nggak.
cvt honda, buka baut drain sama baut check, nanti isi dari atas (setelah drain plug ditutup lagi tentunya) sampe cvtf ngucur dari lubang check.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
kl ahond hrs dlm kondisi mesin mati buka check bolt nya.
masa seh Om ?marmut wrote: Wed Jul 08, 2020 9:41 semua transmisi baik dari tahun 1945 pasti bersih karena tidak ada kontaminasi dengan pembakaran seperti mesin.
jadi nggak usah heran ataupun takjub.
Coba buka oil pan CVT Sienta om lalu photoin baru gue percaya wkwkwk.marmut wrote:semua transmisi baik dari tahun 1945 pasti bersih karena tidak ada kontaminasi dengan pembakaran seperti mesin.
jadi nggak usah heran ataupun takjub.
IGedeAmat wrote: Wed Jul 08, 2020 9:50masa seh Om ?marmut wrote: Wed Jul 08, 2020 9:41 semua transmisi baik dari tahun 1945 pasti bersih karena tidak ada kontaminasi dengan pembakaran seperti mesin.
jadi nggak usah heran ataupun takjub.
coz biarpun emang gak ada kontaminasi pembakaran,
namanya metal bergerak dan bergesekan, kan pasti ada gram2 halus yang kebentuk dan terakumulasi...
Dulu sih jaman thn 2000an saya bongkar auto trans pan & oil filter peugeot 405 xu9j2 kode 4HPxx saya dgn tangan sendiri karena problem shifting 3 & 4 telat. Ya bersih2 aja, kotoran gram2 terkumpul di filter..setelah dibersihin solved...fakta ni kebetulan saya DIYHerman7103 wrote: Wed Jul 08, 2020 10:10Coba buka oil pan CVT Sienta om lalu photoin baru gue percaya wkwkwk.marmut wrote:semua transmisi baik dari tahun 1945 pasti bersih karena tidak ada kontaminasi dengan pembakaran seperti mesin.
jadi nggak usah heran ataupun takjub.
Ini oil pan CVT Jatco setelah mobil jalan 85.5XX km bener bener Not Clean lihat photo dibawah, dan Om lihat saja sendiri kalau nanti buka oil pan CVT Soenta dan lihat sendiri wkwkwk.Bicara berdasarkan fakta jangan katanya katanya deh.IMG_20200703_151121.jpg
Mau transmisi M/T atau A/T atau CVT gram gram halus memang terbentuk dan terkumpul di sekitar magnet nya atau 2 buah gelang magnet nya kalau di transmisi CVT dan memang perlu dibersihkan lah kalau di saya, ya karena memang mobil sudah jalan 82.5XX Km selama masa pakai 6 tahun lebih dan rencana saya mobil mau dipakai untuk 14 tahun lagi wkwkwk karena tidak rewel selama enam tahun lebih cukup ganti oli mesin dan filter oli mesin serta isi premium ron 88 terus tanpa addditive additive so far so good untuk dompet gue. Hematt poll.MSU wrote:Dulu sih jaman thn 2000an saya bongkar auto trans pan & oil filter peugeot 405 xu9j2 kode 4HPxx saya dgn tangan sendiri karena problem shifting 3 & 4 telat. Ya bersih2 aja, kotoran gram2 terkumpul di filter..setelah dibersihin solved...fakta ni kebetulan saya DIYHerman7103 wrote: Wed Jul 08, 2020 10:10Coba buka oil pan CVT Sienta om lalu photoin baru gue percaya wkwkwk.marmut wrote:semua transmisi baik dari tahun 1945 pasti bersih karena tidak ada kontaminasi dengan pembakaran seperti mesin.
jadi nggak usah heran ataupun takjub.
