kalo emang itu replika, thailand sama taiwan itu sama ga ya? ada bedanya kah? banyak yang bilang katanya kalau velg thailand itu kualitas lebih bagus? ada yang bilang kalau velg thailand itu ori cuma beda dari made in nya aja?
jadi bingung


Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Nah ya ini bener.martinnn wrote: Sun May 17, 2020 10:48 replika is replika... mau buatan wakanda , thailand , taiwan , cungkuo gak ngaruh
nah, betul. sebenernya sekarang velg ori pun batch produksinya juga ngga langsung di negara asalnya.PRBS wrote: Sun May 17, 2020 13:33 sebetulnya pabrikan velg semacam enkei itu ada beberapa negara produksi. contoh enkei tuning itu ori malaysia, dan ga bisa dibilang replika.. tapi kalau enkei RPF yang buatan thailand, setau saya yg replika itu SSW.. nilainya ga sebagus seperti enkei tuning yg lisence malaysia..
ada bedanya (walaupun agak susah ya), enkei RPF thailand dengan enkei ori jepang (contoh di spek offset dan lebar).. embosnya juga beda..
ini lampiran yg lebih detail kalau mau bahas RPF replika dengan jepang market :
https://dejeautodistro.wordpress.com/20 ... nkei-rpf1/
https://dejeautodistro.wordpress.com/20 ... ang-enkei/
contoh kalau brand lain seperti compomotive (TH1) itu ada yg SNI dan ori UK, harganya juga jauh beda.. walaupun dari design sama persis.
kalau ga original minded bgt, sah2 aja sih beli rpf thailand ini.. secara kasat mata mirip kok, baru keliatan beda kalau dijejerin langsung sama rpf jepang
wah thanks om infonya. saya sih gamasalah ga original, sesuai budget aja hehe. malah tadi emg pengen ambil replika. tapi denger denger thailand lebih bagus (beda beda pendapat)PRBS wrote: Sun May 17, 2020 13:33 sebetulnya pabrikan velg semacam enkei itu ada beberapa negara produksi. contoh enkei tuning itu ori malaysia, dan ga bisa dibilang replika.. tapi kalau enkei RPF yang buatan thailand, setau saya yg replika itu SSW.. nilainya ga sebagus seperti enkei tuning yg lisence malaysia..
ada bedanya (walaupun agak susah ya), enkei RPF thailand dengan enkei ori jepang (contoh di spek offset dan lebar).. embosnya juga beda..
ini lampiran yg lebih detail kalau mau bahas RPF replika dengan jepang market :
https://dejeautodistro.wordpress.com/20 ... nkei-rpf1/
https://dejeautodistro.wordpress.com/20 ... ang-enkei/
contoh kalau brand lain seperti compomotive (TH1) itu ada yg SNI dan ori UK, harganya juga jauh beda.. walaupun dari design sama persis.
kalau ga original minded bgt, sah2 aja sih beli rpf thailand ini.. secara kasat mata mirip kok, baru keliatan beda kalau dijejerin langsung sama rpf jepang
jadi velg yang thailand ini apa bisa dibilang ori? atau tetep replika tapi dengan kualitas yang lebih baik aja? saya masih ragu, karna harga agak mahal daripada replikaChZ wrote: Sun May 17, 2020 13:57nah, betul. sebenernya sekarang velg ori pun batch produksinya juga ngga langsung di negara asalnya.PRBS wrote: Sun May 17, 2020 13:33 sebetulnya pabrikan velg semacam enkei itu ada beberapa negara produksi. contoh enkei tuning itu ori malaysia, dan ga bisa dibilang replika.. tapi kalau enkei RPF yang buatan thailand, setau saya yg replika itu SSW.. nilainya ga sebagus seperti enkei tuning yg lisence malaysia..
ada bedanya (walaupun agak susah ya), enkei RPF thailand dengan enkei ori jepang (contoh di spek offset dan lebar).. embosnya juga beda..
ini lampiran yg lebih detail kalau mau bahas RPF replika dengan jepang market :
https://dejeautodistro.wordpress.com/20 ... nkei-rpf1/
https://dejeautodistro.wordpress.com/20 ... ang-enkei/
contoh kalau brand lain seperti compomotive (TH1) itu ada yg SNI dan ori UK, harganya juga jauh beda.. walaupun dari design sama persis.
kalau ga original minded bgt, sah2 aja sih beli rpf thailand ini.. secara kasat mata mirip kok, baru keliatan beda kalau dijejerin langsung sama rpf jepang
replica pun hmmm kalo brand nya bonafit macem ssw / lenso knp tidak? hehehe... merek2 ini modelnya cakep2 cocok buat mobil jepang... dl ane sempet ngira lenso projectD itu velg jepang padahal thailand...
