hasil test lab 10.000 km / 11 bulan, TBN masih di 7,7 mg KOHRikimq wrote:Klo 10-30nya ptt pemakaiaan bisa sampe berapa km om?
Batas kritis TBN = 2,5 mg KOH
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
hasil test lab 10.000 km / 11 bulan, TBN masih di 7,7 mg KOHRikimq wrote:Klo 10-30nya ptt pemakaiaan bisa sampe berapa km om?
kalo lihat hasil ini sebetulnya ganti oli per 15-20rb lama2 bukan mustahil lagi ya omTurboman wrote: Wed Jun 10, 2020 10:51hasil test lab 10.000 km / 11 bulan, TBN masih di 7,7 mg KOHRikimq wrote:Klo 10-30nya ptt pemakaiaan bisa sampe berapa km om?
Batas kritis TBN = 2,5 mg KOH
2GD / 1TR ?Mastamaa wrote:Siang, Om om semua.
Nubie mau tanya, untuk mesin innova 2018 lebih cocok mana? Sebelumnya pake oli tmo yang 15-40 udh mau service 30k. Rencana ganti pake ptt 5-30 apa sdh cukup? Atau ada rekomen lain?
Makasih, Om om semua sebelumnya.
PTT 5W30 Commonrail A5 / B5 itu TBN 10ardianzer wrote:Pagi om semua.. selama ini saya pakai q8 T8700 di captiva diesel saya .. dan karena tbn nya cukup tinggi saya pakai utk long drain sekitar 9000 km an baru ganti. Cuma kabarnya produk ini discontinue dan penggantinya yg t8900 hd sepertiny belum masuk ke indo. Nah barusan nemu ini di blibli,
PTT Lubricants Dynamic Commonrail Synthetic SAE 5W30 ACEA A5/B5 Oli Mesin Diesel Mobil
Coba search msds nya saya gak ketemu angka TBN nya, kira kira ada yg tau berapa angka TBN nya.. dan apakah kira kira cocok utk menggantikan T8700 ?
Terima kasih sebelumnya
halo Om, mau tanya nih. barusan saya abi ganti oli pakai PTT 10W30 CI-4. Rencana mau pakai sampai 5000km aja terus ganti oli lagi.Turboman wrote: Wed Oct 02, 2019 13:38Dexos 2 = Low SAPSviwawa wrote:salam kenal om turbo.
mohon bantuan nya kalau oli mesin diesel terbaik untuk captiva diesel apa ya?
saya selalu pakai pertadex.
sama beres kemarin waktu servis di pakein oli igool 5w-30 dexos 2 kayak nya. Oli perancis info nya.
TBN sekitar 7,5 - 8 aja
Mau terbaik & Harga gak masalah ?
Amsoil Max Duty 5W30 API CK-4
Tapi saran saya kalo selama ini pake oli Dxs 2 terus, ada baiknya "cuci kerak di ring piston" pake oli API CI-4 murah kayak PTT 10W30 CI-4
pake lah 5000 km misal
abis itu baru pake oli 5W30 yg High End
MaxDuty dgn BBM DEX harusnya 15 - 20 K Km bisa jika jarak tsb dicapai dalam 8 - 10 bulan misalviwawa wrote:halo Om, mau tanya nih. barusan saya abi ganti oli pakai PTT 10W30 CI-4. Rencana mau pakai sampai 5000km aja terus ganti oli lagi.Turboman wrote: Wed Oct 02, 2019 13:38Dexos 2 = Low SAPSviwawa wrote:salam kenal om turbo.
mohon bantuan nya kalau oli mesin diesel terbaik untuk captiva diesel apa ya?
saya selalu pakai pertadex.
sama beres kemarin waktu servis di pakein oli igool 5w-30 dexos 2 kayak nya. Oli perancis info nya.
TBN sekitar 7,5 - 8 aja
Mau terbaik & Harga gak masalah ?
