Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 599
- Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20
Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub
ok...peran komunitas ini terkait dengan memasyarakatkan org naik bus, PO2 bus juga mulai berkembang terbukti....tapi perannya untuk keamanan dan keselamatan di jalan gimana ? tinggal menunggu bom waktu aja klu begini...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub
Nanjak sih kuat2x aja. Pertanyaannya : DENGAN berapa kecepatan brapa?piggypig77 wrote: Thu Jun 18, 2020 10:31Kirain diesel gtu kuat nanjaknya hahahaadityabp wrote: Thu Jun 18, 2020 1:46Hehehe, mereka mendadak jadi lanehogger kalo lewat cipularang. Ngos2xan ampe ngebul.piggypig77 wrote: Wed Jun 17, 2020 17:50 Mending mereka ngebut aja daripada pelan jadi lane hogger, lagian 140 sebenarnya biasa aja buat mobil pribadi kok
![]()

Mesin diesel, makin besar CC-nya makin panjang Stroke-nya. Makin panjang stroke, torsi makin besar tapi RPM gak bakal bisa tinggi.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub
Betul, rata-rata bus-bus AKAP gitu shifting di 1500, max 2000 kalo lg nanjak biar ngga kehilangan momeadityabp wrote: Fri Jun 19, 2020 2:10Nanjak sih kuat2x aja. Pertanyaannya : DENGAN berapa kecepatan brapa?piggypig77 wrote: Thu Jun 18, 2020 10:31Kirain diesel gtu kuat nanjaknya hahahaadityabp wrote: Thu Jun 18, 2020 1:46
Hehehe, mereka mendadak jadi lanehogger kalo lewat cipularang. Ngos2xan ampe ngebul.
![]()
![]()
Mesin diesel, makin besar CC-nya makin panjang Stroke-nya. Makin panjang stroke, torsi makin besar tapi RPM gak bakal bisa tinggi.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub
Opticruise wrote: Thu Jun 18, 2020 21:53Mungkin udah ada yg remap klo skrg2 haha...Turboman wrote: Thu Jun 18, 2020 16:59 Jadi sebetulnya saya bikin trit ini bermula dari keheranan saya pas hari minggu kemaren dari arah Cirebon menuju Jkt
pas di GT Palimanan saya antri GT, di depan saya ada 2 mobil, dan di GT lain ada PO Haryanto (Entah MB O 15 / 16 series)......
Si Bus jalan duluan, sementara di depan saya masih ada 2 mobil, gak lama saya juga lepas dr GT.......saat itu Cipali arah Jkt ramai lancar
Sepanjang jalan saya nyusul aneka macam bus (PO Agra dll), tapi bus MB si PO HR tadi hilang gak keliatan........biar bbrp puluh Km lewat juga tetap gak ketemu......entah gimana tuh cara nyetirnya, apa sikat bahu jalan terus or gimana.......wkwkwkwk
Untuk sasis premium tronton, hp besar, transmisi matic, rem mumpuni, stabilitas kontrol, air suspensi balon plus Joki yang jago, menakjubkan emang liat roti bakar lincah overtake mbl kecil![]()
Salam kenal om opticruise
Mau tanya yg di bold.. menakjubkan maksudnya termasuk high speed overtake via bahu jalan terus tiba2 potong ke highspeed lane?
Small quotes yg on point. Kecuali overtake jalur 1 ke jalur 2 atau sebaliknya sih no problem ya, (banyak juga mobil kecil yg lanehoggers soalnya)pengendiesel wrote: Fri Jun 19, 2020 1:55 Separah apapun kecelakaan yang dialami pembalap, sangat jarang berefek ke penonton.
Beda cerita dengan 'balap' bus di jalan raya. Sangat banyak penonton yang dirugikan.
Last edited by PRBS on Fri Jun 19, 2020 2:31, edited 1 time in total.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub
Mesin 6000 - 12.000 ccevanbngdor wrote:Betul, rata-rata bus-bus AKAP gitu shifting di 1500, max 2000 kalo lg nanjak biar ngga kehilangan momeadityabp wrote: Fri Jun 19, 2020 2:10Nanjak sih kuat2x aja. Pertanyaannya : DENGAN berapa kecepatan brapa?![]()
Mesin diesel, makin besar CC-nya makin panjang Stroke-nya. Makin panjang stroke, torsi makin besar tapi RPM gak bakal bisa tinggi.
