Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
salam kenal para sesepuh forum semuanya. nubie ijin bertanya karena udah beberapa kali cari" postingannya ga nemu"
rencana mo ganti tunggangan dari brand jepun ganti ke eropah tapi yang 2nd.
awalnya sih mo cari mercy tahun lama seri E320/E220 eh pas tanya sama temen malah ditawarin 307sw nya, nah pada akhirnya gundah gulana karena tawaran tersebut. yang mo ditanyain disini sbb :
1. Perihal maintenance & plus minusnya si 307sw sama E320/E220
2. Kebutuhannya sih ga dipake daily used karena saya Anker tiap ke kantor
Terlepas dari perawatannya, ane sih milih e320. Ini maksud ts yg w124 kan? Ya masih ada klasik2nya n ok buat disimpen jadi mobil weekend. Klo 307sw ya berakhir sebagai mobil tua biasa.
Oh iya ane pernah ngerawat w123 300e, jauh lebih reliable dibanding crown s120 royal saloon 3.0 yg kebetulan jg punya sebelum pake w124
tergantung kebutuhan
mau akomodasi plus bikin anak istri seneng ( kayaknya mereka bakal seneng pake banget liat atap kaca) ambil 307sw
mau driving experience yg spesial ambil e320 w124 biar nampol kerasa bedanya nyetir abis loncat dari japs
Tergantung kebutuhab sih, 307sw enak buat keluarga kecil, mbl enak kalo udh tau ngebengkel dmn, velg std 307 sw cm bisa finish balance, ga bs balancing biasa haha
W124 modelnya awet, mobilnya awet, yg bs nanganin service banyak
pradit_d wrote: Tue Jan 21, 2020 9:16
Terlepas dari perawatannya, ane sih milih e320. Ini maksud ts yg w124 kan? Ya masih ada klasik2nya n ok buat disimpen jadi mobil weekend. Klo 307sw ya berakhir sebagai mobil tua biasa.
Oh iya ane pernah ngerawat w123 300e, jauh lebih reliable dibanding crown s120 royal saloon 3.0 yg kebetulan jg punya sebelum pake w124
Serius lbh reliable crown om?
Cm w124 ni penyakitnya di dek depan banyak yg keropos ya...
Dulu sempat bokap pake w124 seri 200 karbu sbntr...nyaman utk saya...cuma larinya mesti tunggu momen yg tepat
pradit_d wrote: Tue Jan 21, 2020 9:16
Terlepas dari perawatannya, ane sih milih e320. Ini maksud ts yg w124 kan? Ya masih ada klasik2nya n ok buat disimpen jadi mobil weekend. Klo 307sw ya berakhir sebagai mobil tua biasa.
Oh iya ane pernah ngerawat w123 300e, jauh lebih reliable dibanding crown s120 royal saloon 3.0 yg kebetulan jg punya sebelum pake w124
Serius lbh reliable crown om?
Cm w124 ni penyakitnya di dek depan banyak yg keropos ya...
Dulu sempat bokap pake w124 seri 200 karbu sbntr...nyaman utk saya...cuma larinya mesti tunggu momen yg tepat
Yup ane sebelum pake 300e pake crown n maestro. Dua2nya ga reliable n heran klo ada yg men-generalisir ini mobil reliable karena mereknya terkenal reliable di lmpv n lcgc nya. Banyakan ngebengkel ketimbang dipakenya. Pas ganti ke 300e wuahhh lumayan lebih sering dipake mobilnya ketimbang di bengkel.
Sekarang sih udah ga pake mobil2 tua lagi, cari yg realistis karena udh berkeluarga
pradit_d wrote: Tue Jan 21, 2020 9:16
Terlepas dari perawatannya, ane sih milih e320. Ini maksud ts yg w124 kan? Ya masih ada klasik2nya n ok buat disimpen jadi mobil weekend. Klo 307sw ya berakhir sebagai mobil tua biasa.
Oh iya ane pernah ngerawat w123 300e, jauh lebih reliable dibanding crown s120 royal saloon 3.0 yg kebetulan jg punya sebelum pake w124
Serius lbh reliable crown om?