Amsoil Max Duty 5W30 API CK-4
Tapi saran saya kalo selama ini pake oli Dxs 2 terus, ada baiknya "cuci kerak di ring piston" pake oli API CI-4 murah kayak PTT 10W30 CI-4
pake lah 5000 km misal
abis itu baru pake oli 5W30 yg High End
Kalau saran Om Amsoil Max Duty 5W30 API CK-4 ini bisa pakai sampai berapa KM ya? apa sanggup sampai 10rb? BBM saya full DEX.
ada alternatif oli lain juga om yg di kisaran 100rb an dan bisa sampai 10rb km? kalau amsoil ini perliter nya hampir 200rb.
test aja pake 10.000 km asal gak lebih dr 12 bulanMisterbolo wrote:permisi, nubie disini, saya ingin tanya. apakah oli ini bagus? FK Duty 5W30 untuk diesel. produk taiwan
untuk mobil innova 2019 diesel. rencana mau ganti oli untuk kilometer 15 ribu.
selama ini pake oli dari beres: TMO 5W30 A5/B5. lalu saya lihat di buku manual juga 5W30.
ingin coba oli ini. foto: https://ibb.co/7NDsL8v
bukannya 5W40 lebih berat drpd 5W30 ya ?Clonz wrote:Permisi newbie ijin share oli:
Abis ganti oli reborn diesel matic di km 10rb pake mobil 1 delvac 5w 40. Baru sehari pake, kebetulan dibawa ke tol, impresi singkat: mesin jadi lebih halus, ngelitik berkurang, tarikan di 100-140 jadi lebih enteng. Tarikan gigi 1 dan 2 buat naik di rpm bawah lebih responsif.
Mantap abis.
Denger2 bisa sampe 8000km nih oli. Worth it banget menurut saya.
Semoga long termnya juga bagus...
Terima kasih tempat dan waktunya
2GD enaknya sih 5W-30, dari 15W-40 (oli sapu jagat nya beres) ke 5W-40 yah jelas lebih enak, tapi kalau om pindah lagi ke 5W-30 yah lebih enak lagi om. Cobain aja abis ini ganti olinya ke 5W-30 nanti testi lagi gimana impresinya.Clonz wrote:Wah kurang tahu jg om. Sebelumnya saya pake TMO 15 w40 di bengkel reamj. Memang ditawarin 2 jenis oli sih ama bengkel resmi, yg pertama TMO 15w40 yg warna silver, yg satunya warna gold tp saya lupa kodenya berapa...
Tadi sekilas sih setelah ganti oli berasa lebih enteng sih om...
Udah masuk 140 km/h mau ditambah lagi kayaknya masih enteng tp saya yg ga berani bejek haha.
Ga heran koq ombenzz89 wrote: Sun Jun 21, 2020 0:142GD enaknya sih 5W-30, dari 15W-40 (oli sapu jagat nya beres) ke 5W-40 yah jelas lebih enak, tapi kalau om pindah lagi ke 5W-30 yah lebih enak lagi om. Cobain aja abis ini ganti olinya ke 5W-30 nanti testi lagi gimana impresinya.Clonz wrote:Wah kurang tahu jg om. Sebelumnya saya pake TMO 15 w40 di bengkel reamj. Memang ditawarin 2 jenis oli sih ama bengkel resmi, yg pertama TMO 15w40 yg warna silver, yg satunya warna gold tp saya lupa kodenya berapa...
Tadi sekilas sih setelah ganti oli berasa lebih enteng sih om...
Udah masuk 140 km/h mau ditambah lagi kayaknya masih enteng tp saya yg ga berani bejek haha.
Yang ane bingung itu gimana caranya beres ngasih oli 15W-40 ke mesin 2GD yah? Dari jamannya kijang kapsul diesel ane taon 2000-an perasaan itu olinya dikasih 15W-40 ama beres, sampe ke 2KD, lalu 2GD.
Mesin2 jaman now kan sudah lebih rapet2 & presisi dikasih oli2 yang kentel gitu yah malah makin memberatkan kinerja mesinnya, kecuali supaya secepatnya pada ganti mobil baru lagi kali yah [emoji1787]
Waduh. Untung saya ga pake oli beres lagi. Karena tergiur saran dari om2 di seraya ini yg sering ngmg ttg delvac, dan saya konfirmkan ke temen yg pny bengkel oli, akhirnya saya kasih delvac aja dan ga ambil servis berkalanya beres [emoji38]benzz89 wrote:2GD enaknya sih 5W-30, dari 15W-40 (oli sapu jagat nya beres) ke 5W-40 yah jelas lebih enak, tapi kalau om pindah lagi ke 5W-30 yah lebih enak lagi om. Cobain aja abis ini ganti olinya ke 5W-30 nanti testi lagi gimana impresinya.Clonz wrote:Wah kurang tahu jg om. Sebelumnya saya pake TMO 15 w40 di bengkel reamj. Memang ditawarin 2 jenis oli sih ama bengkel resmi, yg pertama TMO 15w40 yg warna silver, yg satunya warna gold tp saya lupa kodenya berapa...