Max bhp di sekitar 2000 - 2200 RPM
Tapi kinerja gak semaksimal mobil Diesel pribadi karena :
- Bus pake oli 15W40 mineral
- BioSolar polos
Ada bagusnya juga skg B30 yg lebih lemot drpd B20 / B15, jadi performa mesin2 Bus agak sedikit berkurang
Kalo aja Bus dikasi DEX / solar BP & oli mesin HDEO 10W40 spt PTT Extra Long Dren / Q8 T800 / Rimula R5.......waduh waduh.........gaswit bingit dah
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
- Location: Antar Kota Antar Propinsi
Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub
Mungkin krn udah di belakang makanya dikejar2 g kelihatan hahahaha...Turboman wrote:Jadi sebetulnya saya bikin trit ini bermula dari keheranan saya pas hari minggu kemaren dari arah Cirebon menuju Jkt
pas di GT Palimanan saya antri GT, di depan saya ada 2 mobil, dan di GT lain ada PO Haryanto (Entah MB O 15 / 16 series)......
Si Bus jalan duluan, sementara di depan saya masih ada 2 mobil, gak lama saya juga lepas dr GT.......saat itu Cipali arah Jkt ramai lancar
Sepanjang jalan saya nyusul aneka macam bus (PO Agra dll), tapi bus MB si PO HR tadi hilang gak keliatan........biar bbrp puluh Km lewat juga tetap gak ketemu......entah gimana tuh cara nyetirnya, apa sikat bahu jalan terus or gimana.......wkwkwkwk
btw, kalo yg nge-line di pulau jawa, jalur yang paling ngeri bus2nya itu justru yogya/solo - surabaya, kalau ambil jalur lawan udah seenaknya sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub
IMHO, kalo di tanjakan sih sama aja om. Cuma gak ngebul aja.Turboman wrote: Fri Jun 19, 2020 2:31Mesin 6000 - 12.000 ccevanbngdor wrote:Betul, rata-rata bus-bus AKAP gitu shifting di 1500, max 2000 kalo lg nanjak biar ngga kehilangan momeadityabp wrote: Fri Jun 19, 2020 2:10
Nanjak sih kuat2x aja. Pertanyaannya : DENGAN berapa kecepatan brapa?![]()
Mesin diesel, makin besar CC-nya makin panjang Stroke-nya. Makin panjang stroke, torsi makin besar tapi RPM gak bakal bisa tinggi.
Max bhp di sekitar 2000 - 2200 RPM
Tapi kinerja gak semaksimal mobil Diesel pribadi karena :
- Bus pake oli 15W40 mineral
- BioSolar polos
Ada bagusnya juga skg B30 yg lebih lemot drpd B20 / B15, jadi performa mesin2 Bus agak sedikit berkurang
Kalo aja Bus dikasi DEX / solar BP & oli mesin HDEO 10W40 spt PTT Extra Long Dren / Q8 T800 / Rimula R5.......waduh waduh.........gaswit bingit dah

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1644
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub
Yang ini dulu sempat jadi makanan ane sehari2. Po yang ganti nama seribu kali tapi mental sama terus, po yang pake nama2 cewek cantik. Kalo sudah ngeblong, kelar idup loiwidiyanto wrote: Fri Jun 19, 2020 2:42 Mungkin krn udah di belakang makanya dikejar2 g kelihatan hahahaha...
btw, kalo yg nge-line di pulau jawa, jalur yang paling ngeri bus2nya itu justru yogya/solo - surabaya, kalau ambil jalur lawan udah seenaknya sendiri

Ada sedikit cerita unik. Mantan rekan kerja di kantor ada yang bus trip sby-yogya naik *k*. Di tengah perjalanan bus tsb kecelakaan parah. Rekan tsb kepalanya berdarah. Gak jadi ke yogya, dirawat di sby.
