14jt setahun, sama2 tangan ke 1 juga non progressif..ini udah beda jauh dari segi pajak..

tapi dari segi maintenance, perbedaan utama cuman ada di kapasitas oli mesin sekitar 2 liter ya om, m271 1.8L itu masuk 6 quartz, sedangkan m272 itu masuk 8 quartz..sisanya dari filter semua parts harga mirip2, cuman busi aja lebih..konsumsi bahan bakar yang sedikit lebih boros (tapi gak banyak).. dimana kalo 271 kompressor itu ada waktunya ganti supercharger fluid juga, harga partnya juga gak murah buat ini, yang ujung2nya bisa dibilang 11-12 juga untuk maintenancenya..

nah kalo dari segi ecu panggang ecu panggang ini, jadi gini om kalo menurut saya, namanya mobil, apalagi dipake, kita gak akan tau ada part apa yang rusak/ butuh penggantian, kalo om bilang pelihara 272 lebih mahal karena ecunya bisa kena, di saya malah sebaliknya, dulu saya pake 204 271K malah udah pernah ganti throttle body module 2x, EIS kena sekali, sedangkan di 212 ini saya belom pernah ganti apa2 sama sekali (knock on wood), semua regular maintenance saja, dengan umur yang beda 1 taun dan KM sama.

kenapa saya gak saranin ambil eks taksi? karena gini om, yang namanya mobil eks taksi itu berarti book valuenya sudah bisa dibilang hampir 0 ya, pasti ada alesannya perusahaan taksi lepas unit2 ini, dimana restorasi/peremajaan mobil eropa pastinya makan biaya lebih banyak dari mobil jepang ya om, ujung2nya keluar duit juga buat benerin ini itu, belinya sih iya murah, rawatnya bisa bikin muter otak..

sedangkan kita ambil mobil eropa itu kan buat dinikmati ya, jadi ambil sekalian mesin gede, karena silinder lebih banyak = mesin lebih anteng, apalagi kalo up ke e class trus ambil mesin gede ini baru berasa naik "mercy"nya, dengan perawatan yang mirip2 sama varian cc kecil, apalagi ekstaksi, ngapain ambil yang mesin kecil? kalo beli mobil kaya gini daripada beli w211 cc kecil, mending sekalian turun generasi + tahun tp naik kelas sama cc gede, contohnya ambil 210 320.. dan harus diingat mesin lebih gede biasanya creature comfort lebih banyak ya, mulai dari pano roof, dyn seat, kursi pijit, dll lah banyak.. bahkan setup suspensi avg dan elegance di 212 aja beda ya..

jadi kalo ada budget mau ambil eropaan tapi trim terendah dan mesin terkecil, saya saranin ambil jepangan aja dulu mending..

sekian om, cmiiw ya :big_peace:
Makasih om sinclaire buat info, pencerahan , dan masukannya. Dan baru tau, kalau M271 dan M272 itu biaya perawatannya beda tipis , misalkan, antara C200 2012, C250 2010 dan C280 2009 , di rentang harga yg sama, mending ambil C280 dong, karena cc gede, dan tarikan juga paling oke daripada c250 dan c200, tapi biaya perawatannya gak jauh beda sama c250 dan c200. Kalau salah mohon dikoreksi ya hehehe
ChZ wrote: Fri Jul 24, 2020 2:18

:mky_07: :mky_07: :mky_07:

gw aja dibilang ama bos bengkel VW... ngapain ngambil TSI MK6 mending ngambil GTI MK5 puasnya beda lbh kuat yang GTI... tp ya udahlah si babeh keburu seneng ama unitnya... :mky_01:

ada temen pake M272 3 biji... E280, ML350, S350. taunnya kurang lebih sama semua tiga tiganya yang kena ECU panggang baru ML350.

buat om pboyz... gapapa loh kalo minat tp gak ngerti soal mobilnya nyimak topiknya dulu... ga usah reply berbusa-busa muter-muter tp malah jadi misleading pake nyuruh orang beli eks taksi...

lagian gak yakin 15-20jt itu cukup buat spare... sebadak-badaknya jg balik lg pnya mobil jerman itu buat dinikmatin. mobil jerman seken mau enak maksimal ya hrs keluar duit banyak... 15-20jt mahh cuma buat servis reguler ama ganti ban...

emang C-Class cukup dikasih oli mesran ama ban achilles atr... kan enggak toh.
Siap om chz, makasih buat saran , dan masukannya. Btw gw ijin nyimak dulu deh, dan maaf buat om TS nya kalau saya sudah bikin gaduh di thread ini dan menyebabkan misinformasi
Sinclaire wrote: Fri Jul 24, 2020 3:17 buat referensi aja, terakhir servis besar 212 m272 taun lalu..

oli mesin bintang 8 liter x150.000 = 1.200.000
filter oli = 120.000
oli atf titan 7134 (7g tronic +) 6 liter x 350.000 = 2.100.000 (ini kemahalan kayanya)
oli gardan mobil 1 80w-90 2 liter x 100.000 = 200.000
filter matic = 350.000
packing carter matic = 350.000
filter udara = 400.000
busi (bosch yr7mpp) 6 x 125.000 = 750.000
accu atlas 80ah = 2.000.000
link stabilizer 2 x 950.000 = 1.900.000

scan + jasa semua = 900 ribu
spooring 250 ribu..

yah total sekitar 10 jutaan..ini udah dibengkel spesialis yang murah pooll, cuman oli atf aja itu saya gak tau kenapa dia charge harga segitu, kalo di cek di online dapet 200 ribuan seliter..tapi yah udahlah, repot lagi bawa2 sendiri..toh sparepart sisanya saya liat cukup murah, jasa juga cuman segitu..

ini kalo di bengkel resmi perkiraannya sekitar..yah dapet lah vario baru :big_chicken: :big_chicken:
Wah, mahal juga . Saya ijin nyimak dulu ya, sedangkan kalau M271 biaya servis besarnya kira2 berapa ya? Apakah lebih murah jauh dari M271, beda tipis, atau malah justru lebih mahal daripada M272? Terimakasih sebelumnya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sun May 01, 2016 7:00