Ini oil pan CVT Jatco setelah mobil jalan 85.5XX km bener bener Not Clean lihat photo dibawah, dan Om lihat saja sendiri kalau nanti buka oil pan CVT Soenta dan lihat sendiri wkwkwk.Bicara berdasarkan fakta jangan katanya katanya deh.IMG_20200703_151121.jpg
tadinya jgn dganti mbahmarmut wrote: Wed Jul 08, 2020 16:15 liat postingan suhu @DOHC ganti fuel filter di beberapa halaman kebelakang jadi keinget, sedari penghujung 2019 lalu saya dimintaken tolong sama pemilik motuba asal jepun untuk memeriksa dan mengganti fuel filter mobilnya dikarenakan setiap pedal gas dipijak, akselerasi tersendat.
dan karena harga p/n 23300-50060 tidak bisa dibilang murah, baru pertengahan maret lalu memberanikan diri membongkar tersangka penyebab tersendat. dan ini hasilnya :
20200319_111258.jpg
iseng saya cari ke toko terdekat, bertanya saringan bahan bakar untuk great corolla seharga 125rb rupiah, saya perhatikan dimensi sedikit lebih kecil. draad sama percis, in-out beda.
saya coba pasang tanpa kesulitan, start mesin, cek kebocoran, aman sentosa hingga saat ini...
jebolan asem reges mah ditiup pake mulut. kl niupnya berat berarti mampet.DOHC wrote: Wed Jul 08, 2020 16:34tadinya jgn dganti mbahmarmut wrote: Wed Jul 08, 2020 16:15 liat postingan suhu @DOHC ganti fuel filter di beberapa halaman kebelakang jadi keinget, sedari penghujung 2019 lalu saya dimintaken tolong sama pemilik motuba asal jepun untuk memeriksa dan mengganti fuel filter mobilnya dikarenakan setiap pedal gas dipijak, akselerasi tersendat.
dan karena harga p/n 23300-50060 tidak bisa dibilang murah, baru pertengahan maret lalu memberanikan diri membongkar tersangka penyebab tersendat. dan ini hasilnya :
20200319_111258.jpg
iseng saya cari ke toko terdekat, bertanya saringan bahan bakar untuk great corolla seharga 125rb rupiah, saya perhatikan dimensi sedikit lebih kecil. draad sama percis, in-out beda.
saya coba pasang tanpa kesulitan, start mesin, cek kebocoran, aman sentosa hingga saat ini...
copotin, trus ketok2 pake konci pas
Paling apes kalo timingnya gak pas,Omnibus wrote: Wed Jul 08, 2020 17:31jebolan asem reges mah ditiup pake mulut. kl niupnya berat berarti mampet.DOHC wrote: Wed Jul 08, 2020 16:34tadinya jgn dganti mbahmarmut wrote: Wed Jul 08, 2020 16:15 liat postingan suhu @DOHC ganti fuel filter di beberapa halaman kebelakang jadi keinget, sedari penghujung 2019 lalu saya dimintaken tolong sama pemilik motuba asal jepun untuk memeriksa dan mengganti fuel filter mobilnya dikarenakan setiap pedal gas dipijak, akselerasi tersendat.
dan karena harga p/n 23300-50060 tidak bisa dibilang murah, baru pertengahan maret lalu memberanikan diri membongkar tersangka penyebab tersendat. dan ini hasilnya :
20200319_111258.jpg
iseng saya cari ke toko terdekat, bertanya saringan bahan bakar untuk great corolla seharga 125rb rupiah, saya perhatikan dimensi sedikit lebih kecil. draad sama percis, in-out beda.
saya coba pasang tanpa kesulitan, start mesin, cek kebocoran, aman sentosa hingga saat ini...
copotin, trus ketok2 pake konci pas![]()
Sambil niup, jari tangan masi jepit djarum superOmnibus wrote: Wed Jul 08, 2020 17:31jebolan asem reges mah ditiup pake mulut. kl niupnya berat berarti mampet.DOHC wrote: Wed Jul 08, 2020 16:34tadinya jgn dganti mbahmarmut wrote: Wed Jul 08, 2020 16:15 liat postingan suhu @DOHC ganti fuel filter di beberapa halaman kebelakang jadi keinget, sedari penghujung 2019 lalu saya dimintaken tolong sama pemilik motuba asal jepun untuk memeriksa dan mengganti fuel filter mobilnya dikarenakan setiap pedal gas dipijak, akselerasi tersendat.
dan karena harga p/n 23300-50060 tidak bisa dibilang murah, baru pertengahan maret lalu memberanikan diri membongkar tersangka penyebab tersendat. dan ini hasilnya :
20200319_111258.jpg
iseng saya cari ke toko terdekat, bertanya saringan bahan bakar untuk great corolla seharga 125rb rupiah, saya perhatikan dimensi sedikit lebih kecil. draad sama percis, in-out beda.
saya coba pasang tanpa kesulitan, start mesin, cek kebocoran, aman sentosa hingga saat ini...
