FU27 wrote: Tue Apr 28, 2020 11:32
pcx wrote: Tue Apr 28, 2020 7:39
Winz wrote: Fri Apr 17, 2020 13:23
Lebih ke Pasar CUV 300 jutaan jg
Pas interview pihak MMKSi terang2an
Si Double X pingin pasar HR-V cenggo cc
MMKSI ingin pasar small SUV 5 seater seperti HRV tapi kok ga ada line up baru small SUV 1.5 ?
Kudu yg 5 seater jg kalo ingin pasar HRV 1.5 kok malah nelurin Esblender X
Lha Esblener X kan 7 seater jadi ga apel to apel vs HRV
Aneh bin aya2 wae...lip service doang
Emang cuma lip service. Klo saya jadi bosnya, saya pecat2in marketingnya, masak LMPV cuma mau nyuri pasar HRV yang gak sampe 3000 unit sebulan.
Ya kali, forecast sebulan 4000an, bilangnya mau ambil pasar HRV yang sebulannya paling 2000an unit.
Lip service aja, ga mungkin juga bilang ga kuat nguber2 avanza.
jadi inget dulu lipina awal-awal muncul jg dibilang innova killer, eh nyatanya killed by innova
xpander awal2 indenan numpuk ngaku-ngaku avanza killer di awal-awal skrg bilang naik ngelawan HRV
ya ga salah sih, espender skrg kalo secara image mirip HRV jadi mobil anak muda ama mamak2 sosialita...
gadjahalphien wrote: Thu Apr 30, 2020 1:18
sealplayerz wrote: Fri Apr 17, 2020 12:12
Wholesales 20 besar bulan maret 2020
Kadang heran sama ber.kendara, mengapa data yg dikeluarkan cuma whole sales?
Padahal itu hasilnya pabrik ke dealer aja, bukan penjualan aktual (retail sales)
Minggu lalu dapet kabar
WS Jan - Mar : 330rb an
RS Jan - Mar : 220rb an
Ada selisih 100rb untuk penjualan aktual di market. Ini mah artinya Pabrik pun praktis berhenti produksi, lah sekitar 100.000 unit belum ada yg beli.
media-media cenderungnya pake data wholesales (pabrik-dealer)... ini yang bikin mispersepsi di kalangan masyarakat. wholesales tdk sama dengan retail sales. Judul artikelnya jg kadang dibilangnya hanya "penjualan mobil".
wholesales bisa bikin mobil yang kesannya gak laku keliatan laku dan sebaliknya yang laku keliatan kurang laku, belum beberapa ATPM punya policy dealer ada sistem "kuota" jatah per unit. makanya di beberapa dealer banyak yang stok numpuk dan harga obral.
inget kan xpander di awal-awal 7500 unit perbulan terus yang bikin banyak orang beranggapan dominasi Avanza sudah ditaklukkan pdhl nyatanya di jalanan populasi new Avanza lebih banyak?
atau Datsun Cross di awal peluncuran 2000-an unit? sekarang mereknya uda pamit...
atau Wuling Almaz yang sempet lebih tinggi dari CR-V bikin para fanboy wuling bersorak mengalahkan dominasi jepun... akhirnya yang menang jg CR-V dan Fortuner lagi with a "very" huge gap...
makanya kalo sebuah mobil baru launching dan wholesale nya meledak ya itu karena baru delivery awal aja apalagi klo indenan menumpuk macem xpander awal-awal...