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by Sinclaire »

Pboyz97 wrote: Fri Jul 24, 2020 12:13
Sinclaire wrote: Thu Jul 23, 2020 15:20
jadi begini om, sebelumnya koreksi saya juga ya om kalo ada yang salah, kan masih sama2 belajar juga..semoga bisa jadi masukan juga buat om yang lagi mau coba ambil mercedes

untuk m271 dan m272, untuk perbedaan cost terbesar itu sebenarnya ada di pajak om, dimana 204 m271 itu pajek jakarta tgn 1 non progressif udah nyentuh angka 6 jutaan terakhir sy pegang 2 tahun lalu, sedangkan 212 m272 itu masih diangka 13-14jt setahun, sama2 tangan ke 1 juga non progressif..ini udah beda jauh dari segi pajak..

tapi dari segi maintenance, perbedaan utama cuman ada di kapasitas oli mesin sekitar 2 liter ya om, m271 1.8L itu masuk 6 quartz, sedangkan m272 itu masuk 8 quartz..sisanya dari filter semua parts harga mirip2, cuman busi aja lebih..konsumsi bahan bakar yang sedikit lebih boros (tapi gak banyak).. dimana kalo 271 kompressor itu ada waktunya ganti supercharger fluid juga, harga partnya juga gak murah buat ini, yang ujung2nya bisa dibilang 11-12 juga untuk maintenancenya..

nah kalo dari segi ecu panggang ecu panggang ini, jadi gini om kalo menurut saya, namanya mobil, apalagi dipake, kita gak akan tau ada part apa yang rusak/ butuh penggantian, kalo om bilang pelihara 272 lebih mahal karena ecunya bisa kena, di saya malah sebaliknya, dulu saya pake 204 271K malah udah pernah ganti throttle body module 2x, EIS kena sekali, sedangkan di 212 ini saya belom pernah ganti apa2 sama sekali (knock on wood), semua regular maintenance saja, dengan umur yang beda 1 taun dan KM sama.

kenapa saya gak saranin ambil eks taksi? karena gini om, yang namanya mobil eks taksi itu berarti book valuenya sudah bisa dibilang hampir 0 ya, pasti ada alesannya perusahaan taksi lepas unit2 ini, dimana restorasi/peremajaan mobil eropa pastinya makan biaya lebih banyak dari mobil jepang ya om, ujung2nya keluar duit juga buat benerin ini itu, belinya sih iya murah, rawatnya bisa bikin muter otak..

sedangkan kita ambil mobil eropa itu kan buat dinikmati ya, jadi ambil sekalian mesin gede, karena silinder lebih banyak = mesin lebih anteng, apalagi kalo up ke e class trus ambil mesin gede ini baru berasa naik "mercy"nya, dengan perawatan yang mirip2 sama varian cc kecil, apalagi ekstaksi, ngapain ambil yang mesin kecil? kalo beli mobil kaya gini daripada beli w211 cc kecil, mending sekalian turun generasi + tahun tp naik kelas sama cc gede, contohnya ambil 210 320.. dan harus diingat mesin lebih gede biasanya creature comfort lebih banyak ya, mulai dari pano roof, dyn seat, kursi pijit, dll lah banyak.. bahkan setup suspensi avg dan elegance di 212 aja beda ya..

jadi kalo ada budget mau ambil eropaan tapi trim terendah dan mesin terkecil, saya saranin ambil jepangan aja dulu mending..

sekian om, cmiiw ya :big_peace:
Makasih om sinclaire buat info, pencerahan , dan masukannya. Dan baru tau, kalau M271 dan M272 itu biaya perawatannya beda tipis , misalkan, antara C200 2012, C250 2010 dan C280 2009 , di rentang harga yg sama, mending ambil C280 dong, karena cc gede, dan tarikan juga paling oke daripada c250 dan c200, tapi biaya perawatannya gak jauh beda sama c250 dan c200. Kalau salah mohon dikoreksi ya hehehe
ChZ wrote: Fri Jul 24, 2020 2:18

:mky_07: :mky_07: :mky_07:

gw aja dibilang ama bos bengkel VW... ngapain ngambil TSI MK6 mending ngambil GTI MK5 puasnya beda lbh kuat yang GTI... tp ya udahlah si babeh keburu seneng ama unitnya... :mky_01:

ada temen pake M272 3 biji... E280, ML350, S350. taunnya kurang lebih sama semua tiga tiganya yang kena ECU panggang baru ML350.

buat om pboyz... gapapa loh kalo minat tp gak ngerti soal mobilnya nyimak topiknya dulu... ga usah reply berbusa-busa muter-muter tp malah jadi misleading pake nyuruh orang beli eks taksi...

lagian gak yakin 15-20jt itu cukup buat spare... sebadak-badaknya jg balik lg pnya mobil jerman itu buat dinikmatin. mobil jerman seken mau enak maksimal ya hrs keluar duit banyak... 15-20jt mahh cuma buat servis reguler ama ganti ban...

emang C-Class cukup dikasih oli mesran ama ban achilles atr... kan enggak toh.
Siap om chz, makasih buat saran , dan masukannya. Btw gw ijin nyimak dulu deh, dan maaf buat om TS nya kalau saya sudah bikin gaduh di thread ini dan menyebabkan misinformasi
Sinclaire wrote: Fri Jul 24, 2020 3:17 buat referensi aja, terakhir servis besar 212 m272 taun lalu..

oli mesin bintang 8 liter x150.000 = 1.200.000
filter oli = 120.000
oli atf titan 7134 (7g tronic +) 6 liter x 350.000 = 2.100.000 (ini kemahalan kayanya)
oli gardan mobil 1 80w-90 2 liter x 100.000 = 200.000
filter matic = 350.000
packing carter matic = 350.000
filter udara = 400.000
busi (bosch yr7mpp) 6 x 125.000 = 750.000
accu atlas 80ah = 2.000.000
link stabilizer 2 x 950.000 = 1.900.000

scan + jasa semua = 900 ribu
spooring 250 ribu..

