koleksi hand tools........

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: koleksi hand tools........

Post by marmut »

zzzprince wrote: Fri Jul 10, 2020 4:09 Izin nimbrung sesepuh disini, lagi bingung mau mulai darimana koleksi toolkit proper..
Kebetulan ada budget 8rb an buat awal, rencananya beli kunci sok sama torsi dlu, liat liat ada item berikut, apakah sudah ada yg pernah pakai? Rencana kebutuhan buat DIY ringan di rumah, ganti2 fluida, rotasi ban dan busi. Mohon sarannya thanksScreenshot_2020-07-10-12-06-23-388_com.tokopedia.tkpd.jpgScreenshot_2020-07-10-12-01-33-077_com.tokopedia.tkpd.jpg

imo,
kalau untuk kebutuhan pribadi nggak perlu beli set kecuali nggak mau pusing.
beli saja sesuai dengan yang dibutuhkan atau sering terpakai, misal kunci (dalam mm) 10, 12, 14, 17, 19 dilengkapi saja mulai dari pas, ring, ring pas, socket, socket deepwall.
ratchet cukup yang 3/8" beli 2 macem, yang biasa dan heavy duty/hi torque.
dana lebihnya bisa dibelikan jackstand dan lampu kerja.
torque wrench sampai 200nm apa nggak mubazir? kalau buat sekedar pasang mur roda rasanya yang 100nm saja sudah lebih dari cukup. apalagi kalau buat ngencengin baut oil pan cukup 33-40nm, mur roda sekitar 85nm.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1836
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: koleksi hand tools........

Post by MSU »

zzzprince wrote: Fri Jul 10, 2020 4:09 Izin nimbrung sesepuh disini, lagi bingung mau mulai darimana koleksi toolkit proper..
Kebetulan ada budget 8rb an buat awal, rencananya beli kunci sok sama torsi dlu, liat liat ada item berikut, apakah sudah ada yg pernah pakai? Rencana kebutuhan buat DIY ringan di rumah, ganti2 fluida, rotasi ban dan busi. Mohon sarannya thanksScreenshot_2020-07-10-12-06-23-388_com.tokopedia.tkpd.jpgScreenshot_2020-07-10-12-01-33-077_com.tokopedia.tkpd.jpg
kalo untuk saya tekiro / lippro juga cukup bagus om, coba cek harga juga dah
pernah pake pas buka baut cyl head kuda diesel 4D56T with 17"inch tire yang kemungkinan dipake 20thn lagi,
saya beli kunci L tekiro, potong & kombinasi ke ratchet...ga melintir tu kunci L
demikian pula pas dipake ngencengin baut-nya lagi (sekitar 118Nm)
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

Tekiro itu utk kunci L, ama beberapa konci sok ukuran gede itu not bad loh, ud proven oleh beberapa alumni asemreges d yutub, dipakein pipa besi trus dtarik ama 2 cowo cungkring ampe krekkk kreekkk masi so far so good
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: koleksi hand tools........

Post by benzz89 »


Herman7103 wrote:
benzz89 wrote:
Herman7103 wrote:Om benzz89 , nanti untuk kuras oli matic CVT mobil saya berikutnya beberapa tahun lagi deh om, tapi nanti saya request dulu harga part nya di beres berapa harganya wkwkwk, skrg aja saya simpen gasket oil pan yg minggu lalu saya beli karena belum kepakai wkwkwk belum lagi oli mesin synthetic aja ada stock 1/2 lusin jg di garasi, ngak enak jaman lagi pandemic corona nyetok barang banyak banyak mending nyetok gold lebih enak dan joss.[emoji2]
Nahhh kebetulan itu gasket kan blom terpakai tuh Om... daripada nunggu 6 taon lagi baru ganti strainer + gasketnya, ya keburu getas lah om itu gasket...namanya juga karet kemakan ama umurlah.