Singkat cerita, setelah sembuh, bus trip lagi ke yogya, naik po yang sama lagi dan........kecelakaan lagi

Emang murah bener nyawa di indo. Om nr mana om nr
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 680
- Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20
Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub
kalau kata saya sih sopir bis disini, skill nya kacrut semua mereka cuma ngandelin nyali aja tanpa pake otak.
tuh liat sopir2 bis dan truk di europe, US atau australia mana ada yg pake kenek.
terutama supir bis / truk di europe, mereka bisa masuk ke jalan2 sempit with no problem.
saya pernah ikut tour ke UK, dijemput dari heathrow lalu langsung dibawa dinner ke china town di london.
tau sendiri jalanan di london banyak yg sempit plus mobil2 pada parkir dikanan kiri, jadi jalanan tambah sempit.
itu supir bisnya bisa dengan santai parkir dan keluar sendiri tanpa bantuan kenek.
coba deh supir bis di sini, yang ada pasti bikin rusak mobil2 yg diparkir atau bikin rusak bis nya sendiri karena otak nya NOL besar, tapi nyalinya sangat BESAR.
tuh liat sopir2 bis dan truk di europe, US atau australia mana ada yg pake kenek.
terutama supir bis / truk di europe, mereka bisa masuk ke jalan2 sempit with no problem.
saya pernah ikut tour ke UK, dijemput dari heathrow lalu langsung dibawa dinner ke china town di london.
tau sendiri jalanan di london banyak yg sempit plus mobil2 pada parkir dikanan kiri, jadi jalanan tambah sempit.
itu supir bisnya bisa dengan santai parkir dan keluar sendiri tanpa bantuan kenek.
coba deh supir bis di sini, yang ada pasti bikin rusak mobil2 yg diparkir atau bikin rusak bis nya sendiri karena otak nya NOL besar, tapi nyalinya sangat BESAR.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub
Malah bus yg perawatan ala kadarnya banyak yg dipakein oli Single grade SAE 40Turboman wrote: Fri Jun 19, 2020 2:31Mesin 6000 - 12.000 ccevanbngdor wrote:Betul, rata-rata bus-bus AKAP gitu shifting di 1500, max 2000 kalo lg nanjak biar ngga kehilangan momeadityabp wrote: Fri Jun 19, 2020 2:10
Nanjak sih kuat2x aja. Pertanyaannya : DENGAN berapa kecepatan brapa?![]()
Mesin diesel, makin besar CC-nya makin panjang Stroke-nya. Makin panjang stroke, torsi makin besar tapi RPM gak bakal bisa tinggi.
Max bhp di sekitar 2000 - 2200 RPM
Tapi kinerja gak semaksimal mobil Diesel pribadi karena :
- Bus pake oli 15W40 mineral
- BioSolar polos
Ada bagusnya juga skg B30 yg lebih lemot drpd B20 / B15, jadi performa mesin2 Bus agak sedikit berkurang
Kalo aja Bus dikasi DEX / solar BP & oli mesin HDEO 10W40 spt PTT Extra Long Dren / Q8 T800 / Rimula R5.......waduh waduh.........gaswit bingit dah
Kalo pake dex, aditif sih wah nyawa makin murah tuh Om

1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub
Sebenernya mah salah si PO nya jg
Si supir dtuntut musti bsa nyampe dalam jumlah rit tertentu, kl telat ga dapet tambahan, giliran ud tepat waktu tp kl pake solar kelebihan quota, kena potong jg
Blom lg fenomena2 aneh ngepost d yutup nyetir ala gaplek dkk
Makanya ga heran ntuh supir bus gila2an nyetirnya
Dan lagi ini ga bus doank sehh, supir travel dmana2 jg mirip, malah lebi ganas, kl yg dah perna nyobain trans sulawesi pake mobil travel, si gaplek dkk kaya ga ad apa2nya
Si supir dtuntut musti bsa nyampe dalam jumlah rit tertentu, kl telat ga dapet tambahan, giliran ud tepat waktu tp kl pake solar kelebihan quota, kena potong jg
