mending cool gear masih ada kata2 cool. gmn kalo CKE?
Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11332
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 522
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Denso Coolgear stickernya tetep Denso. Ngga ada yg stickernya Denso Coolgear, cuma bahan aja yg berbeda.kunaskun wrote:jangan2 kalau stiker denso dilepas, dibawahnya ada tulisan: COOL GEAR.
dingin, tapi memberatkan kantong karena mesin jadi berat karena pendinginan berlebihankemuningauto wrote: ↑Wed May 20, 2020 10:05 Betul. Harganya jauh sama Compressor Denso buat mobil jadul kaya Mazda Interplay, Starlet, Panther.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
WEB: www.kemuningauto.id
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 266
- Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Tiger 2000
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Malam Om Kemuningauto, mau numpang tanya.
Ac belakang di On kan, angin tidak ada keluar sama sekali.
Sdh coba angin dibesarkan, tetap tidak ada angin sama sekali.
Ac Mobil yg belakang punya pengaturan temperatur sendiri.
Cek pakai prosedur pengecekan AC mobil toyota dr panel, keluar error code 49.
Kalau liat di list, error code 49 katanya ada masalah sama servo motor ac belakang untuk air mixing.
Ada pengalaman menemukan masalah yg sama Om?
Oh iya mobilnya Estima atau Previa ( ACR50).
Mohon pencerahannya Om.
Ac belakang di On kan, angin tidak ada keluar sama sekali.
Sdh coba angin dibesarkan, tetap tidak ada angin sama sekali.
Ac Mobil yg belakang punya pengaturan temperatur sendiri.
Cek pakai prosedur pengecekan AC mobil toyota dr panel, keluar error code 49.
Kalau liat di list, error code 49 katanya ada masalah sama servo motor ac belakang untuk air mixing.
Ada pengalaman menemukan masalah yg sama Om?
Oh iya mobilnya Estima atau Previa ( ACR50).
Mohon pencerahannya Om.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 522
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Siap. Tapi yg AC depan bagus ya? Sering kok nemu problem gini. Kadang ada yg AC depan bagus, belakang panas (sering di Alphard). Kadang ada juga problem yg kaya mobilnya si om ini. Dan betul, bisa dicek di Motor Servo/Actuator Blender nya, kemungkinan besar bermasalah jadinya udara ngga bisa keluar karena blendernya tertutup. Tapi musti dicek lagi, blowernya jalan atau ngga, kedengeran kan suara Motor Blowernya kalo muter. Dicek juga perkabelan dari Motor Servonya, bisa aja ada yg putus, atau socket kotor (hal2 kecil gini kadang bisa memberikan indikasi rusak motor seperti Error Code 049).newcity_vtec wrote:Malam Om Kemuningauto, mau numpang tanya.
Ac belakang di On kan, angin tidak ada keluar sama sekali.
Sdh coba angin dibesarkan, tetap tidak ada angin sama sekali.
Ac Mobil yg belakang punya pengaturan temperatur sendiri.
Cek pakai prosedur pengecekan AC mobil toyota dr panel, keluar error code 49.
Kalau liat di list, error code 49 katanya ada masalah sama servo motor ac belakang untuk air mixing.
Ada pengalaman menemukan masalah yg sama Om?
Oh iya mobilnya Estima atau Previa ( ACR50).
Mohon pencerahannya Om.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
WEB: www.kemuningauto.id
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 266
- Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Tiger 2000
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Ac depan normal Om, hanya ac belakang yg ndak keluar angin.kemuningauto wrote: ↑Thu May 21, 2020 16:24Siap. Tapi yg AC depan bagus ya? Sering kok nemu problem gini. Kadang ada yg AC depan bagus, belakang panas (sering di Alphard). Kadang ada juga problem yg kaya mobilnya si om ini. Dan betul, bisa dicek di Motor Servo/Actuator Blender nya, kemungkinan besar bermasalah jadinya udara ngga bisa keluar karena blendernya tertutup. Tapi musti dicek lagi, blowernya jalan atau ngga, kedengeran kan suara Motor Blowernya kalo muter. Dicek juga perkabelan dari Motor Servonya, bisa aja ada yg putus, atau socket kotor (hal2 kecil gini kadang bisa memberikan indikasi rusak motor seperti Error Code 049).newcity_vtec wrote:Malam Om Kemuningauto, mau numpang tanya.
