Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
yanuarra wrote: Thu Jun 04, 2020 5:24
Siang ini nggarap mesin cuci
IMG_20200604_121709.jpg
Asem males ngerakitnya lagi
hmmm tools nya kaya kenal ........
Kaleng wrote: Thu Jun 04, 2020 6:04
yg diganti teflon mungkin sudah sy lakukan di mobilio saya, krn sudah direkondisi rack steernya. efeknya setelah rekondisi putaran setir jadi lebih berat, gak tau mengurangi umur motor EPS gak. dan saya jg gak tau rekondisi ini ganti pakai teflon atau PU.
kl di video itu hrs digosok inner bore nya si teflon sampai just right dgn as rack nya.... gmn niat montirnya ini mah
Btw untuk bushing rack steer klo udah kalah mending diganti dgn yg plastik lg aja (klo ada sparepartnya). Klo di toyota yaris, itu lebih awet dripd bushingnya dibikin dri teflon.. pengalaman teman2 sih begitu.. Entah klo honda..
Kaleng wrote: Thu Jun 04, 2020 6:04
yg diganti teflon mungkin sudah sy lakukan di mobilio saya, krn sudah direkondisi rack steernya. efeknya setelah rekondisi putaran setir jadi lebih berat, gak tau mengurangi umur motor EPS gak. dan saya jg gak tau rekondisi ini ganti pakai teflon atau PU.
sejak ganti sampai sekarang udah berapa lama ?
service / ganti tgl 1 feb 2020. sampai hari ini rasanya masih agak berat dibanding sebelum ganti. tapi memang KM mobil naik lambat sekali, apalagi ditambah psbb praktis gak naik2.
Omnibus wrote: Thu Jun 04, 2020 9:22
kerja nyantai baru dapet 1 ...... OME beda berat, beda besarnya tabung dan beda as
IMG_20200604_135641.jpg
IMG_20200604_135809.jpg
IMG_20200604_135853~2.jpg
IMG_20200604_130845~2.jpg
IMG_20200604_130649~2.jpg
njirr
bahkan bengkel2 yg "katanya" bonafid aj, kl ganti per ama shock, tools nya jauh lebi diikit dan simple dr om, satu kaki nginjek shock, sambil tangan pake impact gun muterin spring loader tracker
btw, blajar dr kesalahan saya om, itu si vernier calipernya rutin2 dicek baterai, dan rutin di nyalain.. drpd lcd nya ampe bocor kaya mitutoyo saya, lcd bocor, btulin nya aj malesin banget
Profith83 wrote: Thu Jun 04, 2020 12:32
Keren ada alat untuk tekan per cacing.
Beli dimana dan apakah kunci shock dan rachet manual kuat mutar alat itu yah?
Soalnya gak punya kompresor
dulu kayanya beli di glodok. banyak jenis rata2 cungkuo. jangan yg terlalu murah ga aman dan meleot screw nya. kunci sok manual ga bisa muter kecuali pake pipa sambungan. sampai mau buka aja tadi nyobain tetep ga bisa padahal ga melawan beban dan screw baru digrease.
ini left hand turn, ngencenginnya muter counterclockwise.
bahkan bengkel2 yg "katanya" bonafid aj, kl ganti per ama shock, tools nya jauh lebi diikit dan simple dr om, satu kaki nginjek shock, sambil tangan pake impact gun muterin spring loader tracker
btw, blajar dr kesalahan saya om, itu si vernier calipernya rutin2 dicek baterai, dan rutin di nyalain.. drpd lcd nya ampe bocor kaya mitutoyo saya, lcd bocor, btulin nya aj malesin banget
ga bisa kerja sendiri tanpa vise. pake vise aja yg ga dibaut kebon binatang sampe habis semua namanya sy sebutin. trus musti tandain bener2 pake spidol posisi awal per nya sebab kl top mount sdh dimur ga bisa lagi diputer2 ga bakal masuk ke mobilnya. mur top mount yg tengah itu WAJIB pake TW spec 27 Nm, kl kelebihan jd terlalu gepeng karet bushing nya, kl under torqued ya glodakan. dan kiri kanan jd ga balance jatuhnya. udah gitu as tengah musti ditahanin pake kunci pas 8 mm, amsiong lah kl ga ada vise, guling2 tuh shock wkwkwkwk
shock std nya kayaba.
noted om ttg battere, sy selalu cek semua electronic devices sy ..... laser ijo kemaren itu posisi batt ga ada pas kemaren dipake, sdh beli 10 tahun yg lalu.
Profith83 wrote: Thu Jun 04, 2020 12:32
Keren ada alat untuk tekan per cacing.
Beli dimana dan apakah kunci shock dan rachet manual kuat mutar alat itu yah?
Soalnya gak punya kompresor
alat buat tekan per cacing?
per cacing itu apa? alatnya yang mana?
stelan yg dimaksud itu dmana yah posisi nya ? si baut besar itu
trus kl abis d puter2 itu si baut, wajip spooring lg ga ?
tergantung mobil. lain mobil, lain posisi. ini ada contoh kepunyaan mazdut 2 skyaktiv 4 wheel discbrake iridium sparkplug 6 speed automatic gearbox :
2020-06-04 09.43.27.jpg
panah kuning ke roda kanan (depan tentunya), panah biru ke setir.
20200604_093213.jpg
sebelum puter-puter, alangkah baiknya ditandain dulu supaya inget posisi awal.
kalo ipah, posisi bautnya berlawanan dengan mazdut 2 skyaktiv 4 wheel discbrake iridium sparkplug 6 speed automatic gearbox ini.
karena nggak punya SST-nya, saya pake ini :
20200604_093331.jpg
supaya lebih leluasa, buka dulu bracket pegangan pipa power steering yang ke chassis pake kunci 10 mm, setelah itu kendorin nipple pipanya yang ke pompa power steering pake kunci pas (17 mm atau 19 mm saya lupa), geser pipanya trus kencengin lagi nipple-nya supaya P.S fluid nggak netes.
Profith83 wrote: Thu Jun 04, 2020 12:32
Keren ada alat untuk tekan per cacing.
Beli dimana dan apakah kunci shock dan rachet manual kuat mutar alat itu yah?
Soalnya gak punya kompresor
alat buat tekan per cacing?
per cacing itu apa? alatnya yang mana?
Itu om. Kalau kita mau ganti shock nya saja tanpa ganti per cacing. Harus punya alat untuk tekan per cacing yang muter muter itu. Apa sih nama alatnya
stelan yg dimaksud itu dmana yah posisi nya ? si baut besar itu
trus kl abis d puter2 itu si baut, wajip spooring lg ga ?
tergantung mobil. lain mobil, lain posisi. ini ada contoh kepunyaan mazdut 2 skyaktiv 4 wheel discbrake iridium sparkplug 6 speed automatic gearbox :
2020-06-04 09.43.27.jpg
panah kuning ke roda kanan (depan tentunya), panah biru ke setir.
20200604_093213.jpg
sebelum puter-puter, alangkah baiknya ditandain dulu supaya inget posisi awal.
kalo ipah, posisi bautnya berlawanan dengan mazdut 2 skyaktiv 4 wheel discbrake iridium sparkplug 6 speed automatic gearbox ini.
karena nggak punya SST-nya, saya pake ini :
20200604_093331.jpg
supaya lebih leluasa, buka dulu bracket pegangan pipa power steering yang ke chassis pake kunci 10 mm, setelah itu kendorin nipple pipanya yang ke pompa power steering pake kunci pas (17 mm atau 19 mm saya lupa), geser pipanya trus kencengin lagi nipple-nya supaya P.S fluid nggak netes.
Kayanya ANKI saya jpernah mau dikencangin bagian ini. Karena saya complaint ini kenapa gredek gredek kena jalan jelek terasa di setir. Di tangan gak enak karena getaran naik ke tangan. Mobil baru dicheck kaki kaki ok gapapa.
Nah BeRes bilang coba kita setel yah. Tapi habis disetel bisa lebih berat setirnya. Nanti ditandai dulu kalau memang gak suka kita balikin lagi. Waktu itu saya gak punya bayangan mana yang disetel.(sekarang jadi punya biarpun dikit). Saya gak mau.
Setelah beberapa bulan datang lagi complaint yg sama di ganti joint steer. Penghubung dari steer ada 2 part. Ke 2 part itu diganti
@DOHC. Jika terasa stir goyang keras sampai ke tangan bisa complaint
stelan yg dimaksud itu dmana yah posisi nya ? si baut besar itu
trus kl abis d puter2 itu si baut, wajip spooring lg ga ?
tergantung mobil. lain mobil, lain posisi. ini ada contoh kepunyaan mazdut 2 skyaktiv 4 wheel discbrake iridium sparkplug 6 speed automatic gearbox :
2020-06-04 09.43.27.jpg
panah kuning ke roda kanan (depan tentunya), panah biru ke setir.
20200604_093213.jpg
sebelum puter-puter, alangkah baiknya ditandain dulu supaya inget posisi awal.
kalo ipah, posisi bautnya berlawanan dengan mazdut 2 skyaktiv 4 wheel discbrake iridium sparkplug 6 speed automatic gearbox ini.
karena nggak punya SST-nya, saya pake ini :
20200604_093331.jpg
supaya lebih leluasa, buka dulu bracket pegangan pipa power steering yang ke chassis pake kunci 10 mm, setelah itu kendorin nipple pipanya yang ke pompa power steering pake kunci pas (17 mm atau 19 mm saya lupa), geser pipanya trus kencengin lagi nipple-nya supaya P.S fluid nggak netes.
Belakangan ini saya merasakan stir Serena C24 saya kayak ada besi oglek (kayak joint oblak) setiap kali lewat jalan gradakan.
Waktu awal angkat ini mobil, gejala tsb hanya terasa kalo nginjek lubang sempit tapi dalam, atau lubang berbentuk V tapi dangkal.
Apakah rack steering memang perlu saya setel? Thx.
stelan yg dimaksud itu dmana yah posisi nya ? si baut besar itu
trus kl abis d puter2 itu si baut, wajip spooring lg ga ?
tergantung mobil. lain mobil, lain posisi. ini ada contoh kepunyaan mazdut 2 skyaktiv 4 wheel discbrake iridium sparkplug 6 speed automatic gearbox :
2020-06-04 09.43.27.jpg
panah kuning ke roda kanan (depan tentunya), panah biru ke setir.
20200604_093213.jpg
sebelum puter-puter, alangkah baiknya ditandain dulu supaya inget posisi awal.
kalo ipah, posisi bautnya berlawanan dengan mazdut 2 skyaktiv 4 wheel discbrake iridium sparkplug 6 speed automatic gearbox ini.
karena nggak punya SST-nya, saya pake ini :
20200604_093331.jpg
supaya lebih leluasa, buka dulu bracket pegangan pipa power steering yang ke chassis pake kunci 10 mm, setelah itu kendorin nipple pipanya yang ke pompa power steering pake kunci pas (17 mm atau 19 mm saya lupa), geser pipanya trus kencengin lagi nipple-nya supaya P.S fluid nggak netes.
Kayanya ANKI saya jpernah mau dikencangin bagian ini. Karena saya complaint ini kenapa gredek gredek kena jalan jelek terasa di setir. Di tangan gak enak karena getaran naik ke tangan. Mobil baru dicheck kaki kaki ok gapapa.
