Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Saya mau share pengalaman saya menggunakan kayaba Excel G di Toyota Starlet Kotak saya sebagai shock breaker belakang
Rasanya ternyata keras banget. jadi kaya suspensi pakai balok kayu, tp kalo di blkg di isi 3 orang baru agak mending, tapi kan jarang bgt diisi sebanyak itu.
Mobilnya sih sudah setahun ini pakai shock kayaba excelG, namun krn kmrn2 sering dipakai jadi bener2 terasa pegel2 kalo nyetir lama.
Apakah emg gini karakter kayaba excelG? kalo diganti, apakah ada saran sebaiknya diganti merk apa? atau ada yg ngalamin? berhubung mobil udah tua banget jadi kayanya susah kalo cari yg ori..
Mohon saran dan masukannya
Mungkin juga ada yang tahu bengkel kaki jago yg kira2 bisa atasi masalah saya daerah Jkt, Bintaro, dan sekitarnya..
Terima kasihh
Last edited by dimasriswandono on Tue Jun 23, 2020 5:32, edited 1 time in total.
Saya pakai Excel-G di FD2 rasanya sama nyamannya seperti Showa bawaan. Memang lebih keras dan stabil dibanding shock lama yang sudah bocor tapi tidak sampai seperti yang anda ceritakan. Overall sangat puas.
Pernah juga mengganti shock CRV 2010 yang sudah mati, mobilnya sebelum diganti shocknya sangat empuk bagian belakang tapi limbungnya parah. Setelah diganti shock orisinil Honda (Showa) depan-belakang malah jadi jauh lebih keras lebih dari saat shock mati. Dugaan saya karena mobil hanya ditopang per, shocknya tidak main.
Terima kasih masukannya.. saya lupa cerita bhw kenapa shock blkg dganti krn kalo diisi 2 org kadang terlalu amblas.. pas dbuka trnyata shocknya udh amblas.. nah tp koq setelah dganti jd super duper keras begitu. Apa ada chance krn per nya yang salah?
sintoni wrote: Tue Jun 23, 2020 5:18
Kayaba ini emang kalau ga salah karateristiknya keras deh. Ini yang barang jualan andalan S n D kan?
CMIIW, kalau Toyota sama Nissan rasanya pake Tokico sebagai original.
Betul om pakai tokico tp sepertinya utk se usia mbl starlet kotak gt susah.
Kayaba itu ada macem2 jg soalnya , kebetulan yg sy pakai yang excelG..
DOHC wrote: Tue Jun 23, 2020 5:22
Kl shock kayaba setau saya tingkatan dr lembut ampe ke balok kayu itu : kayaba premium, kayaba excel G, kayaba ultra
Dr 3 itu, anehnya yg excel G plg mahal
Kcuali kl dapet kayaba premium yg import dus biru, ini baru mahal
Betul om emg mahal rasanya waktu sy beli. Mgkn 1,3jt an lupa juga saya.
Tp berhubung emg ga wajar bgt keras nya sy jd penasaran juga sama karakter2 kayaba excelG. Sy jd berpikir apakah per saya salah? Tp sy ga ubah apa2 kecuali shock blkg..
Saya mau share pengalaman saya menggunakan kayaba Excel G di Toyota Starlet Kotak saya sebagai shock breaker belakang
Rasanya ternyata keras banget. jadi kaya suspensi pakai balok kayu, tp kalo di blkg di isi 3 orang baru agak mending, tapi kan jarang bgt diisi sebanyak itu.
Mobilnya sih sudah setahun ini pakai shock kayaba excelG, namun krn kmrn2 sering dipakai jadi bener2 terasa pegel2 kalo nyetir lama.
Apakah emg gini karakter kayaba excelG? kalo diganti, apakah ada saran sebaiknya diganti merk apa? atau ada yg ngalamin? berhubung mobil udah tua banget jadi kayanya susah kalo cari yg ori..
