micoke wrote: Thu Jun 04, 2020 4:15
jadi gini hu,
ogut mau beli mobil Small SUV dengan pilihan :
- BMW X1 2011-2012 S1.8iDrive (inceran sih yg executive)
- Mazda CX-5 Gen1 2011-2014 2.5l GT
kira kira nih hu, menurut pengalaman suhu sekalian yg pernah make mobil ini atau pernah compare mobil ini ogut minta pencerahannya
1. Tips beli bekas nya gmn ya hu? harus ogut cek apanya aja ya?
2. buat tes cek barang nya di bengkel resmi yg rekomen ?
3. konsumsi bensin brp ya hu kalo boleh tau?
4. ketersediaan sparepart nya banyak atau susah ya hu?
5. penyakit yg biasanya muncul apa aja ya?
6. kira kira spare budget buat restorasi nya brp ya hu?
thank you suhu sebelumnya, semoga sukses semuanya
Kalo diantara 2 itu. Saya vote CX5 aja, karena fitur lebih lengkap, maintenance juga lebih murah daripada x1 gen 1
Sebagai ex owner CX5 Gen 1 2.0 Touring 2013, saya bantu jawab ya
1. - rack steering, karena CX5 gen 1 agak rawan dibagian ini
- Aki istopnya, karena yg 2.5 ini sudah pake teknologi istop, beda sama yg 2.0 1st batch yg masih pake aki biasa
- Kaki2, pastikan sehat, karena mobil ini cukup banyak yg odonya tinggi, sehingga kaki2 jg perlu penggantian akibat usianya yg udh gak muda lagi
- Service record, pastikan di beres, dan lengkap
- Sensor2, karena cx5 termasuk advaced baik fitur dan teknologinya buat ukuran SUV jepang dieranya dibandingkan dengan rival2 sekelasnya
- Sunroofnya, pastikan tombolnya berfungsi dengan baik
2. Kalo cek barang, gak harus di beres. Selama mobilnya oke dan bukan bekas nabrak atau banjir + sehat gak masalah mau testnya dimana saja. Cuma kalau bisa, mending cek ke bengkel resmi, buat memastikan riwayat service mobil tersebut
3. Konsumsi BBM 1:9-10 dalkot kalo kaki sruntulan, 1:12-14 kalo kaki santai
4. Kalo dikota besar , termasuk mudah, dan harus siap biaya perawatan yang lebih mahal daripada mobil jepang lainnya. Tapi partnya semua durable kok, dan worthed dengan harganya. Kelemahannya cuma in some case, harus inden. Kalo di daerah mungkin agak susah partnya menurut saya
5. Penyakitnya
- Aki istop
- Rack steering
- Kaki2
3 itu aja sih penyakitnya yg harus diperhatikan, yg menurut saya termasuk wajar karena usia mobil ini yg gak muda lagi. Overall mobil ini termasuk bandel, saya pernah pake sampe odo 150rb , dijual tahun 2019 lalu, cuma servis rutin dan ganti oli doang, serta penggantian part yg wajar karena pemakaian dan umur, seperti engine mounting, rack steering, shockbreaker, dll. Sisanya no complain. Interior no rattle and still solid sampe dijual, dan peredaman termasuk yg terbaik di kelasnya. Kalau dalam kondisi sehat, peforma mobil ini jg gak malu2in , tarikan dan perpindahan giginya cukup smooth, serta kualitasnya juga oke. Boleh diadu sama mobil med SUV keluaran terbaru sekalipun, mobil ini masih sangat layak secara peforma, handling , dan qualitynya. Kalau om TS udh siap sama risikonya seperti gak masalahin brand, akomodasi, row 2, dan maintenance yg lebih mahal daripada mobil jepang lainnya. Go for it
CX5 Gen 1 , apalagi yg 2.5 buat saya sangat worth it dan recomended buat dipinang. Salah satu mobil terbaik yg pernah saya punya , dan sampai sekarang masih agak berat untuk menjualnya. Karena mobilnya masih enak, dan senyap biarpun dah 6 tahun serta odonya dah 150rb, dijual karena odo sudah 150rb dan engine mountingnya mulai rewel + tarikan mesinnya udah agak berat pas 100kpj, wajar karena usia, karena pas baru masih anteng2 aja, 180 kpj gampang banget kalau pake mobil ini hehehe. Sekarang pakai SUV dari merek sebelah yg berturbo itu kerasa downgrade dari segala sisi, terutama peforma, handling ,dan interior qualitynya, yg gabisa seenak CX5 gen 1 ini
6. Spare budget , kalau saran saya sih, 10-30 jt , untuk rekondisi kaki2, mesin, matic, dan aki istopnya
1 tips lagi nih buat om TS kalo mau minang CX5 Gen 2014 GT. Karena punya exterior yang sama persis dengan CX5 2.0 touring saya dulu:
- Perhatikan warna joknya. Kalau 2.5 , warna joknya beige, sedangkan kalau 2.0 hitam
- Perhatikan desain tuas transmisinya. Kalau 2.5 2014, desainnya sudah model lurus kek CRV Gen 3. Sedangkan CX5 2013 akhir, desainnya masih sama kek CX5 2.0 , yaitu model spiral kek fortuner VNT. Tapi ini saya tekankan lagi ya. kalau mazda CX5 2.5 GT, baik yg 2013 - 2015 awal (PFL). itu warna joknya SAMA SEMUA, yaitu BEIGE. Jadi kalau bukan beige, sudah pasti itu bukan versi 2.5 GT, bisa tipe sport, bisa juga 2.0 Touring
- Perhatikan juga cover enginenya. Kalau yg 2.5 itu, warna cover enginenya black, senada dengan warna blok mesinnya. Kalau 2.0, warna nya biru , di bagian tengah biasanya
Itu aja sih kalau dari saya. Semoga bermanfaat, dan happy hunting