copotin, trus ketok2 pake konci pas![]()
Koq bisa kotor ya mbah...saya kira bisa dipake 100thn..bikin channel youtube mbah biar ga katanya...katanya...marmut wrote: Wed Jul 08, 2020 16:15 liat postingan suhu @DOHC ganti fuel filter di beberapa halaman kebelakang jadi keinget, sedari penghujung 2019 lalu saya dimintaken tolong sama pemilik motuba asal jepun untuk memeriksa dan mengganti fuel filter mobilnya dikarenakan setiap pedal gas dipijak, akselerasi tersendat.
dan karena harga p/n 23300-50060 tidak bisa dibilang murah, baru pertengahan maret lalu memberanikan diri membongkar tersangka penyebab tersendat. dan ini hasilnya :
20200319_111258.jpg
iseng saya cari ke toko terdekat, bertanya saringan bahan bakar untuk great corolla seharga 125rb rupiah, saya perhatikan dimensi sedikit lebih kecil. draad sama percis, in-out beda.
saya coba pasang tanpa kesulitan, start mesin, cek kebocoran, aman sentosa hingga saat ini...
Oil pan-nya ada gasketnya gak om?Herman7103 wrote: Wed Jul 08, 2020 7:26 Saya share penampakan daleman CVT Jatco yg saya foto di mobil Nissan All New grand livina 1.5 SV CVT tahun 2014 punya saya
saat dibuka oil pan nya oleh mekanik senior bengkel resmi Nissan Istana Palembang saat odo mencapai 835XX Km. Dalemannya Transmisi CVT nya Clean, cuma 2 buah magnet yang di oil pan saja yg menempel gram gram halus warna hitam dan filter oli CVT nya yg setelah pemakaian selama 6 tahun lebih jadi berubah warna jadi hitam. Kedua gelang magnet tsb yg saya minta di bersihkan dgn cairan Cleaners sampai bersih serta filter oli CVT matic nya saja yg diganti baru biar matic CVT nya awet untuk pemakaian di jangka panjang. Hasilnya perpindahan transmissi so smooth dan enteng jadi puas deh enak dak ada kekhawatiran lagi.IMG_20200703_150927.jpgIMG_20200703_144937.jpg
Omnibus wrote: Wed Jul 08, 2020 17:31
jebolan asem reges mah ditiup pake mulut. kl niupnya berat berarti mampet.![]()
IGedeAmat wrote: Thu Jul 09, 2020 1:27
Paling apes kalo timingnya gak pas,
niatnya mo niup malah nyedot,
masuklah tuh bensin dan kotoran ke mulut...
![]()
MSU wrote: Thu Jul 09, 2020 2:21
Koq bisa kotor ya mbah...saya kira bisa dipake 100thn..bikin channel youtube mbah biar ga katanya...katanya...![]()
![]()
![]()
setok warna emas dong di bengkel biar bling2 ......marmut wrote: Thu Jul 09, 2020 3:00
bantu jawap,
pasti pake, tapi masalahnya liquid atau solid. nggak mungkin nggak pake.
josomba wrote: Thu Jul 09, 2020 3:04
setok warna emas dong di bengkel biar bling2 ......![]()
Mobil owe ndak seru dikasi warna merah doang pan ATF-nya![]()
![]()
![]()
Ada Om gasketnya. Saya minggu lalu sempat beli gasket oil pan dan filter oli CVT di beres total sebesar Rp 367 ribu cuma pas eksekusi yg saya putuskan ganti oli cvt dan filter oli CVT saja sementara gasket tidak saya minta ganti karena masih terpasang dgn kondisi baik di oil pan nya. Jika mau ganti gasket justru harus seset gasket lama yg menempel di oil pannya dgn cutter jadi mending terus pakai saja biar nanti kalau memang kondisinya sudah ngak bagus yg ditandai dengan rembes oli saja baru kita ganti gasketnya.[emoji2]adityabp wrote:Oil pan-nya ada gasketnya gak om?Herman7103 wrote: Wed Jul 08, 2020 7:26 Saya share penampakan daleman CVT Jatco yg saya foto di mobil Nissan All New grand livina 1.5 SV CVT tahun 2014 punya saya
