Menarik ini oli om, yg 5w30 di carfix 375/gallon (br aja collab mereka). Kl bagus unt harganya lumayan sih, daripada misalnya dicekokin TMO 10w40
Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3449
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 55
- Joined: Fri Dec 27, 2019 14:02
- Location: indonesia
- Daily Vehicle: HR15DE
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 55
- Joined: Fri Dec 27, 2019 14:02
- Location: indonesia
- Daily Vehicle: HR15DE
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9773
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
sama TQ9000 gmn om ?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 55
- Joined: Fri Dec 27, 2019 14:02
- Location: indonesia
- Daily Vehicle: HR15DE
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Hampir2 sama om, tp saya pake TQ baru dapet 1000an km
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1101
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Skrg posisi udh jalan +-4rb km pake SGO...Profith83 wrote: ↑Sat May 23, 2020 11:25Flush saja seperti itu olinya. Sudah jalan berapa KM sejak ganti oli terakhir?rendr wrote: ↑Sat May 23, 2020 11:18 Ngomong2 soal flush, kmrn sempet overdue pake oli tua, udh jadi kecap didalem...
Akhirnya pake ramuan 3L meditran sx 15w40 + sisa TQ9000 buat flush
1590232452606.jpg
Baru 10 menit idle +-5 menit rev di 3k rpm, pas di drain lagi udh begini hasilnya...
1587125077374.jpg
Emg udh rencana mau ganti oli lagi..
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3934
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 170
- Joined: Tue Jan 23, 2018 0:55
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Om turbo dan suhu2 lainnya. Mau nanya, oli ptt super syntetic 0w30 bisa dipake smpe brp km ya di mesin flate tape?? Kondisi sering kluar kota jarang kena macet. Rpm rata2 2rb smpe 4rbBayuright wrote: ↑Fri May 22, 2020 5:33Makasih om turboTurboman wrote:Promo promo lageScreenshot_2020-05-22-11-51-23-228_com.instagram.android.jpg
Udah beli PTT 0w30
6Pcs + discount 5%
Per liter jatuhnya 95rb [emoji1787][emoji1787][emoji1787][emoji1787]
Promo sebelumnya ptt 5w30 dapet 85/LScreenshot_20200522-123136_Blibli.jpg
Apa bisa dipake smpe 10rb km?? 10rb km tercapai dalam waktu 5-6 bulan
Terima kasih
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1924
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HR15 - 2012
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
SGO dipake sdh brp lama itu om 4000 km?rendr wrote: ↑Sat May 23, 2020 13:29Skrg posisi udh jalan +-4rb km pake SGO...Profith83 wrote: ↑Sat May 23, 2020 11:25Flush saja seperti itu olinya. Sudah jalan berapa KM sejak ganti oli terakhir?rendr wrote: ↑Sat May 23, 2020 11:18 Ngomong2 soal flush, kmrn sempet overdue pake oli tua, udh jadi kecap didalem...
Akhirnya pake ramuan 3L meditran sx 15w40 + sisa TQ9000 buat flush
1590232452606.jpg
Baru 10 menit idle +-5 menit rev di 3k rpm, pas di drain lagi udh begini hasilnya...
1587125077374.jpg
Emg udh rencana mau ganti oli lagi..
Engine Ertelu kah ini mobilnya?
nubie in all things - still need to learn
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1101
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Bukan om.. ini mobil sport 1500cc mid engine rwd om..
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
-
- SM Specialist
- Posts: 22007
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Bisa 10.000 kmomnyanaira wrote:Om turbo dan suhu2 lainnya. Mau nanya, oli ptt super syntetic 0w30 bisa dipake smpe brp km ya di mesin flate tape?? Kondisi sering kluar kota jarang kena macet. Rpm rata2 2rb smpe 4rbBayuright wrote: ↑Fri May 22, 2020 5:33Makasih om turboTurboman wrote:Promo promo lageScreenshot_2020-05-22-11-51-23-228_com.instagram.android.jpg
Udah beli PTT 0w30
6Pcs + discount 5%
Per liter jatuhnya 95rb [emoji1787][emoji1787][emoji1787][emoji1787]
Promo sebelumnya ptt 5w30 dapet 85/LScreenshot_20200522-123136_Blibli.jpg
Apa bisa dipake smpe 10rb km?? 10rb km tercapai dalam waktu 5-6 bulan
Terima kasih
kadar SAPS nya mendukung (pernah liat VOA nya)
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1101
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Om turbo dan suhu semuanya..
