Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
DOHC wrote: Thu Apr 16, 2020 5:04
Si mbah ganti nya gmana om, kuras isi trus jalan bentar trus kuras isi lg, atau melalui oil cooler external d flush pake mesin(jatco kl ga salah ad oil cooler external kan yah buat cvt nya) ? Atau beliau ad cara2 special laen nya ?
Saya belum pernah ke mbah yang d gading serpong nih, next buat mazdut 2 aja mau ke si mbah satu itu .... terakhir atf changer aja om di todut ... nah disitu ikutin ngintip2 sih ada cooler external, ga kek T31 ya? hahaha.
Nahh ini aneh nya si jatco om, kadang ad kadang ga ad cooler nya
Kya misalnya lancer ex d mamarika sana konon ad atf cooler nya, tp proton yg rebadge dr si ex ga ad, makanya di malon sana pd pasang sendiri tuh si cooler
Btw, perna baca user2 proton d malon yg make cvt jatco pd report bagusan tambahin cooler sehh
sintoni wrote: Thu Apr 16, 2020 6:14
Kalau pake mesin flushing, beli oli matiknya sesuai kapasitas aja kan?
Atau harus dilebihin, kayak misal di mobil ane 6.8 liter beli 8 liter gitu?
@mafia
Kl atf changer pasti heboh om perlu oli nya
Dl ane GE8 d toda aj flushing ampe 10 liter, banyak pake nya soalnya musti ngisi mesin nya, selang2 nya
Kalau njes berapa liter di buku manual om?
Lah terbuang di mesinnya itu dong ya om?
buang dr pan kira2 3 literan ampir 4 om.. kl total turun girbok paling max 6 liter kurang
kayanya sehh ad kebuang di mesin om, soalnya ane liat cairan nya ngisi mesin dl, dan pas selsai yah di selang2 ama mesin nya masi ad sisa atf
tp yg bkin kebuang banyak itu soalnya kl pake mesin, parameter nya cuman liatin sight gelas / bejana nya, nah itu kl ud warna terang baru mesin d stop.. kl skrg sehh ane metode drain ama fill aj atau bawa ke bengkel pake cara gerlong
Setelah diskusi di Forum SM, ga lama ogut coba nyiapin untuk maintenance 5 tahunan (55K km) Nissan T32 yang ga pernah ganti oli apapun (oli matic, oli minyak rem, air radiator, kampas rem belakang yang tipis, busi iridium). Meskipun DC banyak tapi hati tenang udah maintenance dompet kempess pess.
Minyak Oli Matic Habis 4 Liter metode drain, ganti filter CVT yang ternyata udah hitam pekat+beberapa gram.
After Maintenance, Shifting transmisi alus bener dan mobil lebih responsive tarikannya.
Sekian Update dari Newbie Trima kasih untuk saran saran Suhu SM
Salam kenal, para senior....
Om Turbo, kalau AISIN AFW + apakah masuk dalam kategori JSW 3309?
Rencana mau pakai buat ganti oli maticnya MUX
Trimakasih seblumnya....
Om Turbo..
Persiapan untuk ganti oli matik mobil saya..browsing2 ada merk yg spek-nya compatible T-IV & WS
Screenshot_2020-06-13-18-38-17.png
- apa oli itu aman dipake utk 7K-E sy..sy ragu krn TMO sampai sediakan secara terpisah T-IV & WS...tapi brand ini comaptible ke kedua spek itu
- sebelumnya sy pake T-IV, kalo mau ganti pake brand ini apakah perlu flush atau aman bercampur?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
MSU wrote:Om Turbo..
Persiapan untuk ganti oli matik mobil saya..browsing2 ada merk yg spek-nya compatible T-IV & WS
Screenshot_2020-06-13-18-38-17.png
- apa oli itu aman dipake utk 7K-E sy..sy ragu krn TMO sampai sediakan secara terpisah T-IV & WS...tapi brand ini comaptible ke kedua spek itu
- sebelumnya sy pake T-IV, kalo mau ganti pake brand ini apakah perlu flush atau aman bercampur?
ya memang ada, additip package nya bisa mengakomodir 2 std tsb
Kalo buat Kijang kapsul Matic yg std Dexron 3 sih pilihan sgt banyak, pake Aisin AFW+ juga dah oke
Zaldo wrote: Sat Jun 13, 2020 6:35
Salam kenal, para senior....
