Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by blloewy »

ViPerRed wrote: Sat Jun 20, 2020 11:03
blloewy wrote: Sat Jun 20, 2020 4:56 sdh jalan 200 km pake PTT Performa 5W-30 dan ternyata oh ternyata emang tarikan ngga enteng pas di jalan tol.
mungkin kemaren berasa enteng krn dibanding yg 10W-40 tp pas di tol kerasa emang msh agak berat.
Dah tu skrg kok pake ada kaya brebet dikit kl gas dilepas dikit pas gigi 3 speed 60km/jam ya?
Apa gegara pake oli lbh encer ni BatuMakam setelah sebelumnya dicekokin 10W-40 mulu?
ane lg pake fastron 10w30 di HR15 L10.
kemaren beli sm temen kena harga 60an seliter.
udh jalan 780km, kok enak yaaaa..
ntah feel doank apa gmn krn biasa selalu pake 10w40
kmrn di tol lari ke 150 enak pake bangetttt..
suara mesin so so lah sama HX7 10w40..
saya isi 2.8 liter udh sama filter jd ga smpe full.
Kayanya ini ngaruh....
Saya isi pas 3 liter...
Jd pas bener di batas atas dipstick.
Bener kata om turbo jd mungkin agak berat krn isi full sesuai kapasitas...
Nunggu dia nguap aja dulu dech baru mungkin agak enak makenya :D
nubie in all things - still need to learn
mcdelivery
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 98
Joined: Mon Jan 25, 2016 7:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by mcdelivery »

Ada side effectnya g ya olie diesel macam ptt 10w30 di pk di yaris?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

coklatMetalik wrote: Sat Jun 20, 2020 11:31
DOHC wrote: Sat Jun 20, 2020 10:38

Fastron tp bukan yg gold sehh mnurut saya

Paling fastron eco2 an yg buat lcgc, toh harga nya jg mirip2

Makanya kl lg ga diskon gede2an, ini DGO atau TMO jgn dibeli, ga worth it
TMO kalo beli di beres yg punya promo free 1 liter kalo booking serpis dulu itu jd bisa lbh murah dr Fastron loh

276 rebu udh dpt 4 liter TMO 10W40, kalo Fastron Techno sih udh 300 ke atas :mky_03:

Barusan liat di Tokoijo 4 liter DGO 10W40 cuma 224 rebu :upss:
drpd DGO yg 10-40 harga segitu, mending tunggu aja beberapa minggu lg, biasa DGO yg 5-30 jg kisaran sgitu nanti harganya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9698
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

blloewy wrote: Sat Jun 20, 2020 13:27
ViPerRed wrote: Sat Jun 20, 2020 11:03
blloewy wrote: Sat Jun 20, 2020 4:56 sdh jalan 200 km pake PTT Performa 5W-30 dan ternyata oh ternyata emang tarikan ngga enteng pas di jalan tol.
mungkin kemaren berasa enteng krn dibanding yg 10W-40 tp pas di tol kerasa emang msh agak berat.
Dah tu skrg kok pake ada kaya brebet dikit kl gas dilepas dikit pas gigi 3 speed 60km/jam ya?
Apa gegara pake oli lbh encer ni BatuMakam setelah sebelumnya dicekokin 10W-40 mulu?
ane lg pake fastron 10w30 di HR15 L10.
kemaren beli sm temen kena harga 60an seliter.
udh jalan 780km, kok enak yaaaa..
ntah feel doank apa gmn krn biasa selalu pake 10w40
kmrn di tol lari ke 150 enak pake bangetttt..
suara mesin so so lah sama HX7 10w40..
saya isi 2.8 liter udh sama filter jd ga smpe full.
Kayanya ini ngaruh....
Saya isi pas 3 liter...
Jd pas bener di batas atas dipstick.
Bener kata om turbo jd mungkin agak berat krn isi full sesuai kapasitas...
Nunggu dia nguap aja dulu dech baru mungkin agak enak makenya :D
sedot aja dr lobang dipstick om.
klo mau DIY, sedot pakai selang udara yg biasa buat aquarium.

pompa sedotnya bisa pakai pompa aqua galon spt ini,
https://tokopedia.link/C5wTrVHwt7