Ac belakang di On kan, angin tidak ada keluar sama sekali.
Sdh coba angin dibesarkan, tetap tidak ada angin sama sekali.
Ac Mobil yg belakang punya pengaturan temperatur sendiri.
Cek pakai prosedur pengecekan AC mobil toyota dr panel, keluar error code 49.
Kalau liat di list, error code 49 katanya ada masalah sama servo motor ac belakang untuk air mixing.
Ada pengalaman menemukan masalah yg sama Om?
Oh iya mobilnya Estima atau Previa ( ACR50).
Mohon pencerahannya Om.
Saya belum cek apakah blowernya jalan atau tidak.
Nanti akan saya coba cek apa ada suara aneh di bagian belakang.
Trims Om atas sarannya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 522
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Siap sama2 om.newcity_vtec wrote:Ac depan normal Om, hanya ac belakang yg ndak keluar angin.kemuningauto wrote: ↑Thu May 21, 2020 16:24Siap. Tapi yg AC depan bagus ya? Sering kok nemu problem gini. Kadang ada yg AC depan bagus, belakang panas (sering di Alphard). Kadang ada juga problem yg kaya mobilnya si om ini. Dan betul, bisa dicek di Motor Servo/Actuator Blender nya, kemungkinan besar bermasalah jadinya udara ngga bisa keluar karena blendernya tertutup. Tapi musti dicek lagi, blowernya jalan atau ngga, kedengeran kan suara Motor Blowernya kalo muter. Dicek juga perkabelan dari Motor Servonya, bisa aja ada yg putus, atau socket kotor (hal2 kecil gini kadang bisa memberikan indikasi rusak motor seperti Error Code 049).newcity_vtec wrote:Malam Om Kemuningauto, mau numpang tanya.
Ac belakang di On kan, angin tidak ada keluar sama sekali.
Sdh coba angin dibesarkan, tetap tidak ada angin sama sekali.
Ac Mobil yg belakang punya pengaturan temperatur sendiri.
Cek pakai prosedur pengecekan AC mobil toyota dr panel, keluar error code 49.
Kalau liat di list, error code 49 katanya ada masalah sama servo motor ac belakang untuk air mixing.
Ada pengalaman menemukan masalah yg sama Om?
Oh iya mobilnya Estima atau Previa ( ACR50).
Mohon pencerahannya Om.
Saya belum cek apakah blowernya jalan atau tidak.
Nanti akan saya coba cek apa ada suara aneh di bagian belakang.
Trims Om atas sarannya.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
WEB: www.kemuningauto.id
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Tue Oct 17, 2017 0:11
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: Peugeot505GTI
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
kalau ganti kompresor perlu dana berapa om?kemuningauto wrote: ↑Tue May 19, 2020 16:00Kalo compressor ngorok, uda ngga bisa diperbaikin. Krn as compressor nya udah kena. Lebih baik diganti baru atau copotan sblm oli compressor-nya hitam krn ada gram akibat gesekan as compressor yg nantinya harus ganti condenser juga sekalian kalo oli nya hitam.Laksanama wrote:om kemuning, mobil saya jazz 2004, kalau kompresor ngorok itu bisa diperbaiki gak yah? untuk AC kondisinya sekarang dingin, belum lama ganti magnetic clutch.
Ori nya masih banyak tersedia kah?
plus condenser nya, in case condenser juga kena.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 266
- Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Tiger 2000
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Om, saya sdh cek, blower belakang kl ditest langsung nyala.kemuningauto wrote: ↑Fri May 22, 2020 1:49Siap sama2 om.newcity_vtec wrote:Ac depan normal Om, hanya ac belakang yg ndak keluar angin.kemuningauto wrote: ↑Thu May 21, 2020 16:24
Siap. Tapi yg AC depan bagus ya? Sering kok nemu problem gini. Kadang ada yg AC depan bagus, belakang panas (sering di Alphard). Kadang ada juga problem yg kaya mobilnya si om ini. Dan betul, bisa dicek di Motor Servo/Actuator Blender nya, kemungkinan besar bermasalah jadinya udara ngga bisa keluar karena blendernya tertutup. Tapi musti dicek lagi, blowernya jalan atau ngga, kedengeran kan suara Motor Blowernya kalo muter. Dicek juga perkabelan dari Motor Servonya, bisa aja ada yg putus, atau socket kotor (hal2 kecil gini kadang bisa memberikan indikasi rusak motor seperti Error Code 049).