Nanti giliran 6 taon kemudian mau dipakai, kepikiran lagi "ini gasket aman gak yah buat 6 taon lagiiii"... nah gak enak makan, gak enak tidur kan jadinya [emoji1787]

Sudah... beli & pasang strainernya, tampung olinya, pasang gasket barunya, masukin lagi deh olinya... baru enak makan & enak tidurnya buat 14 taon kedepan. CVT nya juga PASTI lebih makyussss lagi om, jamin itu...

Kompor meledukkkk... Hahahaha [emoji1787]
Aman om, saya mah ngak khawatir sama sekali karena harga gasketnya Nissan murah cuma  Rp 182.500 (blm termasuk PPN 10%) dan tidur pun nyenyak pulas wkwkwk.
Fortuner tuwir om kan belum pernah ganti filter transmisi serta strainer or gasket coba ganti dulu deh om, murahlah product market leader biar tidur nya nyenyak dari pada suatu saat pas ganti gigi transmisi ngak bisa pindah gigi atau nyentak mendingan cepat cepat ganti deh wkwkwk dari pada entar ganti satu set transmissinya wkwkwk.
Nah itu om... Ane gak niat sih make sampe 20 taon si badak ini. Matic 4 speed gear A/T jadoel si badak jauh2 hari sudah ane kasih ATF cooler biar adem & lifetimenya lebih panjang. Kalaupun (amit2) sampe jebol, yang bisa repair juga banyak om. Kalau CVT? Merek JATCO? Tanya Om Bebong deh... [emoji4]

Saran Om Turbo ganti strainer di KM 150 ribuan buat matic jadoel si badak & setau ane tidak pakai filter2an kaya punya CVT Om (KM badak ane blom sampe sana masalahnya), kalau CVT harus ada perhatian extra karena tidak se robust gear A/T jadoel, apalagi ini si badak terlahir sebagai SUV yang memang buat dipake kasar2an lah istilahnya.

Penekanannya adalah mau pakai berapa lama kan? Kalau rencananya mau panjang sekali yah konsekuensi preventif maintenancenya harus benar2 sangat di perhatikan, kalau perlu pasang ATF cooler biar CVT lebih awet lalu strainer + filter nya (kalau ada) + oli ATF nya ganti lebih cepat dari jadwal rekomendasi pabrikan (kalau perlu ATF nya pake merek keraton jogja), insyaallah ane doakan target 270.000 - 300.000 km bisa tercapai dengan aman. Amin [emoji120]
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

IGedeAmat wrote: Fri Jul 10, 2020 4:25
Omnibus wrote: Fri Jul 10, 2020 3:18
siap om thx. gasketnya model liquid atau solid om?
Kalo bentuknya solid / liquid,
kenapa namanya GASket ya.. ??
:big_think:
*insert philosoraptor meme here*
oh itu krn dua2nya terbuat dr gas yg dicairkan/padatkan. mirip teknologi GTL (gas to liquid) utk bikin base oil








*super sotoy mode on

kabur........... :mky_04:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: koleksi hand tools........

Post by Profith83 »

Profith83 wrote: Sat Jun 13, 2020 3:35 Termasuk tool gak yah, tool untuk ganti olie hahaha ...
Ring ANKI GNKI olie mesin gardan ATF.jpg
baut drain oli mesin.jpg

Baut drain olie mesin sepertinya benar itu kan? dilingkari warna hijau

ANKI dan GNKI ring baut olie mesinnya sama yang warna hitam
untuk ring baut gardan dan ATF sama GNKI dan ANKI, dari aluminium.
Gardan pakai 2 ring, pembuangan dan pengisian.
ATF juga pakai 2, pembuangan dan pengisian. Tapi kalau ganti olie ATF pakai mesin harusnya gak perlu yah ... hahahha selama gak bocor gak usah diganti.
Ring dari aliminium, sayang saya lupa mencatat. Ada 2 sisi. Bagian yang lebar rata dan bagian yang cembung.
Bagian yang lebar rata itu yang nempel di baut yah?
Bagian yang cembung itu nempel di body ATF/gardan.

