need advice: sirion 2016 atau ignis 2017
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Mon Mar 23, 2020 11:47
- Location: bogor
- Daily Vehicle: F10A
need advice: sirion 2016 atau ignis 2017
halo sobat semua, mohon bantuan nya untuk pilih2 nih
budget beli seken, 100-110jt. yang sepertinya sirion 2014-2016 atau ignis 2017 AGS.
mohon pendapatnya..
1. kegunaan buat kerja jalan 90km/hari sendirian jadi ya harus irit.
2. sering lewat macet, jadinya pilih matic. AGS ga masalah, yang penting bisa ga ngopling pas macet. biasanya juga pake manual.
3. weekend jadi mobil keluarga dengan 1 anak.
4. mobilnya kelas hatchback 2 row atau sedan.
5. bukan untuk dijual lagi.. jadi part slow moving cari yg murah juga.
kalau search 'masalah' di komunitasnya ignis kok masalahnya rada horor. misal 2017 ada bad transmission, trus kalau ada masalah elektronik / transmisi langsung mogok, nambah aksesori bikin ecu eror. belum lagi sling AGS putus harganya belasan juta. tapi model keren dan fitur canggih...
kalau sirion masalahnya relatif lebih sedikit. kalaupun masalah ga sampe mogok. misal stasioner ga stabil atau gearbox ga mau naik. mogok seringnya karena aki doang.
minim fitur tapi interior lebih lega.
sebelumnya saya pake karimun kotak & starlet. jadi ya harapannya mobilnya lebih lega dari karimun dan nyetir lebih enak dari starlet.
buat yang pernah pegang mobil nya mohon pertimbangan nya.
saran yang lain juga dipertimbangkan. i10, i20, picanto, rio, grand avega, swift, yaris, vios dll.. walaupun ini susah nyari yang kondisi mint.
budget beli seken, 100-110jt. yang sepertinya sirion 2014-2016 atau ignis 2017 AGS.
mohon pendapatnya..
1. kegunaan buat kerja jalan 90km/hari sendirian jadi ya harus irit.
2. sering lewat macet, jadinya pilih matic. AGS ga masalah, yang penting bisa ga ngopling pas macet. biasanya juga pake manual.
3. weekend jadi mobil keluarga dengan 1 anak.
4. mobilnya kelas hatchback 2 row atau sedan.
5. bukan untuk dijual lagi.. jadi part slow moving cari yg murah juga.
kalau search 'masalah' di komunitasnya ignis kok masalahnya rada horor. misal 2017 ada bad transmission, trus kalau ada masalah elektronik / transmisi langsung mogok, nambah aksesori bikin ecu eror. belum lagi sling AGS putus harganya belasan juta. tapi model keren dan fitur canggih...
kalau sirion masalahnya relatif lebih sedikit. kalaupun masalah ga sampe mogok. misal stasioner ga stabil atau gearbox ga mau naik. mogok seringnya karena aki doang.
minim fitur tapi interior lebih lega.
sebelumnya saya pake karimun kotak & starlet. jadi ya harapannya mobilnya lebih lega dari karimun dan nyetir lebih enak dari starlet.
buat yang pernah pegang mobil nya mohon pertimbangan nya.
saran yang lain juga dipertimbangkan. i10, i20, picanto, rio, grand avega, swift, yaris, vios dll.. walaupun ini susah nyari yang kondisi mint.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 820
- Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37
Re: need advice: sirion 2016 atau ignis 2017
Sirion itu ga irit2 amat n ga enak bawanya, joknya berasa tinggi n susah dpt posisi enak buat nyetir n bakalan berasa buat jarak jauh kyk kondisi ts. Cuman klo ignis bermasalah kayk gitu ya pastinya mikir2 jg. Ane sih bakal mempertimbangkan yg lain. Saran dr ane, karena ts beli bekas, coba aja beli dulu salah 1nya yg kondisi bagus n harga murah n gampang dijual lagi, klo ternyata ga sesuai harapan tinggal jual lagi ganti yg lain sampe dpt yg pas, syukur2 bs dpt untung. Klo cuman test drive kayaknya ga terlalu dpt nanti plus minus nya, soalnya bentar doank

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: need advice: sirion 2016 atau ignis 2017
untuk ignis ga sehoror itu kok.. saya user AGS sudah 47rb masih running smoothly.. untuk kasus sling AGS putus itu yg terdeteksi cuma 3 cases aja dari ratusan ribu ignis yg dijalanan.. masalah error ecu, rata2 karena perubahan kelistrikan (entah ganti foglamp HID, atau ubah kabel) reset di beres (free) udah kelar kok.. dan yg akhir2 ini di grup banyak ignis mogok karena accu pada soak, dan ditelusuri mereka umurnya 2 tahun (ya wajar aki bawaannya soak).. selebihnya no problem sih..
minusnya ignis :
- kaki keras bgt, kayak batu
- AGS ga smooth, lebih smooth AT jadul (butuh penyesuaian, saya sendiri suka kesel kalau stop n go, dungu bgt transmisinya)
- second row sempiit
- goncangan lumayan kerasa, karena jarak as roda depan sama as belakangnya pendek (lebih proper as roda ahond brio)
- profil ban kekecilan, terlalu ramping.. efeknya bikin jelek tampilan dan gripnya horrible..