Blom lg fenomena2 aneh ngepost d yutup nyetir ala gaplek dkk
Makanya ga heran ntuh supir bus gila2an nyetirnya
Dan lagi ini ga bus doank sehh, supir travel dmana2 jg mirip, malah lebi ganas, kl yg dah perna nyobain trans sulawesi pake mobil travel, si gaplek dkk kaya ga ad apa2nya
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub
Apv atau ga panther kapsul aja bisa kek mobil F1 di lintas sulawesi hahahaDOHC wrote: Fri Jun 19, 2020 4:40 Sebenernya mah salah si PO nya jg
Si supir dtuntut musti bsa nyampe dalam jumlah rit tertentu, kl telat ga dapet tambahan, giliran ud tepat waktu tp kl pake solar kelebihan quota, kena potong jg
Blom lg fenomena2 aneh ngepost d yutup nyetir ala gaplek dkk
Makanya ga heran ntuh supir bus gila2an nyetirnya
Dan lagi ini ga bus doank sehh, supir travel dmana2 jg mirip, malah lebi ganas, kl yg dah perna nyobain trans sulawesi pake mobil travel, si gaplek dkk kaya ga ad apa2nya
Mungkin mr gaplex kalau bawa mobil kecil, lebih banter lagi kali ya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub
Ini mgk OOT ya, saya th lalu naik bis nusantara bandung-semarang. Waktu sampe pekalongan di jalan utama tengh malem tau2 dipepet motor trus kaca depan dilempar batu itu semata2 iseng ato saingan ya? Ngeri jg sih pecahnya gede dan persis di depan driver kenanya, wkt itu saya jg duduk di kursi no 2 dr depan sederet sopir
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub
Banyak yg taruhan jg Om driver2 itu sama PO lainnya yg 1 trayek. Biasanya taruhannya uang makan 1x perjalanan.DOHC wrote: Fri Jun 19, 2020 4:40 Sebenernya mah salah si PO nya jg
Si supir dtuntut musti bsa nyampe dalam jumlah rit tertentu, kl telat ga dapet tambahan, giliran ud tepat waktu tp kl pake solar kelebihan quota, kena potong jg
Blom lg fenomena2 aneh ngepost d yutup nyetir ala gaplek dkk
Makanya ga heran ntuh supir bus gila2an nyetirnya
Dan lagi ini ga bus doank sehh, supir travel dmana2 jg mirip, malah lebi ganas, kl yg dah perna nyobain trans sulawesi pake mobil travel, si gaplek dkk kaya ga ad apa2nya
Taruhannya jg gak cuma adu cepet, tp juga mesti pantau solar kyk yg Om bilang, jgn sampe kelebihan quota makanya banyak yg ngeblong ngga mau ngerem&ngegas biar lebih irit jg solar nya
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub
Bener om, itu supir2nya kayanya ud dpt kontrak jangka panjang ama malaikat mautPRBS wrote: Fri Jun 19, 2020 5:23Apv atau ga panther kapsul aja bisa kek mobil F1 di lintas sulawesi hahahaDOHC wrote: Fri Jun 19, 2020 4:40 Sebenernya mah salah si PO nya jg
Si supir dtuntut musti bsa nyampe dalam jumlah rit tertentu, kl telat ga dapet tambahan, giliran ud tepat waktu tp kl pake solar kelebihan quota, kena potong jg
Blom lg fenomena2 aneh ngepost d yutup nyetir ala gaplek dkk
Makanya ga heran ntuh supir bus gila2an nyetirnya
Dan lagi ini ga bus doank sehh, supir travel dmana2 jg mirip, malah lebi ganas, kl yg dah perna nyobain trans sulawesi pake mobil travel, si gaplek dkk kaya ga ad apa2nya
Mungkin mr gaplex kalau bawa mobil kecil, lebih banter lagi kali ya
Itu jalur trans sulawesi cuman 2 jalur doank kaya pantura, blom lg trans palu donggala yg raja nya kambing loncat.. lah itu supir2 travel bsa santuy aj bejeg gas nyalip2, mobil penuh ampe atau jg penuh buntelan2 ber bal bal..