saat dibuka oil pan nya oleh mekanik senior bengkel resmi Nissan Istana Palembang saat odo mencapai 835XX Km. Dalemannya Transmisi CVT nya Clean, cuma 2 buah magnet yang di oil pan saja yg menempel gram gram halus warna hitam dan filter oli CVT nya yg setelah pemakaian selama 6 tahun lebih jadi berubah warna jadi hitam. Kedua gelang magnet tsb yg saya minta di bersihkan dgn cairan Cleaners sampai bersih serta filter oli CVT matic nya saja yg diganti baru biar matic CVT nya awet untuk pemakaian di jangka panjang. Hasilnya perpindahan transmissi so smooth dan enteng jadi puas deh enak dak ada kekhawatiran lagi.IMG_20200703_150927.jpgIMG_20200703_144937.jpg
Thx Om.Herman7103 wrote: Thu Jul 09, 2020 3:17Ada Om gasketnya. Saya minggu lalu sempat beli gasket oil pan dan filter oli CVT di beres total sebesar Rp 367 ribu cuma pas eksekusi yg saya putuskan ganti oli cvt dan filter oli CVT saja sementara gasket tidak saya minta ganti karena masih terpasang dgn kondisi baik di oil pan nya. Jika mau ganti gasket justru harus seset gasket lama yg menempel di oil pannya dgn cutter jadi mending terus pakai saja biar nanti kalau memang kondisinya sudah ngak bagus yg ditandai dengan rembes oli saja baru kita ganti gasketnya.[emoji2]adityabp wrote:Oil pan-nya ada gasketnya gak om?Herman7103 wrote: Wed Jul 08, 2020 7:26 Saya share penampakan daleman CVT Jatco yg saya foto di mobil Nissan All New grand livina 1.5 SV CVT tahun 2014 punya saya
saat dibuka oil pan nya oleh mekanik senior bengkel resmi Nissan Istana Palembang saat odo mencapai 835XX Km. Dalemannya Transmisi CVT nya Clean, cuma 2 buah magnet yang di oil pan saja yg menempel gram gram halus warna hitam dan filter oli CVT nya yg setelah pemakaian selama 6 tahun lebih jadi berubah warna jadi hitam. Kedua gelang magnet tsb yg saya minta di bersihkan dgn cairan Cleaners sampai bersih serta filter oli CVT matic nya saja yg diganti baru biar matic CVT nya awet untuk pemakaian di jangka panjang. Hasilnya perpindahan transmissi so smooth dan enteng jadi puas deh enak dak ada kekhawatiran lagi.IMG_20200703_150927.jpgIMG_20200703_144937.jpg
Herman7103 wrote: Thu Jul 09, 2020 3:17
-
. Jika mau ganti gasket justru harus seset gasket lama yg menempel di oil pannya dgn cutter jadi mending terus pakai saja biar nanti kalau memang kondisinya sudah ngak bagus yg ditandai dengan rembes oli saja baru kita ganti gasketnya.[emoji2]
adityabp wrote: Thu Jul 09, 2020 3:29
Biar gak (terlalu) OOT, kalo mo DIY bongpas oil pan yg bentuknya gak beraturan kayak gini, urutan ngencenginnya bautnya gimana ya?
Summon simbah2x master DIY.
![]()
Saya share yg saya tahu ya Om saat ngelihat mekanik beres Nissan sabtu tgl 4 Juli 2020 lalu buka oil pan CVT mobil Nissan Grand Livina 1.5 SV CVT, tahun 2014 kira kira mirip seperti ini .adityabp wrote:Thx Om.Herman7103 wrote: Thu Jul 09, 2020 3:17Ada Om gasketnya. Saya minggu lalu sempat beli gasket oil pan dan filter oli CVT di beres total sebesar Rp 367 ribu cuma pas eksekusi yg saya putuskan ganti oli cvt dan filter oli CVT saja sementara gasket tidak saya minta ganti karena masih terpasang dgn kondisi baik di oil pan nya. Jika mau ganti gasket justru harus seset gasket lama yg menempel di oil pannya dgn cutter jadi mending terus pakai saja biar nanti kalau memang kondisinya sudah ngak bagus yg ditandai dengan rembes oli saja baru kita ganti gasketnya.[emoji2]adityabp wrote: Oil pan-nya ada gasketnya gak om?
Biar gak (terlalu) OOT, kalo mo DIY bongpas oil pan yg bentuknya gak beraturan kayak gini, urutan ngencenginnya bautnya gimana ya?
Summon simbah2x master DIY.