

Mobil yang membuat honda disegani di dunia motorsport
Civic Type R
yak yang kali ini ane bahas Type R yang generasi sekarang FK8R Pre-facelift, tapi sebelumnya kilas balik dikit ke generasi2 type r pendahulunya:
EK9 (1997-2000) the OG Type R with the legendary screaming B16B , 1.6L with 185PS the highest power outpot per-litre of all time for a N/A enjin, tentu saja di rpm 8200 dengan teriakan sekseh khas VTEC jadul

Pic credit: drivertribe
Pernah ketemu langsung pas Honda Day, ini mobil keren banget kalo ketemu asli

EP3 (2001-2005) EUDM Exclusive, kurang terdengar di Indonesia

Pic credit: wikipedia
Ini yg EUDM
JDM ver (pic also from wiki)
Sudah memakai mesin K20A2 (200ps) Normally aspirated
FD2R/FN2 (2007-2011) The Holy Grail
Dan salah satu Civic yang bisa dibilang paling sukses dipasaran, apalagi kalau bukan Civic FD (bahkan ane penggunanya)
Pada generasi ini, EU dan Asia dapat 2 model yang berbeda, asia dapat FD sedangkan eropa dapat suksesor langsung dari EP3 yaitu FN2

pic: cardealpage
pic: theautomotiveindia
FD2R, yang menurut ane pribadi adalah the holy grail dari semua type R, mobil yang sampe sekarang masih jadi mimpi buat ane bahkan untuk sekedar nyetir Civic FD2 Type R, mesin masih menggunakan K20A yang outputnya lebih tinggi 225ps di 8000rpm dan torsi 215nm
Terdapat juga versi yang lebih ekstrim yaitu Mugen RR

pic: wikipedia
Mugen RR menggunakan base engine FD2R yang di tweak menjadi 240ps dan torsi 218nm
FN2 (EU spec)
pic: wikipedia
Disini ada beberapa setau ane yg beredar, untuk mesin dia toned down dari versi JDM menjadi 201ps, yang membuatnya tidak memiliki kenaikan tenaga signifikan dari EP3
FK2 (2015-2017) The testbed
Yes, FK2 hanya berumur 2 tahun karena dia hanya merupakan kelinci percobaan untuk disempurnakan di Generasi berikutnya, menjadi Type R pertama yang diberikan dorongan tenaga dari keong ajaib bernama turbo, K20C1 Direct-fuel injection, turbocharged, menghasilkan 310ps di 6500nm dan torsi yang melonjak tajam berkat turbo di 400nm flat dari 2500-4500rpm

pic: wikipedia
Padahal menurut ane ini bentuknya kece lho....
BORN ON THE RACETRACK, THE FASTEST FWD IN THE NURBURGRING
THE 2017 HONDA CIVIC TYPE R FK8
Ya, statement tersebut tidak dilebih2kan karena memang begitu adanya, Honda benar2 taking their time untuk mengembangkan full mobil ini menggunakan desain dasar Civic Hatchback 10th-gen (FK), berdasarkan apa yang sudah mereka pelajari dari FK2, mereka menaruh semua yang sudah mereka pelajari tentang membuat mobil FWD yang luar biasa kedalam si Civic FK ini yang pada akhirnya diberi kode FK8R
As usual kita bahas dari Exterior ya:

dari depan, sangat identik dengan Honda Civic hatchback turbo (FK4) yang dijual oleh hpm, bedanya dia ada hoodscoop diatas kap dan aero kit
, dan tentunya RED EMBLEM


Samping

Dengan pelek R20 berkelir jet black, dipadukan dengan ban Continental dengan ukuran 245/30/R20, anda tidak salah baca, Civic type R FK8 ini memiliki ban profil 30, tertipis di dunia!

dan of course real brembo

Rear:

yes, belakangnya sangat ramai sekali dengan ornamen2 seperti aero kit dan huge-ass spoiler, some said it is riced from the factory and i have to agree with that.

diatas sini terdapat semacam wind tunnel yang fungsinya mengalirkan udara ke spoiler besar nya untuk meningkatkan downforce

jangan kira ane lupa dengan 3 knalpot yang banyak diperdebatkan orang

Interior:
Masuk kedalam, desain dasbor sama persis dengan Honda Civic Gen-10, tentunya ini bebas dari pisau sunat hpm, tidak seperti versi yang biasanya yang pisau sunatnya sangat tajam


Full spec interior? check

Sports red bucket seat? check
Electric seat? meh, overrated

Integrated boost gauge? Check!