Cm w124 ni penyakitnya di dek depan banyak yg keropos ya...
Dulu sempat bokap pake w124 seri 200 karbu sbntr...nyaman utk saya...cuma larinya mesti tunggu momen yg tepat
Yup ane sebelum pake 300e pake crown n maestro. Dua2nya ga reliable n heran klo ada yg men-generalisir ini mobil reliable karena mereknya terkenal reliable di lmpv n lcgc nya. Banyakan ngebengkel ketimbang dipakenya. Pas ganti ke 300e wuahhh lumayan lebih sering dipake mobilnya ketimbang di bengkel.
Sekarang sih udah ga pake mobil2 tua lagi, cari yg realistis karena udh berkeluarga
maestro sm4 sebenernya reliabel. saya perna pake juga. kesannya sering bengkel karena dah umur, jadi ada saja part yang minta/antri ganti..
piara mobil tua, kalau ga mau sering ke bengkel, langsung ganti semua part yang menurut km dah waktunya ganti..dijamin pasti reliable lagi..
masalahnya, ganti semua part yang dah waktunya ganti dalam waktu bersamaan...bisa seharga mobilnya sendiri
avidk wrote: Tue Jan 21, 2020 4:26
salam kenal para sesepuh forum semuanya. nubie ijin bertanya karena udah beberapa kali cari" postingannya ga nemu"
rencana mo ganti tunggangan dari brand jepun ganti ke eropah tapi yang 2nd.
awalnya sih mo cari mercy tahun lama seri E320/E220 eh pas tanya sama temen malah ditawarin 307sw nya, nah pada akhirnya gundah gulana karena tawaran tersebut. yang mo ditanyain disini sbb :
1. Perihal maintenance & plus minusnya si 307sw sama E320/E220
2. Kebutuhannya sih ga dipake daily used karena saya Anker tiap ke kantor
Mohon maap jika postingan nubie masih berantakan
terimakasih para sesepuh semua
kalua mau main Pug, saran saya oom coba hub di IG atau Yutub namanya Kamil Motor, specialis Pug di Jl Kunir, Pondok Cabe.
Bisa dicek di google map juga. Nanti oom bisa tahu seluk beluknya, plus minusnya ini PuG.
alternative lain, hub EBA Autowork, itu bengkel Pug banyak main di racing.
ginting wrote: Wed Apr 29, 2020 12:35
kalua mau main Pug, saran saya oom coba hub di IG atau Yutub namanya Kamil Motor, specialis Pug di Jl Kunir, Pondok Cabe.
Bisa dicek di google map juga. Nanti oom bisa tahu seluk beluknya, plus minusnya ini PuG.
alternative lain, hub EBA Autowork, itu bengkel Pug banyak main di racing.
ginting wrote: Wed Apr 29, 2020 12:35
kalua mau main Pug, saran saya oom coba hub di IG atau Yutub namanya Kamil Motor, specialis Pug di Jl Kunir, Pondok Cabe.
Bisa dicek di google map juga. Nanti oom bisa tahu seluk beluknya, plus minusnya ini PuG.
alternative lain, hub EBA Autowork, itu bengkel Pug banyak main di racing.
Kalo Refi Auto masi rekomended ga om?
Kalau Refi yang saya tahu dia showroom jualan Pug.
Kalau untuk bengkel, maaf sy gak punya info, oom.
Kalau yang saya sebut tadi memang Bengkel, bukan showroom.
alternative lain adalah PM aja user @jivos
dia udah khatam dgn mobil yurop..
*refi mtr selain showroom spesialis pug jg punya dvisi khusus bengkel pug. Awal b'diri mmg khusus jualan khusus used pug, lalu b'kembang buka workshop specialistnya.
Rekomen/tdk nya ...tergantung kcocokan masing". Utk rate harga lbh tinggi, problemshooting yg sifatnya "kompleks/hi tech" spt electrical/modul, transmisi...probabilitynya solved nya mungkin ngga bs sekali, akan trial n error dl, klo buntu ganti satu set sm dia.
*EBA...beliau ex user pecinta pug, non mechanical background, electrical beliau yg pegang setau sy (ex ibm indo employee) utk mechanical ada satu yg senior di pug lawas yg kerja dg beliau. Dl msh satu lingkungan teman dg pendawa mtr yg spesialis pug d cipete. Pendawa dah bubar skrg.
*kamil mtr, sy blm b'kesempatan langsung m'coba beliau, jaman pk 306 blm terdengar kiprah beliau, akhir" ini sj beliau plg rajin meramaikan media instagram/youtube, cm dr info yg sy tau msh ada di bwh mekaninik yg pegang pug sy skrg. Imho ya, tanpa bermaksud menjelekkan masing"
Alternatif lainnya mungkin sekalian bengkel resmi aja om...
Kurang tau ya di kota lain bagaimana, tapi kalau di Bandung sih ga terlalu mahal ya jasanya (untuk 406), kadang malah lebih mahal jasa di Auto2000 (untuk Altis). Walau tetep aja lebih mahal dibanding bengkel non resmi.
Tapi murah juga bisa aja sih karena statusnya udah setengah resmi
avidk wrote: Tue Jan 21, 2020 4:26
salam kenal para sesepuh forum semuanya. nubie ijin bertanya karena udah beberapa kali cari" postingannya ga nemu"
rencana mo ganti tunggangan dari brand jepun ganti ke eropah tapi yang 2nd.
awalnya sih mo cari mercy tahun lama seri E320/E220 eh pas tanya sama temen malah ditawarin 307sw nya, nah pada akhirnya gundah gulana karena tawaran tersebut. yang mo ditanyain disini sbb :
1. Perihal maintenance & plus minusnya si 307sw sama E320/E220
2. Kebutuhannya sih ga dipake daily used karena saya Anker tiap ke kantor
Mohon maap jika postingan nubie masih berantakan
terimakasih para sesepuh semua
ga usah takut sama MOTUBA ooom..
motuba tu ibarat ABG yang butuh kasih sayang... dijalanin aja.. dikasih perhatian tiap hari.. pasti membahagiakan.. lebih dari ARTIS SELEGRAM (MOBIL BARU) yang hanya bisa dipandang susah dimiliki
kuncinya cari yang sehat om... jangan penyakitan...
Kalo menurut opini saya lebih ke E320 masterpiece om dan harus matic,diusahakan yang kondisinya bagus dan kalo bisa yang masih ada sertifikat masterpiecenya.
Gengsi dapet,nyaman dapet,tenaga besar dan pasti safety bagus.. udah gt dapet bonus harganya stabil malah cenderung naik (biarpun slow but sure)
Minusnya ni mobil ya usianya om,mgkn ada baiknya melakukan general check di bengkel yang terpercaya,biar mengetahui apa aja yang perlu di ganti biar dijalan ga ada trouble..
Oh ya untuk 307 saya ga ada pengalaman om,mgkn om2 yang pernah punya bisa memberikan opininya.
Tks
dari pilihannya saya vote E320 matic om. mobil enak buat cruising, apalagi gak dipake harian.
Kelamahannya emang keropos di dek bawah, di dek bagasi, sama di dudukan aki. spesialisnya banyak, kerjaan body, kaki2, interior, mesin semuanya.
kalo diantara 2 itu saya vote e320 aja. cari yg matic. populasi lebih banyak dan part lebih murah dibanding 307 sw. W124 juga termasuk mobil yg badak dan partnya melimpah dibanding mobil eropa lainnya. temen ada beberapa yg melihara itu mobil, dan masih enak2 aja dipake harian
Buat om TS, dicoba test drive pelan2 sambil dirasa2 lebih seneng mana om. Pilih W124 klo mau experience true european sedan, 307 SW cocok klo pengen nyobain mobil "biasa" tapi tetep ada rasa eropanya, kembali ke preferensi masing2. Klo tanya ane sih, mending W124 om, biar ga nanggung semoga engga nyesel ya om. Hehe
adriangaut wrote: Tue Jan 21, 2020 7:39
Apakah ngerti otomotif dan perawatannya?
Kalau jawabannya tidak, kembali ke japanese cars aja. Gitu
Menurut nubi sih, klo mesti ngerti otomotif dulu baru boleh punya motuba eropa terus direkomen jepangan terus kapan belajarnya justru dengan nyebur langsung ngerti ngerawat mobilnya bisa lebih cepet, and in the meantime bisa sambil nikmatin mobil eropa tsb. Tentunya dengan catatan klo udah nyiapin mental dan dana tambahan buat maintenance mobil ya (ini wajib even buat jepangan sekalipun). Bukannya things to know beforehand bisa kita dapetin di forum ini? Hehe
307 radiatornya bukannya masih gampang overheat ya
saya pernah coba 307 hatch, indicator oil temperaturnya bikin harap2 cemas
pernah bertanya2 dalam hati apa kebetulan unit yg saya coba aja yg bermasalah
tpi pernah saat mudik macet parah ketemu pug 307 mogok di deket nagrek, curiga saya dalem ati, mungkin overheat...
*refi mtr selain showroom spesialis pug jg punya dvisi khusus bengkel pug. Awal b'diri mmg khusus jualan khusus used pug, lalu b'kembang buka workshop specialistnya.
Rekomen/tdk nya ...tergantung kcocokan masing". Utk rate harga lbh tinggi, problemshooting yg sifatnya "kompleks/hi tech" spt electrical/modul, transmisi...probabilitynya solved nya mungkin ngga bs sekali, akan trial n error dl, klo buntu ganti satu set sm dia.
*EBA...beliau ex user pecinta pug, non mechanical background, electrical beliau yg pegang setau sy (ex ibm indo employee) utk mechanical ada satu yg senior di pug lawas yg kerja dg beliau. Dl msh satu lingkungan teman dg pendawa mtr yg spesialis pug d cipete. Pendawa dah bubar skrg.
*kamil mtr, sy blm b'kesempatan langsung m'coba beliau, jaman pk 306 blm terdengar kiprah beliau, akhir" ini sj beliau plg rajin meramaikan media instagram/youtube, cm dr info yg sy tau msh ada di bwh mekaninik yg pegang pug sy skrg. Imho ya, tanpa bermaksud menjelekkan masing"
Pak Edi juga enak oom...
Dulu saya dipegang sama Wayan, saharjo. Cuma sekarang entah kemana dia.
307SW pelan-pelan om nyarinya, jangan yg lampu disko alias nyala semua tuh check enginenya haha
thestoneroses wrote: Fri May 15, 2020 7:37
Pak Edi juga enak oom...
Dulu saya dipegang sama Wayan, saharjo. Cuma sekarang entah kemana dia.
Pak edi otoklinik pinggir toll jorr itu om? klo iya sering jg dl kesana, suka masukin mobil pas hr bengkel tutup ato ngga panggil kerumah. 2 ex mekaniknya msh suka mampir kerumah.
Pak wayan...skrg jd survervisor toyota d denpasar um.
*refi mtr selain showroom spesialis pug jg punya dvisi khusus bengkel pug. Awal b'diri mmg khusus jualan khusus used pug, lalu b'kembang buka workshop specialistnya.
Rekomen/tdk nya ...tergantung kcocokan masing". Utk rate harga lbh tinggi, problemshooting yg sifatnya "kompleks/hi tech" spt electrical/modul, transmisi...probabilitynya solved nya mungkin ngga bs sekali, akan trial n error dl, klo buntu ganti satu set sm dia.
*EBA...beliau ex user pecinta pug, non mechanical background, electrical beliau yg pegang setau sy (ex ibm indo employee) utk mechanical ada satu yg senior di pug lawas yg kerja dg beliau. Dl msh satu lingkungan teman dg pendawa mtr yg spesialis pug d cipete. Pendawa dah bubar skrg.
*kamil mtr, sy blm b'kesempatan langsung m'coba beliau, jaman pk 306 blm terdengar kiprah beliau, akhir" ini sj beliau plg rajin meramaikan media instagram/youtube, cm dr info yg sy tau msh ada di bwh mekaninik yg pegang pug sy skrg. Imho ya, tanpa bermaksud menjelekkan masing"
Bobby Peugeot di Pamulang langganan saya, sering terima lemparan dari Refi juga kalau disana udah nyerah. Kalau soal part, perbaikan masih mau carikan alternatif kalau pakai ori kira2 ga sanggup. Tapi itu hanya untuk part non kritikal, kalau part mesin, tetap pakai ORI
Bobby juga bisa pegang Merc, VAG dan BMW, terakhir saya lihat lagi turun mesin W203 V6. Pernah juga ada GTI Mk5 disitu.
Tapi jeleknya, orangnya ga bisa diburu-buru, kalau perbaikannya berat ya agak lama. Enaknya Kalau orangnya lagi banyak duit, saya sudah lama langganan sama dia, kadang mobil sudah selesai perbaikan sudah saya bawa pulang duluan, tapi karena orangnya suka malas ngitung tagihan, suka sampai berbulan-bulan belum kebayar dan biasanya saya yang mengingatkan.
Bobby juga jualan Mobkas, tapi ga cuma Peugeot, kalau kebetulan ada unit 307SW, sampeyan bisa minta test drive.
*refi mtr selain showroom spesialis pug jg punya dvisi khusus bengkel pug. Awal b'diri mmg khusus jualan khusus used pug, lalu b'kembang buka workshop specialistnya.
Rekomen/tdk nya ...tergantung kcocokan masing". Utk rate harga lbh tinggi, problemshooting yg sifatnya "kompleks/hi tech" spt electrical/modul, transmisi...probabilitynya solved nya mungkin ngga bs sekali, akan trial n error dl, klo buntu ganti satu set sm dia.
*EBA...beliau ex user pecinta pug, non mechanical background, electrical beliau yg pegang setau sy (ex ibm indo employee) utk mechanical ada satu yg senior di pug lawas yg kerja dg beliau. Dl msh satu lingkungan teman dg pendawa mtr yg spesialis pug d cipete. Pendawa dah bubar skrg.
*kamil mtr, sy blm b'kesempatan langsung m'coba beliau, jaman pk 306 blm terdengar kiprah beliau, akhir" ini sj beliau plg rajin meramaikan media instagram/youtube, cm dr info yg sy tau msh ada di bwh mekaninik yg pegang pug sy skrg. Imho ya, tanpa bermaksud menjelekkan masing"
Bobby Peugeot di Pamulang langganan saya, sering terima lemparan dari Refi juga kalau disana udah nyerah. Kalau soal part, perbaikan masih mau carikan alternatif kalau pakai ori kira2 ga sanggup. Tapi itu hanya untuk part non kritikal, kalau part mesin, tetap pakai ORI
Bobby juga bisa pegang Merc, VAG dan BMW, terakhir saya lihat lagi turun mesin W203 V6. Pernah juga ada GTI Mk5 disitu.
Tapi jeleknya, orangnya ga bisa diburu-buru, kalau perbaikannya berat ya agak lama. Enaknya Kalau orangnya lagi banyak duit, saya sudah lama langganan sama dia, kadang mobil sudah selesai perbaikan sudah saya bawa pulang duluan, tapi karena orangnya suka malas ngitung tagihan, suka sampai berbulan-bulan belum kebayar dan biasanya saya yang mengingatkan.
Bobby juga jualan Mobkas, tapi ga cuma Peugeot, kalau kebetulan ada unit 307SW, sampeyan bisa minta test drive.
Bobby klo mentok d transmisi ato elektrical..nanyanya ke suhu yg d tempat sy ngebengkel om. Mrk temanan n saling komunikasi, pas sy dpt 407 lawannya jg si bobby itu, cm ngga berani dia, n kaget yg pegang beresin mblnya ternyata oh ternyata...