Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
lonesnake
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Tue Aug 14, 2007 3:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Suzuki S Cross

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by lonesnake »

turbine888 wrote: Tue Jul 14, 2020 5:41 Pengalaman sih sejauh ini saya servis selalu di BeRes sampai warranty atau Service Package habis. Berikut sy share dikit pengalaman dr beberapa merk:

1. BeRes A2K: So far, so good. Gold standard suatu jaringan dealer ya emang si A2K ini. Pengalaman kurang mengenakkan cuman pernah dulu mobil gw dispooring walaupun tdk ada keluhan, dan akhirnya mau ga mau bayar deh. Termasuk prosedur kata si SA nya :big_bored:

2. Mercedes Benz (H*rt*n* R*y* M*t*r): Terakhir servis di sana cuman sekali setelah ISP W212 gw abis. Lgsg shock liat tagihan sebesar 9 jeti cuman untuk ganti oli, filter oli, brake pad, dan brake fluid :big_cry: . Harga jasa dan spareparts nya ga masuk akal, akhirnya sampai skrg pindah ke bengkel spesialis.

3. BMW Astra: Mobil masih free service sampai 2025, jadi blm pernah bayar sepeserpun. Let's see klo ntar abis free servicenya.

4. VW Surabaya: Nah ini, kalau boleh bilang termasuk BeRes paling kacau sejauh ini :big_dunno: . Sebenarnya, harga jasa cukup reasonable dan SA juga komunikatif, tetapi banyak terjadi permainan pertukaran parts oleh oknum2 di sini (sebagai contoh case, ada cust. A yg meminta dicarikan parts copotan yg bagus, akhirnya oleh oknum2 tersebut ditukar dgn part dr mobil cust. lain yg kondisi partnya masih bagus.) Kemudian, kesediaan spareparts slow moving yg sudah cenderung sangat mahal, ditambahkan birokrasi yg ribet membuat saya berulang kali membeli parts sendiri dari VW Singapura karena lebih cepat datangnya dan harganya jauh lebih murah. Toh, BeRes juga ambil partsnya dr VW Singapura :big_weee: .

5. Mazda Eurokars: Menurut saya, Mazda sudah cukup baik BeResnya, serta jika ada parts yg harus diganti, SA akan konsultasi lebih dulu dengan kita, dan estimasi biaya pun sangat transparan dan jelas. Kekurangan hanya di biaya jasa yg cenderung mahal.

Sekian aja dr saya. Post ini saya buat tanpa maksud menyinggung ataupun memojokkan siapapun.
Mohon maaf Pak Turbine, Saya akan bantu tindak lanjuti masalah di VW Surabaya, kalau memang betul terjadi, apakah boleh dicantumkan service tanggal berapa dan plat nomer dan nomer rangka kendaraannya, bertemu dengan orang VW yang namanya siapa? Proses birokrasi yang ribet ini maksudnya ribet di mananya?

Jika Pak Turbine mau PM, silahkan
Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sun May 01, 2016 7:00

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Sinclaire »

turbine888 wrote: Tue Jul 14, 2020 5:41 Pengalaman sih sejauh ini saya servis selalu di BeRes sampai warranty atau Service Package habis. Berikut sy share dikit pengalaman dr beberapa merk:

1. BeRes A2K: So far, so good. Gold standard suatu jaringan dealer ya emang si A2K ini. Pengalaman kurang mengenakkan cuman pernah dulu mobil gw dispooring walaupun tdk ada keluhan, dan akhirnya mau ga mau bayar deh. Termasuk prosedur kata si SA nya :big_bored:

2. Mercedes Benz (H*rt*n* R*y* M*t*r): Terakhir servis di sana cuman sekali setelah ISP W212 gw abis. Lgsg shock liat tagihan sebesar 9 jeti cuman untuk ganti oli, filter oli, brake pad, dan brake fluid :big_cry: . Harga jasa dan spareparts nya ga masuk akal, akhirnya sampai skrg pindah ke bengkel spesialis.

3. BMW Astra: Mobil masih free service sampai 2025, jadi blm pernah bayar sepeserpun. Let's see klo ntar abis free servicenya.

4. VW Surabaya: Nah ini, kalau boleh bilang termasuk BeRes paling kacau sejauh ini :big_dunno: . Sebenarnya, harga jasa cukup reasonable dan SA juga komunikatif, tetapi banyak terjadi permainan pertukaran parts oleh oknum2 di sini (sebagai contoh case, ada cust. A yg meminta dicarikan parts copotan yg bagus, akhirnya oleh oknum2 tersebut ditukar dgn part dr mobil cust. lain yg kondisi partnya masih bagus.) Kemudian, kesediaan spareparts slow moving yg sudah cenderung sangat mahal, ditambahkan birokrasi yg ribet membuat saya berulang kali membeli parts sendiri dari VW Singapura karena lebih cepat datangnya dan harganya jauh lebih murah. Toh, BeRes juga ambil partsnya dr VW Singapura :big_weee: .