Om Turbo, kalau AISIN AFW + apakah masuk dalam kategori JSW 3309?
Rencana mau pakai buat ganti oli maticnya MUX
Trimakasih seblumnya....
Hybrid wrote: Thu May 07, 2020 3:58
Setelah diskusi di Forum SM, ga lama ogut coba nyiapin untuk maintenance 5 tahunan (55K km) Nissan T32 yang ga pernah ganti oli apapun (oli matic, oli minyak rem, air radiator, kampas rem belakang yang tipis, busi iridium). Meskipun DC banyak tapi hati tenang udah maintenance dompet kempess pess.
Minyak Oli Matic Habis 4 Liter metode drain, ganti filter CVT yang ternyata udah hitam pekat+beberapa gram.
After Maintenance, Shifting transmisi alus bener dan mobil lebih responsive tarikannya.
Sekian Update dari Newbie Trima kasih untuk saran saran Suhu SM
wah taun 2018 gitu, t32 di rumah umur 3.5 tahun, kilometer 40 ribuan awal juga sudah hitam om.... entah cvt oil apa yg dimasukin sama factory.... ganti ke cfex di toda (tapi ga ganti strainer-nya).... lgsg enak lagi tarikannya....
Om turbo mohon pencerahan lagi. Saya pemakai Innova Diesel Matic tahun 2012, km 80rb. Sepertinya belum pernah ganti atau kuras oli maticnya kalau liat diiwayat service di beres. Rencana saya mau flushing oli maticnya. Yang bagus pakai apa om? Ada rencana pakai AFW+, atau ada yang lebih bagus atau cocok untuk matic innova? Dan butuh berapa liter untuk flushing di innova? Soalnya rencana mau beli online dan mau flushing di carfix. Atau ada saran lainnya om? Makasih
gendatss wrote: Mon Jun 22, 2020 17:11
Om turbo mohon pencerahan lagi. Saya pemakai Innova Diesel Matic tahun 2012, km 80rb. Sepertinya belum pernah ganti atau kuras oli maticnya kalau liat diiwayat service di beres. Rencana saya mau flushing oli maticnya. Yang bagus pakai apa om? Ada rencana pakai AFW+, atau ada yang lebih bagus atau cocok untuk matic innova? Dan butuh berapa liter untuk flushing di innova? Soalnya rencana mau beli online dan mau flushing di carfix. Atau ada saran lainnya om? Makasih
sharing pengalaman saya pemakai innova diesel matic 2012 KM 75rb. Pergantian oli matic tiap 2 thn atau max 40 rb km.
Oli selalu pakai Toyota ATF IV. Beli saja di Bengkel resmi kalau takut dapat oli palsu. Atau kalau yakin di luaran dapat asli, harganya akan lebih murah.
Pakai alat ATF charger di luaran bisa berkisar 75 b atau 150 rb ongkosnya.
Selama ini saya pakai enak terus maticnya. mesin Innova 2 KD ini pakai ATF Toyota T4 menurut saya pribadi lebih dari cukup.
Kecuali di modif baru pikirin oli.
Kalau mesin 2GD(Innova Reborn) nah ini yang rada rewel. Oli matic katanya minta Toyota ATF WS tapi tetap shifting nya kurang pas. Saya akhirnya pakai PTT LV1.