lagian gila aj negara macem thailand ama taiwan yg industrinya maju ga punya standar safety buat velg ekspor... se kacrut kacrutnya SNI di indo aj ada standarnya...
kecuali emang enkei fanatics bgt harus ori atau ngincar ringan nya velg ori... yg jelas velg ori itu setau ane kalau bukan custom order pilihan speknya terbatas... offset, lebar, PCD...
nah kalo definisi velg replika sebenernya definisinya nggak jelas dari dulu, oom, dan pemahaman umum pokoknya asal bentuknya mirip = replika. padahal tidak begitu.ginza wrote: Sun May 17, 2020 14:39
jadi velg yang thailand ini apa bisa dibilang ori? atau tetep replika tapi dengan kualitas yang lebih baik aja? saya masih ragu, karna harga agak mahal daripada replika
iya udah sempet nonton juga om perbandingan velg2 gitu. cuma kalo liat langsung sekilas mah mirip bgt gabisa bedain. btw thanks om infonya.. saya belum ketemu sih, belum saya coba angkat. tapi ya menurut saya jg bener om emang kayanya itu replika cuma kualitas lebih bagus ajaChZ wrote: Sun May 17, 2020 14:51nah kalo definisi velg replika sebenernya definisinya nggak jelas dari dulu, oom, dan pemahaman umum pokoknya asal bentuknya mirip = replika. padahal tidak begitu.ginza wrote: Sun May 17, 2020 14:39
jadi velg yang thailand ini apa bisa dibilang ori? atau tetep replika tapi dengan kualitas yang lebih baik aja? saya masih ragu, karna harga agak mahal daripada replika
kemarin liat videonya om fitra yang di HSR wheel?
di sana oom fitra nanya kok ada HSR yang "replika" modelnya velg terkenal macem TE37, CE28, dll... si ownernya HSR (kebetulan doi jg adiknya drifter akbar rais...) blg itu bukan replika, itu merek HSR tapi desainnya inspired dari velg yg terkenal.
Jd bole dibilang ini "ori" HSR. Dia blg kalo replika itu biasa ampe dop-dop mereknya jg mirip... bbrp model SSW dan Lenso jg ngambil dari velg terkenal. ohya HSR ini cukup berani ngetes velg dipotongin palangnya buat tau seberapa kuat ntu velg...
btw kalo mau bedain ori dan tidak, apalagi enkei RPF1 itu ori buat kompetisi, biasa diangkat pake 2 jari aja bisa. klo replika skrg kurang lebih bobotnya ama velg oem mirip. dugaan ane mungkin replika dengan kualitas bagus... ceritanya KW super atau supercopy gt.
kalo gak bisa diangkat 2 jari ud pasti bukan ori sih oom hehehe.
heheh udh pengalaman ya omnyotnyet wrote: Sun May 17, 2020 15:54 Saya ga tau sih kalo velg replika thailand segala macam, tp i'm done with replicas.
Innova saya pake reps 2x..yg satu rep bbs, itu bertahan lumayan lama...retak dalam karna hajar lobang (wajar lah ya, oripun bisa begini), lalu saya tt sama rep te37..saya bawa ke jkt, kena jalan gelombang dia lsng peyang...
Ga lama saya tt lagi sama oem harrier...itu velg kuat dan awet, trakir saya tt lagi sama velg oem mark x...jadi saya skrg lbh ke velg oem drpd reps...emang lbh mahal, tp ga semahal velg ori japan...hehehehe...
coba bantu jawab.. pernah denger torsion bagus juga kok om udah test SNI juga. dia emg sering ekspor ke eropa dan udah ikut standar dari eropa juga. kalau awet atau ngganya yah awet mungkin, balik lagi tergantung pemakaian aja ompiggypig77 wrote: Sun May 17, 2020 16:06 Permisi om ts mumpung bahasan velg, mau tanya ada velg merk torsion merk lokal tp katanya sering ekspor ke europe dan ada standar JWL itu awet ga ya? Harganya lebih murah dari HSR, ring 20 cuma 9 jutaan
Kalo ada pilihan ori, dan budgetnya cukup, why not om?ginza wrote:heheh udh pengalaman ya omnyotnyet wrote: Sun May 17, 2020 15:54 Saya ga tau sih kalo velg replika thailand segala macam, tp i'm done with replicas.
Innova saya pake reps 2x..yg satu rep bbs, itu bertahan lumayan lama...retak dalam karna hajar lobang (wajar lah ya, oripun bisa begini), lalu saya tt sama rep te37..saya bawa ke jkt, kena jalan gelombang dia lsng peyang...