Tadi sekilas sih setelah ganti oli berasa lebih enteng sih om...
Udah masuk 140 km/h mau ditambah lagi kayaknya masih enteng tp saya yg ga berani bejek haha.
Yang ane bingung itu gimana caranya beres ngasih oli 15W-40 ke mesin 2GD yah? Dari jamannya kijang kapsul diesel ane taon 2000-an perasaan itu olinya dikasih 15W-40 ama beres, sampe ke 2KD, lalu 2GD.
Mesin2 jaman now kan sudah lebih rapet2 & presisi dikasih oli2 yang kentel gitu yah malah makin memberatkan kinerja mesinnya, kecuali supaya secepatnya pada ganti mobil baru lagi kali yah [emoji1787]
lihat manual book nya dehClonz wrote:Wah kurang tahu jg om. Sebelumnya saya pake TMO 15 w40 di bengkel reamj. Memang ditawarin 2 jenis oli sih ama bengkel resmi, yg pertama TMO 15w40 yg warna silver, yg satunya warna gold tp saya lupa kodenya berapa...
Tadi sekilas sih setelah ganti oli berasa lebih enteng sih om...
Udah masuk 140 km/h mau ditambah lagi kayaknya masih enteng tp saya yg ga berani bejek haha.
Siap omm. Makasih sarannya.Turboman wrote:lihat manual book nya dehClonz wrote:Wah kurang tahu jg om. Sebelumnya saya pake TMO 15 w40 di bengkel reamj. Memang ditawarin 2 jenis oli sih ama bengkel resmi, yg pertama TMO 15w40 yg warna silver, yg satunya warna gold tp saya lupa kodenya berapa...
Tadi sekilas sih setelah ganti oli berasa lebih enteng sih om...
Udah masuk 140 km/h mau ditambah lagi kayaknya masih enteng tp saya yg ga berani bejek haha.
disarankan 5W30
jadi idealnya pake 10W30 / 5W30 Diesel oil atau PCMO yg TBN 10
Kalo udah terlanjur dikasi 5W40, supaya agak enteng isinya 80% level F aja
Delvac1 - 5W40 paling cocok buat 2KD / Isu MU-X / D-Max / Hi-Lux mesin KD / OPJS 4D56
Saya pake mobil delvac 1 5w 40 di VNT upgraded power mulai dari km 10 rb- 130 rb km, ganti tiap 10 rb km. Ini oli bagus, member KFOC banyak pake ini dulu.Clonz wrote: Sat Jun 20, 2020 17:29 Permisi newbie ijin share oli:
Abis ganti oli reborn diesel matic di km 10rb pake mobil 1 delvac 5w 40. Baru sehari pake, kebetulan dibawa ke tol, impresi singkat: mesin jadi lebih halus, ngelitik berkurang, tarikan di 100-140 jadi lebih enteng. Tarikan gigi 1 dan 2 buat naik di rpm bawah lebih responsif.
Mantap abis.
Denger2 bisa sampe 8000km nih oli. Worth it banget menurut saya.
Semoga long termnya juga bagus...
Terima kasih tempat dan waktunya
Siapp. Salam kenal jg sama2 1 jiwa ya om.ongisnade wrote:Saya pake mobil delvac 1 5w 40 di VNT upgraded power mulai dari km 10 rb- 130 rb km, ganti tiap 10 rb km. Ini oli bagus, member KFOC banyak pake ini dulu.Clonz wrote: Sat Jun 20, 2020 17:29 Permisi newbie ijin share oli:
Abis ganti oli reborn diesel matic di km 10rb pake mobil 1 delvac 5w 40. Baru sehari pake, kebetulan dibawa ke tol, impresi singkat: mesin jadi lebih halus, ngelitik berkurang, tarikan di 100-140 jadi lebih enteng. Tarikan gigi 1 dan 2 buat naik di rpm bawah lebih responsif.
Mantap abis.
Denger2 bisa sampe 8000km nih oli. Worth it banget menurut saya.
Semoga long termnya juga bagus...