Nah BeRes bilang coba kita setel yah. Tapi habis disetel bisa lebih berat setirnya. Nanti ditandai dulu kalau memang gak suka kita balikin lagi. Waktu itu saya gak punya bayangan mana yang disetel.(sekarang jadi punya biarpun dikit). Saya gak mau.
Setelah beberapa bulan datang lagi complaint yg sama di ganti joint steer. Penghubung dari steer ada 2 part. Ke 2 part itu diganti
@DOHC. Jika terasa stir goyang keras sampai ke tangan bisa complaint
D anki saya ga ad problem om, problem nya justru d ipah tua saya, setir berat kl mau muter, bahkan mirip berat sperti setir isuzu elf engkel
Profith83 wrote: Thu Jun 04, 2020 23:49
Itu om. Kalau kita mau ganti shock nya saja tanpa ganti per cacing. Harus punya alat untuk tekan per cacing yang muter muter itu. Apa sih nama alatnya
ada yang bilang treker per.
dan umumnya orang bilang per keong, bukan cacing. saya juga punya udah pernah tampil tapi lupa di halaman berapa.
Kayanya ANKI saya jpernah mau dikencangin bagian ini. Karena saya complaint ini kenapa gredek gredek kena jalan jelek terasa di setir. Di tangan gak enak karena getaran naik ke tangan. Mobil baru dicheck kaki kaki ok gapapa.
Nah BeRes bilang coba kita setel yah. Tapi habis disetel bisa lebih berat setirnya. Nanti ditandai dulu kalau memang gak suka kita balikin lagi. Waktu itu saya gak punya bayangan mana yang disetel.(sekarang jadi punya biarpun dikit). Saya gak mau.
Setelah beberapa bulan datang lagi complaint yg sama di ganti joint steer. Penghubung dari steer ada 2 part. Ke 2 part itu diganti
@DOHC. Jika terasa stir goyang keras sampai ke tangan bisa complaint
nyetelnya nggak bisa buru-buru dan memang musti trial and error karena pergerakan bautnya sangat sedikit sekali. kalau lagi beruntung ya langsung dapet setelan pas.
Belakangan ini saya merasakan stir Serena C24 saya kayak ada besi oglek (kayak joint oblak) setiap kali lewat jalan gradakan.
Waktu awal angkat ini mobil, gejala tsb hanya terasa kalo nginjek lubang sempit tapi dalam, atau lubang berbentuk V tapi dangkal.
Apakah rack steering memang perlu saya setel? Thx.
musti diperiksa dulu semua yang terhubung langsung dengan steering rack dan dipastikan memang benar-benar sehat atau setidaknya masih layak pakai tidak menimbulkan bunyi.
kalau itu semua sudah diperiksa, coba kutak katik stelan rack steer.
Profith83 wrote: Thu Jun 04, 2020 23:49
Itu om. Kalau kita mau ganti shock nya saja tanpa ganti per cacing. Harus punya alat untuk tekan per cacing yang muter muter itu. Apa sih nama alatnya
ada yang bilang treker per.
dan umumnya orang bilang per keong, bukan cacing. saya juga punya udah pernah tampil tapi lupa di halaman berapa.
Kayanya ANKI saya jpernah mau dikencangin bagian ini. Karena saya complaint ini kenapa gredek gredek kena jalan jelek terasa di setir. Di tangan gak enak karena getaran naik ke tangan. Mobil baru dicheck kaki kaki ok gapapa.
Nah BeRes bilang coba kita setel yah. Tapi habis disetel bisa lebih berat setirnya. Nanti ditandai dulu kalau memang gak suka kita balikin lagi. Waktu itu saya gak punya bayangan mana yang disetel.(sekarang jadi punya biarpun dikit). Saya gak mau.