Benar gak yah?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

Profith83 wrote: Fri Jul 10, 2020 7:01
Profith83 wrote: Sat Jun 13, 2020 3:35 Termasuk tool gak yah, tool untuk ganti olie hahaha ...
Ring ANKI GNKI olie mesin gardan ATF.jpg
baut drain oli mesin.jpg

Baut drain olie mesin sepertinya benar itu kan? dilingkari warna hijau

ANKI dan GNKI ring baut olie mesinnya sama yang warna hitam
untuk ring baut gardan dan ATF sama GNKI dan ANKI, dari aluminium.
Gardan pakai 2 ring, pembuangan dan pengisian.
ATF juga pakai 2, pembuangan dan pengisian. Tapi kalau ganti olie ATF pakai mesin harusnya gak perlu yah ... hahahha selama gak bocor gak usah diganti.
Ring dari aliminium, sayang saya lupa mencatat. Ada 2 sisi. Bagian yang lebar rata dan bagian yang cembung.
Bagian yang lebar rata itu yang nempel di baut yah?
Bagian yang cembung itu nempel di body ATF/gardan.

Benar gak yah?
Betul om
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Fri Jul 10, 2020 7:01
Profith83 wrote: Sat Jun 13, 2020 3:35 Termasuk tool gak yah, tool untuk ganti olie hahaha ...
Ring ANKI GNKI olie mesin gardan ATF.jpg
baut drain oli mesin.jpg

Baut drain olie mesin sepertinya benar itu kan? dilingkari warna hijau

ANKI dan GNKI ring baut olie mesinnya sama yang warna hitam
untuk ring baut gardan dan ATF sama GNKI dan ANKI, dari aluminium.
Gardan pakai 2 ring, pembuangan dan pengisian.
ATF juga pakai 2, pembuangan dan pengisian. Tapi kalau ganti olie ATF pakai mesin harusnya gak perlu yah ... hahahha selama gak bocor gak usah diganti.
Ring dari aliminium, sayang saya lupa mencatat. Ada 2 sisi. Bagian yang lebar rata dan bagian yang cembung.
Bagian yang lebar rata itu yang nempel di baut yah?
Bagian yang cembung itu nempel di body ATF/gardan.

Benar gak yah?
BETUL. saya jg hampir itu jatuh keluar dr bautnya. cuma sepele begitu bisa bikin hati ga tenang kl pasangnya kebalik. :big_biglaugh:

btw sharing aja. yg ATF spec minta 49 Nm tapi perasaan itu ga tepat, bisa overtorque dan strip the thread krn pan nya tipis. jadi kemarin atf saya ga pakai TW. always use common sense.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

zzzprince wrote: Fri Jul 10, 2020 4:09 Izin nimbrung sesepuh disini, lagi bingung mau mulai darimana koleksi toolkit proper..
Kebetulan ada budget 8rb an buat awal, rencananya beli kunci sok sama torsi dlu, liat liat ada item berikut, apakah sudah ada yg pernah pakai? Rencana kebutuhan buat DIY ringan di rumah, ganti2 fluida, rotasi ban dan busi. Mohon sarannya thanksScreenshot_2020-07-10-12-06-23-388_com.tokopedia.tkpd.jpgScreenshot_2020-07-10-12-01-33-077_com.tokopedia.tkpd.jpg
ah join juga disini si om .....

om, kl mau beli set begitu WAJIB baca listnya apa saja yg include disitu. satu per satu hrs dimengerti apakah akan terpakai atau tidak.

dan jgn lupa pastikan itu metric bukan imperial US, kecuali memang niatnya mau beli yg american std. dan mata soketnya 6-point atau 12-point.

mengenai TW sesuai yg di PM kita kemarin, yg penting juga pastikan panjang keseluruhan sesuai dgn kebutuhan. jangan sampai terlalu panjang yg tdk sesuai dgn kebutuhan malah akhirnya tdk praktis digunakan.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: koleksi hand tools........