Saya belum cek apakah blowernya jalan atau tidak.
Nanti akan saya coba cek apa ada suara aneh di bagian belakang.
Trims Om atas sarannya.
Apa mungkin dr resistor yg mengatur putaran kipas rusak?
Part number densonya berapa ya Om? Sama kaya punya alphard.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 522
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Kisaran 3 ribuan kalo Comp nya (ori), Condenser kisaran 700-900 (imitasi). Masih banyak beredar di pasaran partsnya.Laksanama wrote:kalau ganti kompresor perlu dana berapa om?kemuningauto wrote: ↑Tue May 19, 2020 16:00Kalo compressor ngorok, uda ngga bisa diperbaikin. Krn as compressor nya udah kena. Lebih baik diganti baru atau copotan sblm oli compressor-nya hitam krn ada gram akibat gesekan as compressor yg nantinya harus ganti condenser juga sekalian kalo oli nya hitam.Laksanama wrote:om kemuning, mobil saya jazz 2004, kalau kompresor ngorok itu bisa diperbaiki gak yah? untuk AC kondisinya sekarang dingin, belum lama ganti magnetic clutch.
Ori nya masih banyak tersedia kah?
plus condenser nya, in case condenser juga kena.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
WEB: www.kemuningauto.id
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 522
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Kalo Resistor yg bermasalah, misalnya ada 4 setup blower speed ya, di blower 1-2-3 ngga nyala, di 4 baru nyala karena strum langsung yg nomor 4, dan yg 1-2-3 dari resistor. Tapi kalo kadang nyala kadang ngga, coba dicek dari Motor Blowernya bermasalah atau ngga. Beberapa rare case di panel juga bisa error.newcity_vtec wrote:Om, saya sdh cek, blower belakang kl ditest langsung nyala.kemuningauto wrote: ↑Fri May 22, 2020 1:49Siap sama2 om.newcity_vtec wrote:
Ac depan normal Om, hanya ac belakang yg ndak keluar angin.
Saya belum cek apakah blowernya jalan atau tidak.
Nanti akan saya coba cek apa ada suara aneh di bagian belakang.
Trims Om atas sarannya.
Apa mungkin dr resistor yg mengatur putaran kipas rusak?
Part number densonya berapa ya Om? Sama kaya punya alphard.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
WEB: www.kemuningauto.id
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 522
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Baru pertama nanganin Tata Varicor (Diesel). Ternyata Compressornya sama persis kaya Outlander. Dibuat untuk sistem Double Blower lagi di Tata Varicor. Buat sistem Single Blower aja di Outlander terlalu kecil menurut saya, makanya sering di KM 40.000-60.000 jebol.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
WEB: www.kemuningauto.id
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2916
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Om kemuning, kalau cuman mau ganti bearing blower AC gitu apakah om jual? Atau itu spesifik tiap merk?kemuningauto wrote: ↑Thu Jun 04, 2020 6:33 Kalo Resistor yg bermasalah, misalnya ada 4 setup blower speed ya, di blower 1-2-3 ngga nyala, di 4 baru nyala karena strum langsung yg nomor 4, dan yg 1-2-3 dari resistor. Tapi kalo kadang nyala kadang ngga, coba dicek dari Motor Blowernya bermasalah atau ngga. Beberapa rare case di panel juga bisa error.
mobil saya tiap abis semprot AC Cleaner (terutama yg foam tebel kek honda punya) lgsg dengung blowernya, ujung2nya semprot white lithium ke area bearing sih bertahan sampai dengan saya semprot ac cleaner selanjutnya (kalau semprot silicone cuman tahan 2 bulanan).