5. Mazda Eurokars: Menurut saya, Mazda sudah cukup baik BeResnya, serta jika ada parts yg harus diganti, SA akan konsultasi lebih dulu dengan kita, dan estimasi biaya pun sangat transparan dan jelas. Kekurangan hanya di biaya jasa yg cenderung mahal.

Sekian aja dr saya. Post ini saya buat tanpa maksud menyinggung ataupun memojokkan siapapun.
pengalaman saya buat no 1 sm 2 kurleb mirip sama om..di a2k mungkin karena udah deket sama SAnya, kalo ada penggantian spare disuruh cari aja diluar daripada disana belinya mahal, dan nanti dipasangin, di charge jasa yang pake waktu, jd murah, gatau dia pake kode apaan buat dimasukin ke invoicenya, :big_think: ..tapi sejauh ini puas..

buat no 2 juga cuman pernah sekali doang servis habis kelar isp, c200 ganti karet wiper ditarik charge 2jt belom ppn langsung nangiiissssss :big_cry: ..ganti oli dan lain2 total jadi 8 jut jut..

nah yang no 5 ini saya kurang puas, beres mazda suka banget jualan cairan2 gak penting, engine flush lah, carb jet lah dicharge brp ratus ribu, blom printilan lainnya, jasa juga lumayan, dulu pernah servis 40.000 kebetulan yang bawa servis orang rumah bkn saya, setelah dicek tagihan abis 4 jutaan buat yang isinya cuman ganti oli aja sebenernya :big_dunno: .. payah, setelah itu lgsg bawanya ke toda aja cukup..

yang lainnya kayak honda, masih okelah, diatas toyota dibawah mazda kalo buat ongkos, tapi ttp ama bengkel luaran jauh harganya euy..apalagi mesin honda biasanya olinya dikit22
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 568
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by satriakarisma »

Omnibus wrote: Tue Jul 14, 2020 6:31
FU27 wrote: Tue Jul 14, 2020 6:02
ChZ wrote: Tue Jul 14, 2020 5:51

gw yang bingung itu... brake cleaning... perasaan tiap gw serpis rutin ada aj prosedur brake cleaning... lah emang rem perlu dibersiin sesering itu :big_bored: servis di luaran kaga pernah disuruh brake cleaning.

apa cm biar keliatan kerja kliatan ban dibuka dibersih2in... :ngacir:

Brake cleaning menurut saya penting, apalagi klo tinggal di area yang jalanannya sering becek, banyak tanjakan turunan. Brake cleaner sekalian greasenya.

6 bulan sekali bersihin dan re-grease rem masih fair lah, daripada kesiksa gara2 rem macet. Apalagi buat matic yang kerja remnya lebih berat. Toh semahal2nya di beres, paling 100ribu. Buat brake cleaner dan grease. Klo jasa kan sudah include di biaya servis rutin.

Dari pengamatan join di group FB komunitas mobil, banyak mobil usia lewat 3 tahun suka teriak2 minta tolong di group karena rem macet.

Penyebab rem macet ya awalnya dari rem yang gak pernah dibersihkan.
Setuju sm Om FU27

cuma mau nambahin kl sebetulnya jika kita DIY kan kita bongkar sendiri sehingga faham spt apa kondisinya utk mengira2 selanjutnya msh akan dibersihkan dgn interval yg sama atau harus dipercepat krn udah kotor banget pas dibuka atau malah diperlambat krn pas dibuka kok msh ga kotor2 amat.

Krn urusan brake job itu sangat tergantung dr pola pemakaian kita apakah sering ngerem dadakan, hard braking dr kecepatan tinggi, sering ngerem santuy, atau malah jarang ngerem mengandalkan engine brake secara optimal. Nah yg bengkel kerjakan itu biasanya pukul rata service interval rem nya selain drpd memang ngejar omset juga kan :big_grin:
erwinign wrote: Tue Jul 14, 2020 6:04
Om, soal bersih2 rem saya mau nanya. Sejauh yg saya tau cairan brake cleaner kok ndak penting ya, krn mekanik biasa udah bersihin pakek amplas buat di disc brake sama di kampas remnya. bener ngga ya?
penting banget om, sy nyetok banyak brake cleaner krn ini cairan sakti mandraguna multifungsi. ya kl habis diamplas kan musti disemprot2 spy kotorannya turun ke baskom yg sdh disediakan di bawahnya. diamplas kl ga disemprot malah nambahin debu. masa disemprot pakai angin kompresor atuh itu debu karsinogenik ex brake pads/shoes bisa terbang kemana2. :mky_03:

pin caliper jg hrs disemprot brake cleaner kl mau grease lama dibersihkan sblm dipakaikan grease yg baru. sy malah habis 1 kaleng tiap brake job krn mau bersih banget.
Rekomen brake cleaner merek apa Om Omni?

sorry agak OOT nih
turbine888
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Tue Jul 19, 2016 15:22

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by turbine888 »

ChZ wrote: Tue Jul 14, 2020 5:51

soal beres eropa... tmen ane servis W221 S-Class di luar... lumayan ngirit biaya jadi tinggal 1/4 nya klo di beres :ngacir:

hah serius ada kejadian gitu di VW surabaya ? ane ada kenal serv managernya sih...
Iya om, kalo beres Eropaan sadis bener emang kalo soal harga :big_biglaugh: . Karet wiper aja ditagih 1,5 jeti, amsiong dah wkwkwk.