Post by Profith83 »

@DOHC @Omnibus terima kasih infonya :)
Kalau salah saya juga kepikiran.

Pakai common senses setuju saya ... awalnya yang penting cukup kencang dan tidak netes.
Kalau misal masih netes berarti kurang kencang tinggal dikencangin dikit saja.

Harusnya selama permukaan bersih begitu kita putar kuncinya rada berat harusnya sudah cukup
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: koleksi hand tools........

Post by yanuarra »

Om2 mau tanya, klo reinforcement bar (batang plat besi yg membujur dari kiri-kanan, depan kondensor) kondisinya penyok2 itu gak perlu diganti kan ya?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: koleksi hand tools........

Post by marmut »

yanuarra wrote: Fri Jul 10, 2020 9:55 Om2 mau tanya, klo reinforcement bar (batang plat besi yg membujur dari kiri-kanan, depan kondensor) kondisinya penyok2 itu gak perlu diganti kan ya?

ada fotonya?
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: koleksi hand tools........

Post by yanuarra »

marmut wrote: Fri Jul 10, 2020 10:53
yanuarra wrote: Fri Jul 10, 2020 9:55 Om2 mau tanya, klo reinforcement bar (batang plat besi yg membujur dari kiri-kanan, depan kondensor) kondisinya penyok2 itu gak perlu diganti kan ya?

ada fotonya?
udah ga ada mbah fotonya.. ganti hp soalnya.
Jd taun lalu saya kena microsleep mbah. Jd nabrak bokong truk :big_biglaugh:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: koleksi hand tools........

Post by Herman7103 »

benzz89 wrote:
DOHC wrote:
Herman7103 wrote: Thu Jul 09, 2020 7:15 Om DOHC, dari gambar structure Transmissi CVT yg saya dapat gratis dari beres Nissan yang saya ganti cuma 1 saja kalau lihat gambar tuh yg gue lingkari pena merah dan warnanya di foto saya memang berubah jadi hitam setelah jalan 6 tahun lebih dan setahu saya di CVT Jatco kayaknya cuma itu satu satunya filternya kalau lihat gambarnya.Dan di oil pan nya kagak ada filter tapi ada 2 buah gelang magnet untuk menangkap gram gram. sedangkan part part lain memang tuh mekanik kagak berani sentuh atau bongkar tapi cuma disemprot Cleaners saja.





1594278080058_image001.jpg1594278100936_image002.jpg
om Herman

part filter yg saya maksud itu yg saya lingkari orange di foto ini
IMG_20200703_150927.jpg
Kalau benar yang Om Kelep lingkarin itu adalah strainer, barusan ane cek buat CVT lipindut di toko ijo harganya hampir 700 ribu OEM jepun.

Kalau di gear AT bukannya HANYA part ini aja yah yang harus diganti? Ane juga blom pernah ganti ini strainer di fortuner tuwir ane, mau ganti kayanya ribet itu sealantnya harus pake yang khusus katanya, jadi males bongkar2. Ntah apakah ada filter nya juga yang harus di ganti?

Apa CVT harus pakai 2 filter yah olinya? 1 yang seperti Om Herman ganti (kalau ini memang bentuknya seperti filter oli) & 1 lagi pakai strainer? (Bentuknya flat lempengan gitu).

Kalau strainernya blom ganti baiknya Om Herman ganti juga kali Om... demi untuk mencapai pemakaian CVT 14 taon lagi.