yah total sekitar 10 jutaan..ini udah dibengkel spesialis yang murah pooll, cuman oli atf aja itu saya gak tau kenapa dia charge harga segitu, kalo di cek di online dapet 200 ribuan seliter..tapi yah udahlah, repot lagi bawa2 sendiri..toh sparepart sisanya saya liat cukup murah, jasa juga cuman segitu..

ini kalo di bengkel resmi perkiraannya sekitar..yah dapet lah vario baru :big_chicken: :big_chicken:
Wah, mahal juga . Saya ijin nyimak dulu ya, sedangkan kalau M271 biaya servis besarnya kira2 berapa ya? Apakah lebih murah jauh dari M271, beda tipis, atau malah justru lebih mahal daripada M272? Terimakasih sebelumnya
itu mahal karna ganti aki + link stabilizer aja om.. dan oki atf harga 220an bisa dapet kalo beli sendiri..kalo m271 ya kurangin aja oli jd 6 liter.. itu kan servis besar om, kl cuman ganti oli yah abisnya mirip lah sama mobil lainnya..

yg mahal kalo lg ada penggantian parts aja..
abud1985
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Fri Jan 15, 2016 16:40

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by abud1985 »

dl sempet ada pembahasan soal mobkas kaya gini, lupa siapa yang bilang

intinya beli mobkas itu jangan lihat harga pada saat dia bekas, tapi lihat pada saat mobilnya masih baru, kelasnya ada dimana, karena merawat ga sama dengan membeli, perawatan akan selalu mengikuti kelas mobilnya, ga bakal turun kelas walaupun harga unit bekasnya turun

kembali ke topiknya, saya sih bilang mending keep s crossnya, bandingan biasa rawat galant hiu dkk ga bisa dijadiin patokan, spare sekian buat beres2 pas beli ga sama dengan siap spare waktu dan dana merawat selama dipake :D

pengalaman bokap yang emang beli bekas terus mobilnya, dari mpv kelas carry, kemudian pindah ke mazda e2000. perawatan memang tidak sama dengan membeli, walaupun terbayar dengan pengalaman berkendaranya, tapi ya emang sudah seharusnya, kelasnya emang beda...
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3036
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by KielConstantine »

Kok rame amat yah threadnya... :ngacir:

@TS, saran dari ane sih, kalo memang penasaran mau cobain mobil eropa merk & type apapun, ya beli aja gpp coba pelihara duluu.

Mobil eropa enak kok naekannnya, bener dehh.. It rides like a dream :big_exellent:

Emang ada harga yang dibayar, yaitu maentenance a.k.a cost of ownership

Maenan mobil eropa (dalam hal ini bekas/warranty expired) ibarat kita dulu pas bocah / skarang udh gede maen ke Timezone

You have pay to play :big_smoking:

Tukerin duit, sama saldo/koin dari si timezone, trus kita pilih wahana-wahana yg kita pengen maenin..

Insert coin (1) to play... KAlo game over... ya insert coin (1) lagi to play wkwkwk

Saking serunya maenin itu game corner tau2 abis kan koinnya... Ga berasa.

Bgitu koin nya abis gimana??

1. Minta bokap/ortu "papii koin ane abis, beliin donkkk 100 keping!" Trus bisa lanjut maen lagi di timezone...
2. Beli koin sendiri, kan udah kerja cari duit sendiri... bisa lanjut maen lagi...
3. Berenti maen, udah males. udah tau kek apa wahananya, seru sih tapi kok kayanya buang-buang duit yah.
Baru maen sebentar cuman 5-10 menit eh game over trus minta dimasukin koin lagi.....
4. Berenti maen karena ga ada duit lagi buat beli koin ahahahaha ....
5. Berenti karena disuruh pulang sama bapaknya "woiii besok skolah, ayo pulang cepet! Maen mulu. cari duit aja kagak" wakakaka

Tinggal masing2 individu aja bakal masuk ke point yg mana diatas itu.


Sama lah kek pelihara eropa.. Bgitu rusak / gameover mobil mogok ga bisa jalan,, yaudahh Insert coin (1) to play
cuman dalam hal ini coin (1) nya masuk ke dalem bengkel & temennya si tukang towing :wkkk:

Sampe nanti ada turning point dimana: Bosen/udah tau rasanya/ merasa buang-buang duit / Duit abis / di suru jual sama ortunya soalnya ngerong-rong ngabisin duit ortu doank.


Akhirnya ninggalin deh si eropa...
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sun May 01, 2016 7:00

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by Sinclaire »

nih buat om pboyz & ts..

:ngacir:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11783
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by Omnibus »

hear hear ....

sungguh nelangsa "ditinggalin sm mobil eropa" ibarat ada uang abang sayang, ga ada uang abang ditendang :mky_02:
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3036
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by KielConstantine »

Sinclaire wrote: Fri Jul 24, 2020 3:17 buat referensi aja, terakhir servis besar 212 m272 taun lalu..

oli mesin bintang 8 liter x150.000 = 1.200.000
filter oli = 120.000
oli atf titan 7134 (7g tronic +) 6 liter x 350.000 = 2.100.000 (ini kemahalan kayanya)
oli gardan mobil 1 80w-90 2 liter x 100.000 = 200.000
filter matic = 350.000
packing carter matic = 350.000
filter udara = 400.000
busi (bosch yr7mpp) 6 x 125.000 = 750.000
accu atlas 80ah = 2.000.000
link stabilizer 2 x 950.000 = 1.900.000

scan + jasa semua = 900 ribu
spooring 250 ribu..

yah total sekitar 10 jutaan..ini udah dibengkel spesialis yang murah pooll
Liat angka segitu sih, sounds pretty normal buat yg udh biasa pelihara eropa. :big_exellent:

Yang penting mobilnya dinikmatin yah, dipake gituu jgn dikandangin mulu. Kan sayang udh kluar duit buat ngerawat.

W212 E300 nya thn brapa om?

Itu shock breakernya masih model biasa atau yg electronic dampers ya ?
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3036
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by KielConstantine »

Omnibus wrote: Fri Jul 24, 2020 17:04 hear hear ....

sungguh nelangsa "ditinggalin sm mobil eropa" ibarat ada uang abang sayang, ga ada uang abang ditendang :mky_02:
Mantap om :big_biglaugh:

Ikutin asas om kompresorzz.. suka sikat senanggg

Ada duit ya beli aja, rawat ke bengkel disodorin tagihan puluhan juta tinggal bayar gesek debit card. Pulang nyetir lagi hepi hepi muka nggak cemberut.

Mulai bawel/rewel, sampe ga punya duit ya tinggal ditendang aja tuh mobil.....

Hidup tidak usah dibawa pusing

Hidup makan gengsi baru pusing :big_weee:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sun May 01, 2016 7:00

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by Sinclaire »

KielConstantine wrote: Fri Jul 24, 2020 17:10
Sinclaire wrote: Fri Jul 24, 2020 3:17 buat referensi aja, terakhir servis besar 212 m272 taun lalu..

oli mesin bintang 8 liter x150.000 = 1.200.000
filter oli = 120.000
oli atf titan 7134 (7g tronic +) 6 liter x 350.000 = 2.100.000 (ini kemahalan kayanya)
oli gardan mobil 1 80w-90 2 liter x 100.000 = 200.000
filter matic = 350.000
packing carter matic = 350.000
filter udara = 400.000
busi (bosch yr7mpp) 6 x 125.000 = 750.000
accu atlas 80ah = 2.000.000
link stabilizer 2 x 950.000 = 1.900.000

scan + jasa semua = 900 ribu
spooring 250 ribu..

yah total sekitar 10 jutaan..ini udah dibengkel spesialis yang murah pooll
Liat angka segitu sih, sounds pretty normal buat yg udh biasa pelihara eropa. :big_exellent:

Yang penting mobilnya dinikmatin yah, dipake gituu jgn dikandangin mulu. Kan sayang udh kluar duit buat ngerawat.

W212 E300 nya thn brapa om?

Itu shock breakernya masih model biasa atau yg electronic dampers ya ?
2011 oom, minor fl pertama, drl L berubah jadi garis lurus..

yang biasa om, non adaptive dampers.

perawatan yah gitu lah om, asal ga ada yg rusak mah, hehehehehhehehe
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by ChZ »

abud1985 wrote: Fri Jul 24, 2020 15:36 dl sempet ada pembahasan soal mobkas kaya gini, lupa siapa yang bilang

intinya beli mobkas itu jangan lihat harga pada saat dia bekas, tapi lihat pada saat mobilnya masih baru, kelasnya ada dimana, karena merawat ga sama dengan membeli, perawatan akan selalu mengikuti kelas mobilnya, ga bakal turun kelas walaupun harga unit bekasnya turun
nah betul bgt... patokan saya beli mobil bekas tertentu itu hrs mampu beli mobil barunya. jd budjetnya ya tetep sama spt beli baru... yah se minimalnya 80% harga baru mobil hrs sudah terjangkau.

klo model kyk ane soalnya kadang sayang beli baru mobil yang resale valuenya ancur... :mky_01: beli bekas hemat banyak sisa duitnya buat darurat dan perbaikan long-term... biarpun abisnya bwt perbaikan selama kurang lebih 5 taun mgkn ga ampe segitu... better safe than sorry.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12551
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by Suryaputra »

KielConstantine wrote: Fri Jul 24, 2020 17:21
Omnibus wrote: Fri Jul 24, 2020 17:04 hear hear ....

sungguh nelangsa "ditinggalin sm mobil eropa" ibarat ada uang abang sayang, ga ada uang abang ditendang :mky_02:
Mantap om :big_biglaugh:

Ikutin asas om kompresorzz.. suka sikat senanggg

Ada duit ya beli aja, rawat ke bengkel disodorin tagihan puluhan juta tinggal bayar gesek debit card. Pulang nyetir lagi hepi hepi muka nggak cemberut.

Mulai bawel/rewel, sampe ga punya duit ya tinggal ditendang aja tuh mobil.....

Hidup tidak usah dibawa pusing

Hidup makan gengsi baru pusing :big_weee:
setujuh omm.
perlu digaris bawahi geseknya debit yaa..

jangan credit card, yg ada malah tambah pusing :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
roymhs31
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Wed Jul 28, 2010 9:05

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by roymhs31 »

lutfhin87 wrote: Sun Jul 19, 2020 13:46
Sinclaire wrote: Sat Jul 18, 2020 14:30 apakah ada spare budget buat perbaikan/ preventive maintenance om? dulu saya pake yg taun 2010, common problemsnya, dulu pernah ganti throttle body, ini 2x kejadian, gejalanya mobil suka mati sendiri kalo lg idle, sm idle juga bisa ngacak ga beraturan, hasil SD harus ganti, 6 jutaan harganya

problem kedua ada di motor kunci mobilnya, EIS/ESL namanya, jadi gejalanya itu kunci dimasukin ke slot starter dia gak nyedot, jd mesinnya gak nyala, rusaknya ada di gir plastik didalem, kalo repair 2 jutaan, ganti 6 juta juga waktu itu, pernah kejadian sekali

satu lagi, karena mobil ini pakai supercharger (kompressor), dia harus ganti oli kompressor, harganya 1 jutaan hampir 2 juta untuk cairan sebanyak 125ml -__-, saya lupa jangka waktunya berapa lama sekali gantinya, tp cukup lama utk oli kompressor ini, pastiin pas cari jangan sampai ada suara aneh2 dari superchargernya ya om,

kalo memang ada spare biaya untuk jaga2 spt diatas ya go for it om, cuman kalo nyari empuk, mobil ini ga empuk2 banget, bensin pertamax cukup, dalem kota 1:8-9 dapet,

perlu diingat mobil eropa sebenarnya bukan rewel, tp memang ada price you have to pay for comfort, prestige, dll, termasuk pajak yang lebih mahal dr mobil jepang. kalau sudah siap silahkan ambil om, termasuk salah satu mobil eropa yg mudah rawatnya ini

terakhir, mobil ini kalo jarang dipake malah rusak om, jadi coba dipertimbangkan aja hal ini, dan kalau ada spare budget lebih saya lebih rekomen cari yang udah CGI
Tks gan sdh berbagi pengalamannya
Sudah saya persiapkan dana untuk perbaikan sekitar 15-20jtan gan
Seram juga yah klo lg idle tiba2 mati , gak kebayang klo lg lampu merah mati tiba2 repot jg 😑
Wah baru tau saya klo mercy jarang dipake malah rusak ? :big_think:
Saya kira klo mobil yg sering dipake itu mbl capek dgn km yg tinggi, kesannya gak terawat aja, krn klo saya mau cari mbl 2nd apalagi yg eropa yg sudah berumur pertama kali dilihat adalah km nya rendah apa tdk, klo mblnya low km rasanya lebih peace of mind aja sih :mky_01:
Om perbandingan aj klo spare budget sgitu, kmrn saya abs beli camry Q yg V6 tahun 2010 cm abs buat peremajaan kaki2 doang. Belum sektor mesin ya itu. Jd gk yakin mercy seken bakal cukup diongkosin peremajaan dgn uang sgitu
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by benzz89 »

roymhs31 wrote:
lutfhin87 wrote: Sun Jul 19, 2020 13:46
Sinclaire wrote: Sat Jul 18, 2020 14:30 apakah ada spare budget buat perbaikan/ preventive maintenance om? dulu saya pake yg taun 2010, common problemsnya, dulu pernah ganti throttle body, ini 2x kejadian, gejalanya mobil suka mati sendiri kalo lg idle, sm idle juga bisa ngacak ga beraturan, hasil SD harus ganti, 6 jutaan harganya

problem kedua ada di motor kunci mobilnya, EIS/ESL namanya, jadi gejalanya itu kunci dimasukin ke slot starter dia gak nyedot, jd mesinnya gak nyala, rusaknya ada di gir plastik didalem, kalo repair 2 jutaan, ganti 6 juta juga waktu itu, pernah kejadian sekali

satu lagi, karena mobil ini pakai supercharger (kompressor), dia harus ganti oli kompressor, harganya 1 jutaan hampir 2 juta untuk cairan sebanyak 125ml -__-, saya lupa jangka waktunya berapa lama sekali gantinya, tp cukup lama utk oli kompressor ini, pastiin pas cari jangan sampai ada suara aneh2 dari superchargernya ya om,

kalo memang ada spare biaya untuk jaga2 spt diatas ya go for it om, cuman kalo nyari empuk, mobil ini ga empuk2 banget, bensin pertamax cukup, dalem kota 1:8-9 dapet,

perlu diingat mobil eropa sebenarnya bukan rewel, tp memang ada price you have to pay for comfort, prestige, dll, termasuk pajak yang lebih mahal dr mobil jepang. kalau sudah siap silahkan ambil om, termasuk salah satu mobil eropa yg mudah rawatnya ini

terakhir, mobil ini kalo jarang dipake malah rusak om, jadi coba dipertimbangkan aja hal ini, dan kalau ada spare budget lebih saya lebih rekomen cari yang udah CGI
Tks gan sdh berbagi pengalamannya
Sudah saya persiapkan dana untuk perbaikan sekitar 15-20jtan gan
Seram juga yah klo lg idle tiba2 mati , gak kebayang klo lg lampu merah mati tiba2 repot jg [emoji58]
Wah baru tau saya klo mercy jarang dipake malah rusak ? :big_think:
Saya kira klo mobil yg sering dipake itu mbl capek dgn km yg tinggi, kesannya gak terawat aja, krn klo saya mau cari mbl 2nd apalagi yg eropa yg sudah berumur pertama kali dilihat adalah km nya rendah apa tdk, klo mblnya low km rasanya lebih peace of mind aja sih :mky_01:
Om perbandingan aj klo spare budget sgitu, kmrn saya abs beli camry Q yg V6 tahun 2010 cm abs buat peremajaan kaki2 doang. Belum sektor mesin ya itu. Jd gk yakin mercy seken bakal cukup diongkosin peremajaan dgn uang sgitu
Nyiapin 15-20 juta buat peremajaan mobil seken mah itu standardnya mobil2 mainstream jepangan memang. Buat sedan2 jepangan mungkin buat refurbish total kaki2nya aja.

Buat peremajaan total europe seken, apalagi yang sudah lumayan berumur yah siapin 100 jutaan, kaya om kiel sudah siap 100-150 juta buat sherr driping plesurrr nya... apalagi kaya pewe, kena DSG nya aja 60 jutiaww melayang. Yang mihul memang electricalnya kalau europe.

Jangan nanggung2 om nanti kaget kalau sudah lewat dari 20 jutiaww gak bisa tidur lagi. Kasih spare cepek, lebih kaga, kurang masih enak makan, enak tidur. Nge bengkel juga masih semangat karena spare masih banyak.

Kalau masih ada sisa dana yah buat jajan2 cantik berikutnya sudah siap juga dananya. Europe tuwir mah ada aja jajannya om... ingat ini bukan jepangan. Just my 2 cents [emoji108]
lutfhin87
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sat Mar 04, 2017 16:48

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by lutfhin87 »

Wah rame juga yg bales :big_chicken:

Terimakasih suhu2 semua yg sdh memeberikan masukan2 terutama yg dari pengalaman pribadinya, saya jadi bertambah ilmunya ttg merawat w204 ini :big_exellent:

Setelah diskusi dgn keluarga, dan masukan dari suhu2 sekalian, lebih wise jika saya keep mobil yg skrg, karena mbl yg sekarang juga jarang dipakai jarak jauh, untuk didalem kota sbnrnya saya cukup dgn scross ini meskipun cukup berat tarikannya,jadinya sempat melirik w204 ini krn untuk harga 2ndnya mirip2 tetapi saya tidak melihat faktor yg lain2nya

Dan melihat harga service besar scross dan w204 yg bagai bumi dan langit saya jadi mundur teratur :big_cry:
Tks om @sinclaire yg sdh share pengalaman merawatnya

Terima kasih juga suhu2 semua yg sudah share :big_deal:
Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sun May 01, 2016 7:00

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by Sinclaire »

lutfhin87 wrote: Sat Jul 25, 2020 13:02 Wah rame juga yg bales :big_chicken:

Terimakasih suhu2 semua yg sdh memeberikan masukan2 terutama yg dari pengalaman pribadinya, saya jadi bertambah ilmunya ttg merawat w204 ini :big_exellent:

Setelah diskusi dgn keluarga, dan masukan dari suhu2 sekalian, lebih wise jika saya keep mobil yg skrg, karena mbl yg sekarang juga jarang dipakai jarak jauh, untuk didalem kota sbnrnya saya cukup dgn scross ini meskipun cukup berat tarikannya,jadinya sempat melirik w204 ini krn untuk harga 2ndnya mirip2 tetapi saya tidak melihat faktor yg lain2nya

Dan melihat harga service besar scross dan w204 yg bagai bumi dan langit saya jadi mundur teratur :big_cry:
Tks om @sinclaire yg sdh share pengalaman merawatnya

Terima kasih juga suhu2 semua yg sudah share :big_deal:
sama2 om.. untuk servis sebenarnya 11-12 juga sama mobil jepang biayanya om.. tapi karna mobil umurnya udah lumayan jadi cukup banyak yg diganti juga.. buat partsnya harga2nya om bisa kira2 yah yg saya udah post di halaman belakang..

oya info tambahan, untuk kaki2 & engine mounting , mercy ini murah om, 700 ribu engine mounting dapet, transmission mounting 300 ribu dpt.. (jauh bgt sama harga punya mazda) cuman yah itu om.. kadang ada aja rusaknya (ini yg ngabisin duit)..

semoga kapan2 bisa ambil w204 jd second car om.. :big_exellent:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12551
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by Suryaputra »

lutfhin87 wrote: Sat Jul 25, 2020 13:02 Wah rame juga yg bales :big_chicken:

Terimakasih suhu2 semua yg sdh memeberikan masukan2 terutama yg dari pengalaman pribadinya, saya jadi bertambah ilmunya ttg merawat w204 ini :big_exellent:

Setelah diskusi dgn keluarga, dan masukan dari suhu2 sekalian, lebih wise jika saya keep mobil yg skrg, karena mbl yg sekarang juga jarang dipakai jarak jauh, untuk didalem kota sbnrnya saya cukup dgn scross ini meskipun cukup berat tarikannya,jadinya sempat melirik w204 ini krn untuk harga 2ndnya mirip2 tetapi saya tidak melihat faktor yg lain2nya

Dan melihat harga service besar scross dan w204 yg bagai bumi dan langit saya jadi mundur teratur :big_cry:
Tks om @sinclaire yg sdh share pengalaman merawatnya

Terima kasih juga suhu2 semua yg sudah share :big_deal:
wise decision :big_exellent:

om cobain spt ini:
- Ganti Oli mesin pakai 0w20, biaa coba Amsoil OE (ini viskositas yg dianjurkan di manual book kan ?)
- Ganti filter oli tiap ganti oli mesin
- Ganti ATF dan sesuaikan dgn manual book (klo blm pernah ganti)
- Tekanan ban dijaga tetap di atas 33 PSI pakai nitrogen (agar minim kandungan air dan tekanan stabil jd jalannya lbh enteng)
- Ganti Filter udara klo belum pernah ganti
- Pakai BBM (Minimal) Ron 92 spt pertamax atau shell super
- Cek kondisi busi

dijamin akselerasi akan lbh enteng.
yah memang gak akan seenteng w204, tapi setidaknya bisa jadi better dibanding kondisi skrg :big_deal:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
azerbaijan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Sat Jan 23, 2016 9:10

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by azerbaijan »

Izin nimbrung supaya aware juga terkait pengetahuan eropa, jadi pada saat baru ambil unit make sure udah ada 100 jt (untuk kelas C/seri 3) dana untuk perbaikan awal apakah cukup (misal unit sehat pada saat general check up)? Dan kalo misal mau naik ke kelas E atau seri 5 berarti harus double kah ya? Lalu untuk biaya maintenance (let’s say ambil deh 5 tahun), apakah 20 jt / tahun udah anggaran yang nyaman kah? Semua post yang ada disini (knowledge based on fact) sudah saya masukin notes supaya pas ada kepikiran ingin naik mobil eropa baca2 notesnya. Izin koreksi om om sekalian
Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sun May 01, 2016 7:00

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by Sinclaire »

azerbaijan wrote: Sat Jul 25, 2020 16:38 Izin nimbrung supaya aware juga terkait pengetahuan eropa, jadi pada saat baru ambil unit make sure udah ada 100 jt (untuk kelas C/seri 3) dana untuk perbaikan awal apakah cukup (misal unit sehat pada saat general check up)? Dan kalo misal mau naik ke kelas E atau seri 5 berarti harus double kah ya? Lalu untuk biaya maintenance (let’s say ambil deh 5 tahun), apakah 20 jt / tahun udah anggaran yang nyaman kah? Semua post yang ada disini (knowledge based on fact) sudah saya masukin notes supaya pas ada kepikiran ingin naik mobil eropa baca2 notesnya. Izin koreksi om om sekalian
saya kalo bmw kurang paham karna blom pernah pegang um..untuk mercedes mau c mau e maintenance mirip gak harus sampe double spare dana..

asumsi GCU semuanya pass gak ada yg harus ganti2, 100 juga dana yg sangat aman malah berlebih, kl mau sehatin semua 30 juta cukup, ini bahkan bisa jadi nyisa kalo beneran dpt unit yg terawat.. yah jaga2 50 juta..

kalo misalnya amit2 ecu rusak (mesin m272), bisa repair (jarang bisa), bisa ganti bosch cina 11 jt, baru germany terima beres 20 jt.. kalo suatu saat butuh pm aja nanti sy hubungkan..

sisanya ga ada masalah lah mobil ini.. parts kaki murah.. 7g tronic asal oli dikuras gak bakal kenapa2.. mesin jg badak2..ini ngmgin generasi 204/212 yah..

kl masuk ke s class, baru dana 100 jutaan buat spare lumayan butuh, kl udah bicara s class kita udh mainan air matic + vacuum system (pneumatic system).. ini rada costly.. w220 up yah,
roymhs31
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Wed Jul 28, 2010 9:05

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by roymhs31 »

lutfhin87 wrote: Sat Jul 25, 2020 13:02 Wah rame juga yg bales :big_chicken:

Terimakasih suhu2 semua yg sdh memeberikan masukan2 terutama yg dari pengalaman pribadinya, saya jadi bertambah ilmunya ttg merawat w204 ini :big_exellent:

Setelah diskusi dgn keluarga, dan masukan dari suhu2 sekalian, lebih wise jika saya keep mobil yg skrg, karena mbl yg sekarang juga jarang dipakai jarak jauh, untuk didalem kota sbnrnya saya cukup dgn scross ini meskipun cukup berat tarikannya,jadinya sempat melirik w204 ini krn untuk harga 2ndnya mirip2 tetapi saya tidak melihat faktor yg lain2nya

Dan melihat harga service besar scross dan w204 yg bagai bumi dan langit saya jadi mundur teratur :big_cry:
Tks om @sinclaire yg sdh share pengalaman merawatnya

Terima kasih juga suhu2 semua yg sudah share :big_deal:
Btw om emg selemot apa ya scrossnya? Klo misal dbanding mobil jepang range harga serupa (veloz, xpander, xl7/ertiga)?
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4911
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by Pboyz97 »

lutfhin87 wrote: Sat Jul 25, 2020 13:02 Wah rame juga yg bales :big_chicken:

Terimakasih suhu2 semua yg sdh memeberikan masukan2 terutama yg dari pengalaman pribadinya, saya jadi bertambah ilmunya ttg merawat w204 ini :big_exellent:

Setelah diskusi dgn keluarga, dan masukan dari suhu2 sekalian, lebih wise jika saya keep mobil yg skrg, karena mbl yg sekarang juga jarang dipakai jarak jauh, untuk didalem kota sbnrnya saya cukup dgn scross ini meskipun cukup berat tarikannya,jadinya sempat melirik w204 ini krn untuk harga 2ndnya mirip2 tetapi saya tidak melihat faktor yg lain2nya

Dan melihat harga service besar scross dan w204 yg bagai bumi dan langit saya jadi mundur teratur :big_cry:
Tks om @sinclaire yg sdh share pengalaman merawatnya

Terima kasih juga suhu2 semua yg sudah share :big_deal:
Pilihan yg bijak om. Toh scross bukan mobil yg jelek, diluar desain exteriornya yg bukan selera semua orang termasuk saya, mobil ini cukup value for money, dengan desain interior dan fiturnya yg lumayan oke + bq yg which is salah 1 yg terbaik dikelasnya dan harganya juga termasuk terjangkau dikelasnya . Kerja dan nabung lebih giat lagi om, semoga bisa kebeli w204 ya om suatu saat nanti, kalo perlu yg tahunnya lebih muda dan lebih tinggi tipenya daripada c200 kompre ini (entah c200 avg, c200 sport, c200 c edition, c250, c300) who knows . Wkwkwkwk
roymhs31 wrote: Sat Jul 25, 2020 7:19
Om perbandingan aj klo spare budget sgitu, kmrn saya abs beli camry Q yg V6 tahun 2010 cm abs buat peremajaan kaki2 doang. Belum sektor mesin ya itu. Jd gk yakin mercy seken bakal cukup diongkosin peremajaan dgn uang sgitu
Ijin nyimak om, saya mau tanya nih, yg perlu disiapin dan diperhatikan untuk sebuah camry bekas apa aja ya? Apakah spare budget 20-30 jt cukup untuk sebuah camry, karena posisi saya sama seperti om TS, dan camry 2.5 v 2012-2013 jadi alternatif lain selain w204. Terimakasih
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4911
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by Pboyz97 »

Sinclaire wrote: Fri Jul 24, 2020 13:55
Pboyz97 wrote: Fri Jul 24, 2020 12:13
Sinclaire wrote: Thu Jul 23, 2020 15:20
jadi begini om, sebelumnya koreksi saya juga ya om kalo ada yang salah, kan masih sama2 belajar juga..semoga bisa jadi masukan juga buat om yang lagi mau coba ambil mercedes

untuk m271 dan m272, untuk perbedaan cost terbesar itu sebenarnya ada di pajak om, dimana 204 m271 itu pajek jakarta tgn 1 non progressif udah nyentuh angka 6 jutaan terakhir sy pegang 2 tahun lalu, sedangkan 212 m272 itu masih diangka 13-14jt setahun, sama2 tangan ke 1 juga non progressif..ini udah beda jauh dari segi pajak..

tapi dari segi maintenance, perbedaan utama cuman ada di kapasitas oli mesin sekitar 2 liter ya om, m271 1.8L itu masuk 6 quartz, sedangkan m272 itu masuk 8 quartz..sisanya dari filter semua parts harga mirip2, cuman busi aja lebih..konsumsi bahan bakar yang sedikit lebih boros (tapi gak banyak).. dimana kalo 271 kompressor itu ada waktunya ganti supercharger fluid juga, harga partnya juga gak murah buat ini, yang ujung2nya bisa dibilang 11-12 juga untuk maintenancenya..

nah kalo dari segi ecu panggang ecu panggang ini, jadi gini om kalo menurut saya, namanya mobil, apalagi dipake, kita gak akan tau ada part apa yang rusak/ butuh penggantian, kalo om bilang pelihara 272 lebih mahal karena ecunya bisa kena, di saya malah sebaliknya, dulu saya pake 204 271K malah udah pernah ganti throttle body module 2x, EIS kena sekali, sedangkan di 212 ini saya belom pernah ganti apa2 sama sekali (knock on wood), semua regular maintenance saja, dengan umur yang beda 1 taun dan KM sama.

kenapa saya gak saranin ambil eks taksi? karena gini om, yang namanya mobil eks taksi itu berarti book valuenya sudah bisa dibilang hampir 0 ya, pasti ada alesannya perusahaan taksi lepas unit2 ini, dimana restorasi/peremajaan mobil eropa pastinya makan biaya lebih banyak dari mobil jepang ya om, ujung2nya keluar duit juga buat benerin ini itu, belinya sih iya murah, rawatnya bisa bikin muter otak..

sedangkan kita ambil mobil eropa itu kan buat dinikmati ya, jadi ambil sekalian mesin gede, karena silinder lebih banyak = mesin lebih anteng, apalagi kalo up ke e class trus ambil mesin gede ini baru berasa naik "mercy"nya, dengan perawatan yang mirip2 sama varian cc kecil, apalagi ekstaksi, ngapain ambil yang mesin kecil? kalo beli mobil kaya gini daripada beli w211 cc kecil, mending sekalian turun generasi + tahun tp naik kelas sama cc gede, contohnya ambil 210 320.. dan harus diingat mesin lebih gede biasanya creature comfort lebih banyak ya, mulai dari pano roof, dyn seat, kursi pijit, dll lah banyak.. bahkan setup suspensi avg dan elegance di 212 aja beda ya..

jadi kalo ada budget mau ambil eropaan tapi trim terendah dan mesin terkecil, saya saranin ambil jepangan aja dulu mending..

sekian om, cmiiw ya :big_peace:
Makasih om sinclaire buat info, pencerahan , dan masukannya. Dan baru tau, kalau M271 dan M272 itu biaya perawatannya beda tipis , misalkan, antara C200 2012, C250 2010 dan C280 2009 , di rentang harga yg sama, mending ambil C280 dong, karena cc gede, dan tarikan juga paling oke daripada c250 dan c200, tapi biaya perawatannya gak jauh beda sama c250 dan c200. Kalau salah mohon dikoreksi ya hehehe
ChZ wrote: Fri Jul 24, 2020 2:18

:mky_07: :mky_07: :mky_07:

gw aja dibilang ama bos bengkel VW... ngapain ngambil TSI MK6 mending ngambil GTI MK5 puasnya beda lbh kuat yang GTI... tp ya udahlah si babeh keburu seneng ama unitnya... :mky_01:

ada temen pake M272 3 biji... E280, ML350, S350. taunnya kurang lebih sama semua tiga tiganya yang kena ECU panggang baru ML350.

buat om pboyz... gapapa loh kalo minat tp gak ngerti soal mobilnya nyimak topiknya dulu... ga usah reply berbusa-busa muter-muter tp malah jadi misleading pake nyuruh orang beli eks taksi...

lagian gak yakin 15-20jt itu cukup buat spare... sebadak-badaknya jg balik lg pnya mobil jerman itu buat dinikmatin. mobil jerman seken mau enak maksimal ya hrs keluar duit banyak... 15-20jt mahh cuma buat servis reguler ama ganti ban...

emang C-Class cukup dikasih oli mesran ama ban achilles atr... kan enggak toh.
Siap om chz, makasih buat saran , dan masukannya. Btw gw ijin nyimak dulu deh, dan maaf buat om TS nya kalau saya sudah bikin gaduh di thread ini dan menyebabkan misinformasi
Sinclaire wrote: Fri Jul 24, 2020 3:17 buat referensi aja, terakhir servis besar 212 m272 taun lalu..

oli mesin bintang 8 liter x150.000 = 1.200.000
filter oli = 120.000
oli atf titan 7134 (7g tronic +) 6 liter x 350.000 = 2.100.000 (ini kemahalan kayanya)
oli gardan mobil 1 80w-90 2 liter x 100.000 = 200.000
filter matic = 350.000
packing carter matic = 350.000
filter udara = 400.000
busi (bosch yr7mpp) 6 x 125.000 = 750.000
accu atlas 80ah = 2.000.000
link stabilizer 2 x 950.000 = 1.900.000

scan + jasa semua = 900 ribu
spooring 250 ribu..

yah total sekitar 10 jutaan..ini udah dibengkel spesialis yang murah pooll, cuman oli atf aja itu saya gak tau kenapa dia charge harga segitu, kalo di cek di online dapet 200 ribuan seliter..tapi yah udahlah, repot lagi bawa2 sendiri..toh sparepart sisanya saya liat cukup murah, jasa juga cuman segitu..

ini kalo di bengkel resmi perkiraannya sekitar..yah dapet lah vario baru :big_chicken: :big_chicken:
Wah, mahal juga . Saya ijin nyimak dulu ya, sedangkan kalau M271 biaya servis besarnya kira2 berapa ya? Apakah lebih murah jauh dari M271, beda tipis, atau malah justru lebih mahal daripada M272? Terimakasih sebelumnya
itu mahal karna ganti aki + link stabilizer aja om.. dan oki atf harga 220an bisa dapet kalo beli sendiri..kalo m271 ya kurangin aja oli jd 6 liter.. itu kan servis besar om, kl cuman ganti oli yah abisnya mirip lah sama mobil lainnya..

yg mahal kalo lg ada penggantian parts aja..
Oalah, terimakasih infonya om
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
tatando
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Wed Sep 23, 2020 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: XJ 97

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by tatando »

Coba cek harga lagi, CGI mestinya udah di bawah 200.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1088
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by aspsilver »

Yang kaget kalo beli mercy itu isi bensin nya.

Jangan pakai 92, beda harga cuma rp 850-1000, ngapain pakai itu.

Saya pakai pertamax turbo. Beda jauh dipakenya. Ini yang terbaik, better than shell, total or BP. Harga beda rp 200 aja.


Nah c class tangki 60 l, sekali isi bisa 500 rb.
Kalo pertama pertama isi, bisa kaget, dan stress koq, meternya jalan terus, gak penuh penuh.
Hahahaha

Ada kawan saya biasa pakai Fortuner VRZ, beli S350, 2008, gak sampai 300 juta. Pas isi bensin dari 1/4 isi 500rb gak penuh, kaget banget.

Saya cuma senyum senyum aja, lah sampeyan beli S class, koq ributin beli bensin.

Oh iya, satu lagi.

Kalo naik S cross baru gress, trus keserempet, anda cuma kesel 2 hari.
Kalo punya mercy, walaupun bekas, keserempet, 1 minggu keselnya belum hilang.

Hahahaha