Tapi kalau Innova diesel 2012 Toyota ATF WS sudah cukup
Halo om,saya user cherokee xj.. Mau tanya cooler gearbox cherokee katanya di depan radiator ya? itu isinya apa ya? dan apakah perlu di ganti? kebetulan sudah pakai 1 tahunan ini.. Utk oli matic sudah saya ganti sih menggunakan kendall dex vi kalo ga salah ingat.. Terimakasih om
kevienwijaya wrote: Tue Jun 23, 2020 1:55
Halo om,saya user cherokee xj.. Mau tanya cooler gearbox cherokee katanya di depan radiator ya? itu isinya apa ya? dan apakah perlu di ganti? kebetulan sudah pakai 1 tahunan ini.. Utk oli matic sudah saya ganti sih menggunakan kendall dex vi kalo ga salah ingat.. Terimakasih om
kevienwijaya wrote: Tue Jun 23, 2020 1:55
Halo om,saya user cherokee xj.. Mau tanya cooler gearbox cherokee katanya di depan radiator ya? itu isinya apa ya? dan apakah perlu di ganti? kebetulan sudah pakai 1 tahunan ini.. Utk oli matic sudah saya ganti sih menggunakan kendall dex vi kalo ga salah ingat.. Terimakasih om
gendatss wrote: Mon Jun 22, 2020 17:11
Om turbo mohon pencerahan lagi. Saya pemakai Innova Diesel Matic tahun 2012, km 80rb. Sepertinya belum pernah ganti atau kuras oli maticnya kalau liat diiwayat service di beres. Rencana saya mau flushing oli maticnya. Yang bagus pakai apa om? Ada rencana pakai AFW+, atau ada yang lebih bagus atau cocok untuk matic innova? Dan butuh berapa liter untuk flushing di innova? Soalnya rencana mau beli online dan mau flushing di carfix. Atau ada saran lainnya om? Makasih
sharing pengalaman saya pemakai innova diesel matic 2012 KM 75rb. Pergantian oli matic tiap 2 thn atau max 40 rb km.
Oli selalu pakai Toyota ATF IV. Beli saja di Bengkel resmi kalau takut dapat oli palsu. Atau kalau yakin di luaran dapat asli, harganya akan lebih murah.
Pakai alat ATF charger di luaran bisa berkisar 75 b atau 150 rb ongkosnya.
Selama ini saya pakai enak terus maticnya. mesin Innova 2 KD ini pakai ATF Toyota T4 menurut saya pribadi lebih dari cukup.
Kecuali di modif baru pikirin oli.
Kalau mesin 2GD(Innova Reborn) nah ini yang rada rewel. Oli matic katanya minta Toyota ATF WS tapi tetap shifting nya kurang pas. Saya akhirnya pakai PTT LV1.
Tapi kalau Innova diesel 2012 Toyota ATF WS sudah cukup
Brarti sebenernya kalau mesin standard pakai TMO ATF-IV ga masalah ya? Cuman saya berfikirnya dari segi harga. Harga TMO ATF-IV sama Aisin AFW+ harganya hampir sama, nah dari keduanya tersebut tetep prefer ke TMO ATF-IV atau Aisin AFW+?
gendatss wrote: Mon Jun 22, 2020 17:11
Om turbo mohon pencerahan lagi. Saya pemakai Innova Diesel Matic tahun 2012, km 80rb. Sepertinya belum pernah ganti atau kuras oli maticnya kalau liat diiwayat service di beres. Rencana saya mau flushing oli maticnya. Yang bagus pakai apa om? Ada rencana pakai AFW+, atau ada yang lebih bagus atau cocok untuk matic innova? Dan butuh berapa liter untuk flushing di innova? Soalnya rencana mau beli online dan mau flushing di carfix. Atau ada saran lainnya om? Makasih
sharing pengalaman saya pemakai innova diesel matic 2012 KM 75rb. Pergantian oli matic tiap 2 thn atau max 40 rb km.
Oli selalu pakai Toyota ATF IV. Beli saja di Bengkel resmi kalau takut dapat oli palsu. Atau kalau yakin di luaran dapat asli, harganya akan lebih murah.
Pakai alat ATF charger di luaran bisa berkisar 75 b atau 150 rb ongkosnya.
Selama ini saya pakai enak terus maticnya. mesin Innova 2 KD ini pakai ATF Toyota T4 menurut saya pribadi lebih dari cukup.
Kecuali di modif baru pikirin oli.