1-2mm di bawah batas max dipstick oli, udh Ok.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

rendr wrote:Report first impression PTT 0w30 API SP di mesin M15A... Tarikan lumayan berat, sebelumnya pake PTT 0w30 SN, hypermiling cuman dapet 19 km/L (biasa diatas 20km/L)

Di PDS V100 nya jg naik dari 10,4 jadi 11
VI turun dari 180 jadi 175
Screenshot_2020-06-20-17-40-31.png
Setahu saya PTT 0W30 API SP belom dijual di Indo
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
JTX48Spy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sat Jun 20, 2020 17:56
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Grand New Avanza Veloz MT 2016

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by JTX48Spy »

Misi om disini udah ada yg coba Elf Tranself 75W80 GL4 (MTF) itu gimana specnya.. sama TOTAL TRANSTEC 5 80W90 GL5.. (gardan)
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by blloewy »

Suryaputra wrote: Sat Jun 20, 2020 15:52
blloewy wrote: Sat Jun 20, 2020 13:27
ViPerRed wrote: Sat Jun 20, 2020 11:03

ane lg pake fastron 10w30 di HR15 L10.
kemaren beli sm temen kena harga 60an seliter.
udh jalan 780km, kok enak yaaaa..
ntah feel doank apa gmn krn biasa selalu pake 10w40
kmrn di tol lari ke 150 enak pake bangetttt..
suara mesin so so lah sama HX7 10w40..
saya isi 2.8 liter udh sama filter jd ga smpe full.
Kayanya ini ngaruh....
Saya isi pas 3 liter...
Jd pas bener di batas atas dipstick.
Bener kata om turbo jd mungkin agak berat krn isi full sesuai kapasitas...
Nunggu dia nguap aja dulu dech baru mungkin agak enak makenya :D
sedot aja dr lobang dipstick om.
klo mau DIY, sedot pakai selang udara yg biasa buat aquarium.

pompa sedotnya bisa pakai pompa aqua galon spt ini,
https://tokopedia.link/C5wTrVHwt7

1-2mm di bawah batas max dipstick oli, udh Ok.
siap om...makasih infonya yaks...
ke tekape dulu :big_exellent:
nubie in all things - still need to learn
baiem
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Wed Dec 20, 2017 3:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by baiem »

Turboman wrote: Tue May 26, 2020 15:57 suhu coolant 96 C itu saat jalan normal ???

busyeettt

gimana kalo high RPM ya ?

kalo melihat gini ya mmg lebih cocok 5W40........kalo PTT ambil yg NGV 5W40 aja

HX7 - 5W40 juga bisa

Btw pernah survey Termostat yg opening Temp nya lebih rendah gak ?
lancer 4G9 series segituan Oum, max. nya 99 derajat fan baru hidup
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by classicrock »

DOHC wrote:Numpang field report skalian mengembalikan tret ini ke lanjur perlendiran mesin lg

Oli DGO 0-20, di mesin dual vvt-i 1TR, bensin pertalit, setelah pemakaian 1021 km dr penggantian, mesin terasa lebi enak, skrg lg idle kl dbetot mendadak ud ga ad glitik, pas mendadak di WOT jg ud minim glitik kcuali cuaca super terik

Tarikan menengah ampe atas jg enteng, karakter mirip2 waktu lg pake tq9000

Skrg tinggal liat performance nya tahan ampe brapa km
Barusan masuk km 45.000, isi lagi pake DGO 5W30 di Avanza 1.3, ini udah ketiga kalinya tuang DGO ke mesin, sebelumnya udah tujuh kali isi TMO 5W30. Ganti selalu tiap 5.000 km.
IMG20200622085012.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9698
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

classicrock wrote: Mon Jun 22, 2020 3:33
DOHC wrote:Numpang field report skalian mengembalikan tret ini ke lanjur perlendiran mesin lg

Oli DGO 0-20, di mesin dual vvt-i 1TR, bensin pertalit, setelah pemakaian 1021 km dr penggantian, mesin terasa lebi enak, skrg lg idle kl dbetot mendadak ud ga ad glitik, pas mendadak di WOT jg ud minim glitik kcuali cuaca super terik

