Informasi Pelihara LC Prado Diesel
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Mon Apr 13, 2020 13:34
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: LC VX 200
Informasi Pelihara LC Prado Diesel
Halo bos2 dan sesepuh SM
Newbie mau tanya info karena ada rencana mau ambil LC Prado yang 3000cc Diesel estimasi tahun 2006-2007.
Tolong dibantu informasi dari suhu2
1. Maintenance di bengkel resmi
2. Informasi bengkel spesialis LC di daerah Bandung/Jkt
3. Pilihan bahan bakar apakah harus Dex?
4. Ketersediaan sparepart
5. Hal2 yg perlu diperhatikan
Kurang lebih begitu dan sukur2 ada yg bisa sharing pengalaman owning selama beberapa tahun bisa bantu menjawab ^_^
Newbie mau tanya info karena ada rencana mau ambil LC Prado yang 3000cc Diesel estimasi tahun 2006-2007.
Tolong dibantu informasi dari suhu2
1. Maintenance di bengkel resmi
2. Informasi bengkel spesialis LC di daerah Bandung/Jkt
3. Pilihan bahan bakar apakah harus Dex?
4. Ketersediaan sparepart
5. Hal2 yg perlu diperhatikan
Kurang lebih begitu dan sukur2 ada yg bisa sharing pengalaman owning selama beberapa tahun bisa bantu menjawab ^_^
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 416
- Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56
Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel
Coba bantu jawab yah om, kebetulan ada 1 prado diesel KDJ120 tahun 2004 saya di rumah:Elprimero wrote: Wed Apr 15, 2020 12:32 Halo bos2 dan sesepuh SM
Newbie mau tanya info karena ada rencana mau ambil LC Prado yang 3000cc Diesel estimasi tahun 2006-2007.
Tolong dibantu informasi dari suhu2
1. Maintenance di bengkel resmi
2. Informasi bengkel spesialis LC di daerah Bandung/Jkt
3. Pilihan bahan bakar apakah harus Dex?
4. Ketersediaan sparepart
5. Hal2 yg perlu diperhatikan
Kurang lebih begitu dan sukur2 ada yg bisa sharing pengalaman owning selama beberapa tahun bisa bantu menjawab ^_^
1. maintenance di bengkel resmi A2K bisa, secara umum struktur mesin dia mirip sama fortuner VNT (turbo 1KD nya sudah VNT) hanya saja dia beberapa parts mesin lebih cangging (ada EGR elektronik).
2. kalau lokasi jakarta bisa service di autodyne ko iman juga, saya service di sana untuk semua LC saya. ko iman bisa service umum sampai rebuild - saya baru selesain 1 LC rebuild di dia kemaren.
3. karena dia sudah D4D dan kalau dapet tipe TZ yang japanese market mesinnya lumayan rewel soal jenis bahan bakar, jadi dex highly recommended. saya baru aja ganti pompa solar dan lagi proses ganti injector karena dulu nya sering di isi solar busuk sama pemilik sebelumnya.
4. spareparts fast moving lumayan banyak, yang non fast moving juga lumayan. saya baru overhaul mesin 1KD saya di ko iman kemarin, ganti ring piston, gasket2, pompa solar, dll semua nya ready gak ada yang inden lama (paling lama 3 hari).
5. saya coba list down yah
- Prado diesel penyakit nya banyak di EGR yang kesumbat, pompa solar dan injector yang disebabkan sama maintance yang buruk dan juga pemakaian bahan bakar yang gak sesuai. Ini parts paling mahal untuk di ganti dan lumayan ribed.
- turbo vnt nya juga harus di cek meler oli gak. jarang rusak tapi worth the check
- beberapa tipe prado diesel yang TZ pakai airsuspension di belakang dan ini biasa nya suka jebo karena umur - bisa di ganti pake per biasa dan disable airsus nya - ini gak repot
- CV boot depan sobek karena pemakaian - ini juga gak terlalu ribed dan parts nya ada yang asli atau thailand (pake punya hilux kalau gak salah);
- interior dashboard sama kayak camry dan harrier suka pecah-pecah ganti agak mahal sekitar 11-15jt tapi bisa di bungkus kulit, panel2 ac suka patah pelastik nya karena getas - parts juga available banyak
so far itu aja sih om. kebetulan saya prado ada 3 tipe di rumah RZJ120, GRJ120 dan KDJ120 dan uda piara lebih dari 5 tahun masing2 jadi lumayan familiar sama mobil nya hehehe
my 2 c
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed Jan 14, 2009 8:34
Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel
nah ini dia suhu saya, om @agathos kalau orang lain koleksi jam, beliau koleksi prado dan landcruiser, uda bole beli hangar om 

-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Mon Apr 13, 2020 13:34
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: LC VX 200
Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel
Wah gokil suhu LC keluar hehe, btw om untuk problem EGR apakah solusinya mirip sama LC VX200 yang UK Version? Dimana katalik DPF nya harus diganti nyesuain sama PertaDex?agathos wrote: Thu Apr 16, 2020 6:34Coba bantu jawab yah om, kebetulan ada 1 prado diesel KDJ120 tahun 2004 saya di rumah:Elprimero wrote: Wed Apr 15, 2020 12:32 Halo bos2 dan sesepuh SM
Newbie mau tanya info karena ada rencana mau ambil LC Prado yang 3000cc Diesel estimasi tahun 2006-2007.
Tolong dibantu informasi dari suhu2
1. Maintenance di bengkel resmi
2. Informasi bengkel spesialis LC di daerah Bandung/Jkt
3. Pilihan bahan bakar apakah harus Dex?
4. Ketersediaan sparepart
5. Hal2 yg perlu diperhatikan
Kurang lebih begitu dan sukur2 ada yg bisa sharing pengalaman owning selama beberapa tahun bisa bantu menjawab ^_^
1. maintenance di bengkel resmi A2K bisa, secara umum struktur mesin dia mirip sama fortuner VNT (turbo 1KD nya sudah VNT) hanya saja dia beberapa parts mesin lebih cangging (ada EGR elektronik).
