Kalau memang peduli, setidaknya dishub/kepolisian sudah mengatur/memberi sanksi dari dulu. Toh nyatanya macem SK di sanksi krn laka juga cuma ganti nama. armada + perilaku ttp aja gaspol di jalan sby-jogja

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
kalau masyarakatnya sedikit lebih pintar aja, pasti akan menghindar naek bus yg suka kebut2an.devin96 wrote: Wed Jun 17, 2020 10:50Ditambah lagi mereka terkesan dapat dukungan dari pemilik PO bus masing2, karena makin ngebut dan sering ngeblong makin tenar.
Ingkak wrote: Wed Jun 17, 2020 11:33 Hahaha sampai sini juga tentang sirkuit trans jawa...
Yaaa mau dibilang gmna ya, Makin banter makin banyak maniaknya ex : setianegara,luragung, ekamira, sumber group, armada pak haji, STJ... Salah satunya STJ aja deh buat contoh yg terkenal raja trans jawa, yg PO baru tpi dengan mengeluarkan unit2 terbaru dgn mesin scania, volvo dan mercedes berpower besar. Driver di PO ini dituntut ngebut oleh perusahaan, karena PO mereka menerapkan armada puter walik dalam setiap perjalanannya. Jadi driver dipaksa untuk sesegera mungkin tiba ditujuan untuk segera istrht dan balik lagi ke ibukota, belum lagi oleh mania nya(bukan penumpang) nya yg memuja2 bus banter layaknya artis. Kebayang STJ ano yg UHD setinggi itu meliuk2 lincah di trans jawa dgn kecepatan diatas 120km/h, sangat2 mengerikan dan bukan rahasia lagi PO ini walopun armada baru seminggu jalan udh laka di cipali dan itu berulang sampai sebelum pandemi. Utk PO dengan power mesin besar yg menerapkan aturan kenyamanan penumpang sejauh ini masih rosalia indah deh, walopun ttp ada satu dua driver pembalap di PO ini ttpi fasilitas bus, rumah makan dan rest area sampai spbu yg dimiliki pribadi oleh perusahaan menjadi semacam kontrol ketat juga dari manajemen untuk mengawasi setiap bus yg berjalan. Saya beberapa kali bertemu di ruas trans jawa rosalia indah ttp stabil kecepatannya tidak terpacu adrenalin untuk bejek gas, walopun po lain juga solar jatah tpi tetap wani polah...haha
Biasanya asuransi,kalo terjadi laka bisa jadi "uang jajan" banyak pihak,bahkan ada yg dibuat2 seolah2 lakaiwansiagian wrote: Wed Jun 17, 2020 12:21 Btw kalo bis bis komersial gini ada asuransi all risk nya ga sih? misalnya kalo kecelakaan?
Kalo ga ada, tapi manajemen ga peduli risiko rugi sering kecelakaan, brand juga kan jadi jelek kalo sering kecelakaan, ya bisnis model yang aneh ya.
Apa bisnis nya cuman front aja?
Waaaawwww pantesan pendukungnya kayak gitu semua. Jangan2 mikir kalaupun harus mati gara2 ngebut, itu memang sudah takdirnyaPRBS wrote: Wed Jun 17, 2020 13:27 kalau di grup sebelah (M***A), banyak maniakbisnya.. yg mengagung2kan bis yg ga akan bisa dikalahkan kendaraan lainnya.. (pokoknya di cipali yg paling cepet BIS deh)..
pernah saya argumen, kalau di cipali itu mobil kecil sebetulnya lebih banyak yg lebih cepet (fact dilapangan, soalnya sering ukur jalan jkt-jgj).. cuma malah dibilang main saya kurang malem & kurang jauhpokok e BIS STJ dkk paling cepet di toll deh..
btw, 150-160 butuh berapa menit ya mereka (let say start dari 100kmh)? kalau di video, kalau lihat treknya itu banyak dibantu turunan..
lamatlancah wrote: Wed Jun 17, 2020 12:49Ingkak wrote: Wed Jun 17, 2020 11:33 Hahaha sampai sini juga tentang sirkuit trans jawa...
