Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by rendr »

benzz89 wrote: Thu Apr 16, 2020 11:00
rendr wrote:
benzz89 wrote: Thu Apr 16, 2020 7:58 Mumpung toko oli masih pada buka sebelum PSBB, hari ini ganti oli XV40 2AZ-FE sudah 13 bulan pakai oli Q8 0-W20 Formula Ultra (total jalan 3.637 Km).

Karena Q8 0W-20 Formula Ultra SN sudah susah barangnya, akhirnya ganti ke Amsoil 0-W20 Signature Series SN. Ini oli encer banget yah sekilas ane liat waktu lagi di tuang ke mesin.

Abis itu jalan bolak balik ke Jakarta total 50-an KM, kesannya sih mirip2 ama Q8, tarikan enteng, suara mesin halus, di tol mesin terasa laju & ringan, tanjakan di parkiran neo soho central park juga enteng.

2AZ-FE di buku manual sih harusnya paling minim 5-W30... cuman seperti yang Om Turbo bilang, sekali pakai 0W-20 sudah sulit berpaling lagi ke 5W-30 [emoji1] lagian ODO Camry ane masih 24.384 Km menuju ultah ke 8 taon jadi masih peret lah jeroannya [emoji16]20200416_133536.jpg20200416_103042.jpg20200416_103035.jpg20200416_102702.jpg20200416_102614.jpg20200416_101022.jpg20200416_100957.jpg
Om ganti sama filter? Ga kurang yah 4 botol amsoil (3.75L) ? 2AZ FE at least 4.3~4.5L max (include filter)

Btw ganti dmn nih harga amsoil SS 0w20 185k/btl.. cakra ya?
Wah Om rendr kritis juga nih yah... jadi kebetulan ane masih ada stock Q8 masih segel 1 botol (beli on line kebanyakan), lalu ane juga pengen liat 4 botol Amsoil itu di deep stick sampai di mana batas max & min nya.

Tadi sih cek sudah mendekati max yah di deep sticknya, memang target 3/4 dari max aja sih (gak mau sampai batas atas max)... which is kata master2 suhu per lendiran oli di sini bikin mesin jadi tambah ngacirrrr [emoji16]

Besok pagi ane mau cek deep stick lagi rencananya, kalau kurang2 dikit ane top up aja pakai ex stock Q8 itu, toh SAE nya juga sama2 0-W20, daripada nganggur itu oli gak tau mau diapain [emoji38]

Sekali lagi tebakan Om bener tuh tempat ane ganti olinya. Distributor resminya dari Amsoil yah katanya, makanya harganya jauh lebih murah banding Todai.

Sebelum ganti ane sudah cek di Todai kena 235 ribu per botol tuh Amsoilnya, gak pake mikir langsung ane ngacir ke cakra aja deh, selisih 200 ribu kalau beli 4 botol cuyyy, lumayan bisa buat beli pertamax 20 liter lebih [emoji4]
Oh ada sisa stok 1 botol lg toh ternyata... Hehe
:mky_01:

So far amsoil termurah kyknya disana sih, dan udh include jasa ya harganya.. tambah good value..

Harga amsoil disana sih susah lawannya ya, Denger2 dari toko sebelah, dia itu borong amsoil jumlahnya guede bgt.. makanya harganya bisa segitu..

Btw IMHO kalo di manualbook recommend buntut 30, prefer pake 30 kurus kyk 0w30 atau 5w30 kelas amsoil SS/schaeffer/kendall (kalo msh ada ini berdua) buat reduce metal wear nya.. eman bener mesinnya om baru jalan 20k km.. garage queen nih
:mky_02:
gaspol resing tim
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by indeskey »

DOHC wrote:
indeskey wrote: Thu Apr 16, 2020 12:36 Om tq9000 yg dipake di hrv mya 0w20 apa 5w30?

Saya pake tq8000 0w20 di brv sih biasa aja, 5000km buang, takut oli buat lcgc. Maklum panca indra nggak sensitip jd nggak bisa bedain hehehe...
DOHC wrote: dari panca indera om

suara mesin, penguapan oli, glitik, tarikan
josomba wrote:
a2agarage wrote: Thu Apr 16, 2020 13:29 dendam ane dkasih tq9000 hrga 150rb :batabig: lebih lebih sama suhunya suhu cuma dikasih hotel bintang 2... wkwkwkwk sungguh miris hati ini [emoji58][emoji58]

bagaimana mnurut suhu dgn yg satu ini kalo ane minumin ke 4B11?? pingin bnyak eksperimen sbnernya melalui 4B11 ane... buat blajar2 bginian... [emoji1787][emoji1787]Screenshot_20200416-202406_Blibli.jpg
Kenapa ndak unil opal 0w20, dr merchant "sarana oli"?
100rb per 1L...
kelasnya gimana suhu kalo dibnding amsoil or q8 ini?? ane gk mslah hrga sih... yg pnting worth aja.. ketimbang qt9000 dhargain 150k (udh dpt apa aja harga sgitu) mana minta diganti filternya gk diganti pula tobat... gk tau pasaran hrga normalnya dunia perlendiran oli ane [emoji23][emoji23][emoji23][emoji23]
itu tq9000 jg harga murah krn ambil di seller2 toko onlen... kl bengkel2 rumahan mahh tetep aj getok harga gila2an.. bahkan toda sendiri jual si tq9000 jg lmayan tinggi

btw kl mau coba2 oli kelas keraton, coba kontek om turboman, doi ad nyetok oli sefer... siapa tau masi ad, itu oli kelas hotel mulia tp harga hotel mercure kmaren ini krn distro lg cuci gudang abis stok[/quote]Wah manteb ya q8. Saya masih nyimpen q8 stok lama.
User avatar
a2agarage
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Mon Feb 03, 2020 3:20
Location: Semarang
Daily Vehicle: Outlander Sport 2015

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by a2agarage »

Taufiq6210 wrote:
a2agarage wrote: Fri Apr 17, 2020 9:41
josomba wrote: SN setau nubi artinya buat bensin, ada spek CF-nya ya bisa buat diesel tp yg jelas bukan diesel di Indo sih yg tinggi sulfur... :big_biglaugh:

Coba aja om kalau penasaran, ogut sih skarang lg pake ini kalau mau buntut -20, dah >3x interval ganti oli keknya ..... termasuk murah untuk -20 tp kualitas bukan abal2 juga .... coba liat temen perancisnya si Motul .... tepok jidat harganya sih .....
so... buat bensin pakenya ini juga ya?? [emoji848][emoji848] om juga pake ini dimbil apa?
"essence" = "bensin" di bahasa Prancis om CMIIW
wkwkwk takut salah nubie om [emoji24][emoji24][emoji24]
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by rendr »

zzzprince wrote: Fri Apr 17, 2020 6:36 Berhubung ptt flushing oil susah didapat, akhirnya coba eksperimen.

1. Drain oli lama (50k km blm diganti, mesran 20w50)
2. Tuang engine flush prestone bonusan
3. Tuang ptt 10w40, pasang filter wix
4. Nyalakan mesin kurleb 10menitan(sesuai prosedur di kemanas EF)
5. Drain oli, ganti filter oli
6. Tuang ptt 10w40 seliter, lanjut tutup tap oli, lalu masukkan 3 ltr lagi

Yang saya amati setelah eksperimen tadi, kok oli cuma berubah jadi encer ya. Warnanya gak berubah pekat2 amat, kirain bs bersih menyeluruh. Rencana oli sy pake 1500 km, baru tuang oli fresh lagi. Apa cukup supaya sisa2 kerosene kebuang semua. Mohon sarannya. Thanks
Di mesin mobil apa om?
Kondisi sblm nya sejorok apa?

Saya kemaren overdue oli tua di mesin apv, ini kuras pake meditran sx (ngejar buntut 40nya) idle 5 menit, tahan rpm sedeng 10 menit buang lagi udh pekat bgt sih...
1587125077374.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by rendr on Fri Apr 17, 2020 12:05, edited 1 time in total.
gaspol resing tim
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by benzz89 »

nobeldhp wrote:
benzz89 wrote: Thu Apr 16, 2020 11:00
rendr wrote: Om ganti sama filter? Ga kurang yah 4 botol amsoil (3.75L) ? 2AZ FE at least 4.3~4.5L max (include filter)

Btw ganti dmn nih harga amsoil SS 0w20 185k/btl.. cakra ya?
Wah Om rendr kritis juga nih yah... jadi kebetulan ane masih ada stock Q8 masih segel 1 botol (beli on line kebanyakan), lalu ane juga pengen liat 4 botol Amsoil itu di deep stick sampai di mana batas max & min nya.

Tadi sih cek sudah mendekati max yah di deep sticknya, memang target 3/4 dari max aja sih (gak mau sampai batas atas max)... which is kata master2 suhu per lendiran oli di sini bikin mesin jadi tambah ngacirrrr [emoji16]

Besok pagi ane mau cek deep stick lagi rencananya, kalau kurang2 dikit ane top up aja pakai ex stock Q8 itu, toh SAE nya juga sama2 0-W20, daripada nganggur itu oli gak tau mau diapain [emoji38]

Sekali lagi tebakan Om bener tuh tempat ane ganti olinya. Distributor resminya dari Amsoil yah katanya, makanya harganya jauh lebih murah banding Todai.

Sebelum ganti ane sudah cek di Todai kena 235 ribu per botol tuh Amsoilnya, gak pake mikir langsung ane ngacir ke cakra aja deh, selisih 200 ribu kalau beli 4 botol cuyyy, lumayan bisa buat beli pertamax 20 liter lebih [emoji4]
Cakra itu dimana ya om...? mohon infonya
Cakra motor ada 5 cabang kayanya Om, coba di googling aja. Kebetulan ane deket yang di gading serpong, baru buka 6 bulan sih kata owner nya.

Harga Amsoil SS nya kalau ane cek sih = harga di toko ijo nya & kalau ganti oli di sana free jasa. Banyak jual merek2 oli lainnya, cuman ane gak perhatiin karena buru2 kemarin.
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by josomba »

a2agarage wrote: Fri Apr 17, 2020 9:41 so... buat bensin pakenya ini juga ya?? [emoji848][emoji848] om juga pake ini dimbil apa?
Mobilio 2x, xtrail t32 1x, mazda 2 sky 3-4x keknya. Nyetir juga ga pake jaga rpm rendah terus karena oli encer, kalo lg bejeg, ya bejeg aja ... :ungg:
Image
User avatar
a2agarage
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Mon Feb 03, 2020 3:20
Location: Semarang
Daily Vehicle: Outlander Sport 2015

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by a2agarage »

josomba wrote:
a2agarage wrote: Fri Apr 17, 2020 9:41 so... buat bensin pakenya ini juga ya?? [emoji848][emoji848] om juga pake ini dimbil apa?
Mobilio 2x, xtrail t32 1x, mazda 2 sky 3-4x keknya. Nyetir juga ga pake jaga rpm rendah terus karena oli encer, kalo lg bejeg, ya bejeg aja ... :ungg:
auto ngaciiirrrrr jajan unil dlu om... mayan kan buat stock [emoji16][emoji16]
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by benzz89 »

rendr wrote:
benzz89 wrote: Thu Apr 16, 2020 11:00
rendr wrote: Om ganti sama filter? Ga kurang yah 4 botol amsoil (3.75L) ? 2AZ FE at least 4.3~4.5L max (include filter)

Btw ganti dmn nih harga amsoil SS 0w20 185k/btl.. cakra ya?
Wah Om rendr kritis juga nih yah... jadi kebetulan ane masih ada stock Q8 masih segel 1 botol (beli on line kebanyakan), lalu ane juga pengen liat 4 botol Amsoil itu di deep stick sampai di mana batas max & min nya.

Tadi sih cek sudah mendekati max yah di deep sticknya, memang target 3/4 dari max aja sih (gak mau sampai batas atas max)... which is kata master2 suhu per lendiran oli di sini bikin mesin jadi tambah ngacirrrr [emoji16]

Besok pagi ane mau cek deep stick lagi rencananya, kalau kurang2 dikit ane top up aja pakai ex stock Q8 itu, toh SAE nya juga sama2 0-W20, daripada nganggur itu oli gak tau mau diapain [emoji38]

Sekali lagi tebakan Om bener tuh tempat ane ganti olinya. Distributor resminya dari Amsoil yah katanya, makanya harganya jauh lebih murah banding Todai.

Sebelum ganti ane sudah cek di Todai kena 235 ribu per botol tuh Amsoilnya, gak pake mikir langsung ane ngacir ke cakra aja deh, selisih 200 ribu kalau beli 4 botol cuyyy, lumayan bisa buat beli pertamax 20 liter lebih [emoji4]
Oh ada sisa stok 1 botol lg toh ternyata... Hehe
:mky_01:

So far amsoil termurah kyknya disana sih, dan udh include jasa ya harganya.. tambah good value..

Harga amsoil disana sih susah lawannya ya, Denger2 dari toko sebelah, dia itu borong amsoil jumlahnya guede bgt.. makanya harganya bisa segitu..

Btw IMHO kalo di manualbook recommend buntut 30, prefer pake 30 kurus kyk 0w30 atau 5w30 kelas amsoil SS/schaeffer/kendall (kalo msh ada ini berdua) buat reduce metal wear nya.. eman bener mesinnya om baru jalan 20k km.. garage queen nih
:mky_02:
Btw tadi pagi ane cek deep stick berkali2 (susah cek nya karena oli masih bening/saru) posisi indikasi oli kira2 berada di 3/4 menuju full (titik atas), jadi ane tidak/belum top up Q8.

Jadi sebenarnya 4 botol cukup berikut ganti filter oli kalau kita memang targetnya 75% dari indikator deep stick oli, hanya memang tetap harus sering pantau kalau2 ada penguapan kedepannya. Pengalaman pakai Q8 sih tidak pernah top up sama sekali dalam 13 bulan, memang jalannya gak jauh2 sih ini si Camry. [emoji4]

Si Cakra ini memang "pegang" merek Amsoil, ane liat sih sulit lawan harga dia baik di on line maupun di off line, jaminan asli juga barangnya + free jasa kalau ganti oli di sana, jadi tidak ada alasan ane beli & ganti oli merek Amsoil di tempat lain.

Ane sudah sulit berpaling dari buntut W20 kayanya Om, mobil jadi enteng banget, apalagi karakter mesin 2AZ-FE ini toel dikit langsung lompat mobilnya, enak banget buat stop & go dalam kota, beda karakter ama 2GR-FE 3.500 CC yang enaknya di RPM atas (kebetulan ane pernah pakai Highlander AWD di New Zealand) buat salip2 di high speed enak banget (low RPM nya biasa aja/tidak galak), begitu juga dengar suara mesin V6 nya saat lagi high revv juga nikmat, cuman bayar bengsin nya enak juga nguras dompet gara2 AWD borosss... sorry jadi oot nih [emoji38]

Ya karena ini mobil juga bukan buat harian jadi ane gak khawatir cekokin buntut W20, toh selama ini juga tidak ada penguapan oli pakai buntut W20 di Q8, asal jangan sering2 high revv menuju red line aja dalam jangka waktu lama.

Penting ane enjoy riding aja saat bawa ini mobil, akselerasi instan, bensin jadi lebih irit, suara tetap halus, start up juga enteng. Lari di tol mau seberapa kenceng sih di Indo, lebih penting karakter instan akselerasi di low RPM kalau ane sih, buat stop & go & nyalip2 di low speed enakkkk [emoji16]
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by kompresorz »

benzz89 wrote: Fri Apr 17, 2020 4:43
evanbngdor wrote:
kompresorz wrote: Thu Apr 16, 2020 0:55

gw belum ganti oli matik nih...udah 10 bulan dari baru gak pernah servis...jarang dipake sampe digigitin piaraan bempernya..tapi masih enak bisa lari 110....

n max udah 2 taun gak ganti oli....

mau pake stok PTT 0-20 SN plus...tapi malas keluarinnya... :big_think:

Screenshot_20200416-074915_Gallery.jpg
Gileee 2 tahun ngga ganti oli, tp dipanasin ngga Om?
:mky_01:

Kalo saya sih meskipun si nmax jarang dipake, tetep 4 bulan sekali ganti oli sesuai anjuran. Sampe orang bengkelnya bingung, motor baru jalan 30 KM mau ganti oli lg.
:wkkk:
Kata Om Kompre

"ntu mobil & motor = budak gue & bukan sebaliknya. lagian itu kan benda mati, kalau rusak benerin & ganti sparepartnya, kalau perlu ganti mesinnya seglondongan atau sekalian beli lagi mobil & motor yang baru, selesai perkara"

Hahahaha...

Kalau ane sih jujur males aja sering2 ke bengkel cuman buat ganti oli doang, jadi cari2 oli yang jarak tempuh & waktu gantinya agak panjang.

Misal pakai oli merek A harga 80/90/100 ribuan per liter tapi jarak tempuh 5000 km/6 bulan. Ya mending ambil merek B kelas keraton sekalian (syukur2 ada yang lagi obral) harga 160/180/200 ribuan per liter tapi jarak tempuh & waktunya bisa 2x lipat (bahkan lebih) + ada rasa aman + lebih menikmati driving mobil pake oli keraton (kecuali kakinya bengis pedal to karpet melulu mungkin oli keraton ama oli jelata rasanya mirip2 aja, atau malah gak ada beda alias halu [emoji23])

Cuman balik lagi oli cocok2an juga ama mobil/motor kita, sesuaikan aja ama spek mesin, kecuali mau coba2 gonta ganti merek & eksperimen coba2 SAE baru atau mau cocktail oli ya kalau merasa gak enak yah tinggal buang... seperti kata Om Turbo.

buat yang hobby ngebengkel buat sering2 ganti oli yah monggo, sesuaikan aja ama budgetnya. Kalau ane sih cukup buang waktu 1 taon sekali aja buat ganti oli, sisanya nikmatin aja olinya.

lewat2 dikit dari 10 ribu km (pernah pakai Delvac 1 sampai 12 ribu-an km dalam 12 bulan juga masih enak) ataupun cuman jalan 3 ribuan km (pakai Q8 form ultra juga masih enak sebenarnya meski sudah 13 bulan) yah cin cai lah baru ganti oli nya.

So far untuk oli memang berlaku hukum "ada harga, ada barang & harga emang gak bisa bohong" (asal jangan sampe ketepu oli aspal aja) [emoji4]
dipanasin kalo ingat aja om....pernah 1 bulan ... :big_biglaugh:

yoi om...

ini sbenarnya mau di jual semua..mau ganti terbaru walo nanti jg pajangan di garasi...malas ganti oli... :big_biglaugh:

ehhh virus jd gak selera mau beli...

oli sbenarnya gak perlu terlalu mahal...yg penting asli minimal sesuai spek...


gw pernah pake oli sainz 5-30 di honda citi GE manual...itu mobil sering redline...sampe terkadang pindah transmisi gak sinkron tangan n kaki...sangkut transmisinya kecepatan krn balapan...sering 11 ribu sampe 12 ribu lewat dikit baru ganti...

di buka cover head bersih....sampe 90 ribu km jual.... :big_biglaugh:
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1703
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by lemonadelovers »

Saya penasaran sama spek oli truck volvo vds-4. Baca d spec sheet volvo fh16 klo pakai vds-4 bisa 100rb km/1th.. sakti bgt olinya, ya meskipun ada faktir d truk kapasitas olinya besar..

Liat d bli2 adanya vds-3 kemasan 20liter ga sampai sejuta
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
snoepje
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 220
Joined: Sun Jul 31, 2016 7:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by snoepje »

rendr wrote: Fri Apr 17, 2020 11:52
Oh ada sisa stok 1 botol lg toh ternyata... Hehe
:mky_01:

So far amsoil termurah kyknya disana sih, dan udh include jasa ya harganya.. tambah good value..

Harga amsoil disana sih susah lawannya ya, Denger2 dari toko sebelah, dia itu borong amsoil jumlahnya guede bgt.. makanya harganya bisa segitu..

Btw IMHO kalo di manualbook recommend buntut 30, prefer pake 30 kurus kyk 0w30 atau 5w30 kelas amsoil SS/schaeffer/kendall (kalo msh ada ini berdua) buat reduce metal wear nya.. eman bener mesinnya om baru jalan 20k km.. garage queen nih
:mky_02:
beberapa bulan lalu waktu ganti oli di cabang taman ratu, saya lihat disana banyak amsoil buntut 30 yang label lama om.

pastiin aja yang dituang ke mobil kita yang label baru.
sudahlah
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Thu Jan 03, 2019 6:50
Location: Jakarta Timur

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by sudahlah »

tompy25 wrote: Fri Apr 17, 2020 7:00
TQ 9000 0W20 VS PTT SN PLUS 0W20 VS UNYIL OPAL 0W20 mana yg lebih bagus om turbo....
Pertanyaannya hampir mirip
Saya nyoba saran suhu disini pake schaeffer 5W30 beli 120rb dapet bonus + ganti oli matic PTT Automat. Tarikan enak banget dari sebelumnya
Lanjut ngikutin saran berikutnya coba si Unyil 0W20 harga 110rb tarikan lebih enak lagi, kebetulan hampir ga pernah gaspol.

Adakah oli yang sedikit lebih bagus lagi (lebih mahal dikit gpp) alternatif si unyil, jangan saranin amsoil ya

Oia mobilnya cuma 1.500cc
Tks suhu
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by benzz89 »

sudahlah wrote:
tompy25 wrote: Fri Apr 17, 2020 7:00
TQ 9000 0W20 VS PTT SN PLUS 0W20 VS UNYIL OPAL 0W20 mana yg lebih bagus om turbo....
Pertanyaannya hampir mirip
Saya nyoba saran suhu disini pake schaeffer 5W30 beli 120rb dapet bonus + ganti oli matic PTT Automat. Tarikan enak banget dari sebelumnya
Lanjut ngikutin saran berikutnya coba si Unyil 0W20 harga 110rb tarikan lebih enak lagi, kebetulan hampir ga pernah gaspol.

Adakah oli yang sedikit lebih bagus lagi (lebih mahal dikit gpp) alternatif si unyil, jangan saranin amsoil ya

Oia mobilnya cuma 1.500cc
Tks suhu
Sudah kena racun oli 0-W20 apakah masih mau balik ke 5-W30 Om?

Schaeffer Vs Unil sih kastanya tinggian Schaeffer yah, cuman aja tarikan buntut W20 memang sulit dilupakan sensasinya, gak usah injak gas dalem2, cukup toel2 gas aja sudah nendang larinya.

Efeknya pedang bermata dua, bensin bisa lebih irit atau bisa lebih boros kalau kaki lagi khilaf keenakan bejek gas. Tapi kalau cruising santuy di tol & kakinya gak bengis sih jamin lebih irit buntut W20 baik di tol maupun non tol.

Mungkin bisa coba PTT yang SAE 0-W20 kali Om, ini oli lagi hype di warga SM dimari, harga kayanya mirip2 ama Unil or Schaeffer. Ane kalau Schaeffer ada 0-W20 pasti mau coba juga sih, sayangnya cuman ada 5-W30 stocknya
sudahlah
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Thu Jan 03, 2019 6:50
Location: Jakarta Timur

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by sudahlah »

benzz89 wrote: Sat Apr 18, 2020 8:56
Sudah kena racun oli 0-W20 apakah masih mau balik ke 5-W30 Om?

Schaeffer Vs Unil sih kastanya tinggian Schaeffer yah, cuman aja tarikan buntut W20 memang sulit dilupakan sensasinya, gak usah injak gas dalem2, cukup toel2 gas aja sudah nendang larinya.

Efeknya pedang bermata dua, bensin bisa lebih irit atau bisa lebih boros kalau kaki lagi khilaf keenakan bejek gas. Tapi kalau cruising santuy di tol & kakinya gak bengis sih jamin lebih irit buntut W20 baik di tol maupun non tol.

Mungkin bisa coba PTT yang SAE 0-W20 kali Om, ini oli lagi hype di warga SM dimari, harga kayanya mirip2 ama Unil or Schaeffer. Ane kalau Schaeffer ada 0-W20 pasti mau coba juga sih, sayangnya cuman ada 5-W30 stocknya
Kayaknya ga bisa balik lagi soalnya Stock Schaeffer 5W30 juga udah habis om. :mky_01:

Denger2 PTT 0W20 lebih encer ya? (Sotoy)
Rekom PTT yang 0W20 atau yang SN Plus om? Kayaknya PTT jarang diskon ya, next mau nyoba PTT, atau ada rekom lainnya? :big_grin:
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by yanuarra »

sudahlah wrote: Sat Apr 18, 2020 6:48
tompy25 wrote: Fri Apr 17, 2020 7:00
TQ 9000 0W20 VS PTT SN PLUS 0W20 VS UNYIL OPAL 0W20 mana yg lebih bagus om turbo....
Pertanyaannya hampir mirip
Saya nyoba saran suhu disini pake schaeffer 5W30 beli 120rb dapet bonus + ganti oli matic PTT Automat. Tarikan enak banget dari sebelumnya
Lanjut ngikutin saran berikutnya coba si Unyil 0W20 harga 110rb tarikan lebih enak lagi, kebetulan hampir ga pernah gaspol.

Adakah oli yang sedikit lebih bagus lagi (lebih mahal dikit gpp) alternatif si unyil, jangan saranin amsoil ya

Oia mobilnya cuma 1.500cc
Tks suhu
Emgnya knp dgn amsoil om?
tompy25
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Mon Jan 13, 2020 0:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova reborn G 2019 manual bensin

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by tompy25 »

yanuarra wrote: Sat Apr 18, 2020 12:21
sudahlah wrote: Sat Apr 18, 2020 6:48
tompy25 wrote: Fri Apr 17, 2020 7:00
TQ 9000 0W20 VS PTT SN PLUS 0W20 VS UNYIL OPAL 0W20 mana yg lebih bagus om turbo....
Pertanyaannya hampir mirip
Saya nyoba saran suhu disini pake schaeffer 5W30 beli 120rb dapet bonus + ganti oli matic PTT Automat. Tarikan enak banget dari sebelumnya
Lanjut ngikutin saran berikutnya coba si Unyil 0W20 harga 110rb tarikan lebih enak lagi, kebetulan hampir ga pernah gaspol.

Adakah oli yang sedikit lebih bagus lagi (lebih mahal dikit gpp) alternatif si unyil, jangan saranin amsoil ya

Oia mobilnya cuma 1.500cc
Tks suhu
Emgnya knp dgn amsoil om?
Harganya om.....sayang blabla jrng ada diskon si amsoil. Riview tuk para suhu yg sdh pake PTT 0W20 SN PLUS......
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by yanuarra »

tompy25 wrote: Sat Apr 18, 2020 16:16
yanuarra wrote: Sat Apr 18, 2020 12:21
sudahlah wrote: Sat Apr 18, 2020 6:48

Pertanyaannya hampir mirip
Saya nyoba saran suhu disini pake schaeffer 5W30 beli 120rb dapet bonus + ganti oli matic PTT Automat. Tarikan enak banget dari sebelumnya
Lanjut ngikutin saran berikutnya coba si Unyil 0W20 harga 110rb tarikan lebih enak lagi, kebetulan hampir ga pernah gaspol.

Adakah oli yang sedikit lebih bagus lagi (lebih mahal dikit gpp) alternatif si unyil, jangan saranin amsoil ya

Oia mobilnya cuma 1.500cc
Tks suhu
Emgnya knp dgn amsoil om?
Harganya om.....sayang blabla jrng ada diskon si amsoil. Riview tuk para suhu yg sdh pake PTT 0W20 SN PLUS......
Ohh iya om lumayan ya harganya..
Kebetulan skrg ane pake Amsoil SS 0W-30 di mesin 1NZ (sm 1,5Ltr).. Dpt harga 100k/L.. Kt sellernya old stock sih om.. Ane tanyain produksi 2014 apa ya dia bilang.. Skrg dah running 4 bulanan kynya.. Mobil jalan tiap hari.. So far sih so good.. Cek dipstik kmren sore jg masih posisi full.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Dieseljozz
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Fri Apr 17, 2020 19:49

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Dieseljozz »

Ijin bertanya, rekomendasi pemilihan oli light truk (canter, elf, dutro) untuk beban material galian dipaksa sampe overload menurut pandangan om2 semua apa ya??
Yg ada di benak saya antara lain: delvac mx, ptt dynamic, deltalube, fastron diesel, rimula r5e.. bagusan yg mana ya?
Terima kasih sebelumnya..
Yeka
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Fri Oct 18, 2019 14:53
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Yeka »

Om semua minta sarannya dong, penasaran mau coba unil opal. Yang pas untuk mesin K14B flat tappet yang bisa long drain apa ya klo bisa sih yang 5-30? Gak sampe 10rb km jg sih setahun.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1842
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by MSU »

Dieseljozz wrote: Sun Apr 19, 2020 0:49 Ijin bertanya, rekomendasi pemilihan oli light truk (canter, elf, dutro) untuk beban material galian dipaksa sampe overload menurut pandangan om2 semua apa ya??
Yg ada di benak saya antara lain: delvac mx, ptt dynamic, deltalube, fastron diesel, rimula r5e.. bagusan yg mana ya?
Terima kasih sebelumnya..
Mahal2 amat pilihannya om haha..sy cuma kepikir kasi meditran sx atau rimula r4x aja..yg penting teratur ganti oli
Berhubung kayaknya punya banyak armada beli drum aja om..lebih murah
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12550
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

Yeka wrote: Sun Apr 19, 2020 3:57 Om semua minta sarannya dong, penasaran mau coba unil opal. Yang pas untuk mesin K14B flat tappet yang bisa long drain apa ya klo bisa sih yang 5-30? Gak sampe 10rb km jg sih setahun.
Klo pk setahun sih:
Amsoil signature 0w20.
Q8 Formula special d1 fe 0w20.
klo masih ada stok lama: Q8 formula ultra 0w20 jg bisa.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Yeka
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Fri Oct 18, 2019 14:53
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Yeka »

Suryaputra wrote: Sun Apr 19, 2020 6:08
Yeka wrote: Sun Apr 19, 2020 3:57 Om semua minta sarannya dong, penasaran mau coba unil opal. Yang pas untuk mesin K14B flat tappet yang bisa long drain apa ya klo bisa sih yang 5-30? Gak sampe 10rb km jg sih setahun.
Klo pk setahun sih:
Amsoil signature 0w20.
Q8 Formula special d1 fe 0w20.
klo masih ada stok lama: Q8 formula ultra 0w20 jg bisa.
Ya buat setahun di mobil bini yang pakenya palingan cuma 3000-5000km. Gpp om di manual book paling rendah 5-30 dicekokin 0-20? Penasaran lagi ada promo si unil opal
hari2626
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sun Apr 19, 2020 5:05
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander 2019 4A91 16 Valve MIVEC

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by hari2626 »

Temans dan om Turbo, Adakah yang pernah coba oli Warren Lubrigold 0W - 20??

Saya sekarang pake itu sih. Lumayan so far Untuk di Xpander Ultimate 4A91 16Valve Mivec 2019. Km baru jalan 10500. Kemarin ganti oli inisiatif pribadi pake HX8 5w 30 terasa berat sekali. Lalu saya ga tahan dipake jalan 50 km dikuras dan ditampung dan dimasukkan ke innova 2010 + ditambah dengan oli serupa. Keberulan inova jarang pake dan nangkring di garasi doank dan waktunya ganti oli

Setalah kasus salah oli itu cobain 0w 20 LCGC shell eco. Enak sampe dengan 800 km. Trus berat. Kuras dan buang ganti ulang pake saran bengkel langganan yakni Warren Lubrigold 0w 20 plus ganti filter olinya di km 6500. Secara harga lumayan ini warren lubrigold 0w 20 bisa di atas 200 per liter.

Giliran service 10.000, oli resmi dari beres dan filternya di kasi bawa pulang. Cuma cek cek aja. Tapi bengkel gak bawain gasket. Trus filter ac juga di ganti. Rencana di KM 15K nanti akan ganti pake oli standard MMKSI yang dapat gratis. Buat dipake 5K doank nantinya.

Apakah tiap ganti oli juga musti ganti gasket teman teman?

Sampe saat ini masih terpakai 4000 km ini lubrigold. Saya masih nyaman nyaman saja. Oh ya spec 4A91 ini juga sudah ditambah THS BOOSTER itu semacam kabel ada coil begitu. Katanya memberbagus pengapian. Pengaruh kah?

Secara torsi bawah xpander memang lemot sih. Dan mobil saya kasi peredam keliling, atap, dasar, doortrim dan seluruh pintu dengan ketebalan 3mm. Jadi biar terasa silent.

Mohon bimbingan. Saya newbie di sini.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12550
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

Yeka wrote: Sun Apr 19, 2020 6:23
Suryaputra wrote: Sun Apr 19, 2020 6:08
Yeka wrote: Sun Apr 19, 2020 3:57 Om semua minta sarannya dong, penasaran mau coba unil opal. Yang pas untuk mesin K14B flat tappet yang bisa long drain apa ya klo bisa sih yang 5-30? Gak sampe 10rb km jg sih setahun.
Klo pk setahun sih:
Amsoil signature 0w20.
Q8 Formula special d1 fe 0w20.
klo masih ada stok lama: Q8 formula ultra 0w20 jg bisa.
Ya buat setahun di mobil bini yang pakenya palingan cuma 3000-5000km. Gpp om di manual book paling rendah 5-30 dicekokin 0-20? Penasaran lagi ada promo si unil opal
ya udh ambil aja amsoil signature 5w30 nya :D
klo oli biar cuman jalan 1000km, tp jg terjadi oksidasi seiring waktu bertambah dan segel terbuka.

apalagi dah dituang ke dalam mesin dan jalan.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Dieseljozz
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Fri Apr 17, 2020 19:49

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Dieseljozz »

MSU wrote: Sun Apr 19, 2020 5:58
Dieseljozz wrote: Sun Apr 19, 2020 0:49 Ijin bertanya, rekomendasi pemilihan oli light truk (canter, elf, dutro) untuk beban material galian dipaksa sampe overload menurut pandangan om2 semua apa ya??
Yg ada di benak saya antara lain: delvac mx, ptt dynamic, deltalube, fastron diesel, rimula r5e.. bagusan yg mana ya?
Terima kasih sebelumnya..
Mahal2 amat pilihannya om haha..sy cuma kepikir kasi meditran sx atau rimula r4x aja..yg penting teratur ganti oli
Berhubung kayaknya punya banyak armada beli drum aja om..lebih murah
Malah baru pemula om, makanya tanya2.. cuma pengen tau rekomendasi utk mesin diesel yg bener2 disiksa baik di muatan dan medannya.. brarti meditran sx udah cukup ya? Ok makasih sarannya om