Ga lama saya tt lagi sama oem harrier...itu velg kuat dan awet, trakir saya tt lagi sama velg oem mark x...jadi saya skrg lbh ke velg oem drpd reps...emang lbh mahal, tp ga semahal velg ori japan...hehehehe...![]()
kalau menurut om mending ambil rpf replika thailand (yang katanya lebih bagus & ringan daripada replika biasa) atau ambil velg bbs original yang 13jtan ya?
saya terpaku sama model sih.. HSR juga ada model rpf1 ini tapi gatau sih kurang srek aja walaupun mirip12HIS wrote: Sun May 17, 2020 13:12 Kenapa ga prefer buatan lokal aja kayak Pako? itu pabrik supplier OEM lho, Daripada replika2 gitu.
budget ada, cuma dilema sama modelnya aja sih om. bbs saya suka2 aja, tapi kalau lebih suka ya modelnya rpf1 itunyotnyet wrote: Sun May 17, 2020 16:35Kalo ada pilihan ori, dan budgetnya cukup, why not om?ginza wrote:heheh udh pengalaman ya omnyotnyet wrote: Sun May 17, 2020 15:54 Saya ga tau sih kalo velg replika thailand segala macam, tp i'm done with replicas.
Innova saya pake reps 2x..yg satu rep bbs, itu bertahan lumayan lama...retak dalam karna hajar lobang (wajar lah ya, oripun bisa begini), lalu saya tt sama rep te37..saya bawa ke jkt, kena jalan gelombang dia lsng peyang...
Ga lama saya tt lagi sama oem harrier...itu velg kuat dan awet, trakir saya tt lagi sama velg oem mark x...jadi saya skrg lbh ke velg oem drpd reps...emang lbh mahal, tp ga semahal velg ori japan...hehehehe...![]()
kalau menurut om mending ambil rpf replika thailand (yang katanya lebih bagus & ringan daripada replika biasa) atau ambil velg bbs original yang 13jtan ya?
Saya kalo ada budgetnya sih hajar ori yah, asal modelnya om suka aja, E46 dipasang bbs bukannya cakep yah
Ambil yg sreg di hati aja kalo gitu om, drpd menyesal..ginza wrote:budget ada, cuma dilema sama modelnya aja sih om. bbs saya suka2 aja, tapi kalau lebih suka ya modelnya rpf1 itunyotnyet wrote: Sun May 17, 2020 16:35Kalo ada pilihan ori, dan budgetnya cukup, why not om?ginza wrote: heheh udh pengalaman ya om![]()
kalau menurut om mending ambil rpf replika thailand (yang katanya lebih bagus & ringan daripada replika biasa) atau ambil velg bbs original yang 13jtan ya?
Saya kalo ada budgetnya sih hajar ori yah, asal modelnya om suka aja, E46 dipasang bbs bukannya cakep yah
HSR ada SNI ga om?ginza wrote: Sun May 17, 2020 16:35coba bantu jawab.. pernah denger torsion bagus juga kok om udah test SNI juga. dia emg sering ekspor ke eropa dan udah ikut standar dari eropa juga. kalau awet atau ngganya yah awet mungkin, balik lagi tergantung pemakaian aja ompiggypig77 wrote: Sun May 17, 2020 16:06 Permisi om ts mumpung bahasan velg, mau tanya ada velg merk torsion merk lokal tp katanya sering ekspor ke europe dan ada standar JWL itu awet ga ya? Harganya lebih murah dari HSR, ring 20 cuma 9 jutaan![]()
wah thanks om penjelasannya.turbine888 wrote: Sun May 17, 2020 17:01 Hi om. Debat klasik ini apa beda velg Rep vs Ori.
Let’s start dengan YANG TERPENTING kita singkirkan dulu, yaitu pandangan bahwa velg yg bukan Made in Japan atau USA maupun Europe adalah velg non ori dsn berkualitas inferior. Ane bilang begini karena masih banyak persepsi ini di car scene kita. Sebagai contoh, BC Forged. Anak2 mobil pasti tau lah betapa mahal dan terkenalnya brand ini. Guess what? It’s made in Taiwan. Other name brands juga banyak macem Enkei TUNING (Enkei Tuning BUKAN Enkei, melainkan perusahaan joint Enkei dgn produsen velg Malaysia dgn license, technology, dan qc Enkei) yg made in Malaysia, lantas ada juga Rotiform yg velg2 1 piece nya mostly made in China, kemudian Lenso yg Made in Thailand dan Rota Phillipines. Apakah velg2 tersebut memiliki keselamatan inferior karena lokasi pembuatan mereka? Jawabannya adalah tidak, karena QC pabrik2 tersebut pasti memenuhi standard keamanan baik berupa JWL, VIA, SNI, DOT maupun lain2.