Btw panther kayanya raja nya mobil travel sana, beberapa kl ketemu bahkan pesen dapet nya panther mulu, panther kapsul yg ud ancur2an
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub
Nahh itu PO nya yg sintingevanbngdor wrote: Fri Jun 19, 2020 5:54Banyak yg taruhan jg Om driver2 itu sama PO lainnya yg 1 trayek. Biasanya taruhannya uang makan 1x perjalanan.DOHC wrote: Fri Jun 19, 2020 4:40 Sebenernya mah salah si PO nya jg
Si supir dtuntut musti bsa nyampe dalam jumlah rit tertentu, kl telat ga dapet tambahan, giliran ud tepat waktu tp kl pake solar kelebihan quota, kena potong jg
Blom lg fenomena2 aneh ngepost d yutup nyetir ala gaplek dkk
Makanya ga heran ntuh supir bus gila2an nyetirnya
Dan lagi ini ga bus doank sehh, supir travel dmana2 jg mirip, malah lebi ganas, kl yg dah perna nyobain trans sulawesi pake mobil travel, si gaplek dkk kaya ga ad apa2nya
Taruhannya jg gak cuma adu cepet, tp juga mesti pantau solar kyk yg Om bilang, jgn sampe kelebihan quota makanya banyak yg ngeblong ngga mau ngerem&ngegas biar lebih irit jg solar nya
Kayanya seru tuh kalo skali2 ad bus yg kena, lalu sial nya ad sala satu penumpang nya punya asuransi pribadi dan d tuntut miliaran PO nya krn lalai
Biar efek jera
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 680
- Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20
Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub
disini pentingnya peran pemerintah untuk meregulasi dan mengawasi.DOHC wrote: Fri Jun 19, 2020 4:40 Sebenernya mah salah si PO nya jg
Si supir dtuntut musti bsa nyampe dalam jumlah rit tertentu, kl telat ga dapet tambahan, giliran ud tepat waktu tp kl pake solar kelebihan quota, kena potong jg
Blom lg fenomena2 aneh ngepost d yutup nyetir ala gaplek dkk
Makanya ga heran ntuh supir bus gila2an nyetirnya
Dan lagi ini ga bus doank sehh, supir travel dmana2 jg mirip, malah lebi ganas, kl yg dah perna nyobain trans sulawesi pake mobil travel, si gaplek dkk kaya ga ad apa2nya
pemerintah kita sering absen di sektor yang satu ini.
(typical third world country).
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Mon Nov 05, 2018 3:07
Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub
salam kenal ya om pengendieselpengendiesel wrote: Fri Jun 19, 2020 1:55Halo om opticruise, salam kenalOpticruise wrote: Thu Jun 18, 2020 14:30 Aku bismania juga..hahha
Yah, namanya di jalan skrg ya gitulah, ga motor, mbl,truk cabe ampe tronton semua punya jiwa resing, dan berkat fb-yutub, terbentuklah komunitasnya masing2..
Fenomena bus balap, ada sejak pantura ms blm ada tol transjawa, jaman itu msh diesel konvensional dan benar2 adu skil dr pengemudinya karena semua engine sama
subang - alasroban - tuban ms hanya 2 jalur, bisa macet total gara2 pada ngeblong arah timur dan barat.
Saat itu "pembalapnya" mengandalkan permainan sein ala bus malam, sehingga balapnya tetap "sportif" ceritanya, walaupun beda PO, saling salip, saling jaga dan tidak mencelakakan, tp d rmh makan/terminal bs ngopi bareng
Yah, intinya di jalan saling pengertian aja, salam1 aspal aja, kadang klo ktmu sesama pengendara yg nyetirnya bagus, enak buat konvoy, malah saling bantu dan menghilangkan ngantuk...
Ohya, smpt kpikiran jg, sbnarnya di kita bnyak talenta pembalap loh ya, gak gampang bw kendaraan 13meter ala racing, racing yg rapi ya ga sruntulan..kembali ke personal individunya![]()
Menarik nih kalau ada busmania yang mau sharing viewnya, untuk bisa lihat dari sisi yang lain.
Nah yang ane bold, menurut ane analoginya mirip video ini :
https://youtu.be/lhLtgMr5XV8
Di video ini, kedua pembalap lagi fight dengan speed lebih dari 300, dan di ujung braking point, Kimi Raikonnen (ferrari merah) hit top speed 360km/h.