Integrated car settings? Check

Electrochromatic mirror? yes please


Honda Lane Watch? not necessary but Check

Stick shift? DO YOU EVEN ASK?
WE DON'T NEED NO ECON BUTTON, WE GOT +R, ECON IS FOR PUZZIES



Ze engine:

Peredam kap mesin? nah overrated, weight reduction bro
Unit K20C1 yang sama seperti FK2 bersemayam di mobil ini, di UK dan Japan dapat 320PS, selain itu termasuk kita dapat 310PS for unknown reason, but hey, believe me this is more than enough
Driving:
Tentu saja, The Fastest FWD in the world, ane masih gapercaya bisa bawa mobil ini, bak kesamber petir di siang bolong

Masuk ke dalam mobil, atur jok secara manual, dan seperti khasnya honda, sangat mudah untuk mendapatkan posisi duduk yang ideal, joknya juga bisa terbilang nyaman, support cukup baik dan memeluk tubuh, konon katanya joknya memiliki bahan khusus yang membuat badan kita tidak ikut lari2an kalo kita belok ketika kecepatan tinggi.
Nyalakan mesin dan muncul ini:


Shyt is about to get real bois.
Okay, first things first, suara starter cukup halus diluar dugaaan, hanya ada deruman halus dari knalpot yang menandakan kita bukan sedang menaiki Civic biasa.
Saat menjalankan mobil di mode comfort, mobil terasa cukup halus, meskipun jika dibawa santai dan gas santai, turbo lag terasa amat menganggu jika ingin tiba2 menyalip kendaraan lain di mode comfort, ini harus diwaspadai karena anda bisa saja kehilangan momentum saat akan menyalip kendaraan di depan anda, berpindah ke mode sport, ini bisa ane bilang mode yang paling ideal, kenapa? karena disini respons gas memang lebih agresif dibandingkan mode comfort, sehingga lebih membangkitkan adrenalin anda, jangan salah mode sport untuk dibawa santai juga enak, tetapi jika anda menemukan momentum yang pas, tinggal downshift dan pedal to the metal, mobil ini bisa menghempaskan anda jika tidak siap, belum lagi mode Ultimate, yaitu mode +R, ini adalah mode FUN, +R tidak hanya membuat respons throttle menjadi sangat agresif, suspensi pun menjadi lebih mantap dan asyik untuk dikemudikan, dari gigi 3, pindah ke gigi 2, terasa hentakan yang amat dahsyat dari mesin K20C1, terus meraung sampai 7000rpm, hingga indikator shift light di speedometer memerintahkan kita untuk ganti gigi, dan transmisi manualnya pun sangaaaatttt nikmat, short shift nya membuat kita tidak membuang waktu dan momentum saat melakukan perpindahan gigi, kopling pun tidak terlalu berat dan ringan, terasa sangat pas, kita serasa menyatu dengan mobil, rem dari brembo pun juga sangat kuat untuk menghentikan hot hatchback ini, wow luar biasa, ini adalah mobil paling engaging yang ane bawa setelah BMW M2
Lantas bagaimana dengan handling dan steering feedbacknya? handling ane berikan 10/10, meskipun fwd tidak ada gejala understeer sama sekali, sangat berbelok di chicane di kecepatan 60km/h, mobil terasa sangat menempel kejalan, berkat grip luar biasa dair ban continental tersebut, memang trade-off nya sangat keras untuk harian dan menyiksa saat melewati speedtrap, but does it all matter? tidak! karena mobil ini sangat bisa menuruti kemauan anda, Bahkan EPS yang digunakan mobil ini sangat2 padat dan agak berat di kecepatan rendah, bahkan lebih berat dari FD2 yang orang banyak bilang sudah termasuk berat untuk ukuran EPS, dan anda harus berhati2 dengan mobil ini, karena di mode sport ataupun +R jika anda tidak siap dan langsung pedal to the metal, mobil ini memiliki gejala torque steer yang cukup hebat, saran saya jika ingin akselerasi maksimal pegang setir dengan sekuat tenaga menggunakan 2 tangan anda.
Verdict:
Slogan born on the racetrack is no joke, tapi di waktu yang sama dia bisa menjadi a good daily companion untuk anda jika rute anda sehari2 tidak terlalu macet.
Pros:
+ Good daily companion hot hatchback
+ Surprisingly not so wild in comfort mode
+ Superb handling
+ Superb engine and transmission
+ It's a Honda
+ Secondhand nya drop, lebih murah dari BMW Seri 3 entry-level
Cons:
- Keras
- Penting ga penting tapi BQ yang biasa aja even CBU UK
- Torque steering bisa membahayakan jika kurang kesiapan dan konsentrasi
- Harga baru mahal, hampir menyentuh 1,1M, Terdapat rival berat yaitu Mercedes-AMG A35 dengan 310PS juga, namun dia memiliki 4matic dan transmisi dual clutch yang menjadikannya lebih unggul dalam drag race diharga yang sama dengan Civic Type R ini serta overall quality yang lebih baik dari Civic Type R
Are you a rich honda diehard fans? please get this car, just get it.
Sekian review dari nubitol, as always ada pic tambahan, enjoy!



-