Lalu, mengapa banyak yg tidak mau memakai “velg Taiwan, velg China, dsb.”? Jawabannya simpel, yaitu masih adanya stigma yg mengidentikkan velg2 buatan negara di atas dengan cheap knockoff atau tembakan yg biasanya dibuat dengan menjiplak velg buatan produsen lain (bahkan ada yg branding pun sampai ditiru, kebanyakan dgn tulisan “Made in Japan” diganti menjadi “JAPAN DESIGN” atau “DESIGN IN JAPAN” atau merk yg diplesetkan seperti “Vorsreiner” atau “WedeSport”) dengan kualitas bahan dan keselamatan ala kadarnya tanpa adanya suatu qc atau standard. Inilah yg berbahaya dan sering dibilang di Indonesia sebagai “velg non-ori, velg TeWe atau replika yg gampang pecah.” Reputasi ini akhirnya merusak brand yg sebetulnya menjual “tribute wheels”, bkn replika.
Apa itu tribute wheels? Tribute wheels adalah velg yg dibuat dengan desain yg memberi tribute ataupun terinspirasi oleh desain velg lain yg populer lalu diberi twist sendiri oleh produsennya. Contoh dr tribute wheels ini adalah Lenso Project D yg terinspirasi Work Kiwami, ROTA Grid yg terinspirasi TE37, dan Rotiform RSE yg terinspirasi dari BBS RS2. Velg2 yg ane sebut di sini BUKAN masuk kategori velg non-ori ya, karena velg2 tersebut tidak menjiplak branding merk lain dan memiliki standard QC dan safety yg jelas. Bahkan, untuk yg hanya mengincar model suatu velg yg terkenal dengan alasan estetika, ane menyarankan untuk ambil tribute wheels aja karena harga yg biasanya tidak semahal velg yg menjadi inspirasinya.
Lalu, gimana cara milih velg yg benar untuk mobil om2 dan tante2 di mari? Kalo saya sih ga usah ribet ya. Tergantung kebutuhan dan yg terpenting kemampuan kita. Saya pribadi pernah memakai velg ERST Wheels Grora di Scirocco yg merupakan tribute wheel made in Taiwan dengan design inspired by HRE P101. Alasannya? Well, ane suka modelnya dan dengan pertimbangan ane karena hanya mencari estetika, tidak butuh performance dan weight advantage si HRE, serta faktor budget.
Lalu sekarang di Miata pakai Enkei RPF-1 dengan pertimbangan bahwa jika memilih velg aftermarket yg lebih berat, driving dynamics dan karakter Miata kan hilang maka ane mencari velg paling ringan (at least lebih ringan sedikit atau sama dgn std) di rentang budget ane dan jatuhlah pilihan pada RPF1 ini.
Jadi, kesimpulan dr ane adalah om TS serta SMers pilih aja sesuai kebutuhan dan budget. Jika memang ingin meminang velg dengan budget seminimal mungkin hanya untuk alasan estetik dan mau menerima resiko dari QC yg tidak jelas, bisa menggunakan velg tembakan atau knockoff atau “TeWe” tadi, toh secara estetika jg tidak beda.
Jika TS dan om2/tante2 di sini mencari estetika dr sebuah velg tp juga menginginkan peace of mind, serta to some extent menghargai karya dan kerja keras orang lain, serta safety, kualitas bahan, dan QC, ane sarankan ambil tribute wheels by Lenzo, SSW, dll. atau setidaknya second tier wheels dr brand names (seperti Sparco by OZ, Enkei TUNING, dll.).
Lastly, kalau emang yg diincer adalah state of the art tech, performance, and lightness barulah menggunakan velg yg disematkan teknologi2 untuk membuatnya ringan dan relatif kuat (selain karena faktor gengsi yg byk ditemukan di Indonesia). Namun, keunggulan2 ini harus dibayar dengan harga yg mahal sekali.
Kalo dari ane cuman ada 2 hal, don’t pretend to be something you’re not dan jangan maksa. Sekian dr ane. Maaf panjang ya
Velg oem/ orisinil bawaan mbl kualitas pasti bagus vendornya jg biasanya enkei.. harga jg ga boong cth aja velg oem accord cr2 ring 18 per pc di beres 6jt dikali 4 udah 24jt hehenyotnyet wrote: Sun May 17, 2020 15:54 Saya ga tau sih kalo velg replika thailand segala macam, tp i'm done with replicas.
Innova saya pake reps 2x..yg satu rep bbs, itu bertahan lumayan lama...retak dalam karna hajar lobang (wajar lah ya, oripun bisa begini), lalu saya tt sama rep te37..saya bawa ke jkt, kena jalan gelombang dia lsng peyang...
Ga lama saya tt lagi sama oem harrier...itu velg kuat dan awet, trakir saya tt lagi sama velg oem mark x...jadi saya skrg lbh ke velg oem drpd reps...emang lbh mahal, tp ga semahal velg ori japan...hehehehe...