- kekedapan di atap jelek.. curiga tipis (atau malah ga ada) noise insulation di atap?
plusnya ignis :
- irit bgt, 1:16 BSD-SCBD (pertamax)
- tenaga lumayan, kecil2 ngebut bgt sih ini..
- biaya service murah, paling mahal saya service berkala ignis itu pas 40rb km.. itu juga cuma 1.6jt
- kaki2 badak, driving style saya asal hajar lobang, per sekarang sama sekali belum ada bunyi2an sama sekali disemua kaki.
- kekedapan bagus (kecuali bagian atap, kalau hujan bunyi orkestra)
- AGSnya saya paling suka di toll, karena manual modenya lumayan responsif.. ga sedungu matic modenya..
design itu tergantung selera ya, either u love it or hate it kalau di ignis.. tapi ignis 2020, warna birunya bagus bgt..
saran saya buat om TS, coba hunting yaris bakpao tipe S .. itu mobilnya badaak bgt, kaki2 empuk, model timeless, masih affordable buat biaya service..
minusnya ignis :
- kaki keras bgt, kayak batu
- AGS ga smooth, lebih smooth AT jadul (butuh penyesuaian, saya sendiri suka kesel kalau stop n go, dungu bgt transmisinya)
- second row sempiit
- goncangan lumayan kerasa, karena jarak as roda depan sama as belakangnya pendek (lebih proper as roda ahond brio)
- profil ban kekecilan, terlalu ramping.. efeknya bikin jelek tampilan dan gripnya horrible..
- kekedapan di atap jelek.. curiga tipis (atau malah ga ada) noise insulation di atap?
plusnya ignis :
- irit bgt, 1:16 BSD-SCBD (pertamax)
- tenaga lumayan, kecil2 ngebut bgt sih ini..
- biaya service murah, paling mahal saya service berkala ignis itu pas 40rb km.. itu juga cuma 1.6jt
- kaki2 badak, driving style saya asal hajar lobang, per sekarang sama sekali belum ada bunyi2an sama sekali disemua kaki.
- kekedapan bagus (kecuali bagian atap, kalau hujan bunyi orkestra)
- AGSnya saya paling suka di toll, karena manual modenya lumayan responsif.. ga sedungu matic modenya..
design itu tergantung selera ya, either u love it or hate it kalau di ignis.. tapi ignis 2020, warna birunya bagus bgt..
saran saya buat om TS, coba hunting yaris bakpao tipe S .. itu mobilnya badaak bgt, kaki2 empuk, model timeless, masih affordable buat biaya service..
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: need advice: sirion 2016 atau ignis 2017
hahahaha kalo mobil mau dicari-cari masalahnya ya ada aja ya oom...PRBS wrote: Thu Jun 18, 2020 13:59 untuk ignis ga sehoror itu kok.. saya user AGS sudah 47rb masih running smoothly.. untuk kasus sling AGS putus itu yg terdeteksi cuma 3 cases aja dari ratusan ribu ignis yg dijalanan.. masalah error ecu, rata2 karena perubahan kelistrikan (entah ganti foglamp HID, atau ubah kabel) reset di beres (free) udah kelar kok.. dan yg akhir2 ini di grup banyak ignis mogok karena accu pada soak, dan ditelusuri mereka umurnya 2 tahun (ya wajar aki bawaannya soak).. selebihnya no problem sih..
ini mirip waktu dl civic turbo overheat dan viral. yang overheat sebiji, netizen parno semua... wkwkwkwkkw....
pdhl usernya mah asik asik aj... yg reliable ampe dipake bertaun2 dengan kondisi modif sana-sini jg banyak.
klo saya dari 2 itu ignis aja d... makin banyak populasi di jalanan makin gak ngerepotin. part lebih sering ready nya daripada enggak nya...
#antidibudakinmobil.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: need advice: sirion 2016 atau ignis 2017
Yup, dan sebetulnya ga sedikit juga user ignis yg 1st time owning car.. jadi setiap ada masalah, dikit2 tanya di grup or komunitas.. let say, muncul key warning di MID trus langsung nanya di grup.. padahal kalau baca manual booknya, jelas kok itu penyebabnya apa.. (misal kunci ga kedetect karena baterainya lemah, or accu mau soak dkk).. jadi kesannya bermasalah terus.. setau saya, masalah ignis yg paling keliatan itu changing gear (gear 1 ke 2) di AGS yg ga smooth, dan suspensi keras..ChZ wrote: Fri Jun 19, 2020 2:22hahahaha kalo mobil mau dicari-cari masalahnya ya ada aja ya oom...PRBS wrote: Thu Jun 18, 2020 13:59 untuk ignis ga sehoror itu kok.. saya user AGS sudah 47rb masih running smoothly.. untuk kasus sling AGS putus itu yg terdeteksi cuma 3 cases aja dari ratusan ribu ignis yg dijalanan.. masalah error ecu, rata2 karena perubahan kelistrikan (entah ganti foglamp HID, atau ubah kabel) reset di beres (free) udah kelar kok.. dan yg akhir2 ini di grup banyak ignis mogok karena accu pada soak, dan ditelusuri mereka umurnya 2 tahun (ya wajar aki bawaannya soak).. selebihnya no problem sih..
ini mirip waktu dl civic turbo overheat dan viral. yang overheat sebiji, netizen parno semua... wkwkwkwkkw....
pdhl usernya mah asik asik aj... yg reliable ampe dipake bertaun2 dengan kondisi modif sana-sini jg banyak.
klo saya dari 2 itu ignis aja d... makin banyak populasi di jalanan makin gak ngerepotin. part lebih sering ready nya daripada enggak nya...