Strainer logikanya untuk saring partikel2 yang kelihatan oleh mata telanjang, sedangkan filter untuk saring partikel2 yang sudah terlalu mikro & sudah tidak terlihat oleh mata lagi. Kalau pakai 2 filter ini sih jaminlah 20 taon pemakaian CVT sih harusnya aman damai sentosa.
Strainer Nissan ANGL di beres ngak nyampe 700 ribu om benzz89 tapi Rp.623.700 di beres jadi saya sih bakal beli di beres saja dari pada beli di tokoijo wkwkwk saat nanti mau ganti oli CVT beberapa tahun lagi.[emoji2]
IMG_20200710_202503.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:glodak:
HR15DE 2014
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: koleksi hand tools........

Post by zzzprince »


Omnibus wrote:
zzzprince wrote: Fri Jul 10, 2020 4:09 Izin nimbrung sesepuh disini, lagi bingung mau mulai darimana koleksi toolkit proper..
Kebetulan ada budget 8rb an buat awal, rencananya beli kunci sok sama torsi dlu, liat liat ada item berikut, apakah sudah ada yg pernah pakai? Rencana kebutuhan buat DIY ringan di rumah, ganti2 fluida, rotasi ban dan busi. Mohon sarannya thanksScreenshot_2020-07-10-12-06-23-388_com.tokopedia.tkpd.jpgScreenshot_2020-07-10-12-01-33-077_com.tokopedia.tkpd.jpg
ah join juga disini si om .....

om, kl mau beli set begitu WAJIB baca listnya apa saja yg include disitu. satu per satu hrs dimengerti apakah akan terpakai atau tidak.

dan jgn lupa pastikan itu metric bukan imperial US, kecuali memang niatnya mau beli yg american std. dan mata soketnya 6-point atau 12-point.

mengenai TW sesuai yg di PM kita kemarin, yg penting juga pastikan panjang keseluruhan sesuai dgn kebutuhan. jangan sampai terlalu panjang yg tdk sesuai dgn kebutuhan malah akhirnya tdk praktis digunakan.
Siap om.. kebetulan baru download katalog nya aja dlu, baru deh coba mulai eksekusi. sdh tanya dinsalah satu seller tokped, TW yg ukuran kecil nya jarang stok. Rencana coba ambil 4-40 nm sama 20-100nm dlu sesuai rekomendasi nya om Omni. Thank you
Screenshot_2020-07-10-22-52-47-604_com.android.chrome.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: koleksi hand tools........

Post by zzzprince »

MSU wrote:
zzzprince wrote: Fri Jul 10, 2020 4:09 Izin nimbrung sesepuh disini, lagi bingung mau mulai darimana koleksi toolkit proper..
Kebetulan ada budget 8rb an buat awal, rencananya beli kunci sok sama torsi dlu, liat liat ada item berikut, apakah sudah ada yg pernah pakai? Rencana kebutuhan buat DIY ringan di rumah, ganti2 fluida, rotasi ban dan busi. Mohon sarannya thanksScreenshot_2020-07-10-12-06-23-388_com.tokopedia.tkpd.jpgScreenshot_2020-07-10-12-01-33-077_com.tokopedia.tkpd.jpg
kalo untuk saya tekiro / lippro juga cukup bagus om, coba cek harga juga dah
pernah pake pas buka baut cyl head kuda diesel 4D56T with 17"inch tire yang kemungkinan dipake 20thn lagi,
saya beli kunci L tekiro, potong & kombinasi ke ratchet...ga melintir tu kunci L
demikian pula pas dipake ngencengin baut-nya lagi (sekitar 118Nm)
Kalo toolkit jujur ane baru punya tool kelas teri om, brand Jason aja sama tekiro, itu belinya pas emergency pula, sekedar kunci pas ring 8 10 12 14 17 19. Semenjak mobil sdh lewat masa free service, rencananya mau servis sendiri aja makanya nih mau coba inves toolkit proper hehehe.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

So ... hari ini krn ga ada kegiatan n bosen bgt pdhl bbrp hari belakangan udah tamasya ke ciwidey, lembang, n jatiluhur (lagi) maka iseng2 kasih grease lagi steering rack njes GK ane yg sdh dikasih 1K km lalu. kondisi pas dibuka sdh agak kering meski ga bunyi. jadi ingat ada di youtube mekanik yg bilang tiap 3 bulan bisa bunyi lagi krn kering dan mrk masukan oli mesin campur grease ke rumah steering racknya. hmm jd pengen experiment campur pakai atf ... but not for today.