Mohon saran dan masukannya
Mungkin juga ada yang tahu bengkel kaki jago yg kira2 bisa atasi masalah saya daerah Jkt, Bintaro, dan sekitarnya..
Terima kasihh
Emang gitu sepertinya om karakter nya kayaba Excel G, pernah pake di Avanza keras banget.
Minggu lalu saya baru ganti coba pake Monroe beli di Toped, enakan sihh daripada standard nya,lebih firm ga mantul mantul tapi ga terlalu keras.
sintoni wrote: Tue Jun 23, 2020 6:10
Bisa jg sih karena kebiasaan bawa mobil dengan SA mati, jadi abis ganti SA jadi kerasa keras om. Haha.
Hahahahahahaaha, bisa jadi juga. Tp ini mah bnr keras ga wajar euy. Sama skali ga ada ngayun apalagi kl lg lewat poldur tipis yang jejer 4 buah gt wah itu bahu kaya ketarik2..
Saya mau share pengalaman saya menggunakan kayaba Excel G di Toyota Starlet Kotak saya sebagai shock breaker belakang
Rasanya ternyata keras banget. jadi kaya suspensi pakai balok kayu, tp kalo di blkg di isi 3 orang baru agak mending, tapi kan jarang bgt diisi sebanyak itu.
Mobilnya sih sudah setahun ini pakai shock kayaba excelG, namun krn kmrn2 sering dipakai jadi bener2 terasa pegel2 kalo nyetir lama.
Apakah emg gini karakter kayaba excelG? kalo diganti, apakah ada saran sebaiknya diganti merk apa? atau ada yg ngalamin? berhubung mobil udah tua banget jadi kayanya susah kalo cari yg ori..
Mohon saran dan masukannya
Mungkin juga ada yang tahu bengkel kaki jago yg kira2 bisa atasi masalah saya daerah Jkt, Bintaro, dan sekitarnya..
Terima kasihh
Emang gitu sepertinya om karakter nya kayaba Excel G, pernah pake di Avanza keras banget.
Minggu lalu saya baru ganti coba pake Monroe beli di Toped, enakan sihh daripada standard nya,lebih firm ga mantul mantul tapi ga terlalu keras.
tiap merk shock pasti ada pilihan dari yang empuk-medium-keras.
waktu dulu beli apa nggak dicoba atau setidaknya seller bertanya / kasih saran?
saya pernah pake merk tokico (shock belakang) buat sedan kecil 1,4 ton malah enak sekali saat diisi 4 dewasa dan bagasi sarat muatan. saat jalan sendirian atau berdua, persis naik mitsusi canter.
marmut wrote: Tue Jun 23, 2020 7:11
tiap merk shock pasti ada pilihan dari yang empuk-medium-keras.
waktu dulu beli apa nggak dicoba atau setidaknya seller bertanya / kasih saran?
saya pernah pake merk tokico (shock belakang) buat sedan kecil 1,4 ton malah enak sekali saat diisi 4 dewasa dan bagasi sarat muatan. saat jalan sendirian atau berdua, persis naik mitsusi canter.
tokico bawaan asli soalnya ya om...nah tokico kayanya udah ga ada di mobil tua banget kaya saya..
dulu ini perbaikan di menjelang ramadhan tahun lalu, seharian jd dbilang excelG enak, jadi sy ok aja.. pas dcoba keras bener euy sy kira setelah brp lama akan berubah. ternyata sama sekali ngga. skrg dlm setahun sudah jalan 4ribu km, masih keras banget kaya balok kayu gitu
marmut wrote: Tue Jun 23, 2020 7:11
tiap merk shock pasti ada pilihan dari yang empuk-medium-keras.
waktu dulu beli apa nggak dicoba atau setidaknya seller bertanya / kasih saran?
saya pernah pake merk tokico (shock belakang) buat sedan kecil 1,4 ton malah enak sekali saat diisi 4 dewasa dan bagasi sarat muatan. saat jalan sendirian atau berdua, persis naik mitsusi canter.