#antidibudakinmobil.
Sirion oke kok sebetulnya, fitur safetynya juga lebih baik (4 airbags), tapi sayang unitnya jarang.. walau mesin sama dengan avanza..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Mon Mar 23, 2020 11:47
- Location: bogor
- Daily Vehicle: F10A
Re: need advice: sirion 2016 atau ignis 2017
kaki keras.. ok lah. pernah bawa katana.PRBS wrote: Thu Jun 18, 2020 13:59 untuk ignis ga sehoror itu kok.. saya user AGS sudah 47rb masih running smoothly.. untuk kasus sling AGS putus itu yg terdeteksi cuma 3 cases aja dari ratusan ribu ignis yg dijalanan.. masalah error ecu, rata2 karena perubahan kelistrikan (entah ganti foglamp HID, atau ubah kabel) reset di beres (free) udah kelar kok.. dan yg akhir2 ini di grup banyak ignis mogok karena accu pada soak, dan ditelusuri mereka umurnya 2 tahun (ya wajar aki bawaannya soak).. selebihnya no problem sih..
minusnya ignis :
- kaki keras bgt, kayak batu
- AGS ga smooth, lebih smooth AT jadul (butuh penyesuaian, saya sendiri suka kesel kalau stop n go, dungu bgt transmisinya)
- second row sempiit
- goncangan lumayan kerasa, karena jarak as roda depan sama as belakangnya pendek (lebih proper as roda ahond brio)
- profil ban kekecilan, terlalu ramping.. efeknya bikin jelek tampilan dan gripnya horrible..
- kekedapan di atap jelek.. curiga tipis (atau malah ga ada) noise insulation di atap?
plusnya ignis :
- irit bgt, 1:16 BSD-SCBD (pertamax)
- tenaga lumayan, kecil2 ngebut bgt sih ini..
- biaya service murah, paling mahal saya service berkala ignis itu pas 40rb km.. itu juga cuma 1.6jt
- kaki2 badak, driving style saya asal hajar lobang, per sekarang sama sekali belum ada bunyi2an sama sekali disemua kaki.
- kekedapan bagus (kecuali bagian atap, kalau hujan bunyi orkestra)
- AGSnya saya paling suka di toll, karena manual modenya lumayan responsif.. ga sedungu matic modenya..
design itu tergantung selera ya, either u love it or hate it kalau di ignis.. tapi ignis 2020, warna birunya bagus bgt..
saran saya buat om TS, coba hunting yaris bakpao tipe S .. itu mobilnya badaak bgt, kaki2 empuk, model timeless, masih affordable buat biaya service..
ags.. selama bisa manual gpp
second row.. masih ok.
ban.. ya memang jelek sih. ga ngebut2 juga
kekedapan atap.. memang ga ada peredamnya. dari plat langsung plafond.
tapi ya tetep aja sih.. yang namanya sling pasti putus. dengan harga 20juta. sama aja rem tangan putus slingnya, tapi biaya gantinya senilai ganti ABS + kaliper + kampas remnya
diluar sling ini sepertinya bisa nerima kekurangan ignis. beresnya juga deket rumah.
transmisi juga paling pake manual, asal ga ngopling aja. saran yaris ditampung dulu. pasti diatas 5 tahun soalnya. huntingny lebih susah.
itu pake pertalite masih bisa 1:16 juga?
gear 1-2 yg ga smooth itu yg mode AT? klo manual lancar kan?PRBS wrote: Fri Jun 19, 2020 4:02
Yup, dan sebetulnya ga sedikit juga user ignis yg 1st time owning car.. jadi setiap ada masalah, dikit2 tanya di grup or komunitas.. let say, muncul key warning di MID trus langsung nanya di grup.. padahal kalau baca manual booknya, jelas kok itu penyebabnya apa.. (misal kunci ga kedetect karena baterainya lemah, or accu mau soak dkk).. jadi kesannya bermasalah terus.. setau saya, masalah ignis yg paling keliatan itu changing gear (gear 1 ke 2) di AGS yg ga smooth, dan suspensi keras..
Sirion oke kok sebetulnya, fitur safetynya juga lebih baik (4 airbags), tapi sayang unitnya jarang.. walau mesin sama dengan avanza..
sirion no abs ebd, no keyless jadi ya masalah lebih sedikit sih. ngincernya karena interior lega + mesin avanza doang. tapi mobil ini laku di malay pasti ada alasan nya.