Kalau mesin 2GD(Innova Reborn) nah ini yang rada rewel. Oli matic katanya minta Toyota ATF WS tapi tetap shifting nya kurang pas. Saya akhirnya pakai PTT LV1.
Tapi kalau Innova diesel 2012 Toyota ATF WS sudah cukup
Brarti sebenernya kalau mesin standard pakai TMO ATF-IV ga masalah ya? Cuman saya berfikirnya dari segi harga. Harga TMO ATF-IV sama Aisin AFW+ harganya hampir sama, nah dari keduanya tersebut tetep prefer ke TMO ATF-IV atau Aisin AFW+?
Bayanginnya begini. Transmisi kuat sampai dihajar torsi 500, memang harus pakai ATF yang bagus. Tapi kalau transmisi tidak rusak sampai torsi 500, maka standard cuma torsi 250 an tidak akan bekerja berat transmisinya. Alias cukup T4 saja
Alex88 wrote: Wed Jul 29, 2020 4:53
Halo suhu semua, sy mau tanya soal atf mazda skyactiv (atf fz), apa ada yg pernah pakai atf aisin utk mazda skyactivnya?
kalau mau pakai aisin musti yang AFW-VI, itu K.V-nya di 6,1 cst @100°c.
sayangnya belum masuk indo.
6 spit masda kalo mau enak ada pilihan antara gulf LV, unil DX-VI, ptt LV, atau q8 MV.
Misi om2 suhu sm,
Newbie mau tnya, klo ganti oli transmisi cvt utk 2nr-fe yaris 2017 itu butuh brapa liter y suhu?
Dibuku 7.9L kpsitasnya, iseng2 main tnya bengkel bos di bksi timur ktny cuman butuh 4L di tap ajah, tp hsl baca2 di sm ktny hrs kuras, ad rekomen suhu dimana bisa ganti oli cvt? Seputaran bekasi atau jkt?
Oiya, pmkaian sdh 3thn odo jalan 37k km, liat record pemilik sblmnya blm prnh ganti oli cvtnya.
Mohon pencerahannya suhu.
Terimakasih
kalau km masih segitu ganti yg dipan aja gpp om, pastikan oli asli ya.
kalau mau kuras bisa pake cara gerlong (bisa di search di SM), tp saya nggak tau cvt nya bisa pake cara gerlong apa nggak, kalau cvt honda (brv dkk) nggak bisa pake cara gerlong.
kalau pake metode drain en fill bisa sampe 5x (hasil hitungan om omnibus) kalau mau bener2 yg masuk oli baru.
fajarap wrote: Sun Aug 02, 2020 23:37
Misi om2 suhu sm,
Newbie mau tnya, klo ganti oli transmisi cvt utk 2nr-fe yaris 2017 itu butuh brapa liter y suhu?
Dibuku 7.9L kpsitasnya, iseng2 main tnya bengkel bos di bksi timur ktny cuman butuh 4L di tap ajah, tp hsl baca2 di sm ktny hrs kuras, ad rekomen suhu dimana bisa ganti oli cvt? Seputaran bekasi atau jkt?
Oiya, pmkaian sdh 3thn odo jalan 37k km, liat record pemilik sblmnya blm prnh ganti oli cvtnya.
Mohon pencerahannya suhu.
Terimakasih
indeskey wrote: Tue Aug 04, 2020 6:55
kalau km masih segitu ganti yg dipan aja gpp om, pastikan oli asli ya.
kalau mau kuras bisa pake cara gerlong (bisa di search di SM), tp saya nggak tau cvt nya bisa pake cara gerlong apa nggak, kalau cvt honda (brv dkk) nggak bisa pake cara gerlong.
kalau pake metode drain en fill bisa sampe 5x (hasil hitungan om omnibus) kalau mau bener2 yg masuk oli baru.
fajarap wrote: Sun Aug 02, 2020 23:37
Misi om2 suhu sm,
Newbie mau tnya, klo ganti oli transmisi cvt utk 2nr-fe yaris 2017 itu butuh brapa liter y suhu?
