Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
dodo238 wrote: Mon Jun 29, 2020 9:27
Setelah baca” review om-om disini, kesimpulannya utk mesin 1TR innova, oli TQ9000 5w30 masih lebih baik dibanding PTT 5w30 (pdhl rencana mau nyoba PTT 5w30) tapi kalau mau kelas elite pakai AMS/Q8 5w30.
Sekitaran 2 minggu lg ud minta ganti oli jg nih innova ane (1TR M/T thn 2011), kalau boleh minta recommend oli yg speknya diatas TQ9000 5w30 (level eco) tapi masih dibawah AMS/Q8 5w30 (kemahalan soalnya) kira” apa ya?
Makasi om.
sedikit diatas TQ9000 ya PTT 5w30 performa Acea A5/B5...
by visco memang TQ9000 lebih enteng, tapi untuk urusan longdrain interval saya pegang PTT 5w30 Acea A5/B5 over TQ9000....
dodo238 wrote: Mon Jun 29, 2020 9:27
Setelah baca” review om-om disini, kesimpulannya utk mesin 1TR innova, oli TQ9000 5w30 masih lebih baik dibanding PTT 5w30 (pdhl rencana mau nyoba PTT 5w30) tapi kalau mau kelas elite pakai AMS/Q8 5w30.
Sekitaran 2 minggu lg ud minta ganti oli jg nih innova ane (1TR M/T thn 2011), kalau boleh minta recommend oli yg speknya diatas TQ9000 5w30 (level eco) tapi masih dibawah AMS/Q8 5w30 (kemahalan soalnya) kira” apa ya?
Makasi om.
sedikit diatas TQ9000 ya PTT 5w30 performa Acea A5/B5...
by visco memang TQ9000 lebih enteng, tapi untuk urusan longdrain interval saya pegang PTT 5w30 Acea A5/B5 over TQ9000....
dodo238 wrote: Mon Jun 29, 2020 9:27
Setelah baca” review om-om disini, kesimpulannya utk mesin 1TR innova, oli TQ9000 5w30 masih lebih baik dibanding PTT 5w30 (pdhl rencana mau nyoba PTT 5w30) tapi kalau mau kelas elite pakai AMS/Q8 5w30.
Sekitaran 2 minggu lg ud minta ganti oli jg nih innova ane (1TR M/T thn 2011), kalau boleh minta recommend oli yg speknya diatas TQ9000 5w30 (level eco) tapi masih dibawah AMS/Q8 5w30 (kemahalan soalnya) kira” apa ya?
Makasi om.
sedikit diatas TQ9000 ya PTT 5w30 performa Acea A5/B5...
by visco memang TQ9000 lebih enteng, tapi untuk urusan longdrain interval saya pegang PTT 5w30 Acea A5/B5 over TQ9000....
Ohhhh begitu toh, kalau PTT 5w30 dibandingin sama AMS OE 5w30 (bukan signature series) gmn? Baru ngecek harga, ternyata ga beda jauh..
boleh juga itu Amsoil OE... pas satuan qt beli 6 botol pas ga sisa...
dodo238 wrote: Mon Jun 29, 2020 22:18
Ohhhh begitu toh, kalau PTT 5w30 dibandingin sama AMS OE 5w30 (bukan signature series) gmn? Baru ngecek harga, ternyata ga beda jauh..
boleh juga itu Amsoil OE... pas satuan qt beli 6 botol pas ga sisa...
Bedanya OE sama signature apa ya om? Dr merknya udah merk keraton juga hahahah, tertarik coba yg OE SN+ stl liat pds nya
OE ini kasta terendahnya Amsoil... OE<XL<SS
TBN awal nya juga ngurut 8<10<12
kalo ibaratnya Bmw
OE = 3 series
XL = 5 series
SS = 7 series
Pengen bgt nyobain, tp apa daya diluar budjet.
Kalau AMS OE 5w30 gmn gan? Masih di harga 135/L (on budjet)
viskositas plg rendah yg diijinin 5w30?
sy pribadi prefer TQ9000 5w30 karena harganya murah banget di duniaoli tokoijo.
