Well karena baru satu generasi jadi ya kita langsung aja ke mobilmya,
CX-30, kenapa kamu ada dan kenapa penamaannya begitu, apakah pemberi nomenklatur mazda itu orang nya pas pelajaran mtk remedial terus? 2,3,30,5,8,9 ini kenapa begini yak mon maap

Mobil ini dijual dalam 2 trim kemewahan yaitu: Touring dan GT
Oke jadi di negeri tercinta kita ini, CX-30 GT ini dihadapkan langsung dengan Crossover "Premium" jepang lainnya, menjadikannya 3 serangkai crossover jepang 500jtan, yaitu: Mitsubishi Eclipse Cross, Toyota C-HR Hybrid dan Mazda CX-30 ini.
Jujur agak gak disangka saking mahalnya harga mobil dengan ukuran nanggung ini bisa bikin segmen sendiri....
1. EXTERIOR

CX-30 ini adalah mazda 3 generasi terbaru yang dibuat Crossover, wait... bukannya itu CX-5 ya? Mazda 3 ditinggikan, tidak salah, tetapi perlu diingat CX-5 KF yang sekarang ini sasisnya dari Mazda 3 sebelum yang sekarang, jujur bingung



Dari depan memang terlihat sangat 3, dibedakan dengan lampu yang sedikit lebih belo dan tentunya Adaptive LED

dengan lampu sen LED segaris di bemper bawah yang sekarang diikuti oleh Fortuner blegender, ohiya, seinnya model kedipannya heartbeat loh, jadi kedipannya halus

dari samping yah sebagaimana crossover dengan sloping roof line nya

menggunakan ban yang sama dengan CRV RM ane, beda dikit tapak lebarnya di 215, yang entah kenapa ban dunlop sp sport maxx yang berisik di RM ane... disini kedap... jadi yang salah mobilnya apa bannya ya


Bagian belakang jujur merupakan bagian palign menarik dari mobil ini, tidak seperti rivalnya si eclipse yang perlu angle pas untuk bisa mencerna bokongnya, ini dari segala sudut terlihat ciamik, stoplamp nya yang malam hari menyala mirip sekali dengan CX-9 memberikan kesan tegas pada mobil unyu ini.

bagasi cukup lebar tp emg gabisa tinggi2, karena memang ada partisi bawaan dari mazda.
Overall mobil ini terlihat keren dari semua sisi, apalagi warna merah ini hehe.
2. INTERIOR

Interior yah.... bisa nilai sendiri lah, ane gabisa jelasin dengan kata2 di harga segini dapet interior kayak begini dan dasbor full kulit.....

FYI, Mazda 3 Hatchback memiliki Jok berwarna merah dan plafon hitam, Mazda 3 Sedan memiliki jok berwarna hitam dan plafon abu2, lalu CX-30 dengan jok coklat tua seperti Toyota Fortuner sebagai gambaran dengan plafon abu2

tidak lupa dengan nonik roof khas mazdut

Indikator seatbelt sudah seperti pesawat haha, dan lampu2an kabin juga sudah LED warm white dan spion tengah sudah autodimming dengan desain super-clean


Speedometer sudah model TFT untuk yang tengah, sisanya masih jarum, yang membuat ane kagum adalah betapa clean dan minimalist interior dari mobil ini apalagi setirnya somehow ane merasa ini adalah gabungan dari setir M4 F82 dengan Porsche 911 (992), MZD Connect juga sudah model baru yang support AppleCarPlay dan AndroidAuto


Lots of safety and tech, tidak lupa juga dengan HUD (ane ga jelasin semuanya karena kalau dijelasin semua tentang MZDConnect dan Speedometer configurationnya bisa jadi matkul sendiri 2 SKS)


terdapat juga Blind spot monitoring yang masuk ke paket i-Activsense (Jujur ini adalah fitur yang paling berguna) Untuk spion kanan sudah autodimming seperti mobil eropa, dan ketika masuk gigi mundur spion akan turun dengan sendirinya