Yaaa mau dibilang gmna ya, Makin banter makin banyak maniaknya ex : setianegara,luragung, ekamira, sumber group, armada pak haji, STJ... Salah satunya STJ aja deh buat contoh yg terkenal raja trans jawa, yg PO baru tpi dengan mengeluarkan unit2 terbaru dgn mesin scania, volvo dan mercedes berpower besar. Driver di PO ini dituntut ngebut oleh perusahaan, karena PO mereka menerapkan armada puter walik dalam setiap perjalanannya. Jadi driver dipaksa untuk sesegera mungkin tiba ditujuan untuk segera istrht dan balik lagi ke ibukota, belum lagi oleh mania nya(bukan penumpang) nya yg memuja2 bus banter layaknya artis. Kebayang STJ ano yg UHD setinggi itu meliuk2 lincah di trans jawa dgn kecepatan diatas 120km/h, sangat2 mengerikan dan bukan rahasia lagi PO ini walopun armada baru seminggu jalan udh laka di cipali dan itu berulang sampai sebelum pandemi. Utk PO dengan power mesin besar yg menerapkan aturan kenyamanan penumpang sejauh ini masih rosalia indah deh, walopun ttp ada satu dua driver pembalap di PO ini ttpi fasilitas bus, rumah makan dan rest area sampai spbu yg dimiliki pribadi oleh perusahaan menjadi semacam kontrol ketat juga dari manajemen untuk mengawasi setiap bus yg berjalan. Saya beberapa kali bertemu di ruas trans jawa rosalia indah ttp stabil kecepatannya tidak terpacu adrenalin untuk bejek gas, walopun po lain juga solar jatah tpi tetap wani polah...haha
yah susah deh kalau udah di manage seperti angkot kejar target. ujung2nya nyawa manusia jadi taruhannya.
kalau mau diawasi secara ketat kan gampang jaman sekarang ini, bisa pake GPS, cctv, etc.
Harusnya pedal gasnya d ganjel permanen saja utk meminimalisir kecepatan itu bus, udh ada bbrp bus yg mengaplikasikan itu. Klo cm alarm batas kecepatan saja rasanya tidak ada gunanya, pasti di cuekiniwidiyanto wrote: Wed Jun 17, 2020 15:08 kalo dr pabriknya sono sebenernya ada limiternya, sekitaran 100kmh. tapi di indonesia, ecunya disetting ulang oleh atpm nya, terserah maunya operator. ada kok videonya di yutup pas setting ecu nya. jadi speedo dah mentok diem, rpm masih naik aja.
Iya om wkwk, dan ada juga sebagian dari mereka yg kena sial pas lagi ngeblong kanan gitu di hadang sm mobil/motor lain. Kadang juga di ajak ribut pengendara lain atau dilemparin batu sm warga sekitar.pengendiesel wrote: Wed Jun 17, 2020 12:14Wkwkwkwk....ane juga bingung ngeliat video bus ngebut gitu, penumpangnya yang ngrekam malah kasih komen2 yang mendukung dan seolah2 bus tersebut adalah matahari tata surya, kendaraan2 lain pada numpang lewat semua.devin96 wrote: Wed Jun 17, 2020 10:50 Fenomena bus ngebut2an memang meresahkan. Supir2 seperti ini seperti MR. Gaplex, Pak Bero dll yg terkenal di youtube itu semakin ngebut makin dpt banyak dukungan dari fans2nya ank2 bus. Norak bgt menurut saya. Ditambah lagi mereka terkesan dapat dukungan dari pemilik PO bus masing2, karena makin ngebut dan sering ngeblong makin tenar. Pernah saya lihat si MR Gaplex di youtube nyenggol spion avanza/xenia sampai copot tuh spion, malah kabur begitu aja. Emg dasar g0blog orang2 begitu, alay bgt pake nama artis cipali segala.
Saya sih berharap polisi bisa tegas menindak yang gitu2, bukti2 udh lengkap di youtube banyak.
