DOHC wrote: Mon Mar 30, 2020 15:11
DOHC wrote: Sun Mar 22, 2020 14:52
Profith83 wrote: Sun Mar 22, 2020 12:29
nah baut radiator yang di enjin blok itu gak pernah tahu ... ada fotonya om? ggole belum dapat
Becok coba lihat di mobilnya langsung. Ada gak yah di bukunya?
posisi rada nyempil, susah kayanya di foto, besok kl terik ane coba fotoin deh
Done !!
posisi nya persis dbawah exhaust header, yg ane lingkari merah
tapi ini untuk ipah 1TR (bensin), kl diesel ane ga tau posisi nya
20200328_112507.jpg
20200328_112443.jpg
Wow terima kasih om. Berarti caranya seperti ini yah:
1. Buka drain kupu dibawah radiator dan baut drain dibawah header kalau mesin 1 TR.
2. Setelah air keluar tutup semua baut (baut drain kupu dan baut drain di bawah header)
3. Isi ulang dari tutup radiator kalau mesin 1TR, kalau 2 KD dari tangki reservoir sampai F
4 - diesel . Sambil isi nyalakan mesin dan AC, isi berulang ulang dari Full ke Low terus sampai tidak mau turun lagi.
4 - bensin. Sambil isi nyalakan mesin dan AC, isi terus radiator sampai air tidak turun dari bibir tangki radiator
5. Matikan mesin, besok pagi kondisi mesin dingin biasanya turun lagi ke L, nah isi lagi sampai ke F
ATAU
1. Buka drain kupu dibawah radiator dan baut drain dibawah header kalau mesin 1 TR.
2. Setelah air keluar tutup baut drain kupu, biarin baut drain di bawah header terbuka
3. Isi ulang dari tutup radiator kalau mesin 1TR, kalau 2 KD dari tangki reservoir sampai F
4. Sambil isi nyalakan mesin dan AC, sambil perhatikan apabila air mulai keluar dari bawah header, isi tangki reservoir jangan sampai kehabisan. (minta teman untuk siap siap mastikan mesin apabila mengisinya tidak bisa cepat)
5. Apabila warna air radiator dari header sudah seperti baru, maka matikan mesin.
6. Tutup baut header. Nyalakan mesin lagi
7 - diesel . Sambil isi nyalakan mesin dan AC, Isi berulang ulang dari Full ke Low terus sampai tidak mau turun lagi.
7 - bensin. Sambil isi nyalakan mesin dan AC, isi terus radiator sampai air tidak turun dari bibir tangki radiator
8. Matikan mesin, besok pagi kondisi mesin dingin biasanya turun lagi ke L, nah isi lagi sampai ke F