Soal kejadian di VW Surabaya, emang benar om ada kejadian seperti itu dialami oleh teman saya, cuman masalahnya sudah beres dan setau ane oknum tersebut sudah tidak bekerja di VW Surabaya :big_okay:
lonesnake wrote: Tue Jul 14, 2020 6:36 Mohon maaf Pak Turbine, Saya akan bantu tindak lanjuti masalah di VW Surabaya, kalau memang betul terjadi, apakah boleh dicantumkan service tanggal berapa dan plat nomer dan nomer rangka kendaraannya, bertemu dengan orang VW yang namanya siapa? Proses birokrasi yang ribet ini maksudnya ribet di mananya?

Jika Pak Turbine mau PM, silahkan
Siang om lonesnake. Kejadiannya sih udah cukup lama om, dan setau saya jg sudah diselesaikan dan oknum tersebut sudah tidak ada di VW Surabaya. Soal proses birokrasi yg ribet ini, maksud saya adalah proses pemesanan spareparts yg menurut opini saya terlalu banyak prosesnya, sehingga tempo waktu yg diperlukan untuk mendapatkan spareparts cenderung lama. Mungkin lebih jelasnya enak PM aja om :big_okay:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11340
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Omnibus »

satriakarisma wrote: Tue Jul 14, 2020 6:50
Rekomen brake cleaner merek apa Om Omni?

sorry agak OOT nih
ane pake ini om,


Image
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15595
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by ChZ »

FU27 wrote: Tue Jul 14, 2020 6:02
Brake cleaning menurut saya penting, apalagi klo tinggal di area yang jalanannya sering becek, banyak tanjakan turunan. Brake cleaner sekalian greasenya.

6 bulan sekali bersihin dan re-grease rem masih fair lah, daripada kesiksa gara2 rem macet. Apalagi buat matic yang kerja remnya lebih berat. Toh semahal2nya di beres, paling 100ribu. Buat brake cleaner dan grease. Klo jasa kan sudah include di biaya servis rutin.

Dari pengamatan join di group FB komunitas mobil, banyak mobil usia lewat 3 tahun suka teriak2 minta tolong di group karena rem macet.

Penyebab rem macet ya awalnya dari rem yang gak pernah dibersihkan.
ahh iya jg sih, kemaren dapet splash piston remnya macet... hahahaha.

mgkn kalo mobil masih relatif baru dan cm dipake kota-kota ga trlalu berasa bedanya dibersiin ama enggak, aplg kalo brakepad masih tebel.
turbine888 wrote: Tue Jul 14, 2020 7:17
Iya om, kalo beres Eropaan sadis bener emang kalo soal harga :big_biglaugh: . Karet wiper aja ditagih 1,5 jeti, amsiong dah wkwkwk.

Soal kejadian di VW Surabaya, emang benar om ada kejadian seperti itu dialami oleh teman saya, cuman masalahnya sudah beres dan setau ane oknum tersebut sudah tidak bekerja di VW Surabaya :big_okay:
lonesnake wrote: Tue Jul 14, 2020 6:36 Mohon maaf Pak Turbine, Saya akan bantu tindak lanjuti masalah di VW Surabaya, kalau memang betul terjadi, apakah boleh dicantumkan service tanggal berapa dan plat nomer dan nomer rangka kendaraannya, bertemu dengan orang VW yang namanya siapa? Proses birokrasi yang ribet ini maksudnya ribet di mananya?

Jika Pak Turbine mau PM, silahkan
Siang om lonesnake. Kejadiannya sih udah cukup lama om, dan setau saya jg sudah diselesaikan dan oknum tersebut sudah tidak ada di VW Surabaya. Soal proses birokrasi yg ribet ini, maksud saya adalah proses pemesanan spareparts yg menurut opini saya terlalu banyak prosesnya, sehingga tempo waktu yg diperlukan untuk mendapatkan spareparts cenderung lama. Mungkin lebih jelasnya enak PM aja om :big_okay:
nah ntu oom lonesnake yang ane maksud, dedengkotnya pewe surabaya... monggo di ceritakan keluh kesah temennya ke beliau :big_grin:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by FU27 »

ChZ wrote: Tue Jul 14, 2020 7:48
FU27 wrote: Tue Jul 14, 2020 6:02
Brake cleaning menurut saya penting, apalagi klo tinggal di area yang jalanannya sering becek, banyak tanjakan turunan. Brake cleaner sekalian greasenya.