Mau tanya, kalo penambahan oil additive macem ceratec or Motor Oil Saver nya LM ini apa ada pengaruh ke drain interval oli? Apa akan mendegradasi oli baru?
Mau tanya, kalo penambahan oil additive macem ceratec or Motor Oil Saver nya LM ini apa ada pengaruh ke drain interval oli? Apa akan mendegradasi oli baru?
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3449
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
tbn-nya berapa ya om? Di pds yg sn+ ga nyatetin soalnyaTurboman wrote: ↑Sun May 24, 2020 2:01Bisa 10.000 kmomnyanaira wrote:Om turbo dan suhu2 lainnya. Mau nanya, oli ptt super syntetic 0w30 bisa dipake smpe brp km ya di mesin flate tape?? Kondisi sering kluar kota jarang kena macet. Rpm rata2 2rb smpe 4rb
Apa bisa dipake smpe 10rb km?? 10rb km tercapai dalam waktu 5-6 bulan
Terima kasih
kadar SAPS nya mendukung (pernah liat VOA nya)
-
- SM Specialist
- Posts: 22007
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
kalo saya biasa liat dulu kandungan antiwear di oli yg kita pake ada apa ajarendr wrote:Om turbo dan suhu semuanya..
Mau tanya, kalo penambahan oil additive macem ceratec or Motor Oil Saver nya LM ini apa ada pengaruh ke drain interval oli? Apa akan mendegradasi oli baru?
jenis zat yg gak terkandung barulah kita kasih additip yg sesuai, itupun juga kita harus liat analisa test lab additip tsb isinya apa aja
CERATEC pernah liat VOA nya di BITOG isinya mostly Ammonium Molybdate & sebagian kecil Boron Nitride. (Ada yg bisa jelaskan sejauh apa efektivitas Ammonium Molybdate utk pelumas ?)
jadi yg sy pernah lakukan adalah utk oli yg gak ada zat Moly nya, saya tambah LM MoS2 sedikit, krn pernah liat VOA nya di BITOG (isinya Molybden)
Biasanya oli2 Diesel API CI-4 scr umum antiwearnya ZDDP & Boron, jadi bisa lah kita tambah MoS2 dikit
tapi kalo oli yg udah ada MoS2 dlm jumlah agak besar spt Redline / Schaeffer ya jangan dikasih apa2 lagi
juga oli2 kelas Keraton & seri2 High Spec merek apapun ya jangan dikasi apa2 lagi
IMHO
Disclemer
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22007
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
saya gak perhatiin TBN nyaerwinign wrote:tbn-nya berapa ya om? Di pds yg sn+ ga nyatetin soalnyaTurboman wrote: ↑Sun May 24, 2020 2:01Bisa 10.000 kmomnyanaira wrote: Om turbo dan suhu2 lainnya. Mau nanya, oli ptt super syntetic 0w30 bisa dipake smpe brp km ya di mesin flate tape?? Kondisi sering kluar kota jarang kena macet. Rpm rata2 2rb smpe 4rb
Apa bisa dipake smpe 10rb km?? 10rb km tercapai dalam waktu 5-6 bulan
Terima kasih
kadar SAPS nya mendukung (pernah liat VOA nya)
tapi angka Ca nya kalo gak salah 2000 ppm kurang sedikit, udah mirip spt Schaeffer 5W30
angka Ca segini sih biasanya TBN akan sgt lambat turunnya
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1101
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Noted om turbo..Turboman wrote: ↑Sun May 24, 2020 4:37kalo saya biasa liat dulu kandungan antiwear di oli yg kita pake ada apa ajarendr wrote:Om turbo dan suhu semuanya..