Untuk rear seat yah khasnya mazda, penumpang belakang disiksa hidup2 slowly and painfully


well atleast better than 3 hatchback
3. ENGINE & DRIVING

Untuk mesin ketimbang 2 rivalnya dia paling sederhana 2000cc NA tanpa bantuan apapun (C-HR bensin out of equation), tetapi satu2nya dikelasnya yang menggunakan gearbox torque converter 6spd, karena semua lawannya CVT, meski begitu lawannya sudah dibekali dengan teknologi turbo atau hybrid, CX-30 memiliki figur tenaga 155ps dan 200nm, standar untuk 2000cc, dan ane juga tidak berekspektasi tinggi terhadap mesin ini.
SO HOW DOES IT DRIVE?

Refinement taken to the next level from a japanese car maker, itulah kata2 yang terbenak di otak ane saat seharian menggunakan si CX-30 ini.
Kenapa? karena mobil ini saat dikemudikan sangat tidak terasa mobil 500jt an, bahkan menurut ane lebih refined dari Mercedes-Benz GLA ataupun BMW X2 sekalipun.
Road noise? what iz road noise

Bobot setir yang sangat pas, feedback setir yang sangat baik dan handling yang sangat tajam dan presisi untuk sebuah crossover melengkapi pengalaman berkendara dengan CX-30 ini, Handling nya setajam Mazda 3 Hatchback.
Untuk mesin memang sesuai dengan kodrat 2000cc NA, cukupan, tapi di mazda memang sedikit beda cerita karena ditopang oleh transmisi 6speed nya yang sangat cekatan dalam mengoper gigi saat kita ingin menyalip kendaraan di depan, dan sangat halus seperti CVT jika kita sedang cruising santai saja.
Semakin lengkap pengalaman berkendara anda dengan i-Activsense Mazda, LDWS, BSM, SCBS, PDCC, dan ditambah dengan MRCC yaitu Mazda Radar Cruise Control, menjadikannya mobil kedua termurah dengan ACC setelah Eclipse Cross, yaitu sebuah sistem Cruise control yang bisa menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan yang ada didepannya, tetapi harap diingat fitur ini cukup berbahaya jika kita terlarut, karena jika set jarak paling dekat dengan mobil didepan, itu masih tergolong jauh untuk ukuran orang Indonesia, dan akan melakukan braking yang cukup berbahaya jika perbedaan kecepatan cukup banyak.
Memang mobil ini memiliki 1 aib besar yaitu, suspensi belakang yaitu Torsion beam, memang saat dalam kondisi normal driving tidak terasa torsion beam nya, tapii jika sudah menghantam lobang atau poldur sedikit kencang, baru deh keliatan aibnya hehe.


Fuelcons setelah reset dengan gaya berkendara cruising santai dalam kota.
4. VERDICT
Looking for a premium crossover with 500mio budget, but CR-V, X-Trail or even Fortuner and Pajero Sport feels to big? well you should shortlist this car.
Mobil ini sangat bersaing ketat dengan Eclipse Cross dan C-HR Hybrid yang masing2 memiliki daya tarik sendiri, sungguh segmen pasar yang unik.
PROS:
+ Compact Size
+ Premium feel Inside-out
+ Ground Clearance
+ Loads of Tech
+ 3 years free of service from Mazda, just like Mercedes-Benz's ISP
CONS:
- Torsion B*tch
- MRCC and i-Activsense can sometimes be dangerous
- Rear seat torture
- Price (???)
Touring : 479.900.000
GT : 519.900.000
Extra IDR 4.000.000 for Soul Red Crystal Metallic and Machine Grey Metallic
WIll i buy this car? maybe... i kinda like it, tapi buat ane yang demen mobil2 besar mungkin CR-V, Pajero Sport dkk masih jadi pilihan utama buat ane dikelas ini, ane lebih pilih 3 hatchback dibanding CX-30 ini to be honest aja, yaa itu perihal selera.
Sekian review dari ane mengenai Mazda CX-30 ini, mohon maaf apabila ada salah kata, enjoy!
Dibuang Sayang:


AYAH MENGAPA AKU BERBEDA