2. kalau lokasi jakarta bisa service di autodyne ko iman juga, saya service di sana untuk semua LC saya. ko iman bisa service umum sampai rebuild - saya baru selesain 1 LC rebuild di dia kemaren.
3. karena dia sudah D4D dan kalau dapet tipe TZ yang japanese market mesinnya lumayan rewel soal jenis bahan bakar, jadi dex highly recommended. saya baru aja ganti pompa solar dan lagi proses ganti injector karena dulu nya sering di isi solar busuk sama pemilik sebelumnya.
4. spareparts fast moving lumayan banyak, yang non fast moving juga lumayan. saya baru overhaul mesin 1KD saya di ko iman kemarin, ganti ring piston, gasket2, pompa solar, dll semua nya ready gak ada yang inden lama (paling lama 3 hari).
5. saya coba list down yah
- Prado diesel penyakit nya banyak di EGR yang kesumbat, pompa solar dan injector yang disebabkan sama maintance yang buruk dan juga pemakaian bahan bakar yang gak sesuai. Ini parts paling mahal untuk di ganti dan lumayan ribed.
- turbo vnt nya juga harus di cek meler oli gak. jarang rusak tapi worth the check
- beberapa tipe prado diesel yang TZ pakai airsuspension di belakang dan ini biasa nya suka jebo karena umur - bisa di ganti pake per biasa dan disable airsus nya - ini gak repot
- CV boot depan sobek karena pemakaian - ini juga gak terlalu ribed dan parts nya ada yang asli atau thailand (pake punya hilux kalau gak salah);
- interior dashboard sama kayak camry dan harrier suka pecah-pecah ganti agak mahal sekitar 11-15jt tapi bisa di bungkus kulit, panel2 ac suka patah pelastik nya karena getas - parts juga available banyak
so far itu aja sih om. kebetulan saya prado ada 3 tipe di rumah RZJ120, GRJ120 dan KDJ120 dan uda piara lebih dari 5 tahun masing2 jadi lumayan familiar sama mobil nya hehehe
my 2 c![]()
Mesin 1KD Diesel d4d ini ada berapa versi ya emang nya?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 416
- Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56
Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel
hahaha saya masih nubie juga om.Elprimero wrote: Thu Apr 16, 2020 8:12Wah gokil suhu LC keluar hehe, btw om untuk problem EGR apakah solusinya mirip sama LC VX200 yang UK Version? Dimana katalik DPF nya harus diganti nyesuain sama PertaDex?agathos wrote: Thu Apr 16, 2020 6:34Coba bantu jawab yah om, kebetulan ada 1 prado diesel KDJ120 tahun 2004 saya di rumah:Elprimero wrote: Wed Apr 15, 2020 12:32 Halo bos2 dan sesepuh SM
Newbie mau tanya info karena ada rencana mau ambil LC Prado yang 3000cc Diesel estimasi tahun 2006-2007.
Tolong dibantu informasi dari suhu2
1. Maintenance di bengkel resmi
2. Informasi bengkel spesialis LC di daerah Bandung/Jkt
3. Pilihan bahan bakar apakah harus Dex?
4. Ketersediaan sparepart
5. Hal2 yg perlu diperhatikan
Kurang lebih begitu dan sukur2 ada yg bisa sharing pengalaman owning selama beberapa tahun bisa bantu menjawab ^_^
1. maintenance di bengkel resmi A2K bisa, secara umum struktur mesin dia mirip sama fortuner VNT (turbo 1KD nya sudah VNT) hanya saja dia beberapa parts mesin lebih cangging (ada EGR elektronik).
2. kalau lokasi jakarta bisa service di autodyne ko iman juga, saya service di sana untuk semua LC saya. ko iman bisa service umum sampai rebuild - saya baru selesain 1 LC rebuild di dia kemaren.
3. karena dia sudah D4D dan kalau dapet tipe TZ yang japanese market mesinnya lumayan rewel soal jenis bahan bakar, jadi dex highly recommended. saya baru aja ganti pompa solar dan lagi proses ganti injector karena dulu nya sering di isi solar busuk sama pemilik sebelumnya.
4. spareparts fast moving lumayan banyak, yang non fast moving juga lumayan. saya baru overhaul mesin 1KD saya di ko iman kemarin, ganti ring piston, gasket2, pompa solar, dll semua nya ready gak ada yang inden lama (paling lama 3 hari).
5. saya coba list down yah
- Prado diesel penyakit nya banyak di EGR yang kesumbat, pompa solar dan injector yang disebabkan sama maintance yang buruk dan juga pemakaian bahan bakar yang gak sesuai. Ini parts paling mahal untuk di ganti dan lumayan ribed.
- turbo vnt nya juga harus di cek meler oli gak. jarang rusak tapi worth the check
- beberapa tipe prado diesel yang TZ pakai airsuspension di belakang dan ini biasa nya suka jebo karena umur - bisa di ganti pake per biasa dan disable airsus nya - ini gak repot
- CV boot depan sobek karena pemakaian - ini juga gak terlalu ribed dan parts nya ada yang asli atau thailand (pake punya hilux kalau gak salah);
- interior dashboard sama kayak camry dan harrier suka pecah-pecah ganti agak mahal sekitar 11-15jt tapi bisa di bungkus kulit, panel2 ac suka patah pelastik nya karena getas - parts juga available banyak
so far itu aja sih om. kebetulan saya prado ada 3 tipe di rumah RZJ120, GRJ120 dan KDJ120 dan uda piara lebih dari 5 tahun masing2 jadi lumayan familiar sama mobil nya hehehe
my 2 c![]()
Mesin 1KD Diesel d4d ini ada berapa versi ya emang nya?
EGR bisa di blok dan sama seperti 1VD di uk version ECU nya harus di reprogram. ini karena EGR valve nya elektronik di control sama ECU. untung nya 1KD gak pake DPF jadi masih aman.
kalau versi kurang tau persis nya ada berapa om, tapi waktu itu pernah bandingin 1KD di hilux temen sama 1KD di prado saya, ada beberapa perbedaan seperti di EGR nya dan kayaknya ECU dan mapping nya juga beda.
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Mon Apr 13, 2020 13:34
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: LC VX 200
Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel
Baik Om, jd ketika nanti jadi minang EGR nya sebaiknya langsung saja di blok dan di program ulang ya? Pengaruh ke performance kah? Dan pengerjaan itu bisa ya di Autodyne?agathos wrote: Thu Apr 16, 2020 8:28hahaha saya masih nubie juga om.Elprimero wrote: Thu Apr 16, 2020 8:12Wah gokil suhu LC keluar hehe, btw om untuk problem EGR apakah solusinya mirip sama LC VX200 yang UK Version? Dimana katalik DPF nya harus diganti nyesuain sama PertaDex?agathos wrote: Thu Apr 16, 2020 6:34
Coba bantu jawab yah om, kebetulan ada 1 prado diesel KDJ120 tahun 2004 saya di rumah:
1. maintenance di bengkel resmi A2K bisa, secara umum struktur mesin dia mirip sama fortuner VNT (turbo 1KD nya sudah VNT) hanya saja dia beberapa parts mesin lebih cangging (ada EGR elektronik).
2. kalau lokasi jakarta bisa service di autodyne ko iman juga, saya service di sana untuk semua LC saya. ko iman bisa service umum sampai rebuild - saya baru selesain 1 LC rebuild di dia kemaren.
3. karena dia sudah D4D dan kalau dapet tipe TZ yang japanese market mesinnya lumayan rewel soal jenis bahan bakar, jadi dex highly recommended. saya baru aja ganti pompa solar dan lagi proses ganti injector karena dulu nya sering di isi solar busuk sama pemilik sebelumnya.
4. spareparts fast moving lumayan banyak, yang non fast moving juga lumayan. saya baru overhaul mesin 1KD saya di ko iman kemarin, ganti ring piston, gasket2, pompa solar, dll semua nya ready gak ada yang inden lama (paling lama 3 hari).
5. saya coba list down yah
- Prado diesel penyakit nya banyak di EGR yang kesumbat, pompa solar dan injector yang disebabkan sama maintance yang buruk dan juga pemakaian bahan bakar yang gak sesuai. Ini parts paling mahal untuk di ganti dan lumayan ribed.
- turbo vnt nya juga harus di cek meler oli gak. jarang rusak tapi worth the check
- beberapa tipe prado diesel yang TZ pakai airsuspension di belakang dan ini biasa nya suka jebo karena umur - bisa di ganti pake per biasa dan disable airsus nya - ini gak repot
- CV boot depan sobek karena pemakaian - ini juga gak terlalu ribed dan parts nya ada yang asli atau thailand (pake punya hilux kalau gak salah);
- interior dashboard sama kayak camry dan harrier suka pecah-pecah ganti agak mahal sekitar 11-15jt tapi bisa di bungkus kulit, panel2 ac suka patah pelastik nya karena getas - parts juga available banyak
so far itu aja sih om. kebetulan saya prado ada 3 tipe di rumah RZJ120, GRJ120 dan KDJ120 dan uda piara lebih dari 5 tahun masing2 jadi lumayan familiar sama mobil nya hehehe
my 2 c![]()
Mesin 1KD Diesel d4d ini ada berapa versi ya emang nya?
EGR bisa di blok dan sama seperti 1VD di uk version ECU nya harus di reprogram. ini karena EGR valve nya elektronik di control sama ECU. untung nya 1KD gak pake DPF jadi masih aman.
kalau versi kurang tau persis nya ada berapa om, tapi waktu itu pernah bandingin 1KD di hilux temen sama 1KD di prado saya, ada beberapa perbedaan seperti di EGR nya dan kayaknya ECU dan mapping nya juga beda.
Jadi buat parts2 standard dan service berkala aman harusnya ya buat dipake 5 tahunan kedepan as daily driver hehe
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 416
- Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56
Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel
Siapp om, ko iman gak bisa remap dia, harus cari bengkel yang bisa remap om, kayak teddy rev atau carmen di Kemayoran. Kalau pengaruh ke performance sih nggak om.Elprimero wrote: Thu Apr 16, 2020 11:37
Baik Om, jd ketika nanti jadi minang EGR nya sebaiknya langsung saja di blok dan di program ulang ya? Pengaruh ke performance kah? Dan pengerjaan itu bisa ya di Autodyne?
Jadi buat parts2 standard dan service berkala aman harusnya ya buat dipake 5 tahunan kedepan as daily driver hehe
Aman sih harus nya kalau dapet yang bagus om. prado 1kd saya di pake bokap 5 tahunan juga sebelum pindah ke cygnus dia.
-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel
Mantab emang om @agathos ... Seru baca nya...jadi ngiler Prado 3000cc nihgoodwill wrote: Thu Apr 16, 2020 7:17 nah ini dia suhu saya, om @agathos kalau orang lain koleksi jam, beliau koleksi prado dan landcruiser, uda bole beli hangar om![]()
Kalo saya baru bisa koleksi foto dan majalah nya aja om...hahaha..


Sama video jalan2 jg

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Sun Aug 07, 2016 16:52
- Location: Jakarta Selatan
- Daily Vehicle: M264 - PY-VPTS
Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel
Om, Prado 1GR susah nggak barang nya di Indonesia?agathos wrote: Thu Apr 16, 2020 6:34 so far itu aja sih om. kebetulan saya prado ada 3 tipe di rumah RZJ120, GRJ120 dan KDJ120 dan uda piara lebih dari 5 tahun masing2 jadi lumayan familiar sama mobil nya hehehe
Kayaknya nggak pernah lihat Prado 1GR di pasaran, kalau 1KD masih suka lihat, hehehe.
Pasaran berapa ya Om? Gearbox nya 5 speed sama nya sama apa ya?
Saya lagi demen banget sama LC, tapi kalau LC80 dan LC100 ketuaan, LC200 mahal.
Ditambah saya lihat travelogue nya Om F272, jadi pengen punya mobil 4x4.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 416
- Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56
Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel
1GR Prado susah banget om, saya Hoki dl dapet di Burso Otomotif Sunter, begitu lihat langsung beli hahaha. dl dapet 285jt om, yang jual kayaknya gak ngerti barang - sempet lihat dl gak lama setalah saya beli ada yang jual 400jt an tapi gak lama iklan nya hilang.VoxPopuli wrote: Fri Apr 17, 2020 10:57Om, Prado 1GR susah nggak barang nya di Indonesia?agathos wrote: Thu Apr 16, 2020 6:34 so far itu aja sih om. kebetulan saya prado ada 3 tipe di rumah RZJ120, GRJ120 dan KDJ120 dan uda piara lebih dari 5 tahun masing2 jadi lumayan familiar sama mobil nya hehehe
Kayaknya nggak pernah lihat Prado 1GR di pasaran, kalau 1KD masih suka lihat, hehehe.
Pasaran berapa ya Om? Gearbox nya 5 speed sama nya sama apa ya?
Saya lagi demen banget sama LC, tapi kalau LC80 dan LC100 ketuaan, LC200 mahal.
Ditambah saya lihat travelogue nya Om F272, jadi pengen punya mobil 4x4.
1GR saya versi Australia VX Grande, jadi paling lengkap, ada dual tank 180L AC double blower dan triple zone, cooler box, ATRAC Offroad System, Air Suspension, adaptive shock (Toyota TEMS). Transmisi saya masih pake 4 Speed yang A343F sama kayak Prado 2.7L. overall happy sih sama mobil ini - so far cm service rutin aja. secara reliability jujur lebih reliable dari 1KD dan parts nya gak mahal. plus tanki gede nya enak buat jarak jauh. konsumsi dalkot 1:4.5 - 1:7 an kalau keluar kota bisa 1:9 - 1:10 tergantung cara bawa mobil.
LC80 dan LC100 enak dua2 nya dan diesel nya reliable - cm di 100 series banyak denger issue sama pompa solar aja kalau 80 jarang. Saya kemaren ambil cygnus buat bokap 4.7L agak boros tapi bisa pake pertalite jadi ke offset konsumsi bahan bakar nya dan so far bokap heppy banget pindah dari prado 1KD ke Cygnus.
hope this helps

iyaa saya ikutin insta nya om F272 bikin ngilerr kalau lihat lagi touring jadi pengen ikut hehehe
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 416
- Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56
Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel
haha si om sih merendah, saya ikutin Insta nya om F272 kerennn bangetttttt travel dan touring nyaF 272 wrote: Fri Apr 17, 2020 1:30Mantab emang om @agathos ... Seru baca nya...jadi ngiler Prado 3000cc nihgoodwill wrote: Thu Apr 16, 2020 7:17 nah ini dia suhu saya, om @agathos kalau orang lain koleksi jam, beliau koleksi prado dan landcruiser, uda bole beli hangar om![]()
Kalo saya baru bisa koleksi foto dan majalah nya aja om...hahaha..![]()
![]()
Sama video jalan2 jg![]()

kapan2 ikut dong om hehehe

-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Mon Apr 13, 2020 13:34
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: LC VX 200
Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel
agathos wrote: Thu Apr 16, 2020 13:19Siapp om, ko iman gak bisa remap dia, harus cari bengkel yang bisa remap om, kayak teddy rev atau carmen di Kemayoran. Kalau pengaruh ke performance sih nggak om.Elprimero wrote: Thu Apr 16, 2020 11:37
Baik Om, jd ketika nanti jadi minang EGR nya sebaiknya langsung saja di blok dan di program ulang ya? Pengaruh ke performance kah? Dan pengerjaan itu bisa ya di Autodyne?
Jadi buat parts2 standard dan service berkala aman harusnya ya buat dipake 5 tahunan kedepan as daily driver hehe
Aman sih harus nya kalau dapet yang bagus om. prado 1kd saya di pake bokap 5 tahunan juga sebelum pindah ke cygnus dia.
Om, infonya mesin 1KD 3000cc ini gak bisa di remap ya? Kalo plus minus pasang piggyback ada pengalaman kah?
Rekomendasi Oli sm jeroan2 nya ya om hehe
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 416
- Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56
Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel
saya waktu itu coba ke 2 tunner di jakarta bilang pada gak bisa om karena mereka gak punya base map nya katanya - jadi sementara masih as is dan EGR masih 6 bulan sekali di bersihin (ini pake solar dex dan total udah)/Elprimero wrote: Mon Apr 20, 2020 6:58agathos wrote: Thu Apr 16, 2020 13:19Siapp om, ko iman gak bisa remap dia, harus cari bengkel yang bisa remap om, kayak teddy rev atau carmen di Kemayoran. Kalau pengaruh ke performance sih nggak om.Elprimero wrote: Thu Apr 16, 2020 11:37
Baik Om, jd ketika nanti jadi minang EGR nya sebaiknya langsung saja di blok dan di program ulang ya? Pengaruh ke performance kah? Dan pengerjaan itu bisa ya di Autodyne?
Jadi buat parts2 standard dan service berkala aman harusnya ya buat dipake 5 tahunan kedepan as daily driver hehe
Aman sih harus nya kalau dapet yang bagus om. prado 1kd saya di pake bokap 5 tahunan juga sebelum pindah ke cygnus dia.
Om, infonya mesin 1KD 3000cc ini gak bisa di remap ya? Kalo plus minus pasang piggyback ada pengalaman kah?
Rekomendasi Oli sm jeroan2 nya ya om hehe
Piggyback ok sih ada unichip dan HKS F-Con ID atau MonMAx. kalau unichip setau saya gampang dan ada plug-and-play cable nya juga. Dl pernah pasang di prado 1KZ 90 series enak banget ngebut hahaha. hanya saja kalau piggy back cari tuner yang bagus dan familiar sama piggyback nya. beli piggyback bagus kalay tuner nya gak bagus akan lebih mengecewakan di banding piggyback biasa tapi tuner bagus.
Cm sekarang buat mobil diesel saya yang VRZ dan MUX saya pake nya race-chip om, enak plug and play dan bisa di copot kapan aja. kenaikan gak sebesar remap atau piggyback tapi buat jalan biasa cukup lah.
Oli saya pake Mobil dan total om di semua mobil diesel, cm grade nya lupa, saya serahin semua ke Ko iman pemilihan grade nya buat 1KD saya. jeroan yang lain sih saya masih STD semua mesin, bener2 masih std ting-ting hahaha.

-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Tue May 12, 2020 5:20
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda New CRV
Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel
Hallo Smers, salam kenal ...
Newcomer ijin bertanya, apakah memungkinkan Prado Bensin (2004-2008) swap engine 15BT (tetap pake transmisi matic yg lama + adaptor) atau lebih baik komplit sama transmisinya ? Transmisi 15BT apakah ada yg matic + 4x4 ? Bgmn sistem pembakaran 15BT, apakah pake ECU ? Mhn advis baiknya pakai mesin diesel apa utk engne swapnya, dengan pertimbangan semua type solar bisa pake ? Trims banyak sebelumnya om-om ...

Newcomer ijin bertanya, apakah memungkinkan Prado Bensin (2004-2008) swap engine 15BT (tetap pake transmisi matic yg lama + adaptor) atau lebih baik komplit sama transmisinya ? Transmisi 15BT apakah ada yg matic + 4x4 ? Bgmn sistem pembakaran 15BT, apakah pake ECU ? Mhn advis baiknya pakai mesin diesel apa utk engne swapnya, dengan pertimbangan semua type solar bisa pake ? Trims banyak sebelumnya om-om ...
Last edited by omduck66 on Wed May 13, 2020 0:10, edited 1 time in total.
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Mon Apr 13, 2020 13:34
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: LC VX 200
Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel
Halo suhu2
Mohon info utk radiator prado diesel 3000cc F120 itu apakah beda dengan radiator prado mesin bensin?
Kemarin sempat telfon ke Autodyne tp barang nya kosong, utk onderdil2 adakah rekomendasi toko di area Bandung/Jakarta?
Big thanks
Mohon info utk radiator prado diesel 3000cc F120 itu apakah beda dengan radiator prado mesin bensin?
Kemarin sempat telfon ke Autodyne tp barang nya kosong, utk onderdil2 adakah rekomendasi toko di area Bandung/Jakarta?
Big thanks
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 416
- Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56
Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel
beda om prado 3000 sama 2.7L yang bensin. yang bensin tutup radiator kanan kalau diesel di kiri dan ukurannya juga kalau gak salah beda dan parts number beda.Elprimero wrote: Thu Jun 11, 2020 2:31 Halo suhu2
Mohon info utk radiator prado diesel 3000cc F120 itu apakah beda dengan radiator prado mesin bensin?
Kemarin sempat telfon ke Autodyne tp barang nya kosong, utk onderdil2 adakah rekomendasi toko di area Bandung/Jakarta?
Big thanks
diesel part number nya: 16400-30140 (11/2002 - 06/2003), 16400-30141 (07/2003 - 07/2004), dan 16400-30142 (08/2004 - 06/2007).
kalau saya belanja biasa nya di sinarjaya akian - di Pasar Mobil Kemayoran bisa inden juga. kalau mentok pesen ke luar negeri om, lewat Megazip.com
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 122
- Joined: Thu Sep 13, 2018 4:28
- Location: Unkown
- Daily Vehicle: Panther pasti bener
Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel
Hormat ama om agathos.. Sampe pnya 3 tipe.. Dulu sempat pnya prado thn 2005 tapi yang bensin,naikannya enak banget,suspensinya juga amazing.. Sayang dijual gara2 ga pernah dipake,check engine nyala,abis reset normal,di letakin digarasi lama nyala lagi..agathos wrote: Thu Apr 16, 2020 6:34Coba bantu jawab yah om, kebetulan ada 1 prado diesel KDJ120 tahun 2004 saya di rumah:Elprimero wrote: Wed Apr 15, 2020 12:32 Halo bos2 dan sesepuh SM
Newbie mau tanya info karena ada rencana mau ambil LC Prado yang 3000cc Diesel estimasi tahun 2006-2007.
Tolong dibantu informasi dari suhu2
1. Maintenance di bengkel resmi
2. Informasi bengkel spesialis LC di daerah Bandung/Jkt
3. Pilihan bahan bakar apakah harus Dex?
4. Ketersediaan sparepart
5. Hal2 yg perlu diperhatikan
Kurang lebih begitu dan sukur2 ada yg bisa sharing pengalaman owning selama beberapa tahun bisa bantu menjawab ^_^
1. maintenance di bengkel resmi A2K bisa, secara umum struktur mesin dia mirip sama fortuner VNT (turbo 1KD nya sudah VNT) hanya saja dia beberapa parts mesin lebih cangging (ada EGR elektronik).
2. kalau lokasi jakarta bisa service di autodyne ko iman juga, saya service di sana untuk semua LC saya. ko iman bisa service umum sampai rebuild - saya baru selesain 1 LC rebuild di dia kemaren.
3. karena dia sudah D4D dan kalau dapet tipe TZ yang japanese market mesinnya lumayan rewel soal jenis bahan bakar, jadi dex highly recommended. saya baru aja ganti pompa solar dan lagi proses ganti injector karena dulu nya sering di isi solar busuk sama pemilik sebelumnya.
4. spareparts fast moving lumayan banyak, yang non fast moving juga lumayan. saya baru overhaul mesin 1KD saya di ko iman kemarin, ganti ring piston, gasket2, pompa solar, dll semua nya ready gak ada yang inden lama (paling lama 3 hari).
5. saya coba list down yah
- Prado diesel penyakit nya banyak di EGR yang kesumbat, pompa solar dan injector yang disebabkan sama maintance yang buruk dan juga pemakaian bahan bakar yang gak sesuai. Ini parts paling mahal untuk di ganti dan lumayan ribed.
- turbo vnt nya juga harus di cek meler oli gak. jarang rusak tapi worth the check
- beberapa tipe prado diesel yang TZ pakai airsuspension di belakang dan ini biasa nya suka jebo karena umur - bisa di ganti pake per biasa dan disable airsus nya - ini gak repot
- CV boot depan sobek karena pemakaian - ini juga gak terlalu ribed dan parts nya ada yang asli atau thailand (pake punya hilux kalau gak salah);
- interior dashboard sama kayak camry dan harrier suka pecah-pecah ganti agak mahal sekitar 11-15jt tapi bisa di bungkus kulit, panel2 ac suka patah pelastik nya karena getas - parts juga available banyak
so far itu aja sih om. kebetulan saya prado ada 3 tipe di rumah RZJ120, GRJ120 dan KDJ120 dan uda piara lebih dari 5 tahun masing2 jadi lumayan familiar sama mobil nya hehehe
my 2 c![]()
Kalo pnya rejeki pengen prado yang diesel.. Btw om Prado yang diesel testimoninya gmna om? jadi penasaran.. Makasih om agathos
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 416
- Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56
Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel
Siapp om.kevienwijaya wrote: Fri Jun 12, 2020 6:19Hormat ama om agathos.. Sampe pnya 3 tipe.. Dulu sempat pnya prado thn 2005 tapi yang bensin,naikannya enak banget,suspensinya juga amazing.. Sayang dijual gara2 ga pernah dipake,check engine nyala,abis reset normal,di letakin digarasi lama nyala lagi..agathos wrote: Thu Apr 16, 2020 6:34Coba bantu jawab yah om, kebetulan ada 1 prado diesel KDJ120 tahun 2004 saya di rumah:Elprimero wrote: Wed Apr 15, 2020 12:32 Halo bos2 dan sesepuh SM
Newbie mau tanya info karena ada rencana mau ambil LC Prado yang 3000cc Diesel estimasi tahun 2006-2007.
Tolong dibantu informasi dari suhu2
1. Maintenance di bengkel resmi
2. Informasi bengkel spesialis LC di daerah Bandung/Jkt
3. Pilihan bahan bakar apakah harus Dex?
4. Ketersediaan sparepart
5. Hal2 yg perlu diperhatikan
Kurang lebih begitu dan sukur2 ada yg bisa sharing pengalaman owning selama beberapa tahun bisa bantu menjawab ^_^
1. maintenance di bengkel resmi A2K bisa, secara umum struktur mesin dia mirip sama fortuner VNT (turbo 1KD nya sudah VNT) hanya saja dia beberapa parts mesin lebih cangging (ada EGR elektronik).
2. kalau lokasi jakarta bisa service di autodyne ko iman juga, saya service di sana untuk semua LC saya. ko iman bisa service umum sampai rebuild - saya baru selesain 1 LC rebuild di dia kemaren.
3. karena dia sudah D4D dan kalau dapet tipe TZ yang japanese market mesinnya lumayan rewel soal jenis bahan bakar, jadi dex highly recommended. saya baru aja ganti pompa solar dan lagi proses ganti injector karena dulu nya sering di isi solar busuk sama pemilik sebelumnya.
4. spareparts fast moving lumayan banyak, yang non fast moving juga lumayan. saya baru overhaul mesin 1KD saya di ko iman kemarin, ganti ring piston, gasket2, pompa solar, dll semua nya ready gak ada yang inden lama (paling lama 3 hari).
5. saya coba list down yah
- Prado diesel penyakit nya banyak di EGR yang kesumbat, pompa solar dan injector yang disebabkan sama maintance yang buruk dan juga pemakaian bahan bakar yang gak sesuai. Ini parts paling mahal untuk di ganti dan lumayan ribed.
- turbo vnt nya juga harus di cek meler oli gak. jarang rusak tapi worth the check
- beberapa tipe prado diesel yang TZ pakai airsuspension di belakang dan ini biasa nya suka jebo karena umur - bisa di ganti pake per biasa dan disable airsus nya - ini gak repot
- CV boot depan sobek karena pemakaian - ini juga gak terlalu ribed dan parts nya ada yang asli atau thailand (pake punya hilux kalau gak salah);
- interior dashboard sama kayak camry dan harrier suka pecah-pecah ganti agak mahal sekitar 11-15jt tapi bisa di bungkus kulit, panel2 ac suka patah pelastik nya karena getas - parts juga available banyak
so far itu aja sih om. kebetulan saya prado ada 3 tipe di rumah RZJ120, GRJ120 dan KDJ120 dan uda piara lebih dari 5 tahun masing2 jadi lumayan familiar sama mobil nya hehehe
my 2 c![]()
Kalo pnya rejeki pengen prado yang diesel.. Btw om Prado yang diesel testimoninya gmna om? jadi penasaran.. Makasih om agathos
Prado diesel sekarang lagi istirahat om Ada issue di injector solar nya, kemaren Juga abis Ganti pompa solar lumayan nyelekit hahahah.