Setelah beberapa bulan datang lagi complaint yg sama di ganti joint steer. Penghubung dari steer ada 2 part. Ke 2 part itu diganti
@DOHC. Jika terasa stir goyang keras sampai ke tangan bisa complaint
nyetelnya nggak bisa buru-buru dan memang musti trial and error karena pergerakan bautnya sangat sedikit sekali. kalau lagi beruntung ya langsung dapet setelan pas.
Belakangan ini saya merasakan stir Serena C24 saya kayak ada besi oglek (kayak joint oblak) setiap kali lewat jalan gradakan.
Waktu awal angkat ini mobil, gejala tsb hanya terasa kalo nginjek lubang sempit tapi dalam, atau lubang berbentuk V tapi dangkal.
Apakah rack steering memang perlu saya setel? Thx.
musti diperiksa dulu semua yang terhubung langsung dengan steering rack dan dipastikan memang benar-benar sehat atau setidaknya masih layak pakai tidak menimbulkan bunyi.
kalau itu semua sudah diperiksa, coba kutak katik stelan rack steer.
Nasehat nasehatnya nampaknya familiar n sering dengar d suatu bengkel, di bilangan Serpong
Profith83 wrote: Thu Jun 04, 2020 23:49
Itu om. Kalau kita mau ganti shock nya saja tanpa ganti per cacing. Harus punya alat untuk tekan per cacing yang muter muter itu. Apa sih nama alatnya
ada yang bilang treker per.
dan umumnya orang bilang per keong, bukan cacing. saya juga punya udah pernah tampil tapi lupa di halaman berapa.
Trhreat nya diubah judul harusnya ditambahin "xxxxxxx - DIY"
Karena Hand Tool berkaitan dengan DIY.
Pengaplikasian Hand Tool dengan cara dikerjakan sendiri dengan Tool tersebut alias DIY
Jangan jangan sudah ada threat DIY
@om DOHC.
Kalau saya hubungkan minus aki dengan yang saya tandai ini gapapa kan?
takut konslet saja, sekedar memastikan.
Gak akan konslet kan minus aki dihubungkan yang saya lingkari itu
Throttle circle.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Profith83 wrote: Fri Jun 05, 2020 4:04
Trhreat nya diubah judul harusnya ditambahin "xxxxxxx - DIY"
Karena Hand Tool berkaitan dengan DIY.
Pengaplikasian Hand Tool dengan cara dikerjakan sendiri dengan Tool tersebut alias DIY
Jangan jangan sudah ada threat DIY
@om DOHC.
Kalau saya hubungkan minus aki dengan yang saya tandai ini gapapa kan?
takut konslet saja, sekedar memastikan.
Gak akan konslet kan minus aki dihubungkan yang saya lingkari itu
Throttle circle.jpg
Mustinya gapapa, smua klistrikan positip pasti ud dalam bentuk soket dan tertutup, kl ampe baut kebuka gt listrik positip, nanti kta setrum insinyur nya pake listrik dr PLTU paiton
Profith83 wrote: Fri Jun 05, 2020 4:04
Trhreat nya diubah judul harusnya ditambahin "xxxxxxx - DIY"
Karena Hand Tool berkaitan dengan DIY.
Pengaplikasian Hand Tool dengan cara dikerjakan sendiri dengan Tool tersebut alias DIY
Jangan jangan sudah ada threat DIY
@om DOHC.
Kalau saya hubungkan minus aki dengan yang saya tandai ini gapapa kan?
takut konslet saja, sekedar memastikan.
Gak akan konslet kan minus aki dihubungkan yang saya lingkari itu
Throttle circle.jpg
Mustinya gapapa, smua klistrikan positip pasti ud dalam bentuk soket dan tertutup, kl ampe baut kebuka gt listrik positip, nanti kta setrum insinyur nya pake listrik dr PLTU paiton
Thank You om. Saya cari gampangnya saja. itu throttle kan namanya.
Dari Throttle kan juga tersambung ke body mesin lewat baut 2x.
Mungkin dari Body mesin juga tersambung ke transmisi lewat baut baut juga.