Mau tanya, kalo penambahan oil additive macem ceratec or Motor Oil Saver nya LM ini apa ada pengaruh ke drain interval oli? Apa akan mendegradasi oli baru?
jenis zat yg gak terkandung barulah kita kasih additip yg sesuai, itupun juga kita harus liat analisa test lab additip tsb isinya apa aja
CERATEC pernah liat VOA nya di BITOG isinya mostly Ammonium Molybdate & sebagian kecil Boron Nitride. (Ada yg bisa jelaskan sejauh apa efektivitas Ammonium Molybdate utk pelumas ?)
jadi yg sy pernah lakukan adalah utk oli yg gak ada zat Moly nya, saya tambah LM MoS2 sedikit, krn pernah liat VOA nya di BITOG (isinya Molybden)
Biasanya oli2 Diesel API CI-4 scr umum antiwearnya ZDDP & Boron, jadi bisa lah kita tambah MoS2 dikit
tapi kalo oli yg udah ada MoS2 dlm jumlah agak besar spt Redline / Schaeffer ya jangan dikasih apa2 lagi
juga oli2 kelas Keraton & seri2 High Spec merek apapun ya jangan dikasi apa2 lagi
IMHO
Disclemer
Kalo Motor Oil Saver ini konon bisa me rejuvenate seal2 mesin lagi atau istilahnya buat nambel seal2 yg rembes.. tapi seberapa efektif ini yg msh blm sepenuhnya paham..
Di BITOG sih ga nemu VOA nya, tp di MSDS nya ini tertulis mostly sebacate dan ethanol (di BITOG sebutnya ester) Yg saya tangkep diatas, apa ini juga berlaku untuk oli2 yg sudah ester based berarti gaperlu ditambahkan additive tsb lagi ya.. ?
Dan yg saya bingung apa additive2 ini ga ke tangkep di filter oli ya....
Btw thanks for the answer before..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Om rendr - utk seal2x mesin produkyg bagus adalah ATP 205. Berdasarkan pengalaman saya, asal seal yg rembes kerendem/keciprat2x larutan oli dan ATP dan mmg karena mengkerut, maka produk ini bisa mengurangi rembesan bahkan bisa stop total.
Tp kalo sealnya dah luka (robek dikit), ae/besi yg diseal luka atau dah kelewat tua (kering abis) maka si ATP dan oli dah gak efektif.
Tp kalo sealnya dah luka (robek dikit), ae/besi yg diseal luka atau dah kelewat tua (kering abis) maka si ATP dan oli dah gak efektif.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1101
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Ini ya om.. sempet baca di BITOG juga nih ATP..exflowly wrote: ↑Sun May 24, 2020 6:31 Om rendr - utk seal2x mesin produkyg bagus adalah ATP 205. Berdasarkan pengalaman saya, asal seal yg rembes kerendem/keciprat2x larutan oli dan ATP dan mmg karena mengkerut, maka produk ini bisa mengurangi rembesan bahkan bisa stop total.
Tp kalo sealnya dah luka (robek dikit), ae/besi yg diseal luka atau dah kelewat tua (kering abis) maka si ATP dan oli dah gak efektif.
bisa dapet dimana ya di indo? Saya barusan nyari2 sekilas di OL shop ga nemu...
Gegara masalah klasik di Nissan VQ engine, harga seal crank ga seberapa tapi di vonis kudu bongkar mesin.. hahaha
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Masalah klasiknya VQ apa om?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1101
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26954
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Bocor crank (atau cam, atau 2 2 nya) seal knapa ga d bongkar ganti aj ? Lebi guarantee beres, toh work labour cost nya jg ga seberapa mahal kl bengkel biasa
Cairan2 seal conditioner gini justru laris manis d luar negeri negara bule sana yg harga labour cost turun mesin aj ud ampir stengah (atau malah seharga) mobil itu sendiri
Cairan2 seal conditioner gini justru laris manis d luar negeri negara bule sana yg harga labour cost turun mesin aj ud ampir stengah (atau malah seharga) mobil itu sendiri
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Kalo ganti rear main seal, kita kudu misahin transmisi terus pasang rear main seal ya om DOHC?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26954
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Kl seal crank blakang, tergantung mobil om, tp umumnya musti copot transmisi, copot roda gila.. dan terekspos lah si rear main seal
numpang lewat aja....
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Sat Apr 15, 2017 9:28
- Location: Batam
- Daily Vehicle: Avanz
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 435
- Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Mau tanya rekan rekan, oli diesel yang paling banyak detergent nya punyanya apa ya? Keperluan buat flushing sludge, rencana pake meditran SC apa sdh cukup? Pemakaian 4rb km apa cukup? Mohon infonya, thanks