Injector solar sempet coba service tapi payah gak bener. Jadi beli baru, lagi nunggu barang dateng Juga. So far sih irit Dan enak om torsi Prado diesel, nyaman sama persis dengan Bensin apalagi yang diesel rata2 uda pake TEMS kalau versi TZ jadi bisa set soft comfort atau sport suspension nya. Tapi sekali nya jajan bonyok Juga hahahaha
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 122
- Joined: Thu Sep 13, 2018 4:28
- Location: Unkown
- Daily Vehicle: Panther pasti bener
Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel
Injector nya gt kalo ganti brpan om? itu bbmnya sendiri pake apa om?agathos wrote: Fri Jun 12, 2020 13:21Siapp om.kevienwijaya wrote: Fri Jun 12, 2020 6:19Hormat ama om agathos.. Sampe pnya 3 tipe.. Dulu sempat pnya prado thn 2005 tapi yang bensin,naikannya enak banget,suspensinya juga amazing.. Sayang dijual gara2 ga pernah dipake,check engine nyala,abis reset normal,di letakin digarasi lama nyala lagi..agathos wrote: Thu Apr 16, 2020 6:34
Coba bantu jawab yah om, kebetulan ada 1 prado diesel KDJ120 tahun 2004 saya di rumah:
1. maintenance di bengkel resmi A2K bisa, secara umum struktur mesin dia mirip sama fortuner VNT (turbo 1KD nya sudah VNT) hanya saja dia beberapa parts mesin lebih cangging (ada EGR elektronik).
2. kalau lokasi jakarta bisa service di autodyne ko iman juga, saya service di sana untuk semua LC saya. ko iman bisa service umum sampai rebuild - saya baru selesain 1 LC rebuild di dia kemaren.
3. karena dia sudah D4D dan kalau dapet tipe TZ yang japanese market mesinnya lumayan rewel soal jenis bahan bakar, jadi dex highly recommended. saya baru aja ganti pompa solar dan lagi proses ganti injector karena dulu nya sering di isi solar busuk sama pemilik sebelumnya.
4. spareparts fast moving lumayan banyak, yang non fast moving juga lumayan. saya baru overhaul mesin 1KD saya di ko iman kemarin, ganti ring piston, gasket2, pompa solar, dll semua nya ready gak ada yang inden lama (paling lama 3 hari).
5. saya coba list down yah
- Prado diesel penyakit nya banyak di EGR yang kesumbat, pompa solar dan injector yang disebabkan sama maintance yang buruk dan juga pemakaian bahan bakar yang gak sesuai. Ini parts paling mahal untuk di ganti dan lumayan ribed.
- turbo vnt nya juga harus di cek meler oli gak. jarang rusak tapi worth the check
- beberapa tipe prado diesel yang TZ pakai airsuspension di belakang dan ini biasa nya suka jebo karena umur - bisa di ganti pake per biasa dan disable airsus nya - ini gak repot
- CV boot depan sobek karena pemakaian - ini juga gak terlalu ribed dan parts nya ada yang asli atau thailand (pake punya hilux kalau gak salah);
- interior dashboard sama kayak camry dan harrier suka pecah-pecah ganti agak mahal sekitar 11-15jt tapi bisa di bungkus kulit, panel2 ac suka patah pelastik nya karena getas - parts juga available banyak
so far itu aja sih om. kebetulan saya prado ada 3 tipe di rumah RZJ120, GRJ120 dan KDJ120 dan uda piara lebih dari 5 tahun masing2 jadi lumayan familiar sama mobil nya hehehe
my 2 c![]()
Kalo pnya rejeki pengen prado yang diesel.. Btw om Prado yang diesel testimoninya gmna om? jadi penasaran.. Makasih om agathos
Prado diesel sekarang lagi istirahat om Ada issue di injector solar nya, kemaren Juga abis Ganti pompa solar lumayan nyelekit hahahah.
Injector solar sempet coba service tapi payah gak bener. Jadi beli baru, lagi nunggu barang dateng Juga. So far sih irit Dan enak om torsi Prado diesel, nyaman sama persis dengan Bensin apalagi yang diesel rata2 uda pake TEMS kalau versi TZ jadi bisa set soft comfort atau sport suspension nya. Tapi sekali nya jajan bonyok Juga hahahaha
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 416
- Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56
Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel
Sekitar 6jt an om satu nya kemaren x4 haha lumayan nyelekit maka nya. Selamat di Saya selalu pakai dex sih. Cm di kehidupan sebelumnya pakai biosol kayaknya Dan damage is done. Di perparah kemaren bawa ke bengkel yang katanya Jago diesel buat benerin injector eh malah jebol sekarangkevienwijaya wrote: Sat Jun 13, 2020 0:40Injector nya gt kalo ganti brpan om? itu bbmnya sendiri pake apa om?agathos wrote: Fri Jun 12, 2020 13:21Siapp om.kevienwijaya wrote: Fri Jun 12, 2020 6:19
Hormat ama om agathos.. Sampe pnya 3 tipe.. Dulu sempat pnya prado thn 2005 tapi yang bensin,naikannya enak banget,suspensinya juga amazing.. Sayang dijual gara2 ga pernah dipake,check engine nyala,abis reset normal,di letakin digarasi lama nyala lagi..
Kalo pnya rejeki pengen prado yang diesel.. Btw om Prado yang diesel testimoninya gmna om? jadi penasaran.. Makasih om agathos
Prado diesel sekarang lagi istirahat om Ada issue di injector solar nya, kemaren Juga abis Ganti pompa solar lumayan nyelekit hahahah.
