Ada 2 baut kan di atas deket tutup ama di tgh tabungDOHC wrote: Sat May 09, 2020 8:00 Buka baut kupu2 reservoir mah pake jari ama kain aj.. pasti kebuka
Baut Ukuran 10
Masa iya bs pake tangan haha
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Ada 2 baut kan di atas deket tutup ama di tgh tabungDOHC wrote: Sat May 09, 2020 8:00 Buka baut kupu2 reservoir mah pake jari ama kain aj.. pasti kebuka
Eeh.. kayanya engga boleh, mesti jenis apa gitu yang sama dengan yang ORI (seliter 100 ribuan warna biru).Leonhart wrote: Sat May 09, 2020 1:32Haha iya itu yg ane takutin omMSU wrote: Fri May 08, 2020 23:52 Saya paling ga berani buka block drain...takut dol atau ada error...
Toh logika saya sisa air di block tinggal sedikit,campur coolant baru spek sama...cut aja interval ganti-nya lebih aman
Kebeneran rencana mau ganti coolant prestone
Sblmnya msh coolent oem bawaan mbl
Omnibus wrote: Fri May 08, 2020 15:30 ikutan jawab ..... kl mau puas lepas block drain. tp beli dulu seal ring penggantinya di beres dan hrs siap torque wrench. factory spec baut drain itu 78 Nm. jangan sampai kekencengan/kelonggaran n jd bocor atau dol. amsiong kl kejadian.
Benar kalo thermostatnya cuma 1.marmut wrote: Sat May 09, 2020 2:19masuk.
sans, ga usah parno gitu.
air bisa masuk ke water jacket lewat selang radiator bawah dan selang-selang kecil lainnya. dan di badan thermostat-nya ada lubang kecil sekitar 1 mm buat buang "buang angin".
coba nanti waktu ngisi coolant pelan-pelan jangan sampe luber, sambil selang radiator bawah dipencet-pencet pasti akan ada gelembung udara yang keluar....
paling enak saat drain ditampung dan diukur berapa liter, jadi ketauan berapa banyak yang terbuang. bandingkan dengan kapasitas di manual book. setelah itu saat refill juga diukur, sesuai apa enggak dengan yang terbuang?
adityabp wrote: Sun May 10, 2020 2:39
Benar kalo thermostatnya cuma 1.
Kalo yg pake 2 thermostat kayak QR20 gimana?
![]()
Honda aja ada 2 typeagnisp wrote: Sat May 09, 2020 21:24Eeh.. kayanya engga boleh, mesti jenis apa gitu yang sama dengan yang ORI (seliter 100 ribuan warna biru).Leonhart wrote: Sat May 09, 2020 1:32Haha iya itu yg ane takutin omMSU wrote: Fri May 08, 2020 23:52 Saya paling ga berani buka block drain...takut dol atau ada error...
Toh logika saya sisa air di block tinggal sedikit,campur coolant baru spek sama...cut aja interval ganti-nya lebih aman
Kebeneran rencana mau ganti coolant prestone
Sblmnya msh coolent oem bawaan mbl
Blom pernah bongkar, tapi mestinya ada.marmut wrote: Sun May 10, 2020 2:49adityabp wrote: Sun May 10, 2020 2:39
Benar kalo thermostatnya cuma 1.
Kalo yg pake 2 thermostat kayak QR20 gimana?
![]()
di thermostat-nya ada klep kecil kan? atau tidak ada?
saya belum pernah lihat thermostat yang tidak ada klep kecilnya untuk buang angin/air nyelinap.
itu justru jd alasan utk pergi massage kata om klep
Leonhart wrote: Sun May 10, 2020 2:51Honda aja ada 2 type
Type 1 warna ijo
Type 2 warna biru (ini yg mahal)
Beres honda aja jarang ada stock yg type 2
Jd klo ganti di beres honda diganti yg type 1 yg warna ijo
Mendingan ane ganti prestone ijo aja sekalian pikir ane
tapi om...marmut wrote: Sat May 09, 2020 2:19Leonhart wrote: Sat May 09, 2020 1:30Profith83 wrote: Fri May 08, 2020 17:50 Kalau gak ribet kayanya buang saja dari drain radiator sampai habis coba ditampung berapa liter.
Sampai tidak ada netes. Dan yg reservoir dibuang
Setelah itu isi ulang.
Pengalaman di innova diesel GNKI bisa keluar 7 liter. Pas keluar gak ngukur tapi pas masang balik .. isi beberapa kali sampai total 7 liter tidak turun lagi dia.
Nah saya gak tahu kalau posisi kosong sampai berapa liter.
Dan apakah boleh air dibuang semua termasuk di blok mesin. Karena termostat kan tunggu panas baru terbuka. Sedangkan airnya tidak ada di blok mesin. Takutnya tuh termostat gak terbuka
Jadi klo mesin blum panas
Air gk masuk ke blok mesin ya ?
masuk.
sans, ga usah parno gitu.
air bisa masuk ke water jacket lewat selang radiator bawah dan selang-selang kecil lainnya. dan di badan thermostat-nya ada lubang kecil sekitar 1 mm buat buang "buang angin".
coba nanti waktu ngisi coolant pelan-pelan jangan sampe luber, sambil selang radiator bawah dipencet-pencet pasti akan ada gelembung udara yang keluar....
paling enak saat drain ditampung dan diukur berapa liter, jadi ketauan berapa banyak yang terbuang. bandingkan dengan kapasitas di manual book. setelah itu saat refill juga diukur, sesuai apa enggak dengan yang terbuang?
mekanik beres lepas tangan ? biasa itu, dl apanja ane abis body repair di a2000 sunter aj, abis ganti radiator kaga d buang angin.. minta di smack down benerViPerRed wrote: Sun May 24, 2020 13:37
tapi om...
pengalaman di sx4 ane, klo air radiator full drain stelah bongkar radiator, itu susah bgt buang angin nya. termostat ga mau kebuka krn ada angin.. bahkan beres suzuki aja mau nyerah saranin lepas termo terus.. pdhl di termo emg ada lubang 1 arah diameter 1mm.. tp ane ga tau cara pake nya.. ada sih tukang radiator pro yg pakai botol di balik di pengisian radiator untuk buang angin.
mkanya ane parno bgt sm radiator.
mekanik yg pegang2 radiator ane pgn ane sabet tangan nya. hahaha
klo mau lepas termo ane juga bisa sendiriDOHC wrote: Sun May 24, 2020 14:48mekanik beres lepas tangan ? biasa itu, dl apanja ane abis body repair di a2000 sunter aj, abis ganti radiator kaga d buang angin.. minta di smack down benerViPerRed wrote: Sun May 24, 2020 13:37
tapi om...
pengalaman di sx4 ane, klo air radiator full drain stelah bongkar radiator, itu susah bgt buang angin nya. termostat ga mau kebuka krn ada angin.. bahkan beres suzuki aja mau nyerah saranin lepas termo terus.. pdhl di termo emg ada lubang 1 arah diameter 1mm.. tp ane ga tau cara pake nya.. ada sih tukang radiator pro yg pakai botol di balik di pengisian radiator untuk buang angin.
mkanya ane parno bgt sm radiator.
mekanik yg pegang2 radiator ane pgn ane sabet tangan nya. hahaha
btw botol dibalik itu emg cara ekonomis kl ga punya proper coolant bucket kit koq.. ane sendiri jg kl ganti coolant slalu pake cara itu
Tu mekanik mgkn berdasarkan patokan semakin rendah suhu mesin maka fuel mixture makin rich om..tp dia lupa info efek negatif di fuel cons & kemungkinan idle bakal tinggi....cmiiw yaViPerRed wrote: Sun May 24, 2020 16:08klo mau lepas termo ane juga bisa sendiriDOHC wrote: Sun May 24, 2020 14:48mekanik beres lepas tangan ? biasa itu, dl apanja ane abis body repair di a2000 sunter aj, abis ganti radiator kaga d buang angin.. minta di smack down benerViPerRed wrote: Sun May 24, 2020 13:37
tapi om...
pengalaman di sx4 ane, klo air radiator full drain stelah bongkar radiator, itu susah bgt buang angin nya. termostat ga mau kebuka krn ada angin.. bahkan beres suzuki aja mau nyerah saranin lepas termo terus.. pdhl di termo emg ada lubang 1 arah diameter 1mm.. tp ane ga tau cara pake nya.. ada sih tukang radiator pro yg pakai botol di balik di pengisian radiator untuk buang angin.
mkanya ane parno bgt sm radiator.
mekanik yg pegang2 radiator ane pgn ane sabet tangan nya. hahaha
btw botol dibalik itu emg cara ekonomis kl ga punya proper coolant bucket kit koq.. ane sendiri jg kl ganti coolant slalu pake cara itu
malah SA blg klo lepas termo power nambah+mesin dingin krn cuma seperempat di jarum indikator. teori dr mana sih. org gni kok bisa jd SA ya.
kok ane ga bisa ya?
ane coba botolnya lumer om. air panas nya muntah dari radiator ke botol jd lumer.
Buset mekanik beres ga buang angin pas isi coolant baruDOHC wrote: Sun May 24, 2020 14:48mekanik beres lepas tangan ? biasa itu, dl apanja ane abis body repair di a2000 sunter aj, abis ganti radiator kaga d buang angin.. minta di smack down benerViPerRed wrote: Sun May 24, 2020 13:37
tapi om...
pengalaman di sx4 ane, klo air radiator full drain stelah bongkar radiator, itu susah bgt buang angin nya. termostat ga mau kebuka krn ada angin.. bahkan beres suzuki aja mau nyerah saranin lepas termo terus.. pdhl di termo emg ada lubang 1 arah diameter 1mm.. tp ane ga tau cara pake nya.. ada sih tukang radiator pro yg pakai botol di balik di pengisian radiator untuk buang angin.
mkanya ane parno bgt sm radiator.
mekanik yg pegang2 radiator ane pgn ane sabet tangan nya. hahaha
btw botol dibalik itu emg cara ekonomis kl ga punya proper coolant bucket kit koq.. ane sendiri jg kl ganti coolant slalu pake cara itu
aerio satu thermostat, bahkan aku lepas selang bawah pun, di blok mesin masih sisa coolant kok.adityabp wrote: Sun May 10, 2020 6:07 Blom pernah bongkar, tapi mestinya ada.
Yg saya masih ragu, kalo coolant di radiator sdh terbuang, apakah yg di blok mesin ikut tuntas terbuang walaupun terhalang oleh thermostat bawah,
Kalo yg cuma pake 1 thermostat, saya yakin coolant di blok mesin pasti habis terbuang kalo kran buang radiator dibuka krn thermostat ada di atas.
SX4 sama aerio mesin sama2 M15A kan, masa beda banget ya cara buang anginnya ?ViPerRed wrote: Sun May 24, 2020 13:37
tapi om...
pengalaman di sx4 ane, klo air radiator full drain stelah bongkar radiator, itu susah bgt buang angin nya. termostat ga mau kebuka krn ada angin.. bahkan beres suzuki aja mau nyerah saranin lepas termo terus.. pdhl di termo emg ada lubang 1 arah diameter 1mm.. tp ane ga tau cara pake nya.. ada sih tukang radiator pro yg pakai botol di balik di pengisian radiator untuk buang angin.
mkanya ane parno bgt sm radiator.
mekanik yg pegang2 radiator ane pgn ane sabet tangan nya. hahaha
o ya, heater nya masih difungsikan atau sudah di bypass ?ViPerRed wrote: Sun May 24, 2020 13:37 tapi om...
pengalaman di sx4 ane, klo air radiator full drain stelah bongkar radiator, itu susah bgt buang angin nya. termostat ga mau kebuka krn ada angin.. bahkan beres suzuki aja mau nyerah saranin lepas termo terus.. pdhl di termo emg ada lubang 1 arah diameter 1mm.. tp ane ga tau cara pake nya.. ada sih tukang radiator pro yg pakai botol di balik di pengisian radiator untuk buang angin.
mkanya ane parno bgt sm radiator.
mekanik yg pegang2 radiator ane pgn ane sabet tangan nya. hahaha
iya om sama2 M15A.singachu wrote: Wed May 27, 2020 9:58o ya, heater nya masih difungsikan atau sudah di bypass ?ViPerRed wrote: Sun May 24, 2020 13:37 tapi om...
pengalaman di sx4 ane, klo air radiator full drain stelah bongkar radiator, itu susah bgt buang angin nya. termostat ga mau kebuka krn ada angin.. bahkan beres suzuki aja mau nyerah saranin lepas termo terus.. pdhl di termo emg ada lubang 1 arah diameter 1mm.. tp ane ga tau cara pake nya.. ada sih tukang radiator pro yg pakai botol di balik di pengisian radiator untuk buang angin.
mkanya ane parno bgt sm radiator.
mekanik yg pegang2 radiator ane pgn ane sabet tangan nya. hahaha
Kalau difungsikan, ac puter ke heater mentok, biar dilewati juga ama coolant
regards,
singachu
lepasin baut yg dibawah itu gmn ya om ?DOHC wrote: Fri May 08, 2020 12:12 bukan suhu, tp numpang jawab
tabung resevoir hrv kayanya cuman modalin konci pas 10 buat lepasin baut2 nya aj.. copotin yg bagian selang ama tutup nya dl, lalu botol reservoir nya, copotin baut lalu tarik ke atas dikit
memang sempit banget omLeonhart wrote: Fri Jun 05, 2020 12:26lepasin baut yg dibawah itu gmn ya om ?DOHC wrote: Fri May 08, 2020 12:12 bukan suhu, tp numpang jawab
tabung resevoir hrv kayanya cuman modalin konci pas 10 buat lepasin baut2 nya aj.. copotin yg bagian selang ama tutup nya dl, lalu botol reservoir nya, copotin baut lalu tarik ke atas dikit
gak muat masuk kunci ring 10 ane
tempatnya sempit bgt
trs lepasin selangnya tgl tarik aja ? kok ane takut putus ya hahaha
om ngelepas baut kupu2 ini emang keras bgt ya ?DOHC wrote: Fri Jun 05, 2020 14:54memang sempit banget omLeonhart wrote: Fri Jun 05, 2020 12:26lepasin baut yg dibawah itu gmn ya om ?DOHC wrote: Fri May 08, 2020 12:12 bukan suhu, tp numpang jawab
tabung resevoir hrv kayanya cuman modalin konci pas 10 buat lepasin baut2 nya aj.. copotin yg bagian selang ama tutup nya dl, lalu botol reservoir nya, copotin baut lalu tarik ke atas dikit
gak muat masuk kunci ring 10 ane
tempatnya sempit bgt
trs lepasin selangnya tgl tarik aja ? kok ane takut putus ya hahaha
konci ring atau konci pas mahh susah
coba pake konci soket 10
selang dicabut aj, tarik ke atas, ga bakal putus