Biasanya sih kalo sudah kena batunya, si sopir kalo gak kabur, paling ya tertunduk lesu dengan wajah memelas
Masalahnya yg naik bus itu memang ank2 yg hobi bus yg emg pengennya naik bus yg terkenal akan kebut2annya itu, nanti sambil di rekam trs balap2an sama bus lain. Jadi antara pemilik po bus, penumpang, dan supir memang pengennya ngebut semua. Repot deh kalo udah gini, memang polisi harus memberikan teguran keras. Utamanya pemilik harus bisa memberikan kelonggaran waktu dan target, jgn sampai ngasih target harus cepet tapi mengorbankan keselamatan. Tapi sepertinya jarang yaa, semua maunya pada cepet2.lamatlancah wrote: Wed Jun 17, 2020 12:44kalau masyarakatnya sedikit lebih pintar aja, pasti akan menghindar naek bus yg suka kebut2an.devin96 wrote: Wed Jun 17, 2020 10:50Ditambah lagi mereka terkesan dapat dukungan dari pemilik PO bus masing2, karena makin ngebut dan sering ngeblong makin tenar.
emang nyawa bisa dibeli lagi ?
Sanggup mengimajinasikan bus nabrak dengan trio gajah nabrak gak?gadjahalphien wrote: Wed Jun 17, 2020 11:08 Bedanya bus ngebut 150-160 kpj sama trio gajah ngebut apaan ya?
Saya sih lihatnya sama aja, ujung2nya ugal-ugalan
Wkwkwkwkwk...om nulis ini, ane jadi keingat sekitar 10 taon lalu.DOHC wrote: Wed Jun 17, 2020 15:02 barusan saya kejadian di tol dalkot, lg lari santai 80an, jalanan rame truk dan pickup yg entah knapa pada kebelet pipis nyetir nya
mendadak ad satu pick up muatan sterofoam dan plastik pembungkus nya yg lmayan gede terbang ke tengah jalan, guess what, ga ad satu pun mobil2 d blakang nya yg bsa menghindar (walaupun sebagian ad yg buang ke kiri/kanan, rem dsb), tetep aj kena ngelindes atau kesabet tuh plastik
nahh kendaraan yg lebi kecil aj susah ngindarin benda asing mendadak, saya jadi penasaran ama tuh si gaplek dkk yg bawa kotak sabun segede gaban, nyetir pecicilan ampe jarak sekian senti doank, kl mendadak ad mobil pecah ban atau kambing mendadak lompat ke jalan tol, kayanya seru tuh ngeliat hasil akhirnya gmana
Sudah pasti banting stir om. Urusan ntar terguling atau nyebrang ke jalur lawan atau nabrak rumah di pinggir jalan, emang dipikirin???DOHC wrote: Wed Jun 17, 2020 15:02 barusan saya kejadian di tol dalkot, lg lari santai 80an, jalanan rame truk dan pickup yg entah knapa pada kebelet pipis nyetir nya
mendadak ad satu pick up muatan sterofoam dan plastik pembungkus nya yg lmayan gede terbang ke tengah jalan, guess what, ga ad satu pun mobil2 d blakang nya yg bsa menghindar (walaupun sebagian ad yg buang ke kiri/kanan, rem dsb), tetep aj kena ngelindes atau kesabet tuh plastik
nahh kendaraan yg lebi kecil aj susah ngindarin benda asing mendadak, saya jadi penasaran ama tuh si gaplek dkk yg bawa kotak sabun segede gaban, nyetir pecicilan ampe jarak sekian senti doank, kl mendadak ad mobil pecah ban atau kambing mendadak lompat ke jalan tol, kayanya seru tuh ngeliat hasil akhirnya gmana
Hehehe, mereka mendadak jadi lanehogger kalo lewat cipularang. Ngos2xan ampe ngebul.piggypig77 wrote: Wed Jun 17, 2020 17:50 Mending mereka ngebut aja daripada pelan jadi lane hogger, lagian 140 sebenarnya biasa aja buat mobil pribadi kok