Stuju ama mbah d atas ini
Kl di kes saya, kayaba ultra yg karakter nya duduk d atas batu kali, malah enak jd shock belakang ipah tua saya, sdgkan kl dpasang d shock belakang avansa saya dl, rasa nya tulang belakang saya patah smua tiap kl lewat poldur
Jd yah kl mnurut saya coba sesuaikan dgn bobot mobil aj, kl enteng pake yg premium aj
Btw dl di old grand livina 2007 saya, pake excel G malah pas, dbanding bawaan nya yg kelewat empuk
marmut wrote: Tue Jun 23, 2020 7:11
tiap merk shock pasti ada pilihan dari yang empuk-medium-keras.
waktu dulu beli apa nggak dicoba atau setidaknya seller bertanya / kasih saran?
saya pernah pake merk tokico (shock belakang) buat sedan kecil 1,4 ton malah enak sekali saat diisi 4 dewasa dan bagasi sarat muatan. saat jalan sendirian atau berdua, persis naik mitsusi canter.
Stuju ama mbah d atas ini
Kl di kes saya, kayaba ultra yg karakter nya duduk d atas batu kali, malah enak jd shock belakang ipah tua saya, sdgkan kl dpasang d shock belakang avansa saya dl, rasa nya tulang belakang saya patah smua tiap kl lewat poldur
Jd yah kl mnurut saya coba sesuaikan dgn bobot mobil aj, kl enteng pake yg premium aj
Btw dl di old grand livina 2007 saya, pake excel G malah pas, dbanding bawaan nya yg kelewat empuk
oke om, tks pencerahannya. jadi lebih kebayang sama dgn penjelasan yg di pasang di innova vs avanza.
Kebetulan bulan kemaren shock belakang galant saya juga habis ganti dgn excel g.
Kalau di kasus saya malah enak om bantingannya.
Rada keras tapi gak sampai kaya kayu, buat belok juga gak terasa limbung.
Mungkin sama kaya kasus innova avanza
Galant kan mobil yg cukup berat kl d bandingkan dengan starlet.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
gantinya pun sdh di bengkel spesialis starlet ya om, ga mungkin keliru part nya ya. siapa tau gitu harusnya utk mobil lain yg lbh berat tp krn dimensi sama jd dipakai di starko.
cek juga karet2 dudukannya siapa tau udah keras/getas n hrs diganti.
kl didudukin bnyk org ambles itu krn per sdh sagging. shock ga nahan beban statis.
btw ga semua toyota oem SA nya tokico. ada juga yg kyb ..... n langsung sy tuker ke merk lain krn bantingannya keras.
DOHC wrote: Tue Jun 23, 2020 5:22
Kl shock kayaba setau saya tingkatan dr lembut ampe ke balok kayu itu : kayaba premium, kayaba excel G, kayaba ultra
Dr 3 itu, anehnya yg excel G plg mahal
Kcuali kl dapet kayaba premium yg import dus biru, ini baru mahal
sy prnh pakai excel g buat bbrp mobil sy dulu.
awal2 emang agak keras tapi lama2 jadi pas (break in dulu kali yaa).
kayaba excel g ini lbh mahal dibanding ultra dan premium krn produk import dan pakai gas.
ketika lwt poldur pun ada bunyi ces ces.
prnh pakai jg yg seri premium cmn setahun lgs ganti.
gak enak, terlalu empuk dan ngayun di poldur.
klo jalan kenceng di tol yg bumpy, berasa mau takeoff
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
dimasriswandono wrote: Tue Jun 23, 2020 4:06
Halo semua rekan SM..
Saya mau share pengalaman saya menggunakan kayaba Excel G di Toyota Starlet Kotak saya sebagai shock breaker belakang
Rasanya ternyata keras banget. jadi kaya suspensi pakai balok kayu, tp kalo di blkg di isi 3 orang baru agak mending, tapi kan jarang bgt diisi sebanyak itu.