Injector solar sempet coba service tapi payah gak bener. Jadi beli baru, lagi nunggu barang dateng Juga. So far sih irit Dan enak om torsi Prado diesel, nyaman sama persis dengan Bensin apalagi yang diesel rata2 uda pake TEMS kalau versi TZ jadi bisa set soft comfort atau sport suspension nya. Tapi sekali nya jajan bonyok Juga hahahaha

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 122
- Joined: Thu Sep 13, 2018 4:28
- Location: Unkown
- Daily Vehicle: Panther pasti bener
Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel
Wah sayang banget ya om,memang bengkel kalo sotoy malah rugi dikitanya sih om,ya setidaknya buat pengalaman om agathos dan om2 yang baca thread ini.. Heheheagathos wrote: Sat Jun 13, 2020 3:15Sekitar 6jt an om satu nya kemaren x4 haha lumayan nyelekit maka nya. Selamat di Saya selalu pakai dex sih. Cm di kehidupan sebelumnya pakai biosol kayaknya Dan damage is done. Di perparah kemaren bawa ke bengkel yang katanya Jago diesel buat benerin injector eh malah jebol sekarangkevienwijaya wrote: Sat Jun 13, 2020 0:40Injector nya gt kalo ganti brpan om? itu bbmnya sendiri pake apa om?agathos wrote: Fri Jun 12, 2020 13:21
Siapp om.
Prado diesel sekarang lagi istirahat om Ada issue di injector solar nya, kemaren Juga abis Ganti pompa solar lumayan nyelekit hahahah.
Injector solar sempet coba service tapi payah gak bener. Jadi beli baru, lagi nunggu barang dateng Juga. So far sih irit Dan enak om torsi Prado diesel, nyaman sama persis dengan Bensin apalagi yang diesel rata2 uda pake TEMS kalau versi TZ jadi bisa set soft comfort atau sport suspension nya. Tapi sekali nya jajan bonyok Juga hahahaha![]()
iya om harganya mahal bingitt wkakakakak,tp setidaknya skrg kalo pake puas ya om,drpd ga sempurna mesinnya kita mau pake juga ketar ketir dan jadinya malah agak males bawa,kalo skrg kan peace of mind om.. hahahaha
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 416
- Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56
Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel
Hahaha iya om. So far diesel pump dan injector D4D di indo belum pada jago service nya kayaknya mending beli baru.kevienwijaya wrote: Sat Jun 13, 2020 3:27Wah sayang banget ya om,memang bengkel kalo sotoy malah rugi dikitanya sih om,ya setidaknya buat pengalaman om agathos dan om2 yang baca thread ini.. Heheheagathos wrote: Sat Jun 13, 2020 3:15Sekitar 6jt an om satu nya kemaren x4 haha lumayan nyelekit maka nya. Selamat di Saya selalu pakai dex sih. Cm di kehidupan sebelumnya pakai biosol kayaknya Dan damage is done. Di perparah kemaren bawa ke bengkel yang katanya Jago diesel buat benerin injector eh malah jebol sekarangkevienwijaya wrote: Sat Jun 13, 2020 0:40
Injector nya gt kalo ganti brpan om? itu bbmnya sendiri pake apa om?![]()
iya om harganya mahal bingitt wkakakakak,tp setidaknya skrg kalo pake puas ya om,drpd ga sempurna mesinnya kita mau pake juga ketar ketir dan jadinya malah agak males bawa,kalo skrg kan peace of mind om.. hahahaha
Ini lagi proses restorasi sih KDJ120 rencana mau rapihin interior semua, refresh mesin dan transmisi terus kaki2 ganti lift kit shocks, ecu remap dll hehehe
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 122
- Joined: Thu Sep 13, 2018 4:28
- Location: Unkown
- Daily Vehicle: Panther pasti bener
Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel
Wahh mantap bgt om.. Boleh di selipin fotonya om kalo udah jadi.. heheheagathos wrote: Sat Jun 13, 2020 7:15Hahaha iya om. So far diesel pump dan injector D4D di indo belum pada jago service nya kayaknya mending beli baru.kevienwijaya wrote: Sat Jun 13, 2020 3:27Wah sayang banget ya om,memang bengkel kalo sotoy malah rugi dikitanya sih om,ya setidaknya buat pengalaman om agathos dan om2 yang baca thread ini.. Heheheagathos wrote: Sat Jun 13, 2020 3:15
Sekitar 6jt an om satu nya kemaren x4 haha lumayan nyelekit maka nya. Selamat di Saya selalu pakai dex sih. Cm di kehidupan sebelumnya pakai biosol kayaknya Dan damage is done. Di perparah kemaren bawa ke bengkel yang katanya Jago diesel buat benerin injector eh malah jebol sekarang![]()
iya om harganya mahal bingitt wkakakakak,tp setidaknya skrg kalo pake puas ya om,drpd ga sempurna mesinnya kita mau pake juga ketar ketir dan jadinya malah agak males bawa,kalo skrg kan peace of mind om.. hahahaha
Ini lagi proses restorasi sih KDJ120 rencana mau rapihin interior semua, refresh mesin dan transmisi terus kaki2 ganti lift kit shocks, ecu remap dll hehehe
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Mon Apr 13, 2020 13:34
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: LC VX 200
Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel
Om Agathos, skrg proses restorasi prado diesel 1KD nya lg di bengkel mana?
Saya lg proses di auto2000 bandung kayaknya masih rada keder masalah fuel pump dan radiator..
Saya lg proses di auto2000 bandung kayaknya masih rada keder masalah fuel pump dan radiator..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 416
- Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56
Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel
saya di Rudy Espel om, bengkel rekomendasi temen saya, kebetulan temen saya emang main mesin 1KD buat drag dan buat Hardtop Land Cruiser 40 series (engine swap), jadi saya lumayan dengerin rekomendasi dia.Elprimero wrote: Wed Jun 17, 2020 3:24 Om Agathos, skrg proses restorasi prado diesel 1KD nya lg di bengkel mana?
Saya lg proses di auto2000 bandung kayaknya masih rada keder masalah fuel pump dan radiator..
senin kemarin masuk, uda di diagnosa dan uda ketemu beberapa permasalahan pokok nya di mesin.
kalau interior dan electrical saya restorasi sendiri (DIY), soalnya emang kebetulan hobby hahahaha