Dari point of viewnya Kimi, itu mobil yang akan disalip IS NOT MOVING THAT FAST, bahkan cenderung seakan2 gak bergerak meskipun kecepatan lagi di atas 300kmh.
Kemudian di video berikut ini menampilkan mobil f1 di speed 300kmh, tapi dari viewnya penonton
https://youtu.be/seget3zOj_8
Kayak peluru ditembakkan dari pistol![]()
Imho, video pertama itu ibaratnya view sopir dan penumpang2 bus. Video kedua view dari pengendara lain di sekitar bus tsb.
Dua sudut pandang yang sangat berbeda untuk 1 fakta yang sama, tuh mobil ngebut banget.
Fakta lainnya lagi, balap f1 dilakukan dengan standard safety yang sangat luar biasa. Dan pastinya memisahkan antara pembalap dan penonton. Separah apapun kecelakaan yang dialami pembalap, sangat jarang berefek ke penonton.
Beda cerita dengan 'balap' bus di jalan raya. Sangat banyak penonton yang dirugikan.
Monggo viewnya dishare om, semoga ada diskusi yang sehat![]()
Sebagai penggemar rotibakar kotaksabun dan jg pengendara mbl kecil jg, tentu keselamatan adalah prioritas, karena jalan raya bukan sirkuit..
Jaman dulu, sy pernah mendengar cerita dr salah satu pengemudi bus, beliau disekolahkan di Serpong, mngkin programnya Dishub-Kepolisian-Perusahaan Otobus, dan terpilih menjadi Driver Akap terbaik se Indonesia, bersertifikat, beliau mnceritakan bahwa hampir 90%kecelakaan karena faktor melanggar aturan oleh pengemudi..
Program ini entahlah apa masih ada saat sekarang, tp sangat baik untuk edukasi para pengemudi angkutan umum
Tp pengalaman sy roadtrip jawa bali, kita bisa membedakan yg mana pengemudi handal, membahayakan, atau yang sportif, baik saat "balap"ataupun beriringan..
Kembali ke kesimpulan, apapun kendaraannya jalan raya adalah milik bersama
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 677
- Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
- Location: jogja, blitar, jakarta
Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub
Ngelihatnya malah kasihan supir bis'nya..
Bisa2nya di kadalin abg labil maniaknya.
Bisa2nya di kadalin abg labil maniaknya.
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 365
- Joined: Tue Dec 31, 2013 14:57
- Daily Vehicle: transjakarta
Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub
Ini bangsa-bangsa SK/SR bukan Om? Emang SK/SR keknya paling sinting sih, bener-bener ngeri. Dulu pas masi tinggal di Solo, pernah berhenti krn merah di bangjo panggung, di samping saya ada SK lewat tanpa ngerem-ngerem sama sekali. Bahaya banget, untung gak ada kendaraan lain yang lewat pas itu.iwidiyanto wrote: Fri Jun 19, 2020 2:42 btw, kalo yg nge-line di pulau jawa, jalur yang paling ngeri bus2nya itu justru yogya/solo - surabaya, kalau ambil jalur lawan udah seenaknya sendiri
==
Tapi kayanya yang paling ugal-ugalan itu yang emang kelas patas kayanya. Dikejer-kejer waktu banget keliatan.
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Mon Nov 05, 2018 3:07
Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub
salam kenal kembali ya omPRBSPRBS wrote: Fri Jun 19, 2020 2:25Opticruise wrote: Thu Jun 18, 2020 21:53Mungkin udah ada yg remap klo skrg2 haha...Turboman wrote: Thu Jun 18, 2020 16:59 Jadi sebetulnya saya bikin trit ini bermula dari keheranan saya pas hari minggu kemaren dari arah Cirebon menuju Jkt
pas di GT Palimanan saya antri GT, di depan saya ada 2 mobil, dan di GT lain ada PO Haryanto (Entah MB O 15 / 16 series)......
