Keluhan Grand Vitara
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19
Mau sharing aja nih, dari beberapa kali percobaan dengan gear ratio grand vitara :
Gigi satu jalan max sampai 20 km/jam sebelum terasa getar
Gigi dua jalan max sampai 40 km/jam sebelum terasa getar
Gigi tiga jalan max 50-60 km/jam sebelum terasa getar
Gigi empat jalan max sampai 80-90 km/jam sebelum terasa getar
Dia atas itu kudu pindah gigi 5 agar mobil ndak terlalu getar...
Tadi aku baca Nissan Grand Livina bisa jalan sampai 130 km/jam di gigi 4 (dari 6 gigi), hebat bener yah...
Rgds
Gigi satu jalan max sampai 20 km/jam sebelum terasa getar
Gigi dua jalan max sampai 40 km/jam sebelum terasa getar
Gigi tiga jalan max 50-60 km/jam sebelum terasa getar
Gigi empat jalan max sampai 80-90 km/jam sebelum terasa getar
Dia atas itu kudu pindah gigi 5 agar mobil ndak terlalu getar...
Tadi aku baca Nissan Grand Livina bisa jalan sampai 130 km/jam di gigi 4 (dari 6 gigi), hebat bener yah...
Rgds
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19
Uda aku tanyain ke bengkel, katanya untuk GV - JLX tidak bisa pasang ori suzuki karena uda ada intelligent key. Mereka bilang, desainer Suzuki jepang cuma mikir agar jangan sampai mobilnya dicuri (immobilizer, genius key), thus, ndak mikir gimana caranya agar barang-barang di dalam mobil aman (autolock dan alarm)piterr wrote:pasang alarm nya ori suzuki aja bro... bisa auto lock tuh.....id-grand-vitara wrote: Klo bisa nge-remap ECU aku juga pengen eh, .. paling tidak biar ada autolock klo mobil uda berjalan, masih sering kelupaan kunci pintu ni...
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Fri Jun 29, 2007 9:45
Iya nih Nissan emang bener-bener mempromosikan GL dengan gila-gilaan, entah yg dipromosi itu benar apa enggak, nggak tahu deh. Baca aja review Autobild soal "Liga Irit", gimana GL 1.5, katanya bisa sampe 36,4 km/l di jalan tol. Apa enggak gendheng itu?id-grand-vitara wrote:Mau sharing aja nih, dari beberapa kali percobaan dengan gear ratio grand vitara :
Gigi satu jalan max sampai 20 km/jam sebelum terasa getar
Gigi dua jalan max sampai 40 km/jam sebelum terasa getar
Gigi tiga jalan max 50-60 km/jam sebelum terasa getar
Gigi empat jalan max sampai 80-90 km/jam sebelum terasa getar
Dia atas itu kudu pindah gigi 5 agar mobil ndak terlalu getar...
Tadi aku baca Nissan Grand Livina bisa jalan sampai 130 km/jam di gigi 4 (dari 6 gigi), hebat bener yah...
Rgds
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
punya temen gw koq bisa pake alarm juga ya? tapi emang kudu diaktifkan pake remote tersendiri sihid-grand-vitara wrote:Uda aku tanyain ke bengkel, katanya untuk GV - JLX tidak bisa pasang ori suzuki karena uda ada intelligent key. Mereka bilang, desainer Suzuki jepang cuma mikir agar jangan sampai mobilnya dicuri (immobilizer, genius key), thus, ndak mikir gimana caranya agar barang-barang di dalam mobil aman (autolock dan alarm)piterr wrote:pasang alarm nya ori suzuki aja bro... bisa auto lock tuh.....id-grand-vitara wrote: Klo bisa nge-remap ECU aku juga pengen eh, .. paling tidak biar ada autolock klo mobil uda berjalan, masih sering kelupaan kunci pintu ni...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19
Mungkin alarmnya bukan Ori suzuki, pakai produk aftermarketpiterr wrote:punya temen gw koq bisa pake alarm juga ya? tapi emang kudu diaktifkan pake remote tersendiri sihid-grand-vitara wrote:Uda aku tanyain ke bengkel, katanya untuk GV - JLX tidak bisa pasang ori suzuki karena uda ada intelligent key. Mereka bilang, desainer Suzuki jepang cuma mikir agar jangan sampai mobilnya dicuri (immobilizer, genius key), thus, ndak mikir gimana caranya agar barang-barang di dalam mobil aman (autolock dan alarm)piterr wrote: pasang alarm nya ori suzuki aja bro... bisa auto lock tuh.....
