Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 289
- Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
- Location: Greater Jakarta
- Daily Vehicle: 2024 Honda DD1 - 2019 Honda RU1
Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T
Ane lagi liat2 review Tokisul di forum ini soalnya lagi mikir2 buat ambil Tokisul jadi daily workhorse. Satu yang mengganjal buat ane soal FC nya antara 7K-E matic sama manual, di beberapa thread ane liat FC nya sama2 1:7-1:8, kok bisa sama persis? Jadi bingung apa angka segitu itu seirit2nya matic, seboros2nya manual apa gimana? Mohon pencerahannya suhu, thanks.
Odd: 2024 DD1 L12B CVT
Even: 2019 RU1 L15Z CVT
In memoriam:
2015 A03A 3A92 5MT
2008 CY4A 4B11 CVT
2003 E46 M54B25 5AT
1994 E36 M50B20 5MT
Even: 2019 RU1 L15Z CVT
In memoriam:
2015 A03A 3A92 5MT
2008 CY4A 4B11 CVT
2003 E46 M54B25 5AT
1994 E36 M50B20 5MT
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T
Bayangin aja mesin teknologi tahun 80an + matik konvensional + body kijang kapsul om...triopdd wrote: Wed May 27, 2020 14:23 wah masih bagus banget ya om mobilnya
kalau cuman sekedar jadi "kaki" udah lebih dari cukup ya
tapi kalau nanjak2 lemot bgt ya om jadi harus matiin ac?
Mgkn lbh proper yg 2000cc AT
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T
Fuel kons segitu dgn catatan eco drive om...utk workhorse sy lbh saranin ambil yg MTHaykelAdityawarman wrote: Fri May 29, 2020 6:17 Ane lagi liat2 review Tokisul di forum ini soalnya lagi mikir2 buat ambil Tokisul jadi daily workhorse. Satu yang mengganjal buat ane soal FC nya antara 7K-E matic sama manual, di beberapa thread ane liat FC nya sama2 1:7-1:8, kok bisa sama persis? Jadi bingung apa angka segitu itu seirit2nya matic, seboros2nya manual apa gimana? Mohon pencerahannya suhu, thanks.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T
Konsumsi BBM banyak faktor yg mempengaruhinya. Selain gaya mengemudi, kondisi lalulintas, & medan yg dilalui, di Kijang ini masih banyak tuning yang disetel secara manual, misalnya timing delco dan CO, itu juga pengaruh ke konsumsi BBM.HaykelAdityawarman wrote: Fri May 29, 2020 6:17 Ane lagi liat2 review Tokisul di forum ini soalnya lagi mikir2 buat ambil Tokisul jadi daily workhorse. Satu yang mengganjal buat ane soal FC nya antara 7K-E matic sama manual, di beberapa thread ane liat FC nya sama2 1:7-1:8, kok bisa sama persis? Jadi bingung apa angka segitu itu seirit2nya matic, seboros2nya manual apa gimana? Mohon pencerahannya suhu, thanks.
Ini rekor2 konsumsi BBM Kijang 7K-E M/T sy, selalu pake pertalite.
Dalam kota (Bandung)
Rekor terboros 1:5
Rekor terhemat 1:7,5
Rata-rata 1:6-7
Luar kota non tol
Rekor terboros 1:8,5
Rekor terhemat 1:11,5
Rata-rata 1:9-10,5
Luar kota tol
Rekor terboros 1:10,5
Rekor terhemat 1:14
Rata-rata 1:11-12
Nah itu dr 1 unit mobil yg sama aja range konsumsi BBMnya udh jauh

1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T
kl ngebandingin kopling kapsul ama ipah
saya jauhhh lebi milih ngopling kapsul, entah knapa jauhh lebi enteng dan enak drpd ipah, perbandingan utk 2 2 mobil yg odo nya ud tinggi yah
saya jauhhh lebi milih ngopling kapsul, entah knapa jauhh lebi enteng dan enak drpd ipah, perbandingan utk 2 2 mobil yg odo nya ud tinggi yah
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T
entah kenapa kopling innova kok lebih keras ya, dibanding kapsul
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T
Kopling keras bukannya mesti cek kondisi dekrup & plat kopling jg ya...kalo saya sih (di mobil lain) saya cabut per pedalnya..sekalian bongkar jeroan masternya & carikan per pengganti yg lebih empuk
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T
Mungkin krn scara ukuran kopling ipah lebi besar drpd kapsul
Tp yg saya rasain sehh, kopling ipah itu lebi keras drpd kapsul, bahkan pas odo blom tinggi skalipun
Tp yg saya rasain sehh, kopling ipah itu lebi keras drpd kapsul, bahkan pas odo blom tinggi skalipun
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T
Kopling kapsul emang empuk... Macet2an jg ga terlalu capek... Tp tuas persenelengnya terlalu kaku 

1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 289
- Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
- Location: Greater Jakarta
- Daily Vehicle: 2024 Honda DD1 - 2019 Honda RU1
Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T
Iya sih om, memang FC itu tergantung banget sama medan yang dilewatin. Mungkin klo tokisul matic bisa dapet rata2 1:6 atau 1:7 medannya mainly lebih lancar dari yang om lewatin ya.coklatMetalik wrote: Fri May 29, 2020 10:01Konsumsi BBM banyak faktor yg mempengaruhinya. Selain gaya mengemudi, kondisi lalulintas, & medan yg dilalui, di Kijang ini masih banyak tuning yang disetel secara manual, misalnya timing delco dan CO, itu juga pengaruh ke konsumsi BBM.HaykelAdityawarman wrote: Fri May 29, 2020 6:17 Ane lagi liat2 review Tokisul di forum ini soalnya lagi mikir2 buat ambil Tokisul jadi daily workhorse. Satu yang mengganjal buat ane soal FC nya antara 7K-E matic sama manual, di beberapa thread ane liat FC nya sama2 1:7-1:8, kok bisa sama persis? Jadi bingung apa angka segitu itu seirit2nya matic, seboros2nya manual apa gimana? Mohon pencerahannya suhu, thanks.
Ini rekor2 konsumsi BBM Kijang 7K-E M/T sy, selalu pake pertalite.
Dalam kota (Bandung)
Rekor terboros 1:5
Rekor terhemat 1:7,5
Rata-rata 1:6-7
Luar kota non tol
Rekor terboros 1:8,5
Rekor terhemat 1:11,5
Rata-rata 1:9-10,5
Luar kota tol
Rekor terboros 1:10,5
Rekor terhemat 1:14
Rata-rata 1:11-12
Nah itu dr 1 unit mobil yg sama aja range konsumsi BBMnya udh jauh![]()
PS: dalkot bandung emang gila2an, mitsu CVT ane disana ga pernah lebih tinggi dari 1:7, pindah ke jakarta ga pernah dibawah 1:9 semacet2nya juga -_-
Ipah 2KD ane sih lumayan berat, mungkin krn torsi yang lebih gede dari kapsulDOHC wrote: Sat May 30, 2020 4:41 Mungkin krn scara ukuran kopling ipah lebi besar drpd kapsul
Tp yg saya rasain sehh, kopling ipah itu lebi keras drpd kapsul, bahkan pas odo blom tinggi skalipun
Odd: 2024 DD1 L12B CVT
Even: 2019 RU1 L15Z CVT
In memoriam:
2015 A03A 3A92 5MT
2008 CY4A 4B11 CVT
2003 E46 M54B25 5AT
1994 E36 M50B20 5MT
Even: 2019 RU1 L15Z CVT
In memoriam:
2015 A03A 3A92 5MT
2008 CY4A 4B11 CVT
2003 E46 M54B25 5AT
1994 E36 M50B20 5MT
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T
Nice review om. Keep it original
Kijangnya masih mulus dan ori semua tu printilannya kecuali bemper belakang dan jarang yg matic, karena banyakan yg manual.Tante saya pernah punya yg last gen LGX 1.8 EFI MT 2003, dari baru sampe dijual tahun 2017 buat ganti Grand New Avanza E MT masih fine2 aja, cuma servis rutin dan ganti oli aja, karena mobil ini termasuk badak dan awet hehehe serta pasarannya masih nahan, punya tante saya masih laku 80jt ke pdg , lokasi di jkt dan kondisi baret2 di bagian bemper tapi interior dan exterior serta cat masih ori semua, blm pernah repaint
Kijangnya masih mulus dan ori semua tu printilannya kecuali bemper belakang dan jarang yg matic, karena banyakan yg manual.Tante saya pernah punya yg last gen LGX 1.8 EFI MT 2003, dari baru sampe dijual tahun 2017 buat ganti Grand New Avanza E MT masih fine2 aja, cuma servis rutin dan ganti oli aja, karena mobil ini termasuk badak dan awet hehehe serta pasarannya masih nahan, punya tante saya masih laku 80jt ke pdg , lokasi di jkt dan kondisi baret2 di bagian bemper tapi interior dan exterior serta cat masih ori semua, blm pernah repaint
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T
Om MSU biasa ngisi angin ban pk tekanan brp?
Klo ikut yg di stiker pintu cuma 26 depan 30 belakang, keliatannya masih kempes
Klo ikut yg di stiker pintu cuma 26 depan 30 belakang, keliatannya masih kempes

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Wed Jan 28, 2015 16:21
Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T
keren gan, ane jadi pengen melihara kijang kapsul diesel nih
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T
Maap baru reply....saya sih 30psi depan & belakang om, asumsi max cuma ada 4 orang di mobil.coklatMetalik wrote: Thu Jun 11, 2020 0:47 Om MSU biasa ngisi angin ban pk tekanan brp?
Klo ikut yg di stiker pintu cuma 26 depan 30 belakang, keliatannya masih kempes![]()
IMG_20200501_143754.jpg
Memang terlihat masih rada kempes...biasa ban eco2 ( saya pake ecopia)...ban sebelumnya dunlop sp touring malah terlihat lebih kempes & terasa lebih lunak.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Fri Dec 20, 2019 18:26
- Location: balikpapan
- Daily Vehicle: crv turbo
Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T
Ini mah the real mobile legend, 11 tahun pake bener2x cuman isi bensin ma ganti olie ma ban. Sayang harus dilego karena garasi tak muat lg buat si doi....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T
Sy pk Turanza, sama juga ga pernah muat berat. 30 pun masih keliatan kempes, tp kalo sama ya udah deh berarti emang normalnya begituMSU wrote: Sat Jul 04, 2020 4:28
Maap baru reply....saya sih 30psi depan & belakang om, asumsi max cuma ada 4 orang di mobil.
Memang terlihat masih rada kempes...biasa ban eco2 ( saya pake ecopia)...ban sebelumnya dunlop sp touring malah terlihat lebih kempes & terasa lebih lunak.

Pernah nyoba 26 di depan sesuai stiker di pintu & manual book, kempes banget, selalu dikatain orang dibilang kurang angin

Mungkin desain ban jaman dulu beda ya
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T
Ga ada yg kelewat om?areksurokerto12 wrote: Sat Jul 04, 2020 8:43 Ini mah the real mobile legend, 11 tahun pake bener2x cuman isi bensin ma ganti olie ma ban. Sayang harus dilego karena garasi tak muat lg buat si doi....
Aki? Busi? Fan belt? Filter oli? Filter udara? Hehehe


1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82