Si Bus jalan duluan, sementara di depan saya masih ada 2 mobil, gak lama saya juga lepas dr GT.......saat itu Cipali arah Jkt ramai lancar
Sepanjang jalan saya nyusul aneka macam bus (PO Agra dll), tapi bus MB si PO HR tadi hilang gak keliatan........biar bbrp puluh Km lewat juga tetap gak ketemu......entah gimana tuh cara nyetirnya, apa sikat bahu jalan terus or gimana.......wkwkwkwk
Untuk sasis premium tronton, hp besar, transmisi matic, rem mumpuni, stabilitas kontrol, air suspensi balon plus Joki yang jago, menakjubkan emang liat roti bakar lincah overtake mbl kecil![]()
Salam kenal om opticruise
Mau tanya yg di bold.. menakjubkan maksudnya termasuk high speed overtake via bahu jalan terus tiba2 potong ke highspeed lane?
Small quotes yg on point. Kecuali overtake jalur 1 ke jalur 2 atau sebaliknya sih no problem ya, (banyak juga mobil kecil yg lanehoggers soalnya)pengendiesel wrote: Fri Jun 19, 2020 1:55 Separah apapun kecelakaan yang dialami pembalap, sangat jarang berefek ke penonton.
Beda cerita dengan 'balap' bus di jalan raya. Sangat banyak penonton yang dirugikan.
Maaf, keterangan kalimatnya td kurang, maksudmya lebih ke point ketrampilan mengemudi kendaraan besar/bus/trailer 15m up dengan cepat tanpa membahayakan kendaraan lain.
Overtake bahu jalan ga setuju om, ga bersih mainnya,
Secara umum, image bus ugal2an memang menyebalkan, kembali lagi ke mental pengemudinya.
Ada sisi menarik dari kehidupan para pengemudi angkutan umum, karena kebetulan sy memperhatikan, mohon maaf, dari sisi pendidikan dominan tidak tinggi, tp ada juga pribadi2 yang bersahaja, tidak suka diekspos atau pecicilan di jalan, low profile, tp talenta mengemudinya angkat topi deh, yang suka banyak ada di yutub mah lewat...

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub
PO nya mah mungkin ngga tau atau tutup mata aja Om.DOHC wrote: Fri Jun 19, 2020 6:24Nahh itu PO nya yg sintingevanbngdor wrote: Fri Jun 19, 2020 5:54Banyak yg taruhan jg Om driver2 itu sama PO lainnya yg 1 trayek. Biasanya taruhannya uang makan 1x perjalanan.DOHC wrote: Fri Jun 19, 2020 4:40 Sebenernya mah salah si PO nya jg
Si supir dtuntut musti bsa nyampe dalam jumlah rit tertentu, kl telat ga dapet tambahan, giliran ud tepat waktu tp kl pake solar kelebihan quota, kena potong jg
Blom lg fenomena2 aneh ngepost d yutup nyetir ala gaplek dkk
Makanya ga heran ntuh supir bus gila2an nyetirnya
Dan lagi ini ga bus doank sehh, supir travel dmana2 jg mirip, malah lebi ganas, kl yg dah perna nyobain trans sulawesi pake mobil travel, si gaplek dkk kaya ga ad apa2nya
Taruhannya jg gak cuma adu cepet, tp juga mesti pantau solar kyk yg Om bilang, jgn sampe kelebihan quota makanya banyak yg ngeblong ngga mau ngerem&ngegas biar lebih irit jg solar nya
Kayanya seru tuh kalo skali2 ad bus yg kena, lalu sial nya ad sala satu penumpang nya punya asuransi pribadi dan d tuntut miliaran PO nya krn lalai
Biar efek jera
Kayak PO bus2 yang jawa tengah ke jawa timur kan legenda pelari ugal semua itu Om. Makin murah makin cepet sampai, bukan karena ngga mampir berenti2, tp ya beneran ngga berenti, traffic light diserobot, jalur lawan diambil, dll

1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 569
- Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34
Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub
ya jangan heran lah..
ga ada law enforcementnya ya begini adanya..semua seenaknya sendiri..kalo pun lapor ya ga bakalan ditindak cuman bisa ngelus dada di jalan...kecuali yang viral, apa semua harus viral dulu baru ditindak..