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 522
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Kalo Blower AC ngga pernah ganti bearingnya sih saya. Pasti ganti Motor Blowernya langsung, soalnya biasa kena di KM tinggi (sekitar 75.000 KM lebih) jadi jarang juga customer yg minta ganti bearingnya doang, mungkin harga juga ga terlalu mahal kalo buat mobil2 Toyota, Honda.josomba wrote:Om kemuning, kalau cuman mau ganti bearing blower AC gitu apakah om jual? Atau itu spesifik tiap merk?kemuningauto wrote: ↑Thu Jun 04, 2020 6:33 Kalo Resistor yg bermasalah, misalnya ada 4 setup blower speed ya, di blower 1-2-3 ngga nyala, di 4 baru nyala karena strum langsung yg nomor 4, dan yg 1-2-3 dari resistor. Tapi kalo kadang nyala kadang ngga, coba dicek dari Motor Blowernya bermasalah atau ngga. Beberapa rare case di panel juga bisa error.
mobil saya tiap abis semprot AC Cleaner (terutama yg foam tebel kek honda punya) lgsg dengung blowernya, ujung2nya semprot white lithium ke area bearing sih bertahan sampai dengan saya semprot ac cleaner selanjutnya (kalau semprot silicone cuman tahan 2 bulanan).
Sedikit IMO kalo buat cleaner, sebenernya agak2 pro kontra sih, tujuannya buat cleaner, tp saya ga masuk logika bersihinnya kemana. Kalo dibilang ke pembersihan blower mending dicopot dicuci sendiri, kalo dibilang ke Evap agak ga mungkin, masa foam bs bersihin Evap. Kalo emg bisa berarti foamnya bisa lama2 makan bahan Aluminium Evap. Karena kan cuma nempel doang tanpa disikat dll.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
WEB: www.kemuningauto.id
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
kalau percobaan saya di AC Rumah, pakai yang branded keluaran WD40. menurut saya lumayanlah ada cleansing effect, terlihat dari air buangan AC yang lebih kotor. tapi bersih banget mah ngga, ini lebih ke arah maintenance, jadi kurangi interval cuci evap dengan pressure washer.kemuningauto wrote: ↑Thu Jun 04, 2020 7:09 Sedikit IMO kalo buat cleaner, sebenernya agak2 pro kontra sih, tujuannya buat cleaner, tp saya ga masuk logika bersihinnya kemana. Kalo dibilang ke pembersihan blower mending dicopot dicuci sendiri, kalo dibilang ke Evap agak ga mungkin, masa foam bs bersihin Evap. Kalo emg bisa berarti foamnya bisa lama2 makan bahan Aluminium Evap. Karena kan cuma nempel doang tanpa disikat dll.
kalau di youtube pernah lihat cooling coil cleaner gitu untuk AC central rumahan di USA, yang bentuk unit outdoor kotak gede gitu, memang ditujukan untuk tempat2 yang ga memungkinkan pakai pressure washer. tapi ribet juga itu foam yang digunakan, setelah pemakaian dinetralkan dengan kimia lagi ga bisa pakai air, tapi memang bersih banget.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 522
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Mirip2 kimia pembersih aluminium ya? Ada beberapa bengkel yg emang pake biar Evaporator bersih kinclong bgt kaya baru. Cuma kalo saya pribadi kurang suka, mending pelan2 pake sabun + sikat atau sikat gigi kalo di sudut2 susah. Kalo kimia sayang takutnya kekikis malah bocorkunaskun wrote:kalau percobaan saya di AC Rumah, pakai yang branded keluaran WD40. menurut saya lumayanlah ada cleansing effect, terlihat dari air buangan AC yang lebih kotor. tapi bersih banget mah ngga, ini lebih ke arah maintenance, jadi kurangi interval cuci evap dengan pressure washer.kemuningauto wrote: ↑Thu Jun 04, 2020 7:09 Sedikit IMO kalo buat cleaner, sebenernya agak2 pro kontra sih, tujuannya buat cleaner, tp saya ga masuk logika bersihinnya kemana. Kalo dibilang ke pembersihan blower mending dicopot dicuci sendiri, kalo dibilang ke Evap agak ga mungkin, masa foam bs bersihin Evap. Kalo emg bisa berarti foamnya bisa lama2 makan bahan Aluminium Evap. Karena kan cuma nempel doang tanpa disikat dll.