IMG_20200712_162134_resized_20200712_061935857.jpg

ketika stir full lock left, rack yg keluar kira2 ada 80% nya. sisanya yg 20% didalam rumah rack bisa dijangkau grease dgn didorong menggunakan drift punch via lubangnya.
IMG_20200712_162827_resized_20200712_061935713.jpg

foto setelah greasing 5x. grease-turn-grease-turn back and forth till 5x spy pinion gear kebagian banyak juga.
IMG_20200712_162226_resized_20200712_061936031.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: koleksi hand tools........

Post by marmut »

Omnibus wrote: Sun Jul 12, 2020 12:29 So ... hari ini krn ga ada kegiatan n bosen bgt pdhl bbrp hari belakangan udah tamasya ke ciwidey, lembang, n jatiluhur (lagi) maka iseng2 kasih grease lagi steering rack njes GK ane yg sdh dikasih 1K km lalu. kondisi pas dibuka sdh agak kering meski ga bunyi. jadi ingat ada di youtube mekanik yg bilang tiap 3 bulan bisa bunyi lagi krn kering dan mrk masukan oli mesin campur grease ke rumah steering racknya. hmm jd pengen experiment campur pakai atf ... but not for today.



IMG_20200712_162134_resized_20200712_061935857.jpg


ketika stir full lock left, rack yg keluar kira2 ada 80% nya. sisanya yg 20% didalam rumah rack bisa dijangkau grease dgn didorong menggunakan drift punch via lubangnya.

IMG_20200712_162827_resized_20200712_061935713.jpg


foto setelah greasing 5x. grease-turn-grease-turn back and forth till 5x spy pinion gear kebagian banyak juga.

IMG_20200712_162226_resized_20200712_061936031.jpg

om,

itu.........

grease....

jangan kebanyakan lhaaa.....
ntar kalo steering rack awet, pabriknya bangkrut nggak laku gimana? hiks.....

btw mo tanya, antara facom dan stahlwille untuk kunci ring-pas, om pilih mana? harga mirip.
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: koleksi hand tools........

Post by coklatMetalik »

Jd inget di mobil2 jadul sblm 90an, kalo liat manual book sih pada minta oli GL4 SAE90 buat "pelumas rumah setir / steering box". Tp kok jarang denger orang sengaja ke bengkel buat "kuras oli setir"
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: koleksi hand tools........

Post by marmut »

coklatMetalik wrote: Sun Jul 12, 2020 13:53 Jd inget di mobil2 jadul sblm 90an, kalo liat manual book sih pada minta oli GL4 SAE90 buat "pelumas rumah setir / steering box". Tp kok jarang denger orang sengaja ke bengkel buat "kuras oli setir"

karena itu yang tipe worm gear atau orang bilang rumah setir.
kalau rack and pinion tidak pakai oli.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

marmut wrote: Sun Jul 12, 2020 13:04

om,

itu.........

grease....

jangan kebanyakan lhaaa.....
ntar kalo steering rack awet, pabriknya bangkrut nggak laku gimana? hiks.....

btw mo tanya, antara facom dan stahlwille untuk kunci ring-pas, om pilih mana? harga mirip.
grease jauh lbh murah dan mudah drpd ganti rack steer mbah. ane preventive maintenance mati2an :mky_03:

Ok mengenai kedua tools itu,

Stahlwille:
+ Masih made in germany
+ Sangat ringan dan kompak. kunci pasnya tipis cocok utk masuk ke area sempit.
+ Konon siapapun merk tool yg berani bikin tipis tanpa patah berarti dia percaya diri dgn kualitas materialnya (dan design I-beam nya)
+ Certified utk penggunaan di aviation yg konon kl beradu dgn apapun wajib ga keluar percikan api.
- Material bukan mirror finish lbh bisa korosi, meskipun banyak yg bilang malah eksotis. Hrs sering dilap.
- Fit nya tidak terlalu ngepas dgn baut, jd msh ada oglek2nya. tp ini by design krn potongan dalamnya yg tdk bersudut tajam spt merk lain. konon itu malah membuat buka baut lebih mudah.

Facom:
+ Fitnya ngepas baut. Berasa pakai barang hi quality kl ngepas2 gini.
+ Mirror finish, mirip2 Snap-On dan merk2 amrik lainnya. Lebih tahan korosi.
- Lebih berat dan tebal. Kunci pasnya buat pin caliper yg utk nahan itu ga muat terlalu tebal (seinget saya, lupa2 ingat)
- Merk perancis, Made in Taiwan (hampir semuanya) meskipun taiwan grade 1 export quality.
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 796
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: koleksi hand tools........

Post by Dat510 »

Omnibus wrote: Sun Jul 12, 2020 14:18 grease jauh lbh murah dan mudah drpd ganti rack steer mbah. ane preventive maintenance mati2an :mky_03:

Ok mengenai kedua tools itu,

Stahlwille:
+ Masih made in germany
+ Sangat ringan dan kompak. kunci pasnya tipis cocok utk masuk ke area sempit.
+ Konon siapapun merk tool yg berani bikin tipis tanpa patah berarti dia percaya diri dgn kualitas materialnya (dan design I-beam nya)
+ Certified utk penggunaan di aviation yg konon kl beradu dgn apapun wajib ga keluar percikan api.
- Material bukan mirror finish lbh bisa korosi, meskipun banyak yg bilang malah eksotis. Hrs sering dilap.
- Fit nya tidak terlalu ngepas dgn baut, jd msh ada oglek2nya. tp ini by design krn potongan dalamnya yg tdk bersudut tajam spt merk lain. konon itu malah membuat buka baut lebih mudah.

Facom:
+ Fitnya ngepas baut. Berasa pakai barang hi quality kl ngepas2 gini.
+ Mirror finish, mirip2 Snap-On dan merk2 amrik lainnya. Lebih tahan korosi.
- Lebih berat dan tebal. Kunci pasnya buat pin caliper yg utk nahan itu ga muat terlalu tebal (seinget saya, lupa2 ingat)
- Merk perancis, Made in Taiwan (hampir semuanya) meskipun taiwan grade 1 export quality.
Om mau tanya, Om Omni kalo abis ganti oli2an oli lamanya dibuang kemana?

Saya abis ganti oli & flush radiator bingung buang nya. Akhirnya air radiator buang ke selokan. :ungg:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

Dat510 wrote: Tue Jul 14, 2020 2:16
Omnibus wrote: Sun Jul 12, 2020 14:18 grease jauh lbh murah dan mudah drpd ganti rack steer mbah. ane preventive maintenance mati2an :mky_03:

Ok mengenai kedua tools itu,

Stahlwille:
+ Masih made in germany
+ Sangat ringan dan kompak. kunci pasnya tipis cocok utk masuk ke area sempit.
+ Konon siapapun merk tool yg berani bikin tipis tanpa patah berarti dia percaya diri dgn kualitas materialnya (dan design I-beam nya)
+ Certified utk penggunaan di aviation yg konon kl beradu dgn apapun wajib ga keluar percikan api.
- Material bukan mirror finish lbh bisa korosi, meskipun banyak yg bilang malah eksotis. Hrs sering dilap.
- Fit nya tidak terlalu ngepas dgn baut, jd msh ada oglek2nya. tp ini by design krn potongan dalamnya yg tdk bersudut tajam spt merk lain. konon itu malah membuat buka baut lebih mudah.