semua aspek lain jg gt..ga heran ga maju2..negara laen uda sampe mana indo baru sampe mana..better emang tutup mata sama kenyataan yang ada
bukan masalah menjelekkan tapi kenyataan di lapangan begini..utk 200 jt penduduk dengan sistem demokrasi bukan otoritarian sdh menuju arah yang salah...
ga ada law enforcementnya ya begini adanya..semua seenaknya sendiri..kalo pun lapor ya ga bakalan ditindak cuman bisa ngelus dada di jalan...kecuali yang viral, apa semua harus viral dulu baru ditindak..
semua aspek lain jg gt..ga heran ga maju2..negara laen uda sampe mana indo baru sampe mana..better emang tutup mata sama kenyataan yang ada
bukan masalah menjelekkan tapi kenyataan di lapangan begini..utk 200 jt penduduk dengan sistem demokrasi bukan otoritarian sdh menuju arah yang salah...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub
Jaman belum ada cipali (tahun 2000an).. waktu saya kuliah dijogja silam, sering sekali naik bis safari dharma raya (OBL) yg kursinya 2+1.. jaman dulu supir2nya santun, nyetirnya ngebut tapi ga kerasa ngebut (susah jelasinnya).. jadi kalau sehabis makan di pamanukan, pasti drivernya jalan santai dulu, barulah ngebut ketika penumpang sudah tidur (sekitar cirebon - alasroban).. karena saya jaman dulu naik OBL ga pernah tidur, jadi suka lihat gaya elegan drivernya takeover selama di ruas pantura (terutama alasroban).. tapi selalu on time sampai tempat tujuan..Opticruise wrote: Fri Jun 19, 2020 8:32salam kenal kembali ya omPRBSPRBS wrote: Fri Jun 19, 2020 2:25Opticruise wrote: Thu Jun 18, 2020 21:53
Mungkin udah ada yg remap klo skrg2 haha...
Untuk sasis premium tronton, hp besar, transmisi matic, rem mumpuni, stabilitas kontrol, air suspensi balon plus Joki yang jago, menakjubkan emang liat roti bakar lincah overtake mbl kecil![]()
Salam kenal om opticruise
Mau tanya yg di bold.. menakjubkan maksudnya termasuk high speed overtake via bahu jalan terus tiba2 potong ke highspeed lane?
Small quotes yg on point. Kecuali overtake jalur 1 ke jalur 2 atau sebaliknya sih no problem ya, (banyak juga mobil kecil yg lanehoggers soalnya)pengendiesel wrote: Fri Jun 19, 2020 1:55 Separah apapun kecelakaan yang dialami pembalap, sangat jarang berefek ke penonton.
Beda cerita dengan 'balap' bus di jalan raya. Sangat banyak penonton yang dirugikan.
Maaf, keterangan kalimatnya td kurang, maksudmya lebih ke point ketrampilan mengemudi kendaraan besar/bus/trailer 15m up dengan cepat tanpa membahayakan kendaraan lain.
Overtake bahu jalan ga setuju om, ga bersih mainnya,
Secara umum, image bus ugal2an memang menyebalkan, kembali lagi ke mental pengemudinya.
Ada sisi menarik dari kehidupan para pengemudi angkutan umum, karena kebetulan sy memperhatikan, mohon maaf, dari sisi pendidikan dominan tidak tinggi, tp ada juga pribadi2 yang bersahaja, tidak suka diekspos atau pecicilan di jalan, low profile, tp talenta mengemudinya angkat topi deh, yang suka banyak ada di yutub mah lewat...![]()
Sayang sejak ada cipali, banyak PO bis2 lain yg miris sih liat driving style ngebutnya.. gimana ya, kayak kurang elegan gitu.. ga sekali duakali saya suka liat mobil kecil sampe kepepet ke rumput gegara kaget ditikung sama bis yg ngejar PO lainnya didepannya.. saya pribadi pernah juga lagi cruising di slow lane, tiba2 dipepet ketengah sama bis double decker yg sedang speeding di bahu jalan (ngejar bis didepannya).. ya ga semua PO bis seperti itu sih..
Jadi kangen bis2 era jalur pantura..