Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
PAO ga mungkin 90% dr total oli.. MSDS oli kebanyakan cuman 10-30% memang. PAO terlalu banyak juga bahaya buat seal. Cmiiw om turbo.
Tp kalau dikaitkan dengan long drain. PAO based jelas long drain. Ambil contoh amsoil 0-20, itu TBN pada >10 dan NOACK (penguapan) yg rendah...
Coba oom baca2 BITOG atau Machinery Lubrication mengenai oli2 mulai dr vhvi, pao, ester...
Itu dia maksud saya Om.
Kl.pure PAO aja malah ngga bisa long drain krn sifat dan karakteristik PAO sendiri.
Kl dicampur ama Ester atau VHVI iya bisa long drain.
Intinya sich emang ngga ada yg pure PAO.
Saya baca disini sich om ngga tau msh valid atau ngga. https://kupasmotor.wordpress.com/2016/0 ... -tidak/amp
Bahkan disana bisa ksh MTBF nya lho u beberapa merk oli saat tulisan itu dibuat dgn mengacu ke penelitian salah satu dosen.
Koreksi kl salah ya om krn msh nubie bgt ttg oli.
Oli automotive rata2 kandungan PAO nya dari 7 - 30% lah
Yang base oil nya 100% PAO amat sgt jarang sekali, salah 1 nya PTT 4T racing oil yg 10W60 / 10W50 botol biru (kalo ga salah 70% PAO & 30% additip package di data MSDS nya)
Redline juga konon kandungan PAO nya tinggi
Btw pabrikan penghasil PAO juga tentu pasti akan terus menyempurnakan produk-nya, gak mungkin diam di tempat lah
Spt base oil Grup 2 & 3 pun skg ada Grup 2+ dan Grup 3+
Bahkan Grup 1 pun sudah ada Grup 1 Hydrotreated
ol2 mobil1 yg kelas keraton jg PAO-nya 60-70%
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Herman7103 wrote: Mon Jun 01, 2020 6:59
Engine oil Schaeffer Supreme 9000 SAE 5W30 API SN sudah saya gunakan di Nissan ANGL CVT tahun 2014
resultnya ok banget utk oli seharga 120 ribu per liter utk mesin HR15DE Twin VTC , saat Italian tune up di toll kayu agung ke lampung ngak kesulitan nyampai speed 175 km padahal pedal gas belum nyampai ke floor (istri di bangku samping sudah nyubit) jadi lepas pedal gas deh padahal mobil bbm nya cuma premium ron 88 wkwkwk. Cuma saat mobil jalan dengan oli ini 2000 KM, masih tetap harus top up oli mesinnya wkwkwk. Sekarang di garasi masih ada stock oli ini dan oli motul H-Tech 100 5W30 API SN.IMG_20191211_175359.jpg
Italian Tune Up sampe speed 175 km di rpm 6000 om?
Top up sampe brp ml om?
Dan interval ganti per brp km atau brp bln?
Quote
Italian Tune Up sampe sp seed 175 km di rpm 6000 om?
answer : RPM nya ngak gue lihat dan fotoin yg pasti sudah high RPM.
Top up sampe brp ml om?
Top up cukup 250 ml sud ah balik ke posisi tengah antara min dan max dipstick.
Dan interval ganti per brp km atau brp bln?
Walau pakai oli Schaeffer supreme, saya tetap ganti oli mesinnya saat odo masa pakai olinya hampir 6 bulan, karena oli mesinnya warnanya dah cukup gelap aja karena BBM selalu premium ron 88 sih. Inilah kenapa mesin HR15DE twin VTC di mobil ANGL saya sampai sekarang masih halus suaranya dan masih stabil iritnya kalau saya yang nyetir.
Lucunya kata orang mesin grand livina harus carbon clean tiap tahun dan punya gue cuma sekali carbon clean saat masih masa waranty dulu. Dan kalau gue tiap tahun biasanya akhir tahun gue bawa mobil ke tol aja untuk Italian Tune Up sudah cukup no ngelitik kok HR15DE twin VTC ngapain kekuar duit untuk Carbon Clean wkwkwk. 6 tahun mesin mobil di isi premium ron 88, asal ngak pakai oli mesin ACDC mah aman dan ganti filter oli mesin tiap ganti oli.
Sadess, kayak mesin kelas balap yaa om.
oli keraton aja bisa dibikin nguap, padahal br 2000km
gmn pk oli bawaan be-res nasibnya, trus dihajar sampai 10rb trus gak dicek.
biasanya common user, iya2 aja sm bengkel resmi kan gtu
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
blloewy wrote: Mon Jun 01, 2020 16:20
Itu dia maksud saya Om.
Kl.pure PAO aja malah ngga bisa long drain krn sifat dan karakteristik PAO sendiri.
Kl dicampur ama Ester atau VHVI iya bisa long drain.
Intinya sich emang ngga ada yg pure PAO.
Saya baca disini sich om ngga tau msh valid atau ngga. https://kupasmotor.wordpress.com/2016/0 ... -tidak/amp
Bahkan disana bisa ksh MTBF nya lho u beberapa merk oli saat tulisan itu dibuat dgn mengacu ke penelitian salah satu dosen.
Koreksi kl salah ya om krn msh nubie bgt ttg oli.
Waduh blog pecinta migor dan fans-nya om Sucahyo...
Saya juga nubie kok tenang om...anyway...ya ga salah baca tu blog tp better crosscheck dengan web BITOG atau kalau mau bahasa planet lain dikit oilclub.ru... Disana kalau mau liat review spesifik oli, cari pembahasan yg sambil nunjukkin UOA juga, jd valid...
blloewy wrote:
Italian Tune Up sampe speed 175 km di rpm 6000 om?
Top up sampe brp ml om?
Dan interval ganti per brp km atau brp bln?
Quote
Italian Tune Up sampe sp seed 175 km di rpm 6000 om?
answer : RPM nya ngak gue lihat dan fotoin yg pasti sudah high RPM.
Top up sampe brp ml om?
Top up cukup 250 ml sud ah balik ke posisi tengah antara min dan max dipstick.
Dan interval ganti per brp km atau brp bln?
Walau pakai oli Schaeffer supreme, saya tetap ganti oli mesinnya saat odo masa pakai olinya hampir 6 bulan, karena oli mesinnya warnanya dah cukup gelap aja karena BBM selalu premium ron 88 sih. Inilah kenapa mesin HR15DE twin VTC di mobil ANGL saya sampai sekarang masih halus suaranya dan masih stabil iritnya kalau saya yang nyetir.
Lucunya kata orang mesin grand livina harus carbon clean tiap tahun dan punya gue cuma sekali carbon clean saat masih masa waranty dulu. Dan kalau gue tiap tahun biasanya akhir tahun gue bawa mobil ke tol aja untuk Italian Tune Up sudah cukup no ngelitik kok HR15DE twin VTC ngapain kekuar duit untuk Carbon Clean wkwkwk. 6 tahun mesin mobil di isi premium ron 88, asal ngak pakai oli mesin ACDC mah aman dan ganti filter oli mesin tiap ganti oli.
Sadess, kayak mesin kelas balap yaa om.
oli keraton aja bisa dibikin nguap, padahal br 2000km
gmn pk oli bawaan be-res nasibnya, trus dihajar sampai 10rb trus gak dicek.
biasanya common user, iya2 aja sm bengkel resmi kan gtu
Selama 6 tahun piara ANGL belum pernah sekalipun ganti oli mesin dan filter oli yang sudah jalan nyampai 10 ribu KM wkwkwk. Cukup maximal pakai oli mesin itu kalau saya pribadi ya cuma 6 atau 7 bulan saja sudah ok karena sadar diri bensinnya aja selalu premium ron 88 yg belum pernah sampai bikin dompet tipis wkwkwk.
Ngak ada komplen saya tentang engine HR15DE Twin VTC so far so good and acceptable for me.[emoji2]
Suryaputra wrote: Tue Jun 02, 2020 2:30
Sadess, kayak mesin kelas balap yaa om.
oli keraton aja bisa dibikin nguap, padahal br 2000km
gmn pk oli bawaan be-res nasibnya, trus dihajar sampai 10rb trus gak dicek.
biasanya common user, iya2 aja sm bengkel resmi kan gtu
mmm anu om .... pernah pelihara HR15DE juga di mobil yg mukanya bisa aneh bisa ganteng
Pake 2012-2015, pake sampe 92-94k KM .... ganti olmes tiap 10k pake idemitsu-nya NGO, masih nurut beres..... yah... pas buka di 70k KM sih ada sludge dikit aja ga banyak seperti yg biasa ditakutkan, mungkin karena sering high-RPM rute tangsel-bandung .... tapi cvt-nya .... hmm nampaknya pas dijual dah mau mokat, sering limp mode