Terima kasih tempat dan waktunya
Sampe sekarang masih pake sam di VNT, biasa beli di toko Sumber Alam ngalam. Untuk mesin 2 GD pake 5w 30 seharusnya lebih bagus sayang mobil delvac gak jual resmi di Indo untuk yang 5w 30. PTT 5W 30 saya baru coba di Santafe di service pertama 10 rb km minggu lalu, sebelumnya juga isi mobil delvac 1 5w 40 di km 5000. Untuk mesin crdi generasi terakhir sepertinya lebih cocok 5w 30 sam, terasa lebih enteng nariknya. Pemakaian PTT baru jalan 800 km.Clonz wrote: Sun Jun 21, 2020 1:56Siapp. Salam kenal jg sama2 1 jiwa ya om.ongisnade wrote:Saya pake mobil delvac 1 5w 40 di VNT upgraded power mulai dari km 10 rb- 130 rb km, ganti tiap 10 rb km. Ini oli bagus, member KFOC banyak pake ini dulu.Clonz wrote: Sat Jun 20, 2020 17:29 Permisi newbie ijin share oli:
Abis ganti oli reborn diesel matic di km 10rb pake mobil 1 delvac 5w 40. Baru sehari pake, kebetulan dibawa ke tol, impresi singkat: mesin jadi lebih halus, ngelitik berkurang, tarikan di 100-140 jadi lebih enteng. Tarikan gigi 1 dan 2 buat naik di rpm bawah lebih responsif.
Mantap abis.
Denger2 bisa sampe 8000km nih oli. Worth it banget menurut saya.
Semoga long termnya juga bagus...
Terima kasih tempat dan waktunya
Sampe skrg masih pake delvac nya om?
Dan tadi disebutkan dulu rata2 banyak KFOC yg pake oli ini, skrg apa pindah ke oli lain om?
Apalah ke PTT? Mohon infonya omm
Wah sama nih bengkelnya hahaha.ongisnade wrote:Sampe sekarang masih pake sam di VNT, biasa beli di toko Sumber Alam ngalam. Untuk mesin 2 GD pake 5w 30 seharusnya lebih bagus sayang mobil delvac gak jual resmi di Indo untuk yang 5w 30. PTT 5W 30 saya baru coba di Santafe di service pertama 10 rb km minggu lalu, sebelumnya juga isi mobil delvac 1 5w 40 di km 5000. Untuk mesin crdi generasi terakhir sepertinya lebih cocok 5w 30 sam, terasa lebih enteng nariknya. Pemakaian PTT baru jalan 800 km.Clonz wrote: Sun Jun 21, 2020 1:56Siapp. Salam kenal jg sama2 1 jiwa ya om.ongisnade wrote: Saya pake mobil delvac 1 5w 40 di VNT upgraded power mulai dari km 10 rb- 130 rb km, ganti tiap 10 rb km. Ini oli bagus, member KFOC banyak pake ini dulu.
Sampe skrg masih pake delvac nya om?
Dan tadi disebutkan dulu rata2 banyak KFOC yg pake oli ini, skrg apa pindah ke oli lain om?
Apalah ke PTT? Mohon infonya omm
Ya si Jeffry ya. Sayang ptt dia gak jual. Beli di blibli sering ada diskon hingga 30%, jatuhnya tinggal 100 ribuan.Clonz wrote: Sun Jun 21, 2020 2:16Wah sama nih bengkelnya hahaha.ongisnade wrote:Sampe sekarang masih pake sam di VNT, biasa beli di toko Sumber Alam ngalam. Untuk mesin 2 GD pake 5w 30 seharusnya lebih bagus sayang mobil delvac gak jual resmi di Indo untuk yang 5w 30. PTT 5W 30 saya baru coba di Santafe di service pertama 10 rb km minggu lalu, sebelumnya juga isi mobil delvac 1 5w 40 di km 5000. Untuk mesin crdi generasi terakhir sepertinya lebih cocok 5w 30 sam, terasa lebih enteng nariknya. Pemakaian PTT baru jalan 800 km.Clonz wrote: Sun Jun 21, 2020 1:56 Siapp. Salam kenal jg sama2 1 jiwa ya om.
Sampe skrg masih pake delvac nya om?
Dan tadi disebutkan dulu rata2 banyak KFOC yg pake oli ini, skrg apa pindah ke oli lain om?
Apalah ke PTT? Mohon infonya omm
Kebetulan saya kenal ama anaknya pemilik bengkel.
Siap noted sam. PTT banyak jg yg rekomend skrg ini. Next iseng2 saya coba ganti PTT jg.
Makasih infonya