Turboman wrote: ↑Tue May 26, 2020 15:57
blloewy wrote:Turboman wrote: ↑Tue May 26, 2020 5:57
di SPBU kerang byk
10W40 kodenya HX6
lagi compare perbandingan PTT Full Syn 5W-40 ama Shell HX7 5W-40 om u interval 8-10 bln maks 5000 km di HR15DE.
Secara harga juga ngga beda jauh, mau ambil TQ9000 5W-30 sdh jelas ngga bs 8-10 bln krn penguapan tinggi.
Suhu coolant HR15DE aja sdh 96 deg C kebaca di OBD
Itu tercapai dalam 10 menit mesin idle jd ngga kebayang itu kl kondisi macet jakarta utara-depok via JORR yg bisa tembus 4 jam perjalanan kl sore hari
perbedaan angka di depan W itu hanya saat oil viscosity di suhu rendah aja kah om Turbo? Atau ada perbedaan signifikan lainnya?
Asumsi merk yg sama - full synth tp beda angka depan aja 5W ama 10W.
suhu coolant 96 C itu saat jalan normal ???
busyeettt
gimana kalo high RPM ya ?
kalo melihat gini ya mmg lebih cocok 5W40........kalo PTT ambil yg NGV 5W40 aja
HX7 - 5W40 juga bisa
Btw pernah survey Termostat yg opening Temp nya lebih rendah gak ?
Saat idle itu om ketika dari cold start sampe mesin mencapai kondisi optimal dmn lampu indikator Temperature Biru mati.
Kl liat spek termostat nya itu buka di 80-83.5 deg C mulai buka.
Tp....ini ada tapinya...baru buka full kl sdh mencapai suhu 95 deg C makanya jelas aja coolant nya mesti di atas 96 deg C baru mulai ngalir full
Justru saya khawatir sebaliknya pas awal sebelum baca2 di SM ini.
Dengan oli terlalu kental malah buat panas mesin menjadi lbh panas dibanding oli yg lbh encer.
Kl habis jalan jauh atau 20 km dgn rute macet aja itu mau buka kap mesin aja luar biasa panas...
mesti dibantu kanebo dulu u buka pengait kap mesin
Dgn engine HR15DE ini makanya ngeri2 sedap kl maen di High RPM.
Termostat open mulai di suhu 80-83,5 deg C tp bukaan full di 95 deg C makanya suhu coolant sekitaran 96 deg C Om.
Dan ini sepertinya disengaja u jaga kompresi mesin nya 10,5 itu
Knp dibuat begitu biar ada powernya mungkin ya
Makanya engine HR15DE ini mesti dpt BBM Gizi tinggi kl ngga ya sdh ngelitik forever dah...
Kecuali ganti engine MR18DE yg entah knp lbh tahan bensin jelek dan ngga terlalu panas serta ngga mudah ngelitik