ya kan pertama cari masalah dulu om. biar ga nyesel wkwkw... makanya cari info dulu. biasanya user disini lebih bijak.ChZ wrote: Fri Jun 19, 2020 2:22
hahahaha kalo mobil mau dicari-cari masalahnya ya ada aja ya oom...
ini mirip waktu dl civic turbo overheat dan viral. yang overheat sebiji, netizen parno semua... wkwkwkwkkw....
pdhl usernya mah asik asik aj... yg reliable ampe dipake bertaun2 dengan kondisi modif sana-sini jg banyak.
klo saya dari 2 itu ignis aja d... makin banyak populasi di jalanan makin gak ngerepotin. part lebih sering ready nya daripada enggak nya...
#antidibudakinmobil.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: need advice: sirion 2016 atau ignis 2017
Untuk kasus sling putus, ketiga2nya itu kmnya sudah tinggi tapi belum pernah ganti plat kopling.. AGS sejatinya transmisi manual yg dimatickan, jadi tetap harus ganti plat kopling per 45rb km.. ibaratnya lebih dari 60rb km tapi ga pernah ganti plat kopling ya ambrol transmisinya.. di grup solusinya sih tiap 50rb harus ganti plat kopling walaupun tidak ada di service book.. sling ga akan putus kok kalau ga nerima beban berlebih (such as plat kopling yg habis), AGS sejatinya di heavy machinery soalnya..ipo3nk wrote: Fri Jun 19, 2020 4:40kaki keras.. ok lah. pernah bawa katana.PRBS wrote: Thu Jun 18, 2020 13:59 untuk ignis ga sehoror itu kok.. saya user AGS sudah 47rb masih running smoothly.. untuk kasus sling AGS putus itu yg terdeteksi cuma 3 cases aja dari ratusan ribu ignis yg dijalanan.. masalah error ecu, rata2 karena perubahan kelistrikan (entah ganti foglamp HID, atau ubah kabel) reset di beres (free) udah kelar kok.. dan yg akhir2 ini di grup banyak ignis mogok karena accu pada soak, dan ditelusuri mereka umurnya 2 tahun (ya wajar aki bawaannya soak).. selebihnya no problem sih..
minusnya ignis :
- kaki keras bgt, kayak batu
- AGS ga smooth, lebih smooth AT jadul (butuh penyesuaian, saya sendiri suka kesel kalau stop n go, dungu bgt transmisinya)
- second row sempiit
- goncangan lumayan kerasa, karena jarak as roda depan sama as belakangnya pendek (lebih proper as roda ahond brio)
- profil ban kekecilan, terlalu ramping.. efeknya bikin jelek tampilan dan gripnya horrible..
- kekedapan di atap jelek.. curiga tipis (atau malah ga ada) noise insulation di atap?
plusnya ignis :
- irit bgt, 1:16 BSD-SCBD (pertamax)
- tenaga lumayan, kecil2 ngebut bgt sih ini..
- biaya service murah, paling mahal saya service berkala ignis itu pas 40rb km.. itu juga cuma 1.6jt
- kaki2 badak, driving style saya asal hajar lobang, per sekarang sama sekali belum ada bunyi2an sama sekali disemua kaki.
- kekedapan bagus (kecuali bagian atap, kalau hujan bunyi orkestra)
- AGSnya saya paling suka di toll, karena manual modenya lumayan responsif.. ga sedungu matic modenya..
design itu tergantung selera ya, either u love it or hate it kalau di ignis.. tapi ignis 2020, warna birunya bagus bgt..
saran saya buat om TS, coba hunting yaris bakpao tipe S .. itu mobilnya badaak bgt, kaki2 empuk, model timeless, masih affordable buat biaya service..
ags.. selama bisa manual gpp
second row.. masih ok.
ban.. ya memang jelek sih. ga ngebut2 juga
kekedapan atap.. memang ga ada peredamnya. dari plat langsung plafond.
tapi ya tetep aja sih.. yang namanya sling pasti putus. dengan harga 20juta. sama aja rem tangan putus slingnya, tapi biaya gantinya senilai ganti ABS + kaliper + kampas remnya
diluar sling ini sepertinya bisa nerima kekurangan ignis. beresnya juga deket rumah.
transmisi juga paling pake manual, asal ga ngopling aja. saran yaris ditampung dulu. pasti diatas 5 tahun soalnya. huntingny lebih susah.
itu pake pertalite masih bisa 1:16 juga?
gear 1-2 yg ga smooth itu yg mode AT? klo manual lancar kan?PRBS wrote: Fri Jun 19, 2020 4:02
Yup, dan sebetulnya ga sedikit juga user ignis yg 1st time owning car.. jadi setiap ada masalah, dikit2 tanya di grup or komunitas.. let say, muncul key warning di MID trus langsung nanya di grup.. padahal kalau baca manual booknya, jelas kok itu penyebabnya apa.. (misal kunci ga kedetect karena baterainya lemah, or accu mau soak dkk).. jadi kesannya bermasalah terus.. setau saya, masalah ignis yg paling keliatan itu changing gear (gear 1 ke 2) di AGS yg ga smooth, dan suspensi keras..