Dibuku 7.9L kpsitasnya, iseng2 main tnya bengkel bos di bksi timur ktny cuman butuh 4L di tap ajah, tp hsl baca2 di sm ktny hrs kuras, ad rekomen suhu dimana bisa ganti oli cvt? Seputaran bekasi atau jkt?
Oiya, pmkaian sdh 3thn odo jalan 37k km, liat record pemilik sblmnya blm prnh ganti oli cvtnya.
Mohon pencerahannya suhu.
Terimakasih
Terimakasih om sudah merespon, di pan itu maksudnya di tap2 itu ya?
Iya saya smbil baca di sm pelan2 om, maklum newbie jd masih belajar.
Sambil nunggu yg lain merespon pertanyaan saya. Makasih om skli lg
indeskey wrote: Tue Aug 04, 2020 6:55
kalau km masih segitu ganti yg dipan aja gpp om, pastikan oli asli ya.
kalau mau kuras bisa pake cara gerlong (bisa di search di SM), tp saya nggak tau cvt nya bisa pake cara gerlong apa nggak, kalau cvt honda (brv dkk) nggak bisa pake cara gerlong.
kalau pake metode drain en fill bisa sampe 5x (hasil hitungan om omnibus) kalau mau bener2 yg masuk oli baru.
fajarap wrote: Sun Aug 02, 2020 23:37
Misi om2 suhu sm,
Newbie mau tnya, klo ganti oli transmisi cvt utk 2nr-fe yaris 2017 itu butuh brapa liter y suhu?
Dibuku 7.9L kpsitasnya, iseng2 main tnya bengkel bos di bksi timur ktny cuman butuh 4L di tap ajah, tp hsl baca2 di sm ktny hrs kuras, ad rekomen suhu dimana bisa ganti oli cvt? Seputaran bekasi atau jkt?
Oiya, pmkaian sdh 3thn odo jalan 37k km, liat record pemilik sblmnya blm prnh ganti oli cvtnya.
Mohon pencerahannya suhu.
Terimakasih
Terimakasih om sudah merespon, di pan itu maksudnya di tap2 itu ya?
Iya saya smbil baca di sm pelan2 om, maklum newbie jd masih belajar.
Sambil nunggu yg lain merespon pertanyaan saya. Makasih om skli lg
saya sharing pengalaman saya juga, oli matic di MUX sy ganti di Odo 38K, beli di Toda, bawa ke Astra Isuzu di BSD.
Memang kalau matic mau awet maka jangan terlalu hitung hitungan sama oli matic.
rugi dikit di oli gak papa yg penting maticnya awet..
hati juga nyaman dan tarikan enak..
malam om, mau tanya, saya baru tau kalo innova 2GD 2016 udah pake ATF WS, awal taun saya ganti pake MOBIL 3309, udah jalan dpt 10 rb km, apa harus segera kuras yah? mohon pencerahannya
Last edited by dmahat on Mon Aug 31, 2020 15:19, edited 1 time in total.
Pagi om semua, kalau untuk honda 5AT yg bawaannya dikasih Honda DW-1, lbh baik stick di DW-1 atau ganti ke Aisin AFW+/PTT LV-1 ya? Pernah dibilangin ma montir di toda, kalau honda mending pake oli honda juga karena konstruksi matic honda beda dgn matic biasa. Mungkin ada yang bisa sharing.
dmahat wrote: Mon Aug 31, 2020 15:17
malam om, mau tanya, saya baru tau kalo innova 2GD 2016 udah pake ATF WS, awal taun saya ganti pake MOBIL 3309, udah jalan dpt 10 rb km, apa harus segera kuras yah? mohon pencerahannya
Kl scara spek, mobil3309 itu mirip2 ama aisin afw+ yg dibilang nya compatible ama toyota WS
Tp kl dbandingin side by side ama spek toyota WS, yah si mobil ama aisin itu lebi "kentel" drpd si WS
Btw, kl saya pribadi seh, kl mobil matic geared utk torsi gede, buat towingz atau mobilnya berat, malah cari nya aTf yg sdikit lebi kentel
Last edited by DOHC on Tue Sep 01, 2020 2:29, edited 1 time in total.