6 bulan sekali bersihin dan re-grease rem masih fair lah, daripada kesiksa gara2 rem macet. Apalagi buat matic yang kerja remnya lebih berat. Toh semahal2nya di beres, paling 100ribu. Buat brake cleaner dan grease. Klo jasa kan sudah include di biaya servis rutin.

Dari pengamatan join di group FB komunitas mobil, banyak mobil usia lewat 3 tahun suka teriak2 minta tolong di group karena rem macet.

Penyebab rem macet ya awalnya dari rem yang gak pernah dibersihkan.
ahh iya jg sih, kemaren dapet splash piston remnya macet... hahahaha.

mgkn kalo mobil masih relatif baru dan cm dipake kota-kota ga trlalu berasa bedanya dibersiin ama enggak, aplg kalo brakepad masih tebel.

Mobil baru dan kampas tebal gak pengaruh juga sih. Musuh utama rem cakram ini kan debu. Apalagi di kaliper rem kan banyak bagian terbuka dan bergerak. Pelumasannya pakai grease. Grease kena debu ya kan nempel, lama2 berkerak. Greasenya membatu. Klo saya sih karena dari dulu suka bersihin kaliper rem motor, jadi kebayang aja itu kotornya kaya apa. Klo servis motor, pembersihan rem itu gak masuk item servis rutin. Mau gak mau digawe sendiri. Klo mobil kan masuk item servis rutin
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by DOHC »

Kl yg pengalaman saya perhatiin d beres toyota , batu makam ama honda.. servis rem itu biasa nya cuman copotin kampas rem, semprot2 brake cleaner, amplas kampas rem (ini pun ga smua beres ngerjain), pasang lg kampas, beresss... simple skali, no brainer work

Lah itu pasak pin ga d apa2in bambang ?? Trus masi brani ngecharge mahal gt ? Bahkan SOP asem reges aj at least masi pake sikat gigi plus sabun colek, bersihin satu2 d sikat atau di kuas ama sabun, dbilas bersih, trakir d touch up ama gemuk cungkwo drum2an yg dibagi rame2 antar montir2
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
lonesnake
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Tue Aug 14, 2007 3:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Suzuki S Cross

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by lonesnake »

turbine888 wrote: Tue Jul 14, 2020 7:17
ChZ wrote: Tue Jul 14, 2020 5:51

soal beres eropa... tmen ane servis W221 S-Class di luar... lumayan ngirit biaya jadi tinggal 1/4 nya klo di beres :ngacir:

hah serius ada kejadian gitu di VW surabaya ? ane ada kenal serv managernya sih...
Iya om, kalo beres Eropaan sadis bener emang kalo soal harga :big_biglaugh: . Karet wiper aja ditagih 1,5 jeti, amsiong dah wkwkwk.

Soal kejadian di VW Surabaya, emang benar om ada kejadian seperti itu dialami oleh teman saya, cuman masalahnya sudah beres dan setau ane oknum tersebut sudah tidak bekerja di VW Surabaya :big_okay:
lonesnake wrote: Tue Jul 14, 2020 6:36 Mohon maaf Pak Turbine, Saya akan bantu tindak lanjuti masalah di VW Surabaya, kalau memang betul terjadi, apakah boleh dicantumkan service tanggal berapa dan plat nomer dan nomer rangka kendaraannya, bertemu dengan orang VW yang namanya siapa? Proses birokrasi yang ribet ini maksudnya ribet di mananya?

Jika Pak Turbine mau PM, silahkan
Siang om lonesnake. Kejadiannya sih udah cukup lama om, dan setau saya jg sudah diselesaikan dan oknum tersebut sudah tidak ada di VW Surabaya. Soal proses birokrasi yg ribet ini, maksud saya adalah proses pemesanan spareparts yg menurut opini saya terlalu banyak prosesnya, sehingga tempo waktu yg diperlukan untuk mendapatkan spareparts cenderung lama. Mungkin lebih jelasnya enak PM aja om :big_okay:
Terima kasih infonya, perkenankan saya mewakili pihak VW mohon maaf untuk ketidaknyaman yang terjadi. Hal ini menjadi masukan yang berarti untuk kami. Tapi jika berkenan, bisa PM atau post disini beberapa bukti kejadian terkait sebagai referensi kami dan rekan2 SM yang lain disini supaya tidak ada anggapan yang negatif.

Karena saya berada di VW sudah cukup lama dan belum pernah mendapatkan komplain seperti spare part mobil ditukar2 dengan unit lain, atau mungkin diperjual belikan oleh oknum. Mungkin jika ada teman2 lain yang mengalami hal yang sama, bisa infokan ke saya untuk saya bantu tindak lanjuti...