Facom:
+ Fitnya ngepas baut. Berasa pakai barang hi quality kl ngepas2 gini.
+ Mirror finish, mirip2 Snap-On dan merk2 amrik lainnya. Lebih tahan korosi.
- Lebih berat dan tebal. Kunci pasnya buat pin caliper yg utk nahan itu ga muat terlalu tebal (seinget saya, lupa2 ingat)
- Merk perancis, Made in Taiwan (hampir semuanya) meskipun taiwan grade 1 export quality.
Om mau tanya, Om Omni kalo abis ganti oli2an oli lamanya dibuang kemana?

Saya abis ganti oli & flush radiator bingung buang nya. Akhirnya air radiator buang ke selokan. :ungg:
Bukan om omni tp numpang komen

Limbah2 perlendiran mobil sbisa mugkin jgn dbuang ke got, pencemaran tingkat dahsyat itu, satu sendok oli aj perlu aer sbanyak 2 bak mandi buat bener2 bilas

Kl saya, biasa saya kumpulin d akua galon bekas, stelah penuh, numpang nuang d bengkel deket rumah, kasi montirnya duit roko aj
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: koleksi hand tools........

Post by marmut »

Dat510 wrote: Tue Jul 14, 2020 2:16

Om mau tanya, Om Omni kalo abis ganti oli2an oli lamanya dibuang kemana?

Saya abis ganti oli & flush radiator bingung buang nya. Akhirnya air radiator buang ke selokan. :ungg:

numpang kasih masukan,
beli drum bekas yang kondisi masih layak, entah 20 liter atau 200 liter. oli bekas tampung dulu disitu, kalau sudah penuh bisa kasih ke bengkel terdekat mereka pasti mau tampung. atau misal pake drum 200 liter, boleh hubungi pengepul oli bekas nanti mereka yang datang ke lokasi.
kalau coolant saya no comment, karena disini mau buang limbah berbahaya seperti coolant masih ngga jelas musti kemana.
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 796
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: koleksi hand tools........

Post by Dat510 »

DOHC wrote: Tue Jul 14, 2020 3:02
Bukan om omni tp numpang komen

Limbah2 perlendiran mobil sbisa mugkin jgn dbuang ke got, pencemaran tingkat dahsyat itu, satu sendok oli aj perlu aer sbanyak 2 bak mandi buat bener2 bilas

Kl saya, biasa saya kumpulin d akua galon bekas, stelah penuh, numpang nuang d bengkel deket rumah, kasi montirnya duit roko aj
Kalo oli ngga berani buang selokan om, kemarin coolant aja yg di buang kesana.
Ohiya numpang buang di bengkel, deket rumah ada SnD kebetulan. Thank you Om.

marmut wrote: Tue Jul 14, 2020 3:12
Dat510 wrote: Tue Jul 14, 2020 2:16

Om mau tanya, Om Omni kalo abis ganti oli2an oli lamanya dibuang kemana?

Saya abis ganti oli & flush radiator bingung buang nya. Akhirnya air radiator buang ke selokan. :ungg:

numpang kasih masukan,
beli drum bekas yang kondisi masih layak, entah 20 liter atau 200 liter. oli bekas tampung dulu disitu, kalau sudah penuh bisa kasih ke bengkel terdekat mereka pasti mau tampung. atau misal pake drum 200 liter, boleh hubungi pengepul oli bekas nanti mereka yang datang ke lokasi.
kalau coolant saya no comment, karena disini mau buang limbah berbahaya seperti coolant masih ngga jelas musti kemana.
Ide bagus juga ni, bisa sekalian dijual ngga ya? se drum jual 10-20 ribu.. wkwk
klo coolant ngga ada pengepul nya ya