kalau di youtube pernah lihat cooling coil cleaner gitu untuk AC central rumahan di USA, yang bentuk unit outdoor kotak gede gitu, memang ditujukan untuk tempat2 yang ga memungkinkan pakai pressure washer. tapi ribet juga itu foam yang digunakan, setelah pemakaian dinetralkan dengan kimia lagi ga bisa pakai air, tapi memang bersih banget.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
WEB: www.kemuningauto.id
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
saya rasa iya ya, kalau di indo mungkin caustic soda/lye/soda api ya? banyak disalah gunakan, seperti biasa tapi kalau yg dipake di luar negeri mungkin beda ya?kemuningauto wrote: ↑Thu Jun 04, 2020 10:10Mirip2 kimia pembersih aluminium ya? Ada beberapa bengkel yg emang pake biar Evaporator bersih kinclong bgt kaya baru. Cuma kalo saya pribadi kurang suka, mending pelan2 pake sabun + sikat atau sikat gigi kalo di sudut2 susah. Kalo kimia sayang takutnya kekikis malah bocor
kalau sabun konon ga boleh rinso/detergent/sabun colek kan ya kalau ke aluminum karena ada phosphate, yang lama2 akan korosi? kalau saya selama ini cuci AC mobil atau rumah, anti sabun, malah dulu banget pernah bela2in beli sunlight ijo yg biasa ke indomaret karena tukang AC mobil bebal banget dibilangin ga mau pake rinso/detergent. karena udah tanggung dibongkar disitu, akhirnya saya belai2n beliin, abis itu ga mau lagi balik ke tu bengkel. bengkel yang aneh, resiko di saya kok malah dia yang bebal
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26934
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
hrv saya perna skali di semprot2 ntuh ac cleaner waktu servis di beres, 2 hari kmudian ac jd ngadat ga mau nyala kompresor nya, entah apanya korslet diganti baru nyala... cuman ampe skrg, tiap kl abis parkir cuaca panas, kl baru nyala ad bau2 obat aneh gtjosomba wrote: ↑Thu Jun 04, 2020 6:59Om kemuning, kalau cuman mau ganti bearing blower AC gitu apakah om jual? Atau itu spesifik tiap merk?kemuningauto wrote: ↑Thu Jun 04, 2020 6:33 Kalo Resistor yg bermasalah, misalnya ada 4 setup blower speed ya, di blower 1-2-3 ngga nyala, di 4 baru nyala karena strum langsung yg nomor 4, dan yg 1-2-3 dari resistor. Tapi kalo kadang nyala kadang ngga, coba dicek dari Motor Blowernya bermasalah atau ngga. Beberapa rare case di panel juga bisa error.
mobil saya tiap abis semprot AC Cleaner (terutama yg foam tebel kek honda punya) lgsg dengung blowernya, ujung2nya semprot white lithium ke area bearing sih bertahan sampai dengan saya semprot ac cleaner selanjutnya (kalau semprot silicone cuman tahan 2 bulanan).
kapok deh pake semprot2 cleaner lg
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 522
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Pake Mama Lemon, atau Sunlight lebih amaan.kunaskun wrote:saya rasa iya ya, kalau di indo mungkin caustic soda/lye/soda api ya? banyak disalah gunakan, seperti biasa tapi kalau yg dipake di luar negeri mungkin beda ya?kemuningauto wrote: ↑Thu Jun 04, 2020 10:10Mirip2 kimia pembersih aluminium ya? Ada beberapa bengkel yg emang pake biar Evaporator bersih kinclong bgt kaya baru. Cuma kalo saya pribadi kurang suka, mending pelan2 pake sabun + sikat atau sikat gigi kalo di sudut2 susah. Kalo kimia sayang takutnya kekikis malah bocor
kalau sabun konon ga boleh rinso/detergent/sabun colek kan ya kalau ke aluminum karena ada phosphate, yang lama2 akan korosi? kalau saya selama ini cuci AC mobil atau rumah, anti sabun, malah dulu banget pernah bela2in beli sunlight ijo yg biasa ke indomaret karena tukang AC mobil bebal banget dibilangin ga mau pake rinso/detergent. karena udah tanggung dibongkar disitu, akhirnya saya belai2n beliin, abis itu ga mau lagi balik ke tu bengkel. bengkel yang aneh, resiko di saya kok malah dia yang bebal
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
WEB: www.kemuningauto.id
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 522
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Banyak yg nanya AC Cleaner di tempat kita, selalu kita edukasiin dan lebih baik ngga pake daripada problem malahan AC nya.DOHC wrote:hrv saya perna skali di semprot2 ntuh ac cleaner waktu servis di beres, 2 hari kmudian ac jd ngadat ga mau nyala kompresor nya, entah apanya korslet diganti baru nyala... cuman ampe skrg, tiap kl abis parkir cuaca panas, kl baru nyala ad bau2 obat aneh gtjosomba wrote: ↑Thu Jun 04, 2020 6:59Om kemuning, kalau cuman mau ganti bearing blower AC gitu apakah om jual? Atau itu spesifik tiap merk?kemuningauto wrote: ↑Thu Jun 04, 2020 6:33 Kalo Resistor yg bermasalah, misalnya ada 4 setup blower speed ya, di blower 1-2-3 ngga nyala, di 4 baru nyala karena strum langsung yg nomor 4, dan yg 1-2-3 dari resistor. Tapi kalo kadang nyala kadang ngga, coba dicek dari Motor Blowernya bermasalah atau ngga. Beberapa rare case di panel juga bisa error.
mobil saya tiap abis semprot AC Cleaner (terutama yg foam tebel kek honda punya) lgsg dengung blowernya, ujung2nya semprot white lithium ke area bearing sih bertahan sampai dengan saya semprot ac cleaner selanjutnya (kalau semprot silicone cuman tahan 2 bulanan).
kapok deh pake semprot2 cleaner lg
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
WEB: www.kemuningauto.id
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2916
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
nah ... permasalahannya mobil saya mazda 2 sky, kalau cek2 harga blower mayan juga padahal cuman bearing berisik aja Sementara biarin dulu aja deh berarti, semprot2 white lithium kalau abis bersih2...kemuningauto wrote: ↑Thu Jun 04, 2020 7:09 Kalo Blower AC ngga pernah ganti bearingnya sih saya. Pasti ganti Motor Blowernya langsung, soalnya biasa kena di KM tinggi (sekitar 75.000 KM lebih) jadi jarang juga customer yg minta ganti bearingnya doang, mungkin harga juga ga terlalu mahal kalo buat mobil2 Toyota, Honda.
Sedikit IMO kalo buat cleaner, sebenernya agak2 pro kontra sih, tujuannya buat cleaner, tp saya ga masuk logika bersihinnya kemana. Kalo dibilang ke pembersihan blower mending dicopot dicuci sendiri, kalo dibilang ke Evap agak ga mungkin, masa foam bs bersihin Evap. Kalo emg bisa berarti foamnya bisa lama2 makan bahan Aluminium Evap. Karena kan cuma nempel doang tanpa disikat dll.
Thank you om buat insight ac cleaner-nya, jujur saya juga ga paham begimana kerja kimianya....tp kalau cuman debu2 ringan nampaknya meluruh sih.. pertama kali ni angkut mobil (bekas) 2 tahun lalu, pertama kali semprot ac cleaner air buangannya agak hitam n banyak debu2 gitu sepertinya. Tapi setiap 6 bulan kemudian saya pake yaa cmn bening agak keruh dikit aja (mungkin sudah bersih?) ... ac filter sih selalu pake, cuman yah tetep 6-8 bulan saya ganti n itu dah mayan abu2 sih...
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26934
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
kemuningauto wrote: ↑Fri Jun 05, 2020 1:57Om kemuning,
Kl motor blower ac saya semprot wd40 dikit, bole ga ? Ini ac saya kl d nyalain, ad suara iiinggggg, ga kenceng, cuman kl lg kondisi fa brisik, noticeable jg
numpang lewat aja....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2916
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Mbah, ane punya malah semprot white lithium, secara kekentalan malah lebi berat drpd wd/silicone spray lainnya... Sil spray cmn bertahan 2-3 bulan abis itu ngingggg pelan2 lg
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 522
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
DOHC wrote:Boleh gapapa, abis semprot WD, olesin oli sedikit di as Motor Blowernya.kemuningauto wrote: ↑Fri Jun 05, 2020 1:57Om kemuning,DOHC wrote: hrv em malahan AC nya.
Kl motor blower ac saya semprot wd40 dikit, bole ga ? Ini ac saya kl d nyalain, ad suara iiinggggg, ga kenceng, cuman kl lg kondisi fa brisik, noticeable jg
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
WEB: www.kemuningauto.id
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26934
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Saya ga punya white lithium, tp nanti mau coba saran om kemuning deh, pake oli mesin tetesin dikit
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
siap berarti benar ya saya selama ini. kalau ketemu tukang cuci ac rumah atau mobil selalu bilangnya ga bersih
tandanya perlu ganti mobil itu. masa ac semprot2 WD40
btw WD40 itu bukan pelumas loh, banyak yang salah kaprah soal ini. pertamanya saja licin, tapi ga lama juga hilang itu licinnya.