Mobilnya sih sudah setahun ini pakai shock kayaba excelG, namun krn kmrn2 sering dipakai jadi bener2 terasa pegel2 kalo nyetir lama.
Apakah emg gini karakter kayaba excelG? kalo diganti, apakah ada saran sebaiknya diganti merk apa? atau ada yg ngalamin? berhubung mobil udah tua banget jadi kayanya susah kalo cari yg ori..
Mohon saran dan masukannya
Mungkin juga ada yang tahu bengkel kaki jago yg kira2 bisa atasi masalah saya daerah Jkt, Bintaro, dan sekitarnya..
Terima kasihh
Saya pernah pakai Excel-G juga di great corolla saya, memang cenderung kaku bantingan suspensinya. Cuma karena Great Corolla bawannya udah full independen suspensi nya jd ya masih nyaman-nyaman aja. Tp kalo dibandingin sama Tokico, lebih lembut tokico. Sekarang lg pake Tokico ini soalnya.
Saya pakai Excel G itu cuma bertahan 2 tahun kalo gak salah, abis itu udah rembes.
Untuk perbaikan kaki-kaki saya biasa beli part via online, penggantian part nya di GBT meruya. Kalo daerah Bintaro saya belom nemu bengkel kaki-kaki one stop service yang oke sih.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
DOHC wrote: Tue Jun 23, 2020 5:22
Kl shock kayaba setau saya tingkatan dr lembut ampe ke balok kayu itu : kayaba premium, kayaba excel G, kayaba ultra
Dr 3 itu, anehnya yg excel G plg mahal
Kcuali kl dapet kayaba premium yg import dus biru, ini baru mahal
sy prnh pakai excel g buat bbrp mobil sy dulu.
awal2 emang agak keras tapi lama2 jadi pas (break in dulu kali yaa).
kayaba excel g ini lbh mahal dibanding ultra dan premium krn produk import dan pakai gas.
ketika lwt poldur pun ada bunyi ces ces.
prnh pakai jg yg seri premium cmn setahun lgs ganti.
gak enak, terlalu empuk dan ngayun di poldur.
klo jalan kenceng di tol yg bumpy, berasa mau takeoff
Ane baca soalnya yg Premium ini single action om, jadi mungkin karena itu ya jadi ga enak.
DOHC wrote: Tue Jun 23, 2020 5:22
Kl shock kayaba setau saya tingkatan dr lembut ampe ke balok kayu itu : kayaba premium, kayaba excel G, kayaba ultra
Dr 3 itu, anehnya yg excel G plg mahal
Kcuali kl dapet kayaba premium yg import dus biru, ini baru mahal
sy prnh pakai excel g buat bbrp mobil sy dulu.
awal2 emang agak keras tapi lama2 jadi pas (break in dulu kali yaa).
kayaba excel g ini lbh mahal dibanding ultra dan premium krn produk import dan pakai gas.
ketika lwt poldur pun ada bunyi ces ces.
prnh pakai jg yg seri premium cmn setahun lgs ganti.
gak enak, terlalu empuk dan ngayun di poldur.
klo jalan kenceng di tol yg bumpy, berasa mau takeoff
Ane baca soalnya yg Premium ini single action om, jadi mungkin karena itu ya jadi ga enak.
Bengkel cipto wijaya tenik
Sparepart J.N Motor+Bintang Motor
lokasi di pusat onderdil parung (dari kfc mcd gaplek ke arah sawangan 200 meteran di sebelah kiri)
bengkelnya cm bs benerin, sparepart di sekitaran situ banyak,
jd tenang bengkel ga bakal kasih barang jelek karena memang ga sedia,paling bs kasih saran yg cocok apa.
dan bener2 diberesin sampe beres, kalo pas test drive masih kurang, dibenerin lagi.