FYI Depo spareparts di VW ada 3, Jakarta, Singapore dan Germany.

Apabila kita memasukkan No rangka kendaraan/VIN dan sparepart yang kita butuhkan akan terlihat harga dan availability nya di depo mana. Kita informasikan ke customer untuk ETA dan harga, Jakarta 3 hari-7 hari, Singapore 3 minggu-1 bulan dan Germany bisa sampai 3 bulan. Jika Customer setuju maka akan menaruh DP sebesar 50% dari harga yang tertera dan akan diinfokan/ditelpon setelah barang datang.

Prosesnya cuma itu dan kebanyakan dealer brand lain saya rasa sama. Jika sampai Pak Turbine mengalami masalah yang berbelit seperti yang Bapak tulis di PM, mohon segera infokan ke saya ya. Tidak tertutup untuk rekan SM yang lain.

Mohon maaf jika ada yang mengalami kejadian tidak enak seperti Pak Turbine, jangan segan untuk hubungi saya.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11340
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Tue Jul 14, 2020 10:16 Kl yg pengalaman saya perhatiin d beres toyota , batu makam ama honda.. servis rem itu biasa nya cuman copotin kampas rem, semprot2 brake cleaner, amplas kampas rem (ini pun ga smua beres ngerjain), pasang lg kampas, beresss... simple skali, no brainer work

Lah itu pasak pin ga d apa2in bambang ?? Trus masi brani ngecharge mahal gt ? Bahkan SOP asem reges aj at least masi pake sikat gigi plus sabun colek, bersihin satu2 d sikat atau di kuas ama sabun, dbilas bersih, trakir d touch up ama gemuk cungkwo drum2an yg dibagi rame2 antar montir2
kalo ane mendingan pilih dibersihin pake sikat gigi ama sabun colek deh ketauan bersih. emangnya kl diliatin doang bisa bersih sendiri, kan engga ya om ....

btw om ati2 lho ntar ada perwakilan beres merk yg disebut minta bukti omongan om di atas tuh. spt yg terjadi ama pewe :big_think:
turbine888
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Tue Jul 19, 2016 15:22

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by turbine888 »

lonesnake wrote: Tue Jul 14, 2020 10:17
Terima kasih infonya, perkenankan saya mewakili pihak VW mohon maaf untuk ketidaknyaman yang terjadi. Hal ini menjadi masukan yang berarti untuk kami. Tapi jika berkenan, bisa PM atau post disini beberapa bukti kejadian terkait sebagai referensi kami dan rekan2 SM yang lain disini supaya tidak ada anggapan yang negatif.

Karena saya berada di VW sudah cukup lama dan belum pernah mendapatkan komplain seperti spare part mobil ditukar2 dengan unit lain, atau mungkin diperjual belikan oleh oknum. Mungkin jika ada teman2 lain yang mengalami hal yang sama, bisa infokan ke saya untuk saya bantu tindak lanjuti...

FYI Depo spareparts di VW ada 3, Jakarta, Singapore dan Germany.

Apabila kita memasukkan No rangka kendaraan/VIN dan sparepart yang kita butuhkan akan terlihat harga dan availability nya di depo mana. Kita informasikan ke customer untuk ETA dan harga, Jakarta 3 hari-7 hari, Singapore 3 minggu-1 bulan dan Germany bisa sampai 3 bulan. Jika Customer setuju maka akan menaruh DP sebesar 50% dari harga yang tertera dan akan diinfokan/ditelpon setelah barang datang.

Prosesnya cuma itu dan kebanyakan dealer brand lain saya rasa sama. Jika sampai Pak Turbine mengalami masalah yang berbelit seperti yang Bapak tulis di PM, mohon segera infokan ke saya ya. Tidak tertutup untuk rekan SM yang lain.

Mohon maaf jika ada yang mengalami kejadian tidak enak seperti Pak Turbine, jangan segan untuk hubungi saya.
Oke, terima kasih untuk klarifikasinya om lonesnake. Saya yakin di VW banyak orang berkomitmen dan emang memiliki itikad baik seperti om lonesnake, hanya saja perbuatan beberapa oknum yg tidak bertanggungjawab tsb yg mencoreng nama baik. Semoga ke depannya servis VW bisa semakin baik.
Sekian dari saya.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15595
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by ChZ »

Omnibus wrote: Tue Jul 14, 2020 10:32
DOHC wrote: Tue Jul 14, 2020 10:16 Kl yg pengalaman saya perhatiin d beres toyota , batu makam ama honda.. servis rem itu biasa nya cuman copotin kampas rem, semprot2 brake cleaner, amplas kampas rem (ini pun ga smua beres ngerjain), pasang lg kampas, beresss... simple skali, no brainer work

Lah itu pasak pin ga d apa2in bambang ?? Trus masi brani ngecharge mahal gt ? Bahkan SOP asem reges aj at least masi pake sikat gigi plus sabun colek, bersihin satu2 d sikat atau di kuas ama sabun, dbilas bersih, trakir d touch up ama gemuk cungkwo drum2an yg dibagi rame2 antar montir2
kalo ane mendingan pilih dibersihin pake sikat gigi ama sabun colek deh ketauan bersih. emangnya kl diliatin doang bisa bersih sendiri, kan engga ya om ....

btw om ati2 lho ntar ada perwakilan beres merk yg disebut minta bukti omongan om di atas tuh. spt yg terjadi ama pewe :big_think:
Merek yang disebutin om klep mahh aman om se kota aja beresnya bejibun :big_biglaugh: selama ga sebut spesifik.

Kbetulan aja pewe sby dilernya sekota cm 1, nyebut pewe surabaya ya mengarahnya spesifik :big_biglaugh: dan kbetulan svc managernya main SM dan kenal sama ane & admin tomket.... Which is good mediasinya jd mudah.

Tp ane sndiri walau jd eyewitness suatu kejadian jg kalo gapunya bukti foto / video ga akan sebut spesifik dealer mana sih... Jaman skrg ngeri.

Dan aplg fact kalo petinggi atpm indo dan pemain2 otomotif jg baca SM... Hahahaha. Masa ama kacab platinum subaru smg (gajadi buka krn kasus tax lawsuit) ane ketauan di real world coba... :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Tue Jul 14, 2020 10:32
DOHC wrote: Tue Jul 14, 2020 10:16 Kl yg pengalaman saya perhatiin d beres toyota , batu makam ama honda.. servis rem itu biasa nya cuman copotin kampas rem, semprot2 brake cleaner, amplas kampas rem (ini pun ga smua beres ngerjain), pasang lg kampas, beresss... simple skali, no brainer work

Lah itu pasak pin ga d apa2in bambang ?? Trus masi brani ngecharge mahal gt ? Bahkan SOP asem reges aj at least masi pake sikat gigi plus sabun colek, bersihin satu2 d sikat atau di kuas ama sabun, dbilas bersih, trakir d touch up ama gemuk cungkwo drum2an yg dibagi rame2 antar montir2
kalo ane mendingan pilih dibersihin pake sikat gigi ama sabun colek deh ketauan bersih. emangnya kl diliatin doang bisa bersih sendiri, kan engga ya om ....

btw om ati2 lho ntar ada perwakilan beres merk yg disebut minta bukti omongan om di atas tuh. spt yg terjadi ama pewe :big_think:
Tenang aj

Saya mah ga perna takut ama yg namanya bgituan.. wong saya perna bawa oli sendiri buat servis berkala, mreka ngancem garansi gugur, saya ancem balik lgs ciut..

Lagian justru mustinya pabrikan makasi ad cust yg blow up bobroknya mereka, biar bsa improve SOP kerjaan mreka.. masa kalah ama asemreges, bkin malu aj, kerja modal uniform doank
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by coklatMetalik »

Kalo di beres 3elips langganan sy sih cairan2 ajaib macam brake cleaner, engine conditioner foam, engine flush, pake merk Ekathr*nik, ga tau gmn reputasinya merk ini. Dijual di beres dgn 2-3 kali harga di online shop :mky_03:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by maastricht889 »

coklatMetalik wrote: Tue Jul 14, 2020 12:05 Kalo di beres 3elips langganan sy sih cairan2 ajaib macam brake cleaner, engine conditioner foam, engine flush, pake merk Ekathr*nik, ga tau gmn reputasinya merk ini. Dijual di beres dgn 2-3 kali harga di online shop :mky_03:
Ekathronik = satu grup sama eka hospital, motoreko omm
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by coklatMetalik »

erwinign wrote: Tue Jul 14, 2020 12:06
coklatMetalik wrote: Tue Jul 14, 2020 12:05 Kalo di beres 3elips langganan sy sih cairan2 ajaib macam brake cleaner, engine conditioner foam, engine flush, pake merk Ekathr*nik, ga tau gmn reputasinya merk ini. Dijual di beres dgn 2-3 kali harga di online shop :mky_03:
Ekathronik = satu grup sama eka hospital, motoreko omm
Motoreko dealer suzuki om?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by DOHC »

ChZ wrote: Tue Jul 14, 2020 11:25
Omnibus wrote: Tue Jul 14, 2020 10:32
DOHC wrote: Tue Jul 14, 2020 10:16 Kl yg pengalaman saya perhatiin d beres toyota , batu makam ama honda.. servis rem itu biasa nya cuman copotin kampas rem, semprot2 brake cleaner, amplas kampas rem (ini pun ga smua beres ngerjain), pasang lg kampas, beresss... simple skali, no brainer work

Lah itu pasak pin ga d apa2in bambang ?? Trus masi brani ngecharge mahal gt ? Bahkan SOP asem reges aj at least masi pake sikat gigi plus sabun colek, bersihin satu2 d sikat atau di kuas ama sabun, dbilas bersih, trakir d touch up ama gemuk cungkwo drum2an yg dibagi rame2 antar montir2
kalo ane mendingan pilih dibersihin pake sikat gigi ama sabun colek deh ketauan bersih. emangnya kl diliatin doang bisa bersih sendiri, kan engga ya om ....

btw om ati2 lho ntar ada perwakilan beres merk yg disebut minta bukti omongan om di atas tuh. spt yg terjadi ama pewe :big_think:
Merek yang disebutin om klep mahh aman om se kota aja beresnya bejibun :big_biglaugh: selama ga sebut spesifik.

Kbetulan aja pewe sby dilernya sekota cm 1, nyebut pewe surabaya ya mengarahnya spesifik :big_biglaugh: dan kbetulan svc managernya main SM dan kenal sama ane & admin tomket.... Which is good mediasinya jd mudah.

Tp ane sndiri walau jd eyewitness suatu kejadian jg kalo gapunya bukti foto / video ga akan sebut spesifik dealer mana sih... Jaman skrg ngeri.

Dan aplg fact kalo petinggi atpm indo dan pemain2 otomotif jg baca SM... Hahahaha. Masa ama kacab platinum subaru smg (gajadi buka krn kasus tax lawsuit) ane ketauan di real world coba... :big_biglaugh:
Kl saya sehh biasa kl dapet beres yg ampas, pasti saya email ke pusat nya om, ga akan saya diemin.. kcuali yg servis rem tromol ampe klupaan puter pin pengunci kampas tromol, itu saya lupa beres yg mana jd ga bsa komplen

So far seh smua atpm yg saya email pasti respon balik, even sekelas batu makam aj bales waktu saya komplen headlamp berembun dan bocor, tp oleh nissan pluit ga diladenin komplen nya.. bgitu saya email ke pusat, within 3 days lgs ready, plus gantungan konci kulit sbg tanda maaap
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by maastricht889 »

coklatMetalik wrote: Tue Jul 14, 2020 12:09
erwinign wrote: Tue Jul 14, 2020 12:06
coklatMetalik wrote: Tue Jul 14, 2020 12:05 Kalo di beres 3elips langganan sy sih cairan2 ajaib macam brake cleaner, engine conditioner foam, engine flush, pake merk Ekathr*nik, ga tau gmn reputasinya merk ini. Dijual di beres dgn 2-3 kali harga di online shop :mky_03:
Ekathronik = satu grup sama eka hospital, motoreko omm
Motoreko dealer suzuki om?
Iya om, setau saya mereka di tangsel pegang dealer suzuki. Tp juga buka bbrp cabang body repair. Di semarang mereka pny body repair eka auto, sy pernah kesana ditawarin cairan2 buat detailing pake merk ekathronic ini
chikiciuw
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Wed Mar 25, 2015 5:48

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by chikiciuw »

lagi ngomongin beres VW
kemarin senin baru ganti oli tiguan di beres kemayoran

memang kalo udah ganti oli itu kita ga di cantumin kertas brand oli nya untuk next oil change nya ? di buku service jg gada sih.

soalnya biasa sy ganti di luar kan di gantungin itu next change kapan, trus botol sisa oli bekas jg di kasi.

*sekarang ogud baru kepikiran jadi tau oli udah di ganti dari mana? 😂
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by bangrosi »

supriyadi wrote:
bangrosi wrote: Mon Jul 13, 2020 18:02 Jaman sekarang beberapa tipe mobil baru ada yg sdh include gratis jasa dan spare parts sampai 50rb KM,jd tinggal bawa ke bengkel resmi gk ada alasan ini itu.
Jasa service udah dimasukkan dalam harga mobil. Dealer mana mau rugi
Yoyota ama ustahiad beda harga, youota harga tinggi karena include jasa free service, sedangkan ustahiad lebih murah karena jasa service bayar sendiri
Baik brand T dan D keduanya gratis free jasa service sampai 50rb KM atau 4thn,kebetulan punya kedua merk tersebut yg di beli cuma spare parts.

Makanya jaman skr blm semua mobil baru free jasa+spareparts hanya beberapa tipe mobil saja.

Tetangga punya mobil baru brand M tipe 4N15 free jasa+parts sampai 50rb Km/4thn tinggal dateng ikutin jadwal service saja.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by DOHC »

bangrosi wrote: Sat Jul 18, 2020 0:46
supriyadi wrote:
bangrosi wrote: Mon Jul 13, 2020 18:02 Jaman sekarang beberapa tipe mobil baru ada yg sdh include gratis jasa dan spare parts sampai 50rb KM,jd tinggal bawa ke bengkel resmi gk ada alasan ini itu.
Jasa service udah dimasukkan dalam harga mobil. Dealer mana mau rugi
Yoyota ama ustahiad beda harga, youota harga tinggi karena include jasa free service, sedangkan ustahiad lebih murah karena jasa service bayar sendiri
Baik brand T dan D keduanya gratis free jasa service sampai 50rb KM atau 4thn,kebetulan punya kedua merk tersebut yg di beli cuma spare parts.

