[ask] swap antara Engine dan Transmisi matic yang berbeda merek
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Sat Jun 16, 2018 7:41
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: W210
[ask] swap antara Engine dan Transmisi matic yang berbeda merek
Ijin newbie bertanya
Pernahkah suhu2 disini pernah melakukan swap engine mobil tapi transmisi maticnya berbeda?
Disini saya ada sedikit angan2 menswap mesin w210 e320 inline 6 saya menjadi mesin dieselnya elf 4jb1tc, atau 14b tapi masih ingin menggunakan transmisi bawaan mercy yg 722.5
Apakah bisa kita lakukan swap demikian?
Mohon pencerahan suhu2 sekalian
Pernahkah suhu2 disini pernah melakukan swap engine mobil tapi transmisi maticnya berbeda?
Disini saya ada sedikit angan2 menswap mesin w210 e320 inline 6 saya menjadi mesin dieselnya elf 4jb1tc, atau 14b tapi masih ingin menggunakan transmisi bawaan mercy yg 722.5
Apakah bisa kita lakukan swap demikian?
Mohon pencerahan suhu2 sekalian
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 672
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: [ask] swap antara Engine dan Transmisi matic yang berbeda merek
Hmmm ini gambaran mudah dulu aja ya..
Sebuah konstruksi mesin std e320 dng girboks bawaannya memiliki panjang X meter dari ujung mesin sampai gardan belakang.
Kemudian konstruksi elf 4 silinder dng girboks bawaannya memiliki panjang Y meter dari ujung mesin sampai gardan belakang.
Pasti ada perbedaan panjang.
Nah ketika mesin elf pake gearboks mercy, maka pasti ada penyesuaian di shaft propelernya std mercy which is entah kepanjangan atau kependekan. Kalo kepanjangan mau nggak mau di potong lalu di balance ulang. Kalo kependekan? Itu baru ngomongin propeler nya..
Nah geaboksnya sendiri pasti ada penyesuaian jg utk bisa nempel ke mesinnya. Krn sudah beda merek saya yakin tempat mounting mur bautnya nggak akan sama shg kalau dipaksakan mau nggak mau pake adaptor. Kalo pake adaptor, pertanyaannya apakah shaft kruk as nya bs nyampe ya ke gearing di gearboksnya.
Jd menurut hemat saya, mending mesin asli mercynya di optimalkan saja daripada ganti mesin yg nggak satu brand. Atau kalau mau ganti mesin sekalian ama gearboksnya biar nggak pusing2 lagi.
Sebuah konstruksi mesin std e320 dng girboks bawaannya memiliki panjang X meter dari ujung mesin sampai gardan belakang.
Kemudian konstruksi elf 4 silinder dng girboks bawaannya memiliki panjang Y meter dari ujung mesin sampai gardan belakang.
Pasti ada perbedaan panjang.
Nah ketika mesin elf pake gearboks mercy, maka pasti ada penyesuaian di shaft propelernya std mercy which is entah kepanjangan atau kependekan. Kalo kepanjangan mau nggak mau di potong lalu di balance ulang. Kalo kependekan? Itu baru ngomongin propeler nya..
Nah geaboksnya sendiri pasti ada penyesuaian jg utk bisa nempel ke mesinnya. Krn sudah beda merek saya yakin tempat mounting mur bautnya nggak akan sama shg kalau dipaksakan mau nggak mau pake adaptor. Kalo pake adaptor, pertanyaannya apakah shaft kruk as nya bs nyampe ya ke gearing di gearboksnya.
Jd menurut hemat saya, mending mesin asli mercynya di optimalkan saja daripada ganti mesin yg nggak satu brand. Atau kalau mau ganti mesin sekalian ama gearboksnya biar nggak pusing2 lagi.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: [ask] swap antara Engine dan Transmisi matic yang berbeda merek
Dibilang bisa ya bisa2 aja bro, cuma in the end udh pasti wani piro
tentu cari dl bengkel modif nya yg kredibel and sanggup ngerjainnya, kalo harga nya ga masuk akal ya skip 


-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Sat Jun 16, 2018 7:41
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: W210
Re: [ask] swap antara Engine dan Transmisi matic yang berbeda merek
Seandainya mesin dan gearbox bisa terpasang nanti, pengaturan TCU nya gimana?quyquy wrote: Tue Apr 21, 2020 1:32 Hmmm ini gambaran mudah dulu aja ya..
Sebuah konstruksi mesin std e320 dng girboks bawaannya memiliki panjang X meter dari ujung mesin sampai gardan belakang.
Kemudian konstruksi elf 4 silinder dng girboks bawaannya memiliki panjang Y meter dari ujung mesin sampai gardan belakang.
Pasti ada perbedaan panjang.
Nah ketika mesin elf pake gearboks mercy, maka pasti ada penyesuaian di shaft propelernya std mercy which is entah kepanjangan atau kependekan. Kalo kepanjangan mau nggak mau di potong lalu di balance ulang. Kalo kependekan? Itu baru ngomongin propeler nya..
Nah geaboksnya sendiri pasti ada penyesuaian jg utk bisa nempel ke mesinnya. Krn sudah beda merek saya yakin tempat mounting mur bautnya nggak akan sama shg kalau dipaksakan mau nggak mau pake adaptor. Kalo pake adaptor, pertanyaannya apakah shaft kruk as nya bs nyampe ya ke gearing di gearboksnya.
Jd menurut hemat saya, mending mesin asli mercynya di optimalkan saja daripada ganti mesin yg nggak satu brand. Atau kalau mau ganti mesin sekalian ama gearboksnya biar nggak pusing2 lagi.
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Sat Jun 16, 2018 7:41
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: W210
Re: [ask] swap antara Engine dan Transmisi matic yang berbeda merek
Bener juga sih bakalan kembali waninpiro, tp sebenernya inti pertanyaan saya itu kalaupun bosa dihubungkan antara mesin dan trans maticnya, nanti TCU maticnya gimana? Apakah perpindahan transmisi nya bisa normal?ak4ng wrote: Tue Apr 21, 2020 2:59 Dibilang bisa ya bisa2 aja bro, cuma in the end udh pasti wani pirotentu cari dl bengkel modif nya yg kredibel and sanggup ngerjainnya, kalo harga nya ga masuk akal ya skip
![]()
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: [ask] swap antara Engine dan Transmisi matic yang berbeda merek
CANBUSblackproject wrote: Tue Apr 21, 2020 13:20
Seandainya mesin dan gearbox bisa terpasang nanti, pengaturan TCU nya gimana?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Mon Feb 08, 2010 11:07
- Location: Bogor
- Daily Vehicle: toyota
Re: [ask] swap antara Engine dan Transmisi matic yang berbeda merek
jadi speertinya 14B akan sulit secara elektronik gabung dgn sistem mercy ya om..Omnibus wrote: Tue Apr 21, 2020 18:18CANBUSblackproject wrote: Tue Apr 21, 2020 13:20
Seandainya mesin dan gearbox bisa terpasang nanti, pengaturan TCU nya gimana?


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: [ask] swap antara Engine dan Transmisi matic yang berbeda merek
Sebaiknya kalo mau kawin2an yg electric ketemu electric, yg konvensional ketemu konvensional, saran sih meningan diesel CRD biar tar ecu standalone aja, bikin mapping sendiri per 200rpmblackproject wrote: Tue Apr 21, 2020 16:31Bener juga sih bakalan kembali waninpiro, tp sebenernya inti pertanyaan saya itu kalaupun bosa dihubungkan antara mesin dan trans maticnya, nanti TCU maticnya gimana? Apakah perpindahan transmisi nya bisa normal?ak4ng wrote: Tue Apr 21, 2020 2:59 Dibilang bisa ya bisa2 aja bro, cuma in the end udh pasti wani pirotentu cari dl bengkel modif nya yg kredibel and sanggup ngerjainnya, kalo harga nya ga masuk akal ya skip
![]()

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: [ask] swap antara Engine dan Transmisi matic yang berbeda merek
14B ga pake Canbus. Gmn caranya tcu dapat input signal nya?bulukuhalus wrote: Tue Apr 21, 2020 23:43jadi speertinya 14B akan sulit secara elektronik gabung dgn sistem mercy ya om..Omnibus wrote: Tue Apr 21, 2020 18:18CANBUSblackproject wrote: Tue Apr 21, 2020 13:20
Seandainya mesin dan gearbox bisa terpasang nanti, pengaturan TCU nya gimana?
![]()
even pakai engine lain yg pakai canbus, data stream nya mungkin ga sama kl beda merk mobil.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: [ask] swap antara Engine dan Transmisi matic yang berbeda merek
saran saya, selaku nubie, kalua mau ganti mesin gitu, carilah mesin yang memakai gearbox type sama.Omnibus wrote: Wed Apr 22, 2020 4:4314B ga pake Canbus. Gmn caranya tcu dapat input signal nya?bulukuhalus wrote: Tue Apr 21, 2020 23:43jadi speertinya 14B akan sulit secara elektronik gabung dgn sistem mercy ya om..![]()
even pakai engine lain yg pakai canbus, data stream nya mungkin ga sama kl beda merk mobil.
contoh : volvo 960, crown S130 alias crown lexus, fortuner VNT, itu sama sama pakai tramissi A340
jadi kalaupun ganti mesin moga moga langsung PLUG & PLAY di sambungan antara mesin dan tranny
kalua pakai adaptor segala, apalagi beda type tranny, maka siap siap aja "PLUG & PRAY".
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Sat Jun 16, 2018 7:41
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: W210
Re: [ask] swap antara Engine dan Transmisi matic yang berbeda merek
Berarti kalo 4jb1t dikawinkan dengan transmisi matic panther bakalan lebih mudah ya? Daripada transmisi bawaan mercy 722.5ak4ng wrote: Wed Apr 22, 2020 3:27
Sebaiknya kalo mau kawin2an yg electric ketemu electric, yg konvensional ketemu konvensional, saran sih meningan diesel CRD biar tar ecu standalone aja, bikin mapping sendiri per 200rpm![]()
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 739
- Joined: Wed May 03, 2017 9:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Re: [ask] swap antara Engine dan Transmisi matic yang berbeda merek
Daripada pakai mesin 4JB1TC atau 14B, kenapa gak pakai mesin OM906LA. Sama2 mercy, sama2 elektrik.
Spare parts mesin melimpah, dan terbukti badak.
Spare parts mesin melimpah, dan terbukti badak.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 344
- Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24
Re: [ask] swap antara Engine dan Transmisi matic yang berbeda merek
Jawabnya sangat sangat impossible. Kalo manual mungkin aja bisa tergantung ngepasin adaptornya. Jangan dikira misalkan mesin sm girboknya udah disambung trus beres masalah. Sekarang final gear ratio bisa pas gak?
Saya pernah eksperimen bikin 300E swap dengan 2LT lengkap sm maticnya. Setelah kepasang saya sampe 3x ganti2 gardan boxer biar ketemu speed yang pas. Dan w124 ga bisa ganti2 gardan sembarangan pake mobil lain seperti mobil2 suv atau mpv rwd atau cuma diganti final gearnya doang. Harus pakai gardan utuh sesama W124 juga.
Oiya saya rasa 4JB1 ga bakal masuk di engine bay mercy, pasti kap mesinnya ga bisa ditutup karena ketinggian mesinnya.
Itu salah satu alasan saya pake 2LT. Kalaupun mesin lain yg bisa cari yg mesin2 pendek kaya punya nissan RD28.
Saya pernah eksperimen bikin 300E swap dengan 2LT lengkap sm maticnya. Setelah kepasang saya sampe 3x ganti2 gardan boxer biar ketemu speed yang pas. Dan w124 ga bisa ganti2 gardan sembarangan pake mobil lain seperti mobil2 suv atau mpv rwd atau cuma diganti final gearnya doang. Harus pakai gardan utuh sesama W124 juga.
Oiya saya rasa 4JB1 ga bakal masuk di engine bay mercy, pasti kap mesinnya ga bisa ditutup karena ketinggian mesinnya.
Itu salah satu alasan saya pake 2LT. Kalaupun mesin lain yg bisa cari yg mesin2 pendek kaya punya nissan RD28.
Diesel in my head