Sirion oke kok sebetulnya, fitur safetynya juga lebih baik (4 airbags), tapi sayang unitnya jarang.. walau mesin sama dengan avanza..
sirion no abs ebd, no keyless jadi ya masalah lebih sedikit sih. ngincernya karena interior lega + mesin avanza doang. tapi mobil ini laku di malay pasti ada alasan nya.![]()
ya kan pertama cari masalah dulu om. biar ga nyesel wkwkw... makanya cari info dulu. biasanya user disini lebih bijak.ChZ wrote: Fri Jun 19, 2020 2:22
hahahaha kalo mobil mau dicari-cari masalahnya ya ada aja ya oom...
ini mirip waktu dl civic turbo overheat dan viral. yang overheat sebiji, netizen parno semua... wkwkwkwkkw....
pdhl usernya mah asik asik aj... yg reliable ampe dipake bertaun2 dengan kondisi modif sana-sini jg banyak.
klo saya dari 2 itu ignis aja d... makin banyak populasi di jalanan makin gak ngerepotin. part lebih sering ready nya daripada enggak nya...
#antidibudakinmobil.
Untuk pertalite saya kurang tahu ya, soalnya sejak beli saya ikutin manual book yg recommend ron 92 keatas.. toh juga irit sih, (btw 1:16 ini gaya sruntulan saya, kaki kanan ga pernah sekolah)
Kalau mau ignis, prefer beli manual.. karena manual jauh lebih enak powernya dan dia bisa lebih irit.. (dan lebih smooth tentunya)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4364
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: need advice: sirion 2016 atau ignis 2017
mungkin juga masuk kategori mobil yg banyak dibeli NEW CAR BUYER/1st timer. jangankan soal kunci, mau buka tutup pintu aja nanya kali. ditambah kemampuan literasi orang indo kurang makin jadilahPRBS wrote: Fri Jun 19, 2020 4:02
Yup, dan sebetulnya ga sedikit juga user ignis yg 1st time owning car.. jadi setiap ada masalah, dikit2 tanya di grup or komunitas.. let say, muncul key warning di MID trus langsung nanya di grup.. padahal kalau baca manual booknya, jelas kok itu penyebabnya apa.. (misal kunci ga kedetect karena baterainya lemah, or accu mau soak dkk).. jadi kesannya bermasalah terus.. setau saya, masalah ignis yg paling keliatan itu changing gear (gear 1 ke 2) di AGS yg ga smooth, dan suspensi keras..
Sirion oke kok sebetulnya, fitur safetynya juga lebih baik (4 airbags), tapi sayang unitnya jarang.. walau mesin sama dengan avanza..

mobil yg minim pemakai ga enaknya itu mestinya di slow moving part. terutama di luaran. jadilah kesannya "mahal" karena otomatis ga ada kw/palsu

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4911
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: need advice: sirion 2016 atau ignis 2017
Kalo pilihannya sama ignis AGS, saya vote sirion saja, part 11 12 sm avxen dan tarikannya lebih oke juga dibanding ignis. Selain itu,siron 2016 jg lumayan lengkap fiturnya + interior qualitynya jg cukup oke. Kalau ignis, entah kenapa saya kurang sreg sm bentuknya, sama kalaupun mau ambil ignis, masih lebih enak yg manual , kebetulan saya udh pernah TD yg manual maupun yg AGS
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 77
- Joined: Sat Jun 21, 2014 23:05
Re: need advice: sirion 2016 atau ignis 2017
Dear member, mau ikut kasih owner experience. Tahun 2018 lalu sy pakai sirion matic 2015. Ini mobil beli bekas di km 50k. Saya pakai kurleb 1.5thn. Tdk ada masalah berarti. Kons bbm ngga irit2 bgt, tapi ngga boros juga, pake pertalite dalkot masih dpt 1:11, lukot 1:16-17. pake premium ngga ada tenaganya, suara dari ban dpn cukup masuk ke kabin, posisi nyetir terasa tinggi, leg room baris ke 2 paling lega ke kelasnya, minus gada headrest baris ke 2, bikin lelah klo perjalanan jauh. Servis rutin 2x di beres sesuai buku servis kena biaya 1jutaan lebih dikit. Beli 110jt jual laku 110jt. Dijual krn lg study diluar. So far saya puas pake sirion.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1437
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: need advice: sirion 2016 atau ignis 2017
dibanding sirion yang serba kentang dan ignis, yang walau irit tapi suspensi keras,
coba toleh kia rio deh om tahun 2015 saya liat ada yang harganya mirip2 budget utk sirion 16 dan ignis 17.
tampang depan belakang, bq solid khas cbu, peredamannya cakep, dan suspensinya enak nyaman banget sih buat keluarga di range harga segitu...plus konsumsi bensinnya ini irit..
apalagi sekarang sudah under indomobil kan.
coba toleh kia rio deh om tahun 2015 saya liat ada yang harganya mirip2 budget utk sirion 16 dan ignis 17.
tampang depan belakang, bq solid khas cbu, peredamannya cakep, dan suspensinya enak nyaman banget sih buat keluarga di range harga segitu...plus konsumsi bensinnya ini irit..
apalagi sekarang sudah under indomobil kan.

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Mon Mar 23, 2020 11:47
- Location: bogor
- Daily Vehicle: F10A
Re: need advice: sirion 2016 atau ignis 2017
tq infonya. jaman corona bisa juga kejadian kayak gitu ya? beli 100jt jual lagi 2 tahun lagi 100jt wkwkwkwtiptronic wrote: Sun Jun 21, 2020 21:48 Dear member, mau ikut kasih owner experience. Tahun 2018 lalu sy pakai sirion matic 2015. Ini mobil beli bekas di km 50k. Saya pakai kurleb 1.5thn. Tdk ada masalah berarti. Kons bbm ngga irit2 bgt, tapi ngga boros juga, pake pertalite dalkot masih dpt 1:11, lukot 1:16-17. pake premium ngga ada tenaganya, suara dari ban dpn cukup masuk ke kabin, posisi nyetir terasa tinggi, leg room baris ke 2 paling lega ke kelasnya, minus gada headrest baris ke 2, bikin lelah klo perjalanan jauh. Servis rutin 2x di beres sesuai buku servis kena biaya 1jutaan lebih dikit. Beli 110jt jual laku 110jt. Dijual krn lg study diluar. So far saya puas pake sirion.
korea harga segitu memang bagus2. masalahnya adalah susah cari kondisi mint aja. ngincer yg kilometernya 20rb atau kurang ( masih garansi ) so far yang nemu kondisi mint cuma sirion, ignis dan lcgc. brio kok mahal.krniawnhdr wrote: Mon Jun 22, 2020 4:08 dibanding sirion yang serba kentang dan ignis, yang walau irit tapi suspensi keras,
coba toleh kia rio deh om tahun 2015 saya liat ada yang harganya mirip2 budget utk sirion 16 dan ignis 17.
tampang depan belakang, bq solid khas cbu, peredamannya cakep, dan suspensinya enak nyaman banget sih buat keluarga di range harga segitu...plus konsumsi bensinnya ini irit..
apalagi sekarang sudah under indomobil kan.![]()

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 290
- Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
- Location: Greater Jakarta
- Daily Vehicle: 2024 Honda DD1 - 2019 Honda RU1
Re: need advice: sirion 2016 atau ignis 2017
Ane belum punya experience sama Sirion atau Ignis, jadi belum berani kasih komentar ke dua mobil tsb. Cuman untuk kriteria TS ane saranin Yaris Bakpao.
1. FC irit banget untuk 1500cc, bisa Pertalite atau bahkan Premium.
2. Power di putaran rendahnya ngisi banget, enak buat stop n go. Maticnya juga masih yang konvensional, pasti bakal lebih enak dibanding AGS (ane ada experience owning AMT, poin plusnya cuman berguna buat latihan kesabaran doang).
3 & 4. Row kedua lega, banyak kompartemen buat nyimpen barang2, cocok buat bawa keluarga.
5. Merek T pasti ga pusing sama slow moving parts, bahkan saking awetnya ga perlu sering2 mikirin ganti spare part.
Ngeliat kebutuhan TS sih Yaris keliatannya cocok banget. Minusnya Yaris cuman di sensasi driving yang hambar, sama umur yang bikin kondisi dan modelnya agak ga enak dilihat mata. Buat sekedar fungsi, selama Yaris tsb service recordnya jelas harusnya bakal ready to use ga perlu nyari yang mint condition banget kaya nyari mobil Eropa seken
1. FC irit banget untuk 1500cc, bisa Pertalite atau bahkan Premium.
2. Power di putaran rendahnya ngisi banget, enak buat stop n go. Maticnya juga masih yang konvensional, pasti bakal lebih enak dibanding AGS (ane ada experience owning AMT, poin plusnya cuman berguna buat latihan kesabaran doang).
3 & 4. Row kedua lega, banyak kompartemen buat nyimpen barang2, cocok buat bawa keluarga.
5. Merek T pasti ga pusing sama slow moving parts, bahkan saking awetnya ga perlu sering2 mikirin ganti spare part.
Ngeliat kebutuhan TS sih Yaris keliatannya cocok banget. Minusnya Yaris cuman di sensasi driving yang hambar, sama umur yang bikin kondisi dan modelnya agak ga enak dilihat mata. Buat sekedar fungsi, selama Yaris tsb service recordnya jelas harusnya bakal ready to use ga perlu nyari yang mint condition banget kaya nyari mobil Eropa seken

Odd: 2024 DD1 L12B CVT
Even: 2019 RU1 L15Z CVT
In memoriam:
2015 A03A 3A92 5MT
2008 CY4A 4B11 CVT
2003 E46 M54B25 5AT
1994 E36 M50B20 5MT
Even: 2019 RU1 L15Z CVT
In memoriam:
2015 A03A 3A92 5MT
2008 CY4A 4B11 CVT
2003 E46 M54B25 5AT
1994 E36 M50B20 5MT
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Mon Mar 23, 2020 11:47
- Location: bogor
- Daily Vehicle: F10A
Re: need advice: sirion 2016 atau ignis 2017
Pernah pake yg manual emang irit. Sensasi driving lumayan lah. Better dibanding yg dipake sekarang. Jadi ya ga masalah. Yang jadi masalah adalah menteri keuangan maunya yang baru atau mint condition. Mobil baru sepertinya cuma dapet lcgc budget segitu. [emoji85]. Klo nemu yg low km ya memang niat ambil ini juga. Tapi jarang.HaykelAdityawarman wrote:Ane belum punya experience sama Sirion atau Ignis, jadi belum berani kasih komentar ke dua mobil tsb. Cuman untuk kriteria TS ane saranin Yaris Bakpao.
1. FC irit banget untuk 1500cc, bisa Pertalite atau bahkan Premium.
2. Power di putaran rendahnya ngisi banget, enak buat stop n go. Maticnya juga masih yang konvensional, pasti bakal lebih enak dibanding AGS (ane ada experience owning AMT, poin plusnya cuman berguna buat latihan kesabaran doang).
3 & 4. Row kedua lega, banyak kompartemen buat nyimpen barang2, cocok buat bawa keluarga.
5. Merek T pasti ga pusing sama slow moving parts, bahkan saking awetnya ga perlu sering2 mikirin ganti spare part.
Ngeliat kebutuhan TS sih Yaris keliatannya cocok banget. Minusnya Yaris cuman di sensasi driving yang hambar, sama umur yang bikin kondisi dan modelnya agak ga enak dilihat mata. Buat sekedar fungsi, selama Yaris tsb service recordnya jelas harusnya bakal ready to use ga perlu nyari yang mint condition banget kaya nyari mobil Eropa seken
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: need advice: sirion 2016 atau ignis 2017
Saya kbetulan perna pake ignis 10rb km lebih sebelum dijual. sempat saya pakai keliling jawa 2500km juga.
1. Aftersales di beresnya murah. anda sudah pernah pake karimun kota mungkin sudah tau.
2. Mobilnya bebas mentok bahkan di jalur truk pasir merapi sekalipun.
3. Irit so pasti, saya averagenya paling boros 1:13 pertabo. sudah banyak idle diam duduk. rekor 1:25 di tol trans jawa.
4. Lega untuk mobil seukurannya, sekarang naik yaris dan merasa yaris agak sempit dibanding ignis. khususnya atap mungkin karena saya 182cm.
5. Masalah yang anda sebutkan, apakah anda berencana menambahkan lampu2 ekstra atau hobi penambahan aksesoris?
suka atau tidak memang mobil sekarang ini elektrikalnya agak rentan pak. Tapi dengan pemilihan part pengganti berkualitas, tidak ada masalah.
Saya pernah ketemu dengan user ignis yang pakai bohlam LED "dangdut" yang berkelap kelip, dan dia tidak bisa pindah gigi ke R atau D. Simpel penyebabnya, karena konsumsi listrik yang lebih kecil jadi computernya mengganggap user belum menginjak rem sehingga tidak bisa pindah gigi. Tapi saya pakai lampu rem Ignis spek jepang yang sudah ada LED lengkap dengan canbusnya tidak masalah.
Saya juga mengganti lampu kabin dengan LED dari Osram, dan tidak ada masalah.
Dan kebetulan ada owner ignis juga yang ganti lampu kabin LED jagung mengeluh ada tulisan pintunya belum tertutup. karena lampu LED jagungnya terus menerus mengkonsumsi listrik bahkan ketika kelihatannya mati.
Sling AGS solusinya gak susah pak, sepupu ada pakai proton savvy yang juga pernah putus kabel sling AMTnya. dan dibawa ke bengkel hermanto matic di ciledug. biayanya cukup 100rb saja pak. sampai sekarang sudah tidak ada masalah. Inti masalahnya dimulai ketika koplingnya habis dan sepupu saya terus2an menunda penggantian kopling setnya.
Buat saya minus utama ignis adalah suspensi keras dan AMTnya yang melorot (ini dari istri yang tidak pernah pakai manual).
Sirion saya no comment karena belum pernah punya
1. Aftersales di beresnya murah. anda sudah pernah pake karimun kota mungkin sudah tau.
2. Mobilnya bebas mentok bahkan di jalur truk pasir merapi sekalipun.
3. Irit so pasti, saya averagenya paling boros 1:13 pertabo. sudah banyak idle diam duduk. rekor 1:25 di tol trans jawa.
4. Lega untuk mobil seukurannya, sekarang naik yaris dan merasa yaris agak sempit dibanding ignis. khususnya atap mungkin karena saya 182cm.
5. Masalah yang anda sebutkan, apakah anda berencana menambahkan lampu2 ekstra atau hobi penambahan aksesoris?
suka atau tidak memang mobil sekarang ini elektrikalnya agak rentan pak. Tapi dengan pemilihan part pengganti berkualitas, tidak ada masalah.
Saya pernah ketemu dengan user ignis yang pakai bohlam LED "dangdut" yang berkelap kelip, dan dia tidak bisa pindah gigi ke R atau D. Simpel penyebabnya, karena konsumsi listrik yang lebih kecil jadi computernya mengganggap user belum menginjak rem sehingga tidak bisa pindah gigi. Tapi saya pakai lampu rem Ignis spek jepang yang sudah ada LED lengkap dengan canbusnya tidak masalah.
Saya juga mengganti lampu kabin dengan LED dari Osram, dan tidak ada masalah.
Dan kebetulan ada owner ignis juga yang ganti lampu kabin LED jagung mengeluh ada tulisan pintunya belum tertutup. karena lampu LED jagungnya terus menerus mengkonsumsi listrik bahkan ketika kelihatannya mati.
Sling AGS solusinya gak susah pak, sepupu ada pakai proton savvy yang juga pernah putus kabel sling AMTnya. dan dibawa ke bengkel hermanto matic di ciledug. biayanya cukup 100rb saja pak. sampai sekarang sudah tidak ada masalah. Inti masalahnya dimulai ketika koplingnya habis dan sepupu saya terus2an menunda penggantian kopling setnya.
Buat saya minus utama ignis adalah suspensi keras dan AMTnya yang melorot (ini dari istri yang tidak pernah pakai manual).
Sirion saya no comment karena belum pernah punya

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 739
- Joined: Wed May 03, 2017 9:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Re: need advice: sirion 2016 atau ignis 2017
Masalah elektrikal di Ignis dan karimun AGS itu dari bohlam rem non standart, atau dari asesoris yang triggernya di switch rem.
Klo masalah sling, di group Ignity dan Wagon R sudah ada yang bisa ganti, bahkan ada member ignity yang sukses servis actuatornya.
Sirion ya kaya daihatsu umumnya ajalah, posisi nyetir susah dapat enaknya, dan gak irit2 amat.
Klo masalah sling, di group Ignity dan Wagon R sudah ada yang bisa ganti, bahkan ada member ignity yang sukses servis actuatornya.
Sirion ya kaya daihatsu umumnya ajalah, posisi nyetir susah dapat enaknya, dan gak irit2 amat.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Mon Mar 23, 2020 11:47
- Location: bogor
- Daily Vehicle: F10A
Re: need advice: sirion 2016 atau ignis 2017
good info nih.vincewonk wrote: Tue Jun 23, 2020 10:09 Saya kbetulan perna pake ignis 10rb km lebih sebelum dijual. sempat saya pakai keliling jawa 2500km juga.
1. Aftersales di beresnya murah. anda sudah pernah pake karimun kota mungkin sudah tau.
2. Mobilnya bebas mentok bahkan di jalur truk pasir merapi sekalipun.
3. Irit so pasti, saya averagenya paling boros 1:13 pertabo. sudah banyak idle diam duduk. rekor 1:25 di tol trans jawa.
4. Lega untuk mobil seukurannya, sekarang naik yaris dan merasa yaris agak sempit dibanding ignis. khususnya atap mungkin karena saya 182cm.
5. Masalah yang anda sebutkan, apakah anda berencana menambahkan lampu2 ekstra atau hobi penambahan aksesoris?
suka atau tidak memang mobil sekarang ini elektrikalnya agak rentan pak. Tapi dengan pemilihan part pengganti berkualitas, tidak ada masalah.
Saya pernah ketemu dengan user ignis yang pakai bohlam LED "dangdut" yang berkelap kelip, dan dia tidak bisa pindah gigi ke R atau D. Simpel penyebabnya, karena konsumsi listrik yang lebih kecil jadi computernya mengganggap user belum menginjak rem sehingga tidak bisa pindah gigi. Tapi saya pakai lampu rem Ignis spek jepang yang sudah ada LED lengkap dengan canbusnya tidak masalah.
Saya juga mengganti lampu kabin dengan LED dari Osram, dan tidak ada masalah.
Dan kebetulan ada owner ignis juga yang ganti lampu kabin LED jagung mengeluh ada tulisan pintunya belum tertutup. karena lampu LED jagungnya terus menerus mengkonsumsi listrik bahkan ketika kelihatannya mati.
Sling AGS solusinya gak susah pak, sepupu ada pakai proton savvy yang juga pernah putus kabel sling AMTnya. dan dibawa ke bengkel hermanto matic di ciledug. biayanya cukup 100rb saja pak. sampai sekarang sudah tidak ada masalah. Inti masalahnya dimulai ketika koplingnya habis dan sepupu saya terus2an menunda penggantian kopling setnya.
Buat saya minus utama ignis adalah suspensi keras dan AMTnya yang melorot (ini dari istri yang tidak pernah pakai manual).
Sirion saya no comment karena belum pernah punya![]()
1. emang murah
2. 3. 4 agree
5. tambah iya. paling audio + inverter AC 220v + tambahan foglamp.
berarti harus tap langsung dari aki untuk menghindari eror ya.
modif listrik biasanya dikerjain sendiri.
ruwet juga ya klo pake current load sensor buat listrik2 nya. ok lah bisa diterima.
berarti harus beneran jaga kebersihan jalur listrik yang rentan.
kopling mau abis memang susah sih di ceknya.
klo manual klo udah terasa berat berarti minta ganti.
di AGS ya tetep dipaksa narik kopling makanya putus.