Bbrp warga sini pk oli tsb, drain di 7k KM msh ok.
klo 0w20 ya bnyk pilihan juga sesuaikan budget aja.
Anyway... Semua brand amsoil setelah sy kroscek ke webnya GM dexos,
blm ada satupun yg certified / diakui GM fulfill GM Dexos 1 Gen-2.
klo dicek lagi, di blognya amsoil emang dia gakmau bayar fee ke GM untuk dapat sertifikasi tsb, karena alasan harga jual akan lebih tinggi.
jadi amsoil klaim/ngaku sepihak sudah meet/exceed kebutuhan GM D1 G2.
Bedanya OE sama signature apa ya om? Dr merknya udah merk keraton juga hahahah, tertarik coba yg OE SN+ stl liat pds nya
OE ini kasta terendahnya Amsoil... OE<XL<SS
TBN awal nya juga ngurut 8<10<12
kalo ibaratnya Bmw
OE = 3 series
XL = 5 series
SS = 7 series
Ooh beda di tbn. Kl sama schaeffer yg juga keraton itu di amsoil setara yg oe/xl/ss om?
Schaeffer 9000 series = Ams Signature ser
menentukan kasta oli sebetulnya gak ada korelasi dgn TBN
korelasi adalah kpd
- Kasta base oil
- Kasta additip package
- Formulasi oleh team R&D pabrikan oli
- Aneka test yg mrk lakukan sebelum product rilis spt Engine Performance test misal
oli2 low SAPS masa kini angka TBN cenderung mengecil, tapi kalo yg high end laju penurunan TBN lambat & naiknya TAN juga sgt lambat
OE ini kasta terendahnya Amsoil... OE<XL<SS
TBN awal nya juga ngurut 8<10<12
kalo ibaratnya Bmw
OE = 3 series
XL = 5 series
SS = 7 series
Ooh beda di tbn. Kl sama schaeffer yg juga keraton itu di amsoil setara yg oe/xl/ss om?
Schaeffer 9000 series = Ams Signature ser
menentukan kasta oli sebetulnya gak ada korelasi dgn TBN
korelasi adalah kpd
- Kasta base oil
- Kasta additip package
- Formulasi oleh team R&D pabrikan oli
- Aneka test yg mrk lakukan sebelum product rilis spt Engine Performance test misal
oli2 low SAPS masa kini angka TBN cenderung mengecil, tapi kalo yg high end laju penurunan TBN lambat & naiknya TAN juga sgt lambat
IMHO
Disclemer
Betul om, saya cuman compare salah satu parameter sesama amsoil ini biar lebih mudah melihat klasifikasinya ajah...
Suryaputra wrote: Tue Jun 30, 2020 12:31
Sayangnya.. seffer, Mobil, dan banyak brand oli kelas keraton lain goodbye dr Indonesia krn sertifikasi SNI yg melebihi standard oli kelas dunia
Suryaputra wrote: Tue Jun 30, 2020 12:31
Sayangnya.. seffer, Mobil, dan banyak brand oli kelas keraton lain goodbye dr Indonesia krn sertifikasi SNI yg melebihi standard oli kelas dunia
maksudnya Mobil1? lah, Mobil1 mah aman udah pasang SNI. salah satu distronya kan intimakmur... emang butuh berapa karton? sila PM saya, nanti dibantu.
Om mau tanya cuma maaf kalau agak melenceng, jadi bulan depan waktu ganti oli, kalau untuk mobil yang cuma jalan 5 rb km selama setahun perlu carbon clean lagi ga sih? Terakhir setahun lalu. Ga ada keluhan untuk mobilnya. 5 rb km lumayan sering macet-macetan.
severmaya wrote: Tue Jun 30, 2020 15:14
Om mau tanya cuma maaf kalau agak melenceng, jadi bulan depan waktu ganti oli, kalau untuk mobil yang cuma jalan 5 rb km selama setahun perlu carbon clean lagi ga sih? Terakhir setahun lalu. Ga ada keluhan untuk mobilnya. 5 rb km lumayan sering macet-macetan.
jawaban dari :
bengkel gila :
"carbon clean dilakukan setiap penggantian oli disertai dengan engine flush, tune up, fuel line cleaning, injector cleaning."
bengkel ngga waras :
"diliat dulu kondisinya mas, kalo memang perlu carbon clean ya dikerjakan. kalo belum perlu buat apa? buang uang percuma..."
om untuk oli 5w-30 kenapa jarang yang nyaranin shell helix hx 8
padahal hasil test lab di page 1 tbn 10,44
dan VI 169
dengan harga di toko ijo 110 per liter
mau tanya parameter dari lab selain TBN dan VI yang menentukan oli tersebut bagus atau ga
thx suhu
Last edited by c_adhi_k on Tue Jun 30, 2020 16:03, edited 1 time in total.
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
Suryaputra wrote: Tue Jun 30, 2020 12:31
Sayangnya.. seffer, Mobil, dan banyak brand oli kelas keraton lain goodbye dr Indonesia krn sertifikasi SNI yg melebihi standard oli kelas dunia
maksudnya Mobil1? lah, Mobil1 mah aman udah pasang SNI. salah satu distronya kan intimakmur... emang butuh berapa karton? sila PM saya, nanti dibantu.
my bad.. thanks koreksi nya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
c_adhi_k wrote: Tue Jun 30, 2020 15:56
om untuk oli 5w-30 kenapa jarang yang nyaranin shell helix hx 8
padahal hasil test lab di page 1 tbn 10,44
dan VI 169
dengan harga di toko ijo 110 per liter
mau tanya parameter dari lab selain TBN dan VI yang menentukan oli tersebut bagus atau ga
thx suhu
Om, mau nanya soal VI (visc index) sama NOACK. Prinsip VI berarti makin tinggi angkanya disimpulin makin apa ya (sama jg kaya noack gimana)? Maap msh belum ngeh sebenernya selain TBN di oli
c_adhi_k wrote: Tue Jun 30, 2020 15:56
om untuk oli 5w-30 kenapa jarang yang nyaranin shell helix hx 8
padahal hasil test lab di page 1 tbn 10,44
dan VI 169
dengan harga di toko ijo 110 per liter
mau tanya parameter dari lab selain TBN dan VI yang menentukan oli tersebut bagus atau ga
thx suhu
ntah om.. ane jg penasaran
tunggu jawaban dr ahlinya aja
tp klo pribadi sih, ada 1 alesan knp ane ga mau HX8.. yg pasti banyak palsunya.. dsni byk yg jual 1 galon nya harga 320rb, bisa di tawar pula.. bisa nebak isinya apa?
c_adhi_k wrote: Tue Jun 30, 2020 15:56
om untuk oli 5w-30 kenapa jarang yang nyaranin shell helix hx 8
padahal hasil test lab di page 1 tbn 10,44
dan VI 169
dengan harga di toko ijo 110 per liter
mau tanya parameter dari lab selain TBN dan VI yang menentukan oli tersebut bagus atau ga
thx suhu
5w30 ini rangenya luas...
Shell HX8 meet Acea A3/B4 which is HTHS diatas 3,5 yg berarti kentel untuk ukuran 5w30... Biasa untuk mesin2 eropa modern yg comply to MB 229.xx dsb...
Kalo dikasih ke mesin jepang modern yg rata2 minta oli2 kurus yah akan berat pake oli ini... Atau bisa dipake ke mesin2 yg udh lumayan makan oli tp ga mau keluar dari buntut 30...
Gap yg terlalu jauh antara harga asli di SPBU dan di toko.. dan jg ga banyak yg ngelirik 5w30 harga segini..
Jadi bukan hanya diliat dari sisi olinya saja, tp digunakan untuk mesin apa ini juga perlu diperhatikan..
Kalo saya pribadi sih karena ada trust issue soal originalitas produk2 shell ini...