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Mon Jul 09, 2007 5:35
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19
.id-grand-vitara wrote:Dapat info, di suzuki dewi sartika uda ada GV manual yang overhaul transmisi manual (Km baru 1000), gigi 1 dan 2 diganti dengan yang lebih rapat (rasio-nya sama, tapi design antar giginya lebih rapat). Hasilnya lumayan, suara ngayun pas pedal gas dilepas cukup teredam (katanya),.... Untuk gigi mundur belum diutak-atik, jadi masih berisik...
Kapan ya Indomobil me-release official recall untuk GV manual ? (biar paket-nya komplit gitu, ganti gigi 1, gigi 2, gigi mundur dan cover ECU)
Buat yang concern dengan kasus transmisi manual GV, baik yang uda punya GV maupun yang baru berencana beli GV, ada informasi Bengkel Suzuki Dewi Sartika mau ada acara konsultasi dan juga review atas mobil GV yang uda di-overhaul transmisinya. Waktunya hari Sabtu, tanggal 4 Agustus Jam 10 pagi. Saya ndak bisa hadir berhubung ada acara penting. Mohon yang bisa hadir sharing hasilnya...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2084
- Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19
Nampaknya mobil rekan yang sudah diganti gigi 1, gigi 2 dan shaft transmisinya masih memunculkan bunyi-bunyian di daerah transmisi, uda ada perbedaan, tapi masih bermasalah. Akhirnya mobil itu malah dibawa ke pabrik tambun oleh bengkelnya.... hmm.. kayaknya bakal berlarut-larut nih... harapanku, kalau memang unit-unit yang bermasalah adalah factory defect, hanya terjadi pada sebagian unit yang diproduksi, maka tinggal ganti unit transmisi akan beres. Tapi kalau problem itu emang berasal dari desain produk transmisi yang jelek, nampaknya perlu riset yang lama untuk menemukan solusi yang reliable...xtr40rd1n4rym4n wrote:ada yg bisa share review yg dimaksud bung id-grand-vitara?
Rgds
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2084
- Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
hik's setuju banget nih gw.... sama kasus di sx4, gw jg berharap yang terjadi di mobil gw dan temen2 yg lain cuma factory defect, kalo emang desainnya yang salah wuiiiih, bisa bisa lama risetnya.... sampai sekarang aja masih blm ada kabar dari suzuki, yang dibilang cuma baru diriset di jepang, halaah jepang dari hongkong..... kalo diriset di jepang seharusnya mereka sudah punya blue print desain mesin nya lengkap, termasuk program ECU buat indo, lawong mobil ini CBU. seharusnya gak lama mereka nemuin nya. gw pernah coba email lewat milis swift ttg maslah ini ke pak Bebin, jawaban nya sih masih riset. capeee deeech..... sorry OOT nya kepanjanganid-grand-vitara wrote:Nampaknya mobil rekan yang sudah diganti gigi 1, gigi 2 dan shaft transmisinya masih memunculkan bunyi-bunyian di daerah transmisi, uda ada perbedaan, tapi masih bermasalah. Akhirnya mobil itu malah dibawa ke pabrik tambun oleh bengkelnya.... hmm.. kayaknya bakal berlarut-larut nih... harapanku, kalau memang unit-unit yang bermasalah adalah factory defect, hanya terjadi pada sebagian unit yang diproduksi, maka tinggal ganti unit transmisi akan beres. Tapi kalau problem itu emang berasal dari desain produk transmisi yang jelek, nampaknya perlu riset yang lama untuk menemukan solusi yang reliable...xtr40rd1n4rym4n wrote:ada yg bisa share review yg dimaksud bung id-grand-vitara?
Rgds
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Kita istirahat dulu dengan keluhan-2 pada Grand Vitara. Marilah kita menyaksikan video clip dari Grand Vitara 2 pintu yang disiapkan oleh pe Rally dari Jerman untuk menerjang lintas alam.
http://metatrox.net/modules/news/
http://metatrox.net/modules/news/
Dari Solo ke Oslo


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Kelihatannya masalah pada GV ini hanya terjadi di Ina.... kalau lihat video clip-2 di you tube ini... mereka semua ok-2 banget.
http://www.youtube.com/watch?v=7Ks6aqbb ... ed&search=
http://www.youtube.com/watch?v=uV-4uYpK ... ed&search=
masih kecil aja sudah dapat hadiah GV....
http://www.youtube.com/watch?v=Ts6nFeNk ... ed&search=
http://www.youtube.com/watch?v=7Ks6aqbb ... ed&search=
http://www.youtube.com/watch?v=uV-4uYpK ... ed&search=
masih kecil aja sudah dapat hadiah GV....
http://www.youtube.com/watch?v=Ts6nFeNk ... ed&search=
Dari Solo ke Oslo


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19
Siapa yang mau kasih kado aku GV yah pas ulang tahun nanti... ihik-ihik....€lj€p€ wrote:Kelihatannya masalah pada GV ini hanya terjadi di Ina.... kalau lihat video clip-2 di you tube ini... mereka semua ok-2 banget.
http://www.youtube.com/watch?v=7Ks6aqbb ... ed&search=
http://www.youtube.com/watch?v=uV-4uYpK ... ed&search=
masih kecil aja sudah dapat hadiah GV....
http://www.youtube.com/watch?v=Ts6nFeNk ... ed&search=
Diliat dari putaran roda depan, nampaknya GV yang ada di klip offroad itu model 4 wheel drive semua, selain itu, denger-denger GV tipe manual hanya ada di indo, di jepang sendiri ndak ada (CMIIW), jadi mungkin di luaran emang masalah transmisi manual tidak terdengar.
BTW, kemaren BeRes PI uda telpon aku, mereka akhirnya bisa mendapatkan transmisi baru buat GV-ku, satu gelondong mau diganti, bukan diganti parts-nya aja seperti opsi semula, lumayan lah, jadi dapat transmisi yg masih perawan...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Manual ada juga tapi juarang banget... udah pernah ke http://tsukubird.org/index.html , belum ?id-grand-vitara wrote:
Siapa yang mau kasih kado aku GV yah pas ulang tahun nanti... ihik-ihik....
Diliat dari putaran roda depan, nampaknya GV yang ada di klip offroad itu model 4 wheel drive semua, selain itu, denger-denger GV tipe manual hanya ada di indo, di jepang sendiri ndak ada (CMIIW), jadi mungkin di luaran emang masalah transmisi manual tidak terdengar.
BTW, kemaren BeRes PI uda telpon aku, mereka akhirnya bisa mendapatkan transmisi baru buat GV-ku, satu gelondong mau diganti, bukan diganti parts-nya aja seperti opsi semula, lumayan lah, jadi dapat transmisi yg masih perawan...
memang sebetulnya orang membeli Suzuki karena 4x4 nya... (defaultnya 4x4)
Syukur deh... bulan puasa ini ada hikmahnya.... Jadinya di Suzuki Pondok Indah, salam untuk pak Basiran...
Dari Solo ke Oslo


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
selamat yah...id-grand-vitara wrote:Siapa yang mau kasih kado aku GV yah pas ulang tahun nanti... ihik-ihik....€lj€p€ wrote:Kelihatannya masalah pada GV ini hanya terjadi di Ina.... kalau lihat video clip-2 di you tube ini... mereka semua ok-2 banget.
http://www.youtube.com/watch?v=7Ks6aqbb ... ed&search=
http://www.youtube.com/watch?v=uV-4uYpK ... ed&search=
masih kecil aja sudah dapat hadiah GV....
http://www.youtube.com/watch?v=Ts6nFeNk ... ed&search=
Diliat dari putaran roda depan, nampaknya GV yang ada di klip offroad itu model 4 wheel drive semua, selain itu, denger-denger GV tipe manual hanya ada di indo, di jepang sendiri ndak ada (CMIIW), jadi mungkin di luaran emang masalah transmisi manual tidak terdengar.
BTW, kemaren BeRes PI uda telpon aku, mereka akhirnya bisa mendapatkan transmisi baru buat GV-ku, satu gelondong mau diganti, bukan diganti parts-nya aja seperti opsi semula, lumayan lah, jadi dapat transmisi yg masih perawan...


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Thu Sep 20, 2007 7:15
- Location: Jakarta, Indonesia
Trus gimana nih. Aku udah bisa kasih DP ngga buat nih GV
Kemaren sempet test drive di Suzuki Kelapa Gading pake yang Manual, tapi enak enak aja tuh.
Cuma dengan harga 230 jeti yang AT, kalo kualitas jok aja ngga bener, kayanya mikir lagi nih ....
Ada yang punya pengalaman ngga bandingin ni GV sama Innova G atau V?
Kemaren sempet test drive di Suzuki Kelapa Gading pake yang Manual, tapi enak enak aja tuh.
Cuma dengan harga 230 jeti yang AT, kalo kualitas jok aja ngga bener, kayanya mikir lagi nih ....
Ada yang punya pengalaman ngga bandingin ni GV sama Innova G atau V?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
aku pake innova G , pake GV JX jg.Greget wrote:Trus gimana nih. Aku udah bisa kasih DP ngga buat nih GV
Kemaren sempet test drive di Suzuki Kelapa Gading pake yang Manual, tapi enak enak aja tuh.
Cuma dengan harga 230 jeti yang AT, kalo kualitas jok aja ngga bener, kayanya mikir lagi nih ....
Ada yang punya pengalaman ngga bandingin ni GV sama Innova G atau V?
BBM = lebih boros innova
suspensi = lebih lembut innova, tp kalo kencang jd oleng
peredaman = GV lebih senyap
GC = innova lebih rendah
AC = GV ada climate control
REM = GV pake ABS + EBD
HP & Torsi = gak jauh beda, torsi lebih besar GV
dll lah..
kalo pendapat pribadi ku, vote for GV..puas luar dalem, kalo ada ketidak puasan , minor lah...masih bisa disolusikan.
thanks
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19
Senin lalu uda ke bengkel pondok indah, ganti transmisi dari siang sampai sore menjelang buka puasa... namun hasilnya masih sama saja saudara-saudara... hiks, nampaknya saya dapat transmisi gelondongan yang jeroannya belum diganti, jadi ndak ada bedanya ama transmisi sebelumnya, malah terkesan lebih parah.... hggghhh....€lj€p€ wrote:Manual ada juga tapi juarang banget... udah pernah ke http://tsukubird.org/index.html , belum ?id-grand-vitara wrote:
Siapa yang mau kasih kado aku GV yah pas ulang tahun nanti... ihik-ihik....
Diliat dari putaran roda depan, nampaknya GV yang ada di klip offroad itu model 4 wheel drive semua, selain itu, denger-denger GV tipe manual hanya ada di indo, di jepang sendiri ndak ada (CMIIW), jadi mungkin di luaran emang masalah transmisi manual tidak terdengar.
BTW, kemaren BeRes PI uda telpon aku, mereka akhirnya bisa mendapatkan transmisi baru buat GV-ku, satu gelondong mau diganti, bukan diganti parts-nya aja seperti opsi semula, lumayan lah, jadi dapat transmisi yg masih perawan...
memang sebetulnya orang membeli Suzuki karena 4x4 nya... (defaultnya 4x4)
Syukur deh... bulan puasa ini ada hikmahnya.... Jadinya di Suzuki Pondok Indah, salam untuk pak Basiran...
Lagi minta pak Basiran ngetrace history transmisi baru ini, apakah transmisi baru yang uda diganti jeroannya atau transmisi jatah unit produksi biasa.
Kebetulan beberapa hari lalu sales yang ngejual mobil ini telpon, saya tanya aja sekalian, dulu katanya waktu jualan masalah transmisi cuma ada di unit-unit produksi awal, nyatanya sampai sekarang masih banyak yang komplain masalah ini (di milis-milis GV)... ada segambreng kali yang komplain... Kalau tidak ada solusi yang efektif dan efisien dari indomobil, saya minta ganti unit transmisi matic aja daripada berkepanjangan. Nambah selisih harga ndak papa (231 - 219=12 jeti), lebih dari itu no way...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Wah gawat nih.... sebagai sesama pemilik mobil Suzuki, saya ikut berduka.... Transmisi M/T nya outsourced dari mana sih.. ambil dari Aisin San bukan? Jangan-2 dari negara yang masih coba-2 buat Transmisi.id-grand-vitara wrote:
Senin lalu uda ke bengkel pondok indah, ganti transmisi dari siang sampai sore menjelang buka puasa... namun hasilnya masih sama saja saudara-saudara... hiks, nampaknya saya dapat transmisi gelondongan yang jeroannya belum diganti, jadi ndak ada bedanya ama transmisi sebelumnya, malah terkesan lebih parah.... hggghhh....
Lagi minta pak Basiran ngetrace history transmisi baru ini, apakah transmisi baru yang uda diganti jeroannya atau transmisi jatah unit produksi biasa.
Kebetulan beberapa hari lalu sales yang ngejual mobil ini telpon, saya tanya aja sekalian, dulu katanya waktu jualan masalah transmisi cuma ada di unit-unit produksi awal, nyatanya sampai sekarang masih banyak yang komplain masalah ini (di milis-milis GV)... ada segambreng kali yang komplain... Kalau tidak ada solusi yang efektif dan efisien dari indomobil, saya minta ganti unit transmisi matic aja daripada berkepanjangan. Nambah selisih harga ndak papa (231 - 219=12 jeti), lebih dari itu no way...
Kalau ganti matic, mungkin banyak yang harus diganti seperti radiator, ECU dsb... jadi lebih baik ya ganti unit mobil yang A/T.
Kelihatannya harus tingkat pak Gunadhi Sindhuwinata yang di jewer hehehheeee...mungkin harus melalui Perkumpulan Alumni Jerman (PAJ) sounding ke beliau.
Dari Solo ke Oslo


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19
Kayaknya sih buatan jepang juga, tapi bisa jadi third party gitu lah, wong ban GV aja katanya masih import (CKD).€lj€p€ wrote:Wah gawat nih.... sebagai sesama pemilik mobil Suzuki, saya ikut berduka.... Transmisi M/T nya outsourced dari mana sih.. ambil dari Aisin San bukan? Jangan-2 dari negara yang masih coba-2 buat Transmisi.id-grand-vitara wrote:
Senin lalu uda ke bengkel pondok indah, ganti transmisi dari siang sampai sore menjelang buka puasa... namun hasilnya masih sama saja saudara-saudara... hiks, nampaknya saya dapat transmisi gelondongan yang jeroannya belum diganti, jadi ndak ada bedanya ama transmisi sebelumnya, malah terkesan lebih parah.... hggghhh....
Lagi minta pak Basiran ngetrace history transmisi baru ini, apakah transmisi baru yang uda diganti jeroannya atau transmisi jatah unit produksi biasa.
Kebetulan beberapa hari lalu sales yang ngejual mobil ini telpon, saya tanya aja sekalian, dulu katanya waktu jualan masalah transmisi cuma ada di unit-unit produksi awal, nyatanya sampai sekarang masih banyak yang komplain masalah ini (di milis-milis GV)... ada segambreng kali yang komplain... Kalau tidak ada solusi yang efektif dan efisien dari indomobil, saya minta ganti unit transmisi matic aja daripada berkepanjangan. Nambah selisih harga ndak papa (231 - 219=12 jeti), lebih dari itu no way...
Kalau ganti matic, mungkin banyak yang harus diganti seperti radiator, ECU dsb... jadi lebih baik ya ganti unit mobil yang A/T.
Kelihatannya harus tingkat pak Gunadhi Sindhuwinata yang di jewer hehehheeee...mungkin harus melalui Perkumpulan Alumni Jerman (PAJ) sounding ke beliau.
Untuk ganti matic emang rada rumit, apalagi unitnya saya beli dengan leasing yang melibatkan asuransi dll, Tapi daripada dapat barang bobrok, ya gimana lagi.....saya pernah punya mobil yang usianya udah belasan tahun dan transmisinya belum pernah di-overhaul, tapi suaranya masih jauh lebih halus ketimbang transmisi brand new GV ini,... mirip banget ama transmisi angkot yang telat ganti bearing, kalau jalanan macet sampai ndak tega buat ngegas/ngerem, jadinya sering diklakson ama mobil di belakang gara-gara telat respon pas mobil depan uda jalan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Iya lah... saya juga pakai '93 Vitara dan baru dijual '06 yll... tidak pernah ada masalah. Padahal sering saya pakai Off-Road... ganti kopling juga biasa saja tidak terlalu heboh misalnya terlalu sering / karena bunyi-2....id-grand-vitara wrote:
Kayaknya sih buatan jepang juga, tapi bisa jadi third party gitu lah, wong ban GV aja katanya masih import (CKD).
Untuk ganti matic emang rada rumit, apalagi unitnya saya beli dengan leasing yang melibatkan asuransi dll, Tapi daripada dapat barang bobrok, ya gimana lagi.....saya pernah punya mobil yang usianya udah belasan tahun dan transmisinya belum pernah di-overhaul, tapi suaranya masih jauh lebih halus ketimbang transmisi brand new GV ini,... mirip banget ama transmisi angkot yang telat ganti bearing, kalau jalanan macet sampai ndak tega buat ngegas/ngerem, jadinya sering diklakson ama mobil di belakang gara-gara telat respon pas mobil depan uda jalan
Pada edisi pertama, pelek GV juga masih CBU..kalau ada yang punya... bisa ditimbang beratnya... edisi awal jauh lebih ringan.... (info ini saya dapat dari toko ban lho... bukan riset saya) hehheheheee...
Dari Solo ke Oslo