Makanya jaman skr blm semua mobil baru free jasa+spareparts hanya beberapa tipe mobil saja.

Tetangga punya mobil baru brand M tipe 4N15 free jasa+parts sampai 50rb Km/4thn tinggal dateng ikutin jadwal service saja.
Kl toyota, hati2 dgn free servis nya, ad jebmen itu

Saya servis 10 rebu aj tau2 bsa abis 1.2 juta.. trus 20 rebu 2.6 juta

Harga oli dan parts2 nya lmayan jg soalnya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by bangrosi »

DOHC wrote:
bangrosi wrote: Sat Jul 18, 2020 0:46
supriyadi wrote: Jasa service udah dimasukkan dalam harga mobil. Dealer mana mau rugi
Yoyota ama ustahiad beda harga, youota harga tinggi karena include jasa free service, sedangkan ustahiad lebih murah karena jasa service bayar sendiri
Baik brand T dan D keduanya gratis free jasa service sampai 50rb KM atau 4thn,kebetulan punya kedua merk tersebut yg di beli cuma spare parts.

Makanya jaman skr blm semua mobil baru free jasa+spareparts hanya beberapa tipe mobil saja.

Tetangga punya mobil baru brand M tipe 4N15 free jasa+parts sampai 50rb Km/4thn tinggal dateng ikutin jadwal service saja.
Kl toyota, hati2 dgn free servis nya, ad jebmen itu

Saya servis 10 rebu aj tau2 bsa abis 1.2 juta.. trus 20 rebu 2.6 juta

Harga oli dan parts2 nya lmayan jg soalnya
Free Service mungkin lbh spesifik free jasa service,memang harus pinter2 apa saja yg musti wajib di ganti soalnya kita bayar utk parts nya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by DOHC »

Nah parts nya itu yg gorok leher

Sebenernya kl itung2 full price, ahond itu masi lebi murah (dikit) loh dbanding atoyot kl urusan servis berkala
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by indeskey »

DOHC wrote:
ChZ wrote: Tue Jul 14, 2020 11:25
Omnibus wrote: Tue Jul 14, 2020 10:32 kalo ane mendingan pilih dibersihin pake sikat gigi ama sabun colek deh ketauan bersih. emangnya kl diliatin doang bisa bersih sendiri, kan engga ya om ....

btw om ati2 lho ntar ada perwakilan beres merk yg disebut minta bukti omongan om di atas tuh. spt yg terjadi ama pewe :big_think:
Merek yang disebutin om klep mahh aman om se kota aja beresnya bejibun :big_biglaugh: selama ga sebut spesifik.

Kbetulan aja pewe sby dilernya sekota cm 1, nyebut pewe surabaya ya mengarahnya spesifik :big_biglaugh: dan kbetulan svc managernya main SM dan kenal sama ane & admin tomket.... Which is good mediasinya jd mudah.

Tp ane sndiri walau jd eyewitness suatu kejadian jg kalo gapunya bukti foto / video ga akan sebut spesifik dealer mana sih... Jaman skrg ngeri.

Dan aplg fact kalo petinggi atpm indo dan pemain2 otomotif jg baca SM... Hahahaha. Masa ama kacab platinum subaru smg (gajadi buka krn kasus tax lawsuit) ane ketauan di real world coba... :big_biglaugh:
Kl saya sehh biasa kl dapet beres yg ampas, pasti saya email ke pusat nya om, ga akan saya diemin.. kcuali yg servis rem tromol ampe klupaan puter pin pengunci kampas tromol, itu saya lupa beres yg mana jd ga bsa komplen

So far seh smua atpm yg saya email pasti respon balik, even sekelas batu makam aj bales waktu saya komplen headlamp berembun dan bocor, tp oleh nissan pluit ga diladenin komplen nya.. bgitu saya email ke pusat, within 3 days lgs ready, plus gantungan konci kulit sbg tanda maaap
Om DOHC, pin pengunci tromol ini yg mana ya? Apa yg kayak gear sepeda yg kalau diputer dia akan membuka tromol buat mendekat ke arah drum > buat hand rem biar kliknya dikit. Saya tromol blm pernah bongkar cuma semprot brake cleaner sama setel gear itu.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by DOHC »

indeskey wrote: Sun Jul 19, 2020 6:47 ......
Pin pengunci itu d badan kampas tromol nya, bagian tengah yg ad pegas bulet silinder nya, kiri ama kanan
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: