(Matic) Saran Kia Rio Wagon / City Z
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Mon Apr 27, 2020 23:52
- Location: Karanganyar
- Daily Vehicle: Odyssey
(Matic) Saran Kia Rio Wagon / City Z
Halo saudara,
Saya minta saran sama review nya dong gan
Saya bingung antara 2 pilihan
City Z matic th 2000, 43 juta (pgin karena katanya irit)
Kia rio ls wagon matic th 2001, 46 juta (karena suka bentuknya yg jrg org punya)
Ini mobil pertama saya disamping odyssey punya ortu. Perbandingan iritnya antara keduanya gmn ya? Jauh bget g?
Thanks
Saya minta saran sama review nya dong gan
Saya bingung antara 2 pilihan
City Z matic th 2000, 43 juta (pgin karena katanya irit)
Kia rio ls wagon matic th 2001, 46 juta (karena suka bentuknya yg jrg org punya)
Ini mobil pertama saya disamping odyssey punya ortu. Perbandingan iritnya antara keduanya gmn ya? Jauh bget g?
Thanks
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 613
- Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00
Re: (Matic) Saran Kia Rio Wagon / City Z
Yang dicari apa om
Perawatan mestinya lebih mudah city z
Perawatan mestinya lebih mudah city z
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
‘01 B20B
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: (Matic) Saran Kia Rio Wagon / City Z
City Z kondisi apik sih saya liat jarang ya Om, apalagi yg matic. Memang mobil itu lumayan enak sih dan tenaganya cukup oke.
Alternatif lain boleh lirik Vios generasi awal, harga 50an, tahun lebih muda lumayan, irit&bertenaga juga. Soal spare part ngga usah ditanya lah ya, pasti aman.
Mobil korea biasa kalah duluan di karet2 kalo tahun segitu. Masih bisa dicari sih sparepart nya. Cuma lebih susah dan lebih banyak yg mesti diganti.
Alternatif lain boleh lirik Vios generasi awal, harga 50an, tahun lebih muda lumayan, irit&bertenaga juga. Soal spare part ngga usah ditanya lah ya, pasti aman.
Mobil korea biasa kalah duluan di karet2 kalo tahun segitu. Masih bisa dicari sih sparepart nya. Cuma lebih susah dan lebih banyak yg mesti diganti.
Last edited by evanbngdor on Tue Apr 28, 2020 2:04, edited 1 time in total.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 262
- Joined: Thu Feb 13, 2020 2:52
- Location: banten
- Daily Vehicle: wuling confero
Re: (Matic) Saran Kia Rio Wagon / City Z
kalo perawatan pasti honda better
mobil korea kalah umur pasti jatuhnya jajan lebih banyak
mobil korea kalah umur pasti jatuhnya jajan lebih banyak
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Mon Apr 27, 2020 23:52
- Location: Karanganyar
- Daily Vehicle: Odyssey
Re: (Matic) Saran Kia Rio Wagon / City Z
Vios matic budgetnya g sampe gan, mobil impian saya ituevanbngdor wrote: Tue Apr 28, 2020 1:47 City Z kondisi apik sih saya liat jarang ya Om, apalagi yg matic. Memang mobil itu lumayan enak sih dan tenaganya cukup oke.
Alternatif lain boleh lirik Vios generasi awal, harga 50an, tahun lebih muda lumayan, irit&bertenaga juga. Soal spare part ngga usah ditanya lah ya, pasti aman.

Jadi dengan budget segitu Honda ya om?kandlcorp wrote: Tue Apr 28, 2020 1:58 kalo perawatan pasti honda better
mobil korea kalah umur pasti jatuhnya jajan lebih banyak
Yg bkin dompet lebih irit pengeluarannya om

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 672
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: (Matic) Saran Kia Rio Wagon / City Z
Bedakan antara mobil sebagai kaki jalan kemana2 dengan mobil hobby atau second car
Kalo butuhnya mobil utk mobilitas ya cari yg pasti2. Kalo 2 pilihan itu ya jelas honday city.
Nah kalo uda pny mobil trs png nambah lagi ntah sbg second car atau mobil hooby lha boleh deh ambil yg unik2 non mainstream.
Kalo butuhnya mobil utk mobilitas ya cari yg pasti2. Kalo 2 pilihan itu ya jelas honday city.
Nah kalo uda pny mobil trs png nambah lagi ntah sbg second car atau mobil hooby lha boleh deh ambil yg unik2 non mainstream.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: (Matic) Saran Kia Rio Wagon / City Z
kia rio wagon partnya agak lebih susah dibanding city z... kalau mau irit ya city z atau vios gen 1

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1316
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: (Matic) Saran Kia Rio Wagon / City Z
Kia jaman rio wagon masuk sini masih kurang oke...
Mending city Z asal sehat
Mending city Z asal sehat
Smileage lebih penting dari mileage 

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 177
- Joined: Sat Jan 12, 2013 6:48
Re: (Matic) Saran Kia Rio Wagon / City Z
Maintenance sebetulnya lebih mudah KIA Rio DC (baik 4-door maupun 5-door), karena mechanically lebih simple (mesin DOHC konvensional non variable valve - Mazda/Ford derivative B5 engine 1.5L; suspensi belakang torsion beam & coil spring; transmisi juga simple) dan membuat bengkel manapun bisa handle mobil (khususnya specialist KIA/Hyundai/Mazda/Ford) ini karena tidak ada hal yang aneh2. Sedangkan CityZ engine ada variable-valve (VTEC) kecuali kalau ambil yang varian EXi / Persona (non VTEC), dan suspensi belakang independent. Driving dynamics pasti menang CityZ namun all-rounder durability menang Rio DC.Trikoo wrote: Tue Apr 28, 2020 0:09 Halo saudara,
Saya minta saran sama review nya dong gan
Saya bingung antara 2 pilihan
City Z matic th 2000, 43 juta (pgin karena katanya irit)
Kia rio ls wagon matic th 2001, 46 juta (karena suka bentuknya yg jrg org punya)
Ini mobil pertama saya disamping odyssey punya ortu. Perbandingan iritnya antara keduanya gmn ya? Jauh bget g?
Thanks
Parts juga sebetulnya lebih banyak Rio DC karena:
1. It's a global car (di seluruh dunia ada & bentuknya begitu) & was intended to be an affordable cheap to run car. Jadi cari parts online pun banyak. Sedangkan CityZ lebih ke Asian car saja (mostly South & Southeast Asia).
2. Previously the 4-door sedan digunakan sebagai fleet taxicab & non-patrol police car, khususnya yang facelift (Kia Rio DC "SF") Parts nya banyak baik di bengkel resmi KIA (sekarang under Indomobil group) maupun di toko parts Hyundai/KIA.
Durability, kembali ke poin nomor 1 karena mobil global yang didesain untuk jadi affordable & cheap to run & low maintenance, durability cukup baik. Dashboard di dalam juga hard plastic yang durable. AC dingin, steering enteng, posisi mengemudi OK.
Saya vote Rio DC. Namun karena ambil yang estate hati2 mungkin body parts bagian belakang cukup langka (taillight; kaca belakang; tailgate; combination light belakang; dll).
Alternatif lain:
* Kia Rio DC yang 4-door sedan, atau Kia Rio DC SF (facelift) yang 4-door sedan. Hati2 pastikan bukan ex-taxi atau ex-police.
* Hyundai New Accent (4-door) LC2 2003-2006 atau Hyundai Avega (5-door) LC2 2007-2012;
* Hyundai Accent Verna (4-door) LC1 2001-2003.
* Toyota Soluna (dibikin original OEM style). Hati2 pastikan bukan ex-taxi.
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Mon Apr 27, 2020 23:52
- Location: Karanganyar
- Daily Vehicle: Odyssey
Re: (Matic) Saran Kia Rio Wagon / City Z
Mantap om! Berguna bget nih infonya, detil bget!!!bejosupangat wrote: Tue Apr 28, 2020 4:38Maintenance sebetulnya lebih mudah KIA Rio DC (baik 4-door maupun 5-door), karena mechanically lebih simple (mesin DOHC konvensional non variable valve - Mazda/Ford derivative B5 engine 1.5L; suspensi belakang torsion beam & coil spring; transmisi juga simple) dan membuat bengkel manapun bisa handle mobil (khususnya specialist KIA/Hyundai/Mazda/Ford) ini karena tidak ada hal yang aneh2. Sedangkan CityZ engine ada variable-valve (VTEC) kecuali kalau ambil yang varian EXi / Persona (non VTEC), dan suspensi belakang independent. Driving dynamics pasti menang CityZ namun all-rounder durability menang Rio DC.Trikoo wrote: Tue Apr 28, 2020 0:09 Halo saudara,
Saya minta saran sama review nya dong gan
Saya bingung antara 2 pilihan
City Z matic th 2000, 43 juta (pgin karena katanya irit)
Kia rio ls wagon matic th 2001, 46 juta (karena suka bentuknya yg jrg org punya)
Ini mobil pertama saya disamping odyssey punya ortu. Perbandingan iritnya antara keduanya gmn ya? Jauh bget g?
Thanks
Parts juga sebetulnya lebih banyak Rio DC karena:
1. It's a global car (di seluruh dunia ada & bentuknya begitu) & was intended to be an affordable cheap to run car. Jadi cari parts online pun banyak. Sedangkan CityZ lebih ke Asian car saja (mostly South & Southeast Asia).
2. Previously the 4-door sedan digunakan sebagai fleet taxicab & non-patrol police car, khususnya yang facelift (Kia Rio DC "SF") Parts nya banyak baik di bengkel resmi KIA (sekarang under Indomobil group) maupun di toko parts Hyundai/KIA.
Durability, kembali ke poin nomor 1 karena mobil global yang didesain untuk jadi affordable & cheap to run & low maintenance, durability cukup baik. Dashboard di dalam juga hard plastic yang durable. AC dingin, steering enteng, posisi mengemudi OK.
Saya vote Rio DC. Namun karena ambil yang estate hati2 mungkin body parts bagian belakang cukup langka (taillight; kaca belakang; tailgate; combination light belakang; dll).
Alternatif lain:
* Kia Rio DC yang 4-door sedan, atau Kia Rio DC SF (facelift) yang 4-door sedan. Hati2 pastikan bukan ex-taxi atau ex-police.
* Hyundai New Accent (4-door) LC2 2003-2006 atau Hyundai Avega (5-door) LC2 2007-2012;
* Hyundai Accent Verna (4-door) LC1 2001-2003.
* Toyota Soluna (dibikin original OEM style). Hati2 pastikan bukan ex-taxi.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: (Matic) Saran Kia Rio Wagon / City Z
Sekedar nambahin, city Z itu by default bukan d set utk irit2an, walaupun doi masuk di kelas vtec-e.. utk yg manual aj full to full kisaran dbawah 1:10 dgn bbm bergizi.. yg matic jg lebi boros krn karakter mesin yg rev happy + vtec jadul yg tenaga baru kuar d putaran atas.. matic jebot + mesin putaran atas yahh jgn harap irit..
Mungkin laen crita utk cityZ exi atau persona
Mungkin laen crita utk cityZ exi atau persona
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 114
- Joined: Fri Apr 22, 2016 0:15
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Kijang Innova
Re: (Matic) Saran Kia Rio Wagon / City Z
gak lirik hyundai avega om? kayanya harga second nya ga terlalu tinggi dan dapet tahun muda. sparepart mestinya banyak krn pernah jadi taksi... tp kalo dibilang irit kayanya enggak karena teknologi juga jadul...
sempet pengen ambil mobil ini, tp krn mobil cuma satu jd ambil mpv daripada hatchback/sedan
sempet pengen ambil mobil ini, tp krn mobil cuma satu jd ambil mpv daripada hatchback/sedan
3SZ-VE (2008)
1NR-VE (2016)
1TR-FE (2005)
1NR-VE (2016)
1TR-FE (2005)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4911
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: (Matic) Saran Kia Rio Wagon / City Z
kalo diantara 2 itu saya vote city z aja, udah melihara oddys harusnya bukan masalah buat melihara city. lebih kenceng juga dibanding rio
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: (Matic) Saran Kia Rio Wagon / City Z
Setuju, apalagi yang manual nya. Enaknya shifting di RPM 4000-5000DOHC wrote: Tue Apr 28, 2020 9:37 Sekedar nambahin, city Z itu by default bukan d set utk irit2an, walaupun doi masuk di kelas vtec-e.. utk yg manual aj full to full kisaran dbawah 1:10 dgn bbm bergizi.. yg matic jg lebi boros krn karakter mesin yg rev happy + vtec jadul yg tenaga baru kuar d putaran atas.. matic jebot + mesin putaran atas yahh jgn harap irit..
Mungkin laen crita utk cityZ exi atau persona

Termasuk kenceng sih itu mobil, rasio gir nya juga khas honda. Untuk konsumsi BBM sih ya mungkin setara sama CRV K24 meskipun CC nya jauh beda
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: (Matic) Saran Kia Rio Wagon / City Z
Old honda ber vtec sehh mmg kodrat nya harus manualevanbngdor wrote: Sat May 02, 2020 2:44Setuju, apalagi yang manual nya. Enaknya shifting di RPM 4000-5000DOHC wrote: Tue Apr 28, 2020 9:37 Sekedar nambahin, city Z itu by default bukan d set utk irit2an, walaupun doi masuk di kelas vtec-e.. utk yg manual aj full to full kisaran dbawah 1:10 dgn bbm bergizi.. yg matic jg lebi boros krn karakter mesin yg rev happy + vtec jadul yg tenaga baru kuar d putaran atas.. matic jebot + mesin putaran atas yahh jgn harap irit..
Mungkin laen crita utk cityZ exi atau persona
![]()
Termasuk kenceng sih itu mobil, rasio gir nya juga khas honda. Untuk konsumsi BBM sih ya mungkin setara sama CRV K24 meskipun CC nya jauh beda
Kl matic, lupakan deh.. boyo iya, boros jg iya... kcuali tiap nyetir tahan transmisi d gigi rendah mulu trus upshifting sendiri.. tp kl maticnya jebol yah jgn heran
Btw ane dl punya ferio manual jg ga irit2 amat.. pake super tt atau premix aj cuman dapet 1: 8 dalkot.. saudara ad punya cityZ manual jg kisaran sgitu.. cuman sensasi bejeg rpm tinggi dan pas vtec kik in yooo itu priceless
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: (Matic) Saran Kia Rio Wagon / City Z
Bener banget, apalagi perubahan suara kayak beda mesin gitu kan di RPM tinggiDOHC wrote: Sat May 02, 2020 2:54Old honda ber vtec sehh mmg kodrat nya harus manualevanbngdor wrote: Sat May 02, 2020 2:44Setuju, apalagi yang manual nya. Enaknya shifting di RPM 4000-5000DOHC wrote: Tue Apr 28, 2020 9:37 Sekedar nambahin, city Z itu by default bukan d set utk irit2an, walaupun doi masuk di kelas vtec-e.. utk yg manual aj full to full kisaran dbawah 1:10 dgn bbm bergizi.. yg matic jg lebi boros krn karakter mesin yg rev happy + vtec jadul yg tenaga baru kuar d putaran atas.. matic jebot + mesin putaran atas yahh jgn harap irit..
Mungkin laen crita utk cityZ exi atau persona
![]()
Termasuk kenceng sih itu mobil, rasio gir nya juga khas honda. Untuk konsumsi BBM sih ya mungkin setara sama CRV K24 meskipun CC nya jauh beda
Kl matic, lupakan deh.. boyo iya, boros jg iya... kcuali tiap nyetir tahan transmisi d gigi rendah mulu trus upshifting sendiri.. tp kl maticnya jebol yah jgn heran
Btw ane dl punya ferio manual jg ga irit2 amat.. pake super tt atau premix aj cuman dapet 1: 8 dalkot.. saudara ad punya cityZ manual jg kisaran sgitu.. cuman sensasi bejeg rpm tinggi dan pas vtec kik in yooo itu priceless

Tp city Z sih modelnya masih enak dilihat sampe skg ya, simple gitu, meskipun interiornya terlihat biasa banget
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Mon Jan 11, 2010 10:50
Re: (Matic) Saran Kia Rio Wagon / City Z
Nyari City Z yg masih kinclong bakalan Susan banget karena sering dioprek. Dan kalau mau ambil mending ambil yg vtec manual. Udah paling bener itu.
Tapi penyakitnya di kaki2 siap2 keluar ongkos yg lumayan buat restorasinya. Kalo mau liar bahasan yg lebih dalam ttg si Z boleh mampir ke thread Saya.
Tapi penyakitnya di kaki2 siap2 keluar ongkos yg lumayan buat restorasinya. Kalo mau liar bahasan yg lebih dalam ttg si Z boleh mampir ke thread Saya.