Guys, mo minta bantu pengalaman ato pendapat ya..
Mungkin ada yg pake Corolla Great ato All New (4A-FE) matik.
Saya kemarin ada kejadian seal pompa oli matik bocor, mungkin karena usia mobil yg "lahir" th 94.
Alhasil masuk bengkel deh, bukan BERES krn selisih biaya kerja jauh bgt.
Yg diganti semua seal dan O ring, filter dibersihin pake flusher.
Setelah jadi, saya pake kok ada perubahan yg signifikan..
Perpindahan gigi yg tadinya sekitar RPM 1800-1900 saat pemakaian normal dan 3000an kalo gas di injek dalem,
sekarang jadinya 2200-2500 untuk setiap gigi, dengan pemakaian normal.
Kalo nge-gas dalem gigi pindah di RPM 3300-3500an.
Selain itu, yg biasanya dari posisi N ke D ato ke R tidak ada sentakan (cm halus aja) sekarang jd menyentak bgt.
Saya dah coba kendurkan kabel kick-down, tp gak pengaruh.
Yg mau saya tanyakan :
~ Sebenarnya perpindahan gigi yg normal (pd pemakaian santai) untuk sedan matik itu di RPM brp ?
~ Sentakan keras yg ada saat masuk gigi dari posisi N itu apakah normal ? (rasanya sih ndak ya..)
~ Kira2 apa yg salah pada saat service itu, sehingga perpindahan gigi jadi di RPM tinggi dan nyentak ?
~ Apakah mungkin hal ini disebabkan krn sebelumnya sirkulasi oli tidak bagus, jadinya tekanan oli rendah, jadi secara mekanis gigi sudah oper di RPM rendah ?
Sebagai catatan, kondisi "jeroan" matik masih bagus semua, hanya sebelumnya seal2 yg sudah sgt kaku.
Saya sih rencana mau balikin ke bengkel, tapi sebelum di obrak abrik lagi, baiknya saya punya gambaran dulu..
Mohon pencerahan dari rekan2 semua.
Thanks a lot in advance.
[ASK] GRECO MATIK
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Fri Oct 07, 2005 4:26
- Location: Jakarta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Fri Oct 07, 2005 4:26
- Location: Jakarta