Tarikan menengah ampe atas jg enteng, karakter mirip2 waktu lg pake tq9000

Skrg tinggal liat performance nya tahan ampe brapa km
Barusan masuk km 45.000, isi lagi pake DGO 5W30 di Avanza 1.3, ini udah ketiga kalinya tuang DGO ke mesin, sebelumnya udah tujuh kali isi TMO 5W30. Ganti selalu tiap 5.000 km. IMG20200622085012.jpg
kinclong om :big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

baiem wrote: Sun Jun 21, 2020 11:43
Turboman wrote: Tue May 26, 2020 15:57 suhu coolant 96 C itu saat jalan normal ???

busyeettt

gimana kalo high RPM ya ?

kalo melihat gini ya mmg lebih cocok 5W40........kalo PTT ambil yg NGV 5W40 aja

HX7 - 5W40 juga bisa

Btw pernah survey Termostat yg opening Temp nya lebih rendah gak ?
lancer 4G9 series segituan Oum, max. nya 99 derajat fan baru hidup
Lancer type apa om ?

Saya perna ukur lancer CK 4G92 aj temp nya d 80an, bejeg2 jg mac 96 derajat bentar trus turun lg ke 80an
classicrock wrote: Mon Jun 22, 2020 3:33
DOHC wrote:Numpang field report skalian mengembalikan tret ini ke lanjur perlendiran mesin lg

Oli DGO 0-20, di mesin dual vvt-i 1TR, bensin pertalit, setelah pemakaian 1021 km dr penggantian, mesin terasa lebi enak, skrg lg idle kl dbetot mendadak ud ga ad glitik, pas mendadak di WOT jg ud minim glitik kcuali cuaca super terik

Tarikan menengah ampe atas jg enteng, karakter mirip2 waktu lg pake tq9000

Skrg tinggal liat performance nya tahan ampe brapa km
Barusan masuk km 45.000, isi lagi pake DGO 5W30 di Avanza 1.3, ini udah ketiga kalinya tuang DGO ke mesin, sebelumnya udah tujuh kali isi TMO 5W30. Ganti selalu tiap 5.000 km.
IMG20200622085012.jpg
Kl tMO 5-30 d tulis nya ud full syn atau masi semi syn om ? Kl DGO 5-30 curiga saya masi semi syn
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by classicrock »

Suryaputra wrote:
classicrock wrote: Mon Jun 22, 2020 3:33
DOHC wrote:Numpang field report skalian mengembalikan tret ini ke lanjur perlendiran mesin lg

Oli DGO 0-20, di mesin dual vvt-i 1TR, bensin pertalit, setelah pemakaian 1021 km dr penggantian, mesin terasa lebi enak, skrg lg idle kl dbetot mendadak ud ga ad glitik, pas mendadak di WOT jg ud minim glitik kcuali cuaca super terik

Tarikan menengah ampe atas jg enteng, karakter mirip2 waktu lg pake tq9000

Skrg tinggal liat performance nya tahan ampe brapa km
Barusan masuk km 45.000, isi lagi pake DGO 5W30 di Avanza 1.3, ini udah ketiga kalinya tuang DGO ke mesin, sebelumnya udah tujuh kali isi TMO 5W30. Ganti selalu tiap 5.000 km. IMG20200622085012.jpg
kinclong om :big_exellent:
Hehehe efek rutin ganti kali om...
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by classicrock »

DOHC wrote:
Kl tMO 5-30 d tulis nya ud full syn atau masi semi syn om ? Kl DGO 5-30 curiga saya masi semi syn
Kalo ga salah inget karena botolnya udah ga ada, tulisan di TMO itu Full Synthetic Formula, sementara DGO tulisannya Synthetic aja. Kebetulan yang DGO tadi saya foto.
IMG20200622093041.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by rendr »

Turboman wrote: Sat Jun 20, 2020 17:36
rendr wrote:Report first impression PTT 0w30 API SP di mesin M15A... Tarikan lumayan berat, sebelumnya pake PTT 0w30 SN, hypermiling cuman dapet 19 km/L (biasa diatas 20km/L)

Di PDS V100 nya jg naik dari 10,4 jadi 11
VI turun dari 180 jadi 175

Screenshot_2020-06-20-17-40-31.png
Setahu saya PTT 0W30 API SP belom dijual di Indo
iya om turbo rencana akhir juni ini/awal juli rilis resmi dijual ke publik....


ViPerRed wrote: Sat Jun 20, 2020 11:05
rendr wrote: Sat Jun 20, 2020 10:43 Report first impression PTT 0w30 API SP di mesin M15A... Tarikan lumayan berat, sebelumnya pake PTT 0w30 SN, hypermiling cuman dapet 19 km/L (biasa diatas 20km/L)

Di PDS V100 nya jg naik dari 10,4 jadi 11
VI turun dari 180 jadi 175

Screenshot_2020-06-20-17-40-31.png
M15A di mobil apa om? s cross?
iya om scross
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
hotoriii
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 108
Joined: Thu Jan 09, 2020 5:59
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Toyota

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by hotoriii »

maaf mengganggu mau tanya sy kan awam ya, mobil dan motor yg sering gas kecepatan tinggi itu perlu ganti oli dan spareparts lebih sering ga si? sy pp hampir tiap hari 30 km an (diluar penggunaan harian lain2) speed minimal 90 km / jam, bensin pertamax plus, dan ga pernah telat ganti oli, spareparts, dan servis ke bengkel resmi (1.5k an km kalau motor dan 6k an km kalau mobil), mau tanya saja soalnya motor mobil selama ini ga pernah ada kesempatan digeber kenceng2 untuk harian hehe, thanks before
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

rendr wrote:
Turboman wrote: Sat Jun 20, 2020 17:36
rendr wrote:Report first impression PTT 0w30 API SP di mesin M15A... Tarikan lumayan berat, sebelumnya pake PTT 0w30 SN, hypermiling cuman dapet 19 km/L (biasa diatas 20km/L)

Di PDS V100 nya jg naik dari 10,4 jadi 11
VI turun dari 180 jadi 175

Screenshot_2020-06-20-17-40-31.png
Setahu saya PTT 0W30 API SP belom dijual di Indo
iya om turbo rencana akhir juni ini/awal juli rilis resmi dijual ke publik....


ViPerRed wrote: Sat Jun 20, 2020 11:05
rendr wrote: Sat Jun 20, 2020 10:43 Report first impression PTT 0w30 API SP di mesin M15A... Tarikan lumayan berat, sebelumnya pake PTT 0w30 SN, hypermiling cuman dapet 19 km/L (biasa diatas 20km/L)

Di PDS V100 nya jg naik dari 10,4 jadi 11
VI turun dari 180 jadi 175

Screenshot_2020-06-20-17-40-31.png
M15A di mobil apa om? s cross?
iya om scross
Nah jadi yg anda coba itu type apa
* Bukan ajakan Beli *
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by rendr »

Turboman wrote: Tue Jun 23, 2020 8:12
rendr wrote:
Turboman wrote: Sat Jun 20, 2020 17:36 Setahu saya PTT 0W30 API SP belom dijual di Indo
iya om turbo rencana akhir juni ini/awal juli rilis resmi dijual ke publik....


ViPerRed wrote: Sat Jun 20, 2020 11:05

M15A di mobil apa om? s cross?
iya om scross
Nah jadi yg anda coba itu type apa
Tester 0w30 API SP om..
:mky_01:
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

rendr wrote:
Turboman wrote: Tue Jun 23, 2020 8:12
rendr wrote: iya om turbo rencana akhir juni ini/awal juli rilis resmi dijual ke publik....


iya om scross
Nah jadi yg anda coba itu type apa
Tester 0w30 API SP om..
:mky_01:
oo...... om bengkel yah ?

Btw coba aja lewatin 2 minggu dulu, mobilnya jalan tiap hari kan ?
* Bukan ajakan Beli *
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by rendr »

Turboman wrote: Tue Jun 23, 2020 11:05
rendr wrote:
Turboman wrote: Tue Jun 23, 2020 8:12 Nah jadi yg anda coba itu type apa
Tester 0w30 API SP om..
:mky_01:
oo...... om bengkel yah ?

Btw coba aja lewatin 2 minggu dulu, mobilnya jalan tiap hari kan ?
Bukan2 om, ada temen kok ini kebetulan kenal baik dgn pak Al...


Coba liat pas 1000 km ya...
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by blloewy »

rendr wrote: Tue Jun 23, 2020 10:31
Turboman wrote: Tue Jun 23, 2020 8:12
rendr wrote: iya om turbo rencana akhir juni ini/awal juli rilis resmi dijual ke publik....





iya om scross
Nah jadi yg anda coba itu type apa
Tester 0w30 API SP om..
:mky_01:
Blm final mungkin om.
Formula yg dikasi msh racikan :big_peace:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

rendr wrote:
Turboman wrote: Tue Jun 23, 2020 11:05
rendr wrote: Tester 0w30 API SP om..
:mky_01:
oo...... om bengkel yah ?

Btw coba aja lewatin 2 minggu dulu, mobilnya jalan tiap hari kan ?
Bukan2 om, ada temen kok ini kebetulan kenal baik dgn pak Al...


Coba liat pas 1000 km ya...
Om boleh fotokan botolnya ?

post di sini coba deh......penasaran juga
* Bukan ajakan Beli *
Dtechauto
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Thu Oct 18, 2018 14:34
Location: North Sumatra

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Dtechauto »

Wah sudah ada aja bocoran utk API SP nya.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by maastricht889 »

Om2 mau nanya soal innova bensin MT (2010) saya. Td pagi ngelaju di cipali speed 120-130 gigi 5, RPM manteng 4000an itu wajar nggak ya? Ertiga matic saya aja di kecepatan yg sama, jalan yg sama maks di 3000 rpm lebih dikit. Memang perawatan seadanya sih, cuma sekedar ganti oli pake oli sapu jagat TMO 10W40 dr baru. Tune up selama 10th ini baru pernah sekali, bensin pertalite, ban baru ganti falken sincera kemarin (195/70/R14). Selain oli berikutnya sy ganti (mungkin) ke TQ9000 5W30 apalg ya yg harus dilakuin? Boros banget jatuhnya kl diukur2 tadi, baru setengah jalan udah habis bensin banyak :big_biglaugh:

Maap kl OOT, ngga nemu thread yg bahas innova bensin
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

erwinign wrote: Tue Jun 23, 2020 16:26 Om2 mau nanya soal innova bensin MT (2010) saya. Td pagi ngelaju di cipali speed 120-130 gigi 5, RPM manteng 4000an itu wajar nggak ya? Ertiga matic saya aja di kecepatan yg sama, jalan yg sama maks di 3000 rpm lebih dikit. Memang perawatan seadanya sih, cuma sekedar ganti oli pake oli sapu jagat TMO 10W40 dr baru. Tune up selama 10th ini baru pernah sekali, bensin pertalite, ban baru ganti falken sincera kemarin (195/70/R14). Selain oli berikutnya sy ganti (mungkin) ke TQ9000 5W30 apalg ya yg harus dilakuin? Boros banget jatuhnya kl diukur2 tadi, baru setengah jalan udah habis bensin banyak :big_biglaugh:

Maap kl OOT, ngga nemu thread yg bahas innova bensin
klo gitu ya hub nya sama final gear innova itu sendiri om
mgkn emg bawaannya gitu.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9698
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

erwinign wrote: Tue Jun 23, 2020 16:26 Om2 mau nanya soal innova bensin MT (2010) saya. Td pagi ngelaju di cipali speed 120-130 gigi 5, RPM manteng 4000an itu wajar nggak ya? Ertiga matic saya aja di kecepatan yg sama, jalan yg sama maks di 3000 rpm lebih dikit. Memang perawatan seadanya sih, cuma sekedar ganti oli pake oli sapu jagat TMO 10W40 dr baru. Tune up selama 10th ini baru pernah sekali, bensin pertalite, ban baru ganti falken sincera kemarin (195/70/R14). Selain oli berikutnya sy ganti (mungkin) ke TQ9000 5W30 apalg ya yg harus dilakuin? Boros banget jatuhnya kl diukur2 tadi, baru setengah jalan udah habis bensin banyak :big_biglaugh:

Maap kl OOT, ngga nemu thread yg bahas innova bensin
sy pernah pakai ipah gen 1 MT juga.
emang segitu rasio final gearnya.
kurang halus.

100km/h aja di rpm 3500an kan.

karena emang bukan buat mobil cruising hi speed.
yg versi maticnya agak mendingan.
bs lbh rendah rpm nya di kecepatan yg sama.

klo mau lbh irit ya ipah diesel, rpm nya jauh lbh rendah :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri