Namanya mobil MPV a.k.a people carrier itu kan didesign buat angkut orang (walaupun ada multi purpose buat angkut barang). Bisa toh di-tuning sasisnya buat lebih manusiawi agar sedikit lebih nyaman buat penumpang.piraku wrote: Sat Jul 18, 2020 2:39Lagian mpv kelas ini ga pernah ada yg enak dikendarai. Paling mending ya mobilio, itu jg karna sejatinya dia itu hatchback yg dipanjangin kaya wagon. Xpander ertiga? Buat jadi penumpang oke bgt, jd supir kalau sekedar alat transportasi sih ya oke, tp buat menikmati keasyikan berkendara? Waduh. Feeling stir hambar bener. Tenaga, ga ada yg spesial, cenderung underpowered.Or4cle wrote:
Fleet operasional di kantor ane pakainya selalu Toyota : Avanza (Gen 1, Gen 2) dan Innova. Operasional kalau keluar dinas pada berebut pilih Innova![]()
Buat ane Avanza kalau dipakai gak ada enaknya, diatas 80 km/jam dah goyang dombret, feel steer dull,
, gak connect ke aspal, belok kiri-kanan penumpang belakang geser /ternguncang. Tapi memang mesin lumayan responsif, salut ane kalo liat di tol Avanza pada kencang2 kayak punya nyawa serep.
Gen1 dan Gen2 gak ada perubahaan di chassis dan pengendalian tetap ampas. Silih berganti dikeroyok berjamaah sama Mobilio, Ertiga dan Xpander gak lengser dari tahta.
Salut sama "sihir" Avanza / Xenia
Kalau buat bawa sendiri saya sih milih mobilio. Apalagi yg manual. Gedenya pun ga jauh dari avanza. Xpander? Bawa di bandung nyiksa, apalagi kalau udh masuk gang sempit. Bete duluan.
Saya selalu berpikir mobil baru di range harga ini (mpv suv) buang jauh jauh keinginan driving pleasure. Kecuali hatchback. Yaa anggap aja cuma alat transportasi atau penunjang usaha.
Atau jangan2 multi purpose-nya buat angkat mayat di belakang ? Mayat kalau gak nyaman kan gak bisa komplen hehehe

Itu pointnya ane ... gak ada cari driving pleasure di MPV.
Hanya sebatas jabarin kelemahan di sisi pengemudi dan penumpang doang.
Ane mesti fair, kalau buat durability ini mobil memang jempolan. Nah, kalau kakaknya (Kijang Innova